Amerika Diserbu Bencana, Tanya Kenapa ?

Tulisan kali ini membahas topik tentang bencana yang terjadi berbagai belahan dunia, khususnya di negara besar seperti Amerika, Australia dan negara Barat lainya.

Lewat tulisan ini beragam opini dan pertanyaan muncul di kepala saya: Kenapa bencana mengerikan tersebut bisa terjadi? Apa penyebabnya? Mungkinkan ini suatu peringatan  dan tanda-tanda awal? Tanda apaan? Kurang tahulah……Mungkinkah negeri mereka dari awal mereka memang negeri yang tidak layak huni, atau negeri terkutuk yang sedang menerima azab? Terkutuk apaan? ya, kagak tahu juga……. [gambar hanya sekedar ilustrasi yang diambil dari scane film]= Mbah, kenapa yang disorot hanya negara Amerika dan sekutunya?

Tentu saja, mereka khan negara super power, jadi apapun yang terjadi di negeri tersebut selalu menarik perhatian. Coba Sampean jawab dengan jujur, kalau seandainya bencana yang sama terjadi di negara seperti Pantai Gading, apa Sampean berminat membacanya? Letak negaranya saja siMbah kagak tahu dan juga tidak berminat ingin tahu. Tujuan utama dari tulisan ini adalah mengambil hikmah dan pelajaran penting dari bencana. Pelajaran apa? Jawabannya kembali ke diri sendiri, “Pelajaran apa yang ingin saya pelajari?” Di tulisan ini siMbah menulis pelajaran versi blog abal-abal, dongengbudaya.

[Tulisan ini adalah pembukaan atau tulisan pengantar, menjelang terbitnya artikel tentang Satrio Piningit, yang akan terbit beberapa hari lagi, sekaligus juga lanjutan dari topik sebelumnya yaitu “Bencana alam, kejadian alam atau hukuman tuhan?”] [Gambar atas hanya ilustrasi, diambil dari scane film 2012]

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . oo O oo  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Awan Debu Raksasa Landa AS

Liputan6.com, Phonix: Awan debu raksasa hingga 2.000 kaki menyerang wilayah Phonix, Amerika Serikat. Akibatnya, aliran listrik di 9.000 rumah terputus.

Seperti dilansir dari Dailymail, Jumat (27/7), kekuatan awan debu yang disebut Haboob, angin kuat dalam bahasa Arab, itu 56 kilometer per jam. Awan debu itu juga menyebabkan rumah warga menjadi kotor.

“Debu masuk ke segala penjuru rumah ke setiap sudut dan celah. Saya menemukan barang-barang elektronik dan alat-alat rumah tangga lainnya tertutup debu tebal,” ungkap Fred Gadomski, warga Phonix.

Fenomena Haboob memengaruhi Phoenix selama Juni hingga September, musim hujan di Arizona. Fenomena itu dianggap sebagai peristiwa langka lantaran debu longgar yang ditiup ke atas saat tidak ada hujan. Kemudian, awan itu berkumpul di angkasa.(SHA)

http://berita.liputan6.com/read/424929/awan-debu-raksasa-landa-as

Badai Tornado Sapu Amerika Serikat

Sumber image : wikipedia
Louisville: Badai tornado kembali melanda Amerika Serikat (AS). Kali ini badai melanda Louisville, kota terbesar utama dari Negara Bagian Kentucky, AS.

Sejumlah rumah penduduk setempat rusak, dan sejumlah pohon tumbang. Bahkan kendaraan milik warga sampai terbalik digulung badai tornado. Badai tornado membuat aktivitas warga lumpuh dan beberapa lokasi bisnis tutup.

Sedikitnya 12 ribu rumah terpaksa ditinggalkan pemiliknya. Mereka mengungsi. Tidak ada laporan korban jiwa akobat badai tornado tersebut. Pihak berwenang di Louisville juga tidak menyebutkan ada warga yang terluka.(wtr5).

http://metrotvnews.com/read/newsvideo/2012/03/24/147760/Badai-Tornado-Sapu-Amerika-Serikat

Badai Melanda Amerika, 22 Orang Tewas

Image : wikipedia
WASHINGTON, (PRLM).- Setelah tiga hari dihantam badai musim semi yang mematikan, 22 orang ditemukan tewas di Amerika Serikat bagian selatan dan sejumlah negara bagian lainnya juga terancam oleh badai yang bergerak ke kawasan timur.

