JS: Hati Nurani Yang Tersamar

Penulis : Kang JS

Ternyata benar dan tidak benar menjadi samar atau disamarkan ketika aturan hidup sudah diambil lagi oleh peraturan yang bukan lagi dari nurani. artinya hak nurani sudah diambil sebagian oleh peraturan lain itu…..ini yang bisa dinamakan hukum alam atau hukum nurani sudah dipelintir oleh ilmu baru……ilmu ego dan logika pikir demi kepentingan dan kekuatan kelompok/ golongan.

Membunuh berdasar ego faham bisa dibenarkan, membunuh versi ini berlipat salahnya karena sudah membunuh hukum nurani dan juga membunuh manusia… hanya dicap kafir tidak ber Tuhan atau dianggap musuh Tuhan …aneh kalau Tuhan itu punya musuh , tuhan yang mana dan tuhan fahamnya siapa ??…

Apakah agama mengajarkan etika cara makan dan minum atau apakah agama mengajarkan etika sesudah bangun tidur harus menjemur atau melipat selimut ??…he he he…atau apakah agama mengajarkan seorang gadis harus membantu ibu, belajar memasak dan lain lain…..waaah, mungkin pelajaran ini tidak ada dan dianggap tidak penting karena tidak ada untungnya bagi Tuhan atau kepentingan untuk mereka……tetapi nurani seorang ibu harus mengajarkan itu….ini berlaku dan terus ada dan hewan burungpun mengajarkan soal ini. mengajar anaknya untuk belajar terbang dan hidup mandiri , kucing , harimau dan lain lain juga demikian……lalu apa pentingnya bagi Tuhan dalam hal ini ??….sepertinya tidak ada karena Tuhan yang menciptakan hukum itu dan semua itu kepentingan semua mahluk NYA…Tuhan yang maha kasih dan sayang dan maha memelihara dan mencukupi….

Saya kadang mikir juga , apakah agama menjiplak ilmu nurani atau sebaliknya ?? lalu aturan apa yang terus berlaku dan fleksibel atau langgeng dengan segala keadaan dan sepanjang waktu , agama.. nurani atau adat budaya.??….lalu apa yang sering merusak ilmu nurani sehingga hingar bingar terus selalu ada dan sering terkumandangkan , sesuatu yang menurut nurani tidak diperkenankan tetapi benjadi halal karena aturan lain diluar nurani….berdosa dan salah menjadi benar malah berpahala ….mbingungke….

Saya menjadi ingat cerita bapak saya yang tentara jadul bercerita, ada anjing tanpa salah dikejar kejar kemudian dibunuh karena binatang itu binatang haram dan jelek….lha piye iki menurut nurani….lalu membunuh manusia tidak salah dalam hidup, menjadi salah karena dianggap kafir / tidak beragama ??…lha piye juga ini ??……Bapak saya sampai berumur tua tetap saja bingung dan tidak bisa menjawab soal perilaku manusia yang nuraninya sudah dipelintir hukum yang lain , masih membekas dalam ingatan , mungkin trauma dan tidak simpati dengan faham itu …..siapa dan apa yang salah dalam hal ini ??……..salam nurani…..

Catatan Admin :

  • Tulisan ini awalnya terposting di halaman komentar pada topik artikel : Berbuat baik tanpa sambal agama.
  • Tulisan telah mengalami sedikit editing pada bagian paragraf terakhir. Kalimat aslinya tertulis sbb: “Saya menjadi ingat cerita bapak saya yang tentara jadul dan kebetulan bapak saya orang kafir, (menurut mereka), ada anjing tanpa salah dikejar kejar kemudian dibunuh karena binatang itu binatang haram dan jelek….lha piye iki menurut nurani….lalu membunuh manusia tidak salah dalam hidup, menjadi salah karena dianggap kafir / tidak beragama seperti faham mereka ??…lha piye juga ini ??”

Sumber image : memrise.com  (thank you)

Advertisements

50 thoughts on “JS: Hati Nurani Yang Tersamar

  1. Kalau saya diharap bercerita atau menulis artikel maka akibat tulisan saya bukan membuat manusia senang atau berbahagia mungkin sebaliknya…..bikin gregetan…mangkel….saya dikeroyok…ditangkap dan dimasukkan keselokan…..he he he……(Kang JS)
    …………………………………………….
    Apakah tulisan di atas membuat pemabca mangkel dan gregetan? Adakah orang yang tega menangkap Kang JS dan memasukkannya ke selokan gara gara tulisannya (tulisan beliau) yang justru mencerahkan? Kalau ada yang punya niat seperti itu, artinya keterlaluan dan juga buang-buang waktu. wong Kang JS orangnya besar, dimasukkan ke selokan ya kagak muat. :mrgreen:

  2. Salam Cak JS dan Kang Wage.
    Jempooooooollllllpoooollllpooollll…..he…he.

    Reply wage : Kang Simpang, yang pantas dikasi Jempooolll adalah kang JS, saya mah cuma kopi paste doang, tukang pungli tulisan orang he..he…

    1. Kang Simpang,

      Memang, yang ampuh itu Mas js. Tapi, disini Mbah Wage bertindak sebagai …. editor. Kadang2, tanpa diedit tulisan2 itu kurang begitu menggigit. Dus, pentingnya peran editor.

  3. “Apakah agama mengajarkan etika cara makan dan minum atau apakah agama mengajarkan etika sesudah bangun tidur harus menjemur atau melipat selimut ??…he he he…atau apakah agama mengajarkan seorang gadis harus membantu ibu, belajar memasak dan lain lain…..waaah, mungkin pelajaran ini tidak ada dan dianggap tidak penting karena tidak ada untungnya bagi Tuhan atau kepentingan untuk mereka……tetapi nurani seorang ibu harus mengajarkan itu….ini berlaku dan terus ada dan hewan burungpun mengajarkan soal ini. mengajar anaknya untuk belajar terbang dan hidup mandiri , kucing , harimau dan lain lain juga demikian……lalu apa pentingnya bagi Tuhan dalam hal ini ??….sepertinya tidak ada karena Tuhan yang menciptakan hukum itu dan semua itu kepentingan semua mahluk NYA…Tuhan yang maha kasih dan sayang dan maha memelihara dan mencukupi….”
    ————————————————————————————————————————-

    Kalau Tuhan tidak Mengambil Untung, Lalu untuk apa punya “Peliharaan”/Manusia kang…??
    Tuhan tidak punya kerjaan…??
    Agama bilang: Kalau berbuat baik yg iklas adalah tidak [perlu] menunjukkan Kebaikannya’
    Tuhan malah sebaliknya….
    Tuhan: gw kasih loe (manusia) nafas….ini buktinya…. trus loe harus sembah gw, awas kalo ga…

    Game IDLE WORSHIP
    hahahahahaaa……

    1. Salam dan hormat untuk Mas Waji……..

      Saya ini muridnya Mbah Wage , ikutan nulis abal abal atau ngawur dot com……mohon maaf bila tulisan saya membuat banyak orang mangkel , karena saya di kampung distempel orang kurang beres / tidak normal….he he he…itulah Mas nasibku…..salam rahayu….

