7 Jurus Mabuk versi Hindu

250px-mabukMabuk adalah merupakan prilaku yang tidak terpuji! Ya benar, Selain merugikan masyarakat umum dan lingkungan sekitar juga merugikan diri sendiri. Dalam beberapa kasus belakangan ini korban yang tewas karena menegak minuman setan ini semakin  sering ditemukan.

:mrgreen: Stop dan musnahkan peredaran minuman keras ! Mbah sih setuju setuju saja. Lagian Mbah bukan penggemar miras, juga bukan pedagang, penyalur ataupun preman pelindung jadi tidak akan rugi kalau miras dilarang.

Mabuk adalah tidakakan kriminal ! Lha ini jelas salah dan kali ini siMbah terpaksa tidak setuju. Anggapan “mabuk sama dengan krimimnal” adalah kesalahan pola pikir. Cobalah anda membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia,  maka pemahaman Sampean mungkin akan sedikit bertambah.

Mabuk didefinisikan dengan hilangnya kesadaran atau lupa diri yang salah satunya disebabkan karena mengkonsumi minuman keras (secara berlebihan). Jadi ini artinya selain minuman keras, masih ada penyebab lain yang bisa menyebabkan seseorang mabuk contohnya adalah mabuk darat, mabuk laut, mabuk rayuan, mabuk cinta, mabuk kepayang dll.

:mrgreen: “Ah, ini sih sama dengan debat kusir Mbah.  Yang jelas orang yang  mabuk darat atau laut tidak akan berbuat onar, beda dengan mabuk karena minuman keras khan?”

Ha…ha…ha…. Ini mah  kesalahan konsep berpikir yang paling parah dan hanya cocok digunakan pada  jaman kuda gigit besi. Coba saja melihat sejenak contoh prilaku warga di negara maju,  dimana minuman keras tersedia dalam jumlah yang melimpah. Apakah semua orang tiap hari cuma mabuk dan berbuat onar? Apakah minum miras berarti harus mabuk dan mabuk dan apakah mabuk berarti harus onar?

Mabuk dan onar adalah 2 hal berbeda

Mabuk dan rusuh atau onar adalah 2 hal yang berbeda.  Orang yang mabuk akan berprilaku sesuai dengan kondisi mentalnya, ada yang ngomong tidak karuan, ada yang  tertidur pulas, ada yang konyol dst. Preman mabuk, pelawak mabuk, Jackey Chan mabuk ya jelas berbeda. Orang yang berbuat onar saat mabuk kemungkianan orangnya sudah bermasalah mental sejak awal.

250px-birDi negara maju, minuman keras bisa didapat dengan mudah dan bebas namun ketertiban di masyarakat tetap terjaga. Siapapun asal sudah cukup umur boleh mengkonsumi alkohol juga boleh mabuk dengan catatan TIDAK ONAR. Satu satunya golongan yang dilarang secara hukum menyentuh alkohol adalah pengemudi kendaraan dan anak anak dibawah umur. Batasan definisi anak anak tergantung negara, umumnya berkisar 20 tahun.

Di negara yang memiliki budaya memproduksi wine atau sake, minum (alkohol) dianggap sebagai seni, ada kode etik saat meminumnya. Jadi diteguk dengan brutal ala preman ya jelas mabuk.  Secara umum, minum alkohol umumnya dilakukan malam hari (kecuali hari libur) dan dilakukan diluar atau sesudah jam kerja. Saya nyaris tidak pernah meliat orang konyol yang mabuk disiang hari.

:mrgreen: Bingung nih Mbah. Terus apa hubungannya dengan jurus mabuk?

Nah, sekarang saya mencoba menuliskan ajaran  Sapta Timira menjabarkan 7 jenis mabuk yang berbahaya dan wajib dihindari dan salah satunya adalah mabuk agama. Selengkapnya adalah sbb :

  1. Surupa : mabuk penampilan, wajah tampan atau cantik
  2. Kulina : mabuk  keturunan dan asal usul
  3. Dhana :  mabuk  kekayaan atau harta benda.
  4. Sura : mabuk minuman keras.
  5. Yowana : mabuk keremajaan (usia muda)
  6. Guna : mabuk ilmu, agama atau  kepandaian.
  7. Kasuran :  mabuk  kemenangan.

