Diskusi Sesat Hari Valentine

images (2)Dongbud. Wage Rahadjo. Hari Valentine adalah produk budaya baru yang relatif populer di masyarakat. Mungkin karena mengusung konsep kasih sayang, kebersamaan dengan orang yang dicintai dan juga identik dengan bagi-bagi coklat, maka budaya barat inipun dengan cepat digandrungi oleh kalangan muda. Khusus bagi mereka yang sedang dalam masa pacaran alias jatuh cinta maka hari Valentine menjadi semakin penuh makna.

Entahlah, sejak kapan perayaan budaya barat, kapir bin sesat ini mulai mewabah dan digandrungi, yang jelas di jaman siMbah dulu tidak ada yang namanya valentine-valentinan, tidak ada bagi-bagi coklat, yang adalah adalah bagi-bagi jagung bakar, bagi bagi ubi rebus atau kadang bagi bagi pukulan dengan pemuda desa sebelah.

Namun seperti biasa, yang namanya budaya baru, terlebih lagi dengan embel-embel label “budaya barat” maka tak ayal mengundang polemik dan penolakan oleh banyak kalangan. Para tokoh agamapun sepertinya menjadi tokoh terdepan dan paling sengit dalam aksi penolakan. Namun walau sudah dijelaskan dengan panjang lebar, lengkap dengan aksi mencatut-catut ayat, namun sebagian orang tetap bebal tidak ambil pusing. Duh, apa anak-anak muda ini sudah tidak takut dengan ancaman panas neraka? Entahlah……

Larang perayaan hari Valentine !

Dari sejumlah info yang saya baca-baca, konsep dari hari perayaan Valentine ini adalah cukup bagus dan mulia yaitu perayaan kasih sayang. Kasih sayang mengandung makna yang luas, bukan hanya sebatas antar pacar atau pasangan namun juga teman akrab, orang tua, keluarga dll.

Namun dilain sisi, dari info yang juga sempat saya baca-baca, perayaan hari Valentine ini katanya memiliki latar belakang sejarah yang sangat sesat, budaya barat yang tidak jelas, sex bebas, pesta minuman keras, narkoba dll. Jadi dengan alasan inilah maka di sejumlah kepala daerah sudah mengeluarkan larangan resmi perayaan hari valentine. Kemudian di sekolah sekolah juga sudah mendapatkan surat edaran resmi pelarangan perayaan hari pendidikan eh, hari valentine di semua sekolah. Cocok. Saya dukung  100% !!!

Hari Valentine adalah budaya barat yang tidak jelas dan sesat, jadi wajar kalau harus dilarang. Entahlah, saya tidak tahu bagaimana bentuk pelarangan itu. Apa yang dimaksud dengan perayaan Valentine? Apakah perayaan itu hanya berlaku untuk perayaan besar di tempat umum namun tidak berlaku untuk acara pribadi atau keluaraga? Apakah menjual, membeli atau menerima coklat menjelang dan di hari Valentine juga harus dilarang karena berarti merayakan? Apakah berduaan bersama atau teman, sahabat atau keluarga di tanggal 14 Februari berarti merayakan Valentine? Apakah berhubungan intim di tanggal 14 juga harus dilarang?

Emangnya masyarakat kita yang benar-benar merayakan hari Valentine berapa banyak sih? Saya menduga, jangan jangan orang yang merayakannya cuma segelintir dan energi kita habis setiap tahun hanya untuk membahas topik asem ini.  Pelarangan juga harus disertai dengan pengawasan bukan? Nah, apakah pajak yang kita bayar tidak mubazir hanya untuk mengawasi orang makan coklat di tanggal 14 Februari?

Entahlah, yang jelas, perayaan hari Valentine sudah dilarang di sejumlah daerah. Artinya kasus sudah diputuskan dan tidak bisa diganggu gugat. Nah, sekarang bagaimana dengan Olympiade? Apakah perayaan dan tontonan pesta olahraga ini juga harus dilarang?

  • 🙂 Lha? Apa hubungannya Mbah? Koq nyasar ke Olympiade?

Lha, apa Sampean tidak tahu kalau sejarah Olympiade awalnya adalah perayaan untuk para dewa alias perayaan budaya pagan?

“……..Olimpiade yang paling awal konon sudah diselenggarakan bangsa Yunani kuno pada tahun 776 Sebelum Masehi. Kegiatan itu diikuti seluruh bangsa Yunani dan dilangsungkan untuk menghormati dewa tertinggi mereka, Zeus. Zeus bermukim di Gunung Olimpus yang kemudian dipakai sebagai nama Olimpiade hingga sekarang……” (wikipedia).

Tapi mungkin karena asas manfaat, seperti olahraga,  kesehatan atau sportifitas jadi masih bisa ditolerir. Atau mungkin juga karena alasan yang lebih besar dan vital seperti dapat “obyekan” untuk proyek team olympiade, wisma atlet dll. Entahlah……. Loncat ke produk elektronik, tahukah Anda bahwa merk Canon di ambil dari kata Kwanon, dewa Buddha versi Jepang? Logo perusahaan inipun awalnya memuat gambar dewi Kwanon. Demikian juga halnya dengan kamera Olympus merupakan penghormatan untuk gunung Olympus, gunung suci tempat bersemayam para dewa di Yunani.

Jadi apakah semua perayaan olahraga serta penggunaan produk elektronik merek di atas harus dilarang karena memiliki sejarah nama yang sesat?

  • 🙂 Duh, pusing aku Mbah. Ok yang jelas kasih sayang khan bisa dilakukan tiap hari jadi tidak perlu dengan perayaan khusus?

Ya, benar dan perayaan hari raya agama, mengenang nabi dan perayaan lainnya juga bisa dilakukan tiap hari bukan? Tidak perlu perayaan besar besaran dan nunggu hingga setahun, bikin jalan macet. Pada dasarnya, semua orang atau kelompok butuh perayaan, ya perayaan agama, perayaan negara, ulang tahun, musim panen, olah raga  ataupun perayaan kasih sayang.

Saya mungkin tidak suka, tapi orang atau kelompok lain menyukainya, saya mungkin tidak merayakan tapi orang atau kelompok lain merayakannya, Saya sudah pasti menganggapnya sesat tapi orang atau kelompok lain belum tentu. Dongbud.

Sebagai akhir kata, selamat hari Valentine bagi yang merayakannya. Maaf, siMbah lagi menjomblo jadi yeahh….. terpaksa kali ini tidak merayakannya. Mudah-mudahan minggu depan ada rejeki jadi perayaannya Valentinenya terpaksa diundur.

wage-sign-rahardjo

sumber image: wikipedia

Referensi : Sejarah Olympiade, Sejarah perusahaan Canon

59 thoughts on “Diskusi Sesat Hari Valentine

  1. Kalau mencari suatu keburukan, itu mudah…namun untuk mencari suatu manfaat itu malah dapat dikatakan “lebih mudah”..melihat dari sisi buruk pun, Tuhan akan dikatakan buruk…cuma terlalu sering manfaat di bawa kebelakang tangan….

    Klo nyari buruk ya dpetnya buruk, tapi mencari kebermanfaatan ya dapetnya manfaatnya…
    Sebenernya cuma otak aja perlu aga dijungkir balik, guling-guling, bantal2…biar bisa disoklin..

    ahaaiiii…
    salam mbah

    http://linggahindusblog.wordpress.com/

    reply wage: :mrgreen:

  2. ..bagi yang tidak merayakannya ya silakan…
    ———————————————-
    (FYI kalo si sy) mendengarkan saja salah satu lagu lama… yg ntah berhubungan apa kagak dgn hari valentine. ,,(^_^),,

  3. Salam damai Mbah..Wage!

    Ini saya lagi nunggu cewek ngasih coklat ke saya…tapi belum juga kunjung ada yang memberikan. Yang merayakan Tolong bagi2 coklatnya…yang tidak “MAU” dan “NGOTOT” itu Haram hukumnya mohon pertebal imannya dengan sholat tahajud atau wiridan. Karena di Hari valentine ini mungkin saja banyak syaiton-syaiton sedang bercinta.

