Apakah Negeri Ini Bisa Maju? Menjadi Negara Super Power atau Mercusuar Dunia ?

beritasatuApakah negeri ini bisa maju? Pertanyaan yang sepertinya wajar untuk ditanyakan, terlebih lagi di usia kemerdekaan yang sudah memasuki usia diatas setengah abad, ibarat manusia, tentu sudah cukup mantang, dewasa dan mandiri. Maju yang dimaksud tentu saja maju dari sisi positif dan duniawi, ya ekonomi, pembangunan, pendidikan, sains, kesehatan dll. Maaf, maju dari sisi surgawi untuk sementara tidak dibahas di topik ini. (Keterangan gambar : motor di atas trotoar, credit image: beritasatu.com)

Namun apa lacur, di usia sedewasa ini ternyata negeri ini nyaris masih belum bisa dikatakan mandiri, hidup masih disuapi alias hidupnya masih tergantung dari hutang dan pinjaman asing, ekonomi masih tergantung investor asing, beras masih impor dan kondisinya semakin lengkap dengan prilaku para pembesar negara masih sibuk jetos-jetosan berebut kekuasan dan jabatan empuk.  Jadi walaupun nyaris di kantong semua penduduknya sudah ada hp canggih, namun tetap saja negeri ini masih tergolong katagori negara berkembang.

Pesimis atau opitimis ?

Bisakah Indonesia menjadi negara maju? Pertanyaan sederhana namun memerlukan jawaban yang tidak sederhana. Agar tidak mbulet alias mutar mutar maka jawabannya saya sederhanakan menjadi dua yaitu “bisa dan tidak,  jawaban optimis dan pesimis”.

Bagi mereka yang berjiwa optimis, alasannya salah saltunya mungkin tidak jauh dari alasan besarnya sumber daya alam. Asal dikelola dengan benar, tidak dikorupsi, tidak diserahkan ke asing maka negara pasti makmur.

Kemudian potensi penduduknya, banyaknya ilmuwan dan tenaga terampil Indonesia yang bekerja di luar negeri, keberhasilan sejumlah pelajar/ mahasiswa yang berulang kali sukses memenangkan olympiade fisika, sains dan robot mengalahkan peserta negara maju dan segudang prestasi lainnya sehingga dengan yakin menjadikan sebagai dasar dan alasan kuat bahwa Indonesia suatu saat nanti pasti akan menjadi negara  maju. Asal didukung, berikan fasilitas atau diperkerjakan oleh negara, maka negeri pasti akan makmur. Dan jangan lupa, negeri di negeri ini penduduknya sangat religus dan taat beragama, jadi asal dikelola dengan benar maka negeri ini pasti akan menjadi mercusuar dunia. Lha, di negeri yang beragama abal-abal saja bisa maju, harusnya kita bisa lebih hebat lagi bukan?

Beralih ke kelompok pesimis, tentu juga memiliki alasan yang masuk akal. Melihat kondisi riil yang ada sekarang, korupsi, lalu-lintas, banjir, prilaku pejabat dll sepertinya wajar membuat sebagaian orang menjadi pesimis. Walaupun negeri ini penduduknya religius, sebagaian besar pejabat atau anggota dewan merangkap tokoh agama, tapi prilaku dan kinerjanya sama sekali jauh dari religius, korupsi jalan terus.

Kemudian alasan yang tidak kalah pentingnya adalah stabilitas keamanan yang menyedihkan. Berita tentang kasus penyerangan dan saling serbu antara polisi dan tentara masih kerap terjadi, yang terkadang dipicu oleh masalah sepele, Kemudian organisasi massa yang mirip milisi dan mempunyai pengaruh besar melebihi aparat keamanan, kemudian diperparah lagi dengan prilaku sebagian orang yang mudah terhasut melakukan kekerasan merupakan  benih benih kehancuran yang bisa meledak kapan saja.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda termasuk orang yang opitimis bahwa negara bisa maju atau sebaliknya pesimis?

Edit: (setelah membaca komentar Kang O’on) Istilah pesimis diatas mungkin kurang pas, jadi lebih tepat kalau disebut realistis. Jadi pendapat yang mengatakan tidak yakin bahwa Indonesia bisa maju bukanlah berarti pesimis tapi realistis.  Opitimis juga bermakna bias (ambigu?!). Orang yang dengan yakin mengatakan bahwa Indonesia bisa maju sesungguhnya bukanlah orang optimis tapi tidak tahu fakta dan pendapat yang keluar hanya berdasarkan keyakinan saja.

Bagaimana pendapat saya?

Sepertinya sangat tidak adil dan janggal kalau saya bertanya pada pembaca tapi saya tidak menulis opini sendiri. Jujur saya bingung sendiri untuk menjawabnya. Kebetulan saya cukup lama belasan tahun tinggal di negara maju, jadi sepertinya memiliki cukup pembanding tentang arti dan kondisi negara maju.  Katagori negara maju bukan cuma sebatas ekonomi, GDP atau kaya duit saja tapi juga maju dan mapan dari sisi hukum, tata kelola negara dll.