  4. Nuwun sewu..Numpang lewat…” Kemerdekaan adalah hak segala Bangsa” termasuk bangsa Anjing yg telah banyak di Tongseng oleh pemabuk “dogma”

    1. Horeee, Paman Dalbo sudah kembali. Semoga sehat selalu Paman. Bagi yang tidak tahu, Beliau adalah sesepuh perintis bin pionir di blog abal-abal ini.

    2. Ooooo…gitu…. Salam Man ….Merdeka buat semuanya….. hmmm… para ayam potong perlu dimerdekakan juga….. caranya…. jadi vegetarian.

  5. @ Mbah…Biso2 wae njenengan mbah….ya udah..sing penting dandange ora ngguling lan podho2 Eling,.tetep semangat 45.sekali Merdeka tetep Merdeka!!!…..@ Sdr Hmmm met kenal dan salam..juga..dan setuju dg usulsn vegetarianya…ning sayuranya yg organic yo????.

    1. Salam Mas Dalbo….sugeng rahayu…..

      Waaah…dosa rasanya kalau tidak menyapa Njenengan yang ampuh ini……ditunggu komennya yang bikin kita guling guling di lantai…mentertawakan diri sendiri…..selamat datang di blog abal abal…he he kumpulan manusia setengah jadi……

    2. @ Paman Dalbo,

      Iya betul kata pakpo JS, rasanya hambar kalau tidak ada paman Dalbo yang selalu komment dengan parikan jula-juli jawa timurannya… di jamin bisa bikin tertawa guling2 bantal2 kasur2… qeqeqeqeqe….

      Sugeng pepanggihan maleh paman, kok lami mboten muncul, mugi paman kasugengan bragas waras, rahayu bondo kan tinemu…

      Ayo skg coba bikin parikan tentang organic, jangan kalah ama mbah Wage yang punya koleksi kidungan sayuran purba kayak sawi, kol, kangkung dst… ada nggak sate purba organic?… xixixixixi….

      Salam sayang,

      Dewi

  6. Mas js, Dewi Murni berkembenkan sutra ungu, Paman Dalbo, dan semua saja,

    Selamat lebaran ! Maaf lahir batin. Selamat makan rawon, rujak cingur, brongkos, sate madura.

  7. Nuwun sewu…, Hai P.ak JS, Dewi, Kang Bala(ne)Dewa, sdr HMMMM dan Hallo Nusantara:

    “Juminten, kalian Pak Mudin, mangan ketupat, ngadep segoro…”
    “Niki dinten, dinten riyadin, menawi wonten lepat nyuwun pangapuro”

    Asah, asih,asuh.

    PamanDalbo with Love.

    1. @ Paman Dalbo,

      Thanks kiriman ketupat organicnya.. memang semua yang organic lebih menyehatkan…

      @ Mbah Wage, ABR, JS, Bala(ne)dewa, mas Olsy, Waji Man Banjar, Es, Hmmmm, All

      Saya juga mengucapkan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin…. cheeeerrss!!…

      Salam rahayu,

      Dewi

  8. Secret for Us

    Ada kalanya kita dipaksa untuk tidak memahami akan sebuah peristiwa, dan ada kalanya kita terpaksa juga mengiyakan peristiwa yang lain dan belum tentu pasti akan punya makna bagi kelanjutan hidup kita..

    Dunia berputar bagai gasing (kata orang) padahal tidak begitu kenyataannya, gerakannya lembut, selembut belaian tangan kasih ibu mengusap kulit dari atas ke bawah (dikala bayi) sekeras pukulan ayah (diwaktu pelajaran itu dimulai). Menghentak ( coba engkau rasakan, terasakah ?)

    Sentuhan air bermacam – macam karakternya, ada yang tajam, ada yang panas, ada yang dingin, bahkan ada yang menyayat, selebihnya adalah damai. Begitu pula udara. Gerakannya gemulai bagai penari, semua lubang di jelajahi, walau itu kotor atau bersih dia tidak perduli. Dan dia tetap menari. Sikut sana, sikut sini, tendang sana, tendang sini, malah kadang-kadang terlihat enggan bergerak malu – malu dan juga memalukan (badai).

    Kadang, sebagai manusia, saya merasa malu dan minder. Separah inikah ? Tertunduk saja tidaklah cukup, bersujudpun belum tentu di iyakan, sedangkan bulu-bulu di sekujur tubuh meremang tegak berdiri karena takjub juga miris.

    Adil bagimu (orang ke-1), kadang belum tentu seimbang baginya (orang ke-2), Benar baginya (orang ke-2) belum tentu pas untuk dia (orang ke-3), dan seterusnya, dan seterusnya. Sedangkan aku sendiri sering bertanya dalam hati (adilkah TUHAN ? yang engkau sematkan dalam perjalanan rentang cerita hidupku ?)

    Rentang waktu seseorang memahami dan memulai sebuah memori adalah batasan seberapa besar keinginan untuk menjadi sesuatu/seseorang dalam bayang.

    Ilalang bergoyang rebah tertiup angin lalu berdiri tegak kembali karena dia ingin melanjutkan hidup. Sama halnya dengan jiwa-jiwa penyemangat alam, alam bawah sadar juga alam kenyataan. Riuh saling mengisi dan berbagi. Siang dan malam, tiada pernah tau berguna ataukah tidak.

    Seseorang berteriak FREEDOM.
    Sejatinya banyak yang sekedar berteriak tanpa tau maknanya, sedemikian diriku yang sudah mati di usia yang baru 4 tahun, walau aku sendiri di kala itu belum mengerti apa yang mereka pekikkan ! dan mereka lontarkan sambil menunjuk. (Coba engkau raba, sedasyat apakah goncangan itu ?)

    Taukah engkau makna darinya ? tetapi sebelumnya jangan kau hibur dirimu dengan kegombalan yang lain, duduklah dengan manis di pangkuan keheningan, merangkul martabat kesedihan, menyungingkan senyum lugu ke arah mata angin (pilihlah untukmu sesuka hati mata angin yang mana pilihanmu)

    Story for Us

    continued another time

    diaries end in 2012

  9. Salam mbah Wage dan seluruh komunitas Abal-abal.
    Hi Some day… welkam en thengkyu 4 sher.
    fyi…. Jarak tempuh di Equator (jarak lingkaran bumi di katulistiwa) sekitar 40.075 km yg ditempuh dalam 1 putaran selama 24 jam… jadi kecepatan bumi berputar 40.070 km/24 jam= 1669,6 km/jam lebih cepat dibandingkan dg kecepatan suara (1238 km/jam).
    Soriii.

  10. Jarak tempuh di Equator (jarak lingkaran bumi di katulistiwa) sekitar 40.075 km yg ditempuh dalam 1 putaran selama 24 jam… jadi kecepatan bumi berputar 40.070 km/24 jam= 1669,6 km/jam lebih cepat dibandingkan dg kecepatan suara (1238 km/jam).
    =======================================================
    ekhhem…
    memang begitu kawanku…. rasakanlah… terlemparkah dirimu. bila jawabanmu adalah grafitasi. is ok. why not… smile… 🙂

  11. Ku gapai asa setapak demi setapak. Berjalan menunduk bukan karena malu, tetapi karena berjuang menata riak-riak cerita hidup yang tergelar karena keindahannya yang penuh warna berubah seiring usia yang bertambah satu demi satu melalui tahap demi tahap pemahaman keinginan-keinginan terlalu.