    Hari valentine = Hari Kasih sayang. Di hari ini Kamis wage adalah hari peringatannya Eyang kakung ayah dari bundaku yang telah meninggal dunia. Semoga mbah Kakung juga merayakan Hari Valentine bersama para Dewa – dewi. Mbah kakung semoga ceria di alam sana. Rada Out Of TOpik maafkanlah hamba mbah wage.

    Best Regards,

    Ksatria

  4. Nuwun mbah,,,
    Dijamannya Mbah gak ada yg namanya bagi2 coklat, tapi mending si mbah masih dpt jagung dan singkong.
    Dijaman Paman malah gak ada yg namanya Valentine day, yg ada cuma Pak day, bu day dan mbok day sj.
    Apaun namanya sebenarnya saling mengasihi dan menyayangi sesama itu kan naluri dan kebutuhan alamiah mahluk hidup to mbah,? tidak hanya manusia sj, bahkan binatang pun juga punya rasa kasih sayang.
    Tapi emang repot sih, kl sdh nyangkut2 agama, karena tidak semua agama itu mengajarkan kasih sayang, malah bahkan sebaliknya, ada yg mengajarkan membenci adalah wajar dan di wajibkan.

    asah asih asuh.
    PD (Palentin Day)

    1. @Mbah Wage dan Diajeng Dewi : Matur nembah nuwun…atas kirim dungo dinungonya.
      Semoga Mbah Wage dan Diajeng dikarunia kesehatan, kemantapan hati serta semangat yang membara didalam suka maupun duka.

  5. @ Paman,
    Bagi bagi jagung bakar dan ubi emang enak Paman, tapi masalah besar muncul esok harinya. Pemilik ladang marah-marah dan umbar sumpah serapah karena semalam ladang jagungnya dijarah kumpulan anak-anak nakal (jadi ingat masa kecil). wakakakkkk……

    @ Ksatria,
    Ikut kirim doa untuk Eyang Kakung-nya, semoga semuanya dama dan saling sayang, baik yang ada didunia ini ataupun di dunia lain………. Dapat kiriman coklat emang enak, tapi ya ibarat arisan, harus dibalas balik di lain hari, jadi sebetulnya sama saja alias wajar. Yang kagak wajar itu kalau tai kucing rasa coklat. (kagak nyambung)

  6. @ Mbah Wage….salam…..

    Tentang hari Valentine yang dimaksudkan sebagai hari kasih sayang atau cinta …..akibat dari itu menurut pikiran akal sehat adalah baik dan tidak apa apa……he he …meskipun ada berita ada anak anak ABG di razia karena melakukan hubunganintim…..peristiwa lain yang mengarah baik tentunya sangat banyak karena hari Valentine itu……

    ADA HARI dimana menurut pikiran akal sehat saya adalah hal yang membingungkan ,,,,dimana hari itu banyak darah berceceran disegala penjuru dunia karena suatu kepercayaan agama…..ratusan juta nyawa binatang melayang ….suatu perbuatan yang menurut saya adalah sadis tapi dianggap hal yang BAIK dan HARUS…..maafkan saya bila ini menyinggung karena yang berkata ini adalah NURANI……Salam damai

    1. @ kambing tua,
      simbah juga sama bingungnya nih. Sepertinya sih (salah satu) jawabannya ada sikap “merasa diri”. Apakah kita merasa diri orang baik atau orang jahat? Kalau sudah merasa diri baik, merasa diri benar, merasa diri berada di jalah tuhan ya itu tadi, nurani jadi tidak berfungsi dan darahpun mengalair bukan merupakan hal yang aneh.

      Terkadang nurani sedikit tersentuh sehingga tahu bahwa diri salah. Namun manusia adalah mahluk pintar yang sudah dibekali dengan berjuta alasan. Itulah sebabnya kasus kriminal, korupsi ataupun kekerasan agama tidak pernah selesai, karena manusia adalah termasuk golongan SETAN ALAS namun merasa diri mahluk spesial yang bisa berpikir. Berpikir apaan? Maksudnya berpikir abal2 seperti simbah?

      salam bingung dan abal2.

  7. @ Sederek All,

    Sugeng rahayu manghayu bagyo dinten valentine kagem si Mbah, Paman Dalbo, Ki Dalang dan cantrik, SP O`on lan Sedoyo makhluk ing ngalam ndunyo lan alam alus :D…

    @ Ksatria,

    Senada dengan si Mbah, turut krim dungo dinungo kagem eyang njenengan di alam sana, semoga semuanya damai, kinasih lan rahayu…

    @ Mbah Wage,

    Mbah, walau saya belum berkesempatan merayakannya secara langsung, tapi saya juga tidak segan untuk turut berbahagia alias think positip aje…….

    Kalau valentine memang belum pernah di proyekin tapi bisa di manfaatin mbah, biasanya tergantung dari culture dan sponsor gaya hidup stempat, misal kalau di indonesia yang terkenal sophan sopyan ya cuman kartu ucapan, coklat, bunga serta berbagai diskon tiket bioskop, pesawat, hotel dsb sekalian untuk promosi usahanya. Tapi kalau di negri Liberal yang terkenal sesat sat tapi menghargai hak asasi individu masyarakatnya, perayaan valentine juga mendongkrak penjualan kingdom (kalau besar) atau condo-minium…… itu kata Nyimas Samantha dalam pilem ‘sex and the city’ lho mbah ^_^…

    @ Kambing Sepuh,

    Kalau nggak salah, hari itu juga pernah di kritik oleh seorang aktrice pecinta hewan, ia menyayangkan melihat banyaknya sapi yang di bantai secara terang2an… terang saja, kritikannya juga di bantai habis2an oleh umat beragama xx seluruh dunia, karena di anggap komentar yang menghina dan melecehkan agama oleh karena kurban itu adalah perintah tuhannya bla bla bla…

    Bicara nurani, saya mencoba jujur pada diri sendiri, hmmm, gimana ya, kadang saya juga kasihan lihat hewan di xxx, tapi jujur saya juga belum siap jadi vegetarian, satu2nya cara untuk menengahi adalah bukan melarang orang untuk mengkonsumsi daging, juga bukan membiarkan orang membantai hewan ternak secara liar dan terkesan tidak beradab, melainkan harus tertib dan sopan, misal kalau mau berkorban ya harus khusus di ‘rumah pemotongan hewan’ jangan di jalan2 di lihatin banyak anak kecil lagi, sekalipun itu di lakukan di dekat tempat ibadah mereka….

    Bahkan konon para hewan kurban menderita stress sebelum menjadi kurban rutin tiap tahun, dan manusia yang memakan daging hewan yang stress juga bisa menularkan stressnya pada manusia, Saya rasa semua pengunjung di sini bisa memberikan solusi terbaiknya… demi hari kasih sayang untuk seluruh makhluk…

    Salam mbok day eh good day,

    Dewi

    reply wage: Jeng Dewi, nanti simbah akan coba nulis topik vegetarian bagian 2

  8. Salam ning Dewi, Cak Kambing tua, Simbah dan semua saudara disini.
    Hmmm…. hari valentin tgl 1 Januari s/d 31 Desember……. dg kata lain… tiap hari adalah hari valentin…. agar hari kasih sayang tak hanya sehari trus hari-hari lainnya boleh gebug-gebugan.
    Hhhh… gimana kalau sebelum eksekusi…. diberi kesenangan dulu sehari? dan rasa terima kasih tak terhingga atas pengorbanan nyawa ini.

  9. Salam dan hormat ……Mbah Wage…Mas ABR…JDD…Mas Dalbo…Mas O’on dan sedoyo poro pinter…..

    Sudah terbukti dan terakui bahwa dunia dan alam semesta adalah hal amat sangat ajaib….
    Puluhan juta spesies binatang dan juga tanaman , belum lagi binatang yang hidup dikedalaman laut yang gelap gulita dan bentuk mereka yang mirip monster , mereka terbentuk karena dikondisikan dengan alam disekitarnya……inilah HIDUP yang sampai sekarang masih saja misteri dan belum diketahui kenapa harus ada dan berasal dari mana dan siapa yang bertanggung jawab untuk semua ini…….

