Teori Evolusi (3), Sate Dinosourus

ARTIKEL FAVORIT versi dongeng budaya

Beberapa tahun lalu, dunia biologi gempar karena penemuan fosil hidup yaitu ikan Coelacanth. Menariknya, penemuan yang spektakuler ini lokasinya ada bukan di negeri orang tapi di Indonesia atau tepatnya di laut sekitar Menado. Ikan Coelacant diperkirakan sudah ada semenjak era Devonian, atau 380 juta tahun yang lalu. Tahun 1939 ikan purba ini ditemukan sungai Chalumna, Afrika Selatan dan di laut sekitar Madagaskar dan setelah itu diperkirakan telah punah sampai akhirnya ditemukan masih hidup di perairan Indonesia.

Jadi di negeri Nusantara ini sekarang memiliki dua warisan binatang purba alias fosil hidup yaitu Komodo dan ikan Coelacanth.

Horee…Teori Darwin telah runtuh !

Penemuan ikan Coelacanth ini disambut dengan gembira oleh kelompok anti evolusi dan seakan menambah bukti panjang bahwa mahluk hidup sudah diciptakan sejak jaman purba dan tidak akan berubah.  Ingin tahu hewan purba apa saja yang masih tetap hidup dan bertahan sampai saat in ? Berikut beberapa dianataranya:

Ikan Arwana

Arwana merupakan jenis ikan air tawar family Osteoglossidae yang diperkirakan sudah ada pada periode Jurassic. Habitatnya bisa ditemukan di Amazon,  beberapa daerah  Afrika,  Australia dan juga Asia. Arwana Asia (Scleropages formosus) terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus “terancam punah” oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilai jualnya  yang tinggi, disimpan di akuarium sebagai ikan peliharaan.

Biawak Komodo

Saya percaya bahwa semua orang, terlebih lagi kalau mengaku orang Indonesia, pasti tahu yang namanya Komodo, walaupun mungkin hanya sebatas nama saja. Ngongong ngomong tentang komodo, tahukan anda bahwa disamping merupakan biawak terbesar di dunia dan dianggap fosil hidup, komodo juga  mampu  bertelur tanpa  kawin alias  hidup jomblo-pun bisa punya anak ?

= Ah, masak sih Mbah?

Nah terbukti khan, cuma tahu sebatas nama saja? Hewan yang berkembang biak dengan cara jombo,  tanpa nikah, tanpa suami, tanpa kumpul kebo atau bunting tanpa pakai peluk pelukan, di ilmu biologi dikenal dengan nama Parthenogenesis. Link lengkapnya tentang kehidupan komodo bisa dibaca disini dan berikut adalah ringkasannya. Komodo (katanya) memiliki sistem reproduksi yang unik yaitu mampu menghasilkan telur tanpa pembuahan dan perkawinan  yang dalam istilah biologi disebut dengan Fertilisasi.  Jadi ini artinya Komodo memiliki sistem penentuan seks kromosomal ZW, bukan XY sehingga  komodo betina mampu bertelur dan berkembang biak tanpa komodo pejantan.  Hebat khan?

= Hebat sih hebat Mbah, tapi sebelumnya  tolong gambarnya diganti dulu. Itu bukan gambar komodo tapi gambar TOKEK!

Ah, usul Sampean kagak penting-penting amat. Emang komodo dan tokek apa bedanya? Sama sama jenis KADAL khan? Kalau soal ukuran tubuh yang raksasa, Biawak Irian juga tidak kalah besarnya. Komodo dan kadal sama saja, walaupun terancam punah, pemerintah tidak akan terlalu peduli. Di negara kita, melindungi  kadal berkaki dua yang duduk-duduk di gedung DPR yang ber AC jauh lebih menguntungkan dibandingkan melindungi kadal yang hidup kepanasan dan bersembunyi di semak-semak.

= Duh omongan siMbah ini bukan cuma  ngawur tapi juga  Out of  Taufik !

Lha, ngawur apanya? Para penganut teori evolusilah yang ngawur dan lebay. Mana ada binatang purba? Semua binatang dan tumbuhan khan sudah purba dari dulu, sudah tercipta dari awal. Jadi semua binatang termasuk manusia pada dasarnya adalah purba.

