GETUR: Pandum Jaya Diningrat, Syarat Menjadi Seorang Pemimpin

pakaian-jawa

Penulis : Kang Getur. Semakin hari, semakin banyak orang yang berbondong-bondong mengutarakan bahwa layak menjadi seorang pemimpin. mengangkat diri, bahwa apa yang di gagas adalah baik dan benar serta membawa kebaikan untuk semua orang. Mereka mengangkat diri mereka setinggi langit untuk dapat dipilih menjadi pemimpin mereka. Seakan takut bila dia tidak akan di pilih oleh orang**, merasa kawatir bila bakul nasi di rumah akan kosong bila gagal duduk sebagai pemimpin. praktek tendang sana, tendang sini, sikut**an saling jegal sekaligus pemberangusan kesempatan untuk bersosialisasi, bermartabat, berteman, bergembira sebagai manusia, dan juga beranak pinak.

Segala upaya di kerahkan asal tujuan tercapai. hitam jadi putih. putih jadi abu** dan yang merah makin menyala. sadar diri ??? memang masih ada tapi kadarnya tipis….. sedikit hal yang pernah di ucapkan eyang kakung ( embah ) di kala malam semakin larut. Cucuku…… ingatlah dalam relung hatimu, walau engkau nanti bukanlah pemimpin bangsamu, tapi engkau adalah pemimpin keluargamu.

Seorang PEMIMPIN itu adalah GEDIBAL ( keset )

** Pemimpin harus bisa merasakan beban yang paling hina dari orang yang benar** papa (tidak berpunya). mampu menjadi tempat sampah tanpa merasa risih untuk bersentuhan dengan mereka yang rela berjalan jauh dan terseok karena beban hidup. Tidak akan menangis dlm menjalani kesulitan hidup walau orang** terkasih harus jauh dari kita. walau di caci dan di maki, tersenyumlah. laksanakan kewajibanmu dengan hati ikhlas walau engkau sendiri tidak merasakan nikmatnya sebutir nasi ataupun hangatnya umbi**an. Rumahmu bukanlah istana megah, tapi padang luas terbentang sampai batas cakrawala beratapkan kunang** kemakmuran berselendangkan rembulan dan matahari.

Seorang PEMIMPIN itu adalah AIR, API, ANGIN, BUMI, dan juga CAHAYA

** Pemimpin itu harus mampu melewati segala rintangan tanpa merasa terbebani oleh halangan tersebut. mampu memberikan kehangatan dan penerangan di kegelapan pikiran yang lagi susah. bergeraklah dengan lembut dan bersahaja hingga setiap orang yang engkau lewati akan merasakan kesegaran dan janganlah menonjolkan amarah walau kehancuran ada di depan mata. curahkanlah segala yang engkau bisa lakukan tanpa harus berpikir dua atau 100 kali dalam melaksanakan kewajibanmu walau sekitarmu mencibirmu atau memanfaatkanmu.

Seorang PEMIMPIN adalah PENJAGA

** Pemimpin itu memiliki naluri selembut awan, sekokoh gunung dan karang, seperti gelombang di lautan dan juga angin. ringankanlah kakimu, berjalanlah ikuti hatimu, resapilah sekelilingmu, duduklah bersama mereka walau mereka tidak mengenalimu, berbaurlah. jangan jauhkan jarakmu dengan mereka, karena engkau adalah mereka, mereka adalah engkau. rangkullah mereka dengan lembut, bukan karena rasa takut ataupun karena segan tetapi karena memang kamu adalah bagian darinya juga.
Bunga telah di keluarkan dari dalam tanah yang gersang, bunganya mirip bunga bangkai tetapi harum baunya. bunga itu memiliki 7 warna dan dapat berubah setiap harinya.

Pemimpin itu adalah ANAK, ISTRI/SUAMI dan juga ORANG TUA

Siapa bilang kalau jadi pemimpin itu harus sudah dewasa dalam berpikir, kalaupun iya, lebih tepatnya adalah bijaksana dan tegas. Pemimpin itu harus seperti anak kecil yang tidak memiliki keinginan berlebih dan hanya sebatas apa yang telah menjadi haknya sekaligus mampu memberikan kebutuhan secara adil dan merata sesuai dengan kemampuan masing** dan juga mampu menjadi pengayon, menjadi sandaran, memiliki cinta yang tak lekang waktu.

** Pemimpin itu tidak kenal takut akan kehilangan, kelaparan dan juga tegas dalam bersikap. berani mengatakan kebenaran walau itu pahit, berani bilang salah kalau memang salah, berani menjadi dirinya sendiri, tidak mengekor, tidak menokohkan orang lain, dan membaur dengan rakyat, tanpa pengawalan. Pemimpin itu tidak pernah tidur, selalu berkeliling kemanapun bukan karena keinginannya tetapi karena memang harus berada di sana untuk beberapa waktu. Tidak hanya bisa berkata ikut berbela sungkawa jika ada musibah, tidak hanya bisa berkata ikut bersuka cita bila ada keberhasilan, tetapi memang ikut dan merasakan secara langsung apa yang terjadi disana. Inilah PEMIMPIN NGAWULO RAKYAT.

** Pemimpin itu bagaikan pedang dan tombak, dia merupakan kepanjangan tangan dari badannya. siapa badannya ( ya rakyak ). berani memberikan yg terbaik untuk kepentingan bersama, di manapun dia berada mampu memberikan manfaat bagi orang sekitarnya, walaupun itu di pandang oleh sebagian orang sebagai perbuatan hina, tidak pernah berpikir untuk memiliki angan** muluk harus begini, harus begitu, dia di sebut dengan PEMIMPIN LARANGAN

Pada dasarnya Pemimpin dalam PANDUM JAYA DININGRAT ini merujuk kepada PEMIMPIN LARANGAN. apa dan bagaimana PEMIMPIN LARANGAN itu? akan terjabar dalan catatan berikutnya di TATA NEGARA KERTA RAHARJA …

Bagaimana juga tata negara kerta raharja ? it slowly, surely shine. mungkin ada yang bisa bantu. seingatku, sebagian sudah ada di kloso bedah, bukan begitu kang 0-0?

Copyright@KangGetur

155 thoughts on “GETUR: Pandum Jaya Diningrat, Syarat Menjadi Seorang Pemimpin

  1. Salam kang pnl @

    haha,.itumah tafsiran sefihak kang pnl,..
    Kenyataannya tidak mungkin kang pnl tidak makan,..

