JS: Hidup Adalah Surga

ng-alamPenulis : Kang JS

Salam hormat dan selamat pagi kepada sedoyo sedulur dan poro sepuh…….

Sudah sangat jelas , diakui atau tidak , dibantah atau dibenarkan bahwa hidup sebenarnya adalah surga…….
Cerita sanepan dan kias sudah tdiketahui dan sudah tertulis dalam agama atau pelajaran ilmu yang lain bahwa penciptaan alam semesta beserta mahluk dan manusia itu adalah surga dan Bapak Adam dan Ibu Hawa adalah penghuninya dan bahkan Iblis dan Malaikat juga ada dalan naungan surga….

Bapak Adam dan Ibu Hawa diciptakan karena sifat kasih sayang dan cinta Sang Pencipta dan sebelum mereka tercipta sudah ada mahluk iblis dan malaikat …. lalu eng ing eng Adam dan Hawa turun atau diturunkan ke bumi karena dianggap melanggar aturan atau sumpah dirinya kepada NYA…..Iblis juga terusir karena dituduh sebagai penghasut atau perusak suasana…….iblispun akhirnya turun dan terusir juga dari surga mengikuti manusia karena sifat dendam angkuh sombong ….iblispun mendapat stempel mahluk sakit hati terhadap manusia…..kenapa waktu itu Iblis tidak langsung membunuh saja Adam dan Hawa supaya urusan segera cepat beres dan tidak bertele tele…..mbulet dan tidak selesai , berkepanjangan atau bertele tele sampai sekarang……KENAPA dan APA arti kias cerita diatas ??……

Saya di blog ini hanyalah manusia abal abal setengah jadi dan tidak sangat sempurna , mungkin dalam diri saya banyak iblis bersemayam dan saya kemudian berkata atau menulis ngawur karena melawan dogma atau doktrin …..
Saya yang kemudian berfaham sesuka dan terserah kata hati saya dan karena faham ngawur ini saya dicap sebagai orang kafir…murtad atau stempel aneh…he he he….karena selalu ngeyel dan membantah dogma atau doktrin ajaran agama…. ..

Saya sampai sekarang hanya menduga atau mungkin jelas menuduh kepada banyak orang bahwa banyak manusia telah termakan ego ilmu atau ego agama …..
Bagi saya HIDUP adalah SURGA…..dibantah atau diakui….itu terserah pribadi seseorang…….
NERAKA bagi saya adalah alam lain yang diciptakan oleh manusia itu sendiri karena sifat egonya…karena membutakan mata telinga dhohir dan mata telinga nurani hatinya….mereka menilai Tuhan itu baik hanya untuk satu atau kaum sepihak saja …..Tuhan hanya memberi surga kepada yang bolo dengan diri NYA……

ALAM dan HIDUP jelas adalah SURGA…..dan alam di NKRI ini sudah jelas tergambar dan terbukti sebagai tempat surga dan kemudian terjadi dan terbentuk alam NERAKA krena sifat buruk dan ego manusia yang selalu ditampilkan……sifat itu yang merusak dan melawan hukum alam sehingga alam menjadi rusak karena tidak bisa dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dan sempurna……..

Kerusakan alam adalah sejarah yang terulang ….seperti cerita Adam dan Hawa yang harus turun kebawah / bumi , menjadi manusia merosot nilai luhurnya….tergoda oleh ego dan nafsunya yang over dosis ketika digunakan……

Allah dan alam semesta sudah sangat jelas sifatnya yaitu memberikan surga atau kehidupan yang isi rasanya tidak terhingga bila diungkapkan….hanya kita saja yang selalu menolak dan tidak mau memahami atau mnegerti tentang makna hidup kita dan hidup mahluk lain…….

Mbah Wage …mohon maaf…saya kumat lagi…… ..mohon maaf bila tulisan saya menyinggung dan menyakiti…….kalau dikomentari atau dibantah…..mungkin saya tidak bisa membalas komentar Njenengan…lha wong orang lagi gendeng kok di tanggapi………….salam Surga dan Rahayu…….Nuwun…..

js
19 October, 2012 at 09:32 Edit →

31 thoughts on “JS: Hidup Adalah Surga”

    1. Salam Mas Nur….Mbah Wage (R)…..sedoyo potosepuh…..

      Saya sudah lupa kapan saya menulis itu….maafkan saya bila tulisan saya menyinggung……..

