Facebook, WALL dan Konspirasi Yahudi

fb2Penulis: Wage Rahadjo. Sebel. Aku sungguh sebel. Gara gara membaca sebuah sebuah pesan berantai yang dikirim seorang teman, mendadak aku jadi benci setengah mati dengan yang namanya Facebook. Baiklah, agar tidak penasaran aku buatkan ringkasan pesannya  sebagai berikut.

“Facebook adalah produk Yahudi !!! Jelas dan tidak bisa dibantah lagi. Wong pendirinya saja adalah orang Yahudi. Apa sih yang salah dengan produk Yahudi? Ya jelas salah. Dan yang paling salah lagi adalah sang pendiri secara halus telah meracuni penggunanya dengan ajaran Yahudi. Hal ini tampak dari filtur yang disebut WALL.  Filtur ini jelas merupakan miniatur dari Tembok Ratapan di Jerusalem. Jadi facebook secara tidak langsung telah mengajak pembacanya untuk berdoa, mengeluh berkeluh kesah di Tembok Ratapan. Walaupun filtur Wall sudah dihapus tapi maknanya ya tetap saja sama. Tahukah Anda bahwa pemasukan yang besar iklan, keuntunganannya sebagian besar disumbangkan ke negara Yahudi”. 

Nah, sepertinya sekarang sudah jelas khan bahwa selain berbahaya, Facebook juga jelas jelas sesat, sat, sat!!! Iduh, amit amit deh. Namun masalah besar muncul. Aku adalah termasuk orang yang sudah keracunan Facebook tingkat tinggi. Sehari tidak main Facebookan kepalaku jadi pusing. Apa akal? Setelah lama berpikir akhirnya aku memutuskan untuk mendatangi Embahku yang tinggal di kaki gunung Lawu untuk berkonsultasi. Jujur, aku tidak terlalu yakin Embah-ku bisa membantu. Ini khan masalah teknologi dan konspirasi tingkat tinggi jadi mana tahu dia. Namun  aku tetap memutuskan untuk mengunjunginya, yeah anggap saja sedang bersilahturahmi. Sykur juga kalau bisa dapat menggaet kembang desa,  itu namanya sambil menyelam minum air  he…he….

Singkat cerita, di pagi yang cerah, aku sudah duduk di berada padepokan mbahku. Setelah puas melepas kangen, dengan ditemani kopi luwak dan singkog rebus, aku pun mulai menceritakan maksud kedatanganku. Belum habis aku bercerita, tiba tiba Mbahku tertawa ngakak dengan suara keras membuat kopi yang diteguknya muncrat mengenai mukaku. Asem !!!

“Sesat apanya Nak. Facebook khan bagus” Katanya kamudian.

“Lho, emangnya Mbah tahu Facebook?” Tanyaku sangsi

“Bukan hanya Facebook, Mbah juga kenal dengan si Mak” Jawabnya.

“Hah???!! Maksudnya Mark Zuckerberg? Emang Mbah kenal? Xii..xiii…xi…” Tanyaku sambil cekikikan. Pasti ngibul nih Mbahku, pikirku.

sukarbeg-borobudur“Lha, jelas kenal. Wong dia dulu sering nginap di padepokan ini. Semua orang kampung sini juga tahu. Orangnya ramah, lucu dan tidak sombong.  Orang-orang kampung sini memanggilnya dengan nama MakSukar. Maklum aja, namanya aslinya  Mark Zuckerberg khan susah benar ejanya.”

“Tempat favoritnya adalah nongkrong di warung kopi sebelah, milik Mbakyu WaLjinah. Nah dari kegemarannya nongkrong di warung kopi itulah akhirnya idenya tentang Facebook itu muncul.  Wall itu sudah jelas artinya bukan Tembok Ratapan tapi Warung Kopi WaLjinah. Berhubung bahasa Indonesianya tidak lancar dan lidahnya kelu, tidak bisa menyebut hurur “R” maka kata waRung diejanya dengan waLung yang akhirnya disingkatnya menjadi WAL.

“Mau kemana Nak?” “Nongkrong di WAL dulu Mbah”.

Jadi kalau dia nyebut kata Wal artinya ya Walung Kopi.  Kemudian atas saran teman dekatnya yang akhli di bidang marketing, yang kebetulan juga pernah lama tinggal di Indonesia, hafal sejarah WaLi Songo dan penggemar berat lagu WaLang Kekek, kata WAL dianggap kurang modis dan tidak layak jual,  maka akhirnya ditambahkan satu huruf L lagi sehingga menjadi WALL Begitu ceritanya Nak ” kata mbahku menjelaskan dengan panjang bin lebar.

