Sekte, Agama dan Aliran Sesat

tdgdrerAliran sesat adalah sesuatu yang menakutkan. Kalau dipikir-pikir sepertinya rada susah untuk dipahami, kenapa ya  sekte sesat itu bisa berkembang? Sudah jelas jelas sesat masih juga ada orang tolol yang mau bergabung.  Brainwash atau karena cuci otak? Entahlah.  Yang jelas, aliran sesat  muncul di beberapa tempat dengan berbagai jenis, merek dan kadar kesesatan, mulai dari yang sedikit sesat, 1/4 sesat, 1/2 sesat sampai yang 100 % sesat, mengaku nabi, bertemu malaikat, menerima wahyu bahkan ada yang sampai mengaku bertemu tuhan segala. Duh !

Omong-omong tentang aliran sesat, di tahun 80-90an, masyarakat Indonesia pernah dihebohkan dengan munculnya agama Salamullah, alias  Kerajaan Tuhan Eden. Pendirinya, Lia memanggil dirinya Imam Mahdi, yang menurut kepercayaan yang lazim, akan muncul di dunia sebelum hari kiamat untuk membawa keamanan dan keadilan di dunia. Selain itu, dia juga memanggilnya Bunda Maria, ibu kepada Yesus Kristus. Lia mengatakan bahawa anaknya, Ahmad Mukti, adalah Yesus Kristus.

Di negara barat, agama, aliran atau sekte sesat perkembangannya jauh lebih mengerikan.  Hal ini tidak lepas dari arus kebebasan beragama yang diberlakukan di negara meraka. Hasilnya, agama sesat tersebut memakan korban jiwa yang mencengangkan:

  1. Sekte agama Peoples Temple, Guyana yang pada tanggal 18 November 1978 para pengikutnya melakukan  bunuh diri masal. Jumlah korban yang meninggal adalah 909 orang meninggal, termasuk didalamnya 303 anak anak. Mayat berserakan  di banyak lokasi. Anak dan ibu dalam posisi berpelukan. Duh !
  2. Tanggal 17 March 2000, ajaran sesat kembali menarik perhatian dengan bunuh diri massal yang dilakukan oleh jemaat Movement for the Restoration of the Ten Commandments of God di Uganda, Afrika yang menewaskan 778 orang.
  3. Di negara Jepang, pada tanggal 20 March 1995, sekelompok aliran sesat yang bernama Aum Shinrikyo menyerang stasiun kereta api bawah tanah di kota Tokyo dengan meledakkan gas beracun. Serangan ini dilakukan disaat jam sibuk (rush hour) sehingga merengut banyak korban dan kepanikan yang luar biasa.
  • Duh, ngeri sekali Mbah. Kita harus waspada nih !
  • :mrgreen: Ngeri apaan, bagi Mbah biasa saja tuh……
  • Hah?! Koq malah dianggap biasa?

Sekte Sesat?! Ah, bisa saja tuh….

Dalam kebanyakan kasus, sesat atau tidak sesat adalah lebih banyak merupakan KONFLIK INTERNAL suatu agama dan nyaris tidak ada hubungannya bagi umat agama lain. Sekte Kristen Jehovah’s Witnesses contohnya, yang ajarannya dianggap sesat dan berbahaya karena “menolak” konsep Trinitas. Apakah bagi Anda yang beragama lain menganggap sekte ini berbahaya, merusak akidah Anda sehingga harus diwasapadai? Sepertinya tidak bukan?

Anda pernah mendengar kata Hare Krishna? Ini adalah salah satu sekte Hindu yang keberadaannya menimbulkan polemik pada masyarakat Bali. Akhirnya Departemen agamapun turun tangan dengan membekukan aktifitasnya  dan sampai sekarang (sepertinya) pembekuan ini tidak dicabut. Kasus yang relatif jarang terjadi pada komunitas Hindu sehingga kasus ini menjadi unik dan langka serta hanya terjadi di Indonesia saja. Apakah ribut ribut yang terjadi pada sekte Hindu ini ada pengaruhnya bagi Anda? Jawabannya jelas tidak, bukan? Bahkan bagi mereka yang lebih radikal, akan berkomentar lebih santai: “Sekte apaan tuh, bukankah agama Hindu itu secara keseluruhan sudah sesat?” –  Nah, lho?

