Film Penghinaan Agama dan Opini Otak Dengkul

Edit terbaru : Sekarang dilengkapi dengan video !!

Go to : KOMENTAR TERAKHIRDipertengahan bulan September ini, sebagian masyarakat dunia dikejutkan oleh berita tentang film penghinaan agama Innocence Muslim. Tidak ayal, kecaman, kutukan, penolakan bahkan demo rusuhpun meletus di berbagai tempat, terlebih lagi di negara yang berpenduduk muslim. Kecaman, kutukan dst dilontarkan hampir dari berbagai kalangan dan tentu saja tidak terkecuali oleh para blogger. Apa pendapat blog abal-abal untuk kasus “hangat” ini?

Hmmmm….harus berkomentar apa ya? Jujur, saya rada kurang berminat menanggapi kasus semacam ini. Pada tulisan saya jaman jadul: “Tolong, agamaku dihina nih !” , sepertinya sudah cukup mewakili opini saya tentang kasus penghinaan agama, yang intinya kurang lebih menjelaskan bahwa penghinaan agama adalah hal biasa.  Topik semacam ini hampir dipastikan akan berulang setiap tahun, jadi apakah tahun depan kita harus kembali membahas hal yang sama?

Namun beberapa orang rekan pembaca “1/4 memaksa” meminta saya untuk kembali menuliskannya jadi ya terpaksa harus ngalah, dengan catatan bahwa topik yang saya bahas adalah BUKAN tentang penghinaan terhadap Islam tapi penghinaan agama secara umum. Film Innocence Muslim yang disebut di awal hanya “sekedar alasan” saja untuk memulai diskusi.

Film? Ah, Video Kali?

Ok, tulisan saya mulai dari “gugatan” terhadap kata film. Film? Ah, video kali? Maaf kalau saya cendrung menyepelekan masalah. Habis bingung, apa beda film dengan video? Saya sih mikirnya rada bodoh, kalau cuma di diunggah di youtube, berdurasi pendek cuma 13 menit-an ya video sedangkan kalau film ya semacam “The Da Vinci Code“, diputar di bioskop dan perlu duit untuk menontonya. Tapi sepertinya film juga memiliki pengertian yang luas. Setiap gambar yang bergerak adalah digolongkan sebagai film. Ah, kagak tahulah, yang jelas, yang saya sorot disini bukan definisi tentang film dan video tapi tentang teknologi perfilm-an. (Keterangan gambar: protes terhadap film da vinci code, sumber unknown)

Di jaman digital sekarang, membuat video film tidaklah susah, siapapun bisa membuatnya dengan mudah. Kemudian dengan akun abal-abal, di-upload di situs gratisan youtube. Mudah bukan? Apakah itu artinya setiap tahun kita harus selalu demo gara-gara video abal-abal?  Jawabannya sepertinya Ya. Tapi apakah ada gunanya? Hmmm…

Sebagian orang memilih malakukan pendekatan yang lebih simpatik yaitu dengan protes damai tanpa kekerasan, menuntut agar penghina agama ditangkap, diadili dan dijatuhi hukuman yang seberat beratnya.  Harapan yang tentu saja sangat wajar. Tapi apakah mungkin?

  • Lho, kenapa tidak mungkin Mbah?

Mengenal Kebebasan Berpendapat di Negara Barat

Jawabannya terletak pada perbedaan hukum di negara barat dan negara teokrasi. Lain padang lain belalang. Apa yang dianggap sebagai penghinaan, ternyata diianggap tidak lebih sebagai kebebasan berpendapat dan dijamin UU di negeri barat. Ngomong-ngomong tentang UU, beberapa ratus tahun lalu, Amerika contohnya pernah mengalami perang saudara disaat memberlakukan UU penghapusan perbudakan. Ratusan ribu warganya tewas. Apakah hal ini membuat negeri tersebut membatalkan UU-nya? Jawabannya adalah tidak. Jadi dalam kasus UU kebebasan berpendapat mereka juga akan mengambil posisi yang sama, mati2an mempertahankan UU yang telah dibuatnya.