    Hal yang aneh juga , kenapa hanya bumi yang ada kehidupan dan planet planet yang lain hanyalah benda mati yang juga bergerak dan juga seperti hidup , semua itu seperti barang hiasan yang menggantung , hiasan untuk bumi , mahluk bumi mempelajari itu semua dengan maksud dan tujuan untuk bisa menjawab tentang hidup dan kehidupan…..mahluk manusia sampai ” mblengger ” mencari dan ternyata belum juga bisa menjawab…….

    Disamping muncul ilmu Teknologi maka muncul juga ilmu Religi / Ketuhanan , dimana ilmu teknologi begitu njlimet berusaha dan beriktiar dengan peralatan yang sederhana kemudian canggih dan super canggih untuk mengetahui asal usul bumi / alam semesta / kehidupan….

    Ilmu Agama langit soal bumi dan alam semesta tidak memerlukan hal yang njlimet , tidak perlu beaya tinggi , tidak perlu bukti akurat , tinggal percaya omongan orang yang dipercaya dan bukti bukti yang diambil atas dasar cerita cerita kuno turun temurun , bukti bukti yang diambil bukan dari tempat yang jauh / hanya disekitar tempat tinggal hidupnya dan bahan bukti diambil dari benda benda yang ada disekitarnya …….
    parahnya ketika bukti itu salah menurut ilmu teknologi maka tetap saja tidak diakui dan orang orang sain dituduh sebagai sesat dan kafir , menghina agama dan juga Tuhan…..lha kalau kepercayaan mereka yang mengatakan bahwa semua manusia tidak lepas dari pengamatan dan kehendak Tuhan atau semua hidup sudah ada takdirnya maka apakah hal salah bila ada orang pinter yang mematahkan ilmu kepercayaan dalam kitab dan agama……maka dalam hal ini siapa yang ditemani oleh Tuhan dalam kebenaran…mereka yang fanatik atau para manusia kafir yang pandai dan pinter…..

    Banyak benda yang sudah diciptakan oleh manusia kafir dan benda ciptaan itu fungsi dan tujuannya demi kebaikan manusia , alat tranportasi , alat pertanian , alat kedokteran , alat komunikasi . satelit dll , dan semua itu sepertinya sebagai sifat sifat Tuhan yang ditiru oleh manusia dan manusia manusia itu ternyata banyak yang KAFIR …ha ha ha…..kenapa bukan para habib atau para kyai atau para santri yang bisa mewujudkan sifat sifat Tuhan menjadi suatu alat yang sangat bermanfaat bagi manusia……

    Bagi Agama langit …AIR adalah SURGA , kenapa dengan kias itu , karena air sangat langka dan susah didapat ,,…tanaman buah juga sebagai surga juga …..apakah ketua dari pencetus agama itu tidak mengetahui bahwa ada suatu negeri yang banyak air dan juga penuh tanaman , banyak hewan bermacam dan beriklim tropis ….matahari yang sejuk dipagi hari dan banyak burung bernyanyi dipohon……negeri itu adalah negeri NUSANTARA…….

    Kenapa BIDADARI / orang cantik perawan sinonim dengan surga . karena para orang disana suka berperang dan menjadikan wanita sebagai budak untuk bisa dibeli dan mungkin banyak yang tidak kebagian jatah karena miskin tidak mampu beli….dan yang tidak kebagian lalu dijanjikan dengan yang lebih baik dan lebih hot dari yang dibumi……wanita yang selalu muda , cantik , selalu perawan meskipun dipakai berulang ulang…..lha..apakah hal yang sopan dan hal yang benar bila sudah memasuki alam yang tidak ada nafsu / tidak ada sifat keduniawian atau alam suci ketuhanan lalu manusia berbuat hal yang berbau nafsu dan syahwat ???…….

    Mbah Wage…..tulisan ini saya ambil dari perbincangan seorang spiritual yang tidak saya ketahui apa agamanya dan yang saya tahu beliaunya orang baik dan benar dalam kehidupan sehari harinya…..pikiran beliau yang selalu inofatif , jujur , semangat , tidak pernah mengeluh meskipun banyak himpitan soal materi……..Nuwun…

  10. @ manusia abal abal…..

    Tuhan adalah Maha Adil ..Maha Pemberi …Kasih dan Sayang……inipun bagi yang percaya…..
    Tuhan sepertinya tidak pernah menciptakan Agama , karena akal pikiran dan nurani sudah lebih dari cukup bagi manusia untuk hidup di bumi , hewan saja yang tanpa akal lebih bisa hidup normal dan terjaga dalam kurun waktu jutaan tahun…..bisa hidup dengan insting…….

    Akal dan pikiran memang bisa berakibat dalam 2 sisi yang berkebalikan dan Nurani sebagai pengingat akal pikiran itu….akal pikiran yang bisa merusak ( akal jahat ) dan akal pikiran yang bisa membangun demi kedamaian dan kesejahteraan manusia dan mahluk ( akal yang bernurani )……

    Kalau ada manusia yang selalu mengandalkan akal untuk berbuat jahat maka dan pasti hukum alam atau Tuhan pasti muncul dan hadir , maka ada manusia yang berakal dan bernurani yang siap melawan…..meskipun selalu kalah….karena tidak punya ” Bolo “…..sedikit atau minoritas…..

    Agama langit yang berasal dari padang pasir apakah berdasar akal saja ??….apakah ada Nurani didalamnya …..kalau saya bicara jujur maka isi dari kitab itu adalah hasil olah pikir manusia saja , imaginasi dan daya khayal manusia yang terobsesi cerita orang dan tokoh terdahulu juga ada unsur kebendaan / berhala ….

    Agama menjadikan banyak manusia hiruk pikuk dan berebut benar , tawuran , perang ….bukan membela Tuhan YME tetapi membela kepentingan masing masing dan golongannya saja……berbuat tanpa nurani karena dogma dan doktrin juga janji janji menggiurkan dan semua itu sudah mematikan rasa ….berpola pikir yang aneh dan tidak umum….

  11. @ Mbah WageR,

    Maturnuwun mbah, iya terima kasih kami tunggu artikel tentang vegetariannya, saya senang sekali, karena saya juga semi vegetarian, bukan straight vegetarian. masih suka makan telur, ayam, ikan, tahu tempe sayur dan buah. Daging sapi jarang mbah, tapi kadang makan bakso, rawon dst. Kalau daging kambing dan babi kebetulan saya nggak suka, deket lihat baunya aja bikin mual, pernah mencicipi tapi nggak suka dan alergi. Tapi kalau lihat boneka babi yang pink saya suka sekali mbah, apalagi boneka shaun the ship, saya rasanya pingin ngidam membeli boneka lucu itu, gemes gitu mbah.

