Halaman Khusus: Warung Tuak

DONGBUD LOUNGE. Halaman bebas. Ngalor ngidul membahas topik apa saja. Tuak hanyalah sekedar nama yang artinya adalah TemUlawAK, tempat ngelucu, ngibul, ngalor-ngidul yg disertai gelak dan tawa. Bagi rekan yg tetap tidak berkenan dengan pilihan kata tuak, tersedia juga halaman lain yaitu Halaman Khusus Warung Kopi. 

kopi-dongbud

separator

586 respons untuk ‘Halaman Khusus: Warung Tuak

  1. Saya berharap Mas JS segera menjadi berita yang menggembirakan dan membanggakan kita semua. JS, otodidak dari kota S, berhasil membuat sesuatu yang ,,,tidak ada duanya di dunia , dan yang amat berguna…Semoga sukses !

  2. SEKILAS INFO

    Pada header warna hitam di atas, nampak gambar karikatur acak adul seperti bikinan anak SD. Tahukah Anda bahwa itu adalah lukisan yang luar bisa mahal karya pelukis terkenal Picasso.

    Lukisan itu berjudul Guernica, dibuat tanggal 26 April 1937 pada masa perang sipil di Spanyol. Selengkapnya bisa dibaca disini.

    Bagi pengguna HP, gambar header di atas tidak terlihat, jadi silakan klik link berikut.

  3. Terima kasih utk semua rekan yg telah berkontribu- si menye-barkan pesan humanisme dan keberagaman dari blog ini baik lewat komentar, klik like, share dll. Maaf, bayarannya cuma “Terima kasih ditambah doa agar sehat doang”. Visit us on FACEBOOK. APPOLOGIZE. Mohon maaf pada semua pihak kalau ada salah kata, salah tulis, salah copy ataupun salah komentar. (dongbud)

    Oom Wagerr,

    Appologize ini Dewa Apollo atau apa sih ? (-: Kalau minta maaf bahasa … Kawinya ‘apologize’ – satu p . Dongbud kan dah sampai di seliruh dunia dan akherat, tolong di ..betulkan ejaannya . hehehehe …slumanslumunslamet

    1. Nuwun Kang Bala atas koreksinya yang kocak. Bahasa Englis saya memang payah. Dulu pernah nulis “polo me”, diketawakan. Ini mau main polo atau apaan? Wakakakk……

      DEAR ALL,
      Jangan sungkan atapun bosan mengkritik dongbud. Ini bukan blog sakral ataupun disakralkan tapi blog abal-abal. Budaya kritik atau kritis adalah bagian dari kemajuan.

  4. Visit us on FACEBOOK. APPOLOGIZE. Mohon maaf pada semua pihak kalau ada salah kata, salah tulis, salah copy ataupun salah komentar. (dongbud)

    hehehe Saya juga kurang teliti, setelah aPPologize lalu mohon maaf , bukan KALAU , tapi KARENA salah …tulis ..

    1. Kebetulan aja Kang, karena pas lagi online, jadi respon bisa cepat. Kadang kalau pas hati lagi senang, komentar juga disambung ke Hp, jadi kalau ada komentar masuk, teflon eh, telpon langsung berdering.

  5. Blog ini bisa ditemukan dengan mengetik kata kunci dongbud, dongengbudaya, blog spiritual abal-abal, Satrio Piningit abal-abal, agama cubit-cubitan atau kata kunci apa saja suka-sukanya pembaca.

    Tidak percaya? Ya coba saja……

  6. MEMBACA KOMENTAR BLOG LAIN

    Membaca komentar/diskusi di blog lain Sabdalangit, Akigendeng, dll bisa dilakukan dengan lebih mudah lewat halaman berikut.

    https://dongengbudaya.wordpress.com/link/

    Lihat menu abu-abu di sebelah kiri atau bawah

    Anda tidak perlu berkunjung ke berbagai blog hanya untuk baca komentar. Semuanya bisa dibaca dengan hanya satu klik di dongbud. Blog lain akan ditambahkan berdasarkan saran dari para warga.