Nah sekarang sepertinya sudah sangat jelas bahwa kasus penghinaan agama dan nabi menjadi susah untuk diselesaikan lewat jalur hukum karena memang sipelaku-nya dilindungi oleh hukum di negara mereka. Buku, tulisan,  blog atau karikatur penghinaan agama sama sekali tidak dianggap melanggar hukum. Kasus Ayat-ayat Setan dari Salman Rushdie dan karikatur koran Denmark misalnya, tidak ada seorangpun pelakunya yang berurusan dengan hukum. Nah, sekarang sepertinya sedikit jelas, kenapa kasus penghinaan agama selalu melenggang dengan bebas. (Keterangan gambar: cover buku Salman Rushdie, sumber:unknown)

  • Jadi kebebasan beragama di negara barat adalah bebas sebebas bebasnya, termasuk juga menghina agama dan Nabi?

Kurang lebih seperti itu. Sepanjang tidak diikuti dengan kekerasan fisik, maka “kekerasan opini atau pendapat” dianggap bukan pelanggaran hukum. Opini harus dijawab dengan opini. Sedangkan opini dijawab dengan adu fisik itu namanya kriminal.  Agama bukanlah dianggap sesuatu yang sakral dan tidak boleh dibantah atau dikritisi.  Mereka menyebutnya dengan istilah kritis, sedangkan pihak lain menyebutknya penghinaan.

  • Sentoloyo Mbah. Coba kalau kasusnya dibalik. Gimana kalau agama siMbah yang dihina, apa tidak marah?

Agama siMbah dihina? Ha..ha…Silahkan saja. Mau menghina sambil gulin-guling juga Ok. Mbah tidak akan ikut ikutan terpancing dengan marah guling-guling. Emang siMbah ikan, mudah dipancing-pancing? Menurut saya, agama hanyalah sekedar daftar pustaka saja jadi tidak perlu dipeluk peluk nanti malah panas dan meleduk. Intinya adalah hidup senang dan damai, jadi kalau darah terus-terusan mendidih, untuk apa juga beragama?

“Keterikatan cendrung akan menyebabkan penderitaan dan agama adalah salah satu bentuk dari keterikatan yang paling menderita. Agama (apapun) intinya adalah berserah diri atau bahasa lainnya adalah pembebasan, bebas dari segala ikatan”. Wage

Tapi sekali lagi kalau mau menghina juga silakan. Dimana opini penghinaan ini harus ditulis? Ya tentu saja ditulis di blog sendiri atau di media dan site yang seide. Ibarat poster, kalau ditempel di rumah sendiri ya bebas, tapi kalau ditempel di rumah orang ya dianggap spam dan kemungkinan besar akan dihapus. Tapi omong-omong tentang “Niat menghina agama siMbah”, agama apa yang Sampean mau hina dan untuk apa? Lha, wong simbah agamanya abal-abal ya dihina juga percuma.

  • Bagaimana kalau orang tua atau leluhur Mbah dihina, apa tidak marah?

Duh, kenapa jadi alot begini? “Agama bukan orang tua, anak-anak dan juga bukan leluhur. Agama adalah kepercayaan. Kepercayaan yang bisa membuat seseorang baik tidak ketulungan atau sebaliknya, pemarah tidak ketulungan”. wage

Kalau kita berpikir jernih dan netral, sebetulnya kasus penghinaan agama bertebaran di dunia maya. Tulisan sara di blog jumlahnya tidak terhitung, kemudian karikatur, video bahkan ada lagunya lagi. Pelakunya bukan orang asing tapi justru orang Indonesia. Contohnya bisa dilihat disini, video musik fenomenal tapi sepi tanggapan:

Video penghinaan agama jumlah berjibum dan sudah ada sejak zaman jadul. Tahukah Anda bahwa sebagai reaksi dari  Innocence Muslim, sejumlah orang merealease video versi Innocence of Christians yang katanya ingin tahu reaksi para umatnya. Kemudian ada juga Innocence of Jews dan masih banyak lagi video lainnya.

