Ejekan untuk seorang Filsuf

Konon, pada zaman dahulu, ada seorang filsuf Yunani yang diperintah oleh gurunya untuk selama 3 tahun memberikan uang kepada siapapun yang mengejeknya.

Ketika masa percobaan itu berlalu, sang Guru berkata kepadanya :

“Sekarang pergilah ke Athena untuk belajar tentang Kebijaksanaan”

Ketika murid itu tiba di pintu gerbang Athena, ia bertemu dengan sesorang yang dikenal sebagai orang bijak. Orang itu duduk di gerbang sambil mencemooh siapapun yang lewat. Ia jua mencemooh sang murid yang langsung meledak tawanya.

“Mengapa kamu tertawa padahal saya mengejek kamu?” Tanya orang itu

“Karena selama 3 tahun saya telah membayar untuk menerima perlakuan begini dan sekarang Anda memberikannya kepada saya dengan cuma cuma” jawab sang murid

“Silakan masuk” kata orang bijak tadi. “Seluruh kota ini milikmu . . . .”

.

Sumber : Dalai Lama dan Howard,  The Art of Happiness.

Sumber image : wikipedia

.

5 thoughts on “Ejekan untuk seorang Filsuf

  1. bumi….. aku menertawakanmu, karena ketidaktahuanku…
    Langit…. aku terbahak-bahak, karena aku sedang pusing
    Angin….. aku memonyongkan bibir, karena ada bau
    Air…… aku terlelap, karena aku pingsan
    Dunia….. aku ngompol, karenamu yang menggodaku.

    Asem…

  2. Salam sembah sungkem Mbah Wage…..poro winasis dan poro filsuf…….

    Kata seorang bijak yang pernah saya temui dan seseorang ini adalah manusia yang pernah di tok meninggal oleh dokter dan simayit sudah dimandikan untuk dikafani….lalu bangun dan hidup kembali…..suatu fenomena dalam hidup yang cukup sulit diterangkan oleh akal dan ilmu pengetahuan dan istilah dari itu adalah ” mati suri “……

    Ternyata dan mungkin beliau adalah orang fisuf dan semasa hidupnya banyak kegiatan spiritual , seorang budayawan dan juga orang seni , bermacam agama telah dipelajari dengan maksud ingin mencari jawaban tentang apa arti hidup…alam semesta dan juga tentang Tuhan , suatu pertanyaan yang selalu muncul dalam benak pikirannya dan perilaku dan perbuatan sebagai cara belajar untuk mencari jawabnya ??…..

    Setelah perbincangan kami selesai maka kami saling membenarkan dan saling memperingatkan bahwa perbincangan ini jangan sampai atau tidak untuk umum karena keyakinan dan pemahaman hidup dan Tuhan adalah RACUN bagi pemeluk atau faham agama langit / wahyu…..

    Kami adalah komunitas manusia ” ekstrim ” bagi pemahaman agama langit di negeri ini , jiwa kami adalah bebas merdeka untuk menilai dan mencintai kehidupan dan sangat meyakini dan sangat menghormati , sangat berterima kasih kepada Sang Maha Pencipta / Tuhan YME……dan kami adalah para realiata dan para pemikir yang sebenarnya bukan orang bodoh dan apalagi dibodohi dengan bermacam cerita cerita yang tidak nyata , tidak relevan dan takhayul atau dongeng semata……

    Pemikiran kami tentang hidup atau Tuhan adalah hasil akhir atau final dipenghujung pencarian jati diri dan mungkin ada sisa sedikit waktu untuk bisa menjadi saksi ( di alam kematian ) bahwa kebenaran hakiki bukan dimiliki atau di dominan oleh manusia dengan pemahaman kebenaran versi mereka yaitu agama sebagai pelajaran dan kepercayaan yang tidak boleh dibantah atau dilawan…….

    Komunitas kami mungkin adalah para badut dan para pelawak yang otaknya penuh dengan bisik bisik iblis dan setan terkutuk sehingga kami adalah di stempel sebagai orang ” tidak waras ” dan penebar penyakit menular yang melawan pemahaman dogmatis , doktrin agama dengan cara dan perilaku perbuatan kami yang mana dasar dari perbuatan dan perilaku kami adalah bersumber dari dalam hati nurani kami ….kami ditertawakan ATAU kami yang sebenarnya menertawaklan mereka ??……

    AKU adalah Jiwa yang tenang…..
    AKU adalah kebenaran bagi diriku sendiri…..
    AKU adalah AKU MU yang bersembunyi……
    AKU adalah suara suara kedamaian dan kasih…..
    AKU adalah ENGKAU sebagai sesuatu yang tidak bergambar , tidak bersuara , tidak ujud…..

    ENGKAU adalah kebenaran sejati , untuk menuju MU sebenarnya tanpa aturan bertumpuk dan ruwet mbuntet , mbundeli , membingungkan….
    ENGKAU ternyata tidak sangat jauh dan sebenarnya amat sangat dekat dan kenapa para manusia menjauhkan diri MU sekan jauh DISANA dan seakan mewujudkan diri MU menjadi dan harus seperti itu (hanya sebagai BENDA )……
    ……

  3. Kalimat aau pesan dongeng dan abal abal saja…hanya orang yang berjiwa bebas merdeka dan ekstrim dalam perjalanan spiritual yang bisa membangunkan NKRI dari tidur panjang atau menyadarkan mereka yang sudah bangun dan berjalan tetapi masih mabuk……dengan meletakan semua faham faham agama diatas dasar yang hanya satu yaitu NURANI…… seperti ajaran yang sudah dicontohkan oleh Nabi Isa atau Budha……dan sepertinya ajaran tentang nurani itu sudah bercokol dan sudah sejak lama ada di Nusantara ini…..lalu seperti menghilang dan tidak berbekas…..kemana dan dimana ajaran luhur itu bersembunyi ??…

    Nusantara adalah tanah Tuhan dan tempat para utusan DIA….tempat yang lebih terhormat dan lebih tinggi dari tempat tempat yang lain……lalu remuk redam , hancur berkeping….siapa yang telah menghancurkan ????

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