    Mencoba tersenyum, walau perih. Kenyataan yang jauh dari jangkauan tangan, menyembunyikan kidung panggilan jiwa sebab dilarang oleh keterpaksaan.

    Desau lentera kecil penghibur diri, bergoyang goyang bermain bersama laron-laron malam, memandang kaca-kaca retak berserakan keping demi keping (puzel).

    Hentakan demi hentakan mewarnai kisah masa lalu, teronggok menunggu disempurnakan.
    Menerawang memandang cakrawala, menelaah pagar yang di bentangkan agar diriku tidak terluka, semakin membuat diri ini bisu tanpa makna, kelu rasanya.

    Kadang aku bertanya dalam sepi, (WHY ?) dan jawabannya adalah WHEN. Abstrud jadinya.

    Kadang juga aku di lontarkan WHAT, balasan yang datang THERE. (tersenyum dalam kecut yang bukan datang dari rasa buah asam muda).
    Simpang siur foto diri memamerkan luka demi luka yang berpola abstrak.

    felt so like them

    continued another time

    diaries end in 2012

  12. Story for Us

    Siapakah orangnya yang tidak ingin bahagia ? siapakah juga yang tidak ingin di sayang ? Siapa pula yang tidak ingin berkumpul dengan keluarga besar ?

    TUHAN/GUSTI PENGERAN/ALLAH/PENGUASA KEHIDUPAN DAN KEMATIAN memberikan pelajaran berharga tentang regenerasi. Regenerasi manusia, regenerasi hewan, regenerasi tumbuhan, regenerasi penyakit/kuman/virus, regenerasi sel. Dan regenerasi lainnya. Yang kadang – kadang tentunya dijadikan suatu keadaan yang tidak memiliki manfaat apapun (Khususnya untuk manusia).

    Pernahkah terucap dari mulut, pernahkah terdengar di telinga, pernahkah terbersih di hati. Siapakah engkau, dari manakah engkau berasal, apa trahmu, bagaimana ibu bapakmu, nenek moyangmu, birukah darahmu, makmurkah hidupmu, juga apa golonganmu.

    Kadang pula terbersit pertanyaan, apa yang meski dibanggakan ? Pernah juga terlontar kekesalan diri, untungnya hal itu tidak membekas di sanubari.

    Kadang terlukis di hening malam, senyum dan cibiran yang terbuat karena sengaja.

    “LIHATLAH, ITU ORANG YANG TIDAK DIAKUI OLEH LELUHURNYA. SI HARAM JADAH”

    Sesuatu yang patut di sukuri karena dengan adanya hal tersebut, perjalanan penuh warna bisa terwujud tanpa harus capek-capek mencari. Tergelar tanpa harus menunggu ada. Sedangkan ayah sendiri tidak bangga akan segala yang ada padanya.

    Masih terbersit di remang malam, kidung-kidung tanpa suara membelai daun-daun sawo kecik, mencoba menghibur keheningan.

    Bukankah itu suatu keberuntungan, sehingga tidak terbebani oleh apapun ? Entah kalau menurut mereka ? tertawa, ataukah menangis, ataukah mencemooh. Siapa yang berani mengidungkannya ?

    The story broke in ghostly silence

  13. Tirai – tirai malam bergelantungan menghiasi cakrawala. Menyibak kisah-kisah sembunyi yang terbuat dan terselip di antara basa basi terlalu di pagi hari hingga malam menjelang pagi.
    Cericit burung – burung sawah, menabur gelisah. Akankah fajar di hari ini akan selembut kemarin ? ataukah bulan purnama hari ini masih bisa aku temui untuk sekedar say hello dengan angin semusim penebar wangi damai ?
    Jejak-jejak terbuat enggan untuk di hapus, ah sudahlah. Itukan masa lalu. Toh tidak ada daya dan gunanya (celotek si kemuning). Tapi tidak bisa hilang begitu saja (sanggah si kenanga), Andai kata dipersilangkan bagaimanakah hasilnya (Tanya si maja). Potong saja (pinta sritanjung), Jangan, cukup di pilah dan di sisir (saran di suruh). Lebih baiknya kembalikan ke yang berhak saja (desak mayang jambe). Kenapa bingung, biarkan sajalah, toh baunya tidak bisa berubah wangi, walaupun mandi bunga 100 rupa atau 1000 jenis (celetuk kelor).

    circumference of silence

  14. salam buat kang JS………….dan kawan2….

    Akal dan nurani sungguh berbeda………
    akal adalah alat bantu …….untuk menyelesaikan masalah…….yg melintas -lintas dipikiran kita…….
    hati nurani …..jauh lebih dalam dan suci……….untuk melihat kebenaran hati nurani dengan “jelas” ……….maka lihatlah juga dengan hati nurani kebenaran itu……jgn coba2 melihat dengan akal dan pikiran kita…….maka jadinya juga kurang jelas……

    di dalam kolam yang airnya jernih dan tenang,…. maka akan tampak apa yg ada di dalam kolam tersebut…….dan jika kolam tersebut cukup dalam maka “selamilah” kedalammanya maka akan tampak apa yg ada di dalamnya……dan jgn coba2 mengusik ketenangan air dan kejernihan air dengan pikiran2 maupun akal ….. maka kejernihan air dan ketenangan air……secara otomatis akan menjadi hijab menutupi kejelasan dari pada “isi kolam tersebut ” ini sudah menjadi “hukum”…….kesulitan kita untuk melihat dengan hati nurani adalah karena pikiran 2 kita tiada henti2nya bekerja untuk menyeleksi lintasan2 yg masuk kedalam alam pikiran kita kecuali kita tertidur… lintasan2 tersebut hadir dikarenakan oleh ….pedengaran , pengelihatan , penciuman , perabaan dan perasaan kita……..dibantu dengan pengalaman2 masa lalu…..jadi jika kita merespon lintasan2 tersebut dan dibantu dengan akal ……maka secara otomatis akan menjadi kabur dan tidak jelas kebenarannya…….dan kita akan menjadi tambah bingung………hehehhehe

    demikian sedikit komentar abal2 dari saya, ……. jika ada yg keliru ,….mohon diperjelas kebenarannya

    salam …PNL

  15. Hidup ini harus terus berlanjut, walau apapun kan datang menjelang. Semut dan kumbang ribut berceloteh tentang daun-daun kering. Sedang camar tersenyum bersiul memanggil cendrawasih menarikan tarian bidadari yang sedang turun kebumi setelah capek keliling-keliling naik bentor (becak motor) di angkasa raya.
    Sulaman demi sulaman menegadahkan wajah keanggunan barisan evolusi kehidupan masa demi masa.
    Ada banyak ragam bedoyo (tari). Ada bedoyo ketawang, ada bedoyo ludiro madu dan ada juga bedoyo amangkubumi, ada juga yang lain.

    Idam badinding, payung, selayang pandang tor-tor dan lain lainnya berirama saling menyapa bergerak melingkar seperti pusaran. Lembut dan tegas.

  16. setelah menimbang, penutup yang manis adalah sebuah tanda tanya (“?”)

    terima kasih mas Hanung, hormatku untukmu dan keluargamu

    kita lanjutkan hidup kita masing-masing, salam, nuhun

  17. Salam Mas PNL…Mas Some One…Mbah Wage…sedoyo sedulur dan porosepuh……

    Tentang akal dan nurani , maka 2 hal itu harus dikembalikan kepada fungsi semula , seperti fungsi organ tubuh kita sendiri yang selalu memberikan banyak kegunaan pertolongan , menjaga atau merawat dan saling menjaga organ yang lain….