  • Kagak ngerti Mbah.  To de poin aja, jadi  kesimpulannya apa?

Hah?! Kesimpulan? Ini khan blog abal-abal jadi apanya yang mau disimpulkan? Kalau simbah ya berpikir santai dan abal-abal saja. Kalau ingin marah ya marah saja, kalau ingin demo ya demo saja, kalau ingin bakar  ya bakar saja. Anarkis adalah jelas tindakan kriminal, tapi bagi sebagian orang bisa jadi dianggap benar. Nah lho?! Jadi apanya yang mau disimpulkan???

Agama sepertinya bukan tentang benar dan salah, tapi tentang keyakinan, pegangkan hidup, identitas dan juga ego. Jadi kalau membela agama adalah dianggap sebagai kebenaran, agama harus dipeluk peluk yah wajarlah kalau akhirnya jadi panas. Bantal guling aja kalau dipeluk peluk ya pasti panas ……..

Topik artikel terkait : Tolong, agamaku dihina nih !

Cara mudah untuk berkomentar : Klik  RATE, tumb up/ down. (Dengan klik RATE berarti anda sudah berkonstribusi memberikan data dan informsi pada penulisnya sebagai acuan untuk tulisan yang akan datang. Identitas pengunjung tidak dicatat alias anonymous)

57 thoughts on “Film Penghinaan Agama dan Opini Otak Dengkul

  1. Saya jadi teringat Rumi.. 🙂

    “Jangan tanya apa agamaku. Aku bukan yahudi, bukan
    zoroaster, bukan pula islam. Karena aku tahu, begitu suatu nama
    kusebut, kau akan memberikan arti yang lain daripada makna yang hidup
    di hatiku.”
    ~ Jalaluddin Rumi

    Reply wage: Jalaluddin Rumi, emang tokoh spiritual jempolan

  2. Marah atas penghinaan agama seseorang adalah tindakan yg wajar bagi banyak orang, tapi kalo sampe marahnya tidak ketulungan, tahi sampe naik ke kepala, bakar2an, bunuh orang (apalagi yang dibunuh, tidak tau menahu tentang film tersebut) sungguh adalah tindakan yang tidak menggambarkan orang yang beragama.
    Mungkin benar kata John Lenon, kalo saja dunia ini tidak ada agama, mungkin akan lebih tenang, tidak ada orang yang mati gara2 agamanya dihina. Agama cuman jalan untuk mempelajari tentang ketenangan jiwa, kalau sekarang….? sudah keluar jalur… ah ndak taulah, saya yakin banyak yang ngamuk2 itu kayaknya tidak pernah nonton filmnya…
    Semoga Nabi muhamad bisa menenangkan pendukungnya… semoga…

    1. Agama : Kadang seperti pisau yang tajam. Bisa untuk mengiris apel untuk dimakan bersama, tapi bisa juga untuk … menusuk orang. Zaman duluu di Eropa Gereja sering membakar hidup2 orang2 yang tidak se ia sekata dengan Gereja. Sampai kemudian Martin Luther membuat gereja sendiri – Protestan. Sekarang jarang ada orang Katholik yang ke gereja Kristen Protestan, dan sebaliknya. Orang2 Katholik dan Protestan dulu sering … perang. Seperti Islam Sunni dan Syiah.

      Reply wage: :mrgreen:

  3. Salam mbah…
    Tapi bagaimana kalo marah2 itu (katanya) adalah “perintah” agama itu sendiri…??

    ahh….sudalah mbah, ga usah ditanggapin, itukan masalah agama, bukan masalah saya dan bukan masalahnya mbah… 😀

    1. Terima kasih Bang, sudah mengingatkan. Cara paling baik, sederhana dan tidak pake kepala pusing adalah dengan tidak menanggapi. Tulisan di atas sudah berusaha ditulis se-general-mungkin, tapi tetap saja terkesan repot. Sepertinya lain kali harus lebih selektif pilih topik.