    Namun,silahkan,,jika kang pnl mau mengambil kesimpulan kesana,..

    Kami disini hanya meramaikan diskusi saja,..

    Rahayu,..

  2. Salam akang2 semuanya…

    bener hukum sebab akibat….sebab tubuh kita dari tanah, maka butuh asupan bahan2 yang berasal dari saripati tanah lewat tumbuh2an dan hewan…

    ahli hikmah….masihkah ada ahli hikmah diantara kita?…karena setiap kejadian, baik itu gugurnya sehelai daun dari dahan ada hikmahnya…

    cobalah sering2 melayani orang lain, maka hati akan kian lembut…bila hati lembut lebih mudah memunculkan sifat empati dan tenggang rasa kepada sesama…

    Salam melayani

    1. >>…karena setiap kejadian, baik itu gugurnya sehelai daun dari dahan ada hikmahnya….>>>@pelayan

      Mudah2an blog abal2 ini juga ada hikmahnya. Selamat datang dan selamat bergabung untuk Kang Pelayan. salam [wager]

    2. salam mbah wager…

      sebenernya bukan pengunjung baru sih…saya masih rutin hadir kok…lebih senang baca2 tulisan mbah dan komen porosepuh sekalian yang menurut saya jauh lebih berbobot…

      @komendan O-O….sekarang klosobedahnya harus pake telik sandi segala yah…tapi kalo alasan demi keamanan negara sih bisa dimaklumi….tapi kalo alasannya karena sepi, kayaknya harus ditinjau ulang….kata si mbah itu yang penting prosesnya baik, kalo hasil (tujuan penulisan) pasti mengikuti proses….bener ngga si mbah…

      salam melayani….
      sang pemimpi

  3. Duh, ternyata, Kang SP toh, kirain warga baru. Pantesan komentarnya rapi. Maklum, simbah jarang intip IP address komentar. Tapi tetap saja selamat datang Kang, setelah lama puasa komentar. wakakakkk……

    Klosobedah itu isinya berbobot dan punya pengunjung tersendiri. Cuma karena Kang OO orangnya low profile jadi (selalu) merasa diri artikelnya jelek, kurang menarik dan tidak digemari. Komentar yang minim bukan karena tidak menarik tapi bisa jadi karena artikel terlalu sempurna sehingga nyaris tidak ada celah bagi pembaca untuk menyanggah. Simbah sendiri sih cuma mangut mangut, berterima kasih karena dapat ilmu baru. Masak komentarnya selalu sama “Tang kyu atas sharing ilmunya”.

    Obrolannya pindah ke Wallung Kopi saja ya. Kagak enak nih sama Kang GETUR. Maaf oot Kang.

    1. Setuju mbah…ora komen bukan berarti ora tresno lho karo tulisane….karena sering saking terpananya sama isi tulisannya, mata saya cuman bisa kelap-kelop-kelap-kelop…wkwkwkwk…..

  4. Salam Kang PS, Kang SPlayan, Kang Nur and All.
    Terima kasih atas dukungan mental dari para akang semuanya. Memang ada beberapa faktor yg membuat klosobedah on-off-on-off, salah satunya adalah firasat bahwa warung sedang dilihat/dipelajari oleh yg bermaksud kurang baik makanya 2 tulisan terbaru {(Membedah Konflik Horisontal dan Solusinya) serta (Konflik Abad 21 dan Keamanan Wilayah)} saya delete permanen. Masalahnya… sore kemarin saya dapat di internet (tak sengaja) sebagian dokumen rahasia yg bocor keluar negri dan ditambah-tambahi untuk mendiskreditkan pemerintahan kita yg bertujuan membentuk opini masyarakat/negara luar…. yg bikin dongkol-nelongso … ternyata beberapa warga kita (wong jowo ra jowo) yg terlibat.
    Ntar malam… saya petani dulu… tulisan mana yg akan dibuka gemboknya.
    Mungkin… hmmm… kita tak perlu nulis lagi tentang negara/pemerintahan kita (toh kita sudah sama-sama tahu kekurangan/kelemahan negara kita)… masalahnya hal ini bisa digunakan pihak yg tak suka dg kita untuk menjelekkan kita di mata dunia… karena mereka juga menyadur tulisan di media masa termasuk blog.
    Suwun.

  5. @ Mr. O-O,

    Right or wrong is our country.

    Why would you think that someone out there are watching on us?… well, we all are.

    Kenapa kita takut di katakan jelek/ di ejek/ di hina dsb, bahwa indonesia itu bla bla bla…

    Lebih baik di ejek, di kritik, karena lewat tempaan kritikan kita bisa segera membangun dan merubah apa yang perlu di rubah, serta memperbaiki apa yang perlu di perbaiki, dst.

    Daripada kita sukanya selalu di puji yang indah2, tetapi di belakang mereka sebenarnya tidak bermaksut memuji melainkan hanya ‘lulu/ nglulu/ di lulu’… you know what I mean kan?…

    Dunia ini hampir tak ada lagi rahasia untuk manusia di bumi, satu2nya privacy untuk publik adalah ruang pribadi yang harus kita hormati, namun jika itu menyangkut kepentingan masyarakat banyak, maka tanggalkan ke-individu-an itu untuk kepentingan bersama.

    Filosofy arek suroboyo… becik ketitik olo ketoro…

    Katakanlah kejujuran itu walalupun sangat menyakitkan…

    Kalau tujuan kita memang baik dan tulus, maka kita tak akan takut menghadapi apapun bebayan itu, yakinlah bahwa kita lebih setia kepada kebaikan ibu pertiwi yaitu: kebenaran dan nurani, bukan setia kepada golongan kelompok2 apapun bentuknya itu.

    Right or wrong is my country, saya tak pernah malu mengakui mencintai negri ini, dengan apapun kondisi yang menimpanya, baik dalam suka maupun duka, sehat ataupun sakit, dsb.

    Dengan apa kita bisa menyatakan cinta kepada negri ini?… semua itu berpulang kepada ketulusan partisipasi dan kapasitas masing2 individu negri ini. Ada yang saking cintanya hingga ia seperti ‘kumbang wangwung’ yang artinya mencari penghidupan di negri ini tapi dengan merusaknya. Ada yang kritis, nyinyir sebagai pembaharu pemikiran tentang negri ini, namun sebenarnya ia bak jamu pahit bagi negri yang sakit, dampaknya tidak di rasakan instant namun suatu saat pasti akanlah terasa manfaatnya.