    @ Sapi Perah,

    Sweet idea niku paklik, atau kalau perlu di treatment kayak sapi wagyu, yang sepanjang hidupnya di kasih makanan organic yang bermutu, kandangnya harus selalu kering, nggak boleh bekerja yang berat2, jadwal pijit rutin, plus di stelkan musik penghantar bobok, di beri kesempatan kencan and kopulasi sampai punya anak, baru bisa siap untuk di persembahkan…

    @ Manusia abal-abal & Wong ndableg,

    Maturnuwun atas sharing ceritanya, andai di nusantara ini banyak orang yang tidak saja berakal tetapi juga bernurani serta jujur…

    Waktu saya kecil, saya senang kalau ada hari kurban karena itu berarti akan mendapatkan jatah daging kurban, makan sampai kenyang2, sampai mblokek2, maklum masih kecil kesadaran nalar juga belum ada. Tetapi semakin saya beranjak remaja, saya merasakan ada yang nggak beres dengan pesta kurban ini, tetapi karena nggak begitu ngerti ya bisanya hanya diem aja, di depan biasa saja, tapi di hati ada kekalutan yang mencekam, semakin dewasa lebih shock lagi, jika melihat presiden republik abal2 tiap tahun selalu pamer jor2 an sapi terbesar dan termahal untuk di korbankan…

    Aneh juga, mengapa mereka memaknai kurban dengan mengorbankan nyawa makhluk lain?… walaupun dalam pelaksanaannya mereka mempercayai bahwa berkurban itu untuk berbagi dan bersedekah kepada orang yang membutuhkan… Mengapa mereka tidak mencoba mengorbankan nafsu/ keinginan mereka untuk tidak makan makhluk yang bernyawa barang sehari saja untuk perayaan seluruh dunia?… jika memang ingin menolong, mengapa tidak di wujudkan dengan bentuk lain misalnya menyumbang sembako yang jelas dengan harga yang sama mungkin bisa untuk kebutuhan bbrp hari ke depan ketimbang di beri ½-1 kg daging yang hanya cukup untuk sehari saja, Takkanlah manusia itu mati kelaparan hanya karena tidak bisa makan daging. Tapi ya itu tadi, mungkin karena sudah tradisi dan budayanya sana… plus iming2 surga… aaahhh, memang sulit kalau mental udah terbentuk dari awal/ sejak kecil, dari generasi ke generasi…

    Saya tidak bermaksut mengatakan bahwa yang makan daging itu orang yang tidak baik, tetapi yang sayangkan adalah letak ajaran moralnya itu yang malah mengajarkan mengorbankan nyawa makhluk lain untuk mengorbankan harta bendanya (untuk berbagi/ bersedekah). Seharusnya manusia itu bisa selalu berbagi tanpa harus menumbalkan nyawa makhluk lain.

    Salam rahayu,

    Dewi

  12. Tidak perlu merasa sedih Nak.
    simbah juga seumur2 belum pernah ke Malang….
    (pukul kepala)
    Tidak ada akar rotanpun berguna.
    Tidak ada Valentine, hari minggupun jadi.
    Apalagi dirayakan di blog abal2, dijamin banyak teman dan senang …

  13. Salam buat rekan semua………

    Berbicara…….artinya melawan orang lain……..
    Diam ……artinya melawan diri sendiri…..melawan ego dan nafsunya sendiri……..

    kelebihan orang diam …..pada akhirnya dia akan mengerti dan bisa membedakan …..mana bisikan nafsu angkara …dan mana bisikan nafsu mutmainah……..

    ada yg berani mengatakan jiwa spiritualnya kosong …baik hanya kulitnya saja……coba anda koreksi ucapan yang ada lontarkan….apakah itu nafsu angkara….atau nafsu mutmainah maaf mbak dewi ini hanya koreksi dan mengingatkan anda saja …..saya PNL mohon maaf jika keliru

    wasallam ……PNL

  14. @ PNL,

    Maturnuwun pak PNL, karena ini blog abal2, maka saya menjawabnya dengan santai namun penuh kejujuran, menurut saya semua ‘nafsu’ tak ubahnya dengan ‘mabuk’.

    Ada berbagai macam nafsu seperti angkarah=amarah, mutmainah=nafsu yang lembut dsb, di sini nafsu tak sekedar sesuatu hal yang berhubungan dengan nafsu sex saja. seperti halnya mabuk, bisa mabuk agama, mabuk harta tahta dan wanita dsb. Mabuk di sini tak melulu berhubungan dengan mabuk minuman keras.

    Kalau maksut komentar di atas bertujuan menggiring saya untuk meneladani manusia tentang makna hari kurban, maka saya katakan maaf sekali lagi, karena menurut kata hati saya, tak ada yang bisa di teladani dengan peristiwa seorang bapak yang menyembelih anaknya lalu ia menganggab/ percaya bahwa itu adalah perintah dan ujian dari tuhan.

    Diam tak selamanya emas, jika banyak orang di sekitar kita melakukan kesalahan dan kita tidak pernah memiliki kesempatan untuk memberikan penjelasan yang baik dan benar kepada mereka, saya pikir itu adalah bagian yang terburuk dan menyedihkan dalam kehidupan ini.

    Semoga berkenan dengan penjelasan saya.

    Salam rahayu,

    Dewi

  15. ..termasuk golongan SETAN ALAS namun merasa diri mahluk spesial yang bisa berpikir.
    ———————————-
    FYI…
    si sy termasuk golongan setan (DIBAWAH) alas ,,(^_^),,
    si sy tidak merasa spesial,..tapi merasa istimewah krn sy ya sy (^_^)v
    si sy bisa berpikir bahwa si tuhan selalu modol sambil jingkrak2an,
    saking sibuknya itu si tuhan sdg modol jingkrak, maka si tuhan tidak pernah mengasihi dan menyayangi mahluk.

    – siapa yang pernah dikasihi dan disayangi oleh si tuhan ?.
    – siapa yang pernah dikasihi dan disayangi oleh (sesama) mahluk (misalnya ortu, saudara, pacar, anak, teman, dsbnya) ?.

    TIDAK ADA yang dapat mengasihi dan menyayangi mahluk/kita, KECUALI (sesama/antar) mahluk/kita. _/\_

  16. Salam hormat dan damai…..

    – siapa yang pernah dikasihi dan disayangi oleh si tuhan ?.
    – siapa yang pernah dikasihi dan disayangi oleh (sesama) mahluk (misalnya ortu, saudara, pacar, anak, teman, dsbnya) ?.
    ________________________________________________________________________

    Sepertinya KITA semua sudah pernah mendapatkan itu…..mungkinkah kita lupa rasanya ??….bisa iya dan bisa tidak….kalau lupa maka bagaimana cara kita untuk bisa mengingat kembali ??……

    ___________________________________________________________________________

    TIDAK ADA yang dapat mengasihi dan menyayangi mahluk/kita, KECUALI (sesama/antar) mahluk/kita. _/\_
    _________________________________________________________________________

    Sepertinaya benar bahwa yang bisa memberikan itu semua adalah HIDUP dan RASA / makna / arti hidup ( hidup dengan cara benar dan baik )……
    Saling menerima dan saling memberi dengan rasa adil itulah jalan yang terbaik dan semua itu bisa dilakukan bila manusia benar benar menghargai kehidupan ….dilakukan oleh sesama mahluk segolongan dan mungkin atau bahkan antar golongan dan tentunya tidak lepas dan sesuai dengan hukum atau kodrat sifat alamnya masing masing…………Nuwun

    1. Salam Cak JS, ning Dewi, Simbah Wager dan Sedulur semuanya.
      Mohon maaf… akhir-akhir ini saya jarang ikut nimbrung obrolan….
      hhmmm… lagi sibuk kuliah di Universitas Terbuka… pimpinan Mbah Google……wakkkkk.
      Sejujurnya memang gitu… sibuk nyari referensi tentang Perairan…. buat nambah ilmu pengetahuan…untuk ngisi warung.
      Sedikit share tentang kasih-sayang….
      Belum lama ini, keponakan nanya… om… apa sih filosofi Terima Kasih ?
      weehh … kaget juga dpt pertanyaan yg tak terduga ini.
      Terpaksa jawab … bener kagaknya…. gue kagak tau.
      Hmmm… gini nang…. misal Om dikasih “sesuatu” dari seseorang… maka om akan bilang… Terima kasih.. maksudnya adalah Om menerima Tanda/ Ungkapan Rasa Kasih dari seseorang tersebut yg berujud “sesuatu” serta Om akan berusaha membalas segera(secepatnya) Ungkapan/Tanda Rasa Kasih orang tersebut meskipun hanya berupa ucapan Terima Kasih (karena tak punya/tak membawa “sesuatu” yg sepadan buat membalasnya) tapi jelas akan Om balas kasih seseorang tersebut dilain waktu.
      Hehehe… bener dan tidaknya….. ra ruh.

