Lomba Adu Kuat di Suhu 110°C Berujung Maut

Mungkinkah manusia bisa selamat berada di ruang yang bersuhu di atas titik didih air? 

DONGBUD. Wager. Tulisan berikut mencoba membahas hubungan antara KEYAKINAN dan ralitas. Keyakinan yang dimaksud adalah dalam arti luas, bukan hanya sebatas agama saja.

Sebagai contoh, satu pertanyaan mudah “Apa yang terjadi kalau seseorang dimasukkan ke dalam  ruangan sauna bersuhu 100 derajat Celcius ?” Sebagian besar pembaca mungkin akan menjawab tidak mungkin, kulit terbakar, tewas dll. Nah,  semua jawaban itu disebut dengan KEYAKINAN bukan ralitas atau kebenaran. Bingung? Selengkapnya jawabannya ada di bawah ini.

Diawali dengan kutipan berita tentang tragedi lomba sauna yang berujung maut. Sumber berita:  klik disini

Reuters, Minggu (8/8/2010), seorang pria asal Rusia tewas dan peserta lainnya dilarikan ke rumah sakit saat kejadian lomba sauna di negara, Finlandia. Lomba sauna tersebut adalah lomba ketahanan, adu kuat di ruang sauna bersuhu 100 derajat celsius ! Gila !!!

Ini adalah kali ke-12 lomba tersebut digelar di Heinola–kota yang terletak di sebelah utara Helsinki. Sedikitnya ada 12 peserta yang mengikuti penyisihan. Di babak final mereka hanya tersisa dua. Namun, saat waktu menunjukkan angka enam menit, salah seroang peserta terlihat kesakitan dan tewas seketika. Polisi masih menyelidiki penyebab pasti kematian ini. Sementara finalis lainnya  dirawat di rumah sakit setempat karena mengalami luka bakar.

Apa tanggapan anda membaca berita di atas?

  • Ngeri dan prihatin
  • Lomba konyol dan tidak masuk akal
  • Suhu 110°C berarti diatas titik didih air ya jelas tewas-lah,
  • Demi uang nyawa dipakai mainan dst.

Komentar yang sangat sepertinya wajar bukan? (sumber  komentar). Namun coba dibaca berita tersebut lebih cermat lagi, maka akan ditemukan beberapa hal membingungkan.

Pada artikel tersebut tertulis jelas bahwa tournament atau lomba tersebut lomba yang ke 12 kalinya alias bukan lomba yang pertama. Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimana dengan peserta pada lomba lomba sebelumnya? Apakah peserta lomba tahun tahun lalu semuanya tewas terpanggang?  Nah, bingung khan?

[Keterangan gambar atas : photo (asli) dokumentasi peserta lomba tahun sebelumnya. Semua peserta tampak aman dan sehat sehat saja.]

Keyakinan bukanlah Kebenaran : Sauna 100°C  Ternyata Aman lho !

Sauna bukan bagian dari budaya negeri tropis, jadi kalau diantara pembaca banyak yang tidak tahu, ya maklum saja.

Mandi sauna adalah bagian dari budaya di negeri bermusim dingin. Tujuannya adalah untuk kesehatan, agar tubuh berkeringat dan racun keluar dari tubuh. Nah, inilah tujuan dari mandi sauna.

Suhu standarnya untuk sauna adalah 70 °C  s/d 100 °C.  Sedangkan untuk sauna gaya Finlandia, suhunya bisa mencapai sampai 110°C atau bahkan 120°C. Duh, panas sekali bukan?  Tentu saja, tapi yang jelas panas suhu pada ruangan sauna tidak sama dengan air panas untuk menyeduh kopi jadi walau diatas titik didih tidak akan membuat seseorang tewas terbakar.

  • Sok tahu !!!  Emang Mbah pernah masuk ke ruangan sauna dengan suhu 100 °C ?

Wakakakk….. Pernah sih dan tulisan ini dibuat karena pernah merasakannya sendiri, jadi bukan berdasarkan keyakinan atau kata orang. Normalnya, yang saya tahu, tiap orang akan tahan berada di ruang sauna bersuhu 90 derajat celsius selama 3 atau 5 menit, sedangkan saya sendiri, semenit saja sudah ngacir. Info lengkap tentang sauna silakan dibaca di wikipedia: sauna

  • Jadi kalau bukan karena hawa panas, apa dong yang membuat peserta itu tewas?

Lha, mana siMbah tahu. Semua orang juga pada bingung, mengapa dengan suhu cuma 110C bisa membuat orang menginggal? Panitia lomba juga tidak kalah bingungnya. “I cannot understand how a temperature of only 110C could lead to someone’s death, when people have safely enjoyed heat at 160C ?”. Nah, ini malah lebih panas lagi khan? Pada akhir berita ditulis “Polisi masih menyelidiki penyebab pasti kematian ini”. (majalah BBC).

Nah, pola pikir inilah yang sebaiknya dibiasakan, yaitu menunggu penjelasan yang lebih resmi dan valid. Dugaan yang muncul selama ini adalah mungkin alat pengukur suhu rusak, gas beracun, sabotase atau kemungkinan peserta yang kelewat memaksakan diri dll.

Opini Penutup

Keyakinan adalah urusan pribadi. Apapun yang Anda yakini adalah hak setiap orang. Agama juga sama saja. Dalam kebanyakan kasus, keyakinan tidaklah berbahaya. Contoh pada lomba sauna di atas menunjukkan komentar yang ditulis pembaca sebagian besar didasarkan pada “keyakinan” semata bukan fakta.  Keyakinan yang tentu saja wajar karena kita tidak tahu, tidak mempunyai budaya sauna.

Kesimpulannya, keyakinan adalah penting, namun hendaknya tidak dijadikan kebenaran mutlak karena keyakinan bukanlah kebenaran.

  • :mrgreen: Ah, kagak menarik Mbah. Antara isi dan kesimpulan terkesan sangat dipaksakan.

Namanya juga blog abal-abal ya serba maksa.

Copyright@dongengbudaya

Referensi:

Sumber image:

  • image 1: Berita BBC
  • image 2 : Wikipedia
  • image 3 : spathalasso.jp
Advertisements

4 thoughts on “Lomba Adu Kuat di Suhu 110°C Berujung Maut

  1. ..panas suhu pada ruangan sauna tidak sama dengan air panas untuk menyeduh kopi..
    ——————————————-
    ya mungkin saja panasnya sama, kan termometer..eh..numbers don’t lie (^_^)v
    hanya saja scr proporsional tekanan pada ruangan sauna lebih rendah dibandingkan tekanan dalam air utk menyeduh kopi.

    jadi bukan suhu tu sauna yg menyebabkan kerusakan tubuhnya, tapi pressure.
    kita aja berani menyelam dan menjalani kehidupan dikedalam ATMOSFIR planet ini (mau suhunya terasa panas, dingin ato sedang2 saja), tapi siapa yg berani menyelam pake tjangtjoet doank,.. dalam AIR dgn kedalaman lebih dari 100m.

  2. Terima kasih kang O`on. Akhirnya ada juga yang komentar di topik tidak laku, tidak menarik bin membingungkan ini. Pesan di tulisan ini sebetulnya sangat sederhana, cuma karena saya tidak pintar menyampaikan jadinya malah ruwet….weekkkkk.

    1. Disiram air panas walau tidak mendidihpun kulit pasti melepuh. Sedangkan sauna walau walau lebih panas tidak bikin kulit melepuh. Penejelasan ilmuahnya, kalau tidak salah adalah faktor kelembaban.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s