Tahun Baru, Pantaskah Untuk Dirayakan ?

natal-yordania
Penulis: Wager
 – Tahun baru adalah merupakan event special dan dirayakan secara luas oleh banyak orang di hampir semua belahan dunia. Di beberapa tempat, event tahun baru bahkan dilangsungkan dengan kemeriahan yang luar biasa.

Omong-omong, untuk apa sih mereka merayakannya? Bukankah pergantian tahun adalah merupakan kejadian yang biasa? Yang lebih membingungkan lagi, mengapa kita ikut-ikutan merayakannya? Bukankah perayaan tahun baru adalah budaya-nya orang asing dengan sistem kalender Gregorian-nya yang mengacu pada tahun kelahiran Yesus? Bukankah itu artinya, merayakan tahun baru adalah sama dengan merayakan hari kelahiran Yesus Kristus? Hiiiii…….

Perayaan sesat, sat…sat….

Sejumlah orang sepertinya mulai tersadar dan mulai mulai melakukan reaksi atau bahkan perlawanan. Kata “sesat” mulai diteriakkan dan bahkan di sejumlah wilayah atau negara tertentu, perayaan tahun baru dilarang secara resmi. (Link larangan atau himbaun). Bagaimana menurut pendapat saya? Ah, biasa-biasa saja.

:: Lho, koq biasa-biasa saja sih?

Habis bingung sih harus jawab apa? Jujur, saya bukanlah seorang penggemar perayaan tahun baru, jadi walau dilarang sekalipun, sama sekali tidak ada pengaruhnya bagi saya. Kalau dimasa muda dulu, nah ini lain lagi ceritanya. Malam tahun baru adalah ajang utnuk bersenang-senang. Maklum, selama setahun hidup tidak menyenangkan, jadi malam tahun baru adalah kesempatan untuk pesta. Bergrombol, keluar rumah bersama teman atau konco-konco, Keluyuran di jalan raya sambil kebut-kebutan tak jelas tujuan. Teriak teriak sambil tiup terompet atau pecet kelakson motor milik orang tua dan sejenisnya. (Link kecelakaan tahun baru).

Jadi kalau akhirnya sejumlah kalangan menganggap perayaan tahun baru adalah tidak bermanfaat atau bahkan sesat, ya bisa dimaklumi.

Perbandingan budaya

Beralih sejenak ke negeri tetangga yaitu Jepang sepertinya layak dijadikan contoh.  Di negeri tersebut, detik-detik pergantian tahun baru TIDAK dirayakan dengan pesta, ledakan kembang api atau sejenisnya melainkan dilewatkan dengan berdoa di kuil Shinto. Jadi menjelang detik-detik menjelang tahun baru, kuil di seluruh antero negeri tersbut biasanya penuh sesak oleh kerumunan orang.

Tahun baru artinya kehidupan baru dan kebanyakan orang biasanya akan menyempatkan diri untuk datang ke kuil untuk berdoa. Berdoa setahun sekali bagi mereka sudahlah cukup. Berdoa kepada siapa? Ya berdoa ke pada siapa atau apa saja, mendoakan kehidupan yang lebih baik. Kerumunan manusia di kuil sangat padat terlebih lagi menjelang detik-detik pergantian tahun dan keramaian umumnya akan berlangsung sampai 2 atau 3 hari. Kemudain keunikan yang tidak kalah menarik adalah persiapan menjelang tahun baru biasanya diisi dengan membersihkan rumah secara total yang dalam bahasa Jepang disebut Osoji. Tulisan lengkap, bisa dibaca disini.

Mengubah perayaan negatif menjadi positif

Melihat dari sejarahnya, perayaan tahun baru kalender Gregorian bisa jadi berakar dari perayaan agama Nasrani, namun masyarakat Jepang mampu mengambil sisi postifnya. Bagaimana dengan perayaan tahun baru di negeri kita?

Kalau Anda tidak merayakannya atau tidak suka dengan tahun baru ala Nasrani, bolehlah pertanyaannya diganti dengan perayayaan tahun baru Arab, China atau tahun baru apa saja. Apakah yang berubah dalam kehidupan kita? Ah, sepertinya sama, saja. Nyaris tidak ada yang berubah dalam kehidupan. Tahun kemarin dan tahun sekarang tetap sama saja, hidup tetap saja susah, jalanan tetap macet, sampah berserakan, politisi, tokoh masyarakat dan alim ulama saling hujat berebut kekuasaan.

Perayaan tahun baru Gregorian mungkin sesat atau tidak bermanfaat. Lha terus yang waras adalah perayaan tahun baru apa? Perayaan tahun baru China, Arab atau India?

Semua perayaan tahun baru dengan sistem kalender apapun, menurut saya adalah sama saja, akan menjadi sesat kalau tidak diisi dengan kegiatan yang positif.

“Perayaan tahun baru Gregorian adalah perayaan budaya sesat dan harus dilarang”. Saya sih sangat setuju dan mendukung. Sebagai gantinya, kita galakkan perayaan tahun baru yang bernuansa lokal seperti perayaan pergantian bulan purnama, perayaan menangkap ikan, perayaan musim panen, musim rambutan, duriian dlll.

= Koplak dan tidak jelas ah Mbah !

Ya tentu saja, namanya juga blog abal-abal.

copyright@dongbud
Penulis : wager

Contoh perayaan musim tanam di negara Jepang. Gadis-gadis cantik berkulit putih kekuningan ramai ramai turun ke sawah menanam padi. Perayaan semacam ini yang sudah berumur ribuan tahun masih tetap lestari di negara tersebut. Baagaimana dengan negeri kita?

fq20130510a3a

Referensi :

Advertisements

100 thoughts on “Tahun Baru, Pantaskah Untuk Dirayakan ?

  1. yuhuuuuu…. setuju mbah :D…

    duh, ngomongn prihatin, siapa sih yang sebenarnya lebih memprihatinkan keadaannya??… geografis boleh kaya melimpah, tetapi kalau mental bodoh, sudah bodoh sombong lagi, congkak pula, main algojo terus beraninya, maka itulah kemiskinan yang sesungguhnya.

    mikirin si rambutan ACEH memang bikin geli dan udik saja…

    mending saya ucapin Happy New Year 2014 saja untuk simbah dan semua teman-teman se-abal-abal :)….

  2. Salam Mbah…..

    Lain lubuk lain ikan nya…..ada mujair , lele , belut
    Lain sawah lain hamanya…..ada tikus ,.wereng ..
    Lain kepala lain isi pikirnya….ada yang waras , koplak gendeng
    Lain lobang goa lain dalamnya….lobang apaan ??..
    Lain gunung lain mancungnya…..gunung apaan seh ??
    Lain negeri lain aturan nya…. mungkin ada aturan sontoloyonya juga …..

    Lain agama lain syareatnya…..
    Lain Tuhan lain pula agama dan kitabnya….

    Lha terus piye jal ?? kalau agama dan tuhan sudah beda ??….pasti ada tawur massal dan dendam pribadi , dendam dan saling memusuhi , wasiat dan jimat yang turun temurun yang diperebutkan sebagai bukti dan simbol paling benar dan berkuasa…..