    Kita tak seharusnya mudah putus asa, apalagi melemparkan kesalahan dengan mencurigai lawan, teman, atau yang lainnya sebagai penyebab semua ini, ingatlah bahwa semua mata dunia memandang kita. Mereka adalah penonton saja, Namun kita (semua warga indonesia) adalah pemain utamanya, the leading roll, sebagai penentu arah tujuan hidup kita sendiri.

    http://sabdadewi.wordpress.com/2013/03/03/membangun-karakter-bangsa/

    Salam spirit NKRI,

    Dewi

  6. Duh…. arek iki… cik polose.
    Gini ning…. kalau di rumah ning dewi…. ayah dan ibu serta kakak dan adik ning dewi saling cakar-cakaran… apa ning Dewi cerita kondisi tersebut ke para tetangga?

    1. Kalau pacar tinggal di sebelah ya bisa jadi, kang. Wong ebes wae curcol, gimana anaknya ngga? 😀
      Lagian, bukannya itu yang terjadi sama (para) ‘wong jowo ra jowo’ yang kang O-O sebutkan sebelumnya? Ada ga ada, toh (beliau2) tetep akan ngarang2 juga. Kalo mau bersih2 rumah nunggu tetangga liburan semua dulu ya kapan bersih e, kang?

    2. mungkin tergantung konteksnya komandan…mungkin kalo si suami KDRT terhadap istri tiap hari…..mungkin si anak yg masih kecil2 akan bercerita juga pada orang lain untuk hanya sekedar sebagai penengah atau mengingatkan bapaknya yg mungkin sering lupa diri…tapi sebaiknya semuanya diselesaikan secara musyawarah mufakat…harus ada yg bisa menekan egonya dan mengalah untuk kepentingan bersama…harus ada yg bijaksana bijaksini….harus ada yang mau mendengarkan, bukan hanya ingin didengar….harus ada saling menghormati…dan ujung2nya harus ada saling melayani satu sama lain alias gotong royong….

      makanya saya pernah denger pitutur orang pinter….kalo ingin pit ang proper tes calon pemimpin itu, lihat saja kondisi keluarganya….harmoniskah? anak2nya baikkah? dsb….kalo dia berhasil memimpin keluarganya, minimal dia sudah punya modal awal sebagai calon pemimpin….tapi kalo memimpin keluarga saja sudah berantakan, bagaimana dia mau memimpin keluarga yg lebih besar dalam hal ini mungkin konteksnya negara….

      tapi itu hanya analisa abal2…jadi hanya sekedar hipotesa…jadi jangan dianggep serius2 amat….amat saja ngga serius…

    3. Betulkangspelayan sianakkeciltidakngertikalautetanggatadi ngincerrumahkitadanmengambilhati sianakkecilbiardianggapmalekat trussianakkecildipesenisupayamenaburkan sebuahkapsulkecilkemakananorangtuanya dengandalihituobatyangmembuatrukun orangtuanyapadahalisinewisomandi sakkalwongtuwonearekcilikmatek tonggonelangsungngejekiomahesibocah kedadeyankoyoafganambekiraklan laginggarapnegoroislamsing istilahearabbersemiugonegoronekito singdianggeppodoambekarab.
      ketokesitonggolageknger timangkanebolonganedodiitambalibengakisodiinceng.
      Hehehe…dobingungnganggobasocampuranbiarangeldiarteknombektonggo.

  7. Salam ….

    ciri2 ( satrio Piningit) :

    Dia, satrio piningit, (yang dimaksud di sini sang ratu adil) benar berwujud manusia biasa. Dia memiliki kebijakan yang mengutamakan kepentingan orang banyak; serta memiliki kecermatan luar biasa jeli dalam memandang persoalan sehingga menjadikannya jernih; kemampuannya dalam ilmu dunia dan gaib membuatnya menggendong segala kesaktian.

    Satrio piningit ini asal-usulnya misterius hidup dalam keadaan telah yatim-piatu; tidak dikenal dan mengenal serta memiliki sanak-saudara; benar-benar sendiri sebatang kara. Ia memiliki banyak teman/pasukan akan tetapi selalu bertindak sendirian tidak mau melibatkan kawannya atau main keroyokan dalam menghadapi siapa saja yang menjadi lawan-lawan politiknya.

    Ia tidak pernah berambisi menjadi seorang pemimpin apalagi berkeinginan untuk menjadi seorang raja. Satrio piningit ini walaupun kelak menjadi masyhur bukan tipe sosok manusia gila hormat; dan tidak ingin dihormati serta menolak penghormatan dari orang se-Jawadwipa/Nusa Antara.

    Satria piningit menolak dan memantangkan dirinya menerima segala macam upeti, hadiah, dan lainnya dalam segala bentuk apapun dari pemberian dari orang lain. Ia, sang ratu adil, memiliki kemampuan untuk dapat mengerti dan mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan dalam waktu dekat.

    Ia memiliki ilmu agama yang mendalam, akan tetapi menolak dirinya disebut ulama. Sosoknya memang berwujud manusia biasa yang tindakannya bernilai dan bermoral setengah malaikat, akan tetapi menolak dirinya disebut seorang malaikat dalam wujud manusia.

    Satria piningit ini sering menggoda orang lain dengan mengajukan permintaan yang remeh dan menolak pemberian lebih dari yang dipintanya. Ia juga seorang yang memantangkan perbuatan apapun oleh dirinya yang dapat merugikan orang lain. Di samping itu juga menolak kejadian di sekitar diri dan lingkungannya yang berindikasi terjadinya pencurian, korupsi atau kejahatan apapun.

    ( nas kah …hanya copy paste ….bukan saya yg nulis )
    Wasallam….PNL

  8. Barusanwarung klosobedahtabisasaya bukaselaku admin. Syukurlahmbrobosmburitan kasilmblebu… langsung isine dicoffe + dipelciknoresik…. eh… cikkurangajare gak olehdiresiki…. duhhbalapan ambeksingduwewarungsoko amriksampekngosngosan….

