Agama Yang Berkembang Pesat dan SESAT !

Penulis: Wage Rahardjo. Agama apakah yang  berkembang paling pesat di Eropa saat ini? Jawabannya tentu saja Islam. Ah, mana sih ada orang yang sampai tidak tahu? Namun di tulisan kali ini simbah sama sekali tidak menulis tentang Islam. Lagian khan judulnya tentang agama yang berkembang sesat, nanti kepala saya bisa bonyok nih karena nyebut Islam sesat. Di topik kali ini saya akan menulis agama merek lain yang juga tidak kalah pesatnya dan tidak diduga oleh banyak orang.  Agama yang dimaksud adalah Hindu.

:lol: Ha..ha..! Lucu Mbah! Aku sampai sakit perut menahan tawa! Emang masih ada yang jual? Ha..ha..

Bagus! Memang seperti inilah seharusnya sikap kita kalau membahas agama yaitu penuh senyum dan gelak tawa, sedangkan kalau topiknya tentang kekerasan dan terorisme ya harus rusuh dan jual beli makian. Tahukan anda bahwa blog ini  berusaha menulis topik yang tidak anda tahu. Lha, kalau semua orang sudah pada tahu, untuk apa ditulis lagi?”.

:) Ok deh Mbah. Tapi apa buktinya Hindu berkembang paling pesat?

Bukti? Nah, ini yang susah Nak, karena jujur saja, buktinya adalah….TIDAK ADA. Tahukah Anda bahwa hampir semua agama bumi seperti Hindu tidak mengenal corvert atau (pengumuman) pindah agama.  Jadi yang jelas tidak ada data atau bukti, terlebih lagi di negeri barat, agama bersifat privat sehingga sensus agama tidak akan pernah ada. Yoga ataupun Mahabrata dan Ramayana contohnya, pada dasarnya adalah merupakan kitab suci jenis Itihasa namun dibaca oleh siapa saja tanpa perlu pindah agama bukan?

:) Ha..ha…ha… Semakin ngawur saja nih ceritanya….

Nah, agar tidak semakin ngawur maka berikut ini ditampilkan sejumlah link sebagai pemanasan. (Setiap gambar berisi link yang semuanya mengarah ke youtube). Mereka adalah pengiktu Hare Krishna, salah satu sekte Hindu yang populer di negeri barat.


Komunitas Hare Krishna gila-gilaan di Russia.
Link lain yang lebih gila: klik disini

hk-italia
Hebohnya festival Hare Krishna di Italia


Komunitas Hare Krishna di Ukraina


Komunitas HK di Russia


Komunitas Hare Krishna di Peru, Amerika Selatan


Prague, Czech Republic

Hare Krishna itu apaan sih ?

Setelah melihat sejumlah video di atas, mungkin ada pembaca yang penasaran ingin tahu, tentang sekte ini. Hare Krishna adalah istilah yang asing bagi kebanyakan orang jadi wajar kalau tidak tahu. Tapi bagi penggemar The Beatles sepertinya pasti tahu bahwa salah satu personelnya yaitu George Harisson adalah pengikut sekte ini.. Salah satu lagu ciptannya yaitu My Sweet Lord disamping terkenal juga kontroversial karena lirik lagu yang awalnya adalah Halleluyah, dipertengahan berubah menjadi mantra Hare Krisna.

Sekte ini relatif baru yaitu dibentuk tahun 1966 di Amerika, jadi masih berumur relatif sangat muda namun dalam jangka waktu satu dasawarsa saja,  mampu berkembang merata ke Eropa, Amerika latin dan Oceania.

Identitas dan penampilan yang nyeleneh

Setiap pemeluk agama memiliki identitas. Orang Islam dengan jilbab, jangut atau kopiahnya, orang Kristen dengan salibnya, Yahudi dengan jangut dan topi yahudinya dan rahib  Buddha dengan kepala plontosnya. Nah, pengikut Hare Krishna tampak lain dari yang lain yaitu kepala gundul tapi tanggung alias disisakan sedikit membentuk kuncir. Jadi tidak berlebihan  kalau disebut SINTING atau gila. Sedangkan kaum wanitanya mengenakan kain Sari warna warni dan sepintas (mungkin) mirip pakaian wanita muslim.

Pada contoh video di atas menampilkan contoh ibadah mereka dari komunitas jemaat di negara Hungaria.  Di negara tersebut, mereka memiliki tempat ibadah sekaligus komunitas yang disebut Krishna Valley yang menempati areal 266 hektar ! Jadi bisa dibayangkan bahwa keberadaan mereka tidak bisa dipandang setengah mata.

Sangat agresif dalam menyebarkan agama

Sekte ini sangat aktif dan agresif dalam menyebarkan agama. Penyebaran agama dilakukan dengan berbagai cara unik yaitu menari, menyanyi di jalanan ala pengamen ataupun menggelar konser yang kadang super heboh yang dihadiri puluhan ribu peneonton seperti video berikut di Polandia.

Penyebaran agama kadang juga dilakukan dengan sangat primitif ala jaman nabi melakukan perjalanan panjang berbulan bulan keluar masuk desa dengan jalan kaki atau menggunakan transportasi sapi.  Dakwah juga kadang dilakukan dengan cara sinting dan konyol  yang mau tidak mau membuat orang lain ikut ikutan sinting seperti tampak pada  link berikut.