  4. kalau agama itu dari tuhan..ya seperti tuhan…jadi biar di sanjung, dihina, direndahkan, dibakar, dibasahi, digoreng pake minyak angin, ya tetep aja Tuhan yang tidak terbatas dan bersih suci…hehehhee…

    cuma ya kalau wilayah sakral di pemeluknya di anggap suci dan bikin naik darah dibandingkan wilayah profannya..

    dan wilayah sakral tidak bisa dipaksakan juga kepada orang yang menganggap itu tidak sakral…

    Tuhan mah lagi ketawa di singgasana di arsynya…”Ngapain ni orang2?.”
    “Nanti kalo ketemu pas modar. baru dah berharap modar lagi.”
    ehehehhehe….

  5. MInta Izin Comment mbah Wage..

    Penghinaan terhadap Agama ..sebenarnya “WAJAR”…..Lha Kok ? Lha, iyalah..karena masing-masing agama “MELARANG” mempelajari apalagi “MENGENAL” lebih dekat ajarana agama lain…Baca kitab suci…. eh pegang kitab suci agama lain aja dah di anggap penghianat.

    Kalo kita tidak bisa saling mengenal satu agama dengan agama yang lain dengan baik…WAJAR kalo ada “Hal” yang bisa menyinggung perasaan Umat yang beragama lain.

    Contone : Jelas-jelas namanya Haji Darmawan?? tapi saya ucapkan salam “Om swastyastu” lha saya khan gublok namnya itu..ngga menghormati melecehkan jadinya …nah khan memeluk agama bisa bikin mumet !!! Harus teposeliro sama si agama A, B,C,D dan E…kenapa mind set kita ngga kita bikin kayak si Pemimpi dan gendeng si Jon Lennon lewat lagunya ‘IMAGINE” …. Tapi saya dah “join us” sama beliau…

    Kebanyakan comment aku mbah …yo ben tambah mumet sing moco hehehee. salam damai yo para pembaca …Ojo jotos-jotosan yo le yo..sing Tertib…

    Salam Pendekar Syair Berdarah…

  6. oooh you tube…canggih dan jempol bisa menggoyang dunia…kalah bioskop ! dah nonton gak pake bayar..aaah aku hanya bisa bilang sialan lu !!

    Reply wage: Mbak ROsa. Selamat datang di blog abal2 :mrgreen:

    1. oooh you tube…
      ——————–
      aaah..YOUporn, redTUBE, TUBE8, dsbnya…koq ndak bisa diakses yah,
      dah disensor ni ISP lokal kah, mengapa pula harus disensor. 😕

      ganti DNS ah.. :mrgreen:

      🙂 eh.. tampil juga tu situs2 video…paporit 😳
      kalo dah ganti DNS masih ndak bisa…sih,
      terpaksa gunakan “jurus pamungkas”… VPN,
      ber IP address yg telah dipesan ISP di negara2 yg menganut kebebasan berpendapat. 😎

      REPLY WAGE: ada youtube ada youporn. Kalau Iporn ada ndak ya? atau belajar jujur, weareallporn

    2. belajar jujur..
      —————–
      gengsi dong Mbah 😛
      JIKA perilaku dan penampilan sy….agamis,
      serta selalu ikut pada aksi menuntut hukuman seberat2nya atau bahkan berkoar akan meminum darah si penghina agama yg sy anut.

      kalo Mbah nanya, apakah sy suka dgn konten iporn?
      (misalnya si Mbah mau ngasih itu video dari iporn buat sy)
      tentu saja sy akan bilang..TIDAK !
      krn dilarang agama sy, berdosa nonton video gituan 😈

      tapi..(setelah dipikil2)..ehem..boljug tuh Mbah 🙄
      dalam hati sih sy suka dan butuh banget 😦

      tinggal begimana caranya nih bilang ke si Mbah bahwa sy pengen minta ngopy/skalian unduhin itu video2 lainnya..ndak hanya dari iporn, tapi biar kesannya BUKAN UNTUK kebutuhan sy sendiri. 😳

      ya begitulah sekilas contoh sepele…sulitnya untuk belajar jujur,

  7. Nah ini dia contoh yang perlu ditiru, jujur dan tidak munafik. Ponografi susah diberantas karena banyak yang tidak jujur, menolak tapi menyukai. Kalau tidak ada peminat ya pasti bangrut sendiri.
    Makanya di topik pornografi saya tulis “UU Pornografi dibuat oleh pria, sama dengan UU Maling dibuat oleh maling”.

