GOD, Tuhan Hanyalah Konsep

Penulis: Wage Rahadjo

“Tuhan hanyalah konsep”, judul tulisan yang mungkin sangat tidak disukai oleh sebagian pembaca, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki rasa fanatisme diubun ubun. Tapi yeah, mau apa lagi, tulisan ini walau tidak menyenangkan tetap harus saya tampilkan APA ADANYA.

“Tuhan hanyalah konsep”, kalimat yang tentu saja terasa janggal namun yang jelas ada sebagian orang yang mempercayai, menganut, mengimani dan bahkan menyebarkannya. Salah satu tokoh yang sangat getol menyuarakan pendapat “Tuhan hanyalah konsep” adalah seorang sorang penyanyi legendaris yang mungkin sudah Anda kenal yaitu salah seorang personel group musik The Beatles yaitu John Lennon.

Lewat lagunya yang bertitile GOD, ketidakpercayaannya pada Tuhan, kitab suci Bible dll semuanya diumbar dengan terang terangan. Tidak ayal lagu ini mendapat tantangan keras dari sejumlah ulama tokoh gereja. Berikut petikan lirik dari lagu tersebut.

GOD

God is a Concept by which we measure our pain
I’ll say it again
God is a Concept by which we measure our pain

I don’t believe in magic
I don’t believe in I-ching
I don’t believe in Bible
I don’t believe in Tarot
I don’t believe in Hitler
I don’t believe in Jesus
I don’t believe in Kennedy
I don’t believe in Buddha
I don’t believe in Mantra
I don’t believe in Gita
I don’t believe in Yoga
I don’t believe in Kings
I don’t believe in Elvis
I don’t believe in Zimmerman
I don’t believe in Beatles
I just believe in me…and that reality

…etc

OPINI PENUTUP

Lirik lagu yang sangat menarik  dan berani. Walaupun diungkapkan di negeri barat yang notabene mengaggungkan kebebasan berpikir dan berpendapat, lagu tersebut tetap saja mengundang kontroversi karena dianggap terlalu berani. Bayangkan, semua kitab suci agama besar disanggah, “I don’t believe”. Asem

Namun tahukah Anda bahwa Lennon sebetulnya tidak seberani dan sevokal yang kita duga. Ternyata ada kitab suci lain yang sepertinya sengaja dilewatkan. Jadi segila atau berani apapun seorang Lennon, tetap masih mikir-mikir alias penakut juga.

  • :mrgreen: Asem, ndak jelas Mbah. Ini lagi nulis artkel, review lagu atau review agama?

Ah, suka-sukanya siMbah. Lagian khan ini cuma blog abal-abal. Kagak perlu serius-serius amat……

 

Keterangan gambar atas: Taj Mahal,
Sumber image: wikipedia

29 thoughts on “GOD, Tuhan Hanyalah Konsep

  1. Mbah eh eh eh, ya kira-kira senangnya seukukur hanya, … mbah benaran kan tuhan berada disejagat, jadi konsep disejagat juga banyak konsep jahat dan baik berjalan, sehingga aku berhati luwes berkata bahwa Tuhan adalah maha konsep mbah, aritinya konsep sekarang adalah aneka jenis dari bahagian ciptaannya, sory and please excuse me mbah…..

  2. Mbah …. ya jangan mengukur mbah (hanya), TUhan sangat maha mbah, maka dia berada disegala diri manusia, makluk mati atau hidup bahkan di seluruh planet, karena itu Tuhan juga menciptakan setan dan malekat, mohon mbah diperbaikilah TUHAN HANYA KOSEP, monggo ya mbah, maaf aku hanya kata hatiku,

    Reply wage: Mbah khan lagi nulis pendapat mbah Lennon yang menganggap Tuhan adalah konsep. Jadi ya ditulis apa adanya. Sedangkan kalau pendapat orang diubah-ubah, malah jadi mbelgedez…..

  3. pecinta Tuhan…
    ——————
    ketika tiba saatnya si tuhan (dan juga si tuhan ala agama) tidak lagi mencintaiku,
    kan kudendangkan nyanyian bagaikan lagu ini..