Sesat dan banyak pantangan

  • :) Sesatnya bagian mana Mbah? Menurutku mereka tidak lebih dari  bernyanyi dan menari doang, sama sekali tidak layak disebut agama. (bingung?!)

Duh, Sampean sama sekali tidak tahu bahwa mereka adalah merupakan sekte paling extreme di dunia. Aturan hidup dan pantangannya luar biasa banyak dan keras, sehingga nyaris tidak masuk akal bagi orang barat. Contohnya adalah no judi, no alkohol,  dan no intoxication (drug, ROKOK, termasuk juga kopi). Ah, mungkin anda tertawa (lagi) mendengarnya bukan? Bagi anda mungkin mudah, tapi bagi orang barat, jelas susah tidak ketulungan.

Kemudian aturan lain adalah dilarang melakukan kekerasan, Ahimsa (No Violence)  apalagi membunuh. Nah ini yang susah karena tidak membunuh yang dimaksud bukan hanya sebatas tidak membunuh manusia doang tapi juga tidak membunuh hewan. Jadi mereka adalah sekte agama kambing alias pemakan sayuran alias vegetarian 100%. Kemudian bawang merah dan putih (ajaran Ayur Vedic tentang makanan) dan telur-pun dianggap haram. Duh repot sekali bukan?

Repot? Ah, ndak juga, karena masih ada larangan lain yang lebih berat yang saya yakin akan membuat banyak orang uring uringan yaitu dilarang melakukan hubungan sex kecuali untuk melanjutkan keturunan! Jadi hubungan SEX untuk bersenang senang adalah dilarang, tidak terkecuali untuk mereka yang sudah menikah sekalipun. Duh jadi mirip binatang, berhubungan badan hanya untuk melahirkan, bukan untuk bersenang senang seperti manusia.

Sesat tapi mulai menyebar ke Eropa Timur dan bahkan Israel

Catatan: Semua link nama negara mengarah ke video youtube

Setelah berkembang dan memiliki basis kuat di Amerika dan Inggris,  sekte ini mulai menyebar ke Eropa Barat lainnya (Spanyol, Prancis, JermanPortugal, Norway, Italia, BelgiaIrlandiaDenmark dll). Kemudian disaat iklim politik di Eropa berubah di awali dengan pecahnya negara Soviet, sekte ini dengan cepat dan jeli mulai mengambil peluang dengan melakukan siar agama besar besaran di negara Eropa Timur. [Keterangan video : festival besar-besaran di London]

Saat ini komunitas mereka bisa ditemukan di hampir semua negara Eropa Timur seperti: Latvia, Belarus, [mantra], Lithuania, Ukraina [festival], Bulgaria [siar agama], Hungary [ritual], Slovakia, Serbia, Czech, Polandia dll. Sedangkan di Russia adalah merupakan komunitas dengan penganut paling besar.  Besarnya komunitas mereka di negara Rusia bisa dilihat saat festival tahunan yang diadakan di banyak kota seperti  Sukhumi, Moscow, Novorossiysk, Omsk dll. [NOTE: semua link diatas mengarah ke youtube]

Yang tidak kalah uniknya adalah komunitas mereka juga di temukan di negara Israel. [Link1, link2] Di negara musuh negeri Arab ini mereka bebas berkembang atau bahkan bebas melakukan dakwah di tempat publik, bersaing dengan ‘agama Messiah’.

Menular ke Amerika Latin dan Afrika

Selain berkembang di benua Eropa, ternyata komunitas sekte ini sudah lama berurat berakar di negara Amerika latin. Di berbagai negara selatan ini, perkembangannya menjadi semakin menarik karena Irama mantra-pun menjadi semakin variatif bahkan tidak jarang berirama reage atau samba. [Keterangan video: pengikut HK di Negeria]

Saat ini komunitas mereka yang cukup besar bisa ditemukan di Peru, Trinidad, Brazil, Chilli, Argentina, Mexico, dan bahkan Columbia, negara yang terkenal dengan geng obat bius-nya sebingga cendrung dihindari oleh para missionaris. Kemudian komunitas yang lebih kecil bisa ditemukan merata di semua negara seperti Costa Rica, Uruguay, Panama, Ecuador, Guatamala, Bolivia, Nicaragua, Honduras dan ElSavador. [semua link mengarah ke youtube]

Sedangkan untuk negara lainnya dengan pengikut yang juga sangat besar bisa ditemukan di Canada, Australia, New Zealand, Hawai dan Fiji. Untuk benua lain seperti Afrika, komunitasnya ditemukan di negara Afrika selatan, Ghana dan Kenya. Bahkan sekarang mereka sedang berusaha memasuki negara China, yang sebelumnya singgah di Hongkong dan Taiwan.

Pendidikan ala pesantren

Sekte ini tumbuh besar, kuat dan sangat solid salah satunya tidak lepas karena sistem pendidikan mereka yang sangat rapi sekaligus keras.  Dulu diawal masa sekte ini berdiri,  mereka memiliki banyak sekolah ala pesantren yang tersebar di banyak negara seperti Italia, Australia, Hungary, Inggris dan tidak ketinggalan Amerika sebagai pusatnya.