“Sampean sadar ndak bahwa sesungguhnya, sate ayam, sate kambing, ayam goreng dan semua jenis daging  yang sampean santap saban hari adalah LAUK PAUK PURBA !!! Kemudian sayur bayam, kol, kangkung, brokoli, jengkol atau sayuran apapun yang dijual dipasar adalah merupakan SAYURAN PURBA !”.  Tidak ada yang namanya evolusi, semua sudah tercipta dari awal.

Komodo adalah binatang purba? Jelas ngawur. Imut imut gitu dibilang purba, kalau siMbah yang tampang Iguana ini disebut purba, mungkin masih mendingan. Yang lebih ngaco lagi, menurut teori evolusi dan juga ilmu biologi, Ular digolongkan sebagai kelompok binatang Tetrapoda atau hewan berkaki empat (four limbs). Katanya dulu ular memiliki dua pasang kaki  namun karena susah merangkak di dalam lobang maka kakinya menjadi mengecil dan akhirnya hilang. Jadi ular adalah evolusi dari hewan berkaki empat dan digolongkan sebagai reptil, berkerabat dengan kadal dan kura-kura.  SINTING  khan?

Tulisan lengkap tentang evolusi, versi dongeng budaya bisa dibaca di  : link berikut

Sumber gambar :
Wikipedia  (kadal),  Ascnclassified (arwana), iStockphoto (kambing),

Referensi :

27 thoughts on “Teori Evolusi (3), Sate Dinosourus”

  1. Ha,Ha,Ha,bisaaa aja Mbah ini,tapi memang bener sih kalau dipikir2 kita makan Sate itu asalnya dari Zaman purba,Sponge Bob aja tau kok ada di Serinya Zaman Prasejarah pada berebut Api….ya makannya dipanggang!!

    reply wage : Berkat komentar Pak Budi, Mbah jadi tahu Sponge Bob, itupun setelah nanya Mbah Gugel dulu. Maklum tahunya cuma cerita wayang doang.

  2. He2 saya setuju mbah dengan runtuhnya teori evolusi, cuma ngebawa kita pada keyakinan non Tuhan.. Saya dah pnh baca yang lebih lengkap dari ulasan si Embah ini :p

    Btw, saya suka gaya penulisnya, sukses dah!!!

    Reply: Thank`s. Syukurlah kalau tulisan ini bisa bermanfaat.

  3. Mbah,

    Acungan jempol untuk postingan evolusi 1,2,3 ! Ternyata ada seorang si mbah yang pinter menerangkan teori evolusi dengan bagus,menarik, dan … lucu. Ndak banyak lho Mbah yang punya kemampuan menulis seperti si Mbah ! Ngomong ngomong Presiden Bush itu presiden yang tidak begitu pinter (apalagi dibanding si Mbah) dan cenderung ke fundamentalis (Kristen).Kalau saya orang Amrik, wah … malu saya punya presiden seperti dia (dulu). (Teori) Evolusi : sains. (Teori) Penciptaan: agama, mungkin juga ditambah korma, eh, dogma.
    Senang saya ada Mbah yang pinter .

    Reply : Jelas pintaran Mr Bush-lah Sudah jadi presiden, di negeri amerika lagi. Sedangkan Mr Mbah khan cuma jadi presiden blog doang, blog abal-abal lagi. Ah, kagak penting ngomongan Bush, yang penting bisa ngumpet dan kencing di bush-bush

  4. Salam Kang Wage.
    Wah…bener enak neranginnya kang…..akang memang cocok jadi Bopo Guru.
    Murid mau nanya pak Guru……bagaimanakah seandainya evolusi tadi merupakan Grand design dari Sang Maha Pencipta? Proses penciptaan Adam tak sekonyong-konyong jadi…tetapi melalui tahapan proses yang makan waktu (proses ini yg kemudian disebut evolusi)?
    Hal ini ada contohnya telur menetas jadi ulat selanjutnya jadi kepompong dan berikutnya jadi kupu-kupu (disebut metamorfosis….pada prinsipnya “evolusi” tetapi relatif cepat).
    Contoh lanjutnya adalah telur manusia + sperma jadi bla-bla-bla (yang makan tempo berkali lipat dibanding kupu-kupu, tiap fase juga berbeda bentuknya) cuma saat dilahirkan sudah berwujud manusia…demikian pula evolusi mahluk di bumi yang berjuta kali lipat…mungkin ini sepadan dg ukuran dan umur bumi yg juga berjuta kali lipat.
    Mungkin dipandang dari sisi bakteri yg bisa memperbanyak diri cuma dalam waktu 1-2 detik….maka proses jadinya bayi juga berjuta kali masa hidupnya bakteri….mungkin jawabannya mensitir tokoh terkenal….hukum relativitas (Einstein)….relatif tergantung Massa, Kecepatan, Waktu.
    Jadi pendapat saya mengakomodir kedua teori jadi satu (penciptaan melalui evolusi).
    Ngawurdanngirangiradotcom.

