Mari Mengenal MUSUH Agama

An ultra-Orthodox Jew holds a Palestinian flag during a protest against Israel's air strikes in Gaza in LondonDONGBUD. Wager. Mengenal musuh agama sangatlah penting. Ya tentu saja. Beragama adalah ibarat memasuki ladang pertempuran, jadi beragama tanpa tahu musuh sama dengan setor nyawa mati konyol. Namun salah mengenali musuh agama juga tidak kalah konyolnya. Berabe khan kalau sampai salah pentung.

::Hah?! Semprul ah Mbah? Jangan ngajari yang kagak benar dong! Agama khan mengajarkan kebaikan, koq bisa punya musuh?

Duh, parah dan lugu amat nih anak. Ketahuan tidak pernah ikut demo atau menyimak khotbah ketua ormas. Gini lho Nak, justru karena agama mengajarkan kebaikanlah maka memiliki banyak musuh. Kebalikannya dengan ajaran sesat, yang cendrung banyak teman. Wakakakkk…. Benaran kagak tahu nih? Baiklah,  agar tidak panjang, siMbah coba tuliskan saja di bawah ini dan silahkan dipilih musuh agamamu dengan tenang sambil ngopi.

I. MUSUH DARI LUAR

  1. Setan
    Setan dan kerabatnya, jin, gundurwo, kuntilanak, mahluk halus dll adalah musuh terbesar daripada semua agama. Walaupun semua orang sepertinya sudah tahu apa itu setan, bagaimana bentuknya dan dimana rumahnya, namun perang melawan setan tetap saja kagak kelar kelar.  Entah siSetan yang pintar atau manusianya yang bodoh?
  2. Bangsa, negara atau ras  lain
    Kita lahir tidak bisa memilih orang tua, tidak juga bisa memilih ras atau bahkan negara. Namun……yeah, emang gua pikirin? Kita sedang membicarakan tentang musuh, bukan bicara tentang logika humanisme. Siapa suruh lahir di negeri musuh? Sekali musuh ya tetap musuh.
  3. Agama lain
    Semua agama selain agama sendiri, pada dasarnya adalah sesat jadi harus diperangi. Jadi bagi mereka yang malas berpikir maka memerangi agama lain adalah pilihan paling mudah.
  4. Sekte lain
    Walaupun masih dalam lingkup satu agama, satu kitab dan satu tuhan, bukanlah jaminan menjadi sahabat.  Mereka tetaplah musuh yang harus diperangi.  Mereka adalah ibarat musuh dalam selimut yang sangat berbahaya dan perlu diwaspadaai.
  5. Binatang
    Nah ini termasuk katagori musuh yang paling mudah dikenali dan juga paling mudah ditusuk atau digoreng. Saya sebut mudah karena ini termasuk golongan musuh paling lemah dan juga paling baik. Tidak bisa protes, tidak bisa demo, tidak bisa lapor ke HAM dsb.. Lha, namanya juga binatang. “Salah sendiri lahir jadi binatang”.

II. MUSUH DARI DALAM

  1. Kemiskinan  dan Kebodohan
    Musuh agama yang paling tidak menarik untuk dibahas.
  2. Tanpa ilmu / pengetahuan
    Untuk memeranginya cuma ada satu cara yaitu belajar dan belajar. Belajar bisa lewat pendidikan formal atau baca buku, belajar pengetahuan umum dll. Duh, bagian ini  sepertinya juga kurang menarik.
  3. Musuh diri sendiri (Sad Ripu)
    Sad = enam, Ripu =musuh,  yaitu 6 musuh berbahaya dalam diri yang terdiri dari: Nafsu indriya (Kama), Serakah (Lobha), Marah (Krodha), Minuman keras (Mada), Angkuh (Moha) dan Dengki/iri hati (Matsarya)

Jadi dari beragam  musuh yang telah saya buat di atas, manakah yang termasuk golongan musuh agamamu?

