JS: Agama, Perbedaan dan Rasa Nyaman

ng-bunga2Penulis : Kang JS

Salam hormat dan selamat pagi…….. Dimanapun dan kapanpun ketika berbicara tentang agama dan perbedaan maka akan timbul sesuatu rasa yang tidak nyaman bagi sebagian banyak orang dan kami adalah salah satu manusia yang tidak menginginkan adanya perdebatan agama dan Tuhan……..

Ketika kita sudah berbicara tentang Tuhan maka sebenarnya kita sudah tidak bisa atau tidak mungkin bisa berkata apa apa lagi …kita seperti menangkap angin….kita seperti orang buta yang dipaksa melihat benda….kita seperti orang bisu yang disuruh menyanyi….seperti orang tuli yang dipaksa mendengar……Semua sanepan diatas bukan berarti kita tidak perlu atau perlu membicarakan beda agama dan tuhan….

Apakah kita mampu sebagai sosok yang merasa terhormat dan merasa paling benar lalu mengaku sebagai mewakili SESUATU DZAT yang Maha Hebat …Maha tidak terhingga ilmunya….Maha Pencipta….Maha Halus..dengan mengatakan bahwa Tuhan maunya begini atau begitu dan bahkan dan mungkin umur kita akan habis dan masih harus hidup lagi dan butuh waktu lagi hanya untuk menerangkan kehendak perbuatan dan sifat Tuhan……..

Jangankan menerangkan Dzat Tuhan denga segala ke maha an…menerangkan diri kita atau roh kita saja maka saya jamin semua manusia tidak bakal bisa menerangkan……contoh yang paling gampang…kemana diri anda ketika anda sedang tidur….kenapa anda tidak bisa menghentikan jantung anda kalau anda mengaku bahwa jasad anda adalah milik anda atau sebagai pemilik tubuh anda…..

Kalaupun ada manusia yang mengaku atau mengklaim bahwa Tuhan adalah Maha Benar dan Maha Adil…Maha Kasih….dan maha yang lain maka coba terangkan soal sifat itu dan kami akan mempersiapkan sedikit pertanyaan yang akan membuat mereka semua golong koming menjawabnya atau mungkin marah karena tidak mampu menjawab…..ujung ujungnya atau paling paling mereka tetap saja ngotot dan bersikukuh mengandalkan apa yang ada dalam kitab dan bersikukuh dan sangat ngotot mempertahankan isi kitabnya meskipun dan ternyata sesuatu yang ditanyakan tidak ada jawaban didalamnya dan kalaupun ada mungkin hanya sedikit……..

Kenapa tidak dicantumkan dalam kitab bahwa dulu ada binatang yang besar dan lalu punah dan binatangg itu adalah dinosaurus dan gang nya dan kenapa dikatakan dalam kitab bahwa bumi adalah terhampar seperti datar dan tidak bulat dan kenapa dikatakan bahwa matahari adalah yang bergerak dan bukan bumi dan banyak lagi yang lain yang mempertotonkan kesalahan dan bukti sebenarnya…..maka kesalahan ini dijadikan bahan sebagai olok olok oleh mereka yang tidak percaya dengan agama dan kitab versi para Rosul dan Nabi padang pasir……ha ha ha…mangkelno…njengkelno….

Apakah kami atau mereka akan surut keimanan terhadap Allah dengan banyaknya bukti yang salah dalam kitab agama maka kami selalu mengatakan bahwa masih ada buku otentik yang tidak pernah berubah sejak jaman bahelula yaitu kalam yang tersirat…..buku hanyalah tulisan dan benda mati dan akan berbunyi bila ada mulut manusia yang mengucapkan……lalu kenapa manusia harus fanatik dan ego terhadap agama dengan berdasar buku yang setebal hanya sebegitu…….

Lebih dulu mana adanya alam ( kalam tersirat ) dan kitab ( kalam tersurat ) dan lebih hebat mana isinya dan lalu siapa yang menjiplak dan yang dijiplak……silakan untuk direnungkan dengan pikiran dan akal yang bersih…tidak fanatik dan ego…jawablah dengan bukti yang sudah ada…….