Menurut Oxford English Dictionary, agama sesat  (Cult) artinya pandangan atau doktrin teologis atau keagamaan yang dianggap berlawanan atau bertentangan dengan sistem keagamaan ortodoks atau ajaran yang benar. Kemudian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sesat artinya adalah salah (keliru), berbuat yang tidak senonoh; menyimpang (dari kebenaran tentang agama). Dalam ilmu sosiologi, ajaran sesat merujuk kepada kumpulan manusia yang menganut sesuatu kepercayaan dan amalan yang bertentangan dengan norma masyarakat umum.

Dari definisi di atas tampak jelas bahwa, istilah sesat akan berubah seiring dengan waktu dan tempat. Beberapa abad lalu agama Kristen dianggap sesat oleh orang Romawi sampai akhirnya dianggap menjadi agama resmi alias tidak lagi dianggap sesat. Kemudian diawal kemunculannya agama Kristen Protestan dianggap sesat oleh golongan Katolik. Syiah mungkin sesat di beberapa negara tapi di Iran dianggap waras.

Sekte sesat di negara sekuler

Lain padang lain belalang. Berita tentang sekte sesat yang umumnya selalu disambut heboh dan gonjang ganjing di suatu nagara tokratis, cendrung dianggap wajar di negara sekuler.  Jadi mendirikan agama baru, mengklaim diri sebagai nabi, menyembah Blackberry ataupun menyembah Sandal Jepit adalah dianggap sah sah saja bagi mereka. Jadi untuk kasus Lia Eden  kalau seandainya muncul  di negara liberal, maka dipastikan nyaris tidak akan ada orang yang menanggapi. Sepanjang para pengikutnya tertib, tidak ribut, berisik atau menganggu ketertiban umum, tentu tidak ada alasan untuk melarangnya.

  • :) Bingung nih Mbah. Bagaimana dengan sekte sesat yang memakan korban besar seperti contoh di atas? Bukankah ini artinya berbahaya dan harus dilarang?

Itu sudah termasuk kriminal. Agama atau sekte hanya akan dilarang kalau ajarannya berindikasi melakukan tindakan kriminal. Jadi yang dilarang bukan karena memuja Sandal Jepit, tapi karena menjepit atau mencuri sandal orang.

OPINI PENUTUP

  1. Sesat hanyalah sekedar istilah atau label. Label ini umumnya lebih banyak ditujukan pada kelompok saingannya. Label ini menjadi resmi dan mengikat karena disahkan oleh negara. Syah atau Ahmadiah mungkin sesat di Indonesia tapi tidak untuk negara lain. Jadi apa itu sesat? Jawabannya tergantung tempat, negara atau orang yang Anda tanya.
  2. Sesat sebetulnya bukanlah masalah besar, asal tidak rusuh, rasis dan kriminal. Saat saya pergi ke luar negeri, terlebih lagi ke negara barat, saya akan dikelilingi oleh orang-orang sesat.  Apakah mereka menakutkan, sepertinya tidak.
  3. Semua agama “besar” yang ada sekarang, di awal kemunculannya juga bisa dikatagorikan sebagai aliran sesat. Setelah berkembang dan dianut banyak orang maka dianggap tidak lagi sesat. Jadi sesat atau tidak sesat, tergantung banyak-banyakan orang atau pengikut doang…..

Aliran sesat? Siapa takut.

Sumber foto : Wikipedia
Keterangan foto atas: parade topeng, sumber wikipedia.
(gambar depan hanya sekedar ilustrasi, tidak ada hubungannya dengan isi)

Referensi:

About these ads

27 comments on “Sekte, Agama dan Aliran Sesat

  1. Ecco says:

    Nggak semua atheis berfikir bahwa “semua agama adalah sesat” mbah….karena ada atheis yang berfikir bahwa “semua agama adalah Dongeng Budaya”. Salam damai dari cucu Hanoman….