  17. ….kalau lupa maka bagaimana cara kita untuk bisa mengingat kembali ??……
    ————————-
    walopun mengatakan/mengklaim TIDAK lupa atau SELALU ingat,
    namun hanya dapat MERASAKAN scr NYATA jika ada yg dapat dirasakan melalui indera/tubuh fisik atau HARUS objektip, misalnya..
    sy pernah kesetrum, tapi sy lupa rasanya kesetrum, KECUALI jika sy kesetrum kembali.

    bahkan rasanya hati berbunga2..eh..jatuh cinta..eh..
    kasmaran..eh..romantis..eh..syahdu..eh..apalah istilahnya (kayak khas masa puber) itupun dikarenakan adanya objek atau ada wujud fisik/eksistensi si Dia sang pujaan hati ,,(^_^),,

    dapatkah merasakan scr nyata eksistensi si tuhan, namun tidak ingin atau bahkan terlarang (berusaha) mengetahui wujud si tuhan?.
    oleh kerana itulah si tuhan hanyalah sekedar kepercayaan….subjektip/kalo terlalu kasar disebut mitos/tahayul/angan2. (^_^)v

  18. salam buat rekan2 semua………

    ada sebuah lagu yg cukup mudah untuk dipahami………..dari Bpk Ebiet G ade

    Syairnya antara lain demikian ……

    Kita mesti telanjang dan benar2 bersihhhhh………..
    Suci lahir dan didalammm bathiinnnn………..
    Tengoklah ke dalam …..sebelumm….bicara………….
    Singkirkan debu yang ……masih melekat…….singkirkan debu …yang masih melekat

    Seorang ” teroris” mengatas namakan “agama” untuk menyakiti orang lain ….yang lebih buat hatiku ” sedih” bahkan mungkin orang yang “tidak berdosa” dan tidak mengerti apa2…….turut menjadi korban……………….hmmmm…

    apapun alasan kita………atas nama ” agama ” atau atau atas nama ” kejujuran ” atau atas nama “kebenaran” jgn sampai memakan banyak korban …walaupun cuman ” korban perasaan “………

    masih banyak …..hal2 yg kita harus benahi…..dan kita harus perbaiki …..yg sifatnya lebih penting dan lebih di prioritaskan……..yg seharusnya cepat diselesaiakan……contohnya ” korupsi ” ….”narcoba” …..”isyu sara” ….yg bisa menghancurkan NKRI…….

    mengapaaaaaaa……harus kita harus mengurus si …..suatu “keyakinan atau budaya ” bukankah lebih indah dunia ini jika bunga2 memiliki banyak warna warninya………bukan satu warna………….

    jika ada yg keliru…..PNL minta maaf yg sebesar2nya……..

    Wasllam …PNL

  19. Salam Mas PNL….Mas O’on….Mas ABR….JDD…..Mbah Wage…..sedoyo yang terhormat…….

    Mas PNL….Saya ucapkan terima kasih karena ada saran dan kata kata pengingat supaya hidup ini terasa lebih baik dan lebih benar untuk pribadi dan juga untuk manusia lain / masyarakat / bangsa…..

    Suatu kepercayaan kepada Tuhan di Negeri ini memang sepertinya HARUS karena Negeri kita adalah negeri bangsa Religi , bangsa kita yang sebenarnya taat patuh aturan dah hal yang banyak hal baik yang lain seperti apa apa yang baik menurut cerita nenek kakek moyang kita semua bahwa sifat saling menghormati , menghargai , saling tolong menolong, gotong royong dan lain lain sebagai sifat bangsa timur dengan adab ketimuran yang berbudi luhur…..itu DULU…dan entah sekarang ??….he he he…..

    Banyak hal yang mungkin kami langgar dalam banyak hal dalam berkomentar dan salah satunya sepertinya ikut mengkritisi para pemfaham agama atau kepercayaan dan sebenarnya apa apa yang kami maksudkan adalah bukan begitu ( maksud mencela ) tapi sekedar MEMINTA kebaikan dan kesadaran dari mereka, apa yang kami inginkan adalah keadilan dimata kehidupan / alam atau didepan Tuhan…..karena hakekat manembah kepada Tuhan seharusnya diujudkan juga kepada manusia lain yaitu berbuat amal sholeh kebaikan karena yang lebih membutuhkan itu adalah mahluk dan bukan Tuhan , karena Tuhan adalah maha kaya dan maha mengerti., maha tahu dan lain lain yang nilainya lebih sangat jauh dari yang dimiliki manusia dan yang kita perbuat adalah bentuk dan ujud nyata dari rasa dan puji sukur kepada NYA………..

    Mungkinkah atau kelirukah umat manusia yang mengaku dirinya sebagai penghamba , pencari , pecinta Tuhan , dengan berbuat seakan akan Tuhan ada disana dan Tuhan butuh ini itu kepada manusia seakan Tuhan sangat butuh ini sebagai tanda bukti dengan pemenuhan syarat , syareat , pemenuhan aturan yang harus dijalankan lalu mengesampingkan nilai hekekat menyembah kepada Tuhan dengan lebih khusuk dan lebih memperhatikan mahluk atau manusia lain karena nilai amal sholeh adalah berbuat baik terhadap sesama , adil dalam dunia yang dipijaknya dan adil dalam menerima rasa dan perlakuan dalam hidup…….yang bodoh di pinterkan dan yang sangat melarat dirubah atau dientas , yang lemah dilindungi dan yang salah harus diberi sangsi hukum …dan lain lain lagi yang masih banyak…….

    Mohon maaf juga bila saya berkomentar salah dan kita saling ercaya bahwa Tuhan YME sangat tahu niat hati masing masing…..Wassalam….Nuwun……

  20. Salam juga Mas ABR……sebagai Mahasiswa / Mahasisiwi universitas terbuka Mbah Google ??, supaya lebih pinter dan bijaksana….salut dari saya…..mumpung masih ada kesehatan dan waktu dan tentunya ada niat baik untuk diri dan juga untuk masyarakat / bangsa……

    JS mungkin sudah tidak setegar diwaktu masih muda dan juga tidak sesehat dulu , kesempatan dan waktu mungkin tinggal sedikit meskipun niat dan cita cita masih UTUH tidak berkurang …ha hha……semakin tua semakin tambah bodohnya karena daya pikir sudah melorot seperti celana kolor pendek yang sudah kendur tali karetnya….ha…hha…..

  21. @ ABR,

    Kalau paklik lebih senang kuliah di universitas terbuka, maka saya lebih sering berdebat di diskothik terbuka… diskothik abal2… wakakaaakkk…

    “Terima Kasih”, Kita diberi, kita menerima, sudah seharusnya kita balik memberi / mengasih. Sederhana saja, kita mengucapkan kata “terima kasih” itu saja sudah termasuk memberi orang yang telah memberi kepada kita.

    Terima kasih filosofy `terima kasih’nya… salam buat keponakannya yang masih imut…

    @ JS, O`on,

    Maturnuwun pencerahannya, mugi sedanten ing kahanan becik lan rahayu.

    Sakit memang tak mengenal usia, mungkin jagad alit (raga) menginginkan istirahat sejenak, saya yakin kita semua bisa lebih mendengarkan apa kata body languages.

    Blog abal2 ini memang dahsyat, bahkan yang dalam keadaan sakit masih selalu ingin menyempatkan hadir, oleh karena bisa membuat suasana seperti rekreasi hati.

    Kalau hati senang dan riang, maka sakitpun enggan menghampiri, ibarat tubuh dalam kondisi drop karena terforsir pekerjaanpun tetap semangat dan sumringah.

    Semoga pakpo lekas sembuh…

    @ PNL,

    What is rainbow?…

    Terkadang di butuhkan hujan yang lebat dan deras turun ke bumi, agar pelangi memantulkan cahaya warna-warninya…

    Terkadang kita menyukai pelangi kalau dalam lukisan saja, namun dalam kenyataan sehari2 masih banyak contohnya yang tidak mengerti perbedaan, hingga tidak menyukai minoritas, lalu di buatlah seperangkat hukum negara yang sedemikian rupa untuk ‘mengerem’ laju perbedaan, sehingga warna pelangi yang di tampilkannyapun terkesan di buat2/ pesanan, bukan pelangi yang alami.

