Teori Konspirasi

teori-konspirasiPenulis: Wage Rahadjo – Teori konspirasi (conspiracy theory) adalah teori-teori yang berusaha menjelaskan bahwa penyebab tertinggi dari satu atau serangkaian peristiwa (pada umumnya peristiwa politiksosial, atau sejarah) adalah suatu rahasia, dan seringkali memperdaya, direncanakan diam-diam oleh sekelompok rahasia orang-orang atau organisasi yang sangat berkuasa atau berpengaruh. (wikipedia).

Penjelasan lebih mudah, teori konspirasi adalah teori tentang persekongkolan atau tepatnya persekongkolan jahat. Saya sendiri lebih senang menyebutnya dengan teori akal-akalan atau tepatnya akal-akalan jahat.  Siapa yang jahat? Ya tentu saja pihak yang bersekongkol atau yang bermain akal-akalan. Asem…….

Teori konspirasi akan selalu muncul pada setiap kejadian atau pristiwa besar. Penjelasan resmi dari media, badan atau pemerintah yang dirasa janggal,  berpotensi merugikan atau memunculkan ketidakpuasan golongan lain cendrung akan memunculkan lahirnya teori menarik ini.

peledakan-borobudurPeristiwa peledakan candi Borobudur,  21 Januari 1985 adalah salah satu contohnya. Di kala itu sejumlah elit politik dalam rezim Orde Baru memberlakukan kebijakan yang mempersempit ruang gerak kepercayaan Islam. Kasus peledakan candi Borobudur yang kemudian disertai dengan penangkapan sejumlah tokoh. Muncul dugaan bahwa peledakan candi dilakukan oleh orang dalam (pihak pemerintah) atau pihak tertentu untuk mendiskriditkan kelompok Islam. Inilah yang disebut dengan teori konspirasi.  Contoh lain yang lebih mudah dan baru adalah tragedi 11 September, serangan menara kembar WTC, telah memunculkan teori konspirasi bahwa peledakan itu sebetulnya dilakukan oleh pihak Amerika.  Contoh yang tidak kalah menariknya adalah tentang FPI (Front Pembela Islam), yang sering disinyalir sengaja dibentuk dan dipelihara oleh aparat dan dibeking oleh para tokoh politik penting. Sebagian orang bahkan menduga FPI dibentuk dan didanai oleh Amerika.

Hampir sebagian besar teori ini umumnya dalang atau pelakunya akan mengarah ke ke pihak negara tertentu khususnya Amerika dan Israel atau kelompok lain yang dianggap berhubungan seperti FBI, CIA, Illuminasi dan Freemanson dll. Tragedi pembunuhan presiden amerika JF Kennedy, Arab Spring, kerusuhan suatu negara, pergantian kekuasaan, resesi ekonomi, politik atau bahkan bencana alam seerti gunung meletus, gempa dan tsunami seperti di Aceh dan Jepang-pun melahirkan teori konspirasi yang (umumnya) mengarah ke Amerika sebagai biang keroknya. Apakah teori ini benar atau tidak, ya sekali lagi tidak ada yang tahu dan tidak jelas, namanya juga teori.

Pada dasarnya,  teori konspirasi adalah “teori bebas” artinya siapapun bisa melontarkan teori ini. Dengan mengumpulkan beragam potongan berita dan peristiwa, meramunya, menggabungkannya dan kemudian menambahkan sedikit opini dan imajinasi maka jadilah sebuah teori. Selanjutnya tinggal membaginya di media sosial network, mail, forum, maka teori konspirasipun akan dengan cepat menyebar tanpa jelas sumber atau “asal-usulnya”.  Teori konspirasi ini akan terlihat semakin dramatik ketika dilengkapi dengan sejumlah foto, gambar atau image ilustrasi yang kadang dibuat dengan sofware pengolah gambar photoshop.

Teori konspirasi kadang terlihat nyata, benar dan sangat meyakinkan, namun kadang juga terlihat lucu dan konyol. Namun bagi mereka yang percaya, tentu saja tidak merasa ada yang lucu, betapapun konyolnya teori tersebut.

Teori konspirasi adalah teori yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya ataupun dibantah kesalahannya, jadi hanya bisa dipercayai bagi yang percaya atau disangkal dan ditertawai oleh orang yang tidak percaya. Apakah teori ini benar atau tidak sekali lagi tidak ada yang tahu.