    Reply : Penciptaan melalui evolusi? Teori gabungan ini sudah lama ada, dipercaya dan dianut oleh salah satu sekte hindu. Mbah sih menganut teori abal-abal aja, nikmat kagak pakai sambal stres. Jadi guru? kagak mau ah. Enakan jadi poliktikus, tapi yang paling enak ya jadi polikucing. Itu lho, tikus pintar yang sudah berevolusi jadi kucing.

    1. Salam Mbah Wage…….saya suka kucing……tapi tidak kucing garong…….semoga mbah Wage segera berevolusi…..menjadi Dewa…….salam dongeng…..

      Reply : wakakakakkkk......

    2. Mbah Wage,Mas js,Mas smp,

      Weh, saya ada … tugas mendadak.Harus cari sesuatu di kahyangan … Mohon pamit dulu. Selama di kahyangan saya akan selalu mengingat anda semua.

      Salam katresnan abal2, mbel ding

    3. Salam Mas Balanedewa…….apakah Njenengan pergi keluar negeri ??…terbang naik pesawat…….semoga sukses…….salam mbel juga……

  5. Salam Kang BD.
    Semoga sukses melaksanakan tugasnya dan jangan lupa bawain bidadari kesini (ke Padhepokannya Kang Wage…biar kang Wage makin semangat nulis).

  6. Terima kasih untuk para rekan yang telah berkomentar
    ataupun sekedar berkunjung,

    Doa untuk kang BD, semoga tugasnya berhasil baik.
    Terima kasih untuk para bidadari hi…hi…
    Tiba-tiba jadi semangat.
    Harus beli telor ayam dan madu dulu nih

    1. apakah Njenengan pergi keluar negeri ??…terbang naik pesawat…….semoga sukses…….salam mbel juga……(js)
      ******************
      Di blog ini semua orang bersaudara. Dewa atau setan sama saja. (MWR)
      —————————–
      Mas js,Kang smp, Mbah Wage,

      Eng ing eng, gelang si paku gelang, gelang si rama2,mari pulang, marilah pulang , bersama-sama …. Balik lagi ke bumi meskipun masih kliyengan.Di kahyangan saya memang ketemu bidadari2, tapi mereka hanya boleh …dipandang saja, gak boleh di … pegang2 … hehehehe … Tugas mendadak sudah selesai. tapi tugas2 yg lain masih menunggu. Hidup adalah tugas2 yang tidak pernah selesai dikerjakan …)-: Selesai satu, tumbuh seribu …)-: Oh ya, kata Chairil Anwar, / hidup hanya menunda kekalahan … / (gak nyambung ya ? )

      Dewa dan setan : Favorit saya adalah dewa … mabuk dan dewa nganglang jagat – dewa yang berjalan-jalan di jagat dan setan kober – kober*) menulis hal2 yang sifatnya mbel, abal2.

      Salam mbel,

      *) punya waktu (untuk) mengerjakan sesuatu (?)

  7. Salam Mas Balanedewa…..selamat kembali kebumi….semoga jatuhnya sangat pelan …tidak terdengar suaru ..gedebuk…aduuuh……

    Hidup hanya menunda kekalahan…..sangat benar….banyak hal yang tidak bisa kita cegah atau kita hindari…hukum alam yang selalu benar dan menang…….salam bumi pertiwi…..

  8. Salam Kang Bala(ne)dewa.
    Selamat “Ngejowantah” lagi kang……oh..ya..kata saya: hidup adalah kemenangan yang tertunda. btw…orang optimis dan pesimur dibutuhkan negara, tipe optimis yg menemukan kapal dan tipe pesimis yg menemukan pelampung penyelamat…yg absten…nothing to do. Maap kang.