    Terroris, narkoba, koruptor semua adalah kriminal kelas kakap, tapi saya juga tidak setuju kalau pemerintah republik abal2 masih menerapkan hukuman eksekusi. Semua itu adalah demi kemanusiaan saja, bahwa tidak ada satupun manusia yang berhak mencabut nyawa manusia lainnya kecuali hanya ‘Dia’ semata.

    …seintellek apapun orang itu, sekaya apapun orang itu, seterhormat apapun orang itu, sekharisma apapun orang itu jika tak bisa mengekang nafsunya memang kelihatan kalau orang itu hanya orang baik di kulitnya saja, tetapi jiwa spiritualnya kosong melompong…
    ———————————————————————————————————
    Oalah, ini ta yang jadi persoalan?… baiklah sudah saya delete kata-kata itu, dengan bantuan orang dalam padhepokan abal2, yaitu tukang masak dan tukang seduh kopi, kemarin saya minta tulisan saya di atas di edit.

    Rasanya terlalu dini mengatakan kebaikan orang hanya sebatas kulit, apalagi isi dalamannya. Dalamnya laut manusia bisa ukur, tapi dalamnya hati manusia siapa yang tahu?…

    Pak PNL, mohon di maafkan jika ada kata2 saya di atas yang mungkin tidak bikin berkenan, saya memang masih belajar menulis/ berkomentar, tulisan saya tsb tidak bertujuan untuk menggalang opini, itu hanya pendapat subyektif saya. di mana pendapat itu berdasarkan pengalaman pribadi saja, saya yakin semua pengunjung di blog ini lebih cerdas dan ampuh serta bisa menfilter.

    @ All,

    Baiklah saya akan bercerita…

    Terlepas dari saya sudah ‘protes’ dengan pesta kurban itu sejak lama, dan puncaknya hari kurban kemarin pas saya pulang kampung, Waktu itu saya melihat sapi yang di ikat di pohon, mungkin ikatannya terlalu kencang dan ketat, sehingga sapi itu tak bisa jongkok untuk makan, apalagi duduk, hanya berdiri dan terlihat sedang berusaha menggayuk/ menggapai-nggapai rumput yang di depannya karena lehernya tak bisa leluasa bergerak, sapi itu di kerubuti anak2 yang lagi riang gembira memberi makan rumput, tapi sebentar kemudian anak2 itupun berhamburan berlari melihat calon korban sapi/ kambing yang lainnya, tinggalah sapi itu sendirian… ia tak bisa menggayuk, saya merasa iba sekali, saya minta bantuan orang dewasa yang kebetulan melihat, dia bilang tak berani membetulkan ikatannya, takutnya malah berontak dan lepas, saya minta tolong yang lainnya, rata2 sama tak berani menyentuh ikatannya, tunggu saja REMAS nya (remaja masjid) tetapi semua remas lagi istirahat, mungkin besok pagi baru datang…

    Duuuhh, saya jadi kasihan sama sapi itu, sampai terngiang-ngiang kebawa tidur, bukan karena saya tahu ia akan di korbankan esoknya, tetapi seharusnya di hari yang terakhir hidupnya ia bisa menikmati makan, serta istirahat/ duduk dan tidur sepuasnya… tapi sungguh ia tak bisa bergerak…

    Malamnya pas saya tidur, saya mimpi melihat sapi itu sudah bisa duduk merebahkan diri di lantai sambil mulutnya mengunyah rumput yang penuh, matanya menatap ke arah saya, rasanya sapi itu sedang tersenyum pada saya, sambil berkata ‘hai, dewi, saya baik-baik saja kok’…

    Entah mengapa, esoknya saya bangun pagi tanpa ada beban perasaan seperti malam sebelumnya, saya mencoba mensugesti diri saya sendiri ketika terbangun dari mimpi itu hati saya berkata ‘iya sapi, semoga kau baik-baik saja’… dengan begitu perasan iba dan kasihan yang berlebih sedikit berkurang. Yang saya tidak mengerti, mengapa sapi itu datang dalam mimpi saya seakan menyapa dan menghibur saya?…

    Setelah acara kurban selesai, saya tidak mau memakan masakan daging kurban, tapi karena menghormati ibu yang sudah capek2 memasak untuk keluarganya, jadi saya hanya mencicipi 1 sdm saja kuahnya, dan rasanya… wuiiihh, jangan di tanya baunya enek bikin mual, kepala kliyeng2… padahal kalau saya makan daging biasanya nggak seperti ini, mungkin energy kesetresan hewan2 itu masih kentara sekali… karena rasa amis, anyir darah masih terngiang-ngiang, untuk bbrp minggu ke depan saya menjadi vegetarian secara alami, makan tahu tempe krupuk nasi. tapi saya belum menjadi 100% straight vegetarian, saya masih semi vegetarian.

    Itu adalah cerita saya, bagaimana dengan pengalaman anda?… mudah2an bisa memberi masukan untuk menyambut artikel ‘vegetarian2’ di blog abal2 tersayang ini, maturnuwun.

    Salam valentine every day,

    Dewi

  22. Salam buat rekan2 semua……..

    JENG @ Dewi……..artikel Vegetariannya bagus sekali……….saya suka……akan tetapi ada pertanyaan yang muncul di hati nurani saya……..Sudah adil kah saya terhadap badan saya….jika saya melakukan disiplin vegetarian……..sudah adilkah saya terhadap badan saya ……jika saya tidak tidur selama 7 hari 7 malam atau saya tidak duduk seperti sapi yang diikat berdasarkan versi anda diatas…….saya rasa anda pasti bisa menjawabnya……..

    saya pernah punya pengalaman seperti anda…….pada saat pengen makan daging lagi rasanya mual dan pengen muntah karena bau daging seperti sangat menyengat dan tajam seperti bau darah………

    sebenernya bagus kalau tidak makan daging……..jika makan daging diganti dengan “ikan”……..yang berasal air tawar maupun air laut……….saya setuju sekali …….apalagi ikan yang dikonsumsi adalah ikan air laut ….wah tentu lebih siippp lah

    siiplah bravo Jeng @ Dewi……..

    Wasalllammm….PNL

  23. @ Ksatria,

    Pamujining rahayu, nggih maturnuwun sami-sami mas Ksatria…

    @ PNL,

    Maturnuwun, kalau vegetarian itu bukan masalah adil atau tidak adil, tapi lebih ke ranah siap atau tidak siap. Kalau saya terus terang belum siap, saya masih suka ayam goreng bulik jumput, rujak cingur, bakso granat, sushi rakyat, dsb.

    Atau begini saja, yang ‘wise’ aja gimana?… misal mengkonsumsi makanan berdasarkan golongan diet tipe darah, bisa di cari di perpustakaan adimas google. Bagi sebagian orang menjadi vegetarian itu untuk disiplin spiritual, tapi bagi yang lainnya sebenarnya demi kebaikan kesehatan manusia itu sendiri, itu yang utama.

    Semoga nanti ada jawaban yang pas menurut njenengan, mungkin dari rekan2 dan juga mbah Wage sendiri…

    NB: Hayoo mbah, di jawab, tuh ada pertanyaan dari cucunya. kemana aja sih mbah?… lain kali kalau mau ke hare krishna, mbok ya ajak-ajak, aku pingin nyicipin vegetarian mereka mbah… kayak apa sih menunya?… lekas di sharingkan di sini ya mbah…

    Salam karahayon,

    Dewi

  24. Salam Cak JS, Simbah Wager, ning Dewi dan sedulur semuanya.
    Ooohh… cak JS sedang sakit? duhhh… semoga cepet sehat kembali seperti semula… Amien.
    Ning Dewi… hehe… filosofi saya abal-abal kok… btw… Terima Kasih Kembali.
    Soal binatang korban…. sependapat ning… seperti sapi wagyu… dimasase, makanan khusus, iringan suara alam (desah angin, gemericik air) dan waktu penyembelehan nunggu sapinya tidur dan proses eksekusi harus secepat kilat…. pasti rasa dagingnya sangat beda dan mahal harganya di warung steak. Hmmmm… mungkin lebih manfaat kalau korbannya hidup dikasih ke satu keluarga biar dipiara dan beranak pinak selanjutnya yg menerima harus memberikan anaknya (maro) pada keluarga yg lain demikian seterusnya.
    Suwun.