Lewat tulisan ini saya hanya sekedar mengingatkan (pada diri sendiri) untuk  berpikir dan bersikap lebih positif agar nantinya tidak asal percaya yang bisa berakibat buruk, ditunggangi oleh pihak lain, ataupun sebaliknya, asal membantah yang juga bisa berakibat buruk. ditunggangi oleh media yang (jangan-jangan) sudah miliki oleh Yahudi. Lho?! Asem.

Tulisan ini hanyalah sekedar menyediakan tempat, menyediakan folder khusus bagi para rekan yang ingin berdiskusi ataupun berkumpul membahas tentang  topik seputar teori konspirasi.

Wager

Credit image : finalcall.com (imege1), kompas? (image2)

Advertisements

19 thoughts on “Teori Konspirasi

  1. Teori Konspirasi pada Gempa Haiti dan Tsunami Aceh

    Judul asli : Gempa Haiti dan Tsunami Aceh Bencana Buatan?

    Amerika diduga sedang menguji coba senjata pemicu gempa, yang disiapkan untuk Iran.

    Jum’at, 5 Februari 2010

    VIVAnews – Saat ini di sejumlah mailing list beredar informasi dugaan bahwa gempa dahsyat yang mengguncang Haiti bahkan tsunami Aceh 2004 bukan murni bencana alam. Benarkah?

    Penelusuran VIVAnews, Seperti dimuat laman Press TV, 23 Januari 2010, informasi dari pangkalan Angkatan Laut Rusia mengatakan gempa Haiti tidak murni bencana alam, melainkan hasil dari uji coba senjata ‘pemicu gempa’ yang disiapkan Amerika untuk Iran.

    Tujuannya, diduga untuk menggulingkan pemerintahan di negara Islam tersebut.

    Armada Rusia mengklaim mengetahui hal itu, berdasarkan pantauan terhadap gerakan marinir Amerika Serikat di Karibia sejak 2008, ketika AS mengumumkan ingin membangun kembali armada keempatnya.
    Reaksi militer AS yang cepat datang ke Haiti juga dijadikan penguat tudingan Rusia.

    “AS sedang menguji salah satu senjata pemicu gempa yang akan digunakan untuk menghajar Iran, justru berakibat fatal dan mengakibatkan bencana dahsyat di Karibia,” seperti dimuat laman ViVe TV Venezuela, mengutip laporan Rusia.

    Bahkan, juga diberitakan awal Januari, uji coba yang sama mengakibatkan gempa sebesar 6,5 skala Richter di area dekat kota Eureka, Kalifornia. Tak ada yang tewas, namun sejumlah bangunan dilaporkan rusak.

    Setelah berita itu dirilis, Presiden Venezuela, yang juga di barisan penentang AS, Hugo Chavez buru-buru berkomentar. Dia mengklaim hal yang sama, bahwa AS bertanggungjawab atas bencana gempa yang mengguncang Karibia.

    Chavez menuding AS menggunakan gempa Haiti sebagai dalih untuk menduduki negara itu. Caranya, dengan mengirimkan tentara dengan dalih membantu korban gempa.

    Beberapa sumber juga berspekulasi gempa 7,8 SR yang mengguncang Provinsi Sichuan, China pada 12 Mei 2008 juga diakibatkan hal yang sama.

    Teori konspirasi yang beredar mengatakan gempa-gempa tersebut adalah bagian dari uji coba HAARP (High Frequency Active Auroral Reasearch Program).

    Selain dituding bisa menyebabkan gempa, HAARP juga dihubung-hubungkan dengan anomali cuaca yang dapat mengakibatkan banjir, kekeringan, dan badai.

    Apa sebenarnya HAARP itu?

    Seperti dimuat laman haarp.alaska.edu, HAARP adalah usaha ilmiah yang ditujukan untuk mempelajari sifat dan perilaku ionosfer (lapisan teratas atmosfer).

    Terutama, untuk meningkatkan sistem komunikasi dan sistem pengawasan, baik untuk kepentingan sipil maupun pertahanan.

