Evolusi Tuhan : Dari Masa Ke Masa

DONGBUD. Wage Rahardjo. Tuhan adalah merupakan topik populer dan sudah nyaris selalu disebut, dipuja, dibahas dan sekaligus juga diperebutkan oleh banyak orang/kelompok, sejak zaman batu sampai zaman kepala batu alias zaman modern.

Konflik dan gugatan penggunaan nama Tuhan, aksi kekerasan perusakan rumah Tuhan atau bahkan terkadang disertai dengan aksi cakar dan jual beli pukulan marak ditemukan.

Apa itu Tuhan? Saya percaya Anda sepertinya sudah tahu atau sudah memiliki jawabannya bukan? Apapun jawaban Anda, saya percaya dan menghormatinya. Jadi pertanyaan tentang siapa atau apa itu Tuhan, tidak perlu dibahas lagi. Pertanyaan lain yang lebih menarik dan bermanfaat, “Mengapa kita nyaris selalu bertengkar tentang Tuhan?” Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya mencoba menuliskan jawabannya versi abal-abal : Evolusi Tuhan.

Karena tulisannya sedikit panjang  maka ada baiknya dibaca dengan tenang, bila perlu sambil ngopi. Karena tulisannya full abal-abal alias sesat maka bagi yang berpenyakit jantungan, sebaiknya tidak membacanya.

Masa Primitif : Tuhan Gunung, Pohon dan Batu Besar

Manusia adalah mahluk cerdas yang selalu berpikir. Manusia sadar sepenuhnya bahwa di luar dirinya ada kekuatan lain yang lebih berkuasa. Kekuatan besar yang menciptakan gunung, hutan, binatang buruan, hujan, gunung meletus dan juga kematian. Sebagai mahluk yang memiliki RASA (takut, kagum, takjub dll) maka sepertinya wajar kalau manusia menaruh hormat pada Sang Kekuatan Besar tersebut. Rasa hormat ditunjukkan dengan ritual, panjatan doa dan sesembahan hasil bumi, hasil panen, binatang buruan dll.

Dimanakah Sang Kekuatan Besar tersebut berada?  Tempatnya mungkin di gunung, ah bukan, mungkin di tempat yang tinggi seperti pohon atau bersemayam di balik  batu besar? Akh, kagak penting yang jelas harus ada arah yang jelas dan seragam, maka rasa terima kasihpun diarahkan pada arah tertentu. Gunung, pohon atau sebongkah batu hanyalah sebagai PENENTU ARAH.

[Keterangan gambar: Uluru, merupakan gunung merah yang dianggap sebagai daerah suci bagi masyarakat Aborigin. Tempat bersemayamnya roh dan kekuatan suci]

Penghormatan, rasa terima kasih dan rasa kagum diexpresikan dengan berbagai cara seperti mempersembahkan buah, hasil bumi, menari, menyanyi, jingkrak jingkrak, bakar kemenyan, manum tuak atau cuma duduk semedi tidak bergerak. Akh, kagak penting, apapun caranya yang jelas mereka melakukannya sebagai tanda ekpresi dari rasa senang dan hormat. Dengan selalu mengucapkan terima kasih maka bathin menjadi terpuaskan.

Masa Pertengahan : Tuhan Arca, Patung dan Rumah Tuhan

Seiring perjalanan waktu maka kerinduan dan keinginan selalu dekat dengan penciptanya menjadi semakin besar, maka manusia merasa perlu menghadirkan tuhan ke alam yang lebih nyata. Akhirnya setelah memeras imaginasi maka lahirlah beragam bentuk tuhan sesuai dengan kreasi penciptanya seperti memiliki banyak tangan sebagai simbol mempu mengerjakan banyak tugas atau memilki banyak kepala sebagai simbul kecerdasan atau kekuasaan dst. Akhirnya Kekuatan Besar ini mulai tampil dengan wajah baru, lengkap dengan nama atau gelarnya.

Tuhan sudah dipatungkan namun apa daya, hidup tetap saja susah. Cuaca buruk, panen gagal, ikan dan binatang buruan berkurang, bajir, gunung meletus dan beragam bencana lainnya tetap terjadi. Mungkinkah ada yang salah dari perlakuan kita pada Tuhan? Mungkinkah Tuhan marah karena dibiarkan terlantar kepanasan dan kehujanan diluar sana, sedangkan kita tidur hangat di dalam rumah? Mana sih hati nurani kita? Akhirnya Tuhan-pun mulai dibuatkan rumah dengan harapan agar Tuhan betah dan senang. [Keterangan gambar: Temple of Hephaistos, untuk menghormati salah satu Dewa Yunani]

Hubungan manusia dan Tuhannya yang awalnya berupa jalinan kedekatan antara manusia dan penciptanya di alam bebas berubah menjadi terkotak kotak dengan batasan sekat dan tembok yang tebal yang selanjutnya disebut dengan nama RUMAH IBADAH.

rumah-tuhan-brihadeeswarar

Keterangan gambar: Brihadeeswarar India, Sumber image: –

Masa Sekarang  :  ??!

