Nurani dan Radar Burung

250px-hantu-wikiPenulis: Mukidin. Tahukah Anda bahwa Radar burung kalau error sangat jarang terjadi?  Hewan, tumbuhan, manusia memiliki hal istimewa yang bernama JATI DIRI. Sangat jarang kita menemui adanya manusia yang tidak mengajui keberadaan diri pribadinya di dunia ini, dan sangat jarang pula kita mendapati adanya manusia yang terang – terangan menolak kesempatan yang diberikan kepadanya untuk terus melanjutkan menjalani kehidupan ini sebagai manusia.

Insting/naluri. Itulah radar manusia, dan radar ini jarang sekali error, walaupun manusia itu berpredikat gila secara harfiah, Radar ini masih bekerja dengan baik. Hanya kita sendirilah yang tidak membiasakan diri dengan keberadaan radar ini, sehingga kita kadangkala terjebak dalam kesulitan-kesulitan yang tidak begitu penting.

Insting/naluri manusia sudah ada sejak masih di dalam kandungan. Seiring perjalanan waktu kehidupannya, insting/naluri ini mengalami beberapa kali perubahan/pembaharuan. Ada satu kesatuan yang tidak terpisahkan antara JATIDIRI dengan INSTING/NALURI. Naluri sebagai radarnya, sedangkan Jatidiri adalah cirri utamanya.

Kita sebagai manusia kadang tidak sadar, bahwa kita telah memiliki jatidiri ini sejak lahir hingga mati, malah ada juga yang sibuk mencarinya (jatidiri ini). Banyak dari kita belum memahami, Jatidiri manusia itu sudah tergambar jelas dan tanpa ada lagi keraguan didalamnya. Jati diri ini tidak akan pernah jatuh di selokan, di bak sampah, di jalanan atau dimanapun, karena dia (jatidiri) ini menempel erat di badan. Begitu pula dengan naluri.

Naluri sebagai radar. Secara sadar, naluri akan membawa manusia ke arah mana dia harus melangkah, berbuat, berusaha, mempelajari, menguasai, dan juga mengajukan pertimbangan kepada akal/otak, juga ke nurani. Dan (sesuatu banget) kalau naluri ini error. Oleh sebab itulah mengapa saya mengatakan, radar burung kalau error sangat jarang terjadi.

Demikian dulu penjelasan saya. Sesi 2 mudah-mudahan dapat terkirim dengan segera. Kritik dan saran, saya terima dengan senyum saja, karena dari kalian juga, tambahan ilmu akan lebih memiliki makna.

Mukidin
September 20, 2013

Catatan editor : Tulisan diedit sedikit, di kalimat awal paragraf pertama. Tulisan ini di copy dari halaman komentar topik Test Keperawanan

Credit image : ja.wikipedia フクロウ


8 thoughts on “Nurani dan Radar Burung

  1. ada satu dan beberapa orang memiliki anugrah berupa kejelian memandang ke dalam suatu persoalan. Tapi kadang juga pandangan itu membuat kita bertanya, sadarkah kita ? atau sedang fly/telerkah kita ?
    matahari merambat menerangi bumi dan sekitarnya, sejauh dia bisa, dengan satu pengharapan. dia melakukan kewajibannya hingga akhir masanya. Kapankah akhir masanya ? No Dropp (tidak ada bocoran yang pasti)

    Selarik cerita di bentangkan oleh waktu dan selintas pemikiran sebuah tim, memberikan gambaran lugu, keajaiban emosi jiwa… ahhh….. seseorang yang menyunggingkan senyum tulus menendang langit. bergetar awan menurunkan badai karena larut akan hempasan hatinya….

    Tuhan….
    lindungilah kami… dari segala sesuatu yang membuatmu memalingkan wajah karena kelalaian kami.

  2. dear diary .
    Hari ini adikku si jazzy telah menyelesaikan tugasnya, menyanyikan satu single tentang harapannya di masa datang dengan penuh jiwa (penghayatan)

    Diary…
    Di sodorkannya hasil rekaman suaranya, walau masih satu lagu di dalam CD REKAMAN tersebut, aku dengarkan dengan perasaan yang bercampur aduk.
    Rasa bangga, sedih, gembira. siluet-siluet yang berkejaran berlomba untuk dicermati…
    Diary..
    aku bingung, aku sedih, aku nanar memandangnya.
    gelombang – gelombang kejut, silih berganti.

    diary
    aku bangga..
    aku takjub..
    aku menangis mendengar lantunan do’anya jiwanya di bait-bait lagunya yang di suarakan lewat perasaannya…

    janganlah takut adikku (sijazzy)
    melangkahlah maju terus tanpa henti
    rasakan kelembutan dan kelezatannya..
    selezat rasa kare spesial yang kita makan hari ini, walau itu cuma hanya mie rasa kare

  3. akan terus aku dengarkan lantunan do’amu adikku (jazzy). persembahan terindahmu untuk diriku dan teman-teman sepermainanmu…. tetaplah bersahaja adikku… mas akan tetap ada untukmu walau hanya lewat pandangan mata

    1. lagu itu cuma ilustrasi saja, lagu sebenarnya agak mirip-miriplah…. lagu ini bisa mewakili lagu yg sebenarnya,karena cd yg di berikan kepada saya tidak boleh di unggah oleh yg punya

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s