    (^_^)v

  4. TUHAN hanya dalam PRASANGKA MANUSIA , bila dia atau manusia itu berfaham dan hanya selangkah maka ilmunya adalah dalam jangkauan langkah itu saja dan bila manusia itu hanya membaca selembar halaman buku maka pengetahuan itu tidak lebih dari bacaan selembar itu……
    Apakah sudah CUKUP mengenal Tuhan HANYA dengan pengetahuan yang amat sedikit itu ??…selembar saja dari kitab buku yang maha tebal atau dengan kias sudah cukup dan benarkah dengan contoh sebutir pasir untuk bisa menggambartkan maha luasnya alam semesta.??…

    Hakekat Tuhan akan hancur lebur bila yang bicara dan yang mengungkapan tentang jati diri Tuhan adalah manusia yang kepala dan hati nya penuh nafsu dan ego tanpa akal dan hati yang bening , dunia yang sudah dilihat oleh matanya dan hiruk pikuk yang didengar oleh telinganya lalu dianggap bisa mewakili ujud dan sifat semua isi alam semesta ,,bahkan Tuhan diduga dan digambarkan oleh mereka dengan pasti seperti ini dan itu berdasar keadaan yang maha kecil dan ilmu yang maha sedikit itu yaitu bumi dan sifatnya , lalu dengan beraninya manusia ini memaksakan kepercayaan itu kepada manusia lain dengan mengatakan bahwa Tuhan itu maunya begini dan begitu dan kalau tidak maka kamu akan AKU SIKSA dan masuk NERAKA hanya karena TIDAK ber AGAMA yang INI…. .ha ha ha ….wes mateko ae sekarang juga untuk semua manusia yang tidak seagama seperti itu….
    Percuma saja hidup dan percuma berbuat baik bila ukuran baik benar dan suci hanya dengan sisi pandang agama yang dianut dan bukan dari perbuatan budi akal dan nurani yang bagus dan mulia yang mengakibatkan kedamaian dan manfaat untuk manusia lain………..salam damai….

  5. Tuhan Maha INI dan ITU , ,,,pemikiran kita juga dipengaruhi kuasa dan kehendak NYA , manusia boleh berpikiran ini dan itu , BAIK dan BURUK juga atas kehendak DIA dan dikatakan sebagai kuasa dan takdir dari Tuhan…silakan berdiskusi tentang Tuhan dengan kopi segentong dan ditambah 1 drum besar , apakah akan menemukan jawaban yang PASTI tentang DIA ,

    Tuhan ada dan dipercaya oleh manusia dicetuskan oleh siapa ??…..siapa saja manusia yang sudah bertemu dengan Tuhan dan apakah pengetahuan manusia tentang Tuhan itu sudah mutlak betul menurut faham mereka ??, paling paling mereka hanya percaya saja atas ajaran agama dan para nabinya dan manusia biasanya ketakutan dengan hukum hukum yang diciptakan manusia yang mengaku sangat taat kepada agama atoTuhan dan mereka tidak segan segan membunuh manusia lain kalau tidak percaya kepada Tuhan mereka dan memaksa mengikuti agamanya dengan cara yang halus atau kasar, kalau tidak ikut dan sefaham dituduh sebagai manusia sesat dan kafir….ha ha ha…sesat kok dilihat apa agamanya dan bukan dilihat perbuatan dan budi orangnya , kasihan mereka digebyah uyah podo asine…….jangan menutup mata dalam soal ini dan peristiwa ini sudah tertulis dalam sejarah……….

    Tuhan jelas sudah dan pasti bersama mahluk dengan kuasa dan sifat kasih dan sayang , sifat Tuhan ada dalam.diri manusia dan manusia tersebut akan mengenal DIA sejak mereka dalam keadaan SADAR atau berkesadaran sebagai mahluk ciptaan sempurna , BUKAN sempurna karena HARUS dan sudah beragama yang diklaim sebagai agama paling benar , kalau itu dipaksakan akan berakibat dan mengisyaratkan bahwa TUHAN TIDAK ADIL dan seakan Tuhan menutup diri dan TIDAK MAHA NYATA terhadap manusia mahluk lain yang tidak beragama paling benar dan suci…..

    Tuhan adalah Maha Kuasa dan memegang semua yang ada dalam alam penciptaan dan jangan membatasi dan mengkerdilkan arti kuasa Tuhan dan sifat sifat NYA dan sepertinya banyak manusia yang mengaku sebagai paling benar dalam beragama hanya menduga duga saja dan percaya buta tentang Tuhan dan takut dengan dogma dan doktrin ajaran agamanya sehingga jiwanya tidak bebas merdeka , masih jahat , masih banyak ego , banyak pikiran kotor dan keduniawian , tidak welas asih ….Salam Damai….