    He he he..pemikiran para manusia atheis , agama dibentuk dan diciptakan oleh manusia untuk sensasi , daya khayal dan ambisi ingin sebagai pemenang , menciptakan golongn lain sebagai musuh dan saingan ….

    Aturan dalam agama tidak netral dan berpihak kepada golongan…..

    Tuhan bersifat NETRAL….kosong tidak terbayangkan , semua ada didalamnya…..semua sudah diberikan dengan gratis dan dipelihara…

    Lho kok tidak sama ?? , sifat dan aturan agama dan sifat Tuhan.??…

    Aaah…mungkin benar juga kata si ” dia “….bahwa agama dan aturan hukum adalah buah pikir manusia bijak atau dari manusia mbel bin sontoloyo atau juga sebagai hasil akal dari orang tidak bijak…akal apaan ??….akal akalan, mengakali manusia lain…..

  3. Salam Kang Tahun lama …..

    Saya jadi ingat dengan cerita atau kabar dari seorang sahabat….dia tertipu oleh seseorang yang mengaku sebagai seorang ahli audio , mengaku berijasah dari negeri Taiwan….eeeh , tidak tahunya , saya kenal dengan orang itu …

    Lalu saya tanya orang itu….eeeh kenapa kamu ngaku sebagai seorang sarjana / insinyur elektro lulusan taiwan….??….

    Si dia menjawab…lha bagaimana lagi saya bisa pegang duit dan pengaruh di kota negeri ini , saya tidak ahli soal teknik dan tahu hanya sedikit saja , kebetulan saya bermodal wajah tampan kulit kuning dan masih muda , dan mereka percaya dengan bualan saya……tapi sekarang saya lagi apes , bualan dan tipu daya saya ketahuan …sekarang urusan dengan ” Polisi “….mungkin saya pasti masuk ” penjara ” karena urusan uang cukup besar…. ..

    Begitulah ceritanya dari manusia sontoloyo yang mengaku aku sebagai seorang ahli , menciptakan predikat status lain dan baru dan membuat suatu sensasi , demi ego , khayal dan cita citanya demi meraih dunia dan hidup kepenak…..

  4. Waduh,terlampau tenggelam dalam dunia kitab itu mbah..hha,.

    Pada kenyataannya,orang tak akan bisa dilarang2(apalagi di jakarta)..karna mengayomi,bukanlah melarang2..tapi mengikuti aturan main dia yg blm mengerti…

    Selamat tahun baru dongengbudaya,.
    Semoga ditahun2 ke depan,sang Takdir lebih mengerti tentang apa yg terserak didalam hati..

    Rahayu..

  5. Xixixi….
    Lha koq tambah gak jelas aturannya yo mbah??
    Seharusnya mereka juga berpikir dengan aqal dan otak yang waras, lha wong barang-barang yang mereka pakai dan ‘sukai’ adalah produk-produk Kaum Mu-kafir je !!
    Hahahaha…….. :v
    Lha koq ujung-ujungnya malah lupa kalau menjadi Kaum Mu-napik ….. :v :v :v

  6. Hanya berbagi khayal… berbicara mengenai persetruman, andai hidup ini tidak ada kutub negatif dan kutub positif, maka dunia tidak dapat dikatakan hidup bukan? jadi? ah biasa saja…qqqq

  7. Salam mbah Wager, kang Nur, Jeng Dewi dan seluruh warga padepokan.
    Ah… tahun baru atau tahun lama hanya penting diperhitungkan kalau mau beli mobil/motor bekas saja…. kecuali… istri baru…nhah … itu baru sangat penting…. wakkkkk.

  8. @ Omie, Nurkahuripan, GP,

    hmmm… bapak2 kalau bercanda khas dan lucu sekali ya :)… xixixixixi…

    nah, kalau si jojoba itu jombloh jombloh tapi bahagia :)… xaxaxaxa…

    @ JS, Senyum,

    ngomongin elemen kutub negatip and positip adalah energi yin and yan :)…

    bumi yang bulat ini jika di bagi bisa menjadi 4 benua, dari barat-timur-utara-barat dan benua atlantis…

    agar seimbang, sebenarnya yang baik (menurut hukum keseimbangan) adalah dengan kearifan lokal: di mana bumi di pijak, di situ bumi di mulyakan…

    buminya siapa? ya buminya masing-masing yang kita pijak :)…

    @ All,

    ACEH singakatan dari arab,china, eropa dan hindia… masyarakatnya melebur selama sekian abad, sayangnya generasinya sejak kedatangan sultan, pedagang dan sudagar yang dulunya hanya pendatang juga ingin menguasai dan menundukkan daerahnya, kini sang pendatang menjadi raja diraja, tidak itu saja, si pendatang yang juga membawa paham baru telah berhasil menguasai segala denyut nadi sendi kehidupananya, baik dalam hal bermasyarakat maupun hal yang berhubungan dengan cara menyembah kepada Tuhan. kini masyarakatnya sudah hilang rasa plural dan nusantaranya, semoga seiring dengan berjalannya waktu generasinya cepat atau lambat akan tersadar.

    @ Ayu Sekar Kedhaton, Simbah,

    ikut2an mereka salam super betul dan salam abal-abal :)…

  9. selamat …tahun baru …2014…salam buat rekan2 semua….

    setelah membaca komentar2….sy jadi pengennn ketawa…..hahaha……hahaha…..hahahaha….kwkwkwkwkw…..kwokkwokkwok….ada2 aja ……dari pada mikir susah2 …mending main game aja yukkk…main game “cross fire” atau main game bilyard “mabuga”……hmmmm asyiikkkkk……..name ID ku cross fire ( MD-max) …name ID bilyard mabuga …… dolpinsawera, ….seroja…..santay aja…..

    sekali lagi met tahun baru 2014 …..semoga selalu sehat dan bahagia…..

    1. Selamat tahun baru Kang PNL,

      Sepertinya sih, daya tarik dari blog abal2 ini emang dari komentar2 yang masuk. Serius tapi kadang lucu, kocak tapi kadang konyol……..Dasar blog abal2 sih……;

    2. oh ya lupa menyapa PNL, Ngwang, Budi and Baldew… happy new year 2014 for you too :)…

      pak PNL kok ketawa-tawa, mungkin senang habis makan rambutan aceh yang manis, harum dan lezat ya :)…

      hmmm, aceh oh aceh dalam persprective…

      saya jadi teringat si Hasan Tiro pendiri aceh merdeka… seorang putra daerah yang tidak mau menetap di aceh tetapi lebih memilih hidup dan tingal di finlandia, hanya setahun sekali saja ia mudik ke kampung halamannya…

      entah mengapa, ia tak suka tinggal di aceh, mungkin ia hanya ingin menikmati keindahan kebebasan dan plurarisme hanya untuk dia dan keluarganya sendiri, sementara rakyat aceh di biarkan ‘miskin’ secara inttelektual, sosial, spiritual dan budaya, tak ada pembaruhan dan pencerahan untuk mereka.

      sebagai sesama anak bangsa, saya prihatin melihat saudara setanah air yang masih kolot dan tertinggal, tidak dinamis dan…. fanatik.