    • Reply wage: Duh, komentar yang sangat bijak, tepat, cerdas dan lucu. Ternyata siMbah telah membuat kesimpulan sesat. Segera direvisi. Tx. Tulisan pesannya segera menyusul ya
    • Ecco says:

      Duh , mohon ma’af lo mbah,jadi sungkan sama mbah , gara-gara koment saya mbah merevisi tulisannya. Sekali lagi mohon ma’af mbah, sudah merepotkan mbah. Salam damai…

      • Reply: Justru siMbah yang harus berterima kasih. Jarang jarang ada yang berkomentar singkat dan cerdas. Kata sesat di tulisan ini berkonotasi banyak, bisa berarti kriminal atau cuma kepercayaan semata.

        Berhubung tulisan awalnya terlalu menuduh, memvonis dan tidak sesuai dengan filosfi blog ini, maka tulisan diedit. Semoga hari harinya nakEcco selalu sehat dan damai…

  2. ayu indah says:

    gak ngerti….. :/ Ribet akh…. :D

    • Reply: Namanya juga topik Sesat ya pasti ribet, Nak Ayu
  3. cdhotrotten says:

    izin share yoh mbah kung..hehe

    • Reply: Silakan dan terimakasih telah di shere
  4. […] : KOMENTAR UMUM ← Mengenal Sekte dan Aliran Sesat Bahasa Orang Kaya Yang Dipakai Orang Miskin […]

  5. Bala(ne)dewa says:

    Ribuan sekte Kristen termasuk Protestanpun (mungkin) dianggap sesat oleh orang Katolik.
    ——————————————–
    Mbah,

    Menurut Paus di Vatikan agama Katholik lah yang benar …. Protestan itu salah, kalau bukan sesat, menurut Vatikan (lagi). Ini bukan menurut saya lho, saya pernah membaca mengenai hal ini di sebuah koran serius ( bukan tabloid ).

    Sect ,sekte : Menurut kamus ‘The American Heritage Dictionary’ dan ‘Thefreedictionary.com’ berarti 1) sekelompok – keagamaan – didalam kelompok yang (lebih) besar,yang berbeda dengan kelompok yang lebih besar itu, 2) sekelompok keagamaan yang telah memisahkan diri dari kelompok (keagamaan) yang lebih besar.

    Jadi,Mbah, sekte TIDAK harus sesat.
    ===========================================================
    Pasal 18
    Setiap orang berhak atas kebebasan pikiran, hati nurani dan agama; dalam hal ini termasuk
    kebebasan berganti agama atau kepercayaan, dengan kebebasan untuk menyatakan agama atau
    kepercayaann dengan cara mengajarkannya, melakukannya, beribadat dan mentaatinya, baik
    sendiri maupun bersama-sama dengan orang lain, di muka umum maupun sendiri.
    ================================================================

    Yang di atas adalah kutipan dari ‘Deklarasi Hak Asasi Universal’ dari PBB yang disahkan – ditandatangani – a,l oleh …. Indonesia, kutipan saya ambil dari http://www.kontras.org. Dus, setiap orang berhak … membuat agama sendiri, berdasarkan keyakinannya ,berdasarkan PIKIRAN dan HATI NURANI nya … Lha hak asasi je …

    Sesat ? Semprul,Mbah ! (-: (ikut2an si Mbah ) Atas dasar apa orang menilai orang lain yang tidak se … ‘paham’ sesat ? Sekali lagi,bukan sesat Mbah, tapi, itu tadi, semprul ! (-:

  6. Bala(ne)dewa says:

    Tambahan : Menurut saya orang yang suka … melarang keyakinan orang lain biasanya kurang …’pede’. Kitab suci Hare Krishna itu Bhagawat Gita, kitab yang amat sangat bagus, berisi percakapan antara Arjuna dan Kresna/Krishna – penjelmaan dewa Wisnu. Duluuu di tahun 70 an saya pernah punya terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