    Tangan yang mengambil gelas dan menuangkan air lalu meminumkan ke mulut ketika tubuh sedang haus butuh air atau ada 2 mata yang melek supaya tubuh bisa jalan dan tidak kecebur masuk got , tidak nabrak tembok atau nabrak tiang listrik ..he he …..

    Tanpa akal dan nurani maka kita sebagai manusia tidak berharga mulia babar blas karena dengan 2 hal itu maka banyak ilmu kebaikan bisa kita peroleh…..

    Tangan akan menjadi berbeda fungsi dari kewajiban mutlaknya ketika memukul atau menempeleng kepala orang lain….

    Akal dan budi kita pasti membuahkan sesuatu yang amat sangat berguna bila nurani sebagai pemandu atau imam pemimpin …

    Semua menjadi sangat terang benderang bila akal selalu dan ikhlas membenarkan menerima kata atau kalimat ucapan dari dalam diri kita sendiri yaitu nurani dan semua pengetahuan dari luar memang dan pasti terekam dalam ingatan dan jika hal itu bersebrangan dengan pakem nurani akan mengakibatkan kegalauan dan pertempuran jiwa dan timbul tidak damai dalam hidup…..

    Saya mungkin tidak pandai dalam berucap atau menulis sesuatu yang bermakna besar yaitu akal budi dan nurani tetapi dan setidaknya saya berucap dan berperilaku dengan kejujuran yang masih belum sempurna …
    Kejujuran yang timbul dari nurani saya mengatakan dengan jelas bahwa berbuat baik sangatlah jelas bedanya dengan berbuat buruk yang sudah menabrak dan melanggar norma keadilan dan kasih sayang dan mengerti baik dan benar sepertinya tidak harus memerlukan ajaran yang mbulet dan panjang dari luar wilayah hati nurani dan kita cari dan peroleh dari buku dan ilmu hasil pemikiran dari sesuatu bernama dan berlabel manusia dan dengan pangkat yang tinggi luar biasa……………….

    Mas PNL ….terima kasih dengan komentar Njenengan diatas , mohon maaf juga bila tulisan ini sangat salah dan mungkin tidak sangat berguna….Nuwun…

  18. Bola mata ini memang serba terbatas…….melihat yang terlalu jauh mblawur……melihat terlalu dekat pun jadi blur…..apalagi dipaksakan melihat yang tak ada jarak saking dekatnya……bagaimana bisa?

    Statement itu jadi mandeg bagi yang males mikir……tapi tidak bagi yang mau sedikit merenung…..mulai muncul teleskop….mikroskop….main2 dengan proyeksi…..zoom & unzoom

    NURANI…..Nur dan Aini…..Cahaya yang Dilihat……dekat….sangat dekat sehingga dalam keseharian mata ini tak mampu untuk memandangnya…..

    Dunia ini tempat main-main dan senda gurau…..ada yang beruntung berkesempatan main-main dengan proyeksi pandangannya……jadi mampu memandang YANG SANGAT DEKAT, sehingga mendapatkan kelebihan berpandangan jauh melampaui apa saja

    ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

  19. salam…buat rekan2 semua…..

    Terima kasih khusus nya buat kang JS…tulisan anda sangat bagus

    Budi…..adalah wujud tindakan dari kesepakatan oleh beberapa unsur dari dalam diri kita ……antara lain akal…pikiran , nafsu dan hati nurani kita serta kebiasaan2 yg selalu kita sukai ….adapun tindakan spontanitas adalah reaksi dari dalam diri kita…… yg dipandu oleh insting dan rasa yg ada di dalam diri kita …..tindakan spontanitas kadang2 juga sebelum mendapat persetujuan dari akal kita…….jika tindakan spontanitas kita adalah wujudnya baik …maka yg ikut berperan adalah Allah SWT dan sifat yang sudah melekat didalam diri kita

    socrates mengatakan…..

    * hati-hatilah kamu……… dengan pikiran-pikiran kamu …….karena akan ” mempengaruhi ” tindakan-tindakan kamu

    *hati-hatilah kamu………..dengan tindakan-tindakan kamu…. karena akan menjadi ” kebiasaan-kebiasaan” kamu

    * hati-hatilah kamu……….dengan kebiasaan -kebiasaan kamu…….karena akan mempengaruhi ” keberuntunganmu ”

    tulisan socrates tersebut …..bisa juga dipakai untuk …meng analisa ….budi

    saya merasa tulisan diatas ……. masih amat jauh dari sempurna ……..saya ingin mendapatkan kritik dan saran2 yg bisa menanmbahkan ….untuk bahan analisa saya……..

    wasallam …PNL

  20. @ Kang Bala,
    “Tidak penting siapa yang mengatakan, yang lebih penting adalah apa yang dikatakannya….”.
    Walau yang ngomong (dianggap atau mengaku) nabi, tapi kalau pesannya sentoloyo ya di-asem-i saja.
    wakakakkkk……(maaf lagi iseng nih)

  21. Betul juga,Mbah , apa yg dikatakan lebih penting daripada siapa yg mengatakan. Tapi, saya pikir2, memberi kredit – penghargaan – pada yg … berhak kan lebih baik dan … umum dilakukan. Misalnya, teori ‘relativitas ‘itu kan punya oom Einstein, bukan punya Ronggowarsito, dalil Archimedes itu ya ditemukan oleh Archimedes, bukan oleh Siti Jenar. Sumpah Palapa itu sumpahnya Pakde Gajah Mada, bukan Sutawijaya, dll. Gitu, lho maksud saya (-:

  22. Salam …………buat rekan2 semua……

    Kang Js……benar , Kang Wage juga benar…….

    cuman perbedaan kebenarannya adalah ………Kang wage menangkap arti tulisan yg “tersirat” …….Kang Js menangkap arti tulisan nya yang “tersurat” ……….di awal tulisan saya sudah saya katakan……..kelemahan2 nya jika kita terlalu “sering ” menggunakan akal , kita akan kesulitan menangkap arti dan makna dari sebuah tulisan yang ” tersirat ” …… tulisan atau pesan dari ” sang penulis “…….dan arti pesan tulisan saya adalah ” isi dari pada kolam yg jernih dan tenang ” maka akan tampak dari pada isi kolam tersebut” maksudnya arti kata dari bahasa – bahasa….. ” nurani”

    isi dari pada “hati nurani” bagi jiwa2 yg tenang dan bagi yang bisa merasakan dan bisa melihatnya ….” sesungguhnya sama “………….lepas dari siapa dulu yang mengatakannya……..atau orang yang pertama mengatakannya……karena semua adalah milik ALLAH SWT…..semua ilmu tersimpan dengan rapi ….dan diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin membacanya……

    sungguh berbeda ………………………………….bagi orang yang ingin ” menyempurnakan dirinya” ………………………….. dengan orang yang ingin menyempurnakan ” pengabdiannya”……….. kepada sang “maha kuasa”.

    semoga perbedaan perbedaan pendapat tersebut………bisa menjadi sebuah “rahmat ” bagi kita semua………AMINNNN

    wasallammm………PNL

  23. Selamat pagi dan hormat saya kepada sedoyo Panjenengan……..

    Semoga apa yang saya tuliskan bisa difahami dan memaklumi karena yang saya tulis itu adalah isi hati dan kejujuran saya……

    Kami bukan melihat siapa yang menulis atau yang menyampaikan hal hal yang bersifat baik dan mulia untuk diterima sebagai lentera bila malam telah tiba atau ketika tempat untuk berpijak gelap gulita…..

