SATRIO PININGIT, Dipercaya, Ditunggu atau Ditertawakan?

250px-piningitPenulis: Wage Rahardjo – Di kalangan masyarakat Jawa, Satrio Piningit (Satria Piningit atau Ratu Adil) adalah nama yang tentu saja tidak asing lagi atau tidak berlebihan kalau disebut  fenomenal, tidak lekang oleh panas dan tidak lapuk oleh zaman.  Tanda-tanda kemunculan Sang Ratu Adil yang digandang-gandangkan akan menjadikan negeri ini menjadi mercusuar dunia ini sudah sangtat dekat yaitu diawali dengan beragam bencana, kekacauan dan huru hara.

Kita break sejenak untuk memberikan kesempatan pada sebagian pembaca yang linglung, bingung dan garuk garuk kepala kagak ngerti topik: “Ini lagi ngomongin apa sih? Siapa itu Satrio Piningit? Koq heboh sekali?”

Ramalan Jayabaya

Membahas tentang Satria Piningit, mau tidak mau harus diawali dari kisah tentang Jayabaya. Beliau adalah raja Kediri, Jawa Timur 1135-1157 AD, yang sangat terkenal dengan tepat mampu meramal atau memprediksi kedatangan dari balatentara Jepang.  Pada salah satu kitab karangannya yang berjudul “Pralembang Joyobhoyo”,  salah satu baitnya menyebutkan :

  • “Orang Jawa akan diperintah oleh orang kulit putih selama 3 abad dan oleh kerdil kuning untuk masa hidup tanaman jagung sebelum kembalinya Ratu Adil:…..”

Ramalan ini ternyata 99% benar yaitu dengan penjajahan Belanda (orang kulit putih) dan Jepang (orang kerdil berkulit kuning).  Jadi tidak bisa dibantah lagi bahwa Jayabaya adalah seorang raja sekaligus peramal ulung.

Sekarang kita memasuki topik utamanya. Jayabaya meramalkan bahwa Satrio Piningit akan menjadi Pemimpin Besar Nusantara. Sang Kesatria Tersembunyi (Piningit) ini adalah keturunan Raja Majapahit, ia adalah seorang raja cerdas, jujur dan berprilaku lurus atau benar.  Menurut Jayabaya, dalam perjalanan hidup Satrio Piningit, ia selalu mengalami kesengsaraan, selalu dipermalukan, sial, dan “kesapar” (miskin). Oleh karena itu, ia mendapat julukan “Satrio Wiragung” (The Ksatria Agung). Banyak orang Jawa percaya nubuat (ramalan) ini.

Ia akan menegakkan keadilan di Nusantara dan bergelar “Ratu Adil” (bahasa Indonesia: Raja Keadilan, dalam bahasa Jawa, “Ratu” berarti “Raja” atau “Ratu “). Satrio Piningit tidak akan menjabat sebagai Kepala Negara, tidak akan dipilih dari pemilihan tapi memimpin lewat sebuah revolusi besar-besaran. Satrio Piningit tidak hanya akan memerintah Jawa atau Nusantara tapi juga memerintah dunia. Dan yang paling menarik adalah ramalan tentang kedatanganya yang didahului oleh bencana (alam) yang besar.

Kutipan beberapa ayat tentang Satrio Piningit

  • Bait 140:  Polahe wong Jowo koyo gabah den interi, endi sing bener endi sing sejati, poro topo podho ora wani, podho wedi ngajarake piwulang adi, salah-salah anemahi pati.Terjemahan: Perilaku orang Jawa seperti butiran-butiran padi diatas nampan yang diputar (bulir-bulir padi yg berlarian kesana-kemari saling bertabrakan), mana yang benar mana yang sejati, para pertapa tidak ada yang berani, semua takut mengajarkan ajaran baik, salah-salah bisa mati.
  • Bait 141: Banjir bandang ono ngendi-endi, gunung njeblug tan anjarwani, tan angimpeni. Gehtinge kepathi-pati marang pandhita kang oleh pati geni, margo wedi kapiyak wadine sopo siro sing sayekti. Terjemahan: Banjir bandang terjadi dimana-mana, gunung meletus tak terduga, tanpa memberi isyarat sebelumnya. Bencinya sangat mendalam terhadap pendeta (orang pintar/waskita) yg menjalani tirakat tingkat tinggi, karena takut terbongkar rahasia siapa dirinya yang sejati(sebenarnya).
  • Bait 159: Selet-selete yen mbhesuk ngancik tutuping Tahun, sinungkalan dhewo wolu, angasto manggalaning ratu, Bakal ono dhewo ngejawantah, apengawak manungsa, apasuryo pindho Bethoro Kresno, awatak Bolodhewo, agegaman Trisulo wedho, jinejer wolak-waliking Zaman, wong nyilih ambhalekake, wong Utang ambhayar , Utang Nyawa bhayar nyowo, Utang wirang nyaur wirang. Terjemahan: Selambat-lambatnya nanti menginjak tutup tahun, (sinungkalan dhewo wolu, angasto manggalaning ratu = dipimpin 8 dewa, menjabat panglimanya raja = bisa berarti tahun sesuai condro sengkolo). Akan ada dewa menjelma kedunia, berbadan manusia, bermuka seperti Bethara Krisna, berwatak Baladewa, bersenjata Trisula Wedha, sejajar dg terbaliknya zaman, orang pinjam akan mengembalikan, orang hutang akan menyahur, Hutang nyawa bayar nyawa, hutang malu nyahur malu
  • Bait 161: Dunungane ono sikil redhi Lawu sisih wetan, wetane bengawan banyu, adhedukuh pindho Radhen Gatotkoco, Arupa pagupon DORO tundho Tigo, KOYO manungsa angleledho. Terjemahan: Tempatnya di kaki gunung Lawu sebelah timur, sebelah timurnya sungai (Bengawan) air, berumah seperti Raden Gatotkaca, berupa rumah merpati bertingkat tiga, seperti manusia yang menggoda.

[Catatan: Semua data diatas sumbernya diambil dan diringkas dari Wikipedia (Eng). Diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan menggunakan google translate. Terjemahan direvisi dan dikoreksi oleh Kang Simpang SmP]

APAKAH ANDA PERCAYA ?

Setelah membaca penjelasan dan bait-bait ramalan di atas, pertanyaan menarik yang muncul kemudian adalah “Bagamana tanggapan Anda? Apakah Anda percaya terhadap ramalan tentang kehadiran Satrio Piningit?” Jawabannya tentu saja ada 2 yaitu antara kelompok yang percaya dan tidak percaya (maaf, kelompok tengah, ragu-ragu, antara percaya dan tidak, diabaikan dulu)

Bagi mereka yang tidak percaya sepertinya sudah sangat jelas. Tidak percaya ya tidak percaya. Wajar khan? Ngapain percaya pada mitos atau ramalan kagak jelas semacam itu?” Setiap orang bebas untuk percaya dan juga sebaliknya bebas untuk tidak percaya.