:: Aku sudah terbiasa dengan pola pertama yaitu musuh dari luar. Aku merasa cocok dan tidak akan mengubahnya.

Tidak masalah. Kebanyakan orang memang meerasa lebih “enak dan nyaman” dengan pola pikir musuh dari luar diri. Setiap orang tentu akan memilih jalan yang dianggapnya paling nyaman dan benar.

Seseorang yang menganggap, orang atau kelompok lain sebagai musuh, maka dia akan mati-matian mencoba mengubah atau memerangi orang lain. Sedangkan seseorang yang menganggap dirinya sebagai musuh maka akan mati-matian berusaha untuk selalu “sadar” dan instropeksi diri. (dongbud)

Wagerrr

Sumber image: unknown (facebook?!)


Go to Top | Halaman Depan |

Artikel lain : Memahami Filosofi JIVA : Benci China atau Yahudi? Ini Dia Jawabannya


10 thoughts on “Mari Mengenal MUSUH Agama”

  1. Kalo urusan permusuhan pasti berurusan dengan perlawanan mbah, kalo sudah urusan perlawanan konsekwensinya adalah menang dan kalah.Pada umumnya siapa yang menang dalam permusuhan maka dia lah yang dianggap sakti. Tapi menurut pendapat saya pribadi orang yang sakti itu bukan orang yang bisa mengalahkan musuh mbah…orang yang sakti adalah orang yang tidak mempunyai musuh….yaa ..itu hanya myselfopinion mbah………salam damai.

    :)Reply: Pendapat menarik. Dipikir pikir benar juga ya. Orang yang sakti adalah orang yang tidak punya musuh. Tulisan diedit ulang agar lebih variatif

  2. Pingback: Dongeng Budaya
  3. Wah enak sekarang ada WordPress di hape jadi boring bisa celingak celinguk lihat blog dongbud,

    lagi dipegadaian ngantre dapat nomer 112 wah masih nomer 73, nasib hidup masih gadai2, hidup masih abal2…..hehhehe, kok curhat……memang kadang pegadaian itu asyik kagak bayar 4 bulan, nah pas mau bayar kelimpungan mana banyak lagi……

    kadang sedih hidup tidak selalu mulus ada juga yg hilang tergadai mana bayar bunga perpanjangan juga tak sanggup…..

    begitu juga bila kita menggadai hidup ini pada agama semata….suatu saat musuh akan menyulitkan kita….kadang musuh diperlukan untuk mengukur kekuatan dan posisi kita….dan untuk latihan perang memantapkan sepak terjang Tentara kita, tapi bila musuh itu masih tergenggam dan dalam lingkaran kekuatan kita tak apelah….bila dia berkawan dengan kepentingan lain soal…..banyak negara2 maju memanfaatkan minoritas untuk dipermak berjuang sebagai musuh negara…..wah itu seperti menyimpan dynamite dalam drum2 minyak…..

    itulah yg saya dengar tentang keinginan negara lain memecah belah negara kita yg sangat subur dan untuk warganya dirasa cukup…..kita tidak mempunyai jati diri kita punya minyak tapi kita menggalang kekuatan dengan negara gurun yg menyebabkan kita tak boleh membuat kilang minyak….kita tak pandai dikatakan sebagai penjaga hutan…setiap kayu yg kita akan jual harus melalui cap2 negara tetangga….saya tak pantas menyebut siapa salah siapa benar….

    begitulah,sebuah kekuatan pasti memerlukan musuh karena dalam pengertian saya rwabhineda itu harus ada…untuk sebuah keseimbangan…terlalu putih dia akan kehitam terlalu hitam dia akan keputih kenapa? Karena dihitam kehidupan akan semakin sulit, semakin menderita semakin tertekan mereka yg melalui banyak kehidupan yg hitam akan merangsurangsur tobat….tapi bila putih dan mendapat tempat dia akan semena 2 merasa dia paling superior….hehhehe hitam tidaklah jelek, putih bukanlah kebanggaan….didengar adalah kebijaksanaan…..salam sayang buat kalian.