  7. == Draf referensi untuk bahan tulisan ==

    Setiap Hari 69 Nyawa Melayang di Jalan Raya Indonesia
    Rabu, 4 Februari 2015 | 17:20 WIB

    Jakarta, KompasOtomotif
    – Data memprihatinkan diungkap dalam diskusi keselamatan berkendara yang digelar Rifat Drive Labs di Jakarta, Rabu (4/2/2015). Dijelaskan, kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia setelah penyakit jantung/stroke dan TBC (tuberculosis).

    Chief Instructor Rifat Drive Labs Nugroho Respati membeberkan data yang diambil dari kepolisian, Indonesia berada di peringkat kelima dunia sebagai negara dengan tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi. “Ada 1,2 juta korban jiwa pada 2014 di seluruh dunia,” kata Yoyok panggilan akrab Nugroho.

    Di Indonesia pada 2014, populasi mobil bertambah sekitar 1,2 juta unit dan lebih dari 7 juta unit sepeda motor, kebanyakan kendaraan baru ini beredar di Jakarta dan sekitarnya. Bila dihitung rata-rata, kata Yoyok, setiap jam terjadi 12 kecelakaan lalu lintas yang merebut setidaknya tiga korban jiwa. Setiap hari 69 nyawa melayang di jalan raya.

    2013

    Dua tahun lalu diperkirakan 11 juta mobil beredar di seluruh Tanah Air, naik delapan juta dibanding 2000. Sementara itu kendaraan paling banyak tetap sepeda motor, naik 13 juta unit dari 2000 menjadi 84 juta unit pada 2013.

    “Kecelakaan paling tinggi melibatkan roda dua. Korban yang berjatuhan di usia produktif antara 15 – 20 tahun,” ungkap Yoyok.

    1. Kreasi, inovasi, saints,farmasi, teknologi dan hal hal gila lainnya memiliki tujuan yang sama yaitu menjadikan sesuatu yang lebih baik, lebih cepat, lebih bermanfaat, lebih kuat, dan lebih dan lebih dan lebih dan seterusnya.

      Harus kita sadari bahwa segala hal yang dibuat / penemuan baru / terobosan baru dan lain lain tidak hanya membawa dampak positif saja, akan tetapi membawa dampak negatif sebagai bayaran atas manfaat itu. Jangankan dalam hal yang kongkrit / nyata, dalam hal solusi / jalan keluar / kebijakan terbaik saja pasti memberi dampak positif dan negatif, namun umumnya dalam pengambilan keputusannya mengorbankan yang minoritas untuk kepentingan mayoritas / jauh lebih besar.

      Segala sesuatu yang bukan dari alam secara alami maka dibutuhkan keahlian, pemahaman, penguasaan diri,kehati hatian, kesadaran dan tanggung jawab.Coba kita bayangkan bila ada anak kecil sedang bermain listrik tanpa pantauan orang tua, orang yang sedang marah membawa 1 botol bensin/ sebilah pisau, sebilah golok, sepucuk senjata api, bom dll, atau seorang pengemudi, supir, marsinis , pilotyang sedang galau/sedih/ marah, putus cinta dll membawa kendaraannnya. Terlalu banyak hal yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

      Dalam perjalanannya manusia membuat aturan, undang undang, inovasi, safety yang terus dan terus dikembangkan dengan tujuan meminimalisil efek kerugian dari sebuah inovasi. Apakah sudah cukup??? Segala hal yang dibuat tidak akan bedampak besar / kesia siaan bila tidak diimplematisakan oleh seluruh pengguna inovasi tersebut.

      Kendaraan bermotor baik sepeda motor, mobil, kereta, pesawat,dan lain lain bagai sebuah bom yang dipasang namun tidak tahu kapan meledaknya….karena ada banyak aspek yang mempegaruhi waktu itu tiba, sperti pengendara, pengendara lawan, infrastruktur, dll.

      Namun ada masalah yang cukup besar akan tetapi disepelekan bahkan dianggap bukan masalah. Contoh mudahnya adalah makanan, bisakah anda mendapatkan makanan yang tidak memiliki kandungan kimia? saya rasa sangat sulit, bahkan untuk saya yang penganut vegan tidak mudah membuat pola makanan yang sehat bila menu yang ditawarkan dianggap tidak sehat.