“Aku tidak percaya mitos semacam itu Mbah, tapi aku mutlak percaya pada Messiah”. Itu sih sama saja alias cuma “beda tongkrongan” doang.  Orang Buddha percaya pada ramalan kedatangan    Maitreya, orang Hindu percaya pada ramalan kedatangan Kalki Avatar dst adalah sama saja. Semua agama pada dasarnya memiliki kepercayaan atau ramalan tentang kehadirian “Super Hero atau Sang Penyelamat” di masa depan.

  • Percaya,  terus ngapa-in?

Nah, sekarang bagi kelompok yang percaya. Lalu apa? Apakah kepercayaan cukup hanya diteriakkan dengan kata “aku pecaya!!” .  Nah, itulah POINT terpenting dari tulisan yang hendak saya sampaikan. [iklan Dongengbudaya: Topik mudah dibuat susah, topik susah tambah susah]. 

Kepercayaan hendaknya disertai dengan tindakan positif bukan kepercayaan pasif yang hanya diteriakkan ataupun pasif menunggu pasrah (kedatangan sang tokoh). Menunggu? menunggu sampai kapan?  Bukan hal aneh sepertinya kalau dalam situasi menunggu tanpa kepastian ini sering dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang memanfaatkannya untuk kepentingan politik dan kekuasaan.

Menunggu sambil baca buku!  Benar ! Nah, inilah inti dan pesan utama dari tulisan ini yaitu kepercayaan itu haruslah bernilai positif. Menunggu sambil belajar atau baca buku, jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan bengong menunggu. Berikut adalah lanjutannya :

  1. Percaya dengan cara membersihkan pekarangan dan lingkungan, belajar tidak buang sampah sembarangan dll
    Hah?!?! Apa hubungannya? Ya, jelas ada. Pemimpin datang pasti disambut. Apa Sampean tidak malu saat Sang Tokoh pujaan kita datang, disambut dengan sampah berserakan? Kalaupun Satrio Piningit batal datang, setidaknya lingkungan jadi bersih bukan? Nah, inilah namanya kepercayaan yang positif versi dongbud.
  2. Percaya dengan cara belajar hidup tertib, antri, tertib administrasi, tertib berlalu lintas dll
    Ini mutlak diperlukan. Mungkinkah negara bisa maju apalagi jadi mercu suar dunia segala kalau rakyatnya tidak bisa hidup tertib? Hidup tertib harus dibiasakan sejak dini bukan datangnya mendadak begitu Satria Piningit muncul,
  3. Percaya dengan cara belajar beragam ilmu pengetahuan, ilmu sains, alamiah dasar, ekonomi, budaya, berkebun, ilmu masak atau ilmu apa saja yang bermanfaat.
    Tujuannya ya agar pikiran berkembang dan logika tetap waras sehingga tidak mudah ditipu dengan cerita hoax. Nah, bagian ini juga tidak kalah pentingnya. Negara tidak akan bisa maju dengan klenik atau ilmu kebal,  jalan aspal tidak bisa mulus dengan baca kitab. Tentu saja, pendidikan agama penting, namun ilmu sains jangan dilupakan. Landasan dasar dari kemajuan suatu negara adalah kuatnya pondasi pendidikan. Tidak ada satupun negara maju dengan sistem pendidikan yang amburadul.

Opini Penutup

Kesimpulannya sepertinya sama tidak jauh beda dengan kesimpulan di topik-topik  lainnya.

Yang terpenting bukanlah apa yang saya percayai, tapi sejauh mana kepercayaan itu bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar atau minimal memberikan manfaat bagi diri sendiri. Kalau cuma sebatas jawab “Aku percaya” atau sebaliknya “Aku tidak percaya” ya hanya akan menjadi debat kusir…..

Demikianlah sekilas tulisan tentang Satrio Piningit bagian 1 ini. Tulisan lain untuk topik yang sama bisa dibaca di katagori : Seri Satria Piningit. Kalau ada yang salah dan tidak berkenan, mohon dimaafkan.

[end]

wager.png

Gambar hanya sekedar ilustrasi
Sumber image : krishna.com

Referensi  :


| Go to Top | Halaman Depan | Tulis Komentar |


About these ads

584 thoughts on “SATRIO PININGIT, Dipercaya, Ditunggu atau Ditertawakan?

  1. tatang 11 November 2012 / 12:23 am

    gajinya berapa tah kalo saya ikut pencalonan SP

  2. tatang 11 November 2012 / 12:25 am

    eh punren kang wage, numpang lewat nih, abis ribut ribut dari kemarin SP lah, gempa cianjur lah, wong saya di cianjur ga tahu ada gempa….

  3. tatang 11 November 2012 / 12:27 am

    punren teh pisan salam kenal ke seumanya,… sok nu nuju pasea mangga bilih bade di teraskeun hehe..

    • Reply wage: salam kenal Mas Tatang.
  4. Dongeng Budaya 11 November 2012 / 6:50 am

    Aturan no 6 dongeng budaya tentang promosi blog

    6. Promosi Blog. Promosi blog sama sekali tidak dilarang atau bahkan DIANJURKAN, terlebih lagi untuk blog baru atau membahas topik yang sejenis. Idealnya, diawali dengan menulis sedikit komentar terhadap topik yang dibahas kemudian diikuti dengan link blog di bagian bawah. Kalau langsung tembak dan main seruduk ya sudah termasuk katagori spam.

  5. Mbalelono 11 November 2012 / 7:57 am

    21-12-2012 = Akhir Zaman Dunia 4 Ahau Suku Maya dadi saiki wayahe goro2 (Ratu Adil – 666)
    ———————————————–
    Percaya lah, pada tanggal itu TAK AKAN ADA APA2. Matahari masih akan (kelihatan) terbit dari Timur, manusia masih akan makan minum tidur berkelahi ,dll. The end of the world ? Dunia kiamat ? Ndak,lah, masih berjuta-juta tahun lagi.

  6. El Condor 11 November 2012 / 8:14 am

    Salam Kang Mbalelono……. sependapat dg akang. Tidak ada Goro-Goro dan kiamat di th 2012.
    Dugaan kiamat 2012… awalnya… merupakan hasil dugaan yg didasarkan pada kalender suku Maya yg tak ada penanggalan setelah th 2012…. sehingga diperkirakan dunia kiamat th 2012.
    Ternyata telah diketemukan penanggalan yg hilang tersebut (di kota tua yg telah hilang terkubur)… setelah kalender lengkap ditemukan… ya seperti kalender biasa pada umumnya (habis bulan desember…ya kembali ke bulan januari).
    Sumber: http://hurahura.wordpress.com/2012/06/11/kalender-maya-yang-tertua-lampaui-tahun-2012/

    Maap kang Admin…. komen sebelumnya asal seruduk kirim tautan… abisnya agak dongkol sama RA666.

  7. wager 11 November 2012 / 8:49 am

    @ Mas El Condor,

    Santai saja. Tidak akan dihapus koq, apalagi linknya bagus. Saya sudah berkunjung dan baca isinya. Bagi rekan lain yang belum baca, buruan klik linknya.