  25. @ Dewi, sabar dikit dong. Topik vegetarian diusahakan akan keluar tahun ini. Topiknya susah-susah gampang dan juga perlu sedikit selektif membuat contoh agar tidak mengundang debat dengan kusir. Sabar dan duduk manis ya dan yang lebih penting, tanduk di kepalanya jangan sering sering dikeluarkan. Nanti tetangga salah tangkap dan ikat karena dikira kambing betina. wakakkkk…..

  26. salam semuanya….

    ikutan nimbrung yah….kayaknya lagi seru nih…..

    saya dulu inget ada lagu dangdut yg inti syairnya adalah apa2 yg berlebih2an itu tidak baik, yg baik itu yg tengah2 eh yg sedang2 saja….makan jenis makanan tertentu berlebihan juga kurang baik, semisal makan daging terus2an atau makan sayur terus2an…..demikian dgn masalah keyakinan pada akal ataupun agama, fanatik terlalu berlebihan itu juga kurang baik, yg baik itu yg sedang2 saja….hehehe…

    oh yah ngomongin sapi…kok belum ada yg memberi jawaban yg masuk diakal soal pertanyaan saya sebelumnya soal susu sumbernya dari mana?…tapi kalo pertanyaan sederhana tersebut susah dijawab, yah sutralah….

    salam dangdut…..

  27. salam buat rekan2 semua…….

    @bang doel gemuk…….

    ada2 aja pertanyaannya …….kwkkwkwkwkwkw
    susu sumbernya dari mana ……….hahahahhaa
    ” dari darah dan taiii” …kwkwkwkkwkwkkwkw
    sory jawaban abal2 nich bang doel gemuk……..kwkwkkwkwkwkw
    wasallam…PNL

  28. salam para suhu yg pinter2….

    kang pnl…kok bisa dari darah dan taii…emangnya kalo dicampur jadi susu yah…
    maaf suhu sekalian jikalau pertanyaan saia abal2…tapi beneran lho saia lagi mikir bagaimana susu itu bisa keluar terus menerus dari kantong susu….padahal isi kantong susu itukan darah…sebenernya masih banyak pertanyaan lain, tapi itu aja dulu, biar saia ngga penasaran….

  29. @ Mbah WageR,

    Gimana tanduk saya nggak keluar? kan saya si kambing betina yang lagi mencari simbahnya kambing… wakakaaakkk…

    @ Doel Gemuk,

    Suka minum susu ya? susu adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar susu yang terdapat pada tubuh mamalia betina. Contoh mamalia adalah manusia ,orang utan, monyet, sapi, kuda, kelinci, tikus dll.

    Lalu, darimana susu berasal? ketika mamalia betina mengandung bayi, kelenjar susu di tubuhnya mulai memproduksi susu. Sel-sel kelenjar susu menerima kiriman bahan makanan dari darah ibu mamalia. Bahan makanan itu lalu diolah jadi gula susu,lemak,air,vitamin,dan mineral. Tiap mamalia membutuhkan bahan makanan berbeda-beda untuk membuat susu. Namun, uniknya semua mamalia perlu makan banyak sayur atau dedaunan untuk menghasilkan susu yang banyak .
    Ibu yang mempunyai bayi yang masih menyusui, harus mengkonsumsi makanan bergizi. Jika produksi susunya banyak, bayinya tidak akan kekurangan susu ibu dan tumbuh dengan sehat.

    Salam hangat,

    Dewi

  30. makasih tante dewi…

    berarti harus beranak dulu untuk keluar susunya yah….apa emang sapi perah atau kambing perah itu beranak dulu baru bisa diperah? hebat yah kelenjar susu bisa menghasilkan berliter2 susu setiap harinya…terus kalo harus makan tumbuh2an supaya banyak susunya, berarti harimau betina yg lagi menyusui harus banyak makan tumbuh2an juga donk…..

    maaf tante jika pertanyaannya rada membingungkan….

    1. Salam Bang Doel gemuk.
      Sesuai permintaan bang Doel untuk menerangkan asal susu secara ilmiah maka ini link yg bisa diunduh pdf-nya…(melengkapi jawaban ning Dewi)
      http://www.riunet.upv.es/bitstream/handle/10251/6265/Vol_17_3_Gonzalez-mariscal.pdf?sequence=1
      http://drlowdog.com/Assets/pdf_files/Pregnancy_lowdog.pdf
      http://curis.ku.dk/portal-life/files/40935196/Chapter_17.pdf
      http://ipac.kacst.edu.sa/eDoc/2010/190075_1.pdf
      http://aje.oxfordjournals.org/content/146/11/932.full.pdf
      http://www.eje.org/content/92/2/330.full.pdf
      http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1161323/pdf/biochemj00455-0170.pdf
      http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC413404/pdf/emboj00077-0110.pdf
      http://50.22.56.132/data/Journals/JAMA/926115/jvp120110_2463_2464.pdf
      http://www.hoajonline.com/jctr/2049-7962/1/14
      http://www2.cfpc.ca/local/user/files/%7B1C5A6DFF-CA45-4451-B6B0-570FBED793D0%7D/vit%20d.pdf
      Bila masih kurang… nanti saya carikan lagi.

      Bila jawaban yg diminta adalah jawaban yg masuk akal…. ini susah dilayani karena saya tidak tahu level pendidikan dan tingkat kecerdasan bang Doel… karena bahasa dan cara penyampaian harus disesuaikan dg level penerimanya (agar masuk diakal si penerima).
      Bila maksud pertanyaan bang Doel sekedar guyonan khas abal-abal tapi sedikit kena… hmmm.. mungkin jawaban kang Sapi perah dan kang PNL sudah tepat.
      Terima kasih bang Doel…. telah ikut gabung dg para manusia abal-abal.
      Ning Dewi, Kang PNL….. hmmm…. Terima kasih telah ikut membantu menjawab warga baru kita.
      Cak JS…. syukurlah… cacak telah sehat kembali.
      Simbah Wager….. hhhhh…. klosobedah jadi kuburan … tangan ini sudah gatel mau menggulung-tikarkan saja.
      Salam buat para saudara semuanya.

  31. Salam buat rekan2 semua………..
    Bang @ doel gemuk……….orang rada aneh…….dijawab ….serius masih nanyak …kwkwkwkwkwkw
    gimana caranya…..mau bikin pabrik susu yaaaaa…….kwkkwkwkwkwwk
    hatinya lagi gatelllll…..khan sudah tau…….. “padahal kantong susu itu isinya darah”… udah di jawab dari….. “darah dan taiii”…..malah nayak lagi……dasar gatellll yaaa…kwkwkwkwkwkwk

    kalau ngak percaya coba aja…….terus minum aja sendiri…………..kwkwkwkkwwkw……….

    Wassalam …PNL

  32. @ Doel Gemuk,

    Iya benar, harus mengandung dulu, baru kelenjar susu akan bekerja secara otomatis.

    Macan, anjing dan sebangsanya adalah hewan karnivora pemakan daging, jadi nggak pernah makan sayuran.

    @ PNL,

    Selamat menikmati nostalgia era 80 an, semoga hati njenengan selalu berbunga2 seperti syair dalam lagu…

    Salam rahayu,

    dewi

  33. @ O-O,

    Weeeehh… siapa bilang jadi kuburan, wong yang nge-hits begitu banyaknya, santai aja paklik, terkadang nggak ikutan komment bukan berarti nggak suka blognya. Biar sepi dan nggak ada yang komment yang penting suatu saat bisa bermanfaat bagi masa depan bangsa.

    Jangan menggulung tikar dulu, akan ada saatnya dayohe teko, masalahnya yang teko itu kadang nggak pake absen atau permisi… eh, tahu-tahu jumlah pengunjungnya tertera ribuan… mekaten.