      Kandungan kandungan kimia dalam sumber makanan dianggap wajar bila dalam takaran tertentu dan dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu. Lalu siapa yang bisa menjamin tentang statement itu? Bukankah setiap manusia mempunyai keunikan dan perbedaan antara yang satu dengan yang lain, itu juga termasuk dalam ketahanan / kekebalan tubuh. Hampir seluruh lapisan masyarakat berkontak dengan zat zat ini, tidak seperti kecelakaan lalin, Aids, Tbc dll yang dipengaruhi waktu dan tempat.

      MSG, salah satu contoh kandungan sakti hampir terkandung disetiap makanan…..banyak penderita penyakit kronis, dan kanker salah satunya untuk mengurangi / melarang pasiennya mengkonsumsi bahan yang mengandung bahan sakti ini. Lalu mengapa tidak dihentikan / ditiadakan saja???? Kata kunci dalam persoalan ini hanyalah ekonomi. Tidak bisa terbantahkan segala hal yang terjadi semua akan kembali ke “uang”.

      Mohon maaf bila reply tidak sesuai tulisan di atas, ini hanya bentuk berbagi pendapat saja. Karena segala hal hal yang kecil yang secara awam dianggap sepele sesungguhnya berakibat sangat besar. Seperti sampah plastik “dibutuhkan waktu 50thn untuk mengurai sampah ini secara alami, belum mikro pengurai pun terkena dampak dari sampah ini”, bahan bahan kimia MSG, pewarna, pemanis, pengharum dll banyak memicu dan penyakit penyakit kronis, belum polusi udara bisa menyebabkan penyakit ringan sampai berat. dlll

      Yang ingin saya sampaikan hanyalah sekedar berbagi bahwa kurangilah makanan makanan pabrikan, pintar dalam mengunakan plastik, gunakan hari dengan bermafaat. Masalah maut serahkan dengan Yang Memberi, namun hidup sehat adalah anugerah terindah selain hidup itu sendiri. ” bukan maut yang harus ditakuti, tetapi tidak merasakan hidup sesungguhnya itu lebih menakutkan”

      Salam sehat untuk semua, Gbu all

  8. Dari 10 topik populer di blog dongbud, topik dunia gaib dan Satrio Piningit selalu menempati urutan 10 besar. Apakah ini artinya blog dongbud identik dengan blog ramalan atau dunia gaib?

    Sepertinya jawabannya adalah ya, karena sebagian rekan yang berkunjung kesini juga adalah pengunjung tetap dari blog akigendeng, sabdalangit dan sejenisnya yang notabene topik bahasannya adalah seputar topik di atas.

    1. Ini mungkin ciri …khas orang Nusantara – ndak terpisahkan dari dunia …gaib , dan selalu merindukan datangnya SP – Ratu Adil ? Konon, Nusantara memang …istimewa dari sudut …gaib, percaya tidak percaya. Cuma, bagi yang tidak pernah …melihat/mengalami sendiri kedengarannya cuma …mbelgedes …(-: Makanya, orang ampuh seperti Mas js sering sungkan bercerita …tiwas mumet dan ndak ada rupiah/euronya, kata beliau …

    2. Cerita dan mungkin juga ilmu per-gaiban memang melimpah di negeri ini. Peminatnya juga membludak. Di dunia maya ada blog khusus yang membahas tentang ilmu gaib yaitu kampuswongalus. Saya tahunya juga dari Kang ABR. Hanya bisa tercengang membacanya.

      Andai bisa dibikin sekolah khusus atau sekolah tinggi semacam sekolah Harry Potter, pasti mencengangkan. Sampai saat ini tidak ada sokolah dunia gaib yang modern. Itu artinya ya memang seperti kata Kang Js, tidak bisa jadi duit atau malah bisa-bisa dituduh sinting.

    3. Dunia gaib nampaknya memang tidak ada hubungannya dengan duit. Ada kekecualian. Contohnya : thuyul dan yang semacamnya, yang, konon, memang untuk mencari duit.