  4. Salam Kang BBguerrilla, komenya saya kasih spasi ya agar enak dibaca.

    //Kadang sedih hidup tidak selalu mulus//

    Saya tertarik komen bagian yang ini. Benar sekali. hidup tdk selalu mulus, ada masanya. Tahun ini mungkin ketemu yang mulus2, tahun depan mungkin sebaliknya………

  5. hmmm………..hehehehe
    ada ajaaa…..ceritenyee……hahahhaa…….

    tak terlalu penting mengenali musuh…..selama musuh juga tidak mengenali …….yg paling berbahaya adalah ….musuh mengenali …..akan tetapi diri kita tidak mengenali musuh …..musuh yg terbesar adalah diri kita …….( malas & bodoh….dan pengen hidup enakkk ) alamatttt…..jadi pengikutnya………kwkwkwkwkwkw…….jika musuh menang berarti jaman kegelapan menyongsong di depan kita…….jika kita biarkan ……wessss podo waee…..pak..pok aeee…kwkwkwkwkkw

    hidup itu mudah…..tinggal membuat ” dua buah titik saja “……yaitu titik awal dan titik akhir…..kemudian tarik garis …pasti garisnya lurus …….hahahhaha…..tp entah lurus kemana….kwkwkkwwk………..

    dikit bocoran kunci jawaban ……..titik awal …yaitu ketika kita akil balik…….titik akhir yaitu ” kematian”……..klu kita tahu titik akhir dan sadar bahwa titik akhir itu ” pasti “…..dan itu menjadi tujuan…..saya yakin kalaupun melenceng tidak terlalu jauhhh…..kwkwkwkkw…….yang saya khawatirkan ……yang belum menentukan titik akhir atau belum memiliki titik akhir……..mau ditarik garis lurus kemanaaa….kwkkwkwkwwk……..padahal kita selalu berharap ….dapat berjalan di jalan yang lurussss…..kkwkwkwkwkw

    ngapunntenn masss…..wagerrr

    1. Salam Kang PNL dan nuwun atas komentaranya yang selalu bermutu dan tidak jemu mengingatkan. Saya senang dan selalu intropeksi diri saat membacanya.

      Salah pilih memang berabe bahkan bisa jadi malapetaka, salah jalan bisa tersesat, salah pilih tuhan bisa mampus, salah tarik garis bisa nyempulung ke neraka dst. dst…….

      Omong2 sehat Kang? Salah satu kebahagian terbesar saat sudah berumur seperti seperti saya dan mungkin juga Akang adalah kesehatan. Saya mulai sakit sana sini nih. Penyakit mungkin musuh, tapi saya lebih suka menyebutnya sebagai sahabat orang……. tua.
      salam

  6. Alhamdulilllah….sehat…..@kang jenggot uban…..maaf belum bisa kemana2……takut formatnya kacau…….hehehehe…..yach …..udah 8 thn …..mungkin membutuhkan waktu lama….untuk sembuhh total …jadi banyak yang harus dibenahi ulang……termasuk format ..otak…..hehehe……semoga cepat selesai ….dan lebih berhati hati dalam mengarungngi kehidupan ini…….aminnn

    makasih @ kang ……Jenggot Uban

  7. FEEL GOOD

    Sugneng saing…eh siang…maaf

    Setahu saya
    Kalau manusia sdh tahu kenal dan akrab dgn tuhannya
    Manusia itu tdk ada file ” musuh dlm BRAIN nya ”
    Kabeh sedulur, tulung tinulung ing sapada pada ing Mayapada

    Antar manusia dan manusia dengan yg ” lainnya ”

    Enak, nyaman, tenang hidupnya
    Allam sejuk elok hijau segar tempat hidupnya skala luas maupun besar, n skala buesaaarrrrrr…RRRRRRRR….

    ” smile bird “

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s