Jadi mabuk tidak hanya sebatas karena minuman keras saja.  Dengan hanya minum air putih atau coca cola sekalipun seseorang bisa mabuk, berbuat onar dan rusuh. Kagak percaya? Lihat saja kenyataannya di masyarakat pada saat kerusuhan dan tawuran antar desa. Mbah yakin mereka tidak mengkonsumsi minuman keras setetes-pun.

Anda pernah mendengar kata hyponatreaemia ? Itu adalah nama sejenis penyakit yang disebabkan oleh mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang berlebihan. Kontes minum air yang pernah diadakan di sejumlah negara juga sudah dihentikan karena berpotensi menyebabkan pesertanya mabuk dan tewas.

:mrgreen: Ogah ah Mbah! Itu khan ajaran orang  Hindu? Walau aku setuju dengan sebagian isinya tapi aku tetap ogah untuk mengikuti Mbah karena berasal dari ajaran agama lain !

Ya udah. Kalau tidak suka ya jangan diikuti. Mudah bukan? Tulisan ini hanyalah mengajak seseorang untuk mengambil esensi, mengambil sisi baiknya yaitu selalu waspada dan tidak lupa diri alias alias tidak mabuk.  Segala sesuatu yang dilakukan berlebihan, lupa diri dan melanggar aturan artinya ya mabuk.  Anda setuju ?

卍 Credit photo : whiskynmore.de

About these ads

15 thoughts on “7 Jurus Mabuk versi Hindu

  1. Nuwun sewu..
    @ Mbah Wage yg budhiman…
    ini ada sedikit coret2 an saya yg mungkin dan mudah2 mbah mau menerima. Dalam budaya barat sedikit mempunyai perbedaan harafiah dg istilah di Indonesia.

    Dlm kamus English mabuk adalah Drunk, yaitu past tense dr Drink, yg artinya si subject yg ter intoksikasi oleh minuman biasanya yg beralkohol, tidak masalah jumlah yg di minumnya. Mabuk darat, laut dan udara dlm Bhs inggris di istilahkan, cars isck, sea sick dan air sick. Kata “Sick” sendiri kalau diterjemahkan secara individual berarti “Sakit”

    Di Indonesia “mabuk” bisa mempuyai banyak arti, bisa berarti hilang ingatan, sakit, teler, ngawur dll. Dan yg paling sering kita jumpai dlm kehidupan sehari hari adalah mabuk dlm konotasi “ terobsesi, keranjingan, tergila gila” jadi dlam context di atas Orang2 Indonesia mungkin justru banyak yang “mabuk” di banding orang2 barat, contoh al: MABUK JABATAN, MABUK WEDOKAN, MABUK ASMARA, MABUK AGAMA, MABUK DO’A, , dan masih banyak mabuk2 yg lainya.

    Maaf ya..mbah kalau tulisan sayai ini nggrambyang gak karuan soal waktu menulis, pas hujan deras sambil minum Red Wine nih…
    Salam..semoga mbah sehat2 aja biar terus semangat nulis…

    Dalbo with Love.

    • :) Sdr Dalbo yang baik. Tentu saja Mbah sangat senang mendapat tambahan penjelasan. Sangat bermanfaat dan berniat memasukkan penjelasnnya di tulisan tersebut.

      Cuma sekarang lagi bingung, bagaimana merangkai kalimatnya? Penyebabnya adalah karena terjemaham mabuk non alkohol yang dalam bahasa Inggris berarti SAKIT. Jadi ini artinya orang di negeri kita banyak yang sakit dong? Menyebut orang dengan kata mabuk saja sudah rada rada takut, apalagi nyebut orang Sakit, nanti bisa bisa blog ini diamuk orang. Mana ada orang yang rela disebut sakit, apalagi sakitnya bukan badan tapi mental.

      Ternyata nulis komen sambil minum red wine ya ? Hmm…Minuman setan yang sangat Mbah benci dan tidak akan disentuh lagi seumur hidup. Maklum Mbah penggemar yang white.