    Bagaimana dengan penghinaan agama? Tampaknya sama saja. Blog, tulisan ataupun cermah penghinaan agama sepertinya tumbuh subur dan menjamur, namun kebanyakan dilakukan dengan tanpa sadar dan tanpa merasa. Nah, ini namanya muna*ik alias tidak jujur.

    Termasuk juga blog abal2 ini? Jawabanya 100% YA.

  8. Pembuat film yang telah menyakiti banyak hati dan juga telah menimbulkan banyak korban jiwa itu sebaiknya didoakan agar ia cepat bertobat ya Mbah (menjalani hukumannya dan kembali ke jalan yang lurus) Sebab, kasihan jika ia sampai mati dan belum sempat bertobat. (Bila pedang lukai tubuh, pasti ada harapan sembuh. Bila film lukai hati, kemana obat hendak dicari?) Oh, indahnya cinta… Oh, indahnya permainan kehidupan ini.

    http://bangbois.blogspot.com/2012/09/memahami-hakikat-sejatinya-kita_8.html

    1. Selamat datang Kang Bois. Senang rasanya mendapat kunjungan dari bloger terkenal seperti Anda. Saya sudah berkunjung dan membaca artikelnya. Mantap dan terbengong2, acung 2 jempol, Kebetulan artikel bulan depan adalah tentang roh, jadi seakan mendapat tempat untuk referensi.

      Tentang doa tobat untuk penghina, nah, ini dia komentar yang mantap. Sekalian juga untuk yang bakar2an juga didoakan. Yang membalas dengan hinaan juga didoakan. Pokoknya semua didoakan agar selamat. wage

    2. ===
      Sekalian juga untuk yang bakar2an juga didoakan. Yang membalas dengan hinaan juga didoakan. Pokoknya semua didoakan agar selamat.
      ===

      Setuju Mbah. Itulah sejatinya yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau ingin semua umat manusia selamat.

      ===
      Senang rasanya mendapat kunjungan bloger terkenal seperti Anda
      ===

      Masa sih Mbah saya terkenal… (gak percaya) Kalau Mbah yang terkenal saya percaya ^_^

    3. @ Bang BOIS, manusia kagak benar dan 1/2 sinting memang cepat terkenal. wakakakkk…namun terkenalnya cuma di seputar lingkungan RT abal2 doang. Ah, terkenal yang tidak bermanfaat. Btw, tulisan bang Bois bagus2. Keep writing ya dan jalan terus. Saya akan jadi pembaca setianya.

  9. Indahnya cinta, jeleknya … agama ! … Wong agama kok sampai bikin orang mati ! Dulu ada filem mengenai Yesus – Jesus Christ Super Star – yaang juga di demo orang Kristen. Tapi, nggak ada yang mati. Kalau filem mengenai agama di demo dimana-mana, sampai ada yang mati demi membela agama ,kalau gereja atau mesjid (biasanya milik orang Syiah) di bom nggak ada beritanya, orang adem ayem saja … Oh Allah, ampunilah sementara umat Mu yang mengatasnamakan agama merugikan orang lain.

  10. Demi agama orang rela MEMBUNUH duta besar dan orang lain. Tuhan memerintahkan umat Nya untuk main bunuhkah ? Apakah Tuhan sudah tidak berdaya lagi sehingga bunuh membunuh harus di …delegasikan ?! Tuhan maha kejamkah – bukan maha pengasih ? Indahnya cinta, jeleknya agama, agama yang kurang PD .