AGAMA dan kitabnya dan bahkan Nabi Rosul nya sebenarnya tidak mampu untuk menggambarkan tentang Tuhan dan hal gaib bahkan yang nyata dan agama sebenarnya hanyalah petunjuk dan tuntunan untuk manusia supaya bisa berbuat baik dan benar….tuntunan dan tuntutan supaya manusia bisa bersifat seperti bumi yang dipijak yaitu sebagai ibu dan bapak kita yang sudah jelas sifat dan tugasnya…memelihara…menghidupi…melayani…lalu apa balasan kita terhadap bumi…orang tua…dan Tuhan alam semesta…….Nuwun….

sign-js

Note :
Tulisan ini dicopy dari komentar Sdr JS yang dimuat tanggal
23 October, 2012 at 02:48 di topik Renungan Sesat Agama Sentoloyo.

10 thoughts on “JS: Agama, Perbedaan dan Rasa Nyaman

  1. agama sebenarnya hanyalah PETUNJUK dan TUNTUNAN untuk manusia supaya bisa berbuat BAIK dan BENAR….
    ——————————-
    maka wajarlah jika agama menjadikan sebagian manusia/umatnya berperilaku baik dan benar…MENURUT versi agama itu,
    namun apakah baik dan benar itu relevan scr universal/utk seluruh manusia/mahluk?.

    jangan2… konsep hukum (perdata dan pidana), etika, serta HAM…modern/terus disempurnakan, jauh lebih baik dibandingkan agama2….klasik. (^_^)v

  2. Salam hormat dan selamat pagi untuk sedoyo Panjenengan…..

    Kami sudah lupa bahwa tulisan diatas pernah ditulis Kang JS . he he …saya memang pelupa…..

    Perbedaan dalam agama ternyata berdampak sangat hebat di dalam masyarakat negeri ini , banyak peristiwa yang sudah terjadi dan peristiwa itu berakibat air mata kita mengalir keluar….

    Agama yang paling benar seakan berdiri ditempat tertinggi dan seakan mereka mengisolasi kelompoknya dan membatasi atau menutup pintu persaudaraan dengan sangat rapat untuk dan kepada yang tidak dan bukan sefaham…..kalau perlu saudara sekandung atau orang tua dan anak kandung harus minggir dan menjauh bila sudah masuk dalam ranah wilayah ritual menyembah kepada Tuhan mereka yang bernama Allah……

    Agama paling benar seakan mengangkat derajatnya sebagai ” sang majikan / raja ” dan golongan yang lain hanyalah seperti budak bagi mereka…..peristiwa ini sudah dipertontonkan di negeri asal mereka dan sepertinya bangsa kita sudah ketularan dengan pemikiran dan pandangan mereka……

    Kami sebagai mahluk ciptaan Tuhan YME juga berhak untuk berkata dan bercerita dan cerita ini mungkin adalah cerita dongeng belaka karena tidak ada saksi dan tidak ada bukti dan saksi dan saksinya hanyalah jiwa jiwa kami yang ingin benar dan berjalan lurus dan tidak lepas dari garis atau lingkup lingkaran hati nurani….

    Cerita atau berita gaib ini mungkin hanya untuk kami pribadi dan tidak untuk orang lain dan parahnya cerita ini sangat bertabrakan dengan dogma atau doktrin agama baru dan mayoritas…..kami sangat percaya dan meyakini bahwa sumber berita ini dari Tuhan YME dan semua ini sebagai acuan dan perbandingan atas semua cerita yang sudah ribuan tahun diklaim dan dipaksakan kepada manusia sebagai agama lngit atau wahyu dari Allah….

    Kalau mereka mengatakan bahwa semua yang sudah diterima sebagai wahyu dan semua peristiwa yang terjadi itu ada sebab dan akibat dan berasal dari ALLAH maka apa yang kami terima tentunya juga sama bahwa semua gambar gaib ini berasal dan bersumber dari Tuhan YME…lalu apakah sama Allah dengan Tuhan YME…..??….

    Tuhan YME bebas untuk berkehendak dan berbuat dan menurut kami Tuhan yang kami sembah adalah Tuhan yang menciptakan diri saya, entah siapa dan apa nama sebutan yang pasti bagi DIA….yang kami tahu dan kami dengar hanya kata kata yang pendek saja yaitu HU…..,
    DIA yang memelihara , mencukupi , memberi hidup , memberi kebahagiaan dan kedamaian kepada kami selama hati nurani tetap diturut dan dianut dan kami lebih percaya dengan berita yang bersifat pribadi ini dari pada berita dan cerita yang hanya konon dan katanya saja dari mereka disana dan diwaktu yang sudah lampau……….. …

    Dalam berita yang bersifat pribadi maka sepertinya ada maksud yang samar dan jelas maknanya kalau kami dianjurkan untuk mempelajari cerita Nabi ISA dan BUDHA. ,….hal ini bukan berbicara tentang agama tetapi pribadi para beliau yang kami duga dan kami anggap sebagai saudara sekandung…….