Saat ini semua sekolah pesantren ini sudah ditutup dan hanya menyisakan satu saja yaitu di India seperti video di berikut. Sekolah ini ditutup bukan karena kekurangan siswa tapi karena dianggap bermasalah secara hukum, didakwa sebagai child abused dan brainwash sehingga didenda jutaan dolar oleh pengadilan Amerika membuat sekte ini nyaris bangkrut. Konflik intern dan dakwaan kriminal pada seorang pimpinannya membuat image sekte ini yang sudah sesat menjadi semakin sesat.

Berangkat dari kesalahan masa lalu, sekte ini mulai berbenah dan bersih bersih di komunitasnya. Pendidikan ala pesantren diganti dengan pendidikan jenis Akademi. Sebagai akibatnya, beberapa sekolah akademi megah dan luar biasa luas berdiri di sejumlah negara seperti. Contohnya Bhaktivedanta Collage Belgia. Cukup banyak orang yang kaget dan tidak percaya bahwa sekte sesat ini ternyata masih tetap bertahan bahkan mampu mendirikan sekolah yang sangat modern, luas dan megah di negara Eropa.

Berpikir positif, mencari kelebihan

Tulisan ini mungkin membuat sebagian orang gerah dan tidak senang. Sebagian pembaca dari golongan Hare Krishna (mungkin) akan marah-marah hanya gara-gara ada kata SESATnya, tanpa paham isi dan pesannya (wakakakkk). Sedang dari agama lain (mungkin) marah atau tidak senang atau tidak terima “Pokoknya agama yang berkembang pesat itu harus agamaku. Kalau ada agama lain yang juga berkembang pesat berarti infonya salah”. Nah, lho?! Jadi bagaimana sebaiknya? Kagak tahu-lah, yang jelas bagi siMbah sendiri, yang terbaik adalah belajar mencari nilai positifnya. Apa sisi positif dari sekte ini, berikut catatannya menurut versi dongengbudaya.

Hidup sederhana dan toleran

Disaat kekerasan atas nama agama cukup banyak terjadi di berbagai belahan dunia, sekte ini seakan datang menawarkan konsep baru dalam beragama yaitu lebih toleran dengan agama lain. Sangat wajar tentu saja karena sebagai sekte baru maka mereka dituntut harus mampu menawarkan sesuatu yang lebih dibandingkan agama lain, salah satunya adalah toleransi. [Keterangan video: pengikut HK di Hungaria]

Sekte ini mengajarkan para anggotanya untuk hidup sederhana, bernyanyi dan selalu bergembira. Tidak ayal komunitas mereka sering dicurigai dan diangap gila karena sifat mereka  yang terlalu banyak senyum. Wajar saja karena di masyarakat barat, orang yang terlalu ramah dan umbar senyum adalah  mencurigakan dan dianggap sinting.

Eco Life

Sekte ini bukan hanya sebatas mengajarkan agama dan dogma saja tapi juga mengajar bagaimana seharusnya hidup harmonis dengan alam. Komunitas mereka umumnya dilengkapi dengan lahan pertanian dan peternakan. Uniknya semuanya dilakukan dengan cara tradisional dan primitif, nyaris tanpa mesin atau traktor.

Food for life

Mereka memiliki program yang unik yaitu mendistribusikan makanan secara gratis tiap minggu. Mereka memiliki filosofi bahwa tidak boleh ada orang yang kelaparan dalam jarak 10mil dari tempat ibadah. Jadi mendirikan tempat ibadah bukan hal mudah bagi mereka karena tidak boleh tidak, harus dilengkapi dengan dengan dapur vegetarian, tanpa darah atau pembunuhan terhadap binatang serta makanan gratis harus dibagikan tiap minggu.

Steve Jobs, pendiri Apple dalam biografinya menulis bahwa sewaktu muda dan masih miskin, setiap pekan selalu berkunjung ke tempat ibadah Hare Krishna untuk mendapatkan makanan gratis.

PENUTUP

Bagi saya, Hare Krishna sepertinya menawarkan alternatif baru dalam beragama yaitu lebih menyenangkan, lebih rilex dan tidak jarang bagi sebagian orang terkesan main main. Hubungan antara manusia dan Tuhan yang awalnya magis, suci atau bahkan kaku dibuat menjadi santai, mirip hubungan manusia dan Teman-nya yaitu dengan bermain, bernyanyi dan menari.

Terlepas dari label sesat ataupun waras, setidaknya sekte ini, dengan program pertanian organiknya telah memberikan contoh nyata cara berswasembada pangan. Kemudian prilaku mereka yang cendrung sederhana dan berorientasi ke alam mampu digemari oleh mereka yang jenuh dengan suasana kota. Dan terakhir ajarannya yang sangat toleran dengan agama lain membuat sekte ini menjadi populer di sejumlah negara.

Sebagai penutup, siMbah hanya bisa berkomentar “Sesat atau waras bukan masalah, yang terpenting asal damai dan rukun aja”. Sepanjang si pemeluk agama tersebut senang dan enjoy ya sepertinya tidak ada yang perlu didebatkan. Kata tetangga siMbah: “religion should be judged based on their actions and what they do for those around them”.