    1. Salam Mas ABR……Hidup adalah kemenangan yang tertunda……berlaku atau sebagai penyemangat para manusia optimis……tercapai atau tidak bukan sebagai garis finish……
      Berbuat demi cita cita baik dan karena niat yang baik dan benar…itulah hakekat kemenangan……

    2. btw…orang optimis dan pesimur dibutuhkan negara, tipe optimis yg menemukan kapal dan tipe pesimis yg menemukan pelampung penyelamat…yg absten…nothing to do. Maap kang.

      Kang ABL,

      Bung Karno , apa dia tipe optimis atau pesimis, hayo ? Mengapa dia yang mencetuskan Pancasila kemudian tidak dibutuhkan lagi ? Padahal Pak Karno tidak hanya menemukan kapal,beliau salah satu bapak bangsa yang menemukan REPUBLIK INDONESIA .

      Rendra, sang penyair, itu termasuk yang mana, hayo lagi ? Optimis, atau pesimis ? Kalau yang kedua, apa penemuannya ? Puisi2,dongeng/cerita fiksi, seni umumnya, apa ini semua bukan penemuan ?

      Salam bingung

      Reply wage : Horee, bingung....

    3. Salam Kang BD.
      Bung Karno adalah tipe optimis dan memang dia salah satu penemu/pencipta sebuah “Kapal yang sangat besar” buat bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita mensejahterakan seluruh bangsa Indonesia….Kapal itulah….Negara Republik Indonesia.
      Sedangkan Bung Rendra adalah tipe pesimis dan dialah penemu/pencipta puisi-puisi yg befungsi sebagai pengingat terutama kepada “Nakhoda Kapal” tentang adanya berbagai ketimpangan sosial yg ada di “Dalam Kapal Republik Indonesia” agar “Kapal” ini tidak tenggelam di tengah perjalanannya.
      Semoga tak tambah bingung.

    4. DERAI DERAI CEMARA

      cemara menderai sampai jauh
      terasa hari akan jadi malam
      ada beberapa dahan di tingkap merapuh
      dipukul angin yang terpendam

      aku sekarang orangnya bisa tahan
      sudah berapa waktu bukan kanak lagi
      tapi dulu memang ada suatu bahan
      yang bukan dasar perhitungan kini

      hidup hanya menunda kekalahan *)
      tambah terasing dari cinta sekolah rendah
      dan tahu, ada yang tetap tidak terucapkan
      sebelum pada akhirnya kita menyerah

      (Chairil Anwar)

      Kang ABL,

      Wah, terima kasih atas pencerahan anda. Untung ada Kang ABL disini; blog Mbah Wage jadi tambah bermutu.Re ‘hidup hanya menunda kekalahan’ : Itu cuplikan dari puisi Chairil Anwar yang terkenal di seluruh dunia – dan mungkin akherat, Kalau Rendra pesimis, tentunya Chairil Anwar juga.
      Terima kasih, Kang ABL telah mengurangi ke …bingungan saya .

      Hidup adalah a) kekalahan – Chairil b) kemenangan – ABL c) dua2nya – Kang Panuroto d) bukan keduanya – mboh siapa

      Salam katresnan pesimis

      *) kata kunci diskusi mbel

    5. Chairil Anwar : saya jadi ingat pelajaran puisi di SMA dulu. Ternyata puisi bukan hanya barisan kata-kata. Jadi ingat juga,’ kasih tak sampai’ saya …

    1. Salam @Kang WAN,
      Weleh, arsip lama angkat kembali. Terima kasih atas pujiannya. Syukurlah kalau terhibur. Mbah dulu cita2 jadi pelawak tapi …… kagak kesampean.

      Eh, omong2, ini warga lama yang lagi menyamar ya?

    2. Eheheheh…barang baru stok lama mbah wkwkk.tau aja salut dah buat syimbah, makin jaya hehehe (y)

      Baru tau kalo komen udh ga perlu approvan lg ya ikutan ngibul lg deh dimari mbah hehehee,,boleh ya mbah jgn diusir kasiyan orgil macam saya mau neduh kemana lg kalo enggak di komunitas orgil juga ehehehe😀

    3. Salam Kang WAN,
      Settingan default-nya adalah tdk perlu approve komentar. Cuma kadang2 saja dilakukan utk komentar tertentu yg terjaring kata kunci larangan atau utk beberapa rekan yg kena semprit.
      Tapi umumnya sempritan tidak akan lama dan akan dibuka setelah beberapa minggu atau bulan. Kasihan juga kalau sampai ada rekan yg ditendang dan diusir di semua blog.