    Mbah Wage…maafkan kalau rumah ini saya kotori dengan tulisan yang ngawur dan abal abal dan ada dosa didalamnya … pengalaman pribadi untuk asah asih asuh meskipun kami nantinya mendapat murka dari Tuhan mereka……he he… …Nuwun….

  3. Mbah Wage…maksud saya…Nabi Isa dan Budha itu seperti saudara sekandung dan sepertinya ajaran para beliau adalah plek sama…mengajarkan welas asih…kasih sayang…kesadaran pola pikir…kedamaian jiwa , mengedepankan hati nurani….mencintai orang / manusia lain seperti mencintai dirinya sendiri….mencintai Tuhan yang disembah seharga dan senilai dan bahkan melebihi cinta dirinya terhadap dirinya sendiri….dan ini artinya sisi kemanusiaan harus dikedepankan , dihormati …tidak ada perbudakan penjajahan , pendholiman , aniaya.dan lain lain yang sangat bertabrakan dengan nilai luhur harkat martabat mahluk hidup yang berdirinya adalah sama di mata Tuhan YME…..

  4. //….. maafkan kalau rumah ini saya kotori dengan tulisan yang ngawur dan abal abal….. //
    (@ Kurcaci)

    Santai saja, blog ini cuma blog abal2, sudah kotor dari awal jadi silakan posting komentar dan ungkapkan pendapat dengan lugas dan nyaman. Asal tidak menyalahi aturan berkomentar ala blog abal2 maka dijamin komentar tidak akan dihapus koq.

  5. Wah-wah dengan senang berpikir sebatas manusia, dengan ikhlas agama adalah buatan manusia untuk mempersamakan golongan. namun diantara golongan tidak pernah sama bahkan golongan diberbagai daerah tidak sama sehingga bertindak pun mengganggu kenyamanan, karena golongan membenarkan diri masing-masing, memikirkan kembali sebelum ada manusia diciptakan bumi dan alam.

    Manusia pertama diakui seluruh umat adalah nenek moyang dan keturunannya punya semua umat didunia, perkembangan manusia pendahulu pasti perkawinan sesama saudara, bisa jadi dengan anaknya sendiri, ponakan dan seterusnya yang semakin lama semakin semrawut maka muncul kekuasaan, aturan, adat dan budaya. perkembangan aturan dan adat lalu muncul adab, dalam peradaban berkembang semakin muncul budi dan daya. Karena manusia tidak mampu mengupas keberadaan dirinya dan bagaimana terjadinya bumi dan alam, maka terbitlah kepercayaan Tuhan. Kepercayaan terhadap Tuhan juga munculnya para penulis surat yang dirangkum menjadi alkitab, menjadi al Quran, Veda.

    Jika memperhatikan ajakan agama adalah mengormati sesama manusia, bumi dan alam, namun disinilah terjadi perbedaan dan munculnya tidak nyaman, karena agama terjadi perbedaan manusia, berpasangan beda agama pun tidak nyaman, cinta dan kasih sayang untuk bersatu karena agama pasti tidak nyaman dstnya. Sebaliknya apakah mereka yang tidak beragama bukan manusia, semenjak nabi adam dan Hawa belum ada agama dan turunannya juga banyak penguasa di jamannya penentang agama.

    Persoalan sekarang semakin banyaknya agama, sarana ibadah, pengetahuan dan peraturan, pelanggaran dan perusakan alam. Pengrusakan dan kejoliman juga manipulasi sampai korupsi adalah dilaksanakan oleh manusia yang bersumpah dengan atas nama agama, maka bagaimana menghormati buminya. Seharusnya kondisi bangsa didunia sudah harus sejahtera, nyaman, tidak ada politik-perang, kejoliman, korupsi, karena agama semua mendahulukan kemanusiaan yang beradab.


    catatan: komentar diedit dengan tambahan spasi dan text align by wage

  6. @ Anterjaya,
    Tulisan Kang JS John Semprul ( :mrgreen: ) emang mantap dan menjadi semakin lebih mantap karena dilengkapi dengan komentar Akang dan juga para sedulur lain yang juga tidak kalah mantapnya.

