Percakapan Anjing dan Babi Kecilku

Cerita santai tentang kehidupan, ketidakadilan, kesedihan, diskriminasi, kasih sayang pada mahluk hidup, kebencian pada binatang atau apa sajalah, namanya juga cerita santai.  Diperankan oleh dua tokoh imajiner, anjing dan babi.  Dua binatang yang mungkin sudah anda tahu atau mungkin juga tidak anda tahu.  Ketidakadilan apa yang dimaksud, berikut cerita lengkapnya. Sekali lagi ini adalah cerita santai jadi bacalah dengan hati yang juga santai.

. . . . . o O o . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Babi : Aku sering merasa dunia ini sangat tidak adil.

Anjing : Lho, negatif amat sih. Emang tidak adil kenapa ?

Babi : Aku sama sekali tidak paham, apa salahku selama ini? Mengapa namaku sering dijadikan umpatan dan sasaran kebencian? Padahal semua orang tahu bahwa mereka tidak bisa memilih kelahiran. Aku tidak pernah memilih untuk lahir sebagai babi. Kalau  seandainya boleh memilih, aku ingin lahir sebagai burung merak.

Anjing : Halah, kamu ini ngomong apa sih ? Inilah yang namanya kehidupan. Dunia ini memang tidak adil. Semakin cepat kamu menyadarinya semakin baik. Bukan cuma kamu doang, si kambing, si kebo, si  monyet, dan aku sendiri juga bernasib sama. Dianggap hina dan dijadikan umpatan kekesalan atau kata ejekan. Kamu tahu bahwa sesungguhnya mahluk paling mulia di dunia ini cuma manusia doang.

Babi : Manusia mahluk mulia ?

Anjing : Ngakunya sih, tapi kenyataannya jauh panggang dari api. Itulah sebabnya agama diturunkan pada bangsa manusia.

Babi : Berarti dengan adanya agama, manusia menjadi tambah baik dong?

Anjing : Yang baik jadi tambah baik, yang jahat jadi tambah jahat. Dengan ataupun tanpa agama, manusia tetap saja akan bertengkar. Kamu tahu, sekarang ini manusia memiliki bahan dan alasan baru  untuk dipertengkarakan yaitu agama.

Babi : Jadi apa yang harus kita lakukan ?

Anjing : Lupakan tentang manusia, mahluk cerdas yang sering terjebak dengan kecerdasannya. Sehingga dengan pongah merasa diri paling mulia. Mereka mungkin tidak sadar bahwa semua kehidupan dan kelahiran punya arti. . Jadi yang bisa kita lakukan sekarang? Ya, itu tadi,  tetap bekerja keras melakukan yang terbaik sambil bersyukur :

“Semua kehidupan punya arti dan menghargai atau memahami perbedaan adalah salah satu makna kehidupan yang paling utama”

. . . . . o O o . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Credit image: funy-games.biz
Thank for photographer

11 thoughts on “Percakapan Anjing dan Babi Kecilku”

  1. Salam Mbah Wage……….

    Certa kelahiran yang memang sangat mbingungke….lahir dan menjadi mahluk tidak bisa ditolak dan juga tidak bisa memilih……para calon penghuni bumi…mak bedunduk…muncul dan hadir untuk hidup diatas tanah bumi……

    Mbah Wage , sebenarnya enak mana ??……hidup menjadi binatang atau menjadi manusia….atau hidup sebagai setan gendruwo atau tuyul ??……

    Aaah….hidup menjadi manusia dan berakal ternyata malah menimbulkan banyak masalah….banyak keinginan….banyak beaya…..banyak tetek bengek lain.yang merepotkan….he he…..
    Kadang manusia sudah banyak menghilangkan seni dan merusak sifat natural alam …..hidup bukan lagi cinta atau damai bahagia…..he he ternyata manusia juga sangat bodoh dan tidak bermoral sehingga diperlukan aturan dan ajaran agama…….mengaku berakal tetapi ternyata bodoh….ditipu oleh akalnya sendiri…..

    Ha ha ha…sepertinya lebih enak hidup jadi ayam saja….seperti para ayamku dan ayam para tetangga…..pagi pagi sudah kukuruyuk…lalu sarapan…mereka lepas di tanah lapang..saling ngrumpi….lalu si ayam jago memejengkan diri….mencari sasaran tembak ayam betina untuk di kawin…..

    Mahluk setan mungkin sebagai mahluk yang sangat apes…mungkin mahluk terjelek diseantero bumi…..kerjaan mereka hanya menggoda terus dan tidak ada yang menggoda mereka…….ha ha ha para setan semestinya operasi plastik dan membenahi bentuk diri….supaya bisa disapa manusia dan digoda manusia…..he he he demi adilnya hidup dalam kebersamaan diatas bumi……….

    Memang sangat benar….kita seharusnya mentertwakan diri kita sendiri…….salam mbegedes……

    :mrgreen: Reply wage : Wahai sang ayam, mahluk mulia yang selalu bangun pagi. Kang JS. Jadi setan kagak enak. Mahluk sial yang selalu jadi tersangka, pada kasus yang kadang tidak dilakukannya. Jadi kambing juga kagak enak, apalagi kalau jadi kambing hitam. Enakan jadi burung Kang, seperti burungku dan burung tetanggaku…..

    .

    1. tip, jika diserang babi, lariiiiiiiiii .,,,,, berkelok-kelok (ini tipe makhluk yg suka berkelit ketika menghadapi org yg jujur/jalannya lurus) pasti selamet deh

  2. kata anjing “Babi itu jalannya lurus, jadi gk boleh dimakan”
    tapi betul juga si anjing, haram hukumnya memakan binatang yg jalan hidupnya lurus, kan gk punya salah,,,,

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s