Empat orang tewas di Carolina Utara. Angin topan juga menghancurkan sebuah gereja dekat Carolina Selatan, meski demikian enam orang yang terperangkap di dalam gereja dilaporkan selamat. Ancaman badai juga dikeluarkan seluruh kawasan Washington DC. Peringatan yang dikeluarkan oleh badan cuaca nasional AS itu juga berlaku bagi Virginia dan Maryland.

Ketika badai bergerak di selatan, banyak rumah yang mengalami kerusakan, pohon dan tiang listrik tumbang oleh angin topan. 14 korban tewas ditemukan di Alabama dan Arkansas, dua lainnya di Oklahoma, dan satu di Mississippi dan satu korban lainya tewas akibat kebakaran hutan yang dipicu oleh badai di Texas.

Seorang mekanis di Raleigh mengatakan dia berlindung di truknya saat badai menghantam. “Itu adalah badai yang mengerikan. Saya melihat atap bergetar dan kemudian terbelah dan akhirnya lenyap dibawa badai,” kata Bryan Jackson kepada “Reuters” dan dilansir “BBC”.

Kawasan selatan Kota Raleigh kini dipenuhi sampah bekas badai dengan kondisi tiang telepon tercabut, pecahan gelas dan reruntuhan atap. (A-147)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/141963

Gelombang Panas Di Amerika, Puluhan Orang Tewas

Sumber Image : diggsjourney,
Image hanya sekedar ilustrasi tidak ada hubungannya dengan topik.
Washington (AFP/ANTARA) – Gelombang panas menerpa sebagian besar wilayah Amerika Serikat pada Minggu kemarin, menyebabkan puluhan orang tewas di beberapa negara bagian.

Setelah berhari-hari terik dengan suhu tinggi sekitar 100 derajat Fahrenheit (38° celcius) menerpa bagian tengah dan timur negara tersebut, para ahli cuaca mengatakan bahwa udara dengan suhu yang lebih rendah perlahan-lahan mulai berhembus dari Kanada menuju wilayah selatan. “Suhu akan turun, itu yang sangat dibutuhkan saat ini,” kata Lembaga Pengamat Cuaca Nasional AS.

Suhu panas yang ekstrim tersebut memicu dikeluarkannya peringatan kesehatan dan menyebabkan masyarakat mengungsi ke tempat-tempat penampungan pendingin darurat. Pusat-pusat perbelanjaan dan kolam renang penuh sesak dijadikan tempat penghilang panas. Namun, suhu yang seperti di dalam oven tersebut telah memakan korban, terutama orang tua yang lemah dan rentan.

Negara bagian Maryland mencatat sedikitnya 13 orang tewas akibat suhu panas tersebut sejak 8 Juni, dengan 11 korban berusia di atas 65 tahun, kata Ed Mc-Donough, seorang juru bicara dari Badan Manajemen Darurat Maryland, kepada AFP. Di Ohio, tiga orang manula yang mengalami masalah jantung akhirnya meninggal akibat suhu panas tersebut, setelah badai api menerpa beberapa negara bagian pada 29 Juni, menyebabkan mereka dan jutaan orang lainnya tinggal tanpa pendingin udara setelah adanya pemadaman listrik.

“Saya dapat mengonfirmasi tiga orang tewas akibat cuaca panas,” kata Tamara McBride dari Badan Manajemen Darurat Ohio kepada AFP. “Namun, mungkin ada lebih banyak korban.” Di Chicago, di mana temperatur mulai turun pada Minggu ke level yang lebih nyaman, mengonfirmasi sejumlah kematian terkait melonjaknya suhu panas hingga 18 korban, seperti dikabarkan Chicago Tribune. (ai/pt)

http://id.berita.yahoo.com/puluhan-tewas-akibat-gelombang-panas-di-033020462.html

Kebakaran Hutan Hebat Landa Australia

Sumber image : news.bbc.co.uk
TEMPO Interaktif
, Healesville: Sejumlah kota kecil di negara bagian Victoria, Autralia, habis dimakan api yang menjalar dari hutan di sekitarnya. Korban jiwa kebakaran ini pun mencapai 108 orang.

Di negara bagian itu, api menguat akibat naiknya suhu udara yang mencapai 47 Celcius dan tiupan angin. Kondisi ini membuat wilayah itu seperti sebuah perapian. Setidaknya 750 rumah habis terbakar dan di Victoria pula, seluruh korban jiwa berasal.