Seumur-umur saya tinggal di negeri mereka, saya belum pernah sekalipun diminta atau bayar uang pelicin, suap dll. Semuanya jelas, harganya, biayanya termasuk denda-nya kalau melanggar. Kemudian tata kota, bangunan, membuat rumah, saluran air, aliran gas, saluran pembuangan dll, semuanya diatur dengan sangat detail,  cermat dan dengan pengawasan yang ketat. Seseorang tidak bisa sembarangan membuang bekas air cucian ke got di depan rumah.

Kemudian untuk urusan keamanan, apakah di negeri ini kita bisa berjalan-jalan dengan aman dan nyaman di malam hari? Nah, ini mungkin adalah pertanyaan yang sederhana dan mudah untuk dijadikan tolok ukur tentang stabilitas keamanan suatu negara.

Jadi apakah negeri ini bisa maju? Jawaban singkat dan mudahnya jelas bisa. Cuma masalahnya untuk bisa menyaingi atau setarap dengan negara maju masih sangat jauh. Bagaimana tidak, untuk sederhana seperti menyebrang jalan saja di negeri sendiri susahnya minta ampun. Di jalan saja kita tidak bisa tertib, apalagi dalam kehidupan bernegara. Standar penilaian paling mudah menilai kemajuan suatu negara ya dari prilaku penduduknya dalam berlalu lintas.

Sekarang mungkin masih amburadul dan carut marut, namun apakah negeri negeri ini nantinya bisa maju menyamai atau melebihi negara superpower sekarang, menjadi mercusuar dunia?

Jawaban terakhir dari saya sepertinya adalah tidak perlu. Negeri maju, untuk apa? Negara maju, punya duit banyak toh tidak bisa dibawa mati. Yang kita perlukan adalah kemajuan rohoni, pendidikan agama, pembangunan tempat ibadah dll.

Korupsi boleh dan sah-sah saja asal rajin sembahyang dan karena itulah maka korupsi tumbuh subur di negeri ini.  Ibarat kapal bocor dan tidak ada niat untuk memperbaiki, ya kapan majunya?

Penulis :  Wage Rahardjo

Advertisements

126 thoughts on “Apakah Negeri Ini Bisa Maju? Menjadi Negara Super Power atau Mercusuar Dunia ?

  1. the balance of the universe is the best example in building or build a country completely because we no longer need to provide for the needs of the environment but the environment that will prepare our needs …. and I’m sure … prosperity justice and prosperity will be created by itself environmental carrying capacity …. the higher the ecosystem that’s good

  2. Salam Buat Poro Sesepuh, Kerabat dan Saudara Semuanya .

    Sepenggal bait dalam Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

    ——————————————————————————
    Bangunlah Jiwanya….
    Bangunlah Badannya….
    Untuk Indonesia Raya.
    ——————————————————————————

    Bangunlah Jiwanya, adalah strategi awal yg perlu dilakukan yaitu membangunkan jiwa/spirit/semangat keinginan untuk menjadi lebih baik selanjunya adalah membentuk/membangun karakter/trait individu/bangsa agar terbentuk karakter yang bagus dan kuat (Good Character)… (wake up and then built up).
    Sambil membentuk karakter yg bagus dan kuat perlu dipadukan membangun “Badan” (2 makna: raga/jasmani dan sistim ketatanegaraan). Membangun “Badan” yaitu membentuk dan menyehatkan (mengobati yg sakit, mencegah sakit, mempromosikan hidup sehat) baik badan/jasmani bangsa/akyat maupun badan/sistem Negara.
    Membangun sistem/ketatanegaraan tak akan berhasil tanpa jiwa/mental/karakter bangsa (rakyat, aparat) yang bagus dan kuat.

    Sanggar https://dongengbudaya.wordpress.com beserta ke2 adiknya: http://leadershipprincipal.wordpress.com dan http://sabdadewi.wordpress.com bertujuan utama untuk membangun Jiwa/Spirit/Semangat/Karakter Kebangsaan …. yg selama ini terlupakan dalam pendidikan formal. Demikian pula dibangun jaringan sanggar yg bermisi serupa milik para sahabat diantaranya http://nurkahuripan.wordpress.com/

    Suwun.

