Mengenal Kehidupan Vegetarian

Vegetarian selama ini dipahami sebagai prilaku seseorang yang pantang  mengkonsumi daging. Jadi mirip kambing, tiap hari makannya cuma sayuran doang. Anggapan yang tidak salah tentu saja tapi juga tidak sepenuhnya benar. Pelaku vegetarian ternyata juga boleh mengkonsumsi daging!

ūüôā Ngawur ah Mbah! Dimanapun yang namanya vegetarian ya berarti tidak makan daging.

Lha, bagaimana dengan puasa? Apa puasa sebulan penuh berarti juga tidak makan dan minum selama sebulan?

Sejarah Singkat Vegetarian

Prilaku ber-vegetarian mempunyai sejarah yang sangat panjang dan diduga telah ada sebelum tahun masehi. Dari sejumlah catatan dan literatur tua menyebutkan bahwa di wilayah tertentu pada masyarakat Jepang dan India dikenal menjalankan hidup ber-vegetarian.

Istilah vegetarian, pertama kali diproklamirkan oleh Joseph Brotherton dan rekan dihadapan Masyarakat Vegetarian Inggris, Northwood Villa, Kent, Inggris, pada tanggal 30 September 1847. Sebelum tahun 1847, kata ‘Vegetarian’ tidaklah dikenal. Mereka yang tidak makan daging disebut sebagai ‘Pythagorean’ atau kelompok aliran Pythagoras.

Beberapa kelompok vegetarian

Vegetarian memiliki banyak jenis  versi,  golongan,  tingkatan atau istilah.

  1. Vegatarian Murni : Artinya tidak makan daging secara total. Daging yang dimaksud adalah semua makanan yang berasal dari mahluk hidup termasuk ikan, dairy food yaitu telor dan susu serta produk olahannya seperti kaldu dan penyedap.
  2. Pesca Vegetarian : artinya berpantang makan daging. Sedangkan ikan, telor dan susu tidak termasuk didalamnya jadi bisa dikonsumsi.
  3. Lacto Ovo Vegetarian : Berpantang makan daging termasuk ikan. Sedangkan susu dan telor bisa dikonsumsi.
  4. Lacto Vegetarian : Pantang daging dari mahluk hidup termasuk telor. Hanya susu masih diperbolehkan.
  5. Frutarian : hanya makan buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan
  6. Raw Foodist, hanya mengkonsumsi makanan mentah, karena proses memasak dianggap dapat merusak zat/energi dari makanan tersebut.
  7. Semi Vegetarian, merupakan tingkatan yang paling longgar karena sesekali masih mengkonsumsi daging dan produk olahannya. Dengan penjelasan yang lebih mudah, semi vegetarian artinya berdiet atau mengontrol konsumsi daging agar tidak berlebihan, kalau menu makan siang sudah ada daging-nya malam vegetarian, hari ini makan daging besok vegetarian, atau hanya makan daging di hari tertentu saja. Istilah lain dari semi vegetarian adalah Flexitarian

Alasan, Tujuan dan Manfaat

Vegetarian dilakukan dengan karena berbagai alasan diantaranya karena alasan kesehatan dan spiritual atau agama.

1. Alasan Kesehatan

Pendapat ini awalnya banyak dianut atau berkembang di negara barat, terlebih lagi bagi mereka yang menggemari olehraga meditasi Yoga. Tidak makan daging dipercaya lebih sehat dibandingkan mereka yang mengkonsumsi daging.  Penyakit pada hewan mudah menular pada manusia. namun tidak untuk penyakit  pada tumbuhan.  Mengurangi konsumis daging juga dipercaya ramah lingkungan karena menurut penelitian, peternakan memberikan sumbangan cukup besar terhadap pemanasan global.  link.

2. Alasan Spiritual atau Agama

Vegetarian dan agama sampai saat ini masih tetap menjadi perdebatan. Secara umum tidak ada agama yang ajarannya secara tegas melarang makan daging. Para rahib Buddha selama ini dianggap menjalankan vegetarian. Anggapan yang jelas salah. Para rahib akan menyantap  makanan apapun yang diberikan oleh umatnya termasuk daging. Tapi mereka tidak akan meminta atau mencarinya seperti pergi ke rumah makan, kemudian memesan ayam goreng. Jadi secara umum, daging bukanlah pantangan pada agama Buddha.