    1. Indahnya cinta, jeleknya agama, agama yang kurang PD .
      ___________________________________________________
      Itulah akibatnya kalau Agama kurang PD (Paman Dalbo)

    2. Paman, dulu waktu kecil, dikampung saya ada perguruan pecak silat namanya PD (Prisai Diri), Ingin ikut gabung tapi tidak PD (Punya Duit). Akhitnya bertekad untuk nabung dulu, tapi eh uangnya hilang diambil sama pacar yang pacar tukang PD (Plorotin Duit). Duh, andai di dunia ini ada PD (Pohon Duit) ……….Selingan (Jaka Sembung bawa golok) agar tidak panas.

  11. Setuju Mbah. Itulah sejatinya yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau ingin semua umat manusia selamat.
    ===
    Yang bener nih. selamat buat manusia Hindu,Buddha,Kristen,Katholik,Konghucu. Kejawen.atheis, dll, atau cuma mereka yang berdoa pake bahasa asing ? Tuhan membeda-bedakan umatNya kah ? Tuhan yang maha … memberda-bedakan ? Tuhan yang MINTA disembah ?

    1. @ Mas Bois.
      Hidup adalah permainan. Kalimat yang bagus dan sepertinya sangat tepat Cuma saya rada bingung apa hubungannya dengan topik penghinaan agama? Apakah penghinaan agama juga termasuk permainan? Kalau Ya, permainan siapa? Amerika? Israel?

      Saya koq merasa sebaliknya “Hidup bukan permainan tapi dipermainkan”, ya agama, emosi, undang2, pajak, pemilu bahkan harga kebutuhan pokok juga dipermainkan. salam

    2. Life is a game ? Hidup , menurut saya, lebih merupakan mbelgedes daripada permainan. Di blog ini banyak yang menganut prinsip mbel (gedes) ini, tapi cuma beberapa orang saja yang jujur mengakuinya.

    3. Jujur, mujur atau hancur ?
      Bejat, banyak sahabat jadi pejabat,
      Munafik, pura pura menampik, makan kripik
      Lha kalau mbel (gedes) ? sambungannya apa ya?

      *** asal balas komentar. mendinginkan suasana

    4. @Mbah Wage

      Gini loh Mbah… Semua yang ada dikehidupan ini kan ciptaan Tuhan. Termasuk film tersebut. Tujuan Tuhan menciptakan film tersebut adalah untuk bahan ujian. Bagi si pembuat film, ujiannya adalah ia dibebaskan memilih membuat film tersebut atau tidak. Jika ia sudah membuat, ia dibebaskan memilih untuk menyebarkan atau tidak. Dst. Begitupun dengan para penonton film tersebut, semua pilihan yang tercipta akibat disebarkannya film tersebut tentu bebas juga untuk di pilih. Mau marah ya silakan, mau demo damai atau anarkis ya silakan, mau mendoakan juga silakan. Dan nilai tertinggi dari hasil ujian tersebut adalah siapa yang mampu memilih yang terbaik (terbaik menurut Tuhan). Intinya, apapun pilihan yang diambil pasti ada nilainya. Ada yang mendapat nilai 100 dan bahkan ada yang minus. Dan siapa saja yang pantas mendapatkan nilai plus, tentulah mereka yang sudah mendaftar sebagai pemain, yaitu mengakui Allah SWT sebagai Tuhannya dan Muhammad SAW sebagai utusan-Nya. Begitupun dengan pilihan Mbah untuk membuat Blog ini, tentu ada nilainya. Dan pilihan yang diambil setelah membaca komentar saya ini pun tentu ada nilainya. Dan semua ini adalah permainan yang harus kita mainkan, yaitu berusaha memilih takdir yang terbaik menurut Tuhan. Orang percaya pada Tuhan adalah pilihan, begitupun degan tidak percaya Tuhan juga merupakan pilihan. Dan semua pilihan yang diambil di dalam permainan ini tentu akan dipertanggungjawabkan. Mendoakan/membantu orang yang tidak percaya Tuhan agar mendapat petunjuk Tuhan adalah pilihan yang terbaik, ketimbang memilih untuk mengejek atau bahkan memaksa mereka, yang justru akan mendapat nilai buruk.
      Begitulah jawaban singkat saya, Mbah. Smoga Mbah bisa mengerti. ^_^