    Ibarat kita makan , tujuan makan adalah untuk menunjang kepentingan hidup jasad kita dan soal rasa tentunya kita mencari dan sesuai selera dan tentunya apa apa yang kita makan pasti ada aturan dan takaran dan bila melanggar itu maka badan kita bisa jatuh sakit …he he he kalau sakit maka banyak manusia lain akan jadi repot , termasuk dokter yang mengobati badan kita meskipun kita harus memberikan oleh oleh sebagai ganti repotnya……..

    Berbicara atau ngrasani Tuhan memang membuat kita semakin cinta kepada NYA dan biasanya manusia seperti itu pasti orang orang yang …..tawadu’ sabar ikhlas nrimo suka menolong selalu puji sukur dan lain lain yang mewujudkan pleg sama dengan nurani manusia , nurani sebagai sifat Tuhan juga……

    Saya lalu menjadi tidak mengerti dan bingung ( tapi sebenarnya tidak ) ketika terjadi hiruk pikuk dan kegaduhan dengan mengikut sertakan nama Tuhan…..Tuhan dijadikan perisai untuk berperang atau untuk meraih cita cita dan kesuksesan dan ini sudah terjadi amat lama di negeri ini atau negeri sana…..

    Apakah kami harus sakit hati dan membela Tuhan . lha untuk apa ?? ….Tuhan yang Maha segalanya tidak perlu dibela dan saya sangat yakin Tuhan TIDAK PERNAH sakit hati lalu mengadzab mereka yang sudah korupsi nama NYA……..

    Tetapi yang sudah sangat jelas maksudnya bahwa aturan dibuat oleh manusia dan kelompoknya adalah untuk manusia golongan itu sendiri itu sendiri demi mencapai apa apa yang dicita citakan bersama dan aturan atau ajaran kepercayaan itu tidak harus mengganyang dan menyerbu aturan dari golongan lain karena hakekatnya semua aturan yang dibuat oleh golongan manusia adalah demi keteraturan dan ketertiban dalam bermasyarakat bergolongan ataupun bernegara….

    Dan yang PASTI aturan yang dikumandangkan oleh mereka dalam hidup bermasyarakat demimenuju hidup DAMAIi ADIL AMAN SEJAHTERA dan semua itu PASTI dicetuskan dengan AKAL dan NURANI dan bukan dengan EGO atau kebengisan …..

    Semua aturan yang baik dan benar itu pasti dan tentunya dilandasi dan diilhami oleh sifat TUHAN yang KASIH dan SAYANG ( contoh paling gampang dilihat disifat para orang tua , manusia atau hewan….sama saja ) yaitu sifat yang diperuntukan kepada anak anaknya dan bukan sifat TUHAN yang mencabut hidup mahluk seperti merusak , membunuh , diciptakan hukum GAME OVER seperti yang ditunjukan dan dibuktikan oleh HUKUM ALAM itu sendiri……he he he dan manusia tidak wajib untuk mencontoh atau meniru sifat yang ini karena itu bukan milik manusia dan hanya DIA yang berhak pegang karena DIA yang bisa memberi HIDUP dan MATI dan sebenarnya kita sangat sedikit sekali mengerti tentang sifat sifat NYA yang seakan bertolak belakang dengan nurani kita tetapi tidak begitu hakekatnya dan anehnya lha kok ada manusia mengatas namakan diri NYA untuk melampiaskan ego nafsu keinginan demi tujuan yang SEPERTI BAIK dan BENAR……Nuwun…

  24. Maksud dari kami bukan melihat siapa yang menulis atau yang menyampaikan hal hal yang bersifat baik dan mulia untuk diterima sebagai lentera bila malam telah tiba atau ketika tempat untuk berpijak gelap gulita tetapi melihat dan mendengar apa yang sedang disampaikan atau yang disuarakan dan tentunya semua itu adalah suara yang berasal dari tulisan suatu buku atau beberapa buku dan tentunya semua itu berasal atau diadakan oleh namanya mahluk ciptaan yang berstatus manusia dan berpangkat sangat tinggi……

    Apakah ada manusia yang mendengar suara Tuhan , ada dimana atau siapakah manusia itu dan suara apa yang sudah diterima oleh manusia itu …..
    Suara Tuhan sebagai petunjuk itu apakah untuk pribadi orang tersebut atau untuk masyarakat umum dan apa makna dan hakekat petunjuk dan apa sebenarnya yang sedang ditunjukkan atau arahan dari Tuhan kepada mahluknya ….apakah tentang hidup kepenak…cepat kaya …istri lebih dari 1 bahkan banyak….usaha sukses…menjadi penguasa atau pemimpin dan lain lain yang bersifat lahiriah jasad / duniawi atau petunjuk yang bermaksud untuk sadar diri , menggunakan akal dan nuraninya sehingga dia atau para manusia menjadi manusia yang berbudi ahlak yang mulia dan baik…..bukan petunjuk yang sudah dan selalu menyalakan faham lain lalu memerangi dendam benci dan dijadikan musuh bebuyutan ….lha wong mereka sudah mendapat petunjuk lebih dulu dari DIA …….ha ha ha agama sudah seperti pertandingan adu pinter dan adu kuat dan ternyata Tuhan tetap diam saja dengan adu jotos itu dan buktinya Tuhan tidak membela siapapun dengan bukti masih banyak agama dan bahkan banyak agama dan kepercayaan yang tidak diakui atau disahkan oleh negara ….kenapa begitu ??….jawab sendiri sebabnya…..

    Apakah petunjuk itu sebagai artian yang hakiki kebenaran yang bermakna bahwa manusia sebenarnya diingatkan dan ditunjukan bahwa dirinya mempunyai nilai luhur dan nilai ketuhanan yang bersifat mulia yang harus dilakukan setiap langkah dan waktu , dilakukan demi dirinya sendiri dan juga kepada manusia lain…..

    Bila Tuhan masih berkehendak dan masih bersifat maha pemberi dan juga maha adil dalam segala hal lalu apakah Tuhan kita kelirukan ketika ilmu dari DIa telah dan sudah diberikan kepada orang yang berstempel kafir atheis murtad tidak sefaham dengan ajaran mereka yang diklaim sebagai agama paling benar dan bagaimana dampak dari ilmu pengetahuan yang sudah jatuh di bumi dan sudah diujudkan dan diamalkan oleh mereka para kafir itu kepada semua manusia di bumi ini lalu apakah kita harus menjadi munafik dan tidak mau melihat dan mengakui semua ini ??…….

    Apabila masih berlaku bahwa Tuhan tetap bersifat maha memberi petunjuk kepada mahluk maka apakah masih perlu atau diperlukan ada agama dan segala aturannya ??….dan kalau semua manusia di bumi ini menyembah dengan cara mereka sendiri dan sesuai dengan hakekat menyembah atau bersembahyang apakah masih ada kegaduhan dan perselisihan diantara manusia ??…..

    Kalau nurani dan budi manusia sudah dijalankan dengan sempurna maka akan timbul jesadaran diri dalam hidup dan apa akibat yang ditimbulkan……..