    Coba, gimana kalau agama Hindu, atau Kristen atau agama si Mbah di … larang ? (-: Aya-aya wae … (-:

  7. @ Kang Balane, Tambahan yang luar biasa mantap, tap, tap. Di negeri ini emang pada gemar ngelarang-larang, padahal yang ngelarang juga kagak lebih baik. (kayaknya). Ngelarang berarti kagak PeDe. Kata yang sangat tepat. Kenapa ya kebanyakan orang cendrung menganggap pihak lain sebagai ancaman? Duh, bingung mikirnya.

    Kalau agama siMbah dilarang, ya santai saja. Apanya yang mau dilarang wong agama kagak jelas dan tidak ada yang tahu? Agama abal-abal alias campur aduk sampai kagak kelihatan lagi bentuknya..ha…ha….

    • Bala(ne)dewa says:

      Apanya yang mau dilarang wong agama kagak jelas dan tidak ada yang tahu? Agama abal-abal alias campur aduk sampai kagak kelihatan lagi bentuknya..ha…ha….
      —————————-
      Lha ya itu, dilarang beragama abal2 ! (-: Haruss beragama satu diantara enam agama … resmi ! … Ditanggung masuk … surga ?! hehehehe ….

      Saran : Ralat saya kalau bisa Si Mbah hapus saja. Toh sudah si Mbah revisi. Jadi tidak memenuhi ruangan dan tidak mengurangi kecantikan blog si Mbah.

      Arigato (-:

      Reply wage:
      :mrgreen: Opss, agama abal-abal kaya siMbah justru tidak boleh ya? Jadi harus pilih satu ya? Jadi selama ini siMbah sesat ya? Duh ngeri juga kalau nanti ditangkap, dibrogol dan dipukuli kayak maling jemuruan.

      Setahu siMbay itu yang kagak boleh dan dilarang keras itu kalau bikin rumah tuhan. Resmi atau kagak resmi ya kagak boleh. Kalau cuma sebatans ngomong sih sepertinya tidak dilarang. Kalau dilarang itu keterlaluan. Lha, yang teriak-teriak aja boleh khan? Apalagi kalau ngomongnya di blog abal-abal. ha…ha… kagak ada yang peduli.

      Agamamu apa? ya asal nyebut aja, dijamin aman. Walau kelakuan sesat ya kagak penting khan Nak?

  8. heru says:

    agama yg sesat itu yg mengajarkan pembunuhan, pemerkosaan, perbudakan

  9. isbagiyo says:

    nek dipikir pikir kayaknya agama gak ono sing sesat lho mbah, dadi diarani sesat mergo uteke pencetuse atau pengikute sing rusak, yo kui mbah mergo dicampuri kepentingan kepentingan pribadi.nggo ngumpulne donyo,popularitas,jabatan dlllllllllllllll.hehehehehe …… sory njeh mbah melu iseng iseng komentar, emboh opo sing lagi mlebu neng uteku; dhemit genggek opo dhemit alim. sallam paseduluran.

    • :: Wage Rahardjo says:

      @ Sdr Isbagiyo,
      Selamat datang. Silakan berkomentar dengan enak. Mau iseng atau serius, monggo. salam

  10. lily says:

    wah ribet bgt deh ttg agama,

    • Reply Wage: Kalau ndak ribet ya bukan agama namanya….
  11. Rama Wijaya says:

    alran sesat ada di mana2 bukan di islam saja. Dalam aliran kristen juga ada.

  12. :: wage rahardjo says:

    @ ALL
    Tulisan direvisi ulang. Judul awal “Mengenal sekte dan aliran sesat” juga direvisi.