Peradaban membuat manusia menjadi semakin cerdas. Manusia menjadi sadar bahwa menyamakan Tuhan dalam bentuk patung atau manusia adalah pelecehan dan salah besar. Pantas saja bencana tidak kunjung berakhir. Bedebah! Maka revolusi Tuhanpun mulai dilakukan  secara besar besaran. Patung dirobohkan, kepalanya dipenggal dan ditendang tanpa ampun dan tanpa bisa melawan. Tuhanpun dikembalikan ke posisi semula yaitu tanpa wujud dan tanpa bentuk.

Lho, kalau patung dihancurkan berarti manusia jadi Atheis dong Mbah?

Asem ! Yang dihancurkan itu cuma patungnya sedangkan ide dan konsepnya tetap saja sama. Seperti sudah ditulis di bagian awal, patung adalah penanda arah.  Dengan lenyapnya si patung bukan berarti semua orang bebas sembahyang ke arah mana saja semau gue. Mereka masih tetap saja menghadap ke arah BEKAS PATUNG tersebut dulu diletakkan.

Tuhan Sudah Ditemukan !!!! Ya benar dan pecarian Tuhanpun praktis dihentikan. Ya tentu saja, Tuhan khan dari dulu tidak kemana mana namun kitalah yang sibuk mencarinya kemana-mana, bahkan terkadang sampai pergi mengarungi lautan untuk mengunjungi rumah Tuhan.

Namun masalahnya ternyata tidak sederhana. Tuhan sudah ditemukan. Lha, khan semuanya sudah jelas jadi mau dicari apa lagi? Dimana Tuhan? Ya didalam buku. Maka Tuhan-pun menjadi kecil, tidak berdaya, terkurung dalam buku yang dianggap sebagai buku suci bahkan tidak jarang diklaim dan  dipatenkan sebagai hak milik bangsanya sendiri. [Duh koq mirip kasus Malaysia?]

Cerita selanjutnya sepertinya sudah bisa ditebak bukan? Perang dan kerusuhan atas nama Tuhan terjadi di banyak tempat. Semua kelompok merasa sudah menemukan Tuhan dan semua perbuatannya juga atas restu Tuhan. Kejadian mengerikan, tidak masuk akal diluar nalar-pun dipertontonkan dan semuanya itu dilakukan atas nama Tuhan! Tuhan bukan manusia, tapi memiliki sifat seperti manusia. Itulah anggapan manusia sekarang terhadap Tuhan. [Keterangan gambar : patung Buddha yang hancur pada masa pemberontakan Kristen di Jepang beberapa abad lalu. Sekarang ini, kejadian semacam itu sepertinya nyaris tidak pernah mungkin terjadi lagi di negara tersebut)

Tuhan bukan manusia, tapi memiliki sifat seperti manusia? Maksudnya apa sih Mbah?

Ya, Tuhan digambarkan memiliki sifat dan keinginan seperti layaknya manusia. Senang bukan kepalang kalau  dipuja puji dan marah besar kalau tidak disembah apalagi kalau sampai dilupakan. Yang lebih berbahaya itu kalau Tuhan dimadu alias di2kan, duh bisa ngamuk sambil guling guling.  Lha, sejak kapan Tuhan menjadi emosi-an dan uring-uringan begini? Seperti layaknya angkatan perang, Tuhan juga memiliki pasukan atau tentara. Tentara Tuhan.

Tuhan menjadi aneh dan manusiapun tidak kalah anehnya. Kalau dulu seseorang atau masyarakat berdoa agar turun hujan, panen atau tangkapan ikan melimpah, sekarang doa bisa berupa permohonan agar menang PERANG, berdoa agar golongan lain dilaknat,  berdoa agar ras atau negara lain musnah dari bumi. Duh !

PENUTUP

Tuhan adalah sesuatu yang dianggap sebagai Tuhan. Apakah ‘sesuatu’ tersebut berupa sebongkah batu, pohon, gunung, uang atau mesin penggiling padi  sekalipun, sepanjang pengikutnya senang, tentram dan aman berarti tujuan berTuhan sudah tercapai.

Tuhan sudah pasti tidak berevolusi tapi yang jelas manusia HARUS berevolusi, ya pemahaman, kesadaran tentang Tuhan, kesadaran tentang hidup bermasyarakat, kesadaran tentang perbedaan yang semakin majemuk dan rumit dll. Semasih baku hantam jual beli pukulan gara-gara Tuhan ya berarti belum berevolusi.

wager.png

Sumber image : Wikipedia

Referensi:

66 thoughts on “Evolusi Tuhan : Dari Masa Ke Masa”

  1. Nuwun sewu..mbah..
    Jadi Tuhan menciptakan manusia apa manusia menciptakan tuhan Mbah…?

    Oh..Tuhan,,ya..Tuhan…

    😆 Reply: Yang jelas, ada pencipata dan ada ciptaan. Salam

  2. manusia diciptakan oleh tuhan dan tuhan diciptakan oleh manusia, kalau tidak ada tuhan maka tidak ada manusia, nah kalau tidak ada manusia? siapa yang akan membicarakan tuhan?

