Mobil Mewah dan Jalan Berlubang

Tulisan ini 100 % adalah tulisan iseng dan buang buang waktu, berisi keluhan, gerutuan, igauan tentang kondisi transportasi di negeri ini. Disampaikan dengan cara santai dan gaya bercerita dengan tujuan agar tidak membosankan. Emang dengan mengeluh kondisi menjadi lebih baik? Tentu saja tidak, makanya disebut tulisan buang buang waktu.
…….o O 0…………………

Dii penghujung bulan Maret 2012, ditengah maraknya berita tentang demo menolak kenaikan BBM, terselip satu berita dengan judul menarik: “Dua Rolls-Royce Phantom Drophead tersedia di Indonesia“.

Berita yang tentu saja wajib disambut dengan suka cita dan rasa bangga bukan? Bagaimana tidak bangga, karena sesuai dengan penjelasan beritanya mengatakan bahwa mobil ini di seluruh dunia hanya tersedia 5 unit saja dan Indonesia berhasil memenangkan persaingan dengan mendapatkan 2 unit! Hebat bukan?

  • :mrgreen: Apanya yang hebat Mbah? Justru ini adalah berita MENYEDIHKAN. Disaat hidup susah bukannya berhemat, ini malah pamer mobil. Dimana letak rasa peka kita terhadap kemiskinan?

Ah, sirik Sampean. Apa salahnya mereka bersenang senang, lagian bukankah mereka beli dengan uangnya sendiri? Jadi tidak peka itu maksudnya apa? Harusnya kalimat ini lebih tepat ditujukan untuk pejabat dan para koruptor. Mengeluh tentang orang kaya yang pelit atau tidak mau menyumbang adalah suatu kekeliruan. Yang sebaiknya harus dikeluhkan adalah orang kaya yang menimbun kekayaannya sehingga roda perekonomian menjadi berputar lambat atau memanfaatkan kekayaan untuk menyuap pejabat.

Namun ……. kalau dipikir pikir, mungkin Sampean ada benarnya juga. Apa gunanya sih beli mobil mewah kalau hanya untuk bermacet ria? Terlebih kalau membaca spesifikasinya:

“. . . . mobil itu (Rolls-Royce Phantom) mampu melesat hingga kecepatan maksimum 240 km/jam atau akselerasi 0-100 km/jam hanya pada 5.9 detik.”

Asem !! Dengan kondisi lalu lintas negeri Khayangan yang amburadul, untuk apa punya mobil yang bisa melaju dengan kecepatan tinggi? Kemudian kalau membaca penjelasan lain akan terlihat bahwa keberadaan mobil mewah ini tidak lebih hanya sebuah lelucon:

“Mengendarai mobil itu (Rolls-Royce Phantom) serasa berada di atas flying carpet (karpet terbang), tidak terasa jika ada JALAN BERLUBANG…….”

Dobel Asem !! Ini namanya penghinaan terhadap bangsa jadi harus di demo dengan bakar bendera. Ini adalah sindiran dan pelecaehan. Pantas saja dari 5 unit yang tersedia, negeri ini kebagian jatah 2 mobil. Eh, bukannya para pejabat jalan sadar, tersindir, malu tapi malah cuek saja dan solusinya cukup dengan pasang papan peringatan “Hati hati jalan berlubang”. Senteloyo. Papan peringatan itupun kadang bukan dibuat oleh petugas jalan tapi oleh masyarakat umum, atau kadang disumpal dengan pohon atau tanaman. (sumber foto : antara) Wow, gemah ripah loh jinawi.

Beberapa pejabat kadang berteriak konyol, “Batasi kepemiliki mobil !” Enak aja, mereka pasti sudah punya 2 atau 3 mobil jadi pembatasan kepemilikan mobil menjadi tidak berguna.

Membatasi jumlah kendaraan ataupun menaikkan pajak kendaraan malah lebih konyol lagi karena hanya akan membuat rakyat kecil, wiraswasta dan para supir hidup susah. Bagi orang kaya, berapapun harganya pasti dibeli. Jadi yang kelimpungan selalu golongan berpenghasilan rendah. Mahalnya harga mobil dan pajak kendaraan akan merangsang para pejabat, polisi jalan raya, petugas pajak dan kelurahan untuk korupsi lebih giat lagi ha…ha….

Jadi yang diperlukan bukanlah pembatasan tapi aturan regulasi yang benar, bersih dan konsisten. Aturan seperti apa? Ya tanya jangan tanya siMbah. Tanya pada mereka yang sering study banding keluar negeri. Kalau mereka juga tidak tahu, ya parah. Apa topik yang mereka bandingkan selama ini? Study banding lambang palang merah? Itu mah bukan hal mendesak.

Simbah hanya tahunya: “Jalan berlubang adalah merupakan kasus kecil dan sepele namun berakibat fatal. Setiap tahun ratusan orang meninggal sia-sia hanya gara gara lubang jalan berlubang” Link

Jalan berlubang harus ditambal. Tentu saja !! Bukan hanya sebatas jalan saja, UU berlubang harus ditambal, proyek berlubang harus ditambal, budaya pungli yang penuh lubang harus segera ditambal dll. Pokoknya yang berlubang dan merugikan harus segera ditambal. Hidup tukang tambal ban !

Kondisi suatu negeri bisa dilihat dari kondisi jalan atau sistem transportasinya. Tanpa sistem transportasi yang bagus dan teratur maka negeri Kurawa sebagai mercusuar dunia sampai kiamatpun hanya akan menjadi angan angan.