    Salam tetap semangat,

    Dewi

  34. Apapun itu buatannya atau peringatan, sesuatu yang dibuat manusia adalah indah dan bermakna untuk manusia itu sendiri yang merayakannya merasakannya… tak sia sia bila sesuatu DIKREASI atau DICIPTA oleh manusia, termasuk memperingati hari ketulusan kasih sayang pada sesama manusia dan tentu jangan lupa bersyukur pada sang Maha Punya Kasih Sayang, Tuhan YME bukan?.. selamat merenungkan arti kasih sayang valentine yang saling sayang menyayangi sesama person to person fis to fis… hihihi yang disayang selalu (sopo iku… yen ora rumongso yo wis mbuh ora weruh wkwkwk)… dan juga sesama makhluk Ciptaan Gusti Allah yang lain… 🙂

    1. numerologinya kok bagus ya? 0214, 2014… bagi sebagian orang angka 4 adalah sesuatu yang dihindari… untung ruginya apa buat siapa tidak tahu…… 🙂

  35. ” Valentine dengan Hati ”

    Kubuka jendela hati
    Seikat kembang mekar
    Tebar aroma kasih
    Menghias cinta dihati…

    Seikat cinta suci
    Tertanam dikamar hati
    Menghias setiap sudut
    Bahagia terasa dihati…

    Musim abu dan hujan
    Tak menghapus cinta dihati
    Bersemi abadi berbalut kasih
    Semakin indah bersemayam dihati…

    Sugeng bagio manghayu dinten valentine, mugi katresnan tansah lumeber dumateng kito lan sedoyo poro titah Gusti 🙂 …

    Hati valentine,

    Dewi

  36. @ Simbah,

    maaf mbah, saya mau merevisi baris kata/ alenia ketiga di atas:

    “Rintik hujan”… mohon di edit dan di ganti menjadi… “Musim abu dan hujan”

    Musim abu dan hujan
    Tak menghapus cinta dihati
    Bersemi abadi berbalut kasih
    Semakin indah bersemayam dihati…

    makasih mbah,

    dewi.

    NB: soalnya ini momentnya musim hujan abu di jawa, dan musim hujan air di bali.

    aneh atau unik ya mbah, gunung keludnya di jatim, tapi menyebar dan arah anginnya menuju ke arah barat hingga jateng dan jabar di laluinya, tapi bali malah hujan dan mendung terus suasananya.

    dan ada yang lebih ‘strange’ lagi mbah, konon kota blitar yang lokasinya dekat dengan Kelud malah relative lebih sedikit abu dan asapnya, yang lainnya seperti kediri dan malang malah lebih tebal abunya, juga sampai sempet ke surabaya dan mampir ke madura….

    hmmm, sekiranya ada topik tentang pawang hujan abu dan penunggu gunung ?? 😉 …

    1. Suuuiiiittt…. suuiiit….suit….. ckckck….
      Puisi nan indah menggetarkan hati.
      Menyesakkan dada.
      Maturnuwun puisinya ning Dewi.

      Tentang anomali letusan gunung kelud yg seharusnya musim gini anginnya menuju ke-timur dan ke-selatan tapi malah mengarah ke-barat dan utara. Mmmm… mungkin kesian karena rumah tua kakeknya paklik ada disitu…. 😆 hehehe
      Salam GR

    2. @ Simbah,

      Maturnuwun…

      @ ABR,

      Maturnuwun… he he he… puisinya cuman copas kok paklik, tapi saya edit sana-sini…

      Keluarga kebetulan dari jatim, kediri dan surabaya menceritakan abunya, ada juga temannya teman yang ada di desa blitar dll…

      Oh ya @ paklik and All,

      Menurut njenengan semua, ada yang janggal nggak dengan pemberitaan di tv tentang bencana gunung kelud dsb?..

      Pemberitaan kok nggak seimbang hanya di khabarkan sisi deritanya saja, mbok ya kita ini bisa sedikit cerdas, gunung meletus kan juga akan menyuburkan tanah dsb, dan juga belum intan berlian yang akan memuntahkan…

      Jangan-jangan ini konspirasi hati antara orang2 serakah bin durjana?… hmmm… habisnya kok nggak ada tayangan semburan gunungnya dsb…

      Ya okelah, kalau itu sih munkin demi keamanan saja, nggak mungkin orang meliput mendekati areanya, kan bisa membahayakan keselamatan jiwa. kecuali kalau indonesia punya teropong teleskop yang bisa di shooting dari jarak jauh mungkin dari ‘arabmerika’ kelihatan ??…

    3. Meliput gunung meletus dari dekat perlu keahlian khusus. Teknologi kita tidak nyampai, makanya tidak bisa bikin program tayangan seperti geografic atau discovery chanel. Kalaupun toh bikin juga tidak bakalan laku dijual. Beda dengan ilmu………………………….agama.

    4. @ Simbah,

      he he he… iya mbah, memang urusan mitos dan klenik masih jadi komoditi yang utama… sehingga banyak yang latah bahwa itu adalah hukuman dari Tuhan… duh, kalau yang korupsi pejabatnya, mengapa selalu rakyatnya yang dapat karmanya?… TER LA LU…

      tapi masak sih orang-orang kaya di indonesia tidak ada yang mampu membeli teleskop satu aja?… sungguh TER LA LU…

      @ ABR,

      iya percaya deh paklik, orang Jawa itu udah punya jumbuh spiritual, apalagi yang udha biasa tinggal di area sekitar gunung, siap bersahabat dengan ‘bencana’, saya bisa merasakan kakek paklek seperti juga kakek2 lainnya di Jawa yang suka tirakat dan bermeditasi mengirim energi untuk keseimbangan alam…

      that`s beautiful of Jawata 🙂

      salam buat kakek.

    5. Salam Kang Wager.
      Hehe… jawaban komentar yg jitu.

      Salam Ning Dewi.
      Hmm.. Potensi beli ada… cuma mungkin kalah prioritas menurut yg berwenang… kira-kira lho.
      Hehe… suwun.. nanti tak sampein ke kakek kalau dapat salam dari si Ning Jendal-Jendul yg sssueeeksi buuuanget…. hehe…. pasti beliau terkekeh-kekeh senang.

      Hi Bro HelpUs.
      Together, we can help ourselves.
      Thank for joining with us.

  37. emg bener..valentine itu buat apa??..juga dr asalusulnya yg ada bnyk versi crita..klo ikut2 an jasih coklat ato apalah..sih tergntung pemikiran msg2..tp klo uda sampe freesex uda gk mikir tuh mnurutku..itu budaya dr mn coba??..ngrusak!

  38. FPI kecam Menag Lukman Saifuddin karena dukung Valentine

    Merdeka.com – Front Pembela Islam ( FPI) mengecam pernyataan Menteri Agama Lukman Saifuddin yang menghormati orang yang merayakan Valentine. Menurut FPI, pernyataan politikus PPP tersebut tidak mengerti syariat Islam.

    “Menteri Agama, tapi tak mengerti syariat Agamanya. #menagkacau,” tulis FPI melalui akun Twitter, Jumat (13/2).

    FPI menegaskan, sebelum mengeluarkan pernyataan, Lukman terlebih dulu mencari tahu fakta dan sejarah Valentine. Ormas pimpinan Rizieq Shihab itu menyebut hari kasih sayang yang dirayakan setiap 14 Februari tersebut sebagai hari sex bebas.

    “Bukan tanpa alasan, ada masyarakat yg mengatakan bhw VD adalah hari SexBebas. Seharusnya menag cari tahu. #menagkacau,” lanjutnya.

    Sebelumnya, melalui akun Twitter-nya, Lukman Saifuddin mengatakan dirinya menghormati orang yang merayakan Valentine. Cuitan tersebut ditulis Lukman untuk menjawab pertanyaan akun @IshaqAllo.

    “Saya tak pernah rayakan. Tapi saya hormati yang rayakan dengan cara dan tujuan yang baik,” tulisnya.

    http://www.merdeka.com/peristiwa/fpi-kecam-menag-lukman-saifuddin-karena-dukung-valentine.html

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s