  10. Selamat Tahun Baru 2014, nderek tepang nggih mbah
    1. Mungkin ini ketakutan tokoh2 disana yang merasa berdosa dengan Tsunami 2004 adalah peringatan dari Tuhan…( takut kena lagi ) jadi harus lebih islami…ha…ha..ha
    2. Ini strategi yg sangat cerdas mereka ingin mempromosikan kalender Hijriyah agar dipakai sebagai kalender international
    3. Mereka akan bikin kejutan dimalam tahun baru Hijriyah bukan hanya terompet dan petasan tapi BOOM di beberapa tempat

    1. @ Cahyo,
      Sebagian orang percaya bahwa ada korelasi antara bencana dan dosa. Kepercayaan ini sangat bagus karena memacu seseorang untuk berbuat baik. Namun masalahnya menjadi lain kalau kepercayaan ini diucapkan, diungkapkan atau dilontarkan ke orang/pihak lain yang sedang menghadapi musibah karena ini artinya sama saja dengan mengatakan: “Elo penuh dosa jadi pantas dapat bencana”. “Elo orang jahat, gua orang baik”.

    2. @ mas Cahyo,

      maturnuwun, ugi kulo nderek tepang/ salam kenal.

      kalau menurut saya mereka bukannya takut tetapi memang nggak ngerti arti ‘kapok’ ??…

      maaf, bukannya saya nyukurne mereka, tetapi ini mengingatkan saya pada perjumpaan dengan seorang pemangku/ ulama hindu setempat, konon katanya itu adalah ‘karma’ mereka yang mengusir dan menfitnah warga hindu, bahkan di salah satu kitabnya ada dan sudah di prediksikan sebelumnya… itu semenjak kedatangan saudagar dst dst… kita tahu sekarang menemukan peninggalan hindu kuno di tanah rencong itu sulit sekali, entah mungkin sudah di berangus dari generasi sebelumnya… sekarang yang ada hanya propaganda saja, bahwa mereka keturunan sultan orang suci yang keturunan waliyuallah dsb… mereka melupakn leluhur yang lain etnic dan lain keyakinan yang juga punya andil dalam membesarkan mereka dan daerahnya, dan itu adalah dosa yang tak termaafkan… dan ternyata karmanya datang sekian abad kemudian…

      percaya nggak percaya, kita memang tak seharusnya mengagung2kan surga yang ada di langit saja dan melupakan atau bahkan menyakiti makhluk yang ada di bumi. menurut saya surga yang sebenarnya adalah justru jika kita berhasil menciptakan kedamaian di bumi ini, bukan malah mengkafirkan lainnya, lalu membuat hukum2/ batasan2 yang tidak sesuai dengan roh/ spirit alam nusantara terlebih gengsi/ sombong tidak mau mengakui leluhur sendiri…

      tentu saja leluhur kita bukanlah si dajjal yang akan murka jika kita tidak mau menyembahnya, tidak bisakah kita membayangkan bagaimana kecewanya para ghoib atau orang yang telah tiada dalam keadaan yang terfitnah dan teraniaya lahir batinnya?… tanpa ada kata maaf untuk mereka dsb, ternyata alam terkadang lebih cerdas dalam merespons alam meta ini.

      tetapi Gusti tidak sareh, ia menyayangi semua makhluknya :)…

      ada bencana atau tidak, semoga masyarakat ACEH segera sadar, bahwa mereka hidup di bumi pertiwi.

  11. mbak Dewi & mbah Wage
    Matur nuwun sampun paring seserapan dumateng kulo salam kenal kagem sedherek2 wonten ing blog abal-abal meniko.
    “wong sing prasojo iku luwih awet tinimbang wong sing neko2 ” (opo maneh iki?) ha…ha..ha

    1. @ Cahyo, PNL, Nurkahuripan, JS, Omie, Simbah, All

      maturnuwun lan ngapunten, sebenranya saya tak enak menyampaikannya, dan bahkan tidak setuju dengan ramalan isi kitab, maksut saya kitab itu cukup di baca dan di pahami saja namun bukan untuk di percaya atau di kultuskan bahkan di fanatiki, karena kitab itu hanya jangka dan prediksi manusia saja… kita harus ingat bahwa alam semesta ini luasnya sejagad raya, manusia adalah salah satu penghuninya saja yang tampak seperti komunitas semut di antara alam semesta raya ini… jadi mudah sekali alam ini memberangus dan meluluhlantakannya.

      manusia adalah makhluk komunis atau makhluk yang suka berkumpul, ini seperti filosofy semut yang saling bergotong royong namun bisa sakit hati jika di injak dan di sakiti. konon semutpun ada yang kejam bahkan tega menyiksa temannya sendiri jika temannya itu berbohong… kagak percaya?… ini dongengnya :

      http://www.voa-islam.com/read/aqidah/2013/08/03/26137/kisah-nyata-hukuman-untuk-pendusta-di-dunia-semut/#sthash.rUhfSvTF.dpbs

      di arab sana antara yahudi dan muslim bertengkar hingga hari kiyamat, itu udah ada dalam kitabnya lho… kasihan generasinya perang saudara terus2 an… dampaknya masyarakat indo yang sok sucipun membela mati2an salah satu dari mereka… duh capek deh… tidak mau menjadi penengah dan malah ngomporin… harusnya bangsa ini bisa netral dan menyumbangkan aura dan pemikiran yang damai dan menenangkan…

      bahwa Tuhan itu satu, kalaupun ada istilah nabi/ orang suci/ utusan Tuhan, maka nabinya saja yang berbeda, ada yang setengah gosong dan gosong sekali :mrgreen:… duh, siapa juga yang ngangkat nabi kalau enggak mereka/ golongan mereka sendiri??… enakan berjiwa merdeka dalam artian yang sejatinya, tidak mengenal istilah nabi semut, tidak neko2, tapi bisa urip yang nguripi :)…

  12. Salam Mbah, Kang Nur, JDD, kang Cahyo, dan Para Akang serta para Diajeng semua.
    Sekarang komen duarius (lebih dari serius).
    Tahun baru atau tahun lama adalah tonggak/patokan untuk memulai kegiatan managerial suatu organisasi.
    Kegiatan managerial mulai dari perencanaan – pengorganisasian/pengelolaan/ cara/detail pelaksanaan sesuai hal yg direncanakan – pengaturan pembeayaan – pembagian tugas wewenang dan tanggung jawab – pengawasan/monitoring – evaluasi hal yang telah direncanakan – pelaporan hasil perencanaan untuk bahan pembuatan rencana pada tahapan selanjutnya.
    Tentunya yang membuat/ merencanakan kegiatan managerial tentunya adalah para manager/pemimpin maka penentuan kapan dimulainya kegiatan tersebut terserah para pembuat kegiatan managerial itu sendiri.
    Nah, itu tahun baru masehi adalah awal mulainya kegiatan managerial hampir semua organisasi di dunia, hal tersebut memudahkan untuk melakukan penelitian uji banding dengan organisasi kompetitor.
    Para manager pemerintahan kita membuat managerial lain dari yg umum dilakukan, hal ini dikenal sebagai tahun baru anggaran … yaitu bulan April.
    Nhah… tentunya merepotkan dan tidak bisa di uji banding dg negara lain.
    Artinya…..para manager tersebut tidak mau dievaluasi kerjanya dengan standart internasional.
    Nuwun.