      Sekolah adalah untuk ilmu2 positif – matematika,fisika,bahasa,dll. Sekolah Harry Potter itu ya memang adanya di buku2 Harry Potter. Gaib : Susah di …diskusikan atau dianalisa secara ilmiah. Makanya, Mas js agak segan mendiskusikannya. ‘Tiwas mumet’ , kata beliau (-:

      Mata pelajaran matematika, kimia, dan fisika adalah matapelajaran2 yang …kurang saya pahami …Zaman SMA dulu saya ndak lulus kimia dan fisika … Gaib : nampaknya lebih njlimet …)-: Dibutuhkan bakat atau mungkin juga ‘gift’ – pembawaan ?

      Tiwas mumet …

    4. Cerita tentang tuyul cukup menarik bagi saya. Apakah benaran ada? Apakah cerita ini cuma ada d Jawa saja? Dan yang lebih menarik lagi, apakah tuyul juga tahu membedakan uang asing?

      Duh, kalau tuyul pintar, tahu euro, dollar atau yen, maka tuyul bisa dijadikan komoditas ekspor.

  9. Kaget, giriang serta menangis meneteskan air liur eh… air mata melihat status di halaman pesbok milik sahabat Arya Surya Dadu. Awalnya sempat bingung sejenak, lha ini foto apaan koq sepertinya akrab di mata. Berikut potonya:

    Terima kasih saudaraku.

    Rekan lain juga tetap terima kasih. Ditengok, diintip atau disoraki juga sudah syukur.

    1. Hmmm komentar terlambat, Bandingkan dengan yang di bawah ini .

      Bisnis.com, JAKARTA–National Traffic Management Center (NTMC) Polri melaporkan kronologi tabrakan maut di jalan tol Jagorawi Minggu (8/9/2013) dinihari yang menelan 6 korban tewas dan 9 orang luka-luka, termasuk Dul putra musisi Ahmad Dhani, sebagai berikut: ….

      Anak musisi Ahmad Dhani itu baru berusia …EMPAT BELAS tahun ! Indonesia terlalu …maju ?? )-

      Bandingkan dengan yang ini : Trenyuh, Bocah 6 Tahun Rawat Ibunya yang Buta dan Kakaknya yang Gangguan Mental (www,kompas.com)
      Anak berumur ENAM tahun harus merawat ibunya yang buta dan kakaknya …

      Satu , tidak begitu kecil ,anak orang kaya dan sempat membuat enam orang mati … Satunya ? Enam tahun …Seperti siang dan malam ya ? …)-:

    1. Banyak rakyat Indonesia yang merindukan…Ratu Adil…Amat sangat mungkin RA berhubungan dengan SP, jadi wajar saja kalau topik ini yang paling laris ! Hidup ini kadang kan …susah…Nah, untuk sejenak melupakan kesusahan hidup ini , apa salahnya mendiskusikan SP ??

      Bangsa Jepang pandai memproduksi ini itu. Bangsa Jerman juga,malah mungkin lebih …ahli. Apa salahnya kita , bangsa Indonesia ahli …mengothak-athik kedatangan SP ? Nanti kalau sudah …saatnya, kita bangsa Indonesia akan menjadi …,apa itu . mercusuar dunia. Dalam hidup yang sering susah kita tetap harus optimis ! (-:

    2. Pendapat yang menarik dari Kang,

      Saat pertama nulis SP saya beranggapan ini akan menjadi topik pertama sekaligus terakhir. Eh, ternyata sambutan cukup meriah dan akhirnya disusul seri ke 2, 3 dst, sehingga akhirnya saya merasa perlu membuatkan katagori tersendiri utk SP.

      Masih ada 2 tulisan SP lagi yang ada di kepala saya. Tentu saja semuanya ditulis dengan gaya abal-abal dan tdk lupa menyisipkan pesan persis seperti opini Akang yaitu pemimpin itu harus digembleng dididik dan diregenerasikan.