Artikel sejenis :  Agama Sesat dan agama Waras

Catatan penulis:
Hare Krishna bukanlah hal baru bagi penulis. Pertama kali mengenal  nama dan ajarannya sekitar tahun 1984 di Bali. Walaupun bukan member ataupun pengikut tapi terkadang hadir di beberapa perayaan dan festival mereka. Maklum, ada acara makan-makannya sih. Habis makan kemudian pindah lagi ke perayaan agama lain untuk makan makan. Ha…ha…ha…

Referensi:

About these ads

870 thoughts on “Agama Yang Berkembang Pesat dan SESAT !

  1. Bhagawad Gita : Tuhan bersemayam di dalam hati semua orang, bukan di atas atau bawah sana. Apalagi cuma di satu negara … Tidak percaya ? Tuhan tidak pernah memaksa orang untuk percaya pada Nya. Yang suka memaksa itu orang2 kurang kerjaan yang mengaku sebagai pengikut Nya.

    Reply wage:
    Salam Kang. penjelasan mantap, cuma sepertinya tidak akan dipahami oleh………………yang tidak paham

  2. aaah… jadi inget lagu2 (lama) dari ben “krishnacore” paporit si sy
    ,,(^_^),,

  3. apapun kepercayaan nya yang penting damai didunia

  4. Vasudhaiva Kutumbakam : Semua makhluk bersaudara

  5. bagaimana menerangkan rasa asin kepada orang yang belum pernah mencicipi rasanya garam :D

  6. …menerangkan rasa asin kepada orang yang belum pernah mencicipi rasanya garam :D
    —————————–
    fyi, sekedar saran..
    terlebih dahulu,..berikan garam kpd orang itu…agar mencicipi dan merasakan rasa garam,
    siapapun yg mencoba utk menerangkan rasa asin garam TANPA ada garam dan rasanya,..
    ya ntar kesannya cuma omdo atau mungkin sesuai dgn salah satu judul lagu dari si Gombloh…yaitu: di angan-angan. ,,(^_^),,

    mereka yg terlahir cacat, buta/tuli dan bisu, tidak akan dapat merasakan kekurangannya,
    KECUALI bagi mereka/sy yg terlahir normal namun JIKA di usia tertentu/beranjak dewasa (krn berbagai sebab) malah cacat, buta/tuli dan bisu.
    (^_^)v
    jika si dia terlahir hanya dgn dua tangan dan dua kaki, apakah si dia pernah/dapat merasakan scr nyata rasanya bertangan dan berkaki lebih dari dua.

    agama yg cenderung berkonten bagai di angan-angan atau siapapun tidak pernah menyaksikan scr nyata (misalnya wujud si tuhan)…mungkin cocok disebut agama sesat maupun laris/berkembang pesat. (^_^)v

  7. Kalau seperti itu tidaklah aneh . . . yang aneh lagi saya beragama Islam tetapi kenapa sering ditemui Dewa Syiwa padahal tidak pernah mengucapkan mantra yang sering di lakukan umat Hindu terkadang bertemu dalam mimpi kadang secara gaib . Seperti yang saya ceritakan di Seri Dunia Gaib .

    • Pertama, mungkin karena nama lahir Anda adalah Rama Wijaya (nama lahir saya juga Rama). Dalam Ramayana, Rama memuja dewa Siwa kemudian dewa Siwa pun sebenarnya menjelma sebagai Hanoman yang menjadi jendralnya Sri Rama, pemuja Rama yang paling utama. Mungkin nama lahir Anda yang membuat Anda sering bermimpi demikian.

    • @Sirama nich kesaksianya hoax :D

      Persis Kristen yg ngaku2 islam,lalu bermimpi ditemui Yesus :P Padahal yg kalian temui itu adalah Syaitan! Karena yg namanya Tuhan itu tdk dpt dilihat! Dan tak ada 1 pun manusia yg tahu wujud Tuhan. KrN Tuhan mmg tak bs dilihat oleh mata manusia saat didunia ini!

      Kalian jgn membodohi diri sendiri dg membuat pembohongan publik :D Malu2in! Basiiiiiii!!!!!!!!!!

      Dlm Upanishad atau Pengetahuan Brahma:  “Na samdrse tisthati rupam asya, na caksusa pasyati kas canainam.” (Ujud Nya tak dapat dilihat, tak ada yang bisa melihatNya dengan mata)[Svetasvatara Upanishad 4:20]

      Veda: “na tasya pratima asti “Tak ada rupa buat Tuhan.” [Yajurveda 32:3]

      Dlm injil:

      1 Timotius 6:16 “Tuhan TIDAK PERNAH DILIHAT manusia, dan manusia memang tidak dapat melihat-Nya…”

      Yohanes 1: 18 “Tak seorangpun pernah melihat Tuhan.”