      Di blog abal2 ini khan tidak membeda-bedakan antara orang, setan, kunitlanak atau mahluk halus. Semua boleh ikut gabung asal ……. tertib.

  9. Tulisan lama, disaat saya sedang konyol2nya menulis. Terkenang juga dengan Kang Balane, Kang JS, Kang ABR disaat2 awal berkunjung ke blog abal2 ini.

    Tidak terasa waktu berlalu demikian cepat. Pertemanan yang semikian lama dan bahkan sudah layak disebut saudara. Salah kata dan juga beda pendapat kadang tdk bisa dihindari, namun persaudaraan jalan terus dan mudah2 akan terus berlanjut.

    Mudah2an rekan lainpun persahabatannya akan tetap awet. Syukurlah kalau nanti bisa dilanjutkan ke kopi darat. Blog hanyalah alasan atau media saja……..

    Duh, ini lagi ngomong apaan ya?!


  10. Duduk di depan pc sambil sesekali melihat dari bilik jendela indahnya sekuntum kamboja yang sedang mekar di kebun kecil di depan rumah. Diiringi alunan musik menambah suasana semakin sejuk, membuat angan menerawang jauh ke masa lalu….sama seperti pendapat dengan mbah Wager ” waktu berlalu demikian cepat. ”

    Evolusi…….
    Kata yang tidak terlalu saya pikirkan, namun perubahan sikap manusia secara individu apakah termasuk dalam kategori evolusi???? Bila bisa, maka saya percaya atas evolusi karena perubahan terjadi karena dipengaruhi perubahan jaman, alam,serta sosial dan budaya.
    Sebuah perubahan yang lebih baik adalah keinginan khalayak banyak, namun dalam perjalanannya tidak seperti itu. Lebih mudah mengucapkan seribu kata kasar daripada satu kata pdamaian. Kata maaf, terimakasih, dan kata kata baik lainnya menjadi kata kata yang langka didengar….kata kata itu hanya dimiliki untuk rakyat jelata, para bawahan, para murid, anak, adik dll yang dianggap mempunyai tingkat lebih di bawah.

    Hidup ini anugerah terbesar dan hakiki, antara si miskin dan si kaya, si muda dan si tua, si guru dan si murid, si boss dan si buruh, mempunyai perlakuan yang sama dari Dia.
    Hidup ini sebuah pilihan, kaya miskin, tua muda, menjadi boss, guru, murid atau buruh adalah kondisi yang tidak dapat dipungkiri, namun kondisi itu bisa berubah….tetapi sikap adalah pilihan. Harga diri, kejujuran, beretika, arif, bijaksana adalah contoh contoh pilihan. Kunci sebuah pilihan adalah syukur, ditambah dengan modal besar yang disebut waktu “waktu bukanlah sekedar uang, waktu itu adalah hidup”, dan iman adalah jalannya menuju sebuah sikap.

    Waduh jadi ngaco begini, mohon maaf mungkin ini salah simBah juga yang seduhin kopi padahal saya kurang suka kopi bisa membuat saya merancu kemana mana. Selain kopi saya juga anti rokok dan makanan berunsur hewani “kalo kata Tarzan itu teman”.

    Soal Evolusi biarkah alam yang seleksi, menjaga kestabilan alam minimal dimulai dari diri sendiri. Apakah berdampak besar? saya tidak tahu, tapi memulai sesuatu hal kecil mungkin baik seperti buang sampah pada tempatnya, bijak dalam mgunakan bahan2 plastik, kurangi hal yang menyebabkan rumah kaca (parfum, ac, industri peternakan pyumbang terbesar), dan mencintai semua mahluk.

    Salam Evolusi untuk semua. maaf kalo ngawur namanya juga blog abal abal. Sejahtera bagi semua

    Reply wage : Jempol Kang. Suka dengan gaya penulisan Akang.

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s