      Pemimpin besar bisa jadi dilahirkan, namun tidak akan lahir setiap tahun. Pemimpin wafat maka negeri akan kacau. Nah, dengan proses pendidikan maka pemimpin akan dilahirkan terus menerus. Contohnya ya seperti di negara yang lebih mapan.

      salam

    3. Re gaya abal2 : Ini jurus jitu bin pinter. Kalau benar abal2,kan cuma abal2 ?! (-: Cuma, dari yang abal2 ini kadang muncul yang …berisi. Beda dengan yang sering mengku BUKAN abal2, malah katanya dari bisikan malaikat atau Tuhan sendiri , tapi nyatanya …mbelgedes …

      Re Pemimpin besar : Nusantara pernah memiliki zaman keemasan , Majapahit dibawah Hayam Wuruk dan Gajah Mada. Semoga kita bisa belajar supaya selalu ada Hayam Wuruk dan Gajah Mada …

      salam mbel,abal2 …

  10. MODERASI KOMENTAR, PERLU ATAU TIDAK ?

    Para Rekan Warga Abal2 yang saya hormati,

    Saya Wager sebagai salah satu admin dan mederator ingin sedikit curhat dan juga mohon masukan tentang blog abal2 ini, bagaimana sebaiknya, apakah komentar harus dimoderasi dst.

    Kalau dari philosophy blog ini, dari awal memang sudah abal2. Salah satunya adalah membebaskan para pembacanya (saya menyebutnya dengan istilah warga) memposting komentar ataupun tulisan.

    Warga bahkan bebas untuk mengkritik Admin atau moderator, mendebat tulisannya atau memberikan opini berbeda. Walaupun ini adalah blog agama/spiritual, walaupun saya percaya Tuhan namun atheis, komunis, setan atau kuntilanak tetap akan diterima dan dianggap sebagai keluarga di blog ini. Inilah ciri khas dari blog abal2.

    Saya mencoba untuk belajar dan menemukan hal positif dari kuntilanak dan sayapun berharap setan dan kuntilanak bisa belajar dari rekan lain. Saya inginnya, blog ini adalah rumah bagi banyak orang dan perbedaan bukanlah halangan untuk berkumpul. Hidup di masyarakat atau bernegara adalah sama saja, berkumpul dalam perbedaan.

    Apakah ini artinya saya bisa bebas berkomentar apa saja seenak udel? Silakan dibaca-baca halaman ABOUT US. https://dongengbudaya.wordpress.com/about-us/

    Kritik tidak sama dengan memaki dan hidup di komunitas malingpun pasti ada batasan atau tata-tertibnya. Ini adalah pilar penting dari suatu komunitas, masyarakat ataupun negara yaitu setiap orang harus belajar untuk tetib atau mematuhi aturan :
    https://dongengbudaya.wordpress.com/tata-tertib/

    Jadi bagaimana sebaiknya, apakah komentar harus moderasi?

    Semuanya kembali ke diri masing masing. Saya pribadi tidak akan banyak membatasi, tapi kalau banyak warga yang menginginkan komentar dimoderasi atau diketatkan ya saya ngikut saja. Tinggal saya aktifkan peran moderator dan admin lain. Cuma ndak tahu juga, admin2 seperti Kang O-O orangnya setali tiga uang, tidak tegaan seperti saya. Kalau setan, gundorwo dan kuntilanak dilarang kesini, nanti mereka main kemana? Kasihan juga kalau ditendang dimana-mana.

    Namun sebagai jalan tengah, beberapa kata kunci jorok, porno, judi, makian dll sudah diketatkan dan akan dimasukkan katagori spam.

    SEMUA ORANG HARUS BELAJAR MEMODERASI DIRINYA SENDIRI

    Demikian sekilas curhat di akhir pekan.

    salam abal-abal
    wager

    1. Sdr Wage Raharjo, saudara sekalian,

      Blog ini adalah blog abal2. Tapi, ini tidak berarti tidak ada …aturan main. Komentar2 dan kata2 yang tidak sepatutnya diucapkan di tempat umum sebaiknya juga …tidak dimunculkan di blog atau di …potong. Standar orang lain2, tapi standar umum biasanya …sama kalau tidak serupa.

      Di media tulis umumnya ada moderasi. Di koran Kompas ,Tempo, Merdeka atau Suara Merdeka misalnya, bahasa yang digunakan dan …dibolehkan adalah bahasa yang …sopan.