    😆 Reply: Sdr/i Ye, Komentarnya dalam dan penuh renungan

    1. We lha da la, saya jadi ikut2an … ngawur.Begini : Kebetulan ada saha-hahaha-bat saya yg adalah seorang bhikku (Buddha). Beliau ini dulu belajar agama Buddha di Muangthai sana selama nyaris sepuluh tahun. Namanya Ajahn Brahm. Kalau mbah cari di youtube, pasti ketemu, kalau gak ketemu boleh … potong leher saya …(-:

      Nah, dalam agama Buddha nampaknya Tuhan tidak begitu …relevan, Siapa pencipta dunia ? Kalau yg ditanya seorang Kristen.Katholik, atau Islam, dia pasti akan bilang Tuhan.Tapi, kalau yg ditanya seorang yg beragama Buddha dia akan bilang kamu, atau pikiranmu. Ini kata Ajahn Brahm.

      Sejarah Tuhan ini nampaknya sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan ajaran om Buddha.

      Salam mbel (-:

      :mrgreen: Mas Bala, filosofi om Buddha tentang tuhan pada tulisan ini memang tidak bisa masuk. Awalnya mau dimasukkan tapi rada maksa. Sepertinya harus ditulis terpisah. Sebetulnya sudah ada tulisan lain yang membahas tentang Tuhan versi Buddha, disini. Mas Bala bisa kasi koreksi dan masukkan ndak? Sedikit khawatir kalau ada yang salah.

  3. TUHAN menurut saya,,, adalah CINTA yg SUCI, spt cinta, cinta hnya bs dirasakan, begitu jg TUHAN tak bs dilihat atau di pegang tp TUHAN hanya bs dirasakan,,,TUHAN bs dirasakan lewat patung, kerbau, sapi, batu atau apapun itu maaf tai skalipun, karena itu semua karya TUHAN, TUHAN bekerja lewat CINTA dan TUHAN telah menebarkan CINTA kepada semua mahluk ciptaanya,,,,maka berbahagialah qta yang memiliki CINTA,,, CINTA yg bukan karena nafsu,,,Cinta yg scr universal yg tidak membeda-bedakan semua ciptaan-Nya,,, mahkluk ciptaan-Nya yg dilaknat TUHAN adalah HANTU/SETAN karena cenderung menebar kebencian,, dan manusia yg jauh dr CINTA, baik cinta pd sesama manusia, alam semesta dan isinya,, itu sama dgn HANTU/SETAN, maka itu di dlm semua ajaran agama/keyakinan pastilah yg ditekankan adlh CINTA, jd tebarkanlah CINTA kpd seluruh makhluk dan alam semesta, maka terciptalah surga yg nyata bg qta semua.
    SALAM CINTA dari TUHAN untuk SEMUA MAHKLUK dan ALAM SEMESTA.
    RAHAYU.

    Reply dari wage ::mrgreen: Salam Cinta dari Tuhan dan semua mahluk dan alam semesta, juga.

  4. Yang lebih berbahaya itu kalau Tuhan dimadu alias di2kan, duh bisa ngamuk sambil guling guling.
    ————————————————
    berbahaya ?
    bagi si sy, justru akan sangat menarik jika para tuhan diadu/saling tarung. (^_^)v
    fyi,..
    sy pernah menyaksikan di berbagai TKP (pagelaran) adu ayam jago bahkan manusia, tapi bagi sy kurang menarik sbg…bisnis (baca: pasang duit taruhan) maupun tak menarik pula walo hanya skdr sbg tontonan/hiburan.

    sy berharap semoga para tuhan saling bertarung (apalagi jika hasil tanding malah seri/semua tuhan malah mampus)
    bukankah akan juga sbg ajang pembuktian bagi yang mengklaim bahwa tuhannya lah yg layak sbg tuhan.

    kalopun para tuhan tidak mau/kagak berani tarung, ya sy juga kagak rugi dan kagak untung,… kan belum pasang duit taruhan. ,,(^_^),,

  5. Sebenarnya siapa sih yang menulis semua isi blog ini + komentarnya? :(KK)
    ———————————————–
    Pentolan blog ini ya Wage Raharjo. Yang menulis komentar2 ya Dewi,JS,ABR,Paman Dalbo, Iful,,he hehe,anda dan saya, dll, orang2 pengangguran yang suka iseng.

  6. Wah….gaya Mbah Wage unik deh…hal-hal serius dibumbui dengan kenakalan dan sedikit menyimpang tapi kena…!
    Di tempat Saya (lingkungan teman-teman Saya), dinamakan Ndelodok….!
    Yang nggak biasa mendengar omongan kelompok yang suka ndelodok ngak bakal nyambung dan dianggap orang-orang sinting.