  13. Salam simbah,kang omie,mbak dewi,kang cahyo,komandan,kang js,dan poro sedulur semua @
    kang omie @ ok deh kang,.ini mister rius deh(lebih dari 3 rius)…tahun ini adalah titik,.dimana perubahan itu akan terjadi..mungkin bagi mereka yg berada dlm zona nyaman(kaya,terkenal,terpandang,cukup segalasesuatunya)mungkin dirasa tdk ada masalah,.tp bagi mereka yg sulit,.apa mau dirasa…siapa yg akan membantu…

    mudah2an tahun k dpn sang Takdir lebih mengerti,tentang yg terserak didalam diri

    rahayu..

    1. Whee… bener bener master of mister rius (pokoknya paling rius lhoh).
      sambil garuk-garuk kepala yg nggak gatel…. apa neh yg dimaksud kang Nur… “sang Takdir lebih mengerti,tentang yg terserak didalam diri”???
      uuhh… bagaimana bisa nulis segedhe itu kang?

  14. salam….sejahtera….buat rekan semua…..

    kopy coment… Kang @wager……Elo penuh dosa jadi pantas dapat bencana”. “Elo orang jahat, gua orang baik”.

    hehehehe…….kata “soimah” ….masalahhhh beoat loeee”

    “sudut pandang” ….beda sudut…ya beda hasilnya…..

    saya rasa blog abal2 ini ….bukan sarana untuk membuat orang menjadi “dewa” atau “setengah dewa” atau “setengah gosong”……maaf mbah …maaf mbah @wagerrrrr…..kwkwkwkw…..biar komen2nya tambah rame dan lebih hidupp…….budaya ketawa dan mengetawai…. “sehat”

    1. @Kang PNL,
      Tepat sekali, blog ini memang bukan bertujuan mencetak seseorang menjadi manusia setengah dewa ataupun setengah gosong. Blog ini hanya mengajak seseorang untuk berkumpul dan tertawa. Mentertawakan apa atau siapa ? Ya, terserah pembacanya.
      Semoga sehat kang.

  15. Salam damai dan bahagia…..

    Maka berbahagialah semua mahluk bila Tuhan telah menampakan diri NYA kepada semua manusia atau mahluk….

    Tuhan yang menampakan sifat Kasih Sayang dan juga Adil…

    Tuhan yang kita harapkan berkehendak membongkar atau menghancur leburkan wujud benda dan mahluk yang menyimpan keburukan kedholiman dan kenistaan…..

    1. Benar Kang, tak terasa satu tahun telah berlalu. Kulit semakin kriput, mata makin rabun dan rambut makin putih. Ufffp….bentar lagi kang JS pasti muncul nih, gara2 nyebut rambut putih..

    2. Salam Mas OM….Mas PNL….Mbah Wage/r…sedoyo sedulur…….

      Sangat benar bahwa kita semua akan semakin tua…kulit keriput dan lembek , rambut yang juga menua dan memutih bahkan juga akan rontok….he he….

      Semoga diri kita yang semakin tua akan diikuti dengan kedewasaan dalam berpola pikir dan berperilaku benar bijak meskipun semua kebaikan itu sebenarnya sangat sulit dicapai…mungkin saya bukan sebagai orang tua yang bijak dan hanya berilmu sedikit saja….

      Saya suka dengan warna putih dan hitam…misal warna pakaian maka saya suka hitam….tapi ketika berjumpa dengan seseorang atau sesuatu bukan melihat warna pakaian yang dipakai tetapi yang saya lihat siapa yang memakai…..misal melihat sosok seperti Budha duduk / semedi dengan pakaian warna gelap …hitam semu abu abu / biru….he he lalu saya berpikir dan menduga, sebenarnya Budha suka warfna apa dalam berpakaian…..he he….Nuwun….

    3. 🙏Salam Kang JS, simbah, kang PNL, kang Nur.
      Saat👦 rajin belajar agar waktu👨berkualitas sehingga saat👴 jadi 👼sesuluh… itu kata📝 dalam📖.

      📩📝kang JS: menilai tidak seseorang tidak melalui pakaiannya.👍👍👍👍👍

    4. Salam dan selamat pagi….

      Sangat benar bagi kami bahwa menilai seseorang terlihat atau dilihat dengan perkataan ucapan dan perbuatan …..

      Baik dan benar atau kesalahan dan kedholiman adalah sangat gampang dilihat dan juga dirasakan…..

      Manusia adalah mahluk yang sempurna , telah diberi rahsa nurani, budi akal dan nafsu….semua itu sama dalam fungsi dan akibatnya…..

      Hal yang salah dan buruk tetaplah berhakekat buruk dan melanggar hukum kasih dan melukai hati dan martabat …
      Merusak , menjajah , membunuh adalah jelas salah menurut nurani dan sampai kiamatpun tetap keliru dan salah….

      Dijaman saat ini yang sudah dipenuhi dengan ajaran agama telah terjadi dan kita ketahui dan kita rasakan serta terbukti hal buruk dan tidak adil telah dipelintir menjadi benar ….mereka bersikukuh itu adalah ajaran dan wahyu Tuhan ….maka dalam hati saya bertanya tanya …wahyu dari Tuhan apa dan Tuhan siapa ??…..
      Apakah tuhan yang diciptakan dan dicetuskan oleh mereka yang nun jauh disana….oleh bangsa yang bermartabat lebih dibawah dari bangsa Nusantara….

    1. Ha…ha… untuk manggil Kang JS, kata kuncinya adalah “rambut putih”. Eniwei, komentar beliau memang selalu putih… eh bijak.

      Selamat pagi …salam abal abal dan hormat dari saya…..

      Komentar saya dari dulu mungkin hanya begitu saja , hanya soal hati dan isi kepala…..

      Menjadi seorang manusia yang sadar dan benar itu bagaimana caranya ??…adakah penjelasan dari ilmu formal dari sekolah / universitas dan semua penjelasan ilmu tentang hidup dan kehidupan berakibat atau mngakibatkan manusia menjadi NORMAL kembali….

      Banyak hal yang kami dapat demi ” kehidupan benar dan normal ” kami tanpa dari tempat formal sekolahan….

      Berapa waktu lamanya seorang manusia untuk mengantongi ijasah dari sekolah formal ??….3 sampai 7 tahun ….lalu berapa waktu lamanya seseorang mendapat ijasah dari sekolahan yang tidak formal dengan alam semesta sebagai guru dosen nya ??…..he he he…..

      Dampak dari hal pikiran dan faham yang tidak NETRAL sangat jelas bernilai masih tidak adil terhadap kelompok yang lain….

      Banyak pula gambar gambar gaib yang sudah kami terima dan semua itu BUKAN sebagai alat atau tujuan yang tidak bernorma atau tidak bermoral …atau kami diberi pemahaman bahwa kebenaran bukan hanya ini dan itu dan di klaim sebagai ajaran dan milik mereka saja…..

      Banyak gambar misal …Manusia lawas atau Manusia baru atau sesuatu yang bukan manusia meskipun bentuknya seperti manusia…..mereka yang mungkin dianggap sebagai ” Dewa atau Tuhan “……atau mereka yang dianggap sebagai Nabi / Rosul…..