      Dalam lalu lintas umum ada rambu2 / lampu2 lalu lintas – merah,hijau,kuning – untuk mengatur lalu lintas supaya tidak terjadi …kecelakaan. Kalau diserahkan saja pada pengguna jalan -mobil,sepeda,sepeda motor,pejalan kaki – wah, pasti akan terjadi banyak kecelakaan !

      Pengelola blog ini berniat baik : membuat hati pembaca …senang dan syukur2 tercerahkan. Tanpa moderasi , niat ini mungkin sekali akan …terhambat .

      Salam persahabatan .

      Reply wager : Mutur nuwun utk Kang Bala

  11. Jempol Kang Wager 🙂
    “Semua orang harus belajar memoderasi dirinya sendiri”.

    Hehehe… akang benar-benar tahu jerohan saya 🙂

  12. TAHUKAH ANDA ?

    Menampilkan gambar / photo pada komentar

    Mungkin banyak rekan yg belum tahu bahwa komentar di blog abal2 (atau blog wordpress) bisa menampilkan photo / image. Tentu saja, secara umum, fasilitas ini tidak diperlukan, namun untuk komentar2 khusus seperti komentar di halaman diary, menawarkan barang, saran gambar utk artikel dll, photo mungkin diperlukan.
    
    CARANYA PASANG : 
    - Simpan gambar / foto di blog, tweeter, picassa, flicker dll
    - Klik kanan dan copy image URL
    - paste di kolom komentar. Kalau muncul link dengan akhiran jpg atau jpeg maka caranya sudah benar.
    - Klik post comments. selesai
    
    Khusus utk facebook, foto tidak bisa ditampikan
    
    Untuk menghindari upload yang lama, maka disarankan ukuran gambar yang relatif kecil yaitu sekitar 350 px panjang atau lebar.
    
    Untuk menghindari FOTO SPAM, foto porno dll, maka semua komentar yg menampilkan foto / gambar / image akan dimoderasi, disaring sebelum tayang.
    
    salam
    1. Lha iya, Oom, nek ndak ada …eh hem, moderasi weh …ndak kebayangkan blog mbel ini jadi apa ! Situs …porno ? Situs maki2an ,situs bahasa toilet …(-:

  13. Yoiiii
    Segala “S A M P A H” dibiarkan trronggok tidak sedap dipandang mata neh.
    Katanya menjunjung tinggi budaya santun
    Ayo admin kerja bakti beresin sampah yang masih menggantung
    Kalau perlu si empunya sampah di CUT saja
    Maki balas maki. Jorok balas jorok
    Abal abal balas abal abal
    Kebablasan sudah. Pakem abal abal jd meluas tak tentu arah
    Sekedar urun suara
    Merdeka!!

  14.    
    Warga blog abal2 yang budiman,
    
    Selamat pagi dan terima kasih atas semua saran, kepedulian dan kebersamaannya. 
    
    Blog abal2 adalah rumah bersama. Layaknya rumah, setiap warganya wajib menjaga kebersihan rumah agar nyaman dan enak ditempati. 
    
    Blog ini mencoba untuk "berbaik hati" dengan menyediakan tempat sampah, fasilitas yang mungkin tidak ada di blog lain. Idealnya sih, sampah ditinggal di rumah, bukan dibawa dan dibuang di padepokan. Namun blog ini berusaha akomodatif alias masih dibenarkan. Nah, bukankah ini artinya rumah ini sangat menyenangkan, tidak serba dilarang? Jadi gunakanlah kebebasan dengan baik sesuai tempatnya.
    
    Bahasa menunjukkan bangsa. Jadi mari kita bangkit membangun bangsa yang salah satunya dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu belajar berbahasa.
    
    salam
    
  15. Kepada Mbah Wage dan sadayana, bolehkah usul untuk diberikan tempat tambahan untuk mengakomodir mereka yang merasa, mulai, sedang, atau benar benar gila itu. Yang saya maksudkan agar memberi tambahan warna dalam blog ini, saya berharap ada tambahan/ruang untuk tulisan humor. Gila plus nyengir plus ketawa plus nangis nangis gak jelas tuh satu paket, dalam humor itu terkandung obat jadi sakit lebih cepat. Seperti Gus Dur yang selalu dinanti jokenya oleh para umat, seperti itu juga mbah Wage dan para moderator lainnya yang selalu ditunggu tulisannya oleh para tamu. terimakasih

    1. Sudah dibuatkan Kang. Nuwun atas usulannya.

      Masak sih ada orang yang mau nunggu tulisan abal2 saya? Setahu saya, orang yang selalu nunggu dan bahkan ngejar-ngejar saya hanyalah tukang kredit doang.