      @_@ Dan Yesuspun sudah capek menjelaskan dengan berkata:

      Bapa yang mengutus Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu TIDAK PERNAH mendengar suara-Nya, rupa-Nyapun TIDAK PERNAH kamu lihat, (Yohanes 5:37)

    • @_@

    • أَمِ اتَّخَذُوا آلِهَةً مِّنَ الْأَرْضِ هُمْ يُنشِرُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:21)
      Apakah mereka mengambil tuhan-tuhan dari bumi, yang dapat menghidupkan (orang-orang mati)?

      لَوْ كَانَ فِيهِمَا آلِهَةٌ إِلَّا اللَّهُ لَفَسَدَتَا فَسُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:22)
      Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai ‘Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.

      لَا يُسْأَلُ عَمَّا يَفْعَلُ وَهُمْ يُسْأَلُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:23)
      Dia tidak ditanya tentang apa yang diperbuat-Nya dan merekalah yang akan ditanyai.

      أَمِ اتَّخَذُوا مِن دُونِهِ آلِهَةً قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ هَذَا ذِكْرُ مَن مَّعِيَ وَذِكْرُ مَن قَبْلِي بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُونَ الْحَقَّ فَهُم مُّعْرِضُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:24)
      Apakah mereka mengambil tuhan-tuhan selain-Nya? Katakanlah: “Unjukkanlah hujjahmu! (Al Qur’an) ini adalah peringatan bagi orang-orang yang bersamaku, dan peringatan bagi orang-orang yang sebelumku”. Sebenarnya kebanyakan mereka tiada mengetahui yang hak, karena itu mereka berpaling.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    • وَمَن يَقُلْ مِنْهُمْ إِنِّي إِلَهٌ مِّن دُونِهِ فَذَلِكَ نَجْزِيهِ جَهَنَّمَ كَذَلِكَ نَجْزِي الظَّالِمِينَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:29)
      Dan barangsiapa di antara mereka, mengatakan: “Sesungguhnya Aku adalah tuhan selain daripada Allah”, maka orang itu Kami beri balasan dengan Jahannam, demikian Kami memberikan pembalasan kepada orang-orang zalim.

      أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقاً فَفَتَقْنَاهُمَا وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاء كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:30)
      Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?

      وَجَعَلْنَا فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَن تَمِيدَ بِهِمْ وَجَعَلْنَا فِيهَا فِجَاجاً سُبُلاً لَعَلَّهُمْ يَهْتَدُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:31)
      Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka dan telah Kami jadikan (pula) di bumi itu jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    • وَجَعَلْنَا السَّمَاء سَقْفاً مَّحْفُوظاً وَهُمْ عَنْ آيَاتِهَا مُعْرِضُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:32)
      Dan Kami menjadikan langit itu sebagai atap yang terpelihara, sedang mereka berpaling dari segala tanda-tanda (kekuasaan Allah) yang terdapat padanya.

      وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:33)
      Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.

      كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَنَبْلُوكُم بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:35)
      Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.

      وَإِذَا رَآكَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِن يَتَّخِذُونَكَ إِلَّا هُزُواً أَهَذَا الَّذِي يَذْكُرُ آلِهَتَكُمْ وَهُم بِذِكْرِ الرَّحْمَنِ هُمْ كَافِرُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:36)
      Dan apabila orang-orang kafir itu melihat kamu, mereka hanya membuat kamu menjadi olok-olok. (Mereka mengatakan): “Apakah ini orang yang mencela tuhan-tuhan-mu?”, padahal mereka adaIah orang-orang yang ingkar mengingat Allah Yang Maha Pemurah.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    • وَلَقَدِ اسْتُهْزِئَ بِرُسُلٍ مِّن قَبْلِكَ فَحَاقَ بِالَّذِينَ سَخِرُوا مِنْهُم مَّا كَانُوا بِهِ يَسْتَهْزِئُون
      (Qs Al-Anbiyaa 21:41)
      Dan sungguh telah diperolok-olokkan beberapa orang rasul sebelum kamu(Muhammad) maka turunlah kepada orang yang mencemoohkan rasul-rasul itu azab yang selalu mereka perolok-olokkan.

      قُلْ مَن يَكْلَؤُكُم بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ مِنَ الرَّحْمَنِ بَلْ هُمْ عَن ذِكْرِ رَبِّهِم مُّعْرِضُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:42)
      Katakanlah: “Siapakah yang dapat memelihara kamu di waktu malam dan siang hari dari (azab Allah) Yang Maha Pemurah?” Sebenarnya mereka adalah orang-orang yang berpaling dari mengingati Tuhan mereka.

      أَمْ لَهُمْ آلِهَةٌ تَمْنَعُهُم مِّن دُونِنَا لَا يَسْتَطِيعُونَ نَصْرَ أَنفُسِهِمْ وَلَا هُم مِّنَّا يُصْحَبُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:43)
      Atau adakah mereka mempunyai tuhan-tuhan yang dapat memelihara mereka dari (azab) Kami. Tuhan-tuhan itu tidak sanggup menolong diri mereka sendiri dan tidak (pula) mereka dilindungi dari (azab) Kami itu?
      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    • بَلْ مَتَّعْنَا هَؤُلَاء وَآبَاءهُمْ حَتَّى طَالَ عَلَيْهِمُ الْعُمُرُ أَفَلَا يَرَوْنَ أَنَّا نَأْتِي الْأَرْضَ نَنقُصُهَا مِنْ أَطْرَافِهَا أَفَهُمُ الْغَالِبُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:44)
      Sebenarnya Kami telah memberi mereka dan bapak-bapak mereka kenikmatan (hidup di dunia) hingga panjanglah umur mereka. Maka apakah mereka tidak melihat bahwasanya Kami mendatangi negeri (orang kafir), lalu Kami kurangi luasnya dari segala penjurunya. Maka apakah mereka yang menang?