  9. Salam…..

    Jeng @ Dewi …….kaskah naskah diatas….yg mungkin cocok buat anda

    Wasallam …..PNL

    catatan admin: kesalahan ketik telah diedit by wager

    1. @ PNL,

      Thanks, What is kaskah? :)…

      @ O-O,

      Then, what is all about sir?… otherwise you need some times to relax for a moment, to recharge your energy, or maybe you need some privacy :wink:…

      @ Pelayan, Made, All,

      Terima kasih untuk selalu berpikir positive, bijaksana, bersikap terbuka dan fairplay 🙂

      Salam fairplay,

      Dewi

    1. @ Mr. O-O,

      Excuse me sir, since you say it a loud at the blog, but I have to say this:

      What is java? Are we not java enough?… then, what is made a men for being a java?…

      A java man is a universal, wong jowo kuwi universal, ini terlihat dari kemandiriannya yang tidak akan mencampur adukkan antara jagad kecil dan jagad besar, wong jowo kuwi yo ono sing sinkretisme, kristen, islam, hindu, atheis, animisme lan liyo liyane. Tapi yen berbudaya (berbangsa dan bernegara) sungguh berbudi lan berdaya, kita tak pernah melupakan budaya leluhur, di mana2 orang jawa itu merantau akan selalu menyematkan ‘jawa’ di jiwanya. Agama itu nomer dua, budaya leluhur itu nomer satu, itulah wong jowo, kalau pingin tahu sebenarnya orang yang berjiwa jawa.

      Tapi skg orang jowo bisa ke arab2an, bisa ke barat2an, dsb. nggih monggo mawon, ning ojo nganti keblinger, ngono yo ngono ning ojo ngono. mulo kuwi yo rwabedha, berbeda-beda tetap satu jua, tetap dalam satu pelukan ibu pertiwi.

      @ Getur,

      Monggo tumut gabung jagongan ten mriki, maturnuwun.

      Salam jowo,

      Dewi

    2. Salam JDD……

      Sepertinya ” wong Jowo ” banyak yang sakit flu . badan demam , lemes dan mata liyer liyer ngantuk karena efek obat ……juga ribet membersihkan ingus di hidung…. ….he he….

    3. Loh ya… lah yo…. Kelod ndak melulu harus Selatan, toh kang O-O? 🙂 Saya memang dari mbrojolnya sudah separoan, jadi ndak bisa main claim ketimbang nanti di demo sama tetangga. Dan berhubung terlahir di dunia abal-abal, saya hanya diwanti-wanti untuk inget kebijakan ‘di mana bumi dipijak, di sana kita harus menumpang mandi’

  10. jeng DEWI….
    trima kasih telah mengundang. sementara menyimak saja dulu jeng… Lagi sibuk corat-coret kertas. Maklum awal bulan, lagi menyibukkan diri. monggo dilanjut saja. nanti setelah selesai… pasti pasuk masuk lagi… ni lagi nguantuk poll… banyak tamu

  11. Saya off dulu, mau tidur nih, kagak lagi bisa memantau. Maklum, masih anak2 jadi tidak boleh bergadang, harus tidur lebih awal. 🙂 [wager]

  12. …tulisan mana yg akan dibuka gemboknya.
    ——————————
    kitab2 agama pun tergembok agar para pembaca menyakini/mengimani bahwa kitab2 itu bukan karangan/karya manusia.
    maka gembok tidak sekedar sbg pengaman, tapi juga pengalih perhatian.
    pola pikir/nalar pun digembok agar tidak berkembang scr logis/rasional serta realistis.
    (^_^)v
    apakah para pemimpin harus berwawasan sempit dan berpola pikir….tergembok?.

  13. @ O-O,

    Orang jawa memang terkenal mandiri, tapi terkadang juga bisa sangat individualis, namun apakah individualisme ini negatif atau atau malah positif, terkdadang tergantung sikon memandangnya.

    Seperti halnya dalam dunia politik, tak ada itu yang abadi, yang abadi hanyalah kepentingan bersama.

    I`m sorry what`s happening to you, I just wish I could balancing your thought :).

    @ JS and Made,

    Terima kasih pencerahan dan intermezzonya 🙂

    @ PNL,

    Thanks, saya pikir naskah tsb cocok untuk/ kepada semuanya, bukankah begitu budayanya? 🙂

    @ Getur,

    Nopo bikak praktek kok kathah pasien eh tamu? :mrgreen:

    @ O`on,

    You were my favorit SP, beside embah Wage 😀

    Salam one for all,

    Dewi

  14. @ Getur,

    Nopo bikak praktek kok kathah pasien eh tamu? :mrgreen:
    ———————————————————————————-
    sebagian adalah mereka, sebagian yang lain adalah fiksi, sedikit adalah hayalan…

  15. Matur nuwun pada Kang GETUR atas sharing menarik, berbobot, impian semua orang tentang pemimpin yaitu Pandum Jaya Diningrat. Walaupun seri lanjutannya (TATA NEGARA KERTA RAHARJA) yang bikin penasaran tidak jadi “dibuka”, namun saya secara personal tetap merasa harus berterima kasih. Toh sebagian sudah dibuka di Kloso Bedah bukan?

    Tentang password, Kloso Bedah yang pake pasword mah keciiiil. Tinggal todong kang O-O dengan senjata maian, pasti beliau gemetar ketakutan dan tanpa nunggu waktu lama beliau langsung buka….celana. Eh?! maksudnya buka password.

    Tentang artikel privat sebetulnya bisa diatur. Misalnya dikasi password atau dibuat privat. Blog ini hanya mencoba ikut mengarsipkan saja. Dimana ditulis, Dongeng Budaya, Kloso Bedah ataupun di tempat lain sebetulnya tidak masalah. Yang jelas ide atau karya tulis hendaknya tidak sampai hilang percuma.

    salam

    1. Wakakkkkkkk….. Salam Kang Wager.
      Sudah dibuka kang…. meski perlu blusukan pintu belakang lewat blog baru akhirnya bisa masuk ke admin dan bisa dihilangkan sandinya…tulisan yg tak bisa dibuka…ya terpaksa dihapus permanen. Apa kang Wager mengalami kesulitan masuk login admin dan mengedit tulisan?
      Suwun kang Wager, kang Getur.

  16. @ PNL,

    Nggih maturnuwun, sami2 selamat pagi, juga selamat siang, selamat sore, selamat malem, komplit deh.