  16. Terkadang saya heran dan tidak habis pikir, koq blog ini bisa ada pengunjungnya ya? Bukankah ini blog abal2 dan juga SESAT ? Ada warning atau peringatannya juga. Apakah warga di blog ini tidak khawatir akan menjadi sesat atau ketularan sesat?

    1. Kulonuwuuun…..,
      Kepada para pinisepuh, para winasis waskita, dan khususnya yang punya Warung Kang Wage R, Kang O-O, Kang Cahyo DC, Kang Bala(ne)dewa, Kang Mentik Sebutirilmu, Kang Krishna, Kang Lesungpipi3t, Kang Tester, Kang Nurkahuripan,Kang JS, Kang Pengamat dan para sedulur semua @ …
      Salam sejahtra & salam mbelgedez …….

      @Kang Wager…., justru Kang…., orang yg tertarik kesini Padepokan Mbelgedez (Blog Dongbud) krn selain filosofi kumpul dlm guyub & guyon dgn Humanis & Faunis yg bermanfaat…., tanpa tendensi…., pun tdk ada pencitraan…. (wong tdk di gaji…), walaupun….. ini Padepokan Mbelgedez (Blog Dongeng Budaya -Abal2), mereka pun tdk melihat kulit/luar/atribut, ttp….. melihat isi.

      Di Zaman Anomali (Zaman Kalabendu) ini adalah Wolak walik zaman, yg merasa waras, ternyata….. tindakannya (maaf… gila..! pun hipokrit…..), EGO-nya yg dikedepankan & NAFS-nya yg dijalankan, kalaupun janjinya ditepati…., tdk dilakukan dgn ketulusan , ttp ada tendensi & pencitraan, sedangkan….. yang merasa “gila,” justru tindakannya waras, tanpa tendensi dgn ketulusan, menjalankan kodratnya, bahkan….. bermanfaat.

      Kita lihat aja, alam bereaksi….. (pun makhluk ciptaan Tuhan dari dimensi lain…), jangan lupa peringatan itu datangnya pada waktu “orang lengah”.
      Oleh krn itu bersahabatlah dgn alam, serta tunduk & patuhlah kepada Yang MembuatNYA.

      Sukses slalu, rahayu…..

  17. Saya sebetulnya sangat suka dengan gambar atau image wayang, namun untuk menjaga agar blog abal2 sedikit lebih netral, lebih universal atau tidak javasentris maka gambar wayang sebagi latar terkadang secara periodik saya rotasi dengan image lain.

    Terkadang ingin juga pasang gambar lain dari budaya nusantara tapi belum menemukan gambar yang bagus. Terkadang ada foto bagus tapi saya harus hati2 juga dengan masalah copyright. Maklum, gambar depan khan ukurannya lumayan besar, kemudian akan ditutupi lagi dengan nama blog yg lumayan besar. Kalau yang punya foto lihat, bisa ngamuk orangnya.

    Sialnya lagi, blog ini mengusung motto blog abal2. Waduh, bisa2 dilaporkan ke polisi. Udah nulis blog ndak dapat duit, dipenjara lagi.

    *status komentar kagak jelas

    1. Segala yang terjadi selalu memberi makna dan hikmah di dalamnya. Dengan banyak peristiwa harusnya kita lebih menghargai setiap detik kesempatan yang diberikan Sang Ilahi kepada kita agar diisi dengan hal hal yang baik dan bukan kesia-siaan apalg dengan keburukan. Semoga Indonesia dihindari dari segala bencana, amen

  18. Selamat pagi , salam hormat ,, salam damai dan rahayu