  13. Bala(ne)dewa says:

    alran sesat ada di mana2 bukan di islam saja. Dalam aliran kristen juga ada.
    ————————————————————————————-
    Bedanya : Aliran Islam yg (dituduh) sesat rutin ditindas,digebuki,tempat ibadah dan rumah mereka dijarah oleh orang2 yang mengaku … tidak sesat,… Tapi dalam ‘ketidaksesatan’ mereka itu, mereka bertindak seperti … terroris. Dalam Kristen aliran2 yang sesat … tidak diteror, dibiarkan saja.

    Hak2 asasi manusia : Karena dulu Tuhan …lupa mengenai hak2 asasi manusia maka PBB pada tahun 1948 mencetuskan hak2 asasi manusia universil yang ditandatangani a.l oleh Indonesia, dus mengikat.

    ———————————————————————————————-

    Pasal 18 (Hak2 Asasi Manusia,PBB)
    Setiap orang berhak atas kebebasan pikiran, hati nurani dan agama; dalam hal ini termasuk
    kebebasan berganti agama atau kepercayaan, dengan kebebasan untuk menyatakan agama atau
    kepercayaann dengan cara mengajarkannya, melakukannya, beribadat dan mentaatinya, baik
    sendiri maupun bersama-sama dengan orang lain, di muka umum maupun sendiri.

    ———————————————————————————————–

    Sesat ? Menurut siapa ? Kalau menurut saya lebih baik semua orang sesat, tapi dalam kesesatan mereka, mereka tidak merugikan orang lain, malah menguntungkan. Misalnya, membantu orang2 yang tidak mampu, membantu mendirikan gereja atau mesjid atau kelenteng atau pendapa . Sesat ? Kalau memang benar2 sesat, biarkan Tuhan yang mengadili mereka.

    Australia punya PM yang , eh hem , atheis, Julia Gillard. Beliau …TIDAK/belum kawin, tapi kumpul kebo ! Adakah negara di dunia ini yang ber mayoritas beragama Islam yang secara umum lebih … maju dibanding Australia ? Di negara itu jarang ada tempat ibadah diledakkan. Orang mau beragama, atau tidak beragama sama sekali,pemerintah tidak ikut campur, EGP kata pemerintah itu.
    Ada kesan kuat Australia dan negara2 Barat seperti Canada dan Amerika lebih … Pancasilais daripada Nusantara …. Negara2 itu lebih kuat dalam … memanusiakan rakyat mereka. (Contoh sederhana : Belum pernah saya baca di negara2 itu ada ….POLISI melarang orang beribadah menurut cara mereka – bagaimanapun nylenehnya. )

  14. wage says:

    @ Kang BALAneDEWA,
    Terima kasih atas tambahannya. === Sesat? Menurut siapa? ==== Nah, itulah sebetulnya inti dari tulisan ini.

    @ ALL
    Selamat Pagi,
    Tulisan saya diatas sama sekali bukan bermaksud untuk membuat list sekte agama sesat dan kemudian menyadarkan atau membereskannya, namun tidak lebih dari mengajak mereka yang mau untuk berpikir “Emang kita tidak sesat?”. Omong2 tentang sesat kebanyakan orang cendrung berpendapat, diluar dirinya atau diluar kelompoknya adalah sesat. Apakah golongan yang dituduh sesat mau menerima? Sepertinya jawabannya adalah tidak dan hal inilah yang membuat pembahasan tentang sekte sesat menjadi rumit bin pelik.

    Blog ini mencoba mengambil jalan tengah yaitu dengan membuat kesimpulan sesat: “SESAT TIDAK SESAT ASAL TIDAK RUSUH”.

    Untuk menghindari pelemik dan juga salah pemahaman, maka paragraf yang memuat tentang Ahmadiyah dan Siyah dihilangkan.

    salam
    wage

  15. Paman Dalbo says:

    Nuwun sewu..

    @ Bala (ne) Dewa..
    eh.. ngomomg2 soal sesat nih paman lagi tersesat di kolum ini, cuma mau kasih konfirmasi, untuk kang Balane, sekitar dua minggu yg lalu Paman kirim E mail ke njenengan apa dh di cek? dan paman msh menunggu responya…

    nuwun..
    Asah asih asuh..
    PD

  16. Bala(ne)dewa says:

    Man,

    Sudah direspon lho,Paman. Coba dicek. Sang kyu.