    1. Selamat Pagi Mas Nachli. Duh, lama tidak bersua. Asiik, dapat ilmu kosa kata baru nih “Ndelodok”. Kedengarannya enak juga ya? Nanti akan dimunculkan di tulisan berikutnya. terima kasih

  7. Nuwun…
    Eh..si mbah tulisan lama muncul lgi, mulai aku masih Dalbo blm dpet gelar Paman, tpi g apa2 madih selalu relefan dan adyyik kok mbah..hehehe..
    Oh ya klo Tuhan gak mau di madu ya di ceraikan sj mbah gi mana?
    Tuhan yg di kotak dlm buku manual bnyak terjadi sikap2 kontradiktif yg di lakukan oleh prmeluknya, misal. buku nya bilang Tuhan maha besar, eh ternyata pemeluknya masih membela matian2 seolah guhan Tuhan itu loyo tak berdaya tnpa tentara2nya, Tuhan ada di mana2, ehhh ternyata gak ada di Jawa adanya cuma di timteng, Tuhan maha pengasih,,,ehhhj masih takut juga dg siksa2nya…

    Harap maklum adanya..suwun.

    PD

    1. Sebenarnya siapa sih yang membuat kita ? Siapa yang membuat Tuhan ? Orang-orang sinting disini suka ndelodok. Apakah di surga sana orang-orang suka ndelodok ?

  8. The God never ever hidden from the human of life and whatever in the universe ,…..but not so easy to find the universe of GOD. The universe of GOD.. IS NOT…. the GOD came from the such kind the religion what we knew……..!!!!!!

    1. Google translate (ditampilkan apa adanya)

      Allah tidak pernah tersembunyi dari kehidupan manusia dan apa pun di alam semesta, ….. tetapi tidak begitu mudah untuk menemukan alam semesta ALLAH. Alam semesta ALLAH .. TIDAK …. ALLAH yang berasal dari semacam agama apa yang kita tahu ……..!!

      Menarik, terjemahan God versi google ternyata adalah Allah…….

    1. The universe of GOD..
      —————
      jika seluruh alam semesta (energi, materi serta dimensi) bagaikan sebesar satu atom (hidrogen) dan si allah (nyomot terjemahan google), anggap saja terlebih dahulu bagaikan sebesar rata2 ukuran dari seluruh manusia (baca: diklaim maha besar), maka..

      bagaimana mungkin itu “seorang” si allah (baca: diklaim tunggal/”tauhid”) dapat memenej apapun (serta kehidupannya) di dalam satu atom hidrogen tsb yg berukuran sangat kecil baginya.

      bagi sy sih jelas, si allah akan butuh para GOD lain dan iptek pula, sebagaimana seseorang agar dapat memenej apapun didalam satu atom hidrogen akan membutuhkan orang2 lain yg kompeten dan juga alat bantu/teknologi.

      jika diklaim bahwa si allah maha besar dan maha lainnya (bersifat personal), justru si allah dan para allah lainnya malah sama2 sebagai suatu komunitas namun dgn skala yg berbeda/lebih besar dibandingkan skala universe kita/manusia.

      si allah CS/dkk malah sama saja berkarakteristik dan bersosial sebagaimana kita,
      klaim sih.. tuhan bukan manusia,
      tapi koq malah diyakini dan diimani bersifat spt sifat2 manusia. ,,(^_^),,

      The GOD of universe…..
      ———————-
      fyi, JIKA si sy butuh tuhan, maka si sy mah… ay du not wan tu bilip in eu personal gad. (^_^)v

  9. ————————————————————————————————————————-
    Ya, Tuhan digambarkan memiliki sifat dan keinginan seperti layaknya manusia.
    ————————————————————————————————————————-
    Sebetulnya siapa sih yang menyususun kata-kata tersebut?😀
    ————————————————————————————————————————-
    Senang bukan kepalang kalau dipuja puji dan marah besar kalau tidak disembah apalagi kalau sampai dilupakan.
    ————————————————————————————————————————-
    Kenapa pula manusia diizinkan untuk menyusun kata-kata tersebut?😀
    ————————————————————————————————————————-
    Yang lebih berbahaya itu kalau Tuhan dimadu alias di2kan, duh bisa ngamuk sambil guling guling.
    ————————————————————————————————————————-
    Siapa sih sebenarnya yang membuat kata “dimadu”, “di2kan”, “ngamuk”, dan “guling guling” itu?
    ————————————————————————————————————————-
    Lha, sejak kapan Tuhan menjadi emosi-an dan uring-uringan begini?
    ————————————————————————————————————————-
    Kenapa pula manusia diizinkan untuk mempunyai keinginan bertanya seperti itu?😀

  10. NUWUN.
    Q. sebetulnya siapa sih yg menyusun kata2 trrsebut…?
    A. Manusia.
    Q. Sebenarnya siapa sih yg menyusun kata2 di madu?
    A. Manusia.
    Kesimpulan. Semua tulisan dlm bentuk apapun adalah manusia yg mrnyusun termasuk kitab2 yg di sucikan itu adalah di susun oleh ahli dongeng, got it?