“Neraka, dengan kekejamannya, telah mengunjungi orang-orang yang baik dari Victoria,” kata Perdana Menteri Kevin Rudd. “Ini tragedi memilukan bagi seluruh bangsa.” Kota kecil Marysville dan sejumlah perkampungan di distrik Kinglake, habis musnah. Di wilayah Kinglake ini, 18 orang tewas. Penduduk mengatakan api menyentuh wilayah mereka tanpa tanda-tanda sehingga banyak yang tidak sempat menyelamatkan diri.

Mandy Darkin, seorang pegawai rumah makan, mengatakan ia tidak mendengar apapun sampai ada yang tiba-tiba meminta mereka pulang. Saat melihat ke luar, di sana hanya ada asap. “Saya hanya ingat kepekatan dan Anda bisa mendengarnya, seperti suara kereta api,” katanya. Di Marysville, sebuah desa berpenduduk 800 jiwa yang menjadi salah satu tujuan wisata populer, hancur karena 90 persen rumah habis. Polisi mengatakan di desa ini, dua tewas. “Tidak ada lagi Marysville,” kata petugas polisi, Brian Cross.

Kebakaran ini terburuk sepanjang sejarah Autralia. Kebakaran sebelumnya yang parah terjadi pada 1983 saat 75 orang tewas di Victoria dan Australia Selatan. Kejadian sebelumnya lagi terjadi pada 1939, saat 71 tewas dan 650 rumah habis. Kebakaran hutan sering terjadi di musim panas Australia  atau sekitar Desember-Januari. Penelitian pemerintah memperlihatkan sekitar separuh dari 60 ribu titik api yang terjadi setiap tahun, sengaja dibuat. Kadang api juga datang dari petir atau orang yang menggunakan mesin di dekat semak-semak kering.

http://www.tempo.co/read/news/2009/02/09/120159063/Korban-Kebakaran-Hutan-Australia-Capai-108-Orang

Refrensi kebakaran hutan di Australia : http://en.wikipedia.org/wiki/Bushfires_in_Australia

Kebakaran Dahsyat, Israel Minta Bantuan

Sumber image : Guardian.co.uk
VIVAnews
– Israel dilanda kebakaran hutan yang dahsyat sejak Kamis, 2 Desember 2010. Bencana itu menewaskan sedikitnya 36 orang dan pemerintah Israel kini meminta bantuan internasional untuk mengatasinya.

Menurut kantor berita Associated Press, kebakaran hutan itu hingga kini dipandang sebagai yang terburuk dalam sejarah Israel. Api dengan cepat menghanguskan banyak pohon di hutan Carmel, yang terletak di kawasan Galilea, dan kini dikabarkan mendekati kota pelabuhan Haifa. Hingga tengah malam waktu setempat, si jago merah terus mengamuk.  “Ini merupakan bencana yang tidak diduga-duga,” kata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Menurut tim penyelamat, sedikitnya 36 orang tewas saat kebakaran itu menghancurkan banyak rumah dan memaksa ribuan warga mengungsi. Tim penyelidik baru menduga bahwa kebakaran muncul bisa saja terjadi secara tidak sengaja atau mungkin hasil perbuatan kriminal. Di lokasi kebakaran itu terdapat sebuah kompleks penjara. Para petugas pun berjuang keras berpacu dengan waktu dalam mengevakuasi semua tahanan.

Pemerintah Israel lalu meminta kerjasama internasional untuk membantu memadamkan api. Sejumlah negara bersedia segera membantu pengiriman personil dan peralatan pendukung. Mereka diantaranya Yunani, Spanyol, Siprus, Inggris, Rusia Azerbaijan, Rumania, dan Bulgaria.

Bahkan, sejumlah negara yang selama ini bersitegang dengan Israel atas isu politik di Timur Tengah pun menyatakan minat untuk membantu. Mereka yaitu Turki, Mesir, dan Yordania. Permintaan Israel itu termasuk langka, mengingat negeri Yahudi itu sangat mengandalkan sumber domestik dalam mengatasi masalah dalam negeri dan lebih sering mengirim tim bantuan ke luar negeri. Tidak seperti biasa, Israel tahun ini mengalami musim panas yang lebih panjang dan sedikit hujan.

http://us.dunia.news.viva.co.id/news/read/191914-kebakaran-dahsyat–israel-minta-bantuan

Catatan Sejarah Bencana Besar Di Amerika

. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . oo O oo  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

MENGAPA BENCANA BESAR SERING MENYERANG AMERIKA DAN NEGARA BARAT ?