Wakakakakkkk…. Tak ayal tawaku pecah, tertawa ngakak sambil guling guling mendengar ceritanya. Tawa yang jauh lebih keras sampai si Tuyul, anjing baik hati yang dari tadi tidur pulas di sebelah kakiku. terbangun dan mengonggong kaget. Namun mendadak tawaku terpaksa harus kuhentikan dan berganti dengan melongo. Ya, benar kali ini aku hanya bisa melongo. Disaat aku sibuk tertawa, Mbahku dengan santainya merogoh tas anyaman tikarnya dan dari dalamnya di mengeluarkan benda tipis berbentuk kotak persegi mirip buku berwarna putih mengkilap. Tidak salah lagi. Itu adalah iPad generasi terbaru !

ipadEmbahku tampak tidak terlalu peduli dengan kekagetanku dan tanpa menoleh dia berkata: “Ini baru aja dapat kemarin. Kiriman dari Makk Sukarbeg” dan beberapa detik kemudian dia sudah tampak asik dengan mainan barunya. Asem, lagi lagi Sukarbeg.

Dengan sedikit malu malu, akupun beringsut mendekat. Dari awalnya cuma melihat lihat, akhirnya sekali-kali tanganku mulai aktif  ikut ikutan menyentuh nyentuh tombol imajiner pada monitornya. Sejam kemudian, benda tipis ini sudah ada di pangkuanku siMbah-pun tampak pasrah saja.  Pada bagian mesin pencari kata aku mulai mengetik kata kunci. . . .  facebook …..

A S E M !!!!!!!

edit : Kata “Waljinah, Wali Songo dan Walang Kekek” ditambahkan berdasarkan “info” dari Paman Dalbo. Terima kasih Pamanku.

wager.png

. . . . . o O o . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . .

Sumber image: Amitravel (thank’s for photographer).
Referensi  : google


QUICK MENU. GO TO :
| Top | Home | Comment |


30 thoughts on “Facebook, WALL dan Konspirasi Yahudi

    1. Salam Cak JS…….He..he..he… maklumlah cak…kang Wage kan termasuk sufi yang sakti, jadi bisa meringkas kejadian jadi cerita lucu…bukti kesaktian kang Wage… beliau sejak 190 th yll masih tetap eksis meskipun mendapat pukulan lebih dari 28 ribu kali…wkkkk.

    1. He he he terserah Mbah Wage ketika menerima tanggapan para cucunya disini……..orang sufi memang kadang berbuat nyeleneh…ora umum…nyentrik dan kadang mangkelno dan kadang membuat kita menjadi sadar lalu mau berpikir lebih dalam…….kita baru mudeng ketika mengamati berulang kali…….Mbah Wage memang sufi bertingkah konyol….ha ha ha…..salam nyentrik

      Reply wage:
      Dunia sudah kebolak balik. Sufir (angkot) disebut sufi, sedangkan yang Sufi ngaku sufir. . Selamat fagi saudaraku, selamat fagi koffee manisku.

  1. Mbah,

    Saya ngaku … ketinggalan kereta api – atau zaman ? (-: Seumur-umur, belum pernah saya bermain fb yang konon amat sangat populer. Tidak, belum tertarik.Asem … Tapi, tetap saja angkat topi untuk tulisan si Mbah yang baru !

    Reply wage:
    :mrgreen: Kagak main FB-an ya? Jadi seumur umur mainannya afa Kang ?

    1. Mainan afa ? Ya mainan blog, seferti blog si Mbah. Ditambah baca koran2, dan main … eng ing eng … catur (-: , mainan yg satu ini, catur, sudah menjadi hobi saya selama beberapa dasawarsa terakhir , melebihi … sepak bola …
      Tidak …umum ya ? Biar saja … hehehehe …

    2. tambahan Mbah : fb – fotong bebek (-: , itu kan untuk yang … muda2 atau berhati muda (-: Untuk yang awet … tua seferti saya, minta duit – oops, ampun … Skak, mat …. (-:

  2. Afafun mainannya yang fenting kagak bikin rusuh aja. (Gara gara kang JS nyebut2 kata suFi, akhirnya komentar jadi ngaco semua). Catur? Kuno amat sih? Itu mainan lamanya siMbah. Sekarang yang tersisa cuma 4 kotak catur dan 3 CD softwarenya.

    Pensiun di catur, siMbah bingung sempat pilih mainan apa enaknya ya? Mainin uang kagak punya, mainin dana proyek mbah bukan pejabat, mainin wanita kagak berani dan juga dijamin kagak laku. Akhirnya milih mainan kata kata dan main imajinasi aja. Walau abal-abal tapi ada aja pembaca yang ketipu atau mau baca….wakakakkk

    1. Salam Mas Balanedewa….Mas..eeh…Mbah Wage………waaah….suka main catur……..
      Ketika main catur dan bila posisi raja terdesak maka harus diingat…sisakan satu kuda untuk raja……..untuk melarikan diri sehingga tidak terjadi seruan …skak mat …dari lawan…..he he he ..