  8. blackbirdguerrilla 11 November 2012 / 4:43 pm

    hallo……mbah Wage Rahardjo,
    kalo ini blog abal2 bolehlah aku juga mercakap abal2 ( ngomong2 abal2 itu apa ya??? ) Satrio piningit ya….hem entar minum kupi dulu…( agar enak tenggorokan jari saya menulis abal2 ini).

    satrio adalah seorang kesah tria atau orang yang berada didepan untuk menjadi pilar atau pegangan atau panutan bagi orang yang percaya atau mempercayainya alias dia tidak akan mengaku sebagai itu karena piningit itu artinya di sembunyikan atau disamarkan….sesungguhnya yang paling pingit itu atma…pencapaiaan sejati…….aku baca ada yang mimpi2 segala tentang presiden6 ( bener ya ada 6 president )…maaf lupa. kalo alam mimpi berdekatan dengan alam ilusi atau astral atau maya….bila suka bermimpi calon2 president pun pada awal2 pemilihan umum adalah rekayasa sang calon apalagi di uruh pilih2 segala…..kalo bathin anda kuat pada tingkatan lebih tinggi dari para dukun2 pemilu itu cobalah tebas gambar2 yang lagi tersenyum pada anda bila dia kertas anda akan mengatakan mereka palsu…..bila akhirnya berantem hajar saja biar rogo sukmo gak dipake buat cari makan sesuap nasi menjual kearifan lokal untuk makan nasi….hahahahaha, menurutku begini kenapa dia pingit karena dalam tapanya lagi melebur alam2 dewa atau apapun yg pernah ada di alam bathin atau penyangga alam bhumi….menutup semua gerbang2 lokha, memerintahkan dedemit 2 penunggu alam hutan yang berstatus rakyat jelata di alamnya untuk memerahkan jagad nuswantara menyambut kedatangan dan perintah tapa dari satrio ini….

    satrio ini juga bisa di sebut Kalki awatara karena dia bertarung melawan awatara2 penjaga jaman kaliyuga…jaman edan…untuk menyongsong jaman keemasan atau kertha bhumi….seluruh dunia ini adalah ajaran beliau kelak…..yang pasti ajaran yang berasal dari atlantis asli…….asli nusantara asah asih asuh ini ( katanya atlantis soalnya diIndonesia kan) Trisula wedha atau kebenaran tritunggal adalah kebenaran Rta atau hukum , kebenaran welas asih dan keberadaan didunia atau ilusi…..jadi manusia bukan nunggu masuk surga aja lo…….siapa yang mengatakan kebenaran dirinya dia adalah bukan karena bila dia telah mencapai tapa tertinggi sesungguhnya dia bukan dia tapi dia…seperti keseimbangan putih dan hitam dalam kesetimbangan. mungkin benar dia susah saya rasa susah adalah untuk menjadi tidak susah…sesungguhnya dia hanya mencari kerthanya sendiri dalam perjalan tapa bisnis tapa dan bisnis…..dia susah untuk tidak susah dia selalu pada tonggak atau palon yang telah dititahkan padanya….hanya orang2 yang tapanya tinggi saja yang akan melihat dia dan memohon padanya untuk belas kasih bhumi kelak…karena Tuhan yang sekarang sudah usang alias pinter baca2 saja…siapa pinter ngomong dia dianggap suci….suci dari hong kong.

    setelah pembasmian ini terjadilah ketidak harmonisan bhumi bencana kebakaran oleh dedemit2 hutan….kesurupan di tempat2 yang dianggap suci yang pasti kekacauanlah inilah goro2 meledak gunung2…tapi yang akan menunjukkan gaung kemunculannya adalah gunung RAUNG…karena RA = api atau rang atau jnana atau tapa seseorang atau sukmo dll , UNG = simbol bhatara wishnu sebagai pemelihara alam yang sudah tidak sudi memelihara bhumi lagi bila manusia tidak melakukan tobat massal……semi kiamat lah tapi usahakan gak kiamat beneran nanti aku baru buka bisnis susah hahahahhaha ( opo iki ) nah disanalah alam akan mencarinya karena dialah yang bisa menghentikan semua bencana2 ini karena dia yang membagikan kertha2 atau kemakmuran2 di bhumi dan menciptakan alam ilusi maya dan alam2 sampai ke tiga alam ke4 adalah alam keseimbangan dan alam ke 5 adalah nirvana…..alam keenam generatornya udah ah…sampai alam 3 aja ceritanya ( opo meneh iki )jadi surga adalah bentukan awatara terdahulu awatara berbentuk kepala babi atau waraha awatarayang menyangga alam 2 pada masa kaliyuga ini dan dia dengan sengaja atau memang karena kebenaran sejati sudah sangat jauh dari aslinya…terdistorsi agama2 hahahahaha…

    pada masa brewijaya palon melihat wujud ini dan dia tidak kuasa melawan takdir jaman kaliyuga yang bermula pada buah kepahitan kebenaran atau maja pahit….yng akan di ajarkan satrio ini ( sudah bukan pingin karena sudah kelihatan jadi dia bukan lagi satrio piningin ) dia adalah titisan bhatara wishnu yang memegang kertha bhumi atau kemakmuran bhumi yang akan dia bagi2 kan kepada yang sungguh2 mau belajar kebenaran sujati…makanya sang palon naya genggong pernah bilang aku tidak akan puas bila tidak diterimanya agama budha begitu kan maksudnya disini adalah agem budhi atau berpengang pada Budhi atau kasih sayang sujati atau ajaran hasta brata atau apalah saya kurang paham sama kejawen….ya agama atau kepercayaan inilah yng akan dipakai bila mereka tidak memakainya atau mengamalkannya mereka mati…mati disini seperti orang2 seperti kita2 sekarang pada jaman kaliyuga ini yang baik miskin yg jahat kaya dan congkak. bila ajaran agamanya pada dasar merampas harta2 orang2 yg gak seiman dan membagi2kannya itulah kenapa korupsi merajalela karena dasarnya itu…seperti tulisan saya tentang khuvera dipakai sebagai monumen washington itu dan itu juga dipakai sebagai lambang kerajaan padjajaran sebagai dewa teknologi dan keuangan….kepercayaan pada pilar2 ini mengantarkan pada kemajuan2 teknologi atau cipta. ( sudahlah itu jaman yang akan tenggelam juga ) Kepercayaan hanya berfokus pada budhi atau welas asih.

    jadi kesimpulannya satrio ini ada…saya pribadi katakan ada tapi tidak ada telah pensiun dianya berganti dengan nama Prabu kertha wardhana hahahhahahhaha karena dia pembagi kertha2 bukan kalki atau piningit lagi…..atau titisan wishnu sang pemelihara………..baju2 raja disematnya semar bersamanya sesungguhnya dia bukan siapa2 karena dia tidak akan mau mengaku2 karena tapanya telah sampai pada budhi tertinggi dia bersama palon akan mengukir kembali kejayaan kejayaan bagi Nuswantara Nagari.

    bila salah2 kata maafkanlah karena saya manusia biasa yang menulis wedha saja gak mo nulis namanya sebagai penulis Wedha hanya sebagai bhagawan wiasa.