    Sebaliknya, ilmuwan, Rosalie Bertell, dalam laman Baltimore Chronicle, mengatakan HAARP seperti “raksasa pemanas’ yang dapat menyebabkan gangguan besar dalam ionosfer, menciptakan tidak hanya lubang, tapi sayatan panjang di lapisan pelindung yang mencegah radiasi mematikan.

    Masih dari teori konspirasi yang beredar, tak hanya AS, Rusia dan juga Uni Eropa juga punya proyek serupa, yang punya kemampuan sama, bisa mengakibatkan efek merusak.

    Bagaimana dengan tsunami 2004?

    Lagi, lagi teori konspirasi mengatakan bahwa bencana tsunami yang meluluhlantakkan Aceh dan beberapa negara di Samudera Hindia – yang menyebabkan lebih dari 230 ribu orang tewas – juga bukan murini bencana alam.

    Diduga tsunami berkekuatan 23.000 bom atom itu sengaja diciptakan AS. Para penganut teori konspirasi mengatakan AS melakukan itu untuk mengalihkan perhatian orang dari topik Perang Irak.

    Tak ada bukti otentik yang menguatkan dalil ini, namun ternyata banyak juga orang yang mempercayainya.

    Link : Vivanews

    Keterangan gambar: Stasiun riset HAARP di Gakona, Alaska

    1. siang paman,

      semoga teori konspirasi ini tidak menimbulkan konspirasi hati yang mengakibatkan teori kemakmuran hanya sekedar statusisasi inteleksisasi kontroversi hati… xixixixi…

      btw, saya sudah berkunjung ke studio paman, tapi kommetnya belum bisa muncul, coba di check lagi di daftar commentnya, mungkin masih ada disana, thanks 🙂 …

  2. Weehh… ada tulisan baru kang Wager…. salut ulasannya.
    Penjelasan yang tepat tentang “Sesuatu” yg disebut teori konspirasi sangat pas.
    Hal yang sama bisa untuk menerangkan teori “Supranatural”.
    Hehehe….. Paman Dalbo… nyambung atau tidak… tak menjadi masalah… bila tak nyambung maka ada kambing hitam yg bisa dipegang sebagai penghubung… namanya… “missing link”…. wakkkk.

  3. Oom Wager,

    Salah satu (acungan) jempol untuk artikel ini adalah dari saya. Teori konspirasi ini sering disebut juga …teori (nya) orang malas , ya malas berpikir. Salam.

  4. antara aku, dia dan dirimu… tidaklah sama

    maka dari itu… jangan ada lagi dusta di antara kita

    Ah, mellow sekali, kayak judul lagu aja mbah *_^… xixixixi…

    met siang mbah, ini saya lagi ada di warnet, nyempetin lihat pendopo, ternyata lebih indah tampilannya, apalagi tulisan tentang teori konspirasi gunung berapi udah diedit hingga bbrp kali, jadi mbacanya juga lebih enak dan teratur.

    Met siang semuanya dan selamat beraktivitas, jangan lupa beristirahat dan selalu jaga kesehatan 🙂 ….

    1. aduh kangmas, apanya yang redup??…

      mulakne to, duwe energi ojo di obral…

      senter sana senter sini senter situ… xixixixi…

      ^_* ….

      hmmm, mbok ojo sujanan, cembokur buta…

      nggak-nggak di arani iyo-iyo…

      kono kiwo tengen duwe, kene ontang-anting dewe…

      wis.. cup..cup.. cup..

      iki tak kirimi lagunya Nyimas Nicky Astria memori love song…

      Lingkaran api cinta
      Aku terkurung sendiri
      Tak ada jalan keluar
      Dinding ini terlalu tebal untuk dihancurkan
      Aku jatuh cinta lagi .. yeah
      Ingin kuberhentikan tetapi sia-sia
      Kapan berakhir …

      Selalu ada jalan keluar
      Cintakan membimbingku
      Suara angin terdegar di kejauhan
      Di tengah keheningan menghampiriku saat sendiri
      Matahari dan rembulan
      Berkejaran ingin berpelukan

    2. @ Tele,

      Im sorry, I dont know who you are…

      but I`m sok kenal sok akrab ^_^…

      how can I left my words slip through my hand?!…

      ^_*…

      pagi tadi pas aku terbangun sekilas terngiang2 kommentku…

      I just feel tired when somebody ‘jelous’ on me as Im loving person and never betray anyone, indeed Im the one who always been hurt for all this time… and it`s obviously membuka luka lama di hatiku….