Jujur saya tidak tahu jawabannya. Pengetahuan saya tentang bencana, iklim, geologi dan ilmu arah angin adalah O (nol) besar. Apa yang saya tahu hanyalah sejumlah pengetahuan dasar tentang bencana sebagai berukut:

  • Topan dan Badai. Bagi penduduk di negara tertentu, badai dan topan adalah merupakan bencana alam yang memilki siklus tetap, tidak ubahnya seperti musim hujan atau musim kemarau. Cikal bakal badai umumnya berawal dari negara Atlatik/Pasifik, kemudian pindah ke Philiphina terus bergerak ke arah barat laut menyapu daerah China pesisir, Taiwan dan Hongkong. Sebagian lagi bergerak lurus ke arah utara, memporak porandakan negara Jepang mulai dari daerah paling selatan yaitu Okinawa, Hiroshima, Tokyo sampai daerah paling utara yaitu Hokkaido. Badainya tidak cuma datang sekali saja tapi bergerombol (banyak temannya) dan menyerang berkali kali. Di negara Jepang, badai umumnya diberi nomor dan yang paling menakutknya adalah badai no 14. Kalau di negara lain, badai menggunakan nama dan kebanyakan memiliki nama indah dan seksi seperti  : Arlene, Bret, Cindy, Dennis, Emily, Franklin, Gert, Harvey, Irene, Jose, Katrina, Lee, Maria, Nate, Ophelia, Philippe, Rita, Stan, Tammy, Vince, Wilma untuk wilayah Atlantik.  Sedangkan badai Pasifik memiliki nama: Adrian, Beatriz, Calvin, Dora, Eugene, Fernanda, Greg, Hilary, Irwin, Jova, Kenneth, Lidia, Max, Norma, Otis, Pilar, Ramon, Selma, Todd, Veronica, Wiley, Xina, York, Zelda.
  • Tornado juga merupakan siklus tahunan yang umum terjadi di wilayah tertentu di Amerika.  Karena merupakan siklus tahunan maka kehadirannya dalam batas tertentu bisa diprediksi kedatangannya sehingga peringatan ataupun libur mendadak, tutup bandara dan stasiun  umum dilakukan. Jadi badan ramalan cuaca dan pemantau badai untuk negara tertentu keberadaannya sangat vital. Pada musim musim badai dan torndao, progaram acara paling penting di TV adalah ramalan cuaca.
  • Banjir besar dan tanah longsor umumnya terjadi bersamaan dengan kedatangan badai. Daerah paling parah umumnya menimpa daerah pedesaan, kota wisata yang berbukit dan bergunung. Untuk daerah di pusat kota, umumnya memiliki sistem tata air yang sangat bagus sehingga banjir besar relatif jarang terjadi.  Perlu dipahami bahwa jalur transportasi kereta api di kota besar dunia umumnya adalah dibawah tanah, jadi tanpa sistem tata air yang bagus tentu akan menjadi bencana besar. Panti jompo umumnya banyak berlokasi di daerah perbukitan atau luar kota dan hal ini kadang memicu jumlah korban yang besar pada setiap bencana banjir di negara maju.
  • Gelombang panas sepertinya kedengarannya sangat menyeramkan. Namun seberapa panas sih? Kalau pembaca jeli membaca berita sepertinya sudah sangat jelas gelombang panas yang dimaksud ternyata “tidak panas-panas amat”, yaitu hanya berkisar 38°C , masih “sejuk” untuk ukuran suhu kota besar di negeri katulistiwa. Di kota Jeddah, suhu malah kadang bisa mencapai  40-47°C. Link Di negara 4 musim, tiap tahun puluhan ribu orang harus dirawat dirumah sakit akibat kepanasan dan puluhan orang (tua) meninggal dan ini adalah merupakan berita yang selalu berulang setiap tahun.  Wikipedia misalnya memberi penjelasan “Tidak ada definisi universal untuk gelombang panas; …..Temperatur yang dianggap normal oleh orang-orang dari daerah beriklim panas dapat dianggap sebuah gelombang panas di daerah dingin bila mereka berada di luar pola normal untuk daerah itu…..”
  • Kebakaran hutan. Di musim dingin, antara November – Februari, temperatur kelembaban di negara empat musim, sangat rendah, artinya udara sangat kering sehingga sangat rentan terjadi kebakaran.  Seperti apa kondisi kelembaban rendah (udara kering) tersebut, bisa dicontohkan dengan jemuran (pakaian) yang walau ditaruh di dalam ruangan akan kering dalam waktu beberapa jam saja.  Benda benda berbahan logam akan berubah menjadi listrik alami dan menimbulkan kejutan listrik saat disentuh dengan tangan. Dalam kondisi udara kering serperti inilah kebakaran mudah terjadi dan mudah menyebar dengan cepat.