      قُلْ إِنَّمَا أُنذِرُكُم بِالْوَحْيِ وَلَا يَسْمَعُ الصُّمُّ الدُّعَاء إِذَا مَا يُنذَرُونَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:45)
      Katakanlah (hai Muhammad): “Sesungguhnya aku hanya memberi peringatan kepada kamu sekalian dengan wahyu dan tiadalah orang-orang yang tuli mendengar seruan, apabila mereka diberi peringatan”

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

    • وَلَئِن مَّسَّتْهُمْ نَفْحَةٌ مِّنْ عَذَابِ رَبِّكَ لَيَقُولُنَّ يَا وَيْلَنَا إِنَّا كُنَّا ظَالِمِينَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:46)
      Dan sesungguhnya, jika mereka ditimpa sedikit saja dari azab Tuhan-mu, pastilah mereka berkata: “Aduhai, celakalah kami, bahwasanya kami adalah orang yang menganiaya diri sendiri”.

      وَنَضَعُ الْمَوَازِينَ الْقِسْطَ لِيَوْمِ الْقِيَامَةِ فَلَا تُظْلَمُ نَفْسٌ شَيْئاً وَإِن كَانَ مِثْقَالَ حَبَّةٍ مِّنْ خَرْدَلٍ أَتَيْنَا بِهَا وَكَفَى بِنَا حَاسِبِينَ
      (Qs Al-Anbiyaa 21:47)
      Kami akan memasang timbangan yang tepat pada hari kiamat, maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. Dan jika (amalan itu) hanya seberat biji sawipun pasti Kami mendatangkan (pahala)nya. Dan cukuplah Kami sebagai pembuat perhitungan.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  8. Saya sangat setuju sekali dengan banyaknya komentar-komentar blog sesat si embah wage, sebagai kekayaan yang dimiliki anak bangsa nuswatara ini. perbedaan pendapat janganlah menjadi pertentangan, melainkan sebagai kekayaan budaya (kearifan lokal) untuk saling menghargai antar umat ber-agama dengan PANCASILA serta BINEKA TUNGGAL IKA.
    monggo dilanjut mbah komentar-komentar sesatnya. karena orang yang mengatakan sesat, mereka belum mengenal jalan menuju Tuhannya. Banyak jalan menuju roma……. tapi berakhir diujung jalan yang sama. Top Markotop untuk semua para pembaca dan semua peng-kometar komentarnya.

  9. ikutan membahas masalah Ketuhanan yg di argumenkan sdr anonymous, eh hem, o’on atw gendeng… salam damai…

    entitas Tuhan di dunia ini menurut sy sama yaitu yg menyandang KE-MAHA-AN… DAN.. MUTLAK TUNGGAL… (versi saya lho mohon dikoreksi oleh profesor” Ketuhanan yg disini bila menurutnya ga tepat hehehe biar pantes klo sy ngaku pengin jd anggota abal-abal) Hanya penyebutan dan kata sandangnya berbeda.. Si A bilang Tuhannya Allah si B bilang Hyang Widhi,.. klo aku bilang Gusti Kang Murbeng Dumadi gmana? kita sbg umat ber-agama / tdk beragama apapun istilah, saat kita menuju Tuhan mnurut ajaran masing” lakukan dgn sepenuh keyakinan dan hati nuranimu (krn makna sejati hanya di dlm stu) jgn rusuh, yg damai dan toleran ya antar pemeluknya, dijamin dunia aman sejahtera, ga usah saingan atw berkompetisi tuk menuju tuhan yg SATU… perumpamaan kata..: misal bila Pemeluk Hindu menuju Tuhan ibarat naik andong/dokar/delman maka dia membutuhkan pecut/cemethi (Kitab Veda) untuk memacu kuda menuju Tuhan… dan misal bila Pemeluk Islam menuju Tuhan ibarat naik perahu dia membutuhkan Dayung (Kitab Qur’an) untuk menyibak air menuju Tuhan…

    Jadi ga usah eker-ekeran/rebutan benar bahwa menuju Tuhan itu hrs naik dokar atw naik perahu …atw kebolak balik pemahaman naik dokar pake dayung atw naik perahu pake pecut/cemeti malah ga nyampe” lho… atw malah berfanatik bilang klo pecutku paling kuat atw dayungku paling kokoh… gunakan ilmu pengetahuanmu dan hati nurani dgn lurus menuju Tuhan dgn sebenar”nya dan hrs toleran ya demi perdamaian dunia hahaha…

    demikian sedikit ke- sok tahuan saya mohon maaf dan maklum dgn kebodohan saya, sekali lg apa yg saya ungkapkan diatas adlh permisalan/contoh/perandaian tidak bermaksud menghina melecehkan umat agama tertentu,.. semoga Pembina/Adm blog dongeng budaya menerima hahahaha.. (hrs ketawa katanya ciri khas umat abal-abal).. nuwun..