      Ada gambar yang membuat kami memahami atau mengerti , suatu penjelasan yang tidak mengejutkan kami tapi mungkin mengejutkan dan membuat marah bagi banyak pemaham agama ….

      Kebenaran dari Tuhan Yang Maha Benar adalah suara ‘ hati Nurani “…. bukan seperti apa apa yang sering saya dengar atau yang kami baca…
      Mereka yang telah melakukan hal yang merugikan manusia lain dengan mencatut nama Tuhan Sejati ternyata sudah menerima hukuman dan sangsi dari DIA

      Maka bagi kami kebenaran adalah dalam berperilaku dan dalam perbuatan dan bukan atas dasar cerita yang tidak jelas dan para pengikut dipaksa untuk percaya dan mengikuti meskipun dampak dan nilainya ternyata melanggar , mendholimi , merugikan dan menghina manusia yang lain………….

      Maka ” Jiwa Merdeka ” adalah jiwa jiwa yang menyembah Tuhan pribadi , Tuhan yang tidak bernama ini dan itu dan bertempat nun jauh disana lalu dicari cari sampai kepala mumet dan dengan ongkos beaya sangat tinggi….menyembah dengan tidak anut grubyuk , tidak menganut dogma dan doktrin agama ( pemahaman yang tidak adil dan tidak bijak , faham yang merendahkan sifat Tuhan yang Maha Adil )…..

      Mohon maaf bila kami menulis hal yang bersebrangan faham dengan panjenengan semua dan faham atau pemikiran dari kami ini jelas adalah status agama yang kami anut dan namanya ” Agama Nurani”…agama tanpa nama dan tanpa Nabi / Rosul…..apakah kami sebagai pembelot atau sebagai manusia musrik atau kafir …maka kami serahkan ini kepada alam semesta dan Tuhan yang menciptakan kami….Nuwun….

  16. Para gaib yang menampakan dirinya …..TIDAK PERNAH menawarkan ini dan itu lalu memberi status terhadap kami sebagai manusia ini dan itu…

    Para gaib yang tidak pernah menyebutkan identitas pribadi atau namanya….tidak pernah menyebutkan bahwa agama ini atau itu yang benar …..

    Para gaib yang hanya memberikan gambar cerita kepada kami tentang seorang atau beberapa manusia yang sudah didaulat oleh manusia sebagai Nabi atau Rosul…..

    Bagaimana mereka dan bagaimana keadaan nya maka hal itu adalah ” rahasia ” kami yang tidak bisa kami sampaikan secara vulgar dan untuk umum….

    Ckuplah bagi kami apa apa yang sudah kami terima dari yang nyata dan tidak nyata, apa apa itu semoga bisa membuat hati dan mata saya bisa ” melek ” dengan lebar …apa apa itu sebagai pedoman hidup kami…..

    Tuhan sangat tahu tentang alam semesta yang sudah diciptakan dan sangat jelas juga tahu tentang isi dan niat hati manusia….

    Bagus dan seperti baik di depan manusia ternyata belum tentu baik dan benar menurut hukum keadilan / sifat Tuhan Sejati…..

    Hidup ini sebenarnya sudah ada aturan hukum yang asli dan orisinil…hukum yang sudah ada atau diadakan semenjak mahluk ini tercipta ..
    Hukum yang benar datang dan timbul dari pola pikir benar dan berlandaskan Nurani….siapapun yang melanggar itu pasti akan berdampak banyak kedholiman dan aniaya diantara sesama manusia …..

    Maka menjadi tanda tanya besar bagi semua manusia ….kenapa ada wahyu dan ajaran agama dan kitab dan mengatas namakan Tuhan malah mengakibatkan peperangan , menciptakan permusuhan dan menghina faham manusia lain …

    Urusan menyembah kepada Tuhan adalah urusan pribadi masing masing manusia dan Hukum Negara adalah hukum sebagai aturan bersama demi ketertiban kenyamanan keamanan negeri atau masyarakat itu sendiri dan aturan lain dan tentunya tidak memihak kepada SARA…….

    Hukum Negara sudah cukup sebagai aturan bersama dengan tidak mengkait kaitkan dengan agama dan Tuhan….
    Hukum yang dicipta dan dicetuskan oleh manusia benar dan bernurani dan demi masyarakat luas hakekatnya adalah hukum dari Tuhan sendiri., sebagai wahyu dari Tuhan untuk semua manusia….

  17. salam sejahtera …buat rekan semua

    copy coment …Kang @JS ….
    1…..
    Menjadi seorang manusia yang sadar dan benar itu bagaimana caranya ??…adakah penjelasan dari ilmu formal dari sekolah / universitas dan semua penjelasan ilmu tentang hidup dan kehidupan berakibat atau mngakibatkan manusia menjadi NORMAL kembali….

    kayaknya hampir setiap saat kita harus… “waspadalahh”….karena yg berusaha mengganggu dan berusaha melencengkan diri kita …dari jalan yg benar…..adalah setan dan diri kita sendiri…..setan udah jelas ….terus siapa diri kita sendiri …..?…..?….?…..?….? ( tanda ? jumlahnya 5)

    2……..
    Maka menjadi tanda tanya besar bagi semua manusia ….kenapa ada wahyu dan ajaran agama dan kitab dan mengatas namakan Tuhan malah mengakibatkan peperangan , menciptakan permusuhan dan menghina faham manusia lain …….

    wahyunya benar …..otak manusia yang ….”dipelintirr”….oleh siapa ….oleh siapa saja yg menginginkan( bisa manusia bisa juga setan)…. bahkan oleh dirinya sendiri ….karena suatu tujuan……

    demikian …sedikit penjelasan …mungkin dari rekan2 yg lain bisa lebih detail hasilnya …

    memang …menurut saya ….inilah saat nya ….kita dengan penuh kesadaran ..bangkit dari ….apatis….untuk membela dan menegakkan kebenaran & keadilan……sesuai dengan hati nurani

    keep smileeee….

    1. Salam damai Mas PNL….setuju dengan ulasan dan komentara Njenengan…..semoga kita selalu memakai hati nurani dalam segala hal ketika kita berhubungan dengan semua mahluk ….nuwun

    2. Mas Js, Paman Dalbo, JDMberkembenkansutraungu,Oom Wager, saudara sekalian,

      ‘…hatinurani itu meski dibakar
      tidak bisa menjadi abu.
      Hatinurani senantiasa bisa bersemi
      meski sudah ditebang putus di batang.’ (Rendra)

      Jangan tanya kepada …kitab2 suci, tanyalah pada rumput yang bergoyang, eh , hatinurani. (Baldew) (-:

      slumanslumunslametslumanslumunslametslametsegaliwet

  18. 🙏Salam Eyang Wager, kang JS, kang PNL, kang Nur dan semuanya.

    📩kang JS dan 📩kang PNL betul-betul 🎯…. 📢 ayo kita laksanakan, kita 📡

    1. Duh, Paman,
      Semedi-nya kelamaan sampai lupa bulan. Makanya sekali kali turun gunung dong…..

      Ngomong tentang bulan, sekarang adalah bulan sabit purnama minus 3 yang artinya bulan purnama tinggal 3 hari lagi. Eh, emang member disini ada yang peduli dengan fullmoon nak ya?