    Menurut saya agama menjadi berbeda dan menjadi banyak karena didalamnya ada ego syareat dan simbol simbol dunia yang sudah dilakukan dan sepertinya Tuhan selalu diuntungkan karena manusia harus selalu memberi dan sebenarnya bukan begitu maksudnya karena Tuhan tidak butuh apa apa karena DIA maha segalanya dan manusia saja yang ke GR an karena akalnya yang tidak dipergunakan dengan sebenarnya karena banyak energi aura ego didalamnya ….

    Agama yang tidak beda dan tanpa simbol duniawi adalah hati nurani itu dan bagaimanapun Nurani itu tidak bisa melepaskan diri dari kuasa dan kekuatan dan tali sambung Tuhan karena nurani bila dipaksakan sanepan ujudnya maka nurani adalah rumah dan suaraTuha dan tidak mungkin Tuhan lupa atau meninggalkan tempat berpijaknya………

  25. salam ……buat rekan2 semua……

    kang JS……tulisan anda bagus……..akan tetapi ……kesan dan pesan yang ingin anda sampaikan semakin menjadi kurang jelas bagi yang membaca pesan yg ingin anda sampaikan……….apakah anda ingin ” bertanya ” atau ingin ” kejalasan” dari suara2 yang ………..bertanya di dalam hati nurani anda……….di dunia ini ….ada sebab dan ada akibat atau dampak…….kalau menurut pendapat abal 2 saya……saya belum berani menjelaskan karena saya masih takut akan dampaknya……..apakah dampaknya akan menjadi baik atau akan menjadi tidak baik , ……akan tetapi saya akan mencoba menjelaskan dengan metode bertanya kepada anda……

    pertanyaan saya adalah :

    * apakah akal kita bisa menjelaskan…….mengapa bisa…. langit yg luas yg dihamparkan oleh ALLAH SWT “tanpa tiang penyanggah”
    * mengapa sebabnya akal yg diberikan manusia ……….bisa digunakan untuk kebaikan …..dan bisa di gunakan untuk kejahatan
    * apakah ” mampu” ……. akal kita menandingi hatinurani kita……kalau akal kita mampu ” mengapa kita masih merasa bingung untuk menjawab suara hati nurani kita”

    sekian dulu pendapat abal2 dari saya …….

    wasallamm………PNL

  26. Salam dan hormat kami untuk Mas PNL…….

    Mohon maaf …memang tulisan kami kurang jelas maksudnya dan mungkin benar dalam kepercayaan kepada Tuhan sepertinya AKAL tidak mampu untuk menjawab apa apa yang dinyatakan atau ditanyakan oleh NURANI…….maka akan sangat terlihat bedanya antara akal dan nurani dan akan bisa terjawab apa sebenarnya ajaran agama dan apa sebenarnya yang sedang dikejar oleh manusia untuk diperoleh ketika menyembah agama dengan tata cara syareat yang sedang dan sudah dilakukan…….

    Tuhan yang dikiaskan atau yang sudah disebutkan dan diajarkan dalam agama untuk dan memang harus dipercaya dan tidak boleh dibantah atau dipertanyakan dogma dan doktrinnya…..semoga saja semua itu benar tapi bagi kami dan mungkin banyak manusia selain kami ada beberapa yang tidak bisa diterima oleh akal dan nurani …….

    Tuhan bagi kepercayaan kami tidaklah mungkin mengurus tentang hal hal duniawi yang bernilai sangat biasa dan umum karena secara naluri dan akal semua itu itu adalah ilmu mahluk / manusia yang sudah diberikan dan ditanamkan oleh Tuhan yang maha KUASA bahkan binatang saja sudah sangat bisa untuk mengatur dan menghidupi dirinya sendiri dan juga anak anak yang diasuhnya …..

    Tuhan tidak mungkin dan rada aneh memperjelas dengan sejelas jelasnya melalui suara / firman tentang hal hal yang bersifat naluri insting dan ungkapan bahasa jiwa atau ruh yang semua itu sudah diberikan untuk kepentingan hidup manusia di dunia fana ujud lahir yang bisa rusak….

    Tuhan dan agama tentunya mengatur dan menempatkan akal kepada tempat sebenarnya yaitu tunduk dan patuh kepada nurani dan Tuhan atau agama tidak untuk akal akalan dan mengakali akal kita lalu berakibat mengakali manusia yang lain sehingga berakibat akal mampet dan nuraninya mati dan akibatnya adalah hal yang luar biasa sampai saat ini…..

    Rada aneh dan membingungkan juga kalau Tuhan menjelaskan secara langsung melalui suara atau petugas NYA tentang ajaran / agama paling benar , pertempuran . perampasan hasil perang dan juga tentang urusan wanita , budak , warisan dan lain lain karena bagi kami AKAL dan NURANI adalah hal yang sudah sangat CUKUP dan PANTAS untuk mengurus dan menyelesaikan maslah dunia dengan baik dan berhasil selama akal dan nurani itu bekerja dan ditempatkan kepada tempat dan kedudukan sebenarnya …
    Akal yang sempurna dan Nurani yang selalu terjaga itu adalah FITRAH sebagai wakil sifat Tuhan yang Maha Baik dan Benar . Maha Pemelihara , Maha Penjaga dan Maha yang lain lain yang bersifat MANUSIAWI …..

    Tuhan dan agama bagi kami bukanlah dan mengakibatkan kebingungan akal dan nurani manusia…
    Tuhan dan agama yang benar adalah membuahkan budi pekerti luhur , welas asih dan kasih sayang dan tidak menciptakan kegalauan kegaduhan diantara manusia……

    Memang benar kalau kami tidak harus lagi mengusik tentang kepercayaan manusia kepada Allah dengan ajaran agama yang sudah diyakini paling benar dan semoga saja Tuhan yang SEJATI yang akan dan berkehendak meluruskan ini semua…..

    Mas PNL dan sedoyo sederek sedulur dan porosepuh yang terhormat …..mohon maaf bila kami menulis komentar yang seperti melawan arus dogma dan doktrin agama dan semoga hal yang saya sampaikan ini bukan EGO JS…….bukan kami tidak percaya kepada GUSTI MAHA PENCIPTA ….bahkan sebaliknya ….kami sangat percaya kepada DIA yang MAHA BENAR ….MAHA WELAS dan MAHA ASIH………Nuwun…

  27. Rada aneh dan membingungkan juga kalau Tuhan menjelaskan secara langsung melalui suara atau petugas NYA tentang ajaran / agama paling benar , pertempuran . perampasan hasil perang dan juga tentang urusan wanita , budak , warisan dan lain lain karena bagi kami AKAL dan NURANI adalah hal yang sudah sangat CUKUP dan PANTAS untuk mengurus dan menyelesaikan maslah dunia dengan baik dan berhasil selama akal dan nurani itu bekerja dan ditempatkan kepada tempat dan kedudukan sebenarnya …
    ———————————————————-
    Para pemimpin agama sering tidak menyukai orang2 yg bisa berpikir sendiri/mandiri. Ya memang aneh bin ajaib kalau Tuhan menyuruh umat Nya untuk ,itu tadi, berperang atas namaNya. Tuhan kok nyuruh2. Tuhan dulu juga pernah menyuruh Ibrahim untuk menyembelih anaknya sendiri. Mutu bagi yg … percaya, abal2 bagi yg tidak … Lebih aneh lagi kalau Tuhan memberi ijin umatnya untuk punya ,,, banyak isteri … Lho, kenapa tidak banyak … suami saja ?! Ada2 saja Tuhan ini .