Saat ini sepertinya hanya ada 2 agama atau sekte yang secara tegas  dan ketat  mengajarkan tetang bervegetarian yaitu agama Jains dan Hindu sekte Gaudiya Vaishnavaism. Sekte yang saya sebut terakhir memiliki akar dan tradisi yang kuat di negara India dan beberapa dasa warsa mulai menyebar ke negeri barat {Baca: agama yang berkembang pesat dan sesat]. Kemudian kepercayaan lainnya yang juga mengajarakan bervegetarian I Kwan Tao asal China yang di Indonesia dikenal dengan nama sekte Buddha Maitrea serta para praktisi Yoga.

Menyiksa diri ?

ūüôā Kenapa sih mereka menyiksa diri Mbah, bukankah semua mahluk hidup disediakan oleh Tuhan untuk dimakan?

Hus, agama siapa dan juga Tuhan yang mana? Perlu dicatat bahwa vegetarian umumnya populer dilakukan oleh di  negara barat yang notabene tidak mengenal agama. Jadi membawa bawa nama Tuhan menjadi nyaris tidak berguna bagi mereka.

Menganggap prilaku vegetarian adalah sulit, tidaklah tepat, terlebih lagi bagi mereka yang menganut SEMI VEGETARIAN. Nasi campur dan sayur ada dagingnya? Mudah, tinggal makan nasinya, makan sayurnya dan sisakan  dagingnya maka masalah sudah dianggap selesai.

OPINI PENUTUP

Berulang kali saya pernah melihat debat tentang Vegetarian. Golongan vegetarian yang suka menjelekkan dan memandang rendah mereka yang makan daging. Dilain pihak golongan pemakan daging juga tidak kalah konyolnya  yang  justru seakan menunjukkan bahwa makan daging adalah manusia konyol. Debat yang menurut saya percuma.

“Sifat baik atau buas bisa dilakukan oleh siapa saja. Prilaku tidak ditentukan dari makanannya tapi¬†¬† dari¬† pendidikan dan kesadaran. Anjing buas pemakan bangkai akan menjadi baik dan setia bahkan bisa hidup rukun dengan kucing kalau diajar dari kecil. Demikian juga sebaliknya, manusia mulia akan menjadi buas kalau sejak kecil sudah diajarkan tentang kekerasan”. mbah wage

Daging adalah salah satu sumber protein, zat yang penting untuk tubuh. Protein bisa didapatkan dari hewani ataupun nabati. Sumber protein manakah yang anda makan, sepenuhnya adalah pilihan dari yang bersangkutan.  Jadi menjadi vegetarian atau tidak seharusnya tidak perlu diperdebatkan. Sepanjang pelakunya merasa senang dan bahagia dengan pilihannya maka masalahnya adalah sudah selesai.

Referensi :
http://en.wikipedia.org/wiki/Vegetarianism

Advertisements

12 thoughts on “Mengenal Kehidupan Vegetarian

  1. nuwun sewu,

    Menjadi vegetarian adalah suatu pilihan yg sangat bijak, kita tidak perlu mencela orang tsb tetapi memang dasar orang indo selalu saja ‘gatal’ kepengen mengusik perbuatan orang.

    Menjadi vegetarian tidak atau bukan atas perintah agama atau tuhan, tetapi kenyataanya selalu di claim oleh agama tertentu dengan alasan ‘kasih’ atau ‘kasihan’. Padahal dengan tidak memakan daging, (dapat diterangkan secara science), bahwa kebutuhan/ asupan makanan seyogyanya DIATUR berdasarkan kebutuhan metabolisme tubuh manusia bukan berdasarkan rasa, bentuk tampilan, harga, atau kenikmatan.

    :)Tanggapan mbah wage : Gatal obatnya yang paling mudah emang digaruk. Sepanjang garuk tubuh sendiri adalah sah sah saja. Nah, kalau garuk tubuh orang tanpa diminta itu namanya pelecehan. Salam kenal Mas T Gendeng

  2. hi .. again kawanku Mas Wage,

    emang paling emang nularin kegatelan yg gak perlu digaruk, people have to read such kind of writings, so they would think in lateral ways, dan kadang2 para narasumbernya keliru dalam mempresepsikan pemahamannya, so that ruang komentar ini menjadi ajang pembenaran juga pembetulan, menyamakan presepsi , .. bisa juga/ atau … halah … elu taunya cuma segitu doang.

    :)Reply : Kawan baruku Mas Gendeng. “Menyamakan presepsi”, kata yang sangat saya sukai. Sepertinya untuk tujuan itulah blog ini dibuat. Blog baru yang mudah mudahan bisa mendatangkan manfaat minimal bagi penulisnya. Narasumber bisa keliru, terlebih lagi mbah yang sudah tua dan atas tujuan itulah kehadiran orang seperti Mas Gendeng dibutuhkan.