    2. 🙏Salam Eyang Wager, Paman Dalbo dan saudara semua.
      Full moon di jakarta 15 Feb 2014 pkl 06:53 …. tetapi yang jadi perhatian adalah super moon yaitu jarak bulan- bumi paling dekat (360,000 kilometer) sedangkan jarak paling jauh (400,000 kilometer). Super moon di Indonesia pada hari senin 11 August 2014, pkl 01:10… ini perlu diwaspadai karena berpengaruh terhadap kejadian bencana alam… lebih bagus lihat di atap sambil bawa kamera.
      Pamuji Rahayu, Bejo kang tinemu.

    3. Duh, nuwun Kang Omie, infonya lengkap sekali. Duduk di teras rumah, memandang bulan purnama, merenungi manis dan pahitnya hidup, sambil minum kopi dan pisang goreng duh, nikmat sekali. Itulah sembahyang ala simbah…Sebulan sekali cukuplah………

    4. Wah… dari teras🏠 … eyang Wager sudah dapat lihat 🌅🌇 ⛺ ? weh.. luar biasa😄…. hal gitu tak memungkinkan di JKT kecuali 💰💰💰💰💰 ▶ halamannya sangat luas. Kalau depan teras rumah saya…. cuma keliatan tembok kumuh + 🐭🐱🐶…

    5. @ Omie,

      yo carane to kang, gimana supaya temboknya nggak tampak kumuh kan bisa di cat gambar pemandangan, atau sekalian saja di lubangi biar bisa ngintip cakrawala dunia… kwkwkwkwk….

    6. @ Paman Dalbo,

      hai paman how are you? apa dari planet lain kok lupa bulan apa ini di bumi?… paman nggak habis di culik gadget allien kan?… kayak simbah yang kecantol ama si gadget baru… he he he..

    7. Bikin lubang, duh ide yang bagus. Bukan untuk ngintip cakrawala tapi untuk ngintip gadis tetangga. Wakakakk…..Tapi susah juga kalau tetangganya Kang Omie cuma Aki dan Nini doang…… (#garuk kepala)

    1. Wakakakk…… Jujur awalnya tidak kenal nama2 tersebut, namun setelah intip lewat google, muncul wajah2 jelita……. Humor Kang Lesungpipi3t bagus juga nih

  19. Nuwun..

    Heheheheh iya nih mbah saking enaknya naik gunung sampe lupa turun….eehh gunung apaan sih? , benernya bukan gak mau turun cuma lupa aja jalan turunya, naiknya sih gampang.

    Salam tuk semuanya

    PD

    1. Dulu waktu kecil saya pernah naik pohon kelapa. Naiknya bisa tapi turunnya kagak bisa, jadi terpakasa nangis teriak2 minta tolong ngerepotin orang sekampung. Akhirnya diturunin pakai tangga panjang…..

    1. Nuwun Kang PNL, telah mengingatkan dengan kata-kata bijak. Mempersalahkan perbedaan adalah suatu kekonyolan. Tidak ada orang, masyarakat, budaya, negara yang sempurna dan bisa berdiri sendiri. Semua ada kelebihan dan kekuarangannya sehingga saling hidup rukun saling melengkapi adalah solusi terbaik.

      Khusus untuk agama, mungkin saja agamaku adalah sempurna namun tetap saja manusianya tidak sempurna dan karena itulah hidup rukun saling belajar dan melengkapi adalah mutlak diperlukan.

      Ini adalah bagian dari misi blog abal2 yaitu hidup bersama dalam satu komunitas, saling belajar dan melengkapi tanpa batas suku, ras dan agama. Walaupun masih jauh dari harapan, namun setidaknya saya berharap semua warga bisa mengawalinya dengan cara paling sederhana yaitu menertawakan diri sendiri.

  20. salam….

    bukan….. senjata …atau pedang ….bukan pula rakyat……yang menjadikan kita seorang ………..” Raja “….melain kan ……..”pengendalian ” & “pengawasan” diri yg baik ( hati & pikiran)

    keep smileee…..

  21. Wakkkkkk……. Salam JDD, kang Lesung, simbah. Matursuwun guyonan segarnya, sesegar ni aktris.
    Salam Paman, kang PNL, kang Bala dan para pengunjung padepokan.

    Ngomong-ngomong… tentang naik dan turun… mirip cerita simbah, cuma ini udah gerang sewaktu naik undak-undakan tangga candi di kamboja… sewaktu naik masih gagah… tapi waktu turun?… kalau tak ada orang.. hehe… pasti seperti yg ada dalam foto.
    http://travel.detik.com/read/2013/09/11/193857/2356269/1520/4/6-tangga-paling-ngeri-sedunia
    http://mengakubackpacker.blogspot.com/2013/02/9-tangga-paling-menakutkan-di-dunia.html

    1. @ Omie,

      Walah, kirain ada penampakan kakinya kang Omie yang lagi mendaki candinya, ternyata yang kelihatan cuman tangga candinya doang… he he he…

      @ Baldew,

      Oh ya saya lupa, iya memang hati nurani itu tidak pernah bisa di bakar atau di kikis habis, ia akan selalu bersemayam di jiwa-jiwa manusia yang hangat pribadinya, tidak dingin dan juga tidak panasan…

      Untuk itu mari kita selalu menghangatkan hati nurani, seperti halnya menghangatkan kembali hubungan yang pernah retak dan dingin, tapi bukan hangat-hangat kue serabi atau suam-suam kuku (?)… ^_^…

  22. Jeng Dewi@setelah Omie dan Baldew urusannya selesai, di serpis pedi-medicure aja jeng jangan direndam pakai air hangat saja, takutnya kukunya belum bersih, masa mau resepsi kukunya masih pada item item … ih ga aci ah

    1. eh eh begini loh caranya… kelamaan sih jeng Dewi… jadinya gregetan nih ngasih tau caranya untuk merawat kuku yang jadi lentik indah begicyu…

    2. Jeng Dewi@ nah kalau sudah bersih bersih kukunya… dihias juga boleh.. dipamerkan juga boleh.. jadi peragaan KUKU juga boleh… mumpung masih suasana tahun baru loh jeng…

    3. Eh eh jeng Dewi@ aduh aduh jangan buru buru shopping dulu ya jeng, tunggu eke..,, eke lagi undang wartawan inpotainment loh mau wawancanda… perihal dunia PERKUKUAN… nonton ya jeng yuuuk mareee…

    4. Jeng Dewi@ setelah konpres pagelaran KUKU INDAH semua cowok pd genit genit deh lihat cantiknya kuku si vicky… co co berebut ingin membeli potongan KUKU KUKU si Vicky… ih ih amit amit de.. apa ga ada KUKU lain yang cantik ya?… ga lepel ah co co skrg ya jeng…

    5. @ Senyum yang Nggak Kuku,

      Makasih kiriman pideo meni pedi, lagu dan wawancandanya yang tanpa sesor… qeqeqeqe…

      Ku pernah masuk ke kios kecil imut yang khusus meni pedi, sepintas tidak menarik perhatian dan terlalu sederhana untuk salon kuku yang identik dengan kemewahan warna-warni.