  3. Mbah wage, nwhn ! Kalau Indonesia bukan turunan Adam, ya ga usah minpi jadi wong, tapi rasanya sama diatas bumi dengan fisik sama dengan makluk negara lain, rasanya bisa tergantung supir negerinya yang maju, tetapi supir Indonesia selalu setirnya mundur, dan sompan santun, yang tetap yang galak dan suranya lantanglah menguasai sertipikat super-power. Kalau feeport saja ditambang sendiri, oleh wong nusantara ini udh kebangatan tiket supernya, lalu disimpan di gudang sudah besar powernya.Indoneis banyak pintar tapi sifatnya burur, pada hal gebala kuda di autralia bila datang ke Indonesia ternyata Putri Indonesia takluk. Mbah apa memang sudah dimulai bahw anak ogem juga mulai membuat rambut pirang agar sama super-powernya. dan SBY (surabaya) mau sekjen PBB mbah. kan jadi super-power, maaf agar kacau karena huruf komputernya salah atur ya mbah

  4. Salam mbelgedez mbah wage
    Nderek nyimak
    Wah bacaan yang sangat bagus dan komentar dari para sesepuh yang sangat mencerahkan.
    Negeri ini bisa maju mbah cuma sedikit namun negara lain perkembangannya sangat pesat wakakak.
    Menipu dan menakuti adalah ilmu yang harus dikuasai dengan doktrin dan janji surga beserta bonus nya.
    Mencari dan membangun komunitas yang sepaham terus digalakan yang gak sepaham ? Bunuh ngeri kan mbah?
    lebih baik jadi bangsa yang sengsara dan miskin tapi barokah
    Daripada bangsa yang makmur tapi bahagia. Semboyan yang jitu
    Wakakak ngapunten mbah wager
    Salam kagem para sesepuh semua

    1. Salam kang CAHYO,
      Diskusinya emang lumayan seru dan berbobot. Namun itu dulu. Sekarang semua peserta sudah melarikan diri. Mungkin pada takut ketularan sesat? Topik apapun yg ditulis, pasti sepi. Cuma SP yang masih bisa kedip-kedip.

  5. Kamis, 08 Oktober 2015 | 03:12
    Mahasiswa Univ Pancasila Tawuran Hingga Dini Hari

    Jakarta – Sejumlah mahasiswa Universitas Pancasila (UP), Jakarta Selatan, terlibat aksi tawuran di dalam kampus, sejak Rabu (9/10) malam hingga Kamis dini hari dengan melakukan aksi anarki yang menyebabkan terbakarnya sebuah mobil.

    Kabar terjadinya tawuran antar mahasiswa Universitas Pancasila itu awalnya diinformasikan Traffic Management Center Polda Metro melalui akun twitter resminya @TMCPoldaMetro sekitar pukul 21.18 WIB, Rabu (7/19) malam.

    “Kita belum tahu penyebabnya, tapi begitu ada laporan tawuran petugas Polsek Jagakarsa langsung terjun ke lokasi, dan tadi masih melakukan penanganan hingga pukul 23.40 WIB,” ujar petugas Polsek Jagakarsa, Jakarta Selatan, Bripka Suratman ketika dihubungi di Jakarta, Kamis (8/10) dini hari.

    Menurut Suratman, Kapolres Jaksel Kombes Pol Wahyu Hadiningrat langsung ikut terjun ke lokasi melakukan pengamanan dan sempat berhasil meredam aksi tersebut. Namun pada pukul 1.25 WIB, Kamis dini hari, tawuran kembali terjadi, hingga pihak kepolisian akhirnya menambah satu kompi pasukan dengan total personel di lokasi kejadian sebanyak 250 orang. ….. link

    1. Jum’at, 9 Oktober 2015 – 21:43 wib
      Tawuran Pelajar Pecah di Dekat Stadion Merpati Depok

      DEPOK – Belum lama berselang insiden pelajar SMKN 2 Depok tewas akibat tawuran pelajar, kini tawuran pelajar kembali pecah. Tawuran pelajar terjadi sekira pukul 19.00 WIB di luar area Stadion Merpati, Pancoranmas, Depok.

      Tawuran pelajar terjadi secara spontan dimana masing – masing kubu langsung ribut usai menghadiri acara pertandingan sepak bola di Stadion Merpati. Polisi tengah mengidentifikasi pelajar mana saja yang ikut dalam tawuran tersebut.

      http://news.okezone.com/read/2015/10/09/338/1229384/tawuran-pelajar-pecah-di-dekat-stadion-merpati-depok

  6. Kamis, 08 Oktober 2015 , 12:08:00
    Mencekam… Puluhan Brimob Serang Pos Polisi di Siang Bolong, Anggota Polres Kocar-kacir

    Mengapa kejadian model begini masih saja terjadi di negeri ini? Jawabannya tidak lain ya karena ini Indonesia……

  7. Jadi negara super power? Harus hebat merusak dan menakutnakuti negara lain. Sebaiknya ga usahlah jadi beginian. Jadi mercu suar dunia? Bisa mengundang banyak orang unt datang, Ada yang baik, ada yang jelek, banyak yg oportunis. Kayaknya enak jadi negara biasa2 tapi semangat jadi lebih baik dari hari kemarin.

  8. Bagaimana negeri ini bisa maju, kalau masyarakat nya dari dulu paling mudah untuk di adu domba 😂 wkwkwk dinamika masyarakat yang …

    Pencapaian untuk ke arah negara maju diperlukan unsur, komponen dan produk 😂

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s