    Suwun
    PD

  11. ha…ha…haaa………agree,,,may be confuse or looks like correct thinking about the truth and GOD…..or may be your GOD of universe is not famous name…he..he..he….

  12. If all the insects on earth disappeared, within 50 years all life on earth would disappear. If all humans disappeared, within 50 years all species would flourish as never before, Dr. Jonas Salk.

    Spesies yang berpikir soal Tuhan dan merasa kenal Tuhan ya cuma spesies kita ini Pak Wage, manusia, Homo sapiens sapiens. Merasa beda dengan hewan, tapi perasaan beda itu sesungguhnyalah sebuah kejujuran nyata bahwa kita memang sombong, padahal serangga lebih berguna buat Bumi dan spesies lain, daripada manusia, yang sok merasa khalifah, tapi siklus oksigen dan karakter Gaia pun baru paham, akhir- akhir ini.

    Mari kita diskusikan disini Pak Wage : http://maxheartwood.wordpress.com/2011/09/25/apocalypto/

    The biggest thing we know, is the smallest of the unknown Sir🙂

    1. Salam Mas Maximillian. Saya juga adalah salah satu penggemar Anda sejak lama. Blog anda sudah saya link sejak lama dan saya kadang berkunjung dan curi-curi ilmu disana.

  13. Kehilangan sahabat : Siapa saha-hahaha-bat kita sebenarnya, hanya ‘sang waktu’ yang arif yang bisa menjawab. Tuhan, setan, agama , gaib, ini semua tema …klasik di Nusantara. Banyak orang di negeri kita yang memang … selalu susah dalam hidup mereka. Topik2 di atas bisa membantu orang Nusantara untuk …tetap bertahan hidup, walau pun susah … , untuk selalu …berharap hidup akan lebih …mudah dan indah, pada suatu masa …(-;

  14. Kang Balanedewa yang arif
    Saya juga bingung sendiri, siapa sebenarnya sahabat itu? Coba melihat arsip komentar terdahulu di tulisan di atas, setidaknya gara2 tulisan ini, Sdr KK langsung minggat.

    Benar Kang, topik tentang Tuhan, agama dan dunia gaib memang tema klasik yang tidak luntur oleh hujan. Karena itulah saya dari awal pilih topik tersebut. Kalau nulis topik tentang berkebun, masak atau berkemah, mungkin pembaca pada melarikan diri.

    Foto2 di fb nanti saya pinjam boleh Kang? Mau bikin tulisan tentang trotoar, sepeda atau trem.

    1. Foto : boleh saja. Saya malah sering …mencuri , bilangnya belakangan (-: hehehehe …Soal orang yang …minggat itu ya …buat boleh apa …)-: Saya juga pernah …kecewa lalu terpaksa …pergi …Wong Tuhan saja ndak bisa menyenangkan …semua orang kok, apalagi manusia …)-: Let it be …

  15. Salam mbelgedez mbah wager
    Bener-bener tulisan yang bagus mbah kayaknya tulisan ini mewakili emosi jiwa si penulis rasa marah dengan sindiran-sindiran yang cerdas tentang penahaman berke-Tuhanan yang salah, wakakak kok kaya kritikus ya mbah?
    Seharusnya tulisan semacam ini bisa me-revolusi pemahaman para folower pencari Tuhan.
    jangan-jangan malah dianggap sesat mbah?
    Tapi ada google map mbah jadi gak bakalan tersesat wakakak
    Salam

    1. Silakan Kang, dikritik-kritik. Tapi susah lho jadi kritikus, selain memuji juga harus ada sisi yang dikritik atau dijelekkan. Kalau tidak ditemukan, ya harus nyari nyari kesalahan. Lha, khan kritikus artinya tya ukang kritik. wakakakkk….

  16. Salam Mbah Wage dan sedoyo rekan yang terhormat….

    Saya hanya bisa ketawa ketiwi ( dalam hati ) , atau tersenyum ketika baca artikel diatas…..

    Saya mempunyai Tuhan lho Mbah , tanpa bernama, tanpa wujud dan tanpa yang lain lain….Tuhan bagi kami adalah Ibu atau Bapa semua mahluk…..

    Salam Mbel

  17. Mas js,

    Saya percaya Mas js mempunyai Tuhan sendiri. Semua orang juga, asal mereka benar2 …serius … Dan mereka berhak menjadi utusan (Tuhan) bagi diri mereka sendiri . Oom Buddha malah ndak pernah mengajarkan mengenai Tuhan ! … Hayo, piye ini ? Tapi , bagi beliau ada yang lebih penting, kasih kepada sesama …mahluk . Mbulet, ya, soal Tuhan ini ? )-:

  18. Oh ya, kata saha-hahaha-bat saya , seorang bikku, kitab suci orang Buddha itu bukan …tulisan manusia di kertas/buku , tapi ,eng ing eng ….HATI NURANI kita. Bisa saja kitab paling suci di dunia dan akherat bilang , ‘Yang tidak percaya kepada ajaran Ku, boleh digepuk i, atau malah …dibunuh …’ Tapi, coba tanya hati nurani nya ?! Ndak akan bisa begitu ! …

    slumans lumunslametslu manslumunslam et-ndemitor andulitse tanoradoyan…(-:

    1. Salam Mas Balanedewa….

      He he he kami tertarik dengan kata kata bahwa Budha tidak pernah mengajarkan bahwa Tuhan itu begini begitu ,

      Dalam penampakan dunia lain , dalam diri Budha terlihat alam semesta dan dari badab beliau seakan bercerita tentang kehidupan , lha piye jal …

      Salam sluman slumun slamet…

  19. Biarlah mereka telah percaya dengan apa apa yang sudah ddiyakini bahwa Tuhan ini begini dan begitu…

    Biarlah cerita dan penampakan atau gambar gaib kubawa untuk rahasiaku sendiri , kusimpan sebagai rahasiaku dan kupercaya sampai ajal menjemput , keyakinan yang tidak akan berubah…

    Banyak manusia telah tertipu dengan banyak keadaan peristiwa dan cerita ini itu, hmmm atau kami yang tertipu atau ditipu mentah mentah dari alam bawah sadar kami , ditipu oleh mereka , mahluk atau sosok gaib yang aneh dan misteri…..

  20. Kang JS,
    Menurut saya, semua itu adalah pengalaman atau perjalanan spiritual. Setiap orang perjalanan spiritualnya berbeda beda. Apa yang Kang JS ceritakan adalah sebagai referensi saja.

    Bagi orang lain atau khususnya saya, pengalaman spiritual Kang JS melihat INI ITU bukan untuk dipercaya dan juga bukan untuk dibantah. Kalau dipaksakan untuk percaya, itu akan menjadi semacam agama, harus diimani dan tidak boleh dibantah.

    Lha, apanya yang harus dipercaya wong saya sendiri tdak ikut melihat atau merasakan? Nanti hasilnya akan menjadi percaya buta. Demikian juga sebaliknya, bukan untuk dibantah. Lha apanya yang mau dibantah wong saya juga tidak melihat ditambah dengan ilmu cekak, lahir baru kemarin?

    Jadi menurut saya, cerita2 dari Kang JS, ya untuk diambil manfaatnya, disaring saring, dipilah pilah mana yang bagus dan dianggap bermanfaat. Tidak semua apa yang bagus bagi orang lain juga bagus untuk diri sendiri demikian juga sebaliknya.

    Tulisan atau dongengan sayapun adalah sama saja. Tidak semuanya cocok dihati pembaca, bahkan ada yang menganggap 100% ngibul dan itu adalah …… benar.

    Tulisan di blog ini bukan untuk dipercaya. Dan blog ini hanyalah sekedar untuk tempat ngumpul sambil berbagi pengalaman atau cerita abal-abal.

    #bingung, itu tadi di atas saya ngetik apaan ya?!

  21. Salam , saya hanya manusia biasa seperti mereka , masih banyak salah dan dosa, masih perlu makan nasi , tidur dan buang hajat di ruangan khusus/ WC , he he, juga perlu duit dengan kerja keras , saya berilmu rendah dan secuil tapi puji sukur karena ilmu saya masih ada manfaat untuk orang banyak / pengguna jasa manfaat audio…

    Salam Semanggi Suroboyo…he he…

    1. Kang JS mungkin mengaku manusia biasa tapi dimata saya tetap manusia spesial dan luar biasa. Tulisan, komentar, untaian kata ataupun istilah saya “igauan” serta pengalaman pekerjaan Kang JS memberi saya banyak pelajaran berharga tentang hidup.

      Dari dulu impian saya sebelum mati tidak pernah berubah, yaitu bermimpi suatu saat bisa bersua/bertemu atau kalau diizinkan, menginap barang sehari dua hari di rumah atau dipekarangan Kang JS. Suatu kebanggaan terbesar bagi saya, apalagi kalau bisa foto bareng.

      Mudah2an berkenan dan tdk merepotkan. Saya bawa tenda, peralatan tidur dan peralatan masak sendiri yaitu sendok garpu, cangkir dan piring kosong sendiri. Isinya ya minta ke Kang JS. wakakakkk….. Nanti saya fotokan peralatan makan jinjing saya. (Lho, koq jadi curhat kayak diary?) salam selalu.

  22. Salam damai dan selamat pagi Mbah…salam hormat saya kepada sedoyo sedulur…

    Saya sangat tersanjung dan juga sedikit malu atas pengakuan Mbah Wage , saya hanyalah manusia mbel di mata mereka….