    • He.he.he..mbah,,you make me lought…terpingkal2…white..juga..O.K mbah…

    • hallo….
      pingin nimbrung nih kali aja bisa menasihati kalian……janganlah suka minuman red wine itu karena itu berbahaya buat kesehatan……kantong! jadi belilah yg membumi misalnya arak atau tape……atau obat mabuk panas yg ada alkhoholnya……karena arak itu saklar sekali hiks……hiks…..itu juga mengandung babi kalo minumnya bersama daging babi…….hiks…..loe gue end kalo doyan minum itu …wage……kagak usah pakai mbah karena dengan ini gue lebih tinggi dari loe…….hiks……pukulin aja mereka pakai rotan bang…hiks…hiks…memang dasar mereka sudah kehilangan orang tua akibat tsunami sekarang buka warung yg lampunya kurang terang…….gak tahu agama dia itu….hiks…..hiks….biasa coy kalo mabuk gini merasa agama gue tinggi……kalo kagak mabuk mana bisa fly alias terbang tinggi.

  2. Tapi mabuk sebenarnya asyik juga, asal dinikmati sendiri saja. Mabuk Ilmu, asal jangan maksa dan menggurui orang lain sembarangan. Mabuk Agama, jangan nyalahin orang beragama lain. Apalagi Mabuk Cinta, jangan libatkan orang lain selain berdua, benar gitu khan Mbah?! Maaf kalo cuma nimbrungin aja :-)

    Reply: :lol: Boleh mabuk asal bayar dan tidak minta sumbangan

  3. wah saya baru tau klo ternyata ada yang namanya #Guna : mabuk ilmu, agama atau kepandaian..

    astagfirulloh..
    bermanfaat sekali mbah infonya; seandainya seluruh pribadi di indonesia (pake gaya bahasanya MTGW ^^”) baca dan “paham” tulisan mbah ini; barangkali yang lg rusuh2 relatif jd damai dah..

    salam super damai ;]

    :mrgreen: Reply: Sdr Yudha (namanya bagus ya?) Syukurllah kalau tulisan ini isinya bermanfaat. Bagi siMbah, hal baik datang dari segala arah. Darimanpun asalnya, entah dari Doraemon, kalau mengajarakan hal baik, apa salahnya direnungkan. Kalau dogma, itu lain lagi, sedangkan tulisan di atas (sepertinya) bersifat sangat umum. salam

  4. Mbah,
    ————
    Si Mbah : Lha, kagak perlu diikuti tapi cukup diambil esensinya saja yaitu mengajarkan orang agar tidak lupa diri alias mabuk.
    ———————–
    Saya : Kalau orang Jawa bilang/mengingatkan : eling lan wasposdo – ingat lah dan waspada (jangan lupa daratan, misalnya).

    Kukuruyuk (-:

    Reply dari wage : :mrgreen:

  5. TAKE BEER !!!!!!!!!!!!!!
    .

    • Hooo ho ho your kungfu is not so good.. fight with me, the drunken kungfu master…are ready? let’s get it down tonight….. but don’t forget buy me a galon of beer please… was wus wis wos..

    • A galon of beer? Wakakakkk…….. sempoyongan Sir !

  6. Wakkkkk……. hihihihik…hik…. lucu beybeh.
    I like red and white wine or beer but… more enjoy with Long Island…
    Ku suka tuak juga legen… serta brem bali…tapi…
    tak suka sampai mabok… maka segera bobok.
    eh… omong opo seh.

    • Kang Doyan,
      ini tolisan sufer jadoel, prototype contoh tulisan awal. Sengaja di up karena tampaknya masih relevan. .

    • wooo…. 私は酒を飲むのが好き…. とすき焼き (Watashi wa sake o nomu no ga suki… To sukiyaki)… :roll:

    • Eh… No po niku (itu apa) ?… hmm… ya ki niku… nyam..nyam… uuueeenak tenan.

    • Wakakakkk…….mantap Kang. Kagak nyangka ternyata melek kanji juga.

      Kalau saya sih simple aja, SAY NO TO BEER.

      Maklum aja, saya khan sukanya wine. Wakakakkk…….

      飲酒運転は重大な犯罪です。
      Inshu unten wa jūdaina hanzaidesu
      Drinking and driving is a serious crime

NAMA, MAIL, WEB BOLEH DIKOSONGKAN. Komentarlah dengan hati senang bukan dengan hati terpaksa apalagi dengan hati kotor.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s