    SALAM KERTHA BHUMI

    Catatan: Komentar telah di Edit oleh Wage, dengan tambahan spasi pada tiap paragraf. Salam untuk Mas BlackBird

  9. tatang 11 November 2012 / 5:32 pm

    punten ikut comment lagi, kalo kiamat 2012 siapapun ga bakal percaya, tapi kalo umur dunia masih beribu ribu tahun lagi juga itu kelewatan, silahkan anda ketik asteroid di browser anda… maka anda akan bisa memprediksi umur dunia ini , meskipun kita ga tahu tanggal tepatnya, tapi percayalah rumah kita ga begitu aman untuk dihuni,….dimasa yang akan datang…

    • Anonymous 12 November 2012 / 10:19 am

      halo…bukannya saya selalu merasa harus berbicara disini…..saya tidak sengaja atau ditarik sengaja membaca tulisan orang menyebut palon kasar dan lain2nya. kira2 Begini sahabat pada saat raden patah menyerang pusat majapahit banyak sejarah diputar balikan atau tipu daya karena selalu akan dilakukan oleh penganut kepercayaan ini untuk tetap eksis ( siapa yang menipu dayakan anak dari brewijaya untuk menyerang ayahnya ? apakah raden wijaya berbudi luhur seperti keturunan raja2 jawa yg bersematkan baju agung sang palon)…..Sabdo palon nayo genggong adalah baju rta dari semar bhumi nuswantara nagari atau ciwa rang yang menitis dan menyematkan baju2 niskala raja2 untuk raja2 tersebut tidak ternodai oleh kebathilan,…bila sang raja melakukan kebathilan palon ini dapat menegurnya secara bathin atau gaib untuk menjaga welas asih tetap tertanam dan menjaga nama baik dari keturunan raja yang konon titisan wishnu, nah kewajiban dia menjaga nama baik ini……bila anda tidak mau pulang ke kusat kerajaan saya akan penggal dan bunuh dan perkosa secara senggama terputus ….hahahaha akan aku jadikan budak karena ….hahahaha janganlah takut mengakui kebenaran…raja brewijaya tidak pernah menganut itu …dia pulang untuk menyerahkan diri karena cinta rakyatnya…maaf brewijaya adalah asuhan palon jangan kena tipu ya! welas asih dia itu telah mencapai tapanya, dia sangat tau bila kaki dia sampai menginjakkan kakinya ke Bali hancur raden patah dengan pasukan Bali di bantu dengan pasukan tar-tar…..karena welas asihnyalah dia pulang dan bertapa di gunung lawu dan pada malam harinya dia yang telah tua dan telah dicopot baju niskalanya/baju rta agungnya oleh sang palon itu dia dibuang sama pasukan tak tau malu hahahahaha di kawah gunung lawu….tapi dia telah mencapai tapanya. sang palon ini meditasi istilah kerennya menaruh baju baju agung ini pada tempat2 strategis di Bali….hahaha soeharto pernah mengejarnya…dan yang lain2 sesuai petunjuk guru2 rogo sukmo yang bermuka duit…….tidak segampang itu bung bila puzzle sang palon tidak hadir……soeharto pernah menarik itu dengan cara menarik semua kekuatan alam gaib nuswantara yang ditandai dengan diambil paksa benda2 pusaka yang berkaitan dengannya seperti tapel gajah mada atau topeng gajah mada…kenapa topengnya saja…taukah sahabat duelnya gajah mada melawan kebo iwa patih bali kira2 tipuannya begini dimenangkan oleh gajah mada dan matinya kebo iwa……sahabat salah kebo iwa mau menyerahkan bali bila dia masih hidup dia melanggar sumpahnya terhadap kerajaan Bali……Kebo iwa ini telah memotong kepala niskala dari gajah mada….lambat laun gajah mada akan mati tanpa kepala astralnya itu janji mereka berdua…..dan dijadikanlah topeng itu. wah wah wah mulut ini banyak cuap2 ya maaf seribu maaf bila ada yang tidak berkenan di hati, saya tidak pandai bercerita dan menulis terima kasih pada kang mas wage telah mengeditnya titik komanya maklum belum lulus jadi penulis. matur suwun . salam Kertha Bhumi Nuswantara Nagari

  10. nurkahuripan 11 November 2012 / 5:32 pm

    Salam kang blackbird,simbah,poro sepuh&sedulur,..
    “karpet merah telah tergelar,.saat sang guru menangis dalam kesamarannya,dan sang maya tertawa dalam kenyataanya,..
    Pertaruhan diri telah menikam kasih&sayang,.tatkala ia melihat galigongli yg tiada menggali,mengurung diri,didalam semerbaknya sunyaruri,.. Hanya ada panggilan panjang,yg berjalan disisi harapan semu,lalu terbakar habis,saat sang waktu memandang dengan senyum yg sinis…
    Dia berjalan lebih cepat dari angin,juga lebih lambat dari bumi,,takkan berhenti seperti air,namun bisa berhenti saat bersamaNya,..
    Lantas,Diapun berkata:kita hidup,bukan untuk mati,,dan kita mati,bukan untuk hidup”

  11. tatang 11 November 2012 / 5:43 pm

    makasih admin assalamualaikum…………..

  12. Anonymous 11 November 2012 / 5:49 pm

    dan alquran pun mengatakan bahwa kita tidak aman berada di planet ini, jadi jangan harap bimi bertahan berjuta-juta tahun lagi (tatang)

  13. Mbalelono 11 November 2012 / 5:58 pm

    Di bumi ini jarang aman : Kalau tidak hati2 ketika menyeberang jalan orang bisa ketabrak mobil. Mampus lah. Mengendarai sepeda motor atau mobil ? Sama saja, kalau kecelakaan, tabrakan, orang juga bisa mampus. Bumi bertahan berjuta-juta tahun, atau cuma beribu-ribu tahun, apa … bedanya ? Anda, saya, orang2 disini nggak bakalan tahu, kita semua akan menjadi… debu ! ( Yakin lah, kurang dari seratus tahun dari sekarang ini,)

  14. Paman Dalbo 11 November 2012 / 6:21 pm

    Nuwun…

    ” DUNIA INI BUKANLAH TEMPAT YG AMAN UNTUK DI JADIKAN TEMPAT TINGGAL, HAL INI BUKAN KARENA BANYAKNYA ORANG2 JAHAT,TAPI KARENA BANYAKNYA ORANG2 YANG DUDUK DUDUK DAN MEMBIARKAN HAL ITU TERJADI”

    (Albert Enstein)

    Asah, asih asuh.

    PD.