      Sangat benar dan saya jujur mengaku bahwa agama saya dan buku kitabnya adalah hati Nurani saya…..Gusti Allah juga ada dalam hati nurani……DIA sangat tahu apa apa yang ada dalam niat dan perbuatan kita…..Nuwun…..

    1. Salam Mas Nur…..sedoyo porosepuh dan sedulur…….

      Saya atau kami masih ingat dengan pepeling atau saran meskipun itu berasal atau bersumber dari mimpi dan pandangan alam lain……

      Sosok yang berkerudung dengan wajah tidak tampak pernah mengatakan…..jangan tanya siapa ” aku “….pesan ku kepadamu….jadilah seperti ” dia “….luruskan jalan dan langkah hidupmu….kebenaran ada dalam hati nuranimu……ternyata yang disebut sebagai ” dia ” adalah gambar Nabi Isa / Jesus…..dan juga gambar stupa seperti yang ada di candi borobudur…..bangunan seperti kurungan yang ada ” Budha ” didalamnya….

      Banyak hal pesan dan nasehat yang lain yang kami sudah agak lupa kata katanya….tapi yang jelas adalah bermakna jalan lurus kebenaran dan untuk mengenal sifat Tuhan ….semua itu ada dalam hati nurani……

      Gusti Allah / Tuhan YME tidak bisa dijangkau oleh akal….hanya bisa dirasa dengan batin dan keimanan atau ahklak kita….tentunya akhlak yang terpuji dan luhur dan salah satunya adalah kejujuran dan juga welas asih…..dan tentunya dalam koridor hukum yang adil dan bijaksana harus ditegakan……yang salah tetap harus dihukum sebagai pelajaran dan pengingat bahwa hidup bukan untuk ego pribadi atau kelompok karena hidup itu untuk semua mahluk…..hidup berasal dari DIA ….semua itu adalah ciptaan atas dasar sifat ” Maha Pencipta ” meskipun mahluk manusia itu mendapat atau distempel sebagai orang mbelgedes , kafir , atheis dll…..penilaian dan persepsi dan dugaan akal manusia yang kadang salah karena nafsu dunia dan egonya ………Nuwun

    2. @ Mbahpo JS,

      maturnuwun udah mengeluarkan wewalernya tentang apa itu surga sebenarnya :)…

      ngomongin surga jadi ingat pilem ‘crouching tiger hidden dragon’… ketika si cho yun fat menunggu cinta michelle yeoh…

      nimas yeoh berkata : jika di dunia ini kita tak beruntung untuk bersatu… maka kutunggu kau di pintu surga…

      kangmas yun pun berkata : kuharap kau bisa menepati janjimu nimas yeoh, apalah arti surga bagiku jika tanpa kau di sisiku…

      owhh… so sweeeeettt….

      salam angin surga,

      dewi

    3. apalah arti surga bagiku jika tanpa kau di sisiku…
      ———————————————–
      misalkan sebagai manusia/person, maka HANYA SATU saja pilihan dibawah ini yg TERNYATA SANGAT dibutuhkan selama hidupnya :

      – orang lain/sesama manusia
      – ular (sbg salah satu contoh spesies selain manusia)
      – si tuhan (sbg contoh skdr keyakinan manusia saja ato tidak terbukti objektip).

      benarkah dimasa lalu terdapat satu dari SUATU spesies yang pada hidupnya merasa sangat membutuhkan pendamping/teman/sesamanya sehingga tubuhnya bermutasi utk memproduksi copy-an tubuh (baca: jadi beranak) dan spesies itu scr logis diistilahkan sebagai… perempuan/hawa ?.

      alam (semesta) ato lingkungan (beserta kontennya) yang bahkan terasa riil maupun objektip, belum tentu dapat sebagai fasilitas yg memuaskan bagi satu dari suatu spesies tsb agar tetap mengalami hidup sendirian saja.

    4. Salam Mas Oon…….

      Komentar Njenengan dari dulu sampai sekarang masuk dalam line atau lajur tersendiri bagi saya….komentar yang khusus dan memicu logika pikir dan suatu keyakinan untuk dipadukan supaya menemukn keselarasan dan keseimbangan….kejujuran….intelektual pengetahuan…bersifat obyektif ..