Kejadian alam biasa yang berubah menjadi tidak biasa

Dari info yang saya tulis di atas sepertinya sudah jelas bahwa sebagian besar dari bencana tersebut adalah masih tergolong katagori wajar. Namun disamping kejadian wajar tersebut muncul juga kejadian yang tidak wajar. Daerah tertentu yang awalnya bukan merupakan jalur badai, akhir akhir ini mulai disinggahi dan dihadiahi badai. Tornado yang merupakan langganan wilayah negara tertentu belakangan ini mulai berkelana ke tempat atau negeri yang jauh. Seperti Jepang misalnya beberapa kali muncul fenomena tornado di beberapa tahun belakangan ini.  Nah, ini baru luar biasa. Hal ini tentu menimbulkan tanda tanya dan sejumlah dugaan seperti pemanasan global, rusaknya alam atau bahkan tanda-tanda kiamat.

Bencana Dan Pelajaran

Setiap bencana pasti ada pelajaran. Pelajaran bisa dalam bentuk spiritual, agama, ingat tuhan, banyak berdoa dst atau pelajaran tentang pentingnya menjaga ekosistem. Tapi di bagian ini saya mencoba menulis sisi lain yaitu pentingnya belajar tentang Penanggulangan Bencana dari negara maju. Harus diakui bahwa mereka memiliki sistem yang rapi dan  terpadu tentang bencana.  Latihan dan simulasi dilakukan secara rutin, di sekolah dan tempat kerja. Panduan tentang gampa, apa yang perlu dilakukan, apa yang harus dibawa saat mengungsi, kemana lokasi yang harus dituju, semuanya tertulis jelas. Nah, semua ini ada baiknya kita pelajari.

Gempa dan tsumani contohnya, infonya langsung disiarkan langsung di televisi, radio atau pesan SMS hanya beberapa menit setelah gempa berlangsung (biasanya kurang dari 5 menit). Pengumuman tersebut mencakup pusat gempa, kekuatan dan potensi terjadinya tsunami dll. Jadi penduduk tidak perlu lari tunggang langgang ke bukit atau daerah tinggi setiap terjadi gempa. Ini namanya pemborosan energy.  Harus dipahami bahwa di negara barat umumnya adalah 4 musim, jadi dalam hal urusan berpikir tentang bencanam mereka dituntut harus jauh lebih serius. Jadi bersyukurlah bagi kita yang hidup di daerah tropis, karena cuaca yang cendrung hangat sepanjang tahun.

Opini Penutup

Bencana membuat seseorang berpikir atau sebaliknya, tidak berpikir. Bencana membawa petaka dan kesedihan namun kadang juga sebaliknya kesenangan dan kegembiraan. Bencana di suatu negara tertentu kadang disambut dengan syukur  dan sorak sorai di negara lainnya.  Tanya kenapa?

= Bingung aku. Tulisan ini semakin kagak jelas juntrungnya Mbah.

Namanya juga blog abal-abal Nak, ya pasti kagak jelas.

Dirangkum dan copy paste oleh

Refrensi :
Daftar Bencana Alam dengan Korban besar (dunia) | Daftar Bencana Besar di Amerika | Tornado | List Tornado dan korban di Amerika Utara | Angin Topan (Typhoon) | Gelombang Panas | Kebakaran Hutan di Australia / Bushfires |

Advertisements

12 thoughts on “Amerika Diserbu Bencana, Tanya Kenapa ?

  1. Subhanallah…Mbah Wage Ngeriii bgt…akan tetapi itulah yg akan terjadi bukan,…..Nanti gitu,,e.he,he,he..

    Reply wage : :mrgreen: Saya yang ngetik aja ngeri Pak. Jadi banyak banyak berdoa agar tidak ngeri.

