Cerita Ringan : Buruh, Rakyat, Kapitalis dan Pemerintah

Diceritakan kembali oleh : Kang Simpang SmP /   http://leadershipprincipal.wordpress.com

(WARNING : PORNOGRAFI !!  Tulisan ini memuat cerita atau image yang mungkin tidak tidak nyaman untuk dibaca atau dilihat)

Tulisan ini adalah merupakan kiriman dari Kang Simpang SmP. Sumber cerita (menurut beliau) berasal dari  Radio Kayu Manis, JKT. Diedit dengan tambahan spasi  dan (sangat) sedikit revisi bahasa oleh dongengbudaya. Keterangan gambar; pendudukan gedung MPR oleh rakyat, 21 Mei 1998. Sumber image: wikipedia.

…………………… o O o ………………………

Berikut adalah sepenggal percakapan  seorang anak klas 1 SD, bertanya pada ayahnya saat menjelang tidur.

Anak: Yah….apa artinya Kapitalis…Pemerintah….Buruh…Rakyat…dan Masa Depan?
Ayah (sedikit bingung, bagaimana cara menerangkan agar dimengerti oleh anaknya yg masih kecil): Hmmm…begini….yang memiliki uang itu adalah ayah karena ayah punya usaha maka ayah disebut kapitalis…dan yang terima uang adalah ibumu untuk segala keperluan rumah dan anak-anak maka ibumu adalah pemerintah….sedangkan kamu disebut rakyat… Nah…..kalau pembantu rumah disebut pula buruh.

Anak: Lha…kalu adik bayi apa yah?
Ayah: Nah…adikmu yg masih bayi itu disebut masa depan. Nah…kamu bisa ngerti khan?!.
Anak: ooooo gitu …ya..yah.

Si anak terus memikirkan jawaban ayahnya dan sulit tidur…….tengah malam si anak mendengar adik bayinya menangis, kemudian dia menghampiri adiknya dan melihat ternyata adik bayinya pipis dan buang air besar hingga kotor dan bau busuk kotoran…wah..adik bayi atau si “masa depan” kotor dan bau busuk kotoraran…pikir si anak. Si anak mencari ibunya…dan mendapati ibunya lagi tertidur lelap…si anak tak tega mbangunin ibunya maka dia mencari ayahnya. Eee..si ayah tak ada di kamar kerjanya (biasanya sang ayah lemburan ngetik disitu sampai tengah malam).. eh kemana ya ayah….sang kapitalis lagi cari uang ngkali…pikir si anak.

Lalu si anak mencari pembantu rumah dikamarnya…wah…kamarnya terkunci….trus si anak mengintip kedalam lewat lobang kunci…..eh…dia lihat ayahnya sedang bergumul dengan pembantu rumah….si anak berpikir….oh…si kapitalis sedang ngerjain si buruh…nah si anak kembali ketempat tidurnya dan sudah punya jawaban soal hubungan antara kapitalis-pemerintah-buruh dan masa depan…dan dia bisa tidur nyenyak.

Paginya si anak menemui ayahnya di meja makan.
Anak: slamat pagi yah
Ayah: wah….sudah bangun nak….slamat pagi

Anak : Saya sudah mengerti semua apa arti dan hubungannya antara kapitalis, pemerintah, buruh, rakyat dan masa depan yah.
Bapak : Benar? Pintar kamu Nak. Coba terangkan ke Bapak, apa yang kamu tahu?

Anak (dg bangganya menerangkan): Gini yah…kalau pemerintah sedang tidur maka kapitalis akan ngerjain buruh dan rakyat akan menemukan si masa depan jadi jorok-kotor dan bau eek.
Ayah : ??!!

……………… o O o ………………..

copas artikel by :


Alamat blog pribadi penulis : http://leadershipprincipal.wordpress.com

Sumber image : unknown (facebook??!)

4 thoughts on “Cerita Ringan : Buruh, Rakyat, Kapitalis dan Pemerintah”

  1. Wah …..Terima kasih kang Wage…..telah membantu agar gunonan ini bisa dijadikan koco benggolo …agar pemerintah lebih tanggap…dan perlu “melek” agar masa depan rakyat tidak bau busuk.

    Reply dari wage :
    :mrgreen: Sama sama Mas smp. Di blog ini semua komentar diusahakan tidak akan “dibuang” begitu saja tapi diolah menjadi tulisan. Beberapa komentar yang meenuhi syarat, akan dinaikan statusnya menjadi ARTIKEL, (tanpa diolah lagi). Jadi pembaca tidak rugi tulis komentar, saya juga tidak capek bikin tulisan. Bisa tidur awal dan bangun siang. he…he…

  2. Sugeng ndalu mbah wage,,, wah mbah wage ini perlu dicontoh oleh para pejabat pemerintahan sebab langsung merespon suara bloger klo di pemerintahan suara rakyat..xixixi, utk mas smp makasih utk artikelnya,n good artikel ditgu lg artikel lainnya,,,hehehe
    salam katresnan.

    Reply dari wage :
    :mrgreen: Sebelum jadi pejabat, respon cepat, setelah jadi pejabat korupsi cepat. Wakakakkkkk….

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s