    Setiap orang BERHAK untuk menjadi utusan bagi dirinya sendiri. Setiap orang berhak menjadi nabi. Tapi, kalau di Indonesia mungkin orang2 macam ini bisa di … gebuki kalau bukan dipenjara. ( Contohnya : Lia Eden.)
    Aneh bin ajaib Indonesia ini orang mau beragama kok diatur (pemerintah).

    Dalam agama Abrahamik Tuhan tahu orang Yahudi, dan orang Kristen, tapi nampaknya Tuhan tidak tahu ada Buddha Gautama dan pengikut2nya. Tuhan juga tidak tahu orang2 Jawa dan kejawen. Dus, Dia tidak maha tahu.

  28. Salam hormat…….

    Akal yang berjalan sendiri dan mbedal dari aturan nurani seperti kuda liar yang lepas dari tali kendali sais nurani….hidup sendiri dan tanpa ada aturan yang mengikat dan berakibat kehancuran dan menghancurkan tatanan hidup……

    Akal menjadi jahat karena sudah melupakan Nurani / Rumah dan suara Tuhan , mata dan ujudnya sangat banyak sehingga apa yang diinginkan tidak pernah selesai dan terpuaskan………

    Akal dan nurani mahluk / manusia memang tidak sangat tahu atas kehendak Tuhan karena hal itu diluar wilayah pengetahuan akal dan nurani manusia dan menjadi sangat aneh dan membingungkan bila ada manusia seakan tahu bahwa Tuhan bernama ini dan itu dan manusia seakan tahu bahwa Tuhan ada berada dialam sana . berkata dan mengajarkan bla bla bla yang lain yang seakan manusia sangat tahu sebenarnya Tuhan .,,,

    Apakah para manusia yang mengaku sebagai wakil NYA berkata benar tentang Tuhan dan juga bisa menjawab tentang alam semesta …lalu mengatakan bahwa alam adalah begini dan begitu dan ternyata terbukti bahwa apa yang disampaikan ternyata salah menurut para pakar dan hukum alam yang sudah berjalan milyar tahun…..

    Tetap saja semua teka teki alam tidak akan terjawab sampai kapanpun meskipun para ilmuan sudah mengetahui dan membuktikan ada milyar galaxy di alam semesta dan semua bergelantungan secara teratur di orbit masing masing dan ternyata mereka dengan alat modern dan akalnya tidak bisa menjawab ……lalu kenapa akal kita lalu sangat percaya dan seperti terhipnotis oleh jawaban manusia yang mengaku sebagai wakil NYA dan ternyata apa yang disampaikan adalah salah …lalu dimana akal dan nurani kita ketika mengetahui ini ??….

    Ketika manusia dengan kesadaran sempurna pasti merasakan bahwa akal adalah dan selalu mengajak untuk berhura hura dan bahkan menjurus berbuat semena mena dan merusak dan akal harus dijerat dan dikurung dengan sangat rapat dan harus dalam pengawasan kendali dan harus tunduk kepada nurani . ….

    Kenapa nurani yang berkedudukan lebih dari akal lalu harus menyerah dan tunduk kepada akal dan lalu dipaksa mengatakan mengiyakan dan membenarkan bahwa agama dan tuhan yang disembah agama ini dan itu adalah paling benar dan suci….dan tanpa kita sadari bahwa agama banyak ditumpangi benalu akal akal yang liar dan itu adalah ego ego demi kepentingan dirinya dan kelompoknya saja untuk meraih dunia dan kenikmatan yang ada didalamnya dan akalnya lalu menduga bahwa akherat nantinya adalah gemerlap dan kenikmatan yang melebihi dunia…………

    Akal yang liar adalah melupakan dan bahkan melawan hukum alam dan sifat Tuhan dan Nurani menjadi mati karena digerus dan diterjang dengan dogma dan doktrin……

  29. Salam Bapak Wong Kam Fung…he he he …kita sama sama bernama wong …….berpikiran ngeres dan mungkin menjengkelkan para akal yang berpangkat MBELGEDES…….

  30. si sy sebagai yang tak beragama dan tak bertuhan, namun masih betah untuk bertahan/mengalami hidup tanpa perlu termovitasi sebagaimana TMT/Terror Management Theory,
    maka si sy tertarik dgn pembahasan/mengenai..(wtf/apa’an sich)..hati nurani.

    misalnya.. sy menolong orang lain,
    tentu saja apa yg saya lakukan itu…BUKAN utk/demi saya,
    ya wong..hanya demi orang lain itu…koq.
    tapi apa lacur, mengapa sy malah menolong orang lain itu?
    padahal sy tidak memperoleh apa2…kecuali capek~dech.

    well..jika manusia krn berhati nurani cenderung berkeinginan memperbanyak kuantitasnya..
    maksudnya, bukankah level/akibat paling top saling menolong (scr positif) yaitu mengusahakan agar orang lain agar tetap hidup ?.
    semakin besar peluang orang dpt bertahan hidup, akan semakin byk pula jumlah manusia.
    maka dapat menjadi indikasi bahwa hati nurani merupakan hukum alami underrated atau yang tersamarkan.

    hukum alami cenderung memperbanyak apa saja, “mati satu tumbuh seribu”,
    atau bertentangan thdp kepercayaan…(kalo ndak salah) kiamat/kehancuran total seluruh alam semesta.

  31. muter…mbulet….ruwet ky kentut hansip………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………karena dibikin sendiri….qiqiqi

  32. salam….. buat rekan2 semua…….

    bagi siapa saja ……yang memiliki jiwa yg tenang dan bersih……..dan memiliki hati yang bening dan bersih…….akan sering kali dan mudah menerima…….petunjuk ( wahyu) …….tentu saja hal tersebut tidak mudah bagi kita semua…..untuk menjadikan diri kita tenang dan bersih seperti yang saya maksud……..Ter kecuali ……bagi orang yang mendapat kemujuran atau anugrah yg luar biasa dari ALLAH SWT atau orang -orang yang sudah terpilih untuk mendapatkan anugerah tersebut………

    untuk mendapatkan anugerah berupa wahyu…….. tentu orang tersebut melalaui beberapa proses…….yang saya tahu …dari membaca buku2 riwayat terdahulu………orang tersebut …mengalami operasi pembedahan ….dan pencucian hati….baik secara langsung maupun merasakan nya dalam mimpi…….mengapa saya berani mengatakan hal tersebut …….karena logika saya mengatakan bahwa tidak mungkin orang tersebut bisa menerima wahyu …..sebelum mengalami pembersihan ……karena wahyu tersebut ” suci”

    sekian dulu ……..silakan dikomentari dari pada kita pade “bengongggg”

    wasallam …..PNL

  33. Salam untuk Saudaraku Anonymous yang terhormat…….

    Semoga benar yang Anda sampaikan.., saya menyimak tulisan Pak Po JS dan kalau tidak salah , maaf lho …saya hanya menyampaikan saja bahwa tulisan Pak Po JS sering berdasar atau bersumber dari keterangan anak angkatnya yang bernama Slamet dan menurut keterangan Pak Po JS anaknya pernah dioperasi secara gaib , didada dan juga otaknya oleh sosok gaib berpakaian serba putih yang tidak bisa dilihat wajahnya karena berkerudung atau bercerobong panjang dibagian wajahnya…..