    5. @ Mas Bois yang bijak dan baik hati,
      Saya takjub membaca pemaparan Mas. Sangat sejuk dan nyaris tidak bisa dibantah. Kalau seandainya semua mengambil sikap seperti ini maka negeri ini akan damai, bersih dari hura-hara kasus penhinaan agama. Life is game. Sepertinya saya mulai menyukai kalimat tersebut.

      Cuma penilain Mas Bois untuk blog ini yang sepertinya harus saya bantah. Blog ini sama sekali tidak ada nilainya. Lebih banyak sesatnya dibandingkan manfaatnya. Banyak orang2 sesat disini Mas, saya hanya menyediakan tempat agar tidak berkeliaran. Wakakakkk…..

      Kalau saya dan rekan lain salah kata, mohon dimaafkan. Yang jelas jangan kapok berkunjug ya…

      wage

    6. Gini loh Mbah… Semua yang ada dikehidupan ini kan ciptaan Tuhan. Termasuk film tersebut……
      ————————————————-
      Orang Islam Syiah juga ciptaan Tuhan. Orang Ahmadiyah juga ciptaan Tuhan. Tapi, mereka sering harus … mengungsi dan dipukuli karena ada ciptaan Tuhan yg lain yg mengatakan mereka … sesat. Orang Yahudi juga ciptaan Tuhan, seperti juga orang Amerika dan China ; emangnya mereka ciptaan setan ?!. Orang Hindu,Buddha,Konghucu,Tao,Kejawen,atheis,humanis,nylekuthis,dll, juga ciptaan Tuhan. Komplit plit lah ciptaan itu Om Tuhan. Dan Tuhan tidak pernah … MEMAKSA orang untuk beragama Kristen,Islam, Hndu, Buddha,dll. Yang sering memaksa itu kan orang2 bodoh yang sok tahu . Byar padang terawangan awang uwung ora ono opo2 sing ono ming INGSUN.

    7. Tuhan tidak di atas/bawah sana. Apalagi cuma di satu negara. Tuhan ada di … HATI setiap manusia. Jangan dengarkan omongan orang , jangan percaya buku2 yang ditulis manusia, dengarkan (kata) hati kita, yang tidak pernah bohong.

      :mrgreen: Reply wage:
      Buku yang ditulis manusia? Emang, ada yang lain Kang?

    1. Game yang bagus dan kreatif, namun sepertinya target dan sasarannya hanya untuk “kalangan sendiri”. Tapi kalau tujuannya sebagai bentuk perlawanan damai atau sekedar buat “menyenangkan diri sendiiri”, yeah, baguslah….

      Game terbaik menurut saya adalah GAME INI. Praktis, mudah, murah dan tidak perlu download. Apapun agama Anda, apapun kepercayaan Anda, game ini pasti cocok.

  12. wow….. keren juga suara yg nyanyi di Jesus vs Buddha nya mbah….
    suara merdu juga, kok ga jadi artis aje ye…. 😀

    Reply wage: Mungkin berharap terkenal dengan cara cepat ?! :mrgreen:

  13. Apakah penghinaan agama juga termasuk permainan? Kalau Ya, permainan siapa? Amerika? Israel?
    —————————————
    wah asyik tu Mbah,
    kalo seandainya membuat karangan (dgn rasa teori konspirasi, berdasarkan metode cocologi), trus dijual/dipublikasikan dlm bentuk buku maupun scr media audio visual, mungkin saja akan laris di negara2 dan tipikal masyarakat tertentu.

    oya, hati2 Mbah.. dgn apapun bersimbol logo segitiga/bintang (misalnya pada uang dollar, bendera israel dan bentuk bangunan pentagon, dll), itu logo gerakan terselubung Dajjal maupun satanic loh.
    ,,(^_^),,