  • :mrgreen: Mbah, aku tambah bingung nih. Koq ngelantur kemana mana? Sebetulnya topik tulisan ini lagi ngomongin apa sih? Aku dengar kalau ngomongin masalah lubang Mbah selalu semangat.

Lha, khan sudah disebutkan di atas bahwa tulisan ini adalah tulisan kagak penting. Lagi pula apa Sampean lupa, ini khan blog abal-abal? Jalan berlubang hanyalah sekedar alasan doang untuk mengawali suatu cerita.

Sumber image: carsndeal.com

Referensi :
Kecelakaan karena jalan berlubang
Detik.com : Tabrakan beruntun akibat jalan berlubang

Advertisements

10 thoughts on “Mobil Mewah dan Jalan Berlubang

  1. Tanpa sistem transportasi yang bagus dan teratur maka negeri Kurawa sebagai mercusuar dunia sampai kiamatpun hanya akan menjadi angan angan.
    —————————–
    Ada beberapa tokoh (dari)…KURAWA yang saya kagumi! Pertama, Resi Bhisma yang meskipun sangat tua tapi sakti mandraguna, lebih sakti dari kelima kakak beradik Pandawa digabung. Terus, Karna,anak dewa Surya, yang tidak kalah sakti dibanding Bhima,Yudhistira, dan Arjuna. Adalagi Baladewa yang juga sakti, tapi tidak ikut perang. Sebenarnya tak ada satupun dari Pandawa yang bisa mengalahkan mereka itu, tapi karena kehendak dewa2 Karna dan Bhisma … gugur. Dan,ini yang mau saya tekankan,Kurawa tidak identik dengan … jahat, karena ada ke tiga tokoh itu. Oh ya, Durna (Drona) dalam versi aslinya – India – juga tokoh ampuh yang sebenarnya juga tak terkalahkan,dan tidak,itu tadi, jahat … Lho, dari mobil mewah kok sampai Kurawa ? Lha, kan si Mbah yang menyebut Kurawa dulu. Blog abal2, mau apa lagi ?

    1. Simbah senang memiliki partner yang kritis dan cerdas seperti Kang Bala.

      Benar Kang, Kurawa tidak jahat. Kata ini simbah pakai untuk memberikan gambaran negeri yang tidak dikelola dengan menejemen yang baik, bukan mengatakan negeri Kurawa orang2nya jahat semua. Lha, simbah sendiri kena dong? (**jawaban ngeles ala simbah).

      Untuk selanjutnya mbah akan lebih hati2 menggunakan istilah dan kata2 agar tidak menggiring pendapat dan opini pembaca ke arah yang keliru.

      Artikel sudah diedit, kata Kurawa dihilangkan. Matur nuwun Kang Bala(ne)dewa

      salam
      wage

  2. untuk apa punya mobil yang bisa melaju dengan kecepatan tinggi?
    —————————
    ya cocok buat balapan..misalnya buat kebut2an di sirkuit sentil..eh..sentul. 🙂

    mobil mewah bukan berarti harus sgt mahal dan pasti cepat..
    misalnya mobil gede/bis (tidak cepat namun cukup powerful torsinya dan ekonomis)…
    interiornya (dgn karoseri buatan/rakitan lokal)…ada juga yg mewah..bahkan terang2an ada P.O menawarkan layanan VVIP selain kelas eksekutip pada bisnya

    namun sebagian mobil (mewah) ada yg didesain utk beroperasi di jalanan rusak…bahkan utk reli kayak paris dakar, dsbnya.

    aaah kebetulan…barusan ada yg parkir mobil (yg dikampung sy, berkesan salah satu termasuk yg mewah dan keren) yaitu Mitsubishi Pajero Sport Dakar…
    (wah berkesan mobil reli paris dakar neh),

    …eh…tapi sy perhati’in bentar…itu PSD koq kayak sama/berbasis type L200/strada yg suka dipake ngangkut barang/pasir yak. {15} {17}

  3. Nuwun Mbah…
    Gomong2 soal lubang..tetangga Paman lebih parah mbah, sudah tahu hidupnya gali lubang tutup lubang eh..malah nekad beli mobil, meskipun tidak mewah,

    lha..memang tetanga Paman ini kerjanya sebagai Wanita penjaja Sex kok mbah, jadi ya siap digali dan menggali.

    Paman Dalbo.

    Reply wage: Masih mendingan tetangganya Paman, karena setidaknya pakai duit sendiri. Nah, ini tetangganya simbah yang anggota dewan itu, sudah tahu negeri miskin, gali lubang tutup lubah, eh malah jalan2 keluar negeri. Mending penting dan mendesak, lha ini hanya untuk urusan lambang PMI. Katanya sih study banding, banding apaan? Parah khan Paman?

  4. Paman,

    Saya juga punya … tetangga, mantan psk, salah satunya mbakyu … teman saya. Saya kadang2 ngobrol sama dia. Tuhan itu maha – apa ya ? menciptakan bermacam-macam orang , ada yang mujur, ada yg gak begitu mujur nasibnya. Tapi para PSK ini kan membuat orang – pengguna jasa mereka – senang, mungkin baha-hahaha-gia. Beda dengan,misalnya, orang yg suka menggebuk orang lain karena alasan ini itu …

    .
    :mrgreen: Reply wage: Suka gebukin orang? Mungkin mantan petinju kali Kang? **nyengir***

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s