    @ ABR,

    It`s so lovely to hear that your blog is back!…

    @ WageR,

    Embah katanya belum cukup umur, kalau masalah buka2an aja lancar…

    @ Bala(ne)dewa,

    Paklik Balanedewa kemana ya?… kok lama nggak pernah datang ke padhepokan.

    @ Getur, Pak RT and All,

    Barusan lihat sekilas acara berita di TV… membedah konflik Polisi dan TNI.

    Memang tak bisa di gebyah uyah, walaupun sejak berpisahnya Polisi dari ABRI, nasib TNI semakin terlunta2, beda dengan Polisi yang sedikit banyak bekerja di lahan basah. Perbedaan jurang/ gap ekonomi ini semakin kentara saja…

    Tapi walaupun begitu karakter Polisi sebenarnya belum bisa mandiri secara total, ia tentu saja masih menggunakan cara2 militerisme sekalipun berhadapan dengan sipil. Dan puncaknya adalah yang saya lihat tadi di TV, masak masalah sepeleh melanggar lalu lintas saja sampai menembakkan senpi…

    Kentara sekali bagaimana mereka tak bisa memposisikan dirinya, ini kritik buat petinggi polisi republik abal2, saya geram sekali kalau lihat acara ‘live’ penyergapan orang yang di duga terroris selalu berakhir dengan eksekusi, mengapa tidak di tangkap hidup2 agar bisa di adili.

    Well, anak kecil aja tahu, rakyat skg udah nggak bisa di bodohi, tukang becakpun akan mengecam tindakan pasukan itu, sekalipun kita semua tak suka terroris.

    Salam prihatin,

    Dewi

    1. Tengkyu ning Dewi. Although, I’ve been have some trouble to manage it until now.
      Kang Wager….. hmmm… kenapa kok sulit masuk wordpress ya kang… tapi kalau masuk lewat komen disini trus (klik edit)…bisa masuk DB selanjutnya baru bisa keadmin KB… dpt akal coba-coba baru kemaren malam trus gagal lagi tadi, terpaksa lewat blog yg lain sore ini baru berhasil.

    2. Salam…….beberapa hari ini saya juga sering bertanya dalam hati….kemana Mas Balanedewa…..semoga Beliaunya sehat selalu…….

      He he he…..JDD….siapa yang jadi pak RT ??……he he…peristiwa 25 tahun yang lalu….sedang menjadi penganten baru lalu daftar jadi RT….dan terkabul dipilih….lha piye harus tidak jadi ….jadi RT itu tidak diperebutkan…..banyak yang tidak mau….karena tidak ada gaji bulanan atau tunjangan materi……kepala sering kliyengan bila warga sedang berantem , ada selingkuh….main judi …warga mabuk dan ngamuk….tawuran….dan lain lain yang menjengkelkan….ha hha….Nuwun…

    3. Salam Cak JS.
      Hmmm… tak perlu puyeng bila ada warga yg tawuran… tinggal panggil yg ini
      pasukan-anti-tawuran.jpg
      Hmm… pasti pada kabur masuk ke dalam rumah masing-masing.

    4. Salam Mas ABR……..

      Walah walah….itu kan mobil sedot tinja…..he he he….sangat cocok dan usulan atau solusi yang tepat untuk membubarkan para warga yang tawuran atau demo ngawur yang ditunggangi kepentingan terselebung dan sengaja bikin kacau dan semakin semrawutnya negeri ini……semprotkan dengan cairan banyak telek yang berbau aneh yang bikin perut mual dan mules…he he he….dengan catatan apa apa yang disemprotkan tidak mengandung bakteri atau virus menular….bisa berabe danfatal akibatnya ….bisa opname dan masuk UGD…….Nuwun..

    5. Tinja + sampah organik nanti akan timbul gas bio yg akan mendorong tinja water cannon makin jauh jangkauannya….. selang keluaran pompa dibuat double (1 selang tinja+1 selang yodium untuk membunuh bakteri sekaligus warnanya makin kuning) bila sudah habis cairannya maka tinggal gasnya bisa dipakai untuk keperluan yg lain.
      hehehe… abr must be crazy.

    6. Kemudi loop arah tembakan , kekuatan semprotan bisa dikondisikan diprogam dengan rangkaian elektric dan tentunya ada kamera terpasang sebagai pandangan penjelajah dengan radius atau pandangan 1/4 . 1/2 . 3/ 4 atau lingkaran penuh.dengan mobil sebagai titik sentra …waaah…tentunya harus ada operator …he he seperti permainan game…..

    7. saya GERAM sekali kalau lihat acara ‘live’ penyergapan orang yang di duga terroris selalu berakhir dengan eksekusi, mengapa tidak di tangkap hidup2 agar bisa di adili.
      ———————————————————–
      jika mereka saat menyergap sama2 GERAM…mungkin mereka pun tidak menyadari agar menghindari eksekusi..atau jadi lupa agar ditangkap hidup2.
      maka berprofesi sbg penegak hukum pun ..ya harus mampu mengendalikan diri/emosi…walopun ketika di TKP.
      (^_^)v

    8. @ O`on,

      Hwahahaha… iya, aku jadi menertawakan diri sendiri…

      Betul itu mas O`on, harusnya jadi polisi itu bisa menjaga emosi minimal tidak emosionalan, sehingga bisa profesional.

      Kalau kita lihat di tv, mereka terkesan brutal bahkan stupid, masak penembak jitu tidak bisa membedakan mana itu kepala mana itu dengkul. Kalau niatnya hanya melumpuhkan janganlah di eksekusi begitu.

      Malu rasanya kalau di lihat orang sedunia, bagaimana wajah polisi republik abal2, lambat laun keburukan juga akan terbongkar juga, mereka mungkin mengejar target saja, sehingga nilai2 kemanusiaan mereka abaikan.

      O iya, TNI juga tak luput dari perhatian, ada kekurangan dan kelebihan, kelemahan dan keunggulan. Cepat atau lambat mereka harus berbenah diri. Banyak PR yang harus di evaluasi, jangan lupa itu. Baik masalah antar intern, horisontal (rakyat), maupun vertikal (negara).

      @ JS,

      Nggih sakmeniko proses perjalanan pendewasaan, di beri kesempatan terpilih menjadi RT di usia muda, konon semakin banyak merasakan asam garam kehidupan, maka akan semakin banyak pengalaman yang menjadikan hidup ini lebih kaya hati, lebih bijaksana dan lebih universal. walaupun universal kecil2an, masih taraf lingkungan rukun tetangga… xixixixixi….