  10. Salam Mas El Krsna …Mas Andree….sedoyo sederek……

    Masih banyak hal dan masalah timbul di masyarakat Indonesia dan bahkan masalah menjadi bertambah besar ketika aturan dan hukum yang lain ikut disertakan…. ..banyak contoh …poligami …kawin sirri….bunga bank….dan mungkin masih banyak yang lain……

    Masalah terus selalu menjadi ada karena para manusia mempunyai suatu keinginan yang menggebu atau bercita cita sangat tinggi untuk mencapai dan memiliki hal atau sesuatu yang tidak dimiliki orang lain dan hal itu seakan dan memperlihatkan kehebatan dirinya dihadapan manusia lain dan semua itu seperti memperagakan dirinya yang berakal tinggi , berkemampuan materi dan unggul dalam pangkat dunia dan mempunyai kekuasaan lebih …….parahnya keinginan itu menurut budi nurani hati kecil adalah NYELENEH. .ora umum …melanggar rasa perasaan…merobek nurani……

    Saya tidak menyebutkan siapa dan apa saja model manusianya yang sudah dan sedang melakukan hal yang menurut agama dan hukum negara adalah SAH atau HALAL tetapi itu semua itu adalah HARAM menurut hukum NURANI yang tidak ada kitab atau bukunya…..apa hak mereka ketika sudah menyakiti manusia lain atau manusia yang paling dekat dengan dirinya sendiri…..para orang hebat itu seakan membutakan dan mematikan nurani dirinya sendiri dan sangat jelas akibatnya bahwa drinya tidak bisa merasakan kesakitan atau terhinanya seseorang / orang lain meskipun dekat ketika hasil perbuatan itu sedang menimpa orang lain tersebut……Nuwun…

  11. APA yang kita takutkan ketika kita masih orok bayi dalam perut ibu dan juga ketika dalam gendongan ibu kita dan apa yang kita rasakan sebagai hal yang kita peroleh sebagai sesuatu yang amat tinggi nilainya yaitu CINTA kasih sayang 2 orang manusia ADAM dan HAWA yaitu orang tua kandung kita…..

    Siapa GURU sejati kita dalam hal KASIH dan HIDUP ketika kita masih dan sedang kecil dan dalam naungan cinta kasih orang tua.??……kita tidak kenal apa dan siapa TUHAN , kita tidak kenal dengan apa itu AGAMA dan banyak hal lain yang mbundel mbuleti yang sedang dan sering terjadi di masyarakat….

    Kita yang dulu kecil mulai bisa berpikir dengan akal yang sangat sederhana dan apa adanya atau sesuai dengan fungsi sebenarnya dan tentunya juga mempunyai RASA lain yang ada didalam diri kita sendiri yaitu rasa yang menerima dan merasakan hebatnya rasa kasih sayang ibu dan bapak kita….selain orang tua kita maka kita juga sedang mulai mengerti siapa diri kita dihadapan orang tua kita …..

    Suatu pertanyaan yang WAJIB kita jawab dengan JUJUR dan BERANI…apakah TUHAN bersifat SAMA dengan orang tua kita , kalau sama maka dimana dan apa yang sama dan kalau berbeda maka apa yang dinamakan hal dan sesuatu yang beda itu BILA Tuhan itu juga berwujud menjadi sesuatu yang UJUD yang bisa kita ajak bicara , bisa kita lihat dan bisa kita sentuh……………..

    Apakah ada orang tua yang mampu melakukan penganiyaan atau mendholimi kepada anak kandungnya sendiri , bagaimana bisa ??…lha wong sejak dini seorang wanita dikatakan dan dinyatakan mengandung sudah begitu sayang dan kasih j, menjaganya , memanjakan supaya tidak keguguran sehingga jabang bayi nantinya lalu lahir , diberi nama , disusui , ditimang dengan rasa yang sangat ikhlas dan MANUSIAWI…….

    Apakah kita akan mempercayai TUHAN yang sifat dan perbuatan NYA sudah digambarkan atau sifat NYA yang sudah diujudkan menjadi 2 orang tua kita yaitu bersifat kasih sayang ??…..apakah kita mengiyakanTuhan lalu membunuh dan menghakimi manusia dan kemudian dimasukkan dalam NERAKA…..
    Misal dan kalaupun memang seperti begitu dan dinyatakan ada SURGA untuk menghibur manusia dan NERAKA sebagai tempat siksaan maka kita WAJIB untuk TAHU apakah Tuhan tersebut benar benar sebagai Tuhan atau itu semua adalah ciptaan dari pola pikir manusia semata yang ada maksud dan tujuan yang tidak kita mengerti maksudnya….demi apa aturan dibuat dan demi siapa hasil baiknya ??…demi Tuhan atau demi manusia itu sendiri ??…….