  6. @ ANONYMOUS & ALL


    Tidak ada yang salah dengan judul tulisannya, koq minta diperbaiki sih? Lagipula ini khan pendapat si John. Ada yang namanya resensi buku yang artinya kurang lebih membedah isi suatu buku. Nah, tulisan ini juga kurang lebih sama yaitu “Bedah Pendapat atau pemikiran”, jadi isi atau pendapatnya Lennon tidak bisa diubah-ubah, nanati malah aneh dan membingungkan. Dunia bisa kacau kalau setiap orang selalu ingin mengubah orang lain yang dianggapnya salah.

    Tulisan ini tidak lebih hanya ingin mengenalkan perbedaan sekaligus mengingatkan bahwa dunia tidak selebar daun kelor, disamping sebagian orang yang menganggap Tuhan adalah nyata, tidak ada wujud tapi bisa bersuara, ada juga sekelompok orang yang berpendapat bahwa tuhan hanyalah konsep.

    @ ANTERAJAYA
    Tuhan adalah maha konsep. Good….

    @ O’On
    Ha..ha… Clip lagu menarik

    @PECINTA TUHAN
    Komentar yang selalu menarik dan akan selalu saya tunggu2.

  7. Sangat setuju dengan dugaan dan anggapan bahwa Tuhan hanyalah konsep , tetapi konsep yang mengarah kemana ??…..hek hek….konsep demi kepentingan umum semua mahluk atau hanya demi dirinya sendiri atau kelompok dan golongannya…..??

    Mbah Wage ….kalau Tuhan adalah konsep maka agama itu apakah juga konsep ??, khan hanya ajaran agama yang selalu membicarakan tentang Tuhan , bahwa Tuhan harus menerima ini itu dan memberi ini itu juga kepada manusia ….he he he seperti hubungan timbal balik gitu , saling menguntungkan ,
    Tuhan dan agama mungkin konsep supaya manusia bisa digiring kearah tertentu dan diajari tentang sesuatu dan akan meraih hal tertentu juga ??…

    Ada pertanyaan anak saya yang bikin saya malu kepada diri saya karena tidak bisa menjawab , pertanyaan yang diajukan dia , kenapa harus ada TIKUS GOT berkeliaran di gang dan kadang masuk di rumah lalu nyolong makanan kita……saya jawab dengan enteng ,…lha iyalah , mereka kan juga harus makan untuk bisa dan bertahan hidup , kluyuran malam untuk ngais sampah bahkan nyolong makanan supaya aman dari gebukan orang , boro boro manusia memberi makanan , ketemu saja mereka sudah ingin membunuhnya ……

    Saya lalu bertanya dan merenung atas jawaban saya sendiri soal tikus got yang bernasib MALANG dan MENGENASKAN itu….apa sebenarnya salah si tikus dan kenapa Tuhan menciptakan mahluk yang SEPERTI TIDAK BERGUNA bagi manusia dan tidak hanya tikus saja sebagai musuh manusia , nyamuk , ulat , ular , kalajengking juga bernasib sama dianggap musuh yang WAJIB untuk dibunuh…..apa sebabnya ??…karena membahayakan dan sangat tidak menguntungkan bagi manusia…….

    Lha kalau para binatang itu memang tidak berguna bagi manusia lalu kenapa Tuhan selalu ngotot dan mengadakan mahluk itu Tuhan menghidupkan dengan kuasa dan kasih tapi manusia mematikan dengan rasa kebencian dan jijik….ha ha ha ..
    Kenapa Tuhan masih mengadakan banyak hal yang seperti tidak berguna bagi manusia , Saya jamin dengan pertanyaan sepele ini saja maka banyak manusia top markotop kelimpungan menjawab ….demi apa dan demi siapa para tikus ada dan hidup ???….

  8. kenapa Tuhan menciptakan mahluk yang SEPERTI TIDAK BERGUNA bagi manusia
    ————————————————-
    benarkah itu si tuhan yang menciptakan mahluk?.

    kalo melalui sayen modern…
    mahluk hidup (biologis) tidak mudah dan tidak ada yang menciptakan kecuali karena hukum alami (ato lebih dikenal dgn fisika, menghasilkan kimia, biologi, dstnya) membutuhkan proses yg dikenal dgn istilah evolusi.
    serta faktor peluang, krn tidak semua planet dapat mendukung kehidupan mahluk biologis.

    salah satu contoh simpel,..
    sebagai orangtua/pasutri, siapakah yang menciptakan anak/keturunannya?
    bukan siapa2, kecuali pasutri itu juga yaitu (maaf) “teknisnya” scr natural berawal dgn melakukan hubungan sex,
    dan adanya perempuan yg tubuhnya scr natural/kopi paste genetik/evolusi terdapat fasiltas/rahim utk memproduksi balon manusia.

    kita/manusia dan mereka/binatang2 itu..adalah sama2 mahluk biologis (baca: binatang).
    hanya saja di planet bumi ini manusialah sebagai mahluk yg scr proporsional lebih berkuasa..dibandingkan binatang2 lainnya.
    krn lebih berkuasa itulah kita manusia jadi berpendapat bahwa mereka berguna dan atau tidak berguna.