      dulu aku pernah menjalin hubungan jarak jauh dengan someone else, pada suatu ketika, dia suka cemburu buta yang enggak2, cari2 kelemahan dan kesalahan aku saja, karena aku naive dan nggak sadar bahwa itu gejala2 martandani bahwa dia udah nggak suka sama saya dan ternyata dia punya gebetan baru, ya aku coba sabar saja meyakinkan dia bahwa nggak ada orang lain selain dia di hatiku, aku selalu percaya padanya, sangking ‘berbaktinya’ saya padanya, kemanapun kaki melangkah aku bilang sama dia, bahkan mau ke belakang ke wc pun dia tahu…

      tapi ternyata…

      ahh, kurasa semua sudah tahu, bahwa cemburu itu ternyata ada 3 macamnya:

      1.cemburu karena sayang
      2.cemburu untuk kamuflase menutupi kebohongannya
      3.cemburu buta pertanda sudah tidak menghormati kita lagi

      @ simbah,

      maaf mbah ruang teori konspirasi menjadi curhat konspirasi statusisasi hatiku :mrgreen:

      mungkin nanti perlu adanya standarisasi konspirasi ya mbah… xixixixixi…

    3. @Dewi,
      Yang sudah berlalu biarlah berlalu. Yang terpenting sekarang adalah, mari kita cari ……………………pacar dan masalah baru……(***pukul kepala)

  5. Salam Kang Wager, Ning Dewi, Kang Bala(ne)dewa, Kang Nur, Kang Lesung, Kang Tele, Paman Dalbo dan semuanya.
    Mohon maap… beberapa hari absen karena sibuk renovasi hiasan dinding warung… cuma menunya belum ada yang baru.
    Betul simbah lho ning Dewi… semoga cepet dapat gebetan baru.
    Nuwun.

    1. @ Simbah,

      iya makasih mbah 🙂 …

      @ Paklik,

      renovasi warung di bumi apa di kahyangan?… maksutnya blog?… ok, segera meluncur Ndan 🙂 …

    2. Hiasan rumahnya tolong yang simpel simpel aja Komandan. Kebanyakan hiasan, nanti rumah jadi ramai, mata juling dan tamu tidak betah. Idealnya sih, hidangan yang diperbanyak, diper-enak dan tidak ditemukan di tempat lain. Kebanyakan pengunjung pakai HP jadi hiasan tidak akan terlalu berpengaruh.

  6. salam ….sejahtera buat rekan2 semua…….

    blognya makin cantik aja….@Kang wager…….

    teori konspirasi…….hehehe…..yang jelas “avatar” tau …itu….
    tanyak maa…………..avatar aja biar lebih jelas…..

    apakah …avatar ..juga ter masuk dalam kategori …”konspirasi”…..hehehehe

    met siang & met jumpa kempabali …..salam sejahtera buat semua rekan2 di blog ini…….

    ” keep smile”

    1. @ kang PNL, terima kasih dan met jumpakembali.
      Avatar? Itu sih sudah jelas konspirasi malah terbesar dalam sejarah.

    2. kalau ‘Anunnaki’ bagaimana mbah?? 🙂 …

      hebohnya pilem ini, padahal blm beredar di bioskop, sampai ada warning ‘don`t watch this movie’… mungkin ini adalah konspirasi terbesar di seluruh dunia dan akhirat serta sejagad dan planet-planet lainnya yang saling berskandal ria ingin berkopulasi dengan penduduk Bumi ^_^…

      apakah keturunan Nibiru adalah bibit Satrio Piningit….

      maksadotcom… nggak cocok di cocok-cocokin… cocokologydotcom :mrgreen:

    3. maap maap sedulur..pengen ikutan ahh… anu kang pnl…kalo teori kospiransi eh salah… anu… konpirasi… eh salah lagi hadew… maksutnya konspirasi, (kok sampe salah nulis 3 kali ya? pigimana ini kok hawanya lagi aneh saja ini..hihihi) apa teorinya itu sama dengan adu jotos antar kepala domba itu ya kang pnl? adu kepala domba 1 lawan 1, nah misal adu domba ini 1 domba lawan banyak domba, ada gak ya kang?… wkwkwk

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s