      Salam rahayu,

      Dewi

    9. JDD, Mas JS,

      We lha da la , saya ini (pura2) sibuk ruarr biasa beberapa hari terakhir ini, jadi nggak bisa ikut komentar ! …)-: Tapi, masih tetap menyimak komentar2 para winasis disini (-: Kapan itu Mas JS saya kirimi jopa-japu karena saya baca Mas JS baru nggak enak badan.Sukur, nampaknya Mas JS sudah sembuh … slumanslumunslametslumanslumunslamet- slametsegaliwet ….. ndelik lagi ….

    10. Salam Mas Balanedewa……waaah…..doa yang dikirim kepada saya sepertinya ces pleng……..doa yang cepat terkabul biasanya dimiliki oleh manusia yang bersih hatinya , terbuka dan sadar alam pikirannya , jiwanya yang halus dan selalu ada kasih dan sayang……manusia yang seperti itu biasanya orang orang yang lurus dan hatinya selalu ada Tuhan YME…..

      Salam Mas Oon……..saya selalu memikirkan dan mencari jawabnya atas komentar Njenengan yang selalu kritis , jujur apa adanya , realita kenyataan , mengajak kita semua untuk berpikir cerdas , mengajak untuk bertindak bijaksana dalam segala hal yang menjadi dan menimbulkan masalah dalam hidup manusia…..

      Salam JDD…….Hidup yang tidak sendiri pastinya harus mengikuti banyak aturan hukum yang sudah diwujudkan oleh poro pinter yang bijaksana dan cerdas …..atas kesepakatan bersama, demi kebaikan bersama dan tentunya aturan dibuat untuk ditaati demi hidup dan kehidupan supaya tercipta atau terwujud kondisi yang damai dan adil…… ..

      Pengalaman hidup …asam garamnya adalah hal yang sangat bernilai dan ada hikmah didalamnya….. , rasa yang datang memang beragam , suka cita , duka nelangsa , kecewa dan lain lain sangat jelas sangat mendidik manusia untuk mengerti tentang cerita hidup , hidup dirinya sendiri dan juga hidup mahluk yang lain , semua rasa itu yang sebenarnya mendidik jiwa batin diri kita untuk bisa menjadi manusia yang bijaksana berkesadaran dan berjalan lurus dan tentunya untuk bisa mencapai tahap dan kondisiitu sangat memerlukan keikhlasan , kesabaran , tahan uji dan pasrah total dan percaya kepada Tuhan YME yang bersifat maha baik kasih dan sayang….. Nuwun

    11. …sehingga nilai2 kemanusiaan mereka abaikan.
      ———————-
      diabaikan atau tidak,…..kemanusiaan “urusan” KEDUA….begitukah. (^_^)v

  17. Salam Mas GETUR…….

    Saya tertarik dengan keterangan dari Njenengan bahwa seorang Pemimpin adalah…….

    * Pemimpin itu GEDIBAL
    * Pemimpin itu AIR, API, ANGIN, BUMI dan juga CAHAYA
    * Pemimpin itu adalah PENJAGA….

    Saya ingat dengan keterangan dan dawuhnya Beliau ( manusia yang saya hormati sebagai manusia yang berjiwa dan berjalan diatas jalan spiritual / penghamba Tuhan , bersifat terpuji dan mulia )…Beliau mengatakan bahwa dalam diri manusia banyak sekali gambar gambar alam…..3 point diatas sepertinya ada dan dimuat dalam diri atau badan manusia yang kami anggap sebagai seorang pemimpin yang amanah…..ada matahari , bulan , bintang , gunung , lautan , kapal , huruf huruf dan cahaya…banyak yang lain….bahkan gambar isi alam semesta……

    Seorang Pemimpin yang harus berpakaian banyak model , pakaian Raja , Resi Begawan., Sunan / wali ., Prajurit , Petani dan bahkan seperti seorang pengemis dan berpakaian compang camping dan kakinya ” nyeker ” tanpa alas kaki / sandal……..

    Entah benar atau salah ….bahwa seorang penghamba Tuhan dan hati nurani , kasih sayang dan sifat baik dan mulia luhur adalah beraura menyejukan dan bahkan para jalmo hidup yang gaib juga senang mendekat dan berkerumun disekitar dia dan bahkan berada dalam dirinya……hal ini memag seperti tidak masuk nalar / logika ….tetapi begitulah adanya , seperti ilmu yang berbicara tentang gaib atau Tuhan YME , tidak bisa dibuktikan secara nyata dan dipercaya sebagai hal yang nyata dan ujud bagi yang mengalami sendiri….Nuwun….

  18. Hareee !!! Kang Bala sudah hadir kembali. Hareee jKang JS sudah sembuh. Haree juga untuk rekan lain. Horee apa? Ya pokoknya horeee. Khan blog abal2. Kagak perlu jelas, yang penting kumpul dan happy….

    1. Salam Mas PS…….terima kasih atas rasa sukur dan bahagia bila melihat para tamu di rumah Mbah Wage ini selalu sehat dan happy……
      Sakit sebagai tanda bahwa badan sudah overload banyak beban pikiran atau phisik jasad sangat kecapekan …..jatuh sakit seperti flu demam batuk dan sakit kepala bukan hal yang sangat menyakitkan …he he he hanya sebagai tanda bahwa diri ini harus istirahat barang sejenak…..beda dengan sakit hati atau sakit pikiran karena kita tidak mau dan tidak mampu menahan rasa ego kita yang epas kendali….kita seperti orang yang selalu sakit disepanjang tahun…..tersiksa karena tanpa ada kesadaran bahwa hidup hanyalah seperti itu adanya….hidup adalah hal yang sebenarnya sederhana dan bisa dihadapi karena menurut kodrat alam diri manusia sudah diberi bekal untuk hidup dan bertahan hidup ……he he he….tentunya ada akhir masanya lalu badan dan jiwa berpulang kepada pemiliknya…….Nuwun

  19. @ JS, PS and All,

    Horeeee…. hip hip horreeee…. paklik Ba-lalalalala-(ne)dewa udah comeback walau men-delik lagi… wakakkaaakk… kayak kura-kura dalam perahu… pura-pura sibuk ruaarr biasa ternyata tetep mengintip juga…. xixixixixi…

    Horeee mbah ayo kita nyanyi bersama, pak JS hari ini tanggal 9 maret ultah yang ke-53…. hip hip hip horreeee… happy birthday to you… mari nangis ngguyu… Eh, habis sakit sembuh, happy birthday happy birtday… haaaaappy birthday to you….. cup 2x… hmmuuuaahhh!…

    Salam horeee,

    Dewi

    1. Sa;lam damai Mas ABR….Jeng Dewa Dewi / JDD…..Mbah Wage dan sedoyo porosepuh……

      Terima kasih atas ucapan ultah untuk saya……semoga doa yang diperintukkana kepada saya juga kembali kepada Njenengan semua dan melebihi apa yang sudah diberikan kepada saya ….Amin…..