  9. krn lebih berkuasa itulah kita manusia jadi berpendapat bahwa mereka berguna dan atau tidak berguna.
    ————————————————————————————————————————–
    Kita yang sebagai manusia yang lalu berpendapat bahwa mereka berguna atau tidak berguna….yang berguna dan ada manfaat lebih dan uuuenaak kita bolo dan yang tidak menguntungkan ato apalagi yang merugikan dan melawan kita libas dan di gebugi ampe mampus dan pasti mereka kalah atau tidak membalas karena mereka lemah dan bolonya sedikit …… …..

  10. //Saya jamin dengan pertanyaan sepele ini saja maka banyak manusia top markotop kelimpungan menjawab…//@Mahluk Hina
    …………………………
    Makanya jangan jadi manusia top markotop. Solusinya: Jadilah manusia abal-abal. Tidak akan pusing dengan pertanyaan apapun…..

  11. Makanya jangan jadi manusia top markotop. Solusinya: Jadilah manusia abal-abal. Tidak akan pusing dengan pertanyaan apapun…..
    ——————————————————

    Mewakili Kang Mahluk Hina…

    Jadi manusia abal abal setengah jadi ??…enggaklah…mau jadi manusia mbelgedes saja….jiah ha ha huk huk uuuk……

  12. @ WageR,

    Sangat tipis sekali kemungkinan bahwa pak John memeluk islam (sorry to the point aja), tapi kita bisa memaklumi dan memahfuni jika ia tak pernah menyebut kata islam dalam lagu2nya, bisa berati ia memang tak tertarik islam, yg kedua bisa jadi ia berhati2 supaya tidak menyinggung umat islam, kalau iya, kan bisa gawat mbah, jadi beliau mungkin realistis aja.

    Masih ingat film kiamat 11-11-2011 kan?… kalau embah pernah lihat, di situ di gambarkan gereja yang hancur berkeping2 dsb, tetapi masjid (apalagi ka`bah) tidak di perlihatkan barang secuilpun yang rusak atau tersenggol.

    @ Makhluk Hina,

    Apakah agama juga merupakan konsep (manusia), bisa jadi iya, konon agama kelangitan yang mengeklaim bahwa kitab mereka adalah datang dari langit (Tuhan) dan merupakan kebenaran yang abselut perlu di kritisi, Sebenarnya konsep agama dan keTuhanan tertua di dunia adalah ajaran Zoroaster, yang di bawah oleh seorang putri dari persia yang bernama Chista ( chista artinya cerdas), pada tahun 1725 BC (sebelum masehi), konon ajaran ini pertama kali di perkenalkan oleh sang Ayahanda tentang konsep monotheisme murni, ia adalah agama tertua di dunia yang tercatat dalam literatur arkeologis, Filsafat Zoroaster diringkas dalam tiga ajaran, “Hati yang baik”, “Perkataan yang baik “,” dan Perbuatan yang baik “. Namun seiring pergantian generasi dan zaman, ajaran ini berangsur-angsur menyimpang ke arah penyembahan dan pembelokan-pembelokan lainnya.

    Boleh jadi agama samawi itu juga mencomot ajaran-ajaran sebelumnya, yang kebetulan dari budaya dan bangsa lainnya, tapi ngakunya aja agama yang datang langsung dari langit/ Tuhan… he he he… apa nggak malu ya ngaku2… kik kuk… ketahuan deh!