  2. “Bencana di suatu negara tertentu kadang disambut dengan syukur dan sorak sorai di negara lainnya”
    negara itu adalah Negara di Atas Awan mbah…. negara saya ini misalnya mbah….
    krn dengar berita seperti ini, orang2 pada senyam senyum nontonnya mbah, senyum penuh misteri, di tempat ibadah tidak kalah misterinya mbah senyum itu…
    hahahaaa…

    Reply wage : :mrgreen:

  3. Mantab artikelnya.
    Lebih mantab lagi kalau dibandingkan dengan Indonesia, mulai dari jumlah musibahnya sampai dengan jumlah korbannya, termasuk juga korban perang antar kelompok dan korban kelaparan. Secara sepintas saya pikir Indonesia jauh lebih bermusibah dari Amerika.

    Salam.

    1. Bapak Lambang MH,

      Merupakan suatu kehormatan dan keberuntungan besar bagi saya mendapat kunjungan seorang penulis blog kawakan seperti Mas Lambang.

      Benar Mas, sepertinya kalau dibandingkan dari sisi jumlah korban, bencana di Indonesia jauh lebih besar dan mengerikan. Kecelakaan di waktu mudik baru baru ini saja korbannya sudah mencengangkan namun dianggap biasa, sedangkan korban bencana di negara lain seperti "badai hawa panas" yang hanya puluhan orang beritanya malah heboh. Korbannya orang tua lagi.

      salam dan sekali lagi terima kasih atas kunjungannya, komentar dan sarannya.
      wage

  4. Comment:
    kalau seandainya bencana yang sama terjadi di negara seperti Pantai Gading, apa Sampean berminat membacanya?
    ———————————–
    sy berminat Mbah, kalo negara itu sebagian besar penduduknya BEDA agama dgn sy (saat msh beragama yah 😳 ), namun tiada yg lebih manstab yaitu jika bencana alamnya terjadi di israel atau dimanapun asal byk yahudi maupun kaum yg beristilah iluminati, freemason, dsbnya. 👿

    btw..sebut saja sy sbg provokator, namun sy kira lebih berbahaya jika pada kitab (‘suci’) suatu/bbrp agama (jadoel) terdapat konten memprovokasi agar terjadi permusuhan kpd yg tidak seagama. ,,(^_^),,

  5. KIAMAT 2012 = KIAM + MAUT 2012
    Meaning: Crime world will die and the good of the world will be born.

    “SANDY STORMS” is a warning.

    You should be aware.
    Why do you always hide something?
    Did you know about the storms Sandy?

    Not the Sandy but Sandi
    Do you know what that means Sandi?
    Sandi meaning is a “Secrets of the Sunda”
    So Sandy meaning is a “Secrets of the Sunda”
    “Sandy Storm” is a storm of “Secrets of the Sunda”

    That is the “Avatariksa of Sunda”, giving a warning to you all
    Hi America; Do you not feel guilty destroy human life?
    Hi America; You are very evil terrorists and arrogant.
    Hi America; You create and deploy a wide variety of deadly virus. We ordered the virus back to your country.
    If you do not feel guilty, I will send a more devastating disaster.
    If you want to survive, then you must say that all the wealth of this earth belongs to Sunda.
    Sunda not potential ethnic, but a system of order life on earth.
    The entire continent is part of Sunda, as well as America is part of Sunda.

    We hope that Americans had quickly realized.

    We are the “Avatariksa of Sunda” which is above the heavens.

    (This sentence from Avatariksa presented to me)

  6. H.A.

    Learn to write properly. You wrote garbage. How come Avatariksa talked to you in broken English ? Is it because it/he/she knew you didn’t speak English well enough ?

  7. kita gak usah pusing urusan tuhan, kita tak boleh benci yahudi, kasihanilah mereka, alloh ingin semua manusia selamat kembali kepadanya, urusan israel mencaplok palestina, itu juga sudah direncanakan tuhan.., dan ada hubungan yang erat dengan satria pinigit, imam mahdi dll wwkwkw

  8. Nuswantara Nagari adalah Atlantis negara dengan dasar dan pilar2 ajaran sejati…baju2 raja disembunyikan disini sebagai perlambang raja sujati……Silihwangi adalah baju atau titah atau nama dari baju2 yng disematkan padanya…brewijaya dan raja asta sura ratna bhumi banten juga memakai baju ini sebagai hasil tapa kebenaran sujati…..alam berganti lagi sebagai kaliyuga baju2 itu disimpan di rumah yang pintunya setinggi batu…hahahahahaha akan disematkan oleh alam atau palon padanya pada satrio piningit itu. salam kertha bhumi

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s