Ketuhanan Artinya Banyak Tuhan ?

Beberapa tahun lalu saya penah membaca tulisan seorang “tokoh agama” yang isinya menggugat kata Ketuhanan pada sila pertama dari Pancasila.  Gugatan yang sangat menarik  dan penuh semangat sehingga saya merasa tertarik untuk menuliskannya kembali.

Ketuhanan menurut beliau adalah istilah yang salah dan sesat.  Tuhan adalah satu (singular), namun setelah ditambahkan awalan dan akhiran ke-an  menjadi  Ketuhanan, akan  berubah menjadi kata jamak (plural).

Analogi yang Beliau gunakan adalah kata KEPULAUAN. Pulau adalah kata benda tunggal/singular yang kalau ditambahkan awalan dan akhiran pe-an akan menjadi kata benda plural. Kepulauan artinya jamak yaitu banyak pulau, jadi sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa adalah sesat dan harus ditolak.

Penjelasan dengan analogi yang sangat masuk akal. Sederhana, simple dan sangat mudah dimengerti. Wajar kalau pendapat tokoh ini diamini dan  mendapat dukungan dari berbagai pihak yang beberapa di antaranya bahkan termasuk tokoh populer.

  • Benarkah Ketuhanan berarti banyak Tuhan?  Apakah sila pertama dari Pancasila itu adalah kekeliruan sehingga harus diganti atau bahkan ditolak?

Iman, logika dan terlebih lagi kemampuan berbahasa Indonesia anda diuji dan dipertaruhkan. Nah, lewat tulisan ini saya mencoba menjawabnya. Namun sebelum membacanya, ada baiknya anda juga mencoba menyusun   pendapat sendiri,  hitung hitung sedang latihan berbahasa Indonesia dan sekaligus menguji keimanan.  Berikut jawaban dari saya:

OPINI  SANGKALAN

01. Tuhan atau Ketuhanan artinya tetap Satu/singular

Menurut tata bahasa Indonesia yang baku yang saya pahami, Tuhan adalah merupakan kata benda tunggal dan akan tetap  tunggal walaupun berubah menjadi Ketuhanan.  Menurut kamus KBBI, Ketuhanan artinya bukan banyak Tuhan tapi :

  1. Sifat keadaan Tuhan;
  2. Segala sesuatu yg berhubungan dng Tuhan:
  3. hal-hal ~ , yang berhubungan dengan Tuhan.

Contoh awalan dan akhiran ke-an: ke-panas-an, ke-dingin-an, ke-marah-an, ke-bodoh-an dst artinya ~memiliki sifat~.   Jadi  ke-an dalam konteks kata tersebut bukan berarti plural. Tuhan atau Ketuhanan adalah sama saja.

Tuhan dalam arti banyak, untuk bahasa Indonesia yang baku  harus diterjemahkan menjadi “banyak Tuhan” atau “Tuhan-Tuhan”, seperti halnya kata kambing, kata pluralnya adalah banyak kambing atau kambing-kambing bukan KE-KAMBING-AN. Wakakakkk…………

  • 🙂 Bingung aku Mbah, Bisa diterjemahkan ke bahasa Inggris ndak? Maklum aja, nilai bahasa Indonesiaku jelek.

Dengan mengunakan bahasa Inggris ataupun bahasa asing manapun maka jawabannya  adalah sama saja. Pulau dalam bahasa Inggris akan diterjemahkan menjadi Island, sedangkan untuk kata kepulauan diterjemahkan menjadi Archipelago. Kedua kata  tersebut, baik Pulau (island) ataupun Kepulauan (archipelago) adalah kata benda tunggal.  Untuk kata jamak, terjemahannya adalah Islands untuk pulau-pulau dan  Archipelagos atau Archipelagoes untuk kepulaun-kepulauan. [referensi: http://www.merriam-webster.com/dictionary/archipelago%5D

Jadi dari penjelasan ini tampak sangat jelas bahwa Kepulauan ataupun Ketuhanan adalah kata benda tunggal. Kepulauan artinya bukan membahas pulau-pulau saja (islands) tapi juga membahas pulau,  laut atau selatnya (archipelagoes)

02. Jawaban  versi Dongbud

Apa itu tunggal dan apa itu banyak? Bagi mereka yang akrab dengan filosofis sepertinya pasti tahu jawabannya. Apa itu pulau dan apa itu kepulauan? Apakah  pulau itu adalah tanah yang mengapung di  laut? Apa yang terjadi kalau air laut disedot, dibelah atau dikeringkan? Jawabannya sepertinya sangat jelas bahwa semua pulau akan tersambung menjadi satu. Jadi yang kelihatan banyak hanyalah sebatas pandangan mata kasar saja.

Tuhan menurut saya adalah netral jadi bukan kata benda, kata kerja atau kata apapun.  Nama diberikan hanyalah sekedar sebagai sebutan, istilah atau penanda saja. Jadi dari awal tidak ada istilah  tunggal ataupun jamak. Tuhan, Ketuhanan, kepanasan, kekeringan, kebanjiran, kakacauan, kemarahan, kebodohan dst sama sekali tidak bisa dihitung tapi hanya bisa diukur dengan perbandingan. Jadi kesimpulan nya:

Membahas tentang Tuhan berarti membahas tentang sifat yaitu sifat Tuhan (Ketuhanan).  Tuhan adalah satu namun keterbatasan pengetahuan membuat seseorang menjadi tertipu,  seperti halnya orang bodoh yang menganggap ada banyak pulau dan setiap pulau mengambang di atas laut.

03. Pendapat rekan lain

Pendapat yang sangat unik dan berani dari seorang rekan disini mengatakan bahwa ”Ketuhanan Yang Maha Esa” itu adalah merupakan faham sekuler.

Menurut beliau : “Ketuhanan dalam Pancasila bukanlah dimaksud untuk merujuk tuhan tuhan agama apapun *Ketuhanan disini bermakna ”sifat sifat tuhan, sifat sifat yang baik” awalan ke- dan akhiran -an menjelaskan bahwa itu bukan kata benda, tetapi kata sifat, seperti ”kepanasan” atau ”kepadatan”

Yang Maha bermakna ”Mulia atau Luhur” *Esa bermakna ”ini” (penekanan) atau ”yang harus ada” @Esa bukan berarti jumlahnya ”satu” atau ”tunggal”, karena dalam bahasa sansekerta, istilah untuk menunjuk ”satu” adalah Eka, bukan Esa.  Jadi Ketuhanan Yang Maha Esa bukan diartikan sebagai Tuhan Yang (jumlahnya) Satu.

Ketuhanan Yang Maha Esa artinya adalah  sifat sifat Mulia dan Luhur Yang Harus Ada, harus dimiliki oleh setiap warga Indonesia.

Demikianlah, jadi pendapat bahwa orang indonesia yang tidak menyembah tuhan tertentu, atau orang indonesia yang menyembah tuhan yang lebih dari satu dianggap bertentangan dengan Pancasila adalah pendapat yang keliru, karena sila ke1 diatas tidak membicarakan tuhan yang dilangit, tetapi sepenuhnya membicarakan sifat sifat luhur didalam kemanusiaan itu sendiri

Referensi :
http://www.merriam-webster.com/dictionary/archipelago
http://pusatbahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Sumber image : wikipedia, archipelago

One thought on “Ketuhanan Artinya Banyak Tuhan ?

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s