    Apakah keterangan Pak Po JS tentang anaknya itu benar terjadi dan jujur tidak ada kebohongan ??….hanya Allah yang diri Maha Tahu dan juga Mas Slamet sebagai manusia yang mengalami hal sangat aneh itu……..

    Keterangan diatas saya ketahui dari tulisan Pak Po JS di blog Aki Gendeng……….salam damai.

  34. Salam Mas Anonymous….Mas Pejalan kaki…….begitulah ceritanya dan cerita yang saya sampaikan dibawah ini adalah hal yang boleh dan bisa diceritakan karena tidak ada hal yang melanggar dogma atau Doktrin suatu agama atau kepercayaan dalam ber Agama dan ber Tuhan……..

    Tentang si Slamet yang di operasi di dada dan dikepala / otak itu……waaah….itu memang tidak gampang untuk saya terima , saya anggap dongeng dan gejala gila si Slamet saja , pertama operasi dada / jantung dan kira kira 4 atau 5 bulan kemudian operasi otak…dokter bedah si kerudung putih itu , yang tidak bisa dilihat wajahnya dan sedikit bicara atau hampir tidak pernah , hanya 1 atau 2 atau beberapa kali ngomong ke Slamet ……supaya selalu tidak putus sholat 5 waktu atau puasa sunnah 40 hari ( seperti puasanya bulan ramadhan ) dan juga puasa Daud…..

    Dibawah saya tuliskan cerita yang masih kami ingat tentang si kerudung cerobong wajah kain putih putih…..

    Si kerudung putih menepuk paha si slamet , ketika slamet sadar dan matanya melek lalu si kerudung berucap ” bangunlah kamu “….setelah Slamet bangun lalu si kerudung nyelonong pergi ….ha hha …slamet bingung…disuruh bangun tapi ditinggal pergi….

    Peristiwa yang lain…….ketika Slamet sedang sakit 2 hari , dia libur dan juga ke Dokter , ketika agak sehat besok paginya dia belanja untuk keperluan kerja dan tidak disangka pulang dari pasar lalu jatuh dan sakit lagi 9 lebih parah rasanya ) , obat dari dokter ternyata belum bisa mengembalikan kesehatan dia , kira kira jam 8 malam si kerudung putih datang dengan berkata ” kamu harus sembuh supaya bisa kerja lagi / jual bakso …lalu diusap kepala bagian belakang dan punggung si Slamet . seketika itu juga Slamet sembuh…….bila saja Slamet tidak sembuh …waaah…kasihan dia karena keperluan untuk jualan besok sudah dibelanjakan , lha kalau bahan makanan sudah basi , ruginya ratusan ribu ……

    He he he……kenapa ya ??…si kerudung tidak memberi satu butir berlian saja atau segenggam emas seberat 1 kilo gram , sehingga dia tidak hidup susah atau diberi pusaka yang nilai jualnya ratusan juta bila dibeli oleh kolektor benda pusaka antik …ha hha…….Nuwun……

  35. salam….buat rekan semua…..

    seperti dalam komentar saya sebelumnya……..proses pembersihan tersebut ……..adalah sebagai berikut…………bagian dada di belah sampai perut………..kemudian isinya di keluarkan……….kemudian dimasukkan kedalam semacam baskom ….berisi air putih seperti air zam -zam……..kemudian dicuci …….oleh sesorang yg kita tidak tahu menahu orang tersebut……….ketika orang tersebut selesai dibersihkan ………ya seperti orang yang tidak mengalami apa2……..bahkan bekasnya pun tidak ada……..

    sedangkan operasi selanjutnya adalah pada bagian otak………hal tersebut dimaksudkan untuk mensinkronisasikan antara kejernihan hati dengan otaknya atau dengan kata lain menselaraskan atau bisa juga menjaga keseimbangan antara otak dan hati………..

    biasanya ……..setelah mengalami kejadian tersebut ………orang tersebut ….sangat tekun beribadah…..tanpa ada yg menyuruh atau ada yang mengajarkan…….dan hatinya sangat2 welas asih kepada orang lain …..terutama bagi saudara seimannya ataupun yg bukan seiman yg kurang mampu…..dan dia suka membagi kebahagiaannya kepada orang yang kurang ber untung………….

    sekian dulu ntar di sambung lagi………..silakaon dikomentari dari pada……..bengonggggggg……hehehehehe….

    wasalllam ………PNL

  36. salam…buat rekan2 semua….

    Tahun baru sudah tinggal menunggu jam……semoga ditahun baru 2013…….semoga kita semua bisa menjadi lebih baik …..dari tahun sebelumnya aminnn…….

    dan semoga blog abal2 semakin ramai dan lebih meriah dan lebih hidup……khususnya buat Kang WAGE dan Kang JS dan rekan2 semua…..maaf saya mendahului mengucapkan “Selamat Tahun baru ”

    Wasallam…..PNL

  37. Misal saja kebenaran tidak dibunuh…..
    Mungkin saja kedamaian bisa dicapai….
    Tidak ada kebenaran dimusuhi nurani….
    Kebenaran bukan rekayasa dan tidak bisa ditipu…..

    Tuhan bagiku adalah sumber energi damai..
    Tuhan yang tidak mungkin menipu
    DIA yang bahkan sering ditipu manusia….
    Tuhan hanya dan selalu diam dalam hukum yang sudah ditetapkan….

    Kebenaran saat ini hanya kebenaran yang tidak adil ….
    Hanya kamuflase dan topeng menyembunyikan wajah buruk…..
    Banyak nista yang dipoles dengan senyum manis…
    Kenistaan yang berbungkus bau wangi dan gambar indah…..

    Alam pasti tahu sejarah semua peristiwa perkara…..
    Sebagai saksi bisu dan selalu mengingat…
    Alam pasti hidup disuatu saat….
    Sebagai hakim atas semua perkara…….

    Sebentar lagii tidak ada lagi kebanggaan diri paling benar….
    Kemunafikan akan dihalau dan dikandangkan….
    Kebenaran sejati akan dipanggil dan datang….
    Dia datang dan diarak oleh alam sebagai teman dan saksi…..

    Banyak manusia disana pasti terperanjat kaget…
    Kebingungan karena tipu daya imamnya sedang ditelanjangi….
    Mereka tidak bisa lari lagi …kaki mereka dijepit tanah…….
    Runtuhlah kerajaan langit….penjajahan mahluk bumi telah sirna…..
    Manusia akan damai lagi….bersahabat kembali….
    Tanah dan air kembali lagi senang dan ceria….
    Bumi dan manusia yang memang sebenarnya sangat dekat…..
    Tuhan juga sangat dekat….dalam nurani manusia….

  38. Alam PASTI TAHU sejarah semua peristiwa perkara…..
    Sebagai saksi bisu dan selalu mengingat…
    Alam PASTI HIDUP disuatu saat….
    Sebagai hakim atas semua perkara…….
    —————————————————-
    alam…yang pasti tahu dan pasti hidup itu adalah……(yang biasanya kita sebut) MANUSIA/jagad alit. _/\_

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s