    Ijin mentautkan link tentang Jesus , beliau entah Dewa atau Tuhan atau Rosul itu terserah kepercayaan dan pemahaman pribadi masing masing…

    Jesus adalah tokoh idola kami dan ada tokoh lain seperti Budha , juga tokoh ini itu , he he…

    Kami cukup sering ditampakan sosok Jesus , dalam dunia bawah sadar / mimpi atau dengan mata telanjang / sadar , lha piye iki Mbah.??…

    http://chirpstory.com/li/249365

    Salam damai dunia akherat…

    1. Dengan penampakan banyak gambar hidup ( diperlihatkan gambar hidup para tokoh hebat di jaman dulu ) maka kami seperti berdiri dan berenang melawan arus , maka kami seperti manusia yang hidup dalam dunia yang sempit , menjauh dari keramaian dalam ritual memuja dan berfaham tentang Tuhan bahkan sedih , marah dalam hati karena dan seakan Tuhan itu seakan dan bersifat seperti manusia , bernafsu besar dalam duniawi , senang disanjung dan dipuji , pemarah dan suka perang…..

  23. Meskipun Jesus, Budha dan Semar atau tokoh misteri yang lain tidak pernah sering berkata dalam penampakan itu tapi kami mungkin bisa mengambil hikmahnya dengan bahasa tubuh dan wajah para beliau , kami sering merenung atas penampakan yang sering kali, sungguh cerita di dunia ini seperti jungkir balik….mana yang baik dan benar sangat rancu , sungguh banyak tipu daya diatas bumi ini dengan mengatas namakan Tuhan…

    Damaikan hatimu atau hatimu dalam kedamaian , itu nasehat dari Jesus dalam penampakan alam lain….

    Masih banyak cerita lain Mbah , tapi untuk apa diceritakan lha wong penamppakan itu mungkin di stempel sebagai aliran sesat…

    1. Salam pak js, simbah wage, pak bala..
      Awal mula saya browsing didunia maya Karena dulu saya mendengar(ceramah) Singkatnya begini “diceritakan dulu ada pasangan suami istri, sang suami pergi dan berpesan ke istrinya, jangan buka pintu rumah untuk siapapun sampai saya kembali, trus orangtua si istri berkunjung, tp karena pesan si suami, si istri ga bukain pintunya” dengan penjelasan ayat2 bla-bla ketika meninggal si istri tsb masuk surga. Tp sungguh hati saya menolak, bagaimana klo itu terjadi sm saya yg sekedar ingin menjenguk anak sendiri ? Akhirnya saya browsing dan kemudian menemukan blog ini dll, saya menemukan jawaban meski sedikit yg bs saya serap karena keterbatasan saya yg msh muda ini. Saya beruntung bisa membaca pengalaman2 Para sepuh seperti pak js, simbah wage kang nur pak komandan dll ternyata dunia ini begitu luas untuk di pahami dan dimengerti oleh segelintir orang saja.. Beruntung saya dibesarkan dlm keluarga yg tidak begitu merisaukan ttng kepercayaan. Saya akan cari sendiri apa yg menurut (hati) saya benar.
      Maaf saya ikut nimbrung pembahasan topik berat. Rahayu.

  24. Maaf saya tidak bermaksud menyinggung ato menyudutkan islam, saya sendiri masih menjalani kewajiban2 sebagai muslim ya meski tidak sempurna, ketika saya berdoa dengan cara islam kemudian doa saya dikabulkan saya percaya bahwa diluar sana (orang-orang yg berdoa dengan cara dan kepercayaan masing2) pasti ada yg dikabulkan. Saya jg tidak antipati ketika saya diajarkan ayah saya berdoa menggunakan sesaji dlm kejawen, saya jg merasakan doa keluarga saya dikabulkan. Dan saya yakin Tuhan tidak akan memilih-milih dengan cara apa manusia menyembah dan berdoa kepadaNya.

  25. @Kang Lesungpipiet,
    Sharing pengalaman yg sangat menarik. Mungkin hampir semua rekan disini juga sepertinya dibesarkan dilingkungan keluarga yg tidak fanatik, tidak taat, sesat atau apalah namanya. Jumlah orang2 yg seperti kita sepertinya relatif banyak, cuma sayang belum ada tempat kumpulnya.

    Omong2 tentang blog, dulu saya juga sering keluyuran ke berbagai blog. Banyak juga yg membahas tentang budaya atau filosofi lokal, topik kesukaan saya. Namun sepertinya masih belum puas karena temanya atau bahasannnya terlalu Jawa. Saya ingin yg lebih bebas, lebih santai dan tanpa sekat kesukuan atau agama.

    Kenapa tdk bikin komoniti sendiri? Dan akhirnya ya jadilah blog abal-abal ini. Saya merasa beruntung karena ada banyak rekan seperti Kang Lesungpipiet dll serta para sepuh lainnya yang mau gabung atau minimal nengok dan berkomentar bagi pengalaman.