      Tetapi kesan itu berubah ketika sang pemilik menyapa ramah pengunjung, ia menunjukkan majalah khusus kecantikan kuku edisi korea dan jepang, sambil menerangkan, ia mengeluarkan semua koleksi peralatan canggih untuk kuku yang ada di tas kotaknya, namanya teknologi keramik silicon dari jepang yang tahan hingga 6 bulan dan tidak akan mempan di hapus dengan nail polish sekalipun, ia bisa di hapus hanya dengan sinar infra red perendam panas yang berfungsi melunakkan kuku supaya mudah di lepas, sebuah teknologi khusus dari jepang untuk mengganti dan merubah kuku-kuku cantik itu… tapi jangan tanya harganya bo, sekali treatmen sampai seperempat juta!!…

      So, alhasil walsuhasil… ku yang tak pernah punya budget buat nyalon hanya mendengarkan saja ceramahnya… sambil berdoa supaya ibu yang telah baik hati berbagi ilmu pengetahuan tentang kuku pada saya ini akan mendapat pelanggan yang laris dan setia…

      Untungnya jari dan kuku-ku termasuk paling indah di dunia (kataku sendiri lho :mrgreen: )… jadi nggak perlu di treatment segitunya, jariku panjang dan lentik, kuku-kuku-ku bersih tak pernah panjang apalagi lebar, aku suka yang alami saja, itulah mengapa saya tak pernah mengecatnya warna-warni (padahal ngidam pingin meni pedi juga 😀 )

      Daripada buat nyalon uang segitu mending buat beli modem yang kenceng larinya, biar bisa cepet kalau mau hadir di khayangan dan ketemu ama bidadari dan bidadara… berdebat ria ama pendekar dan pendekarwati.. atau sekedar kencan dan ngobrol ngibrul ngalor ngidul ama someone yang jauh di mata tapi dekat di hati… hmmm….

      Eh, ngomong-ngomong tentang kencan… pagi ini aku ngucapin ‘Met Ultah’ pada sohibku yang disana, suerr deh aku kangen banget, tapi… hiks, nggak di balas messageku…. aku jadi galau nih… uuuuhhh di mana nuraninya??…. masak iya sih ia ngambeg sampai nggak sudi bilang thanks… atau jangan-jangan temenku itu banyak terlibat ikut ‘geng’ pengajian sehingga terpengaruh temen-temennya… ultah itu haram hukumnya… ya sesudah acara tahun baruan haram… entar nggak tahu apalagi yang haram… mungkin ngecat kuku juga haram… xixixixixi…

      Peace bro!… hmmuuuaahh *_^….

    6. wah eke ga tau ye.. kalo temen ye ga balas ucapan selamat ultahnya ya kenape masalahnya? biasa aja jenggg…. lagian si ye ngarepin thanksnya temen ye, itu hak dia kalee… ah biasa aje kalee jeng… gicyu loch jeng.. mau ini itu haram atau mau halal yee kenape kite musti repot jeng, mending yuk kite ngider cari soping (sop kuping sapi) sama kuku sapi.. lagi musim dingin jeng, sop kaki sapi wiskul yg cocok bwt badan jeng… yuk yuk.. eke dah ga kuku ni jeng..

    7. Jeng Dewi@ yeee bisa aj.. kirim salam lewat sms atw telp ga diangkat ga dijwb brarti dia ga ada cinta ke ye kalee.. hahaha.. mending cari cinta lain aj jeng… gicyu aj kok repot jeng jeng… eke jg gicyu loch jeng… eke ga mau repot ngarep jeng… sms telp satu arah bagai cinta bertepuk sebelah tangan… mana tahaaaannnn… yuukk maree jeng… mengejar mimpi yang lain, masih banyak co co lain yg imut bikin gregetan loh jeng…

    8. Jenggg… ini kiriman lagu buat pelipur lara jeng Dewi.. memang menjengkelkan kalau telp sms komunikasi hanya searah bagai bertepuk sebelah tangan ya PUPUS harapan jadinya.. kita masih punya kuku kuku indah itu biuat apa loch jeng… ih ye kaya ga tau aza yaaa… sekali lirik co co pada baris ke kita.. hmmm siapa takut ya jeng… yuuk maree kita siapkan panah aprodite jenggg biar tau rasa tuh co co… gicyu aza kok repot jeng jeng..

    9. ssst jenggg tak perlu sedu sedan itu, hanya urusan telp sms ga dibalas, balas lagi cari yang lain jengg, cinta monyet aja kok dipikirin jeng jeng… tambahan buat semangat jeng… buat cari co co yang lain…

    10. @ Senyum,

      Wah, asyik ada Ki Senyum yang bisa rogosukmo plus-plus, pasti bisa melihat isi jeroan seseorang, sekalian eke juga ingin curhat ah…

      Terima kasih infonya, bahwa yang disana ternyata tidak memiliki feeling atau tidak ada rasa cinta. aku juga nggak ngerti si dia yang dulunya semanis madu kini berubah jadi sepahit empedu, padahal sebelumnya kami akrab banget macam sohib or sahabat sejati gitu.

      Mungkin yang disana udah punya istri baru atau gadget baru yang lebih asyik atau bahkan lebih galak poll kayak preman monyet bergincu… wakakaaakkk…

      Ya udah titip rindu saja lewat angin, biar sekalian gone with the wind :)…

    11. hiya asik asik jempolan ni jeng Dewi… sdh semangat lagi ni jeng Dewi… itu pengalaman yg biasa sj… baru sms telp gak dijwb sekali aja kok kemn mn rasanya toh jeng, eke lebih dari 1x mungkin sdh ratusan kali sms ke someone ga ada jwban lho, eke biasa aj loh jeng wkwkwkwk..

      gak usahlah cinta monyet itu atw cinta miss piggy itu atau apalah itu namanya dibawa kehati biasa aj kalee… lebih baik kita ukur diri aj jeng… kenapa begini begicyu trus terakir yaaa pasrah aja… biasa gicyu loch… gicyu aj kok repot toh jeng jeng…kan masih bnyk sohib jeng yg diyayangi… ada australi, dll itu… ah satu aj yg punya pendpt lain dan ga mau terima sms telp aj kok rasanya jadi gimana gicyu jeng jeng… sdhlah jeng… jeng nasib kita sama ya ternyata.. nanas eh naas… so eke mau cari sohib baru lagi jg deh habis someone itu somsek…., eke senasib jg loh jeng sama jeng Dewi ini jd kita sahabat dong… sahabat yg bertepuk sebelah tangan… whahaha tapi ga apalah nanti ada waktunya jeng… gantian siapa yg tepuk tangan… wkwkwkwk

    12. @ Senyum,

      Maturnuwun semangatnya :)…

      Maaf kalau selama ini saya telah salah menilai tentang njenengan.

      So, eke nyuwun ngapunten lan maturnuwun juga ya jeng :wink:..

  23. memang harus menggunakan hati yg lapang mendengar kebebasan yg sekarang ini…. kekuatan yg dulu bak keong di mata pak harto…..kekuatan yg hanya mengenal kekerasan dan doktrin2 dan alat2 politik kekaisaran model negara gurun…..kita sangat mencintai agama yg ramah dan bersahabat….teman2 akhir2 ini tidak lagi mengucapkan selamat tahun baru dan selamat2 yg lainnya dan menutup auratnya rapat2 tanpa lagi menampakkan wajah senyum ramah…..sefanatic2 nya dia satu hal yg membuat saya geli dia bekerja pada laki2 homo yg mempunyai banyak anak asuh…….merekalah yg menolong mempekerjakannya agar bisa mengepulkan dapur……….sebenarnya kita punya gaya2 indonesia yg islami yg membumi kalo tak ingin pindah agama yg sudah terlanjur di tulis dalam KTP…..agama barat datang saat mereka sudah terlalu mengikatkan doktrin2….. agama di asal india pun digunakan sebagai kamuflase untuk menjaga dari pemusnahan budaya………itu masa lalu! sekarang ada juga jaman dimana dibilang agama lain adalah lebih rendah dari agamanya….menangis tidaklah perlu karena kebenaran akan menjadi kebenaran………tidaklah bijak mengatakan mereka salah…..tapi memaksakan sesuatu dengan kekerasan beragama adalah penistaan agama itu sendiri…….masuknya tata cara budaya dan dibaurkan dgn agama adalah kearifan tersendiri dimana agama itu bernaung dan hidup…….indonesia adalah negeri yg mengenal kasih sayang sekalipun tak punya tuhan yg harus dipuja2…….dia adalah jalan kedamaian hidup yg terwarisi karena perpaduan mereka menyeimbangkan alam…….selamat hari natal bagi yg merayakannya…..selamat hari raya nyepi…..selamat hari raya lebaran…..selamat bagi seluruh mahluk yg ingin mengucapkan salam kebahagiaan bagi sesama manusia……..biarlah mereka yg belajar melupakan menjadi manusia menjadi hewan yg ter bagi2 dalam spesies tertentu yg kita sebut agama itu……….salam sontoloyo…makan soto supaya gak loyo pakai koyo bila ngoyo!

    1. Ah, kang Nur bisa aja. Cuma tulisan, abal abal lagi, mana mungin bisa sampai cuci otak ? Nyang bisa nyuci otak justru tulisan nya Kang Nur. Nanti saya coba komentar di kompasiana. Lagi cari2 akun dan passwornya.

  24. Salam……sejahtera

    copy paste…comen blackbirdg….

    kekuatan yg hanya mengenal kekerasan dan doktrin2 dan alat2 politik kekaisaran model negara gurun…..kita sangat mencintai agama yg ramah dan bersahabat….

    pertanyaan sayaa……

    agama …apa yg menurut anda ” ramah dan bersahabat”

    agama …apa……yg membiarkan kita sebebas-bebasnya…….tanpa tanggung jawab……logika saya khok merasa aneeehhhh…..heheehe….maaf ya kang…….

    setan aja..tidak bebas …harus bertanggung jawab……yaaahh conntoohh……para koruptor …..harus bertanggung jawab … atas semua kelakuannya….. ….hehehehe ( maksud saya pengikut setan )…alias foto copynya …

    setan juga bingung….saking bingungnya setan …..diberi kebebasan…sebebas-bebasnya…..eehhhh….ada juga yg ikut agamanya ..manusia ….ada kristen …ada islam …dll….

    keep smileee…….

    1. setan nya …..tidak mau bertanggung jawab atas semua bisikan dan doktrin2nya…..yang kena getahnya…..yaaa yang mau dengerin bisikan2nya dan doktrin2nya……ini bisa kita jadikan contoh kecil….bagi kita semua

      contoh …..bagi manusia yang selalu mengejar-ngejar kebebasan….sebebas2nya……karena ini bisikan dan dorongan dari syaithon…….awasssss dann…..Waspadalahhhhh

  25. Agama dan kepercayaan ber Tuhan ….semua seharusnya ber hulu dan bermuara satu……damailah hatimu atau damaikan hatimu atau kedamaian dalam hatimu atau hatimu dalam kedamaian…..lalu bagaimana caranya merasakan dan mendapat itu…..??…embuh ora weruh…..aku dewe iyo bingung ….

  26. salam….sejahtera…….

    copy coment…….@pemirsa…………..

    damailah hatimu atau damaikan hatimu atau kedamaian dalam hatimu atau hatimu dalam kedamaian…..lalu bagaimana caranya merasakan dan mendapat itu…..??…

    damailah …”HATI ” mu……
    kedamaian dalam ” HATI” mu……
    ” HATI ” mu …dalam kedamaian…..

    kata kuncinya adalah ” HATI “……..

    didalam “hati ” …..syaitan ….membisik2an
    didalam ” hati ” ….berita disampaikan …oleh sang pembawa berita ” ……?…..”

    kita harus ..pandai2 ….mengenali…..siapa yg datang dan pergi…..didalam hati

    didalam ” hati ” …….kita bisa menemukan kebenaran…………..

    jagalah “hati” …….jangan kau nodai……jagalah “hati ” karena adalah …”lentera hidup ini”

    siramilah “hati ……pupuklah “hati” …..dan terangilah dgn “cahaya ilahi”……..agar hati tidak merana dan akhirnya “mati”

    bagaimana ………????………menjaganya…….gunakanlah “rasa & mata bathinmu” untuk menjaga “hatimu sendiri”

    jangan ….rasa dan mata bathinmu ….digunakan untuk ……”mengintip orang lain” ……biar …orang bilang ” hebattttt” ……..biar orang bilang ” sangat sakktiii”……..sesungguhnya hal tersebut “sangat2 tidak sopan” …kita punya budaya sopan santun khan….apalagi di buat menyakiti orang lain ……..hhhmmmmm….aneh

    gunakanlah …..rasa dan mata bathin …..sebaik2nya…..jagalah agar tidak menjadi suatu kebiasaan buruk…..ingat kebiasaan buruk ….akan terus menodai hatimu

    keep smileee…..

    1. Semoga kita semua bisa mengetahui dan merasakan kedatangan tamu yang tidak diundang dalam soal bisik bisik…..bisik bisik ditelinga dan bisik bisik dalam hati…..

      Menjadi atau jadilah tuan rumah yang baik ketika kedatangan tamu dan tetangga ,….tamu dan tetangga yang berkata kata atau berbisik bisik….ada yang berkata baik dan tidak jarang berucap seronok….

  27. Selamat tahun baru bagi yang merayakan.

    Horee, di tempat simbah sudah tahun baru nih. Di jalanan arus kendaraan biasa-biasa saja. TIdak ada suara terompet atau klakson mobil. Yang ramai justru di kuil. Kerumunan orang membludak. Busyet, antren orang untuk berdoa sampai 300 meter. Mana suhu udara nyaris 5 derajat C.

    1. Salam simbah@ nahh itu dia mbah, gaya hidup dan kesadaran rakyat disana berbeda dengan disini.. Saya walaupun belum pernah kesana, tapi tahu bahwa gaya hidup mereka jauh mengungguli disini. Haduuuhhh…

      Selamat tahun baru Mbah.. Semoga beruntung, bahagia, dan diberi kesehatan selalu.

      Rahayu…

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s