      Komentar Njenengan bagi kami mungkin seperti garam dalam masakan atau gula untuk makanan kue…..

      Hidangan makanan dari Mas Oon yang memang begitu adanya….lalu kita mencoba mengamati lalu mencicipi rasa makanan itu…….itulah kias rasa hidup dan itulah keadaan yang sedang terjadi dan ada dari dulu sampai sekarang……dunia sangat luas dan dunia banyak pemahaman yang sama atau berbeda tapi keadaan aslinya tetaplah suatu rahasia bagi mahluk dan hidupnya sampai saat ini….belum terpecahkan asal muasal hidup …kehidupan dan juga mahluknya…….

      Entah bagaimana asal muasal cerita Ibu Hawa yang diambil dari tulang rusuk yang bengkok dari suami / Adam….kami mungkin beberapa manusia yang tidak mempersoalkan cerita itu dan hanya memaknai dan mengambil kesimpulan atau hikmahnya saja…..kami memaknai bahwa wanita atau perempuan berkedudukan lebih tinggi dan terhormat dari kaum pria…..wanita adalah energinya atau kekuatan dari laki laki….Adam saripati tanah tetapi permpuan sari pati dari jasad pria…..itu pemahaman abal abal kami…he he he….

      Adam dan Hawa yang memang harus hidup tidak sendiri dan harus berpasangan sebagai pemenuhan dari hukum alam itu sendiri……
      Dunia atau bumi kita yang harus ada kutub dan medan magnet yang berpasangan dan ini adalah bukti yang kongkrit nyata dan ilmiah , sebagai keseimbangan dan mengeluarkan daya dan gaya sehingga bumi kita selalu berputar dengan konstan….isi alam yang berpasangansupaya alam ini tetap dan harus hidup ….terus ada dan mengada dan ingin kekal selamanya…..

      Mohon maaf….komentar kami hanyalah abal abal saja karena akal kami yang memang hanya 2 digit saja….Nuwun….

  1. Luar biasa, biasa diluar….Kang ..JS.

    bukan komentar : Hidup adalah Surga…Eyang subur pun berkata demikian…(sok tahu..) Ojo di santet yo eyang yo.

    Mind set yang hebat untuk menertawakan diri sendiri…..Hidup adalah surga….hidup adalah surga…Hidup adalah Kang JS….hehheee

    salam supeeeeer

    Best Regards,

    Ksatria

    1. Salam Mas Ksatria……Semoga Njenengan sehat selalu……berbahagia bersama keluarga…….tidak mumet dan kliyengan sepaerti saya……ha hha…..saking mumetnya sampai curhat kepada sedulur jauh…..Nuwun….

  2. Salam Pak JS, poro sesepuh Dongbud..

    wow hidup adalah surga, tidak merisaukan kelak sesudah mati..
    hidup sederhana dan apa adanya adalah surga, tidak memaksakan diri untuk bisa ini bisa itu, ingin dapat ini itu.. ah bersyukur adalah surga, ketika sepotong pakaian menyunggingkan senyum bahagia sang ibu ketika kita berikan atau doa penuh keberkahan dari ibu ketika kita mencium tangannya.. hidup adalah surga..

    salam..

    1. Salam Mas Lesung…..sangat benar….keberkahab dan restu atau doa Ibu adalah Surga…….surga juga bagi Ibu ketika melihat para anaknya sebagai anak anak yang sholeh dan berbudi luhur…….

      Saya jadi ingat dengan Ibu Bapak dan Mbah saya….semoga mereka semua ada ditempat yang damai dan sejahtera……disisi Gusati Allah…..semoga saya juga bisa berkumpul dengan Beliau semua ….kadang mereka datang dalam mimpi dan memberi nasehat…….Nuwun…..

  3. siapa yang dapat menundukkan waktu, dialah yang beruntung..
    siapa yang bisa mengenal hujan, dialah yang menghargai keadaan..
    dan siapa yang saja yang bersahabat dengan alam, dialah penentu sebuah perjalanan..