    1. @ Kang O`on
      Cocologi? Ha..ha…
      Logo gerakan setan? Lha kalau simbah sendiri setannya gimana? Yang perlu diwaspadai adalah saat pakai celana dalam. Hati2 agar tidak tertukar dengan pacar atau istri. Khan bentuknya hampir sama, segitiga juga……

    2. Lha kalau simbah sendiri setannya gimana?
      ————————-
      kalo si Mbah bukan setan, kan ntar bisa berasalan karena di/tergoda setan.
      kalo si Mbah setannya, nanti si Mbah ndak mau saya sekutukan dgn tuhan
      (begitu pula dgn si tuhan,..konon katanya, ndak mau disyarikatkan dgn setan).
      🙂

      celana dalam. Hati2 agar tidak tertukar dengan pacar atau istri
      —————————
      tertukar.. sy pake cd punya si Dia…ya boljug,
      mungkin saja sy akan merasakan sensasi yg…ehem.. 😳

      lah kalo tertukar… sy malah pake cd punya si Mbah 😯 ❓
      njiir..cilakdut coy. :mrgreen:

  14. Salam Kenal Mbahm saya baru kali ini baca tulisan Mbah, apik pisan pemaparan.
    Teman2x ( kalau mau dijadikan teman ) enak juga komentarnya.
    Penghinanya Mungkin gak waras, tapi kalau menanggapi apa waras ?
    Kalau waras kok sampai bunuh-bunuhan, lagian yang dibunuh gak ada sangkut pautnya dengan orang yang buat film ( eeh film apa video ya ? )
    lebih damai kalau cuekin saja nanti juga capek sendiri …

  15. @ Sdr NS
    Selamat datang di blog abal2. Pertemanan tentu saja diterima dengan senang hati. Penghinaan agama memang selalu ramai, rusuh dan alot, membuat si penghina semakin bersemangat. Saya setuju dengan Anda yaitu ditanggapi dengan santai saja, kalau dicuekin nanti juga bosan sendiri. Tentu saja ini tidak berlaku untuk semua orang atau semua kelompok agama, jadi hanya berlaku untuk yang setuju saja.

  16. Ehhh…. kok saya baru tahu ya kalau twembok itu punya perasaan… 😆
    wakkkk….. suuuoooriiiii…. guyonan… maapin ane please… 😳

    1. Tembok mungkin tidak punya perasaan Kang, setali tiga uang dengan muka tembok. Namun walau tidak punya perasaan, yang jelas “sepanjang hidupnya” cendurng bermanfaat bagi banyak orang. Bayangkan aja kalau rumah tanpa tembok apalagi toilet tanpa tembok…….

      Nah, sekarang kalau muka tembok, untuk apa coba ???!

      (abal abal mode on)

    2. wakkkkkk… rumah tanpa tembok seperti masuk toples…
      hmmm …muka tembok buat apa? … weehh… nggak tau kang…. soalnya yg punya muka tembok nggak pernah ngaca sih.

  17. Komentar dengan hati senang dan tetap terpaksa karena ada setan islam dimana-mana yang katanya cinta damai, tetapi mereka saling membunuh sesama muslim..?cinta damai adalah lepservis dari lidah ular muslim sedunia.

    1. Salam Mr Nunusaku,
      Semoga spirit cinta damai tumbuh dan berkembang di hati banyak orang. Semoga pembunuhan terlebih lagi atas dasar atau alasan agama tidak ada lagi……..

  18. Hinalah agama yang kamu benci, bahkan kutuklah agama yang kamu benci, karena sesungguhnya agamamu adalah menganut paham kebencian… hahaha.. memang kalo belum ngerti enak asal ngomong, orang zaman sekarang mau dibilang tambah pintar tapi kenyataannya bertambah deh kebodohannya, pemikiran dangkal dilahap semua, bahkan lebih bodoh dari binatang, parah.. agama sontoloyo atau umatnya yang sontoloyo…

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s