      Segala puja dan puji sukur alhamdulillah kepada Tuhan YME….selama 53 tahun saya hidup sudah begitu banyak hal yang baik yang sudah saya terima dari NYA……para manusia tidak ada yang bisa membalas kebaikan Tuhan dan juga kepada orang tua kita masing masing, sebagai manusia yang berbudi dan berakhlak bagus pastinya menjaga hidupnya dari hal yang nista , patuh dan taat kepada Tuhann yang disembahnya , berbuat baik , saling menghormati dan saling tolong menolong dalam hal yang baik juga……

      Umur JS jelas sudah berkurang 1 tahun dan semoga sisa umur ( entah sisa berapa ) semoga terisi dengan hal yang lebih baik lagi , sehingga ketika akan berpulang nanti tidak ada hal yang memberatkan , sudah dan telah ikhlas terhadap semua hal……Nuwun….

  20. Umur JS jelas sudah berkurang 1 tahun dan semoga sisa umur ( entah sisa berapa ) semoga terisi dengan hal yang lebih baik lagi ………..
    ——————————————
    Mas JS,

    Selamat ya ! Nek menurut saya (umur) bukan berkurang 1 tahun, tapi Mas JS SATU tahun lebih …muda dibanding 9 Maret tahun depan,2014 !…
    Sekali lagi, Selamat Satu tahun lebih muda ! (Jangan pesimis terus, harus tetap optimis. )

    1. Salam Mas Balanedewa….terima kasih dengan ucapan selamat itu……sangat benar kita harus optimis….selalu semangat dan pantang menyerah dalam hidup dan problematikanya ….saya yang selalu mengajarkan kepada mereka…untuk optimis dan jujur dalam banyak hal……

      Hal yang membuat saya pesimis adalah ketika berkerumun atau berkumpul dengan banyak manusia , banyak aura yang membuat saya sedih….sehingga saya boleh dibilang sangat jarang untuk kumpul kumpul , pilih pilih seseorang untuk dijadikan
      teman.atau sahabat……mengisi waktu dengan banyak cara dan sering sendiri…. …menggambar ….mencari ide…..bekerja dipasar genteng dengan banyak diam….duduk selama 7 atau 9 jam…tanpa jalan jalan atau nonggo dan bahkan saya duduk membelakangi jalan ( tidak menghadap jalan atau wajah tamu )……he he he…kalau dirumah baca baca mbah google dan juga mengunjungi para teman blog tanpa wajah dan suara…ha hha…….Nuwun……
      ……

  21. Udah2, jangan ngomongin umur.
    Berapapun umurnya, minumnya sama yaitu……susu.
    4 sehat 5 sempurna. Badan sehat, negera prima
    Tata Negara Kerta Raharja.

    Negera akan maju kalau warganya cukup gizi.
    Kebutuhan daging masih impor. Kedelai bahan tahu dan tempe juga impor. Dikorupsi lagi. Nah, itu namanya negara tidak cukup gizi. salam [wage]

  22. Salam Kang Wager, Kang Bala(ne)dewa, Kang Nur, Cak JS.
    Hhhh…. bener kang, semua pada import…. yaaa… gitulah… saat pengurusan segala tetekbengek tentunya ada beayanya (tertulis nyata dan tak tertulis/bawah meja)… eh… yg bengek mestinya kan napas/paru-tenggorokan para oknum… soalnya mungkin berkaitan dg gizi-susu yg diperes… jadilah tetekbengek kebanyakan diperes…. eh… kok jadi ngebahas pabrik susu ya….

    1. Salam Mas PNL…..

      Iya …saya kerja di pasar Genteng lantai 3 ….saya dikenal disana dengan mbah gondrong yang tua dan kurus….he he he…..

      Silakan bila mau berkunjung dan kebetulan untuk saat ini saya kerja dirumah , mengawali pekerjaan baru……siapa tahu bila kita berjumpa ada hal lain yang lebih bersifat manfaat , misalkan berkreatif dan bekerja memikirkan dan mewujudkan suatu benda hasil karya yang manfaat dan diperlukan banyak orang ….

      Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas niat Mas PNL untuk silahturahim……Nuwun

  23. OK kang @JS……saya suka org kreatif ……mudah2an saya bisa ikutan nimbrung bergabung buka usaha….yg sifatnya kecil2an …..karena saya juga kehabisan modal ….habis ditipu …..tp saya ngak akan pernah bersedih…..klu tujuannya baik….jalannnnn terrusssss…..

    makasih ….mbah gondrong….hehehehehe

    Wasallam …PNL

    1. Salam Mas PNL….ini nomer HP saya ….flexy…HP masyarakat ….he he he…03178185072……

      Tentang ditipu …wallaaah….JS juga pernah….tapi kami ikhlaskan……kalau dihitung hitung maka pemberian Gusti Allah jauh sangat lebih besar dari uang yang hilang itu…..

      Terima kasih bila kita akan berbincang soal hasil karya dan akhirnya bisa diproduksi , karena dengan cara itu maka kita ini bisa mengais dan mencari rejeki dengan cara halal dan tentunya hasil karya itu bisa manfaat untuk banyak orang…….

      JS yang sudah mulai kerja di tahun 81 , dengan jual jasa service elektro , dengan ilmu otodidak dan grutal gratul……lalu ditahun 98 mulai merancang audio , bahkan hasil karya saya sudah pernah dijiplak dan beredar di seluruh negeri ini……

      Awalnya saya tidak ikhlas dan lama lama saya menyadari dan seperti ditegur untuk mengikhlaskan itu , karena dengan hasil karya itu maka banyak rakyat mendapat kerja atau tercipta lapangan kerja …..apa penggantinya dari rasa ikhlas itu…waaah …tentunya sangat banyak , bukan diganti dengan materi yang ujud saja tapi ada hal lain dan saya pribadi yang merasakan dan mengetahui itu…..Nuwun….