  3. Daku .. pernah pesimis dalam hal ‘berbagi seperti ini’, tetapi sangat optimis jika kita jalan berbarengan dan bergandengan dengan saudaraku Mas Wage.
    Disini tidak ada istilah tua tua an, yg ada mungkin dikau lahir duluan, daku belakangan, yg muda belum tentu pikirannya ada dibelakang, semua punya kelebihan masing2, nah kelebihan ini memang sebaiknya diberikan kepada human beings, this is our priviledge from god and it’s better to be shared for others.

    ūüôā :)Reply : Mas Gendeng, selamat datang, silahkan anggap tempat ini rumah sendiri. Saya memerlukan orang seperti anda.

  4. Salam Kang Wage.
    Terima kasih telah ada bab Vegetarian dan banyak memberikan informasi sejarahnya.
    Kang ….. mungkin perlu ditambahkan satu alasan lagi yaitu tak sampai hati harus mematikan mahluk hidup hanya sekedar mencari kenikmatan lidah sesaat.
    Ssstttt….contonya saya kang.

    Reply dari wage : ūüėÜ Eh, Akang vegan ya? Tulisan tentang vegan rencananya akan saya buat versi 2-nya. Bagian ini hanya khusus membahas hal umum. Jadi targetnya ke pemula. Kalau versi 2-nya lebih spesifik, membahas konsep Jiva. Namun sebalum menuliskannya, saya harus menulis topik khusus tentang Jiva dulu, Jadi tulisannya tidak tumpang tindih, salam

  5. Kang Wage, iya kang…telah 5 th ini…..terima kasih rencana tulisannya….. ya karena pemahaman tentang jiwa…saya jadi tak tega makan yg berjiwa….saya telah posting pendapat tentang wadag/raga-hidup/hayat-jiwa ke Aki gendeng banget…cuma lupa di halaman mana tempatnya….rasa-rasanya mungkin di awal tahun ini.

    Reply ūüėÜ Ok, nanti saya coba cari sambil ngopi. Kalau ketemu syukur, kalau tidak mohon dimaafin.

  6. Pesca Vegetarian : artinya berpantang makan daging. Sedangkan ikan, telor dan susu tidak termasuk didalamnya jadi bisa dikonsumsi.
    ————————
    FYI si sy banget, kecuali ya itu…
    – susu, krn sbg minuman pertama kalinya setelah sy lahir, dan hingga saat ini sy juga suka minum kopi susu instan/sachet, es krim.
    – telor, kan salah satu bahan buat bikin kue, roti, dsbnya.
    – ikan, ya terpaksa deh krn sy suka baso/burger, siomay dan pempek….ikan.
    (^_^)v
    oya, kalo sy masak sayur/tumis…biasanya berbumbu bawang dan garam.
    ndak pakai bumbu instan kayak royko dsbnya. karena…
    kan katanya sih itu bumbu instan…rasa (daging) ayam, sapi. ,,(^_^),,

  7. Pasca Vegetarian yaitu tidak makan daging (ikan, telur dan susu tidak termasuk) adalah merupakan vegetarian relatif mudah. Cuma sayang, harga susu mahal di negeri kita. Di negeri maju, harga susu (dan juga daging) relatif murah, yang mahal justru harga sayur.

    Mohon jangan ada pembaca yang salah tanggap. Susu dan daging maksudnya adalah susu dan daging dalam arti sebenarnya bukan susu……….gantung atau susu jalan jalan.

  8. Salam Mas ABR….Mbah Wage……

    Mohon jangan ada pembaca yang salah tanggap. Susu dan daging maksudnya adalah susu dan daging dalam arti sebenarnya bukan susu……….gantung atau susu jalan jalan.

    Wakkkkk….. susu kaleng kalau habis wadahnya dibuang, kalau susu jalan-jalan…. wadahnya buat mainan bapaknya…he..he.

    _____________________________________________________________________________

    cerita tentang guyonan diatas…..walah….walah… ….bikin mata liyer liyer…..he he….

  9. @ WageR, O-O, Kurcaci, All

    Huahahahaha embah….

    Udah lama tinggal di negri sakura masa sih nggak tahu?…

    Susu yang bisa jalan-jalan dan termahal adalah suzuki… xixixixixi…

    Salam met malam minggu buat semuanya (^_^),

    Dewi

    1. Salam Ning Dewi, Kang Kurcaci and All.
      Wakkkk….. Susu ki…. hati-hati jangan sampai kesenggol… bahaya tendangan samping.. susu ki Sidekick…hoho.
      Kalau Sussu yg ini kesukaan saya.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s