    @ Tikus Got,

    Usah bersedih kawan, semua itu lain ladang lain belalang, lain orang lain karakter budayanya?… ini ada komuniti tikus yang sangat di hormati di india, tikus2 ini di berlakukan bak Dewa, tinggal di kuil/ candi, makan minum, tinggal dsb di situ, dan manusia tidak boleh egois membasmi mereka… semua itu berawal dari ajaran welas asih, bahwa sesama makhluk hidup seharusnya saling menghargai dan menyayangi?…

    @ All,

    Lewat lagu imagine, milyaran penduduk di dunia terinspirasi oleh kata2 dalam lagunya, tapi ada juga manusia2 yang sangat tidak nyaman dengan lyric dalam lagu ini…

    salam imagine,

    dewi

  13. Boleh jadi agama samawi itu juga mencomot ajaran-ajaran sebelumnya, yang kebetulan dari budaya dan bangsa lainnya, tapi ngakunya aja agama yang datang langsung dari langit/ Tuhan… he he he… apa nggak malu ya ngaku2… kik kuk… ketahuan deh!
    ———————————————

  14. Sebenarnya ya agama itu bikinan manusia saja. Tapi, terus dikatakan ‘Ini dari Tuhan… dst’. Soalnya, kalau terus terang dikatakan ini kata saya ( nabi A,B,C) ya ndak laku …, ndak akan didengar orang. Agama : ini merupakan indoktrinasi dalam skala besar !
    Kalau kita lihat sejarah, agama itu penyebab kerusuhan dan perang, padahal, katanya, agama itu cinta damai. Ndak usah jauh2, bulan puasa warung2 banyak dipaksa … tutup siang hari, untuk menghormati yg puasa, katanya. Yang mendatangi warung datang membawa banyak orang dan gebuk.

    1. Bukannya justru bila hati dan pikiran dibuka seluas-luasnya, maka kebenaran yang sesungguhnya terkandung dalam agama itu sangat mudah dipahami? 🙂

  15. @ Dewi, bidadari bertanduk,
    siMbah tidak pernah menulis John Lennon masuk Islam koq, tapi menulis tanda ****** yang artinya bisa Yahudi, Baha”i, Sikh, Shinto dlll….(jawaban mbulet ala wage).

  16. @ WageR,

    Waduh mbah, so sorry and ngapunten yang banyak ya mbah….

    Pantesan dua hari yang lalu saya mimpi: embah memberi tanda block warna merah pada sebuah komment saya, tapi nggak tahu komment yang mana??…

    Saya was-was dan sempat kepikiran, apakah komment saya ada yang salah atau saya ada bikin kesalahan??…

    Dan ternyata saya salah berprasangka mbah… Terima kasih telah di ingatkan, sebagai murid padhepokan yang masih TK tapi cerewet poll, saya memang patut di hukum mbah.

    Aneh ya mbah, padahal kita belum pernah berjumpa dan bertatap muka, tapi energy itu kok bisa tembus ya mbah, walaupun hanya lewat mimpi…

    Mohon jangan marah ya mbah… embah manis dech… cup2x… hmmuuaahh2x!!…

    Salam rahayu,

    Dewi

    Reply wage: :mrgreen:

  17. ketika aku di puncak gunung, aku melihat keindahan, aku menemu kedamaian, aku berada di ketinggian, semua yang kupandang serasa dapat kusentuh, namun aku begitu kecil di atasnya, aku serasa dekat dengan langit tinggi nan luas, dan menemukan diriku juga Kau.
    kendati senyum tersungging dan begitu gembira, perjalananku tak mudah, beban dipunggungku adalah perbekalan guna menjaga kebutuhan selama perjalanan juga perlengkapan lainnya. setiap langkahku tak mudah, jalan yang mendaki dan menurun bukit, kadang curam, berbatu, berpasir, dan licin karena lumut atau tanah. kadang harus merambat pada tebing, tak jarang kiri dan kanan adalah jurang. kaki dan tangan lecet dan luka itu biasa, tak jarang menuruni bukit dengan pantat. untuk menuju keatas, ada jalan yang tersedia, tak ayal harus mencari jalan lain.

    hehehehehehehehehee
    nyambung ora iku njeh mbah 😀
    Salam

  18. Di Indonesia mungkin Iwan Fals kali ya? Sayang disini masih fanatis memuja Tuhan sih, jadi aja si om Iwan tak membahas tentang ‘konsep’ namun hanya membahas tujuan ‘berkonsep’.

  19. Catatan: Gita artinya adalah Bhagavad Gita, salah satu kitab Hindu. Zimmerman adalah nama seorang pemusik.(Wagerr)

    Zimmerman : Bob Dylan , yang menulis a.l ” Blowing in the Wind” dan ” And the Times They’re A Changin” ini nyaris 73 th. Mas Dylan ini masih kreatif dan aktif menyanyi. Kualitas lagu2nya jaaan ruarrr biasa ! Dylan itu mempengaruhi Beatles, dan banyak artis2 lain lho. Dia salah satu musisi, seniman yang paling berpengaruh di Barat lebih dari, eh hem.The Beatles.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s