      Walau abal-abal tapi ada aja pembaca yang ketipu atau mau baca….wakakakkk …….he he he tulisan mangkelno dari manusia cerdas….nyentrik..riang…jiwanya sudah merdeka….
      tambah mangkel kalau lihat boneka itu tertawa ngakak…. guling guling terus…..salam ngakak…

    2. Walau abal-abal tapi ada aja pembaca yang ketipu atau mau baca….wakakakkk
      ————————————–
      Si Mbah … jujur, abal2 ya ngaku … abal2 ! Di luar sana banyak yang abal2 – mbelgedes – tapi mereka tidak … jujur, ngaku dari … malaikat atau semacamnya….

      salam katresnan ngakak – ikut2an Mas js

  3. Dari Malaikat? Bisa jadi benar Nak. Kalau yang bersangkutan sudah ngaku (ngaku), Mbah sih percaya aja (dengan pengakuannya). Tidak baik membantah pengakuan orang. Apalagi membantah kepercayaan.

    Ini asli dari Malaikat Mbah !
    = Wow, hebat. Nak.
    Mbah, mau bantah?
    = Ampun nak, mbah kagak berani dan lagian apa ada gunanya?

    Ibarat batu, ada batu cadas, batu bata, batu karang ada juga batu licin, hitam berkilat dst. Ibarat pendeta, ada pendeta jujur, pendeta bisnis, pendeta cabul dst. Malaikat juga (besar kemungkinan) sama. Ada yang berekor, bertanduk, gondrong, botak, punk dst.

    Ini asli lho dari siMbah nak !
    =Wow. hebat Mbah.
    Sampean kagak percaya dan mau bantah?
    =Semprul Mbah. Aku kagak berani.
    =Kagak guna, lagain ini khan kepercayaan abal-abal…

    1. Salam Mbah Wage…….

      Tidak baik membantah pengakuan orang.
      Apalagi membantah kepercayaan…….sangat betul…buang energi dan buang duit untuk ngopi dan rokok……debat kusir….sampai kepala keluar asap……ha ha ha….

      Ibarat batu, ada batu cadas, batu bata, batu karang ada juga batu licin, hitam berkilat dst. …..masih mending ….barang itu masih laku dijual dengan hitungan per gerobak atau per meter kubik…..dari pada kepala batu….tidak laku dan bikin gregeten…..

      Ibarat pendeta, ada pendeta jujur, pendeta bisnis, pendeta cabul dst. Malaikat juga (besar kemungkinan) sama. Ada yang berekor, bertanduk, gondrong, botak, punk dst. …..he he he masih mending nasib Mbah Wage…..meskipun cerita abal abal yang penting jujur dan membuat hati senang……..salam gondrong….

  4. fb mah macam di rsj aja,duduk seharian,nulis didinding,ngomong dgn tembok dan dicolek oleh orang tak dikenal.
    Ha.ha.ha mbah wage kalah saing sama mbahnya mbah wage…^_^

    Reply wage : :mrgreen: kalah gak kalah asal kumpul.

  5. …siMbah-pun tampak pasrah saja.
    —————————
    itu ipadnya dah dibalikin lagi ke si Mbah..gak..Bray? ,,(^_^),,

    btw keren juga tu si Mbah, walawpun sbg orang gunung…
    bisa jadi sbg “manusia seribu gad’ged” utk memantau pesbuk dan barangkali aja si Mbah berminat/dah pesen kendaraan berfitur infotainment…Bray, ya misalnya kayak:
    http://www.teslamotors.com/modelx
    (^_^)v

    1. Ha…ha….sekali dipegang biasanya langsung dianggap milik sendiri. Ibarat uang hasil korupsi-lah. ha…ha….
      Wow, linknya mantap, gadget kelas yahud. Harus korupsi lebih keras lagi nih.

  6. Nuwun sewu..mbah…

    Paman pernah chatingan sama Mark Zuckerberg khan , soal ide2 wall ini, memang benar dia banyak di ilhami hal2 dari Jawa karena dia ngefans berat sama budaya Jawa jadi bukan hanya Wallung kopi saja yg jadi inspirasinaya tetapi ada lagi yaitu t WALjinah yg populer dg lagunya WALang kekek. bahkan katanya dia juga tertarik untuk mempelajari sejarah2 ttg WALi Songo juga…WALah..WALah..piye iki…olah weluh aku…

    Paman Dalbo

    Reply wage:
    Asli ngakak baca komentarnya Paman. Kocak amat….Berdasarkan komentar Paman, tulisan langsung diedit.

  7. “dri isi cerpen yg ada d atas 😉 ,bnyak orang kota berkata pada orang kampung:dasar wong katrok,ndeso,norak. 😎
    lzz..
    “sekarng siapa yg katrok,ndeso,norak. 🙄
    la wong kota lahirnya juga di kampung..
    iya juak yea 😳 .

  8. Maaf Om ingin menyapa saja, salam buat Mak Sukarbeg..
    FB manfaatnya banyak dan juga mudaratnya juga banyak tergantung orang memanfaatkannya dan melihat dari sisi mana..

    hmmm ya sudahlah sukses buat mas Mak Sukarbeg dengan bisnis FBnya yang diilhami dari mbakyu Waljinah.. banyak loh orang Indonesia yang kangen mas Mak ini… mungkin ada pula saking kangennya membuat hatinya hancur lebur.. spt debu hiks hiks…

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s