    Mohon maaf bila saya menulis yang seperti melawan arus kepercayaan ber Tuhan atau kami tidak menghiraukan hal hal yang tidak bisa saya terima oleh akal dan nurani saya …….
    Tuhan bagi saya tidak bisa digambarkan atau diperumpamakan sebagai atau seperti sesuatu …

    Tuhan bagi saya adalah SESUATU yang sangat dekat , bersifat seperti ibu dan bapak ku , IBU sebagai bumi yang kita pijak dan BAPAK sebagaii langit yang menaungi dan keduanya adalah hal yang bersifat kasih sayang , mendidik , menghidupi atau memelihara dan hal hal yang luar biasa BAIK dan BENAR demi HIDUP dan MATI nya kita semua ……

  12. bagus bnget nih bacaan ,,,!!! tapi saya sarankan anda untuk lebih memahami hindu !!!! karena masih banyak yang salah di atas

  13. Lha, salahnya dimana Neng? Maklum nih, embah cuma hindu ktp doang dan di sekolah juga (doeloe) sering bolosnya….

  14. nengok bentar sambl mencet link dunlut ya Mbah….:)

    Reply dari wage : :mrgreen: silakan kang Kang Mo

  15. Itulah uniknya ” HARE KRISHNA “

  16. Mbah, saya membaca mbah menanggapi sebuah komentar diatas yang mengatakan kurang lebih begini :

    Mbah : Saya tidak akan BERHENTI menulis, seperti juga anda tidak akan BERHENTI berkomentar.

    OK, tapi saya akan berbagai pengalaman soal henti berhenti ini. Ketika membaca tentang bahaya merokok, maka saya seketika berhenti merokok. Ketika saya membaca bayaha minuman keras, seketika saya berhenti mabuk-mabukan. Ketika membaca bahaya sex bebas, maka seketika saya berhenti membaca.

  17. @ Pak Unyil,
    Terima kasih atas kesediaannya berbagi pengalaman. Anda orang pintar dan bijak, langsung berhenti ketika mengetahui bahaya. Sedangkan simbah sebaliknya, bodoh dan senang bermain dengan bahaya, tidak mau mendengar saran orang untuk berhenti.

    Tulisan ini mencoba memberikan info tentang Hare Krishna dan ditulis dengan gaya bahasa yang nyeleneh. Sebagian orang memahaminya maksudnya dan sebagian lagi gagal memahaminya dan justru berkutat dengan kata “sesat”. Hujatan-pun datang silih berganti.

    SImbah bodoh dalam urusan tanya jawab, jadi short answernya ya kayak di atas tadi….. Kalau sudah tahu sesat ya jangan dibaca…….

  18. Ketika membaca bahaya sex bebas, maka seketika saya berhenti membaca.
    ——————————-
    Oom Wage ini kurang … jeli ! …. Mengenai sex bebas, ybs hanya berhenti … membaca saja !

  19. begitulah kehidupan ini…..
    So what gitu lho !! jangan andai saja. Ambil coi. Kenapa enggak !
    Jadilah diri sendiri, itu lebih mengena dari pada andai ku menjadi.

    tidak akan pernah habis cerita dunia, apa lagi tentang cerita diri dari membuka mata hingga menutup mata lagi.
    Ruas –ruas jari, sambungan tulang belulang, lukisan kulit dari kepala hingga kaki, seluruh bulu di badan ( dari yang bau apek hingga bau asem plus wangi ) semua cetak biru, tanda diri hidup sendiri tidak bergantung dari label ataupun cap bahkan potret sekalipun.

    bumi bercerita, cahaya mengabarkan, api berteriak, air menyampaikan, angin menelusuri, harapan demi harapan dari ujung ke ujung. Dari cerita ke cerita, dari kehidupan ke kehidupan lanjutan, dari sisi ke sisi yang lain. Bening tanpa ragu dan cela dengan beriak keruh di sela-selanya juga sedikit membawa sisa-sisa kehidupan lain. Serupa, seperti, semisal dan sesuatu dengan sedikit tambahan warna.

    http://www.youtube.com/watch?v=8yoa3slruGE

    bila pertanyaan itu ditujukan untukku pribadi, Mau jadi pembenar, atau yang salah. Urusanku cuma satu. Hanya ingin bertaqwa dan berserah. Nah sekarang itu kembali kepadamu. Mau bagaimana engkau menggolongkan taqwa itu ? urusanmu, urusanku, urusan dia, dia, dia yang lain dengan-NYA, berbeda bro….

    sekali lagi SO WHAT GITU LHO !!!!

  20. ^
    ^
    Nih Anak di atas, sebetulnya sangat pintar dan berbakat untuk membuat artikel. Postingannya selalu bernuansa puistis. Namun sepertinya rada suka “menyembunyikan diri”. Anayway salam selalu dan matur nuwun atas postingannya yang selalu indah. Simbah akan selalu membacanya.

    @ Kang Wong IS,
    Wakakakkk…… benar juga ya. Omong2 tentang sex bebas, bahayanya apa ya? Menurut simbah yang bahaya itu adalah sex dalam kondisi terikat. wakakakkk….. Tentang rokok dan miras sepertinya harus dibahas dalam artikel tersendiri.

NAMA, MAIL, WEB BOLEH DIKOSONGKAN. Komentarlah dengan hati senang bukan dengan hati terpaksa apalagi dengan hati kotor.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s