    Kang Balanedewa juga tampaknya dulu sering keluyuran dan akhirnya terdampar disini. Blog abal2 tdk pakai promosi2an, semuanya tersesat dan terdampar secara alami. Terdampar? emang ikan paus? salam

  26. Mungkin sudah nasib saya …terdampar di blog mbel …hehehehe…
    Sdr Lesungpipiet, kalau anda serius mencari …pasti ketemu ! Pak js itu perlu dibujuk-bujuk biar mau cerita dan tidak sibuk cari …duit saja …hehehehe…Kitab paling sucipun bisa …ngawur …Misalnya, yang tidak mau percaya pada perintahKu, gebuk/gepuk i saja ! Dan ini masih sering terjadi pada orang2 yang …anut grubyuk saja …orang2 yang tidak mau mendengarkan ‘master copy ‘ yang di ‘install’ di hati kita …oleh Nya/alam …

  27. Surga kangaswad : Hmm, disana boleh mengumbar …se-puas2nya …Tapi harus …mati dulu …. Bedanya apa kalau …sekarang saja ?? Ini blog yang bukan abal2 ….Nampaknya memang blog dari ‘atas’ sana , khusus untuk yang … otaknya lain dari yang lain …hehehehe … Blog maha dahsyat …mbelnya …(-:

    1. Semua ada pasangannya. setiap warung ada pembelinya., setiap orang akan berkumpul mencari gerombolannya. Pencari surga akan berkumpul dengan sesama penggemar surga, penggemar bidadari kumpul dengan penggemar bidadari, mbelgedess kumpul dengan sesama mbelgeders, sesat sama sesat, jawa atau kejawen dgn kejawen.

      Bagaimana dengan dongbud? Semua orang bisa kumpul disini dan berdiskusi bagi pengalaman. Kalau di blog lain, kepala anda bisa dipentung atau diusir kalau berpendapat berbeda. Di blog ini, perbedaan malah dipelihara dengan spirit humanisme.

      Lha, koq jadi kayak iklan kecap?

  28. Salam Mas Lesungpipiet , Mas balanedewa ,Mas ABR , JDD ,si Mbah dan sedoyo sederek….

    Seperti pepatah orang jawa bahwa kalau temen pasti tinemu . kukuh ojo nglukruh , ora jujur mesti ajur dll,..

    Kita ini hidup pasti ada yang menghidupi , kalau hati nurani sebagai pijakan perbuatan dan perilaku maka hidup kita akan terbimbing dari dalam / alam bawah sadar atau alam misteri yang lain dan hidup kita tidak dan bukan sebagai ancaman kepada hidup mahluk lain…

    Saya dalam hidup selalu percaya bahwa Tuhan itu pasti ada , Dia tidak akan terlepas dengan hidup dan kehidupan kita , siapa dan bagaimana Tuhan itu maka saya akan berkata sangat sederhana kepada anak anak saya, jangan mereka reka dan berkata bahwa Tuhan itu begini dan begitu…tidak ada ilmu apapun untuk bisa menjelaskan tentang Tuhan , manusia hanya seperti semut didepan lap top , semut yang tidak akan mampu untuk memikirkan dan menerangkan teknologi computer….

    Saya kepada anak anak akan selalu mengatakan , jadilah orang yang jujur meskipun sangat berat , pakai hati nuranimu maka kalian akan mengerti dan memahami arti dari kehidupan ini , anggap dan yakini bahwa Tuhan itu adalah Bapak dan Ibumu sendiri maka kalian pasti memaham makna dan arti kasih dan sayang dan dengan mendengarkan hati nurani maka dan semoga hidupmu akan selamat atau terselamatkan….

    Maaf , pagi pagi sudah ngigau…..Nuwun

  29. Jelek jelek begini mbah , saya pernah bermimpi bertemu dengan Tuhan ku ,juga bertemu Jesus , aaah rasanya pikiran saya mungkin atau sudah gila….saya memanggil Tuhan dengan sebutan ROMO , lha piye jal , didepan Tuhan saya menangis dan memohon sesuatu…

    1. Ada yang lupa untuk diampaikan , ketika bermimpi bertemu Tuhan ternyata ujud Tuhan itu tidak ada alias tidak ada wujud

      Kenapa saya yakin bahwa ada Tuhan dihadapan saya , hanya hati yang mengatakaan dan mengerti maksudnya , saya hanya mengingat peristiwa mimpi aneh itu ketika sudah bangun…..mimpi yang mboten mboten , mimpinya wong gendeng dan mbelgedes…

    2. Ini khan blog mbelgedes Kang, jadi ndak apalah. Yang jelas ndak maksa orang utk percaya, ndak ngajak bunuh orang, makar dan beragam ajakan kriminal lainnya ya salahnya dimana?

      Namun walaupun ngajak orang berbuat baik, mencintai Tuhan dll, kalau sudah bikin sanggar atau padepokan di rumah, ya pasti diciduk aparat. Dicap sesat !!!! Kalau cuma aparat yang datang masih mending, tapi kalau ormas bergerak, bisa gawat, bisa dipetung dan dibakar. Kemudian yang bakar dianggap waras. weleh…….

      Pointnya, Kang JS mengajak kita atau saya untuk mencintai Tuhan. Itu sudah lebih dari cukup menurut saya. Tentang mimpi dll itu cuma bumbu atau hiasannya saja. Kang JS hanya menceritakan saja, mau percaya atau tdk percaya, bukan masalah bagi Kang JS. Maaf, kesimpulan pribadi. salam.

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s