  17. Paman Dalbo says:

    Nuwun..
    @ Kang Balane Dewa. maaf tdk ada Email masuk tuh kang, mgkn salah ke alamat lama. dah gk bisa di buka lagi, coba langsung di replay sj atau kirim lagi di email Paman yg baru ini paman_dalbo@yahoo.com

    Salam.
    PD

  18. Sigmumund says:

    Permisi N Salam kenal semuanya….
    Saya suka skali dengan komen2 yang ada…
    Menurut saya,… kita semua yang terlahir di dunia ini adalah terSESAT…. karena tidak satupun dari orang2 terdahulu sampai skrg ini yang bisa menjelaskan pertanyaan2 purba sprti.. Dari mana kita berasal? Kenapa kita ada disini? Mau kemana kita nanti? Atau yang paling Misterius…. SIAPA SEBENARNYA KITA INI? Selama pertanyaan2 itu tidak pernah ada jawabannya… yah kita masih dalam keterSESATAN… buktinya apa….. Semua agama/kepercayaan mengakui sebagai kebenaran Absolut termasuk dogma2 konyolnya dan menganggap yang lain SESAT jadi ya sy simpulkan smuanya masih SESAT…..
    Gitu aja Kok Repot.

    Salam SESAT selalu….

  19. ANYWARE says:

    Sebenarnya hari ini q ingin sekali berada di suatu tempat

    Entah mengapa kaki ini berjalan sebaliknya

    Langit mendung sejak pagi tadi

    Sekejap terang dan sekejab mendung lagi

    Diary………….

    Hatiku mengambang, tapi tidak ikut mengalir bersama air kehidupan

    Kosong…. dan benar benar kosong plus sepi…..

    Seperti sebuah meja penuh makanan tapi ada sesuatu yang terlewat sehingga makanan itu tidak terjamah.

    Diary………….

    Raguku menggayut bersama mentari yang lelah menembuskan sinarnya ke bumi…..

    Semoga saja perkiraan dari perasaan hari ini salah…

    Kalau memang benar…. betapa sangat berkabutnya hari** yang akan datang……

    Kadang aku tidak berani memandang lurus kedepan atau dalamnya jurang

    Tapi kalau toh harus memandang…. maka aku ingin itu adalah pandanganku untuk yang terakhir kali…………..

    Diary…

    Ikutlah aku dalam diam dan sepi tuk menuai bintang berjejer bagai kalung tiada putus…….

    Membalik semua hingga kembali cemerlang

  20. Pandawa Lima says:

    Ajaran Sesat….sebuah kata sakti yang mampu menggerakkan massa untuk menghancurkan suatu komunitas oleh komunitas lain mengatas namakan ‘Kebenaran’…..
    Sebagai pembenaran tindakan anarkis karena dianggap tidak sealiran dgn ajaran agama mainstream yg dianggap sudah mapan…
    Ironis……

  21. deloy says:

    Maaf ada yg tau gk tuhan agamanya apa???

    • dongbud says:

      Kata “Sesat” kadang tidak lebih dari sekedar istilah/label dari kelompok (sekte agama) yang satu yang ditujukan pada sekte lainnya. Syah atau Ahmadiah mungkin sesat di Indonesia tapi tidak untuk negara lain. Jadi apa itu sesat? Jawabannya kadang menjadi kabur, tergantung tempat, waktu dan sudut pandang seseeorang/kelompok/negara.

      Apa tuhan agama sesat tersebut? Ya, jawabnya kembali ke bagian atas. Bagi sebagian orang/negara tuhan batu ataupun tuhan sandal jepit tidaklah berbahaya sepanjang pengikutnya berprilaku tertib.

      (Artikel direvesi pada bagian penutup/kesimpulan)

BLOG KOMUNITAS WARGA ABAL-ABAL. Tidak ada paksaan untuk membaca dan juga tidak ada paksaan untuk berkomentar.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s