    Ada yang patut, dan ada yang tidak patut.
    Alih – alih menutup aib dengan melemparnya kepada orang lain
    sama halnya membuka pintu neraka kepada dirinya sendiri dan keturunannya
    karena nafsu tidak pernah membuka pintu surga, kecuali surga dunia (sahwat)..

    hari ini mungkin bisa mengelak, tetapi tidak esok.
    esok bisa berkelit, tapi tidak lusa
    lusa bisa bersembunyi, hari berikutnya jangan harap
    Saksi kunci (bumi, tembok, angin, keringat, degup jantung, bahkan roh halus yang dipersalahkan) akan menagih pertanggungjawaban. bagaimana engkau akan lari…

    Dikatakan suci, beriman, bertakwa
    bukan karena tiap hari melabur diri dengan kegiatan ruhani yang berlandaskan untuk menyenangkan pandangan orang,
    bukan karena tiap hari menggosok badan dengan wewangian dan junub plus kawin siri
    Semua hal yang berbau fana, demi untuk terlihat wah ber-ibadah tekun, sedangkan sahwat dan selangkangan di bentangkan untuk mengejar julukan LAKNATULLAH.

    Tinggal menunggu waktu saja, bagaimana pengadilan itu akan berjalan. karena bagaimanapun itu terjadi. hanya pemegang kekuasaan tertinggi untuk hidup dan mati manusia saja yang boleh melakukannya…

    semoga terkabul, do’a yang tersirat..

  4. Salam karahajan buat poro sepuh, sungguh ulasan yg menarik, klo berbicara ttg syurga..krn imajinasi sy langsung melambung tinggi sampai ke syurga tingkat 7…hehe, tp mungkinkah surga bs digapai?? jika surga ada dimasa depan blm tentu qta akan menggapainya, kalo surga ada dimasalalu maka qta takkan mampu menggapainya…menurutku surga adalah SAAT INI, saat hati qta mampu memancarkan cinta kasih kpd seluruh semesta alam..dan berdamai dgn sgala hal dlm hidup ini…
    Saat hati dan batin ini, senantiasa berbahagia, saat pikiran, ucapan, dan perbuatan senantiasa mendendangkan kebajikan, kebenaran dan keslamatan…

  5. Mas JS, Mbah Wage,hadirin sekalian,

    Bravo mas JS ! Semoga di Nusantara ada banyak JS , tidak cuma satu yang di Surabaya saja !🙂

    1. @ Kang Bala Ne,
      Blog ini masih punya banyak stok artikel karya Kang JS yang saya kumpulkan dari berbagai tempat. Jadi pemikiran beliau akan tetap hidup walau penulisnya mampus……eh maksudnya meninggal. wakakakkk……
      Btw, apa khabar ni Kang? Lama kagak nongol. salam

  6. ‘Sangat benar dan saya jujur mengaku bahwa agama saya dan buku kitabnya adalah hati Nurani saya…..Gusti Allah juga ada dalam hati nurani……DIA sangat tahu apa apa yang ada dalam niat dan perbuatan kita…..Nuwun…..’ (Paklik JS)

    Oom Wage,

    Maap saya pergi tanpa pamit. Harus ke … kahyangan menemui dewa2. Senang di sana, sayangnya …. saya harus kembali ke bumi lagi – bangun pagi2 membanting tulang cari makan … (-: (-:

    Tapi saya gak pernah lupa dang, eh, dong – bud, blog abal2 yang penghuninya juga abal2 bin mbel (-:. Laptop saya mejen ,bin mampus, ini saya pinjam laptop anak.

    Ngomong2, saya pikir Mas JS itu duluuu – di kehidupan masa lalu
    (-: – mungkin adik atau kangmas saya, yang ada di kepala mas yang ampuh ini sering seia sekata dengan yang ada di kepala saya.Blog mbel ini untung punya seorang Mas Tri/JS (-: Saya harap beliau tidak bosan berbagi cerita dan kearifan di blog dongbud.

    Ini saya nulis di sela2 kesibukan saya, salam untuk semua.

    slumanslumunslametslumanslumunslamet-slametsegaliwet(-:

    Reply wage: Saya sudah cukup senang kalau Om Bala Ne sekali2 urun rembug menuslikan komentar. Tidak perlu sering2. Maklum khan tiap hari banting tulang. Kondisi saya juga kurang lebih sama. Maklum aja, khan sama2 hidup di perantauan, kalau tidak punya uang harus ngutang kemana?