  24. Bravo…..Kang@JS……. makasih no HPnya dah aku catat……..
    bentar aku coba sms ….hp saya msh saya charger……aku jarang pakai hp …..males…hehehhe baru ini aku coba aktifkan lagi ….ntar kalau aku sms atau telpon…. …khan masuk sendiri nomer aku ke Kang JS….hehehhe….

    Kayaknya ….aku suka dengan keahlian Kang JS…….kakakku sendiri sebenernya sarjana elektro ITS alumni ‘ 86 …….tp dia sibuk banget…dengan kerjaannya…..dia sekarang di HITACHI….menejernya di bagian HITACHI POWER INDONESIA…..dia sering memasang pembangkit listrik di hampir seluruh dunia …..sekarang kayaknya sich lg mau teken kerja sama ma JOKOWI di DKI……..dia dulu ikut SEPAMILWA…..dan sekolah SUSPAGUMIL…..pangkat kapten dia keluar …terus ikut perusahaan UNINDO….yg terakhir di HITACHI……

    kalau saya …sich keahlian saya kontruksi jembatan …..tp saya suka ide penemuan ….hehehhe
    saya alumni UNDIP

    mudah2an kita berjodo lah……..

    1. Salam Mas PNL…..Waduuuh….saya jadi sangat minder dan langsung badan saya menciut mengkeret kalau bertemu para sarjana teknik…lha piye sana ini …tidak pernah sekolah universitas ….hanya ilmu gatuk saja….

      Tentang Power Hitachi …apakah itu power audio …he he he …kalau power audio mungkin JS bisa sedikit membuat Kakak Mas PNL rada bingung ketika mendengar suaranya…..maaf…guyon saja…..

      Tentang Jakowi…saya suatu saat ingin berjumpa untuk mencocokan mimpi saya ….lha piye ora binun ..mimpi bertemu Jakowi kok sampai 3 X…entah apa maksudnya……mungkin tentang alt SERVER arsip itu…….Nuwun…..

    2. Banyak teman saya yang lulusan ITS dan kalau melihat tahun alumninya mungkin seangkatan dengan para teman saya SMA…….saya kelulusan SMA.6 Surabaya tahun 79…..keluar dari sekolah langsung kerja….masuk AKABRI tidak lulus….sengaja saya tidak mau sekolah karena kasihan melihat beban bapak saya …masih ada adik adik yang lebih butuh sekolah dan otaknya lebih encer dari saya ….saya sih …otak SEMPRUL….ha hha….

  25. Bukan power audio Kang …..Maksud nya adalah pembangkit tenaga listrik …..semacem Karang kates gitu….emang banyak sekali Devisi HITACHI ….ada elektronik…ada alat berat …kayak excavator dll…di khusus …pembangkit tenaga listriknya……

    oh ya di kampung saya Kang …lagi jor2an bikin soun sistem ….untuk disewakan…..banyak yg belanja ke pasar genteng bahan2nya …..sekarang ini lagi di pasang soun sistemnya disamping rumah …karena ntar malem ini ada pengajian ….panggil kiayi…..

    pernah juga saya ditawarin …masuk juga ke SEPAMILWA …….biasaaaaa…..hehehehe…. jatah dari pangdam ….era soeharto gratis….katanya sich perintah dari soeharto langsung…….tp saya dah diangkat di PNS….jadi saya ngak mau…….
    rencananya saya mau di masukin ke Zeni tempur…..hahahahaha….

    ada2 aja…..weleh2 ….

    ini sedikit gambaran …Kang …..bukan pamer ……atau suka nakut2in orang…kwkkwkwkw

  26. Salam buat seluruh warga Dongengbudaya.
    Mohon pamit untuk waktu yg tidak ditentukan karena urusan pekerjaan, serta mohon maap bila ada tulisan baik disini atau di kloso bedah yang isinya kurang berkenan di hati para saudara semuanya…. terutama kang PNL… mohon maaf bila tulisan saya menggores perasaan akang.
    Untuk selanjutnya administrator klosobedah saya serahkan pada kang Wager, bila ada umur dan waktu…. bolehlah kita berjumpa lagi.
    Salam.

    1. Waduh, saya diangkat jadi admin? Gawat Kang, saya khan orangnya usil. Nanti bisa2 nanti Kloso Bedah saya acak2 dan ubah thema dan isinya. Bahkan kalau lagi mabok dan tangan lagi gatal, bisa jadi Kloso Bedah saya del permanen. wakakakkk

  27. Kang @ABR…….saya mohon maaf juga ….jika ada kata2 koment saya yang kurang bekenan…..sekali lagi saya mohon maaf….okey silakan Kang @ ABR kalau masih sibuk……..ingat lagu …..Bandung selatan juangan dilupakannn…
    Wasallam PNL

  28. pagi Indonesiaku, pagi semuanya….
    lama habis jalan – jalan, pingin lihat dan memandang mentari yang melepas bidadarinya melenggang memeluk bumi, menebar embun memancarkan mutiara-mutiara keagungan cinta, bersenandung memancarkan puji syukur…

    salam hormatku untuk para sedulur semua

  29. Selamat Pagi Indonesia, selamat pagi para sedulur dan juga tidak ketinggalang untuk pemilik “room” ini yaitu Kang Getur. Lama menghilang, rupanya habis jalan2 ya? Semoga refresh dan semakin bijak membagi ilmunya.

  30. wah…..sibuk macul jadi gak pernah mampir ngopi di walung simbah ….hehe….udekan kopinya mangkin mantep saja….

    salam dan salim kagem mbah Wage, Mas Gentur, Mas JS, Mas Baldew, Mas ABR, dan poro sesepuh semua yg saya hormati

    salam jg kagem mbakayune Dewi ….:kethip: …..hehe

    1. @ Modernprimate,

      Hai… nice to see you again, so you were sibuk macul for all this time ya?… Well, I wish you will have a great harvest in the future :wink:…

      Salam kethap-kethip ing wanci dalu,

      Dewi

    2. Salam Kang Mo, sesibuk sibuknya bangau terbang, akhirnya balik lagi ke sarangnya. Walcome back en take care. (ikut2 si dewi berbahasa engrish)

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s