  7. salam buat rekan semua…….

    Kang @JS…..saya ( PNL ) angkat jempol buat anda………hehehehe.

    Peribahasa……….
    Masuk kandang ……..harimau ……kita mengaummmm
    Masuk kandang …..kambing……..kita meng ..emmmmbeeeekkkkkk

    Untuk menjadikan semua …sama…..memang ….masih ada …” Potensi” ……karena kita ber asal dari tempat yang sama……….boleh “percaya” dan boleh juga “tidak percaya”
    kata kuncinya adalah ….”nurani”

    Persoalannya adalah “ego”
    Agama adalah…..”simbol ” untuk memproklamirkan diri kita …siapa sebenarnya “tuhan ” kita ……..adaa juga yg mbalelo …..ikut2an …..biar tidak melanggar Undang-Undang atau merasa malu klu dikatakan….tidak punya tuhan …ini klu di indonesia lho….hehehehhe

    Bravo kang @ Js

    wasallam …..PNL

  8. Salam dan hormat saya juga untuk Mas PNL….semua sederek ingkang minulyo…….

    Terima kasih dengan salam jempol untuk saya…….tidak ada hal yang terlalu istimewa dalam diri kami , saya adalah pribadi yang sering dilanda kegalauan bila melihat hal hal yang sepertinya adalah hal benar diluarnya tetapi tidak didalamnya…..

    Saya masih ingat dengan pohon buah jambu air yang ranum merah diwaktu saya masih kecil , tanaman itu tumbuh disebelah rumah …mulus kulitnya dan tanpa ada lubang atau celah di daging buah itu…….ternyata ketika buah jambu air itu saya belah maka banyak sekali ulat hidup didalamnya , bergerombol ……ternyata semua jambu air dipohon itu telah terkontaminasi dengan wabah ulat….terpaksa buah mulis dan ranum itu saya buang karena tidak bisa dimakan babar blas……
    Pohon itu tetap kami biarkan saja terus hidup karena masih ada fungsi yang lain yaitu untuk berteduh dan sebagai penghijauan dihalaman rumah…..dan sekarang pohon itu sudah mati karena tempat dia tumbuh dijadikan jalan setapak untuk rumah baru …….

    Sanepan kisah cerita diatas seperti cerita klasik yang sedang terjadi dinegeri ini …ada cerita dan pemahaman yang tidak bisa dirubah atau digubah sedikitpun karena beresiko amat besar……biarlah waktu dan keadaan yang akan mempertunjukan dengan peristiwa atau kejadian alami dan tentunya itu adalah peran dari alam dan juga Tuhan YME , dimana akibat dari peristiwa itu akan dan seperti petir menyambar dan membangunkan bangsa ini dari tidurnya yang sangat terlalu pulas dengan mimpi mimpi indahnya……hanyalah mimpi saja dan semua akan hilang bila sudah terjaga….tersadar dan terus berkesadaran untuk selalu sadar bahwa HIDUP itu adalah anugrah dari DIA demi kebersamaan untuk hidup mahlik yang lain…. hidup adalah bermakna dan bertujuan sama…..saling menghargai…saling kasih dan semua hal yang bermakna baik dan benar….ber Tuhan hanya 1 dan bersyareat sesuai dengan nilai dan suara suara hati nurani….. suara dan nyanyian jiwa yang mendamaikan hati……jiwa dengan wajah dan senyum yang selalu menghadap kepada NYA……..Nuwun…..

  9. Dari kecil saya telah ditanamkan nilai agama yang ‘paradoks’…
    Bagaimana tidak, di satu sisi diajarkan berbagi terhadap sesama di sisi lain diajarkan perbedaan2 yang jika saya pikir saat ini menjadi suatu ironi yang menggelitik.
    Seiring berjalannya waktu, maka saya mulai berani membuka bahkan mendobrak nilai yang sudah mapan dengan resiko stigma kafir dan sesat yang saya terima.
    Tapi tetap belum bisa menjawab kegundahan hati saya…apakah Agama masih diperlukan…..?

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s