    1. Salam Mas Balanedewa …mbah Wage ….sedoyo poropinter…….

      Walaah…di dunia ini kalau banyak manusia yang sama dengan pikiran saya mungkin dunia tambah tidak damai ….tambah rusak……lha wong saya ini bersifat dan berperilaku sebagai pemberontak…..meinginkan hal yang baru dan benar benar ada bukti manfaat untuk orang lain…….karena hal yang baru dan beda maka hasil karya saya sering di curi orang…….inilah akibat membuat barang yang tidak umum teorinya….hasil yang berbeda dengan yang lain….apes dan bodohnya saya dan juga karena keterbatasan saya soal duit sehingga tidak mampu urus hak cipta…..wakakakak…….saya belajar untuk ikhlas meskipun dengan hati dongkol…….negeri ini memang banyak malingnya…..he he he…….

      Diyakini saja bahwa kita dulu adalah saudara kandung….sebagai manusia yang ” mbelgedes ” dan perilaku kita tidak menyenangkan orang karena beda pemahaman tentang Tuhan / Gusti Allah………karena tukang ngeyel …..

      Bagi kepercayaan dan keyakinan saya….” Budha ” lebih faham soal hidup dan tentang ke Tuhan an meskipun Beliau di stempel atau di cap sebagai manusia ” Atheis “…..tidak mengajarkan tentang Gusti Allah dan sifat sifat NYA……hanya diajarkan bagaimana untuk selalu sadar eling dan waspodo…….Tuhan bersama mahluk dan Tuhan ada dalam semua ujud benda dan itu artinya Tuhan ada dalam diri kita sendiri ….dalam dunia sadar atau kesadaran…yaitu Hati Nurani……..Nuwun…..

    2. Semoga Mas Balanedewa selalu sehat dan banyak rejeki di kahyangan Negeri sebrang……

      Saya juga sehat….eeeh….mungkin setengah sehat atau setengah waras…..ha hha……

    3. Oom Wage,

      Re perantauan : Rantau Prapat, Di negeri orang kampung (an).
      Ini baru abal2, atau ini abal2 baru …. (-:

  7. Salam Cak JS, Kang Bala(ne)dewa, Kang Anonymous, Kang Blur, Bang KK, Bang Ksatria dan semua saudara hadirin sekalian.
    Pertama-tama saya ucapkan puja dan puji syukur kehadiratNya sehingga kita bisa menghadiri forum ini dalam keadaan sehat wal’afiat.
    Yang kedua, tak lupa saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada anda semua karena telah bergabung dikomunitas abal-abal ini untuk menjalin tali persaudaraan saling asah-asih-asuh.
    …… ehhhh…. kok kayak pidato sambutan ketua panitia…. wakkkkk
    Nuwun.
    Admin-1 sementara (2hari).
    ABR.

    1. Weehhh… ada Paman Dalbo….. Sugeng rawuhipun Man…. Sumonggo kaaturan lenggah ingkang sekeco kalayan paring dhawuh.
      Nuwun.

  8. Mas JS, Oom Wage, Mas ABR, Paman Dalbo, sodara sekalian,

    Kemarin di majalah ‘Time’ ada artikel mengenai biksu2 Buddha di
    Birma yang menghasut pengikut2 nya untuk menggasak orang2 Islam – Rohingya- di sana. Hal yang nyaris sama juga terjadi di Srilanka.Kita tahu di dua negara itu agama Buddha dianut oleh mayoritas penduduk ke dua negara itu.

    Jaan semprul, bangsat tenan ! Saya bukan biksu Buddha, tapi jelas2 Oom Buddha TIDAK pernah mengajarkan kekerasan. Saya jadi gemes ,marah sekali ketika membaca artikel tsb. Biksu/pendeta atau siapapun TIDAK usah digubris kalau dia mengajarkan hal2 yang tidak masuk akal dan bertentangan dengan HATI NURANI ! Siapapun – biksu,pendeta,dll – yang menghalalkan kekerasan perlu diperiksa beres tidaknya otak/kepalanya.

    Orang lain, apapun warna kulit,bahasa,dan suku bangsanya, punya hak untuk hidup dengan tenang dan damai. Orang lain, kata Mas JS, adalah … diri kita juga. Orang lain itu adalah anak ibunya,bapak/ibu anak2 mereka, seorang kakak atau adik saudaranya. Kita perlu selalu ‘ nguwongke uwong’ – memanusiakan orang lain.

    slumanslumunslametslumanslumunslamet-slametsegaliwet…..

    1. @ Kang Bala ne,
      Manusia sempurul emang ada dimana saja dan dengan profesi apa saja tidak terkecuali tokoh agama atau bahkan nabipun ada yang sempurl. Blog ini juga ada pengunghuninya yang semprul koq. wakakakkk…..

      @ Paman Dalbo,
      ‘Proses evolusi peradaban” wow, pilihan bahasa yang menarik…..

  9. @ Bala(ne)dewa, All,

    Tumut nandang duhkito, turut berduka cita dengan tragedi kemanusiaan yang terjadi di Burma, Srilanka serta di bagian dunia lainnya yang masih terjadi konflik baik atas nama agama, motif ekonomi, suku ras, dsb.

    Jika kita melihat situasinya, pemerintahan Burma memang masih diktaktor, kita bisa melihat bagaimana pejuang Aung San Syuu Ki yang masih belum di bebaskan dan menjadi tahanan rumah seumur hidupnya hanya karena meneriakkan keadilan, kebenaran dan nurani. Terlebih terhadap aktivist budha mereka tak kalah kejam dan represifnya. Kondisi rakyat Burma yang mayoritas budha selalu di buat miskin dan mencekam oleh pemerintahannya sendiri.

    Masalah pertikaian wilayah etnik pendatang (yang kebetulan beragama islam) juga mewarnai rakyatnya, terjadi konflik suku pendatang dan pribumi lalu di picu oleh ketakutan yang berlebih oleh seorang/ bbrp warganya (yang beragama budha), membuat prihatin di kalangan umat islam sedunia, pun tak kalah membuat kita semua tercengang karena budha selama ini identik dengan perdamaian dan anti perang.

    Kita memang harus jernih, ingat teroris yang beragama islam tentu tidak semua yang beragama islam itu teroris, walaupun teroris tsb selalu berjihad atas nama kitab, agama dan Tuhannya. Sedang yang terjadi di burma, orang yang beragama budha tsb tidak pernah sedikitpun menyatakan bahwa ia melakukan kebencian itu atas nama Budha, murni hanya konflik perebutan wilayah, rasis karena kebodohan mereka sendiri.

    Sedang pertikaian anti agama itu hanya bumbu yang di dramatisir saja, andai warga pendatang itu beragama non muslim misal kristen pengusiran itupun akan tetap terjadi. Tetapi polisi sudah menahan orang-orang yang terlibat dalam konflik tsb dan menghukum/ memenjarakan warga budha yang di tenggarai sebagai provokator dan melakukan kekerasan.

    http://seputaraceh.com/read/9808/2012/07/22/inilah-gambar-gambar-hoax-pembantaian-muslim-di-myanmar

    Salam rahayu,

    Dewi

  10. Jeng Dewi san (-:

    Nampaknya memang baru kali ini (agama) Buddha diidentikkan dengan kekerasan. Umumnya agama Buddha identik dengan ‘non kekerasan’. Tapi, kebodohan dan kepicikan tidak di … monopoli satu kelompok saja. (Dan kebenaran tidak dimonopoli oleh satu kelompok saja.)

    Semoga orang2 sesat di Birma dan Srilanka tercerahkan.

    slumanslumunslametslumanslumunslamet-slametsegaliwet …

    1. Semoga orang2 sesat di Birma dan Srilanka tercerahkan.

      slumanslumunslametslumanslumunslamet-slametsegaliwet …
      ——————————————————————————

      AMIN…..AMIN……semoga doa Njenengan dikabulkan oleh Gusti Allah…..bukan saja ditempat itu tapi juga di NKRI ini…..semoga saja semua umat diatas bumi ini tercerahkan…………

      NKRI ini morat marit amburadul juga disebabkan oleh pikiran yang sudah mbel abal abal……banyak kebohongan ……salam sluman slumun slamet sego liwet……Nuwun

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s