  15. budi gemblung 11 November 2012 / 8:10 pm

    well…dr jawaban2 diatas sy muncul pertanyaan :
    1. admin blog ini ada berapa sih? :D
    2. mbah Wage R saidd: Satria Piningit adalah ramalan, sedangkan kalau konsep itu ya Tuhan. Topik tulisan yang masih menunggu daftar terbit “Tuhan hanyalah konsep”
    wooww…..ini dia tulisan yg sy tunggu2… :D :D :D kapan tanggal tayangnya mbah?kasi kisi2 dong hhe

    cup2 dr nanda _/\_

  16. O'on 11 November 2012 / 8:35 pm

    ..tidak aman berada di planet ini, jadi jangan harap bimi bertahan berjuta-juta tahun lagi
    ——————————————
    ‘diatas kertas’/rumus2 Super Pusing dan informasi/data dari berbagai satelit serta sensor…
    sktr dua juta tahun pun planet bumi dapat masih bertahan sebagai planet paling aman dan nyaman di tata surya ini.

    jika setiap orangtua ingin dan mengusahakan agar anak2/keturunannya dpt berpola pikir intelek dan optimis dibandingkan mereka,
    maka dalam bbrp milenia tidak tertutup kemungkinan (bukan lagi sekedar harapan) spesies manusia di masa depan dapat berpindah ke tata surya lain atau memelihara/memenej scr manual/on demand dan mampu mereparasi planet bumi ini.
    scr teknis planet bumi bagaikan pesawat/kendaraan luar angkasa….natural.

  17. PNL 12 November 2012 / 5:33 am

    present the concept of future development is in accordance with the principle of ecosystem balance the creation of the universe

  18. PNL 12 November 2012 / 6:18 am

    the balance of the universe is the best example in building or build a country completely because we no longer need to provide for the needs of the environment but the environment that will prepare our needs …. and I’m sure … prosperity justice and prosperity will be created by itself environmental carrying capacity …. the higher the ecosystem that’s good

  19. yang benar 12 November 2012 / 10:25 am

    Satrio Piningit itu dimunculkan oleh Prabu Jayabaya dalam Jangka Jayabaya, maka segala hal yang berkaitan dengan Satrio Piningit harus mengacu pada Jangka Jayabaya tsb. Bisa berhubungan dengan nubuat para Nabi dan Rasul asal tidak bertentangan dengan nubuat-nubuat tsb. Kiamat 2012 Suku Maya bukan kiamat seperti dalam pengertian agama yaitu hancurnya alam semesta ini tetapi hanya kerusakan & kebinasaan besar di muka bumi ini antara lain penduduk bumi berkurang 4.244 milyar dan 1/3 daratan bumi saat ini tenggelam jadi laut. Jadi setelah 21-12-2012 matahari masih bersinar dan kehidupan masih berjalan dalam Zaman Duia Baru 5 Ahau Suku Maya. Hanya saja mungkin nikmat listrik sudah dicabut Tuhan sehingga kita tidak bisa berinternetan lagi he he he…..

  20. blackbirdguerrilla 12 November 2012 / 10:30 am

    eh lupa tambahin sedikit makam soeharto di kaki gunung lawu kan?? Asta giri bangun itu tempat kekuatan nuswantara disimpan dijaga 100 menggolo2 yng kunci gudangnya namanya cupu manik asta gina yang ada ditubuh orang paling disayang sama soeharto pada jamannya bukan tommy dia militer mantan militer…..hahahaha ini kayanya jangan serius ya…..dia juga adalah pembuka jalan2 nuswantara termasuk SBY yang kena seruduk terus…tapi dia termasuk satrio pambukaning garbang apapun sahabat bilang tentang SBY dia adalah orang yang juga berjasa membuka gembang niskala dalam menyambut jaman keemasan……….hargai dia dan sayangi dia adalah satrio yang di hina di caci………satrio nuswantara yang telah dicerahkan juga. maaf hanya menyambung tulisan saya diatas anonymous soalnya hahahahhahaha…salam kertha bhumi

  21. blackbirdguerrilla 12 November 2012 / 10:46 am

    @yang benar satrio piningit adalah nama saja, saya pribadi lo pribadi jayabaya adalah orang yang bukan murni lagi dari kepercayaan nuswantara atlantis ini……….berkiblatlah pada masa yang sebelum masa keruntuhan majapahitnya brewijaya ya…banyak cerita2 tersembunyi bila dengan tapa yang cukup ( miskin sih tapa mulu, kalo kaya masa bodo tapa hahahaha) dan ini mengandung kebenaran sejati dari akashi record alam…alam tidak akan berbohong, itu bila sahabat percaya cerita abal2 ini.Prabu silih wangilah yang lebih tepat…menurut saya.

  22. blackbirdguerrilla 12 November 2012 / 11:01 am

    manual book untuk mobil ferrari berbeda dengan manual book bus kota….bila manual book bus kota hanya mementingkan jumlah pengikut tanpa kualitas dan mengatakan bila di tikungan tidak mengerem dan terhempas dan hancur kiamatlah bus kota itu ya jangan bawa2 manual book ferrari yang hanya romantis berdua ditikungan tajam tak terasa kiamat…jadi kiamat pake buku manual masing2 kendaraan saja ya………………..kertha bhumi

  23. melongo karena kaget 12 November 2012 / 1:41 pm

    eh lupa tambahin sedikit makam soeharto di kaki gunung lawu kan?? Asta giri bangun itu tempat kekuatan nuswantara disimpan dijaga 100 menggolo2 yng kunci gudangnya namanya cupu manik asta gina yang ada ditubuh orang paling disayang sama soeharto pada jamannya bukan tommy dia militer mantan militer…..hahahaha ini kayanya jangan serius ya…..dia juga adalah pembuka jalan2 nuswantara termasuk SBY yang kena seruduk terus…tapi dia termasuk satrio pambukaning garbang apapun sahabat bilang tentang SBY dia adalah orang yang juga berjasa membuka gembang niskala dalam menyambut jaman keemasan………
    ———————————————–
    oalaaaaahh….
    mau nyebut kandidat CAPRES GERINDA ja malu bang… !!! PBABOWO yang abang maksudkan !!! ..
    gitu aja kok sungkan bang !!! ndak masalah bang… walaupun belum waktunya kampanye… kan masih ada waktu promosi… hehehehehehe

  24. blackbirdguerrilla 12 November 2012 / 4:35 pm

    @melongo karena kaget bukan kang dia orang bali asli bali hampir jadi menteri pertahanan tapi dia mengundurkan diri menjadi hahahaha pembesar bali saya gak mau menyudutkannya dia sangat disayang tommy…….orang yang abang sebut itu adalah orang yg paling dibenci soeharto pada akhirnya dengan keinginan terbesarnya merebut jalan atau wewenang penguasa soeharto…soeharto ini kejawen mas ada walau dia agak miringnya kesitulah…….karena USA sangat2 mendiktenya hahahhahaaha……sudahlah itu masa lalu….tatap masa depan dengan masa depan. inilah salahnya eh energi blognya dongeng budaya…aku ikut berdongeng jadinya…..jangan dimasukan dalam hati bang,bila saya salah maafkan saya. salam kertha bhumi

  25. budi gemblung 12 November 2012 / 5:45 pm

    @ simbah Wage Yth,
    nyuwun sewu y mbah sy banyak promosikan blog ini d fb,,tujuan tiada maksud lain supaya diri2 yg selalu merasa benar padahal keblinger agar tercerahkan :) :) :)

    salam taklim _/\_

    • wager 12 November 2012 / 7:32 pm

      @ Kang Budi Gemblung,
      Terima kasih banyak atas apresiasi, kebaikan dan juga jerih payahnya. Tentu saja saya dan juga rekan lain komunitas di blog ini menjadi senang bukan kepalang. Maklum, para member dan penulis disini katrok untuk urusan promosi.

      Cuma saya mewakili rekan lain minta maaf karena cuma bisa ucap terima kasih doang alias tidak ada duitnya. Maklum saja, para penulis disini juga gratisan semua. Bayarannya cuma like doang, masih untung tidak dibayar dengan umpatan……

      Sekali lagi terima kasih. Sekalian Kang Budi saya angkat jadi seksi marketing dan promosi saja ya….
      wage

  26. astrajingga 12 November 2012 / 6:03 pm

    sabar teu kudu ribut kitu . . . Yeuh urang Satria Piningit . . .nanti kalo saya jadi presiden kalian jadi mentrinya dh he he he

  27. wager 12 November 2012 / 7:10 pm

    @ ALL,
    Selamat Malam, semoga sehat dan tetap semangat.
    Semangat apa saja yang penting positif dan …..hati senang

    @ Mas, Asrajingga, semoga betah
    @ Mas Blackbird, postingannya menarik
    @ Mas Ratu Adil 666, salam manis selalu. Wejangan dan ajakan untuk waspada terhadap bencana dll sangat berniali positif. AKan selalu saya ingat dan tempatkan di hatii.

    @ Mas Melongo Karena Kaget, nick name yang unik dan kreatif. very2 Like it.

    @ REKAN LAIN yang tidak disebut jangan marah, itu tandanya sudah dianggap sebagai keluarga sendiri, jadi tidak perlu disambut lagi khan?

    @ Mas Budi Gemblung
    ==admin blog ini ada berapa sih?===
    Namanya juga blog abal2, jadi Admimnya juga abal2. Yang jelas banyak Mas. Blog ini berusaha memposisikan diri seperti organisme hidup yang terus berkembang, jadi Admin juga berkembang baik kuantitas ataupun kualitas abal2nya, dari satu, dua, tiga …..lima, enam dst. Dari 1/2 matang menjadi 1/4 gosong.

  28. AWAM SAY 12 November 2012 / 10:13 pm

    MBAH WAGE
    punteun sim abdi bade ngiringan cumariosss
    masalah satria piningit sudah dari dulu kali ya di tunggu tunggu mungkin kakaeknya buyut kita kayaknya sama menunggu nunggu tapi gak datang2, ahirnya sampai kekita jaman sekarang masih menunggu nunggu juga, apa mungkin bakal ke anak cucu kita menunggu lagi dan lagi lagi menunggu.
    yang ditunggu dari dulu satria piningit berharap memimpin dengan penuh keadilan di jaman yang serba gila/edan ini. karena keadilan tidak pernah sesuai dengan apa yang diharapkan sama kita kita karena kita tidak ikut ikutan gila (jangan sampe amit amiiiiiiiiit mendingan kaaaya kulo mah dari pada gila he he) apa kita juga orang adil gak ya? pasti yang disini semua adil adil ya mbah!!!??
    KAPAN YAH…… gila eh satria pinigit datang maksudnya? saya telusuri tiap blog mencari informasi masalah satria piningit sang ratu adil ternyata sama semua menanti nanti belum ada kepastian akan kedatangannya. setelah merenung dengan berbagai pertanyaan di benak tentang satria piningit akhirnya saya dapat kesimpulan bahwa yang di cari cari yang bergelar SATRIA hanya ada satu di indonesia YAITU: SATRIA BERGITAR atuh itu mah BANG HAJI ngacoooooo ah terlaaaaaaaaluuu.
    maf mbah dan semuanya hanya bercanda.

  29. budi gemblung 12 November 2012 / 10:44 pm

    @ simbah :

    [i]Namanya juga blog abal2, jadi Admimnya juga abal2. Yang jelas banyak Mas. Blog ini berusaha memposisikan diri seperti organisme hidup yang terus berkembang, jadi Admin juga berkembang baik kuantitas ataupun kualitas abal2nya, dari satu, dua, tiga …..lima, enam dst. Dari 1/2 matang menjadi 1/4 gosong.[/i]
    ^
    ^
    wkkwkk…sumpah ketawa ngakak wkt baca mbah :D

    [i]Sekali lagi terima kasih. Sekalian Kang Budi saya angkat jadi seksi marketing dan promosi saja ya….
    wage[/i]
    v
    v
    haa??? (@o@)
    jangan mbah..klo sy jd marketing ntar barang2 mbah sy korupsi loh ^^v

  30. budi gemblung 12 November 2012 / 10:48 pm

    well…gagal (T.T)
    btw, cara bikin tulisan bold/miring/underrline/coret gimana yah kalo d kolom komentar?
    pakdeh [b]O-O[/b] ,,ajarin donk (‘.’)

  31. O-O 12 November 2012 / 11:01 pm

    Lhohh…. pakdhe juga nggak ngerti tuh…. … ini baru uji coba … kira-kira kok tidak berhasil.

  32. O-O 12 November 2012 / 11:03 pm

    Lhoh…. ternyata berhasil.

    • O-O 12 November 2012 / 11:10 pm

      Sssstttt….. ini nulisnya lewat Dasbor milik Admin…..hmmm…. soalnya…. pakdhe termasuk yg 1/4 gosong…..wkkkk.

  33. Budi Raharjo 12 November 2012 / 11:12 pm

    mulai skrg komen pake fb ah B)

    *mohon maklum, nama gemblung otomatis jd ilang :D

    • O-O 12 November 2012 / 11:21 pm

      Duhhh… nama yang khas jadi hilang… btw… terserah cara nulis pake apa saja.. yg penting hepiii… dan isi komennya yg berbobot tinggi seperti yg dikirim selama ini…… don woree bi hepiii.

  34. Budi Raharjo 12 November 2012 / 11:16 pm

    wuakakakakaakkkkkk…..wah puantessssaaaannn :D

    #nyuwun ngapunten buat simbah kolom komentar buat junk ^^
    *iya lhe gk pp asal g tiap hari

    • O-O 12 November 2012 / 11:30 pm

      …Wkkkkkk….
      Emang…. simbah sangat sabar dan pangerten kok…. idhep-idhep selingan buat nurunin sensi Tensi

  35. Ratu Adil - 666 13 November 2012 / 12:40 am

    Baru ada kabar dari mulut ke mulut saat petir menyambar-nyambar beberapa hari yang lalu sekitar 7 orang Kopasus di Semplak Bogor ikut tersambar. 1 orang tewas dan 6 kritis. Walaupun beritanya hanya dari mulut ke mulut tetapi hendaknya jadi perhatian adanya. Satrio Piningit itu utusan Tuhan yang didukung kekuatan dahsyat di alam semesta ini yang mampu menghadirkan petir, angin puting beliung, gempa, mengubah rupa jadi babi / kera dll. Di blog abal-abal ini khan banyak yang mengaku kawan-kawan setan, jadi nanti harap maklum saja kalau disambangi petir. Setan memang musuh utama Satrio Piningit, begitu pula para pengikut dan kawan-kawan setan. Ini saya beritahukan dulu supaya bisa siap-siap dan tidak kaget karena banyak kejadian luar biasa mengiringi kemunculan Satrio Piningit. Apalagi kalau sudah masuk goro-goro, kawan-kawan setan yang berarti orang-orang zalim bisa langsung ditarik makhluk halus ke dalam bumi di rumahnya masing-masing. Nggak nakut-nakuti lho hanya mengulang apa yang disampaikan Jangka Jayabaya yang ngetop itu he he he….

  36. melongo karena kaget 13 November 2012 / 1:00 am

    he ratu adil-666 (setan)… berani ndak lo ngomentari hal ini…. apa yang akan kamu lakukan???
    beberapa hari ini, saya dibuat geleng-geleng plus manggut manggut la bagai mana tidak heran bin melongo plus ngiler….. Seorang keponakanku yang baru usia 15 tahun telah dijerumuskan tantenya sendiri (55th janda sudah 6 th ini) dalam lembah shawat. saat saya mencoba menasehati sang keponakan…
    alamaakkk jawaban yang sangat aduhai dan menggetarkan jiwa membuat mendung di langit biru tertawa hingga ngompol selama 1/5 jam…

    sang keponakan bilang…
    keponakan : walaupun yang saya lakukan adalah termasuk dosa, tetapi nanti kan bisa di hapus dosanya
    saya : memang bisa ? di hapus dengan amalan apa ? bukankah sesuai apa yang kamu pelajari di pondokan tempat mengaji, bahwa zina dosanya di tanggung selama 40 th ?
    Keponakan : saya sudah tanya sama tante, malah hadisnya ditunjukkan ke saya mas…
    saya : lalu hal apa itu yang bisa meghapus zina..
    keponakan : Haji atau umroh
    saya : ha ???????????? trus bagaimana caranya, tante bilang apa lagi ?
    keponakan : 2 tahun kemarin, tante sudah haji, dosanya di hapus kan mas, jadi seperti bayi lagi, kan… lalu 3 minggu lagi tante mau umroh, kan jadi bersih lagi seperti bayi… sedangkan saya, sudah di daftarkan papa dan sudah masuk daftar berangkat haji tahun depan… jadi kan tidak ada masalah kan ?
    saya : kamu sudah tanya ke pengajar ngajimu ?
    keponakan : malu mas… tante bilang nanti bisa heboh…
    saya : melongo bin heran plus ngiler …. wkwkwkwkwk ammpunn… ni keponakan bagaimana bisa sadarnya… sedangkan ayah dan ibunya tidak ambil pusing. karena lebih percaya dengan keterangan si tante dari pada keterangan saya. sedang si ponakan, makin semangat…. tiap hari, tidak sore, tidak juga malam… tidur satu kamar tanpa ada yang mengganggu, karena ibu bapaknya tugas ke lain daerah, di rumah hanya berdua saja ( tante dan keponakan)…..

    ma’af, ini bukan mengada-ada, tetapi benar-benar terjadi, sampai sekarang…. saya hanya bisa mengelus dada saja. bagaimana bisa beres ni negara, bila semua orangnya memiliki pemikiran yang sama dengan tante plus ponakan… (korupsi… wah bisa lunas pakai haji dan umroh, maling, zina, rentenir, dan segala bangsat keparat kelakuan) bisa lunas dengan haji atau umroh…. mangkanya, banyak sekali yang berhaji sampai 5, 6 bahkan 12 kali… ternyata ini to jawabannya….

    yang kebakaran jenggot… ma’af ya…. jangan marah saya saya… tapi marah sama sumbernya keponakan dan tantenya saja…

    he ratu adil-666 (setan)… berani ndak lo ngomentari hal ini…. apa yang akan kamu lakukan???

  37. wasit 13 November 2012 / 1:20 am

    Gimana RA-666?

  38. mbahs (setan) bertanduk 13 November 2012 / 3:38 am

    @ Mas BUDI G,
    @ ALL

    == btw, cara bikin tulisan bold/miring/underrline/coret gimana yah kalo d kolom komentar?)==

    Kodenya sedikit beda. I dan B tidak dipakai dan juga jangan pakai tanda jangan [ ]

    Selengkapnya ada di MENU PANDUAN di bagian atas.

  39. O-O 13 November 2012 / 8:00 am

    Ahhh… mbah Guru rawuh paring dhawuh….. eehh… saya juga baru tahu… maklum…admin abal-abal 1/4 gosong….wkkk
    Semalem nyoba komen di rumah akigendeng dan JDD… nulisnya di dasbor admin tinggal klik bold atau I trus copy dan paste di kotak komen.

  40. Ratu Adil - 666 13 November 2012 / 10:37 am

    Memang dosa bisa dihapuskan, tetapi penentuan bisa dan tidaknya tergantung Allah SWT Tuhan semesta ala ini. Jadi banyak pertimbangan yang akan dipakai termasuk niat seseorang utk melaksanakan kemaksiatan tsb. Jangankan cuman zina, yang lebih besar dari itu seperti menjalankan kemusyrikan, kemunafikan, kekafiran, makan riba dan membengkokkan jalan Allah SWT dengan menganut dan menjalankan demokrasi, sekulerisme, liberalisme, kapitalsme, HAM, pluralisme, moderatisme, nasinalisme, komunisme, sosialisme, atheisme dan paham-paham sesat yang lain yang kesemuanya itu tergolong kemusyrikan dosanya bisa dihapuskan,. Zina itu hukumannya bagi yang sudah menikah dirajam sampai mati dan mungkin hanya masuk neraka jahanam misal 100 ribu tahun. Sedang kekafiran, kemusyrikan, kemunafikan, makan riba & membengkokkan jalan Allah SWT hukumannya masuk neraka jahanam kekal selama-lamanya, jadi dosanya sangat jauh lebih besar dari zina. Dan itupun masih bisa diampuni oleh Allah SWT. Seperti sekarang ini saat akan berhenti ditanggung kehidupan 4.244 milyar orang zalim, telah diluncurkan prosedur penyelamatan 666 yang jika dijalankan dengan baik sebesar dosa apapun yang dibuat orang zalim masih bisa diampuni.

  41. bengong karena kaget 13 November 2012 / 11:06 am

    Memang dosa bisa dihapuskan, tetapi penentuan bisa dan tidaknya tergantung Allah SWT Tuhan semesta ala ini. Jadi banyak pertimbangan yang akan dipakai termasuk niat seseorang utk melaksanakan kemaksiatan tsb. Jangankan cuman zina, yang lebih besar dari itu seperti menjalankan kemusyrikan, kemunafikan, kekafiran, makan riba dan membengkokkan jalan Allah SWT dengan menganut dan menjalankan demokrasi, sekulerisme, liberalisme, kapitalsme, HAM, pluralisme, moderatisme, nasinalisme, komunisme, sosialisme, atheisme dan paham-paham sesat yang lain yang kesemuanya itu tergolong kemusyrikan dosanya bisa dihapuskan,. Zina itu hukumannya bagi yang sudah menikah dirajam sampai mati dan mungkin hanya masuk neraka jahanam misal 100 ribu tahun. Sedang kekafiran, kemusyrikan, kemunafikan, makan riba & membengkokkan jalan Allah SWT hukumannya masuk neraka jahanam kekal selama-lamanya, jadi dosanya sangat jauh lebih besar dari zina. Dan itupun masih bisa diampuni oleh Allah SWT. Seperti sekarang ini saat akan berhenti ditanggung kehidupan 4.244 milyar orang zalim, telah diluncurkan prosedur penyelamatan 666 yang jika dijalankan dengan baik sebesar dosa apapun yang dibuat orang zalim masih bisa diampuni.
    —————————————-
    He Ratu Adil-666 (setan)
    yang saya tanyakan itu sikapmu menghadapi kelakuan bejat bangsat seperti itu ! bagaimana kau mau mengatur rakyatmu menuju kebaikan sejati bila keadilanmu adalah keadilan hanya menunggu mati, lalu ALLAH yang akan memberikan grasi hukuman. Nikmat tenan. Lalu kerjamu cuma gembar-gembor bacot saja. ayo zina-zina, ayo maling-maling, ayo pukul pukulan, ayo bunuh-bunuhan, ayo mabuk bareng, … toh dengan berangkat saja semua jadi beres…

    Baru tau saya…. kenapa si hajar aswad langsung berubah warna, ternyata salah penanganan…. Merataplah wahai surga…. murkalah wahai neraka…. sungguh kalian berdua adalah saksi abadi jawaban atas kelakuan manusia di alam manusia

    Sungguh suatu kemapanan yang aduhai bobroknya….. sungguh jawabanmu mewakili rombongan pengikutmu. alhamdulillah aku tutup buku itu lemparan jumroh (balang setan) tepat di hati masing-masingnya, agar terlihat oleh dunia dan kahanan jati, Bismillah. terima kasih

  42. Wong Ndiwek 13 November 2012 / 12:38 pm

    Satrio piningit tidak ada… Ratu Adil…. hanya dongeng…. Musarar (Asrar) Joyoboyo … hanya karangan Sunan Giri ke III agar keturunannyalah yg kelak akan diterima jadi raja… ini tak lebih sekedar propaganda politik jaman itu.

  43. cepot 13 November 2012 / 1:07 pm

    horeee rame euy he he he he kaya lagi rebutan sorabi ha ha ha itu mencerminkan ke adaan dunia saling sodok saling tonjok dan saling jegal . . . . merasa paling benar sendiri dan mengaku satria piningit dan ratu adil katanya . . . bakal jadi presiden . . . punya pengalaman gaib padahal cuma mimpi kali yeee . . . yakinnya sampe ke ubun ubun . . . emang lo siapa ? he he he lamun hayang nyaho yeuh uing SP na he he he kalo saya jadi presiden semua orang suruh joget jaipongan, dangdut, campur sari biar rame hiburan ha ha ha

  44. Wong Ndiwek 13 November 2012 / 1:16 pm

    Rebutan pepesan kosong. SP, RA pepesan yg dibungkus daun Musarar Joyoboyo…. kosong.

  45. Ratu Adil - 666 13 November 2012 / 2:51 pm

    He he he banyak kata-kata orang bodoh di blog ini sesuai namanya blog abal-abal. Tapi itu nggak apa-apa, yang penting progress kemunculan Ratu Adil jalan terus. Sekali lagi kalaupun sampai 44 juta orang berkicau menolak kedatangan Ratu Adil di atas tanah Jawa ini, bukanlah masalah yang besar. Yang penting Pajajaran Baru: Daulah Khilafah Islam segera terbentuk dan selanjutnya perang penghukuman kedua kalinya bagi Bani Israil yang penipu, penjahat, terkutuk & dimurkai Tuhan itu segera dilaksanakan. Semakin cepat Bani Israil itu musnah dari muka bumi, semakin cepat dunia menjadi aman, damai adil dan makmur he he he hue he he he….Kacung-kacung Yahudi Bani Israil itu hanya bisa berkicau saja sebab tim Bani Israil yang berusaha mebunuh Satrio Piningit kini sudah dalam target pasukan Kerajaan Langit dan Bumi. Selamat berkicau yang merdu sambil menunggu kebinasaan he he he….

  46. 88 13 November 2012 / 3:06 pm

    Admin yth, mohon semua komen dari yg menyebut dirinya Ratu Adil-666 ini jangan dihapus permanen. Komennya bisa dijadikan bukti adanya rencana tindakan makar terhadap NKRI dan berencana mendirikan negara pajajaran baru. Terima kasih.

  47. bengong karena kaget 13 November 2012 / 3:23 pm

    He he he banyak kata-kata orang bodoh di blog ini sesuai namanya blog abal-abal. Tapi itu nggak apa-apa, yang penting progress kemunculan Ratu Adil jalan terus. Sekali lagi kalaupun sampai 44 juta orang berkicau menolak kedatangan Ratu Adil di atas tanah Jawa ini, bukanlah masalah yang besar. Yang penting Pajajaran Baru: Daulah Khilafah Islam segera terbentuk dan selanjutnya perang penghukuman kedua kalinya bagi Bani Israil yang penipu, penjahat, terkutuk & dimurkai Tuhan itu segera dilaksanakan. Semakin cepat Bani Israil itu musnah dari muka bumi, semakin cepat dunia menjadi aman, damai adil dan makmur he he he hue he he he….Kacung-kacung Yahudi Bani Israil itu hanya bisa berkicau saja sebab tim Bani Israil yang berusaha mebunuh Satrio Piningit kini sudah dalam target pasukan Kerajaan Langit dan Bumi. Selamat berkicau yang merdu sambil menunggu kebinasaan he he he….
    ——————————————————
    wkwkwkwkwkwk…. siapa juga yang menghalangi tan setan…
    sebagai rakyat, saya cuma pingin tau, bagai mana model pemimpin kami nanti. tambah parahkah… atau tambah menyetankan diri. Jadi kami sebagai rakyat bisa bersiap-siap menghadap ALLAH SWT dengan senyum mengembang, menyambut pelukan dan kecupannya dengan damai, dari pada harus berkumpul dengan persetanan rupa dirimu….

  48. O'on 13 November 2012 / 4:05 pm

    ..rencana tindakan makar terhadap NKRI dan berencana mendirikan negara pajajaran baru..
    ————————————————–
    waw..
    kalo begituh, akan sangat menarik bagi sy ^_^
    mungkin Beliau mampu mendirikan dan memenej negara baru dgn cenderung bermodal keyakinan/ajaran agama.

    sementara, sbg contoh yaitu si khadafi, saddam husein, osama bin laden, hitler dsbnya… ternyata mereka malah kayak modol jingkrak sebelum mampus. ,,(^_^),,

Komentarlah dengan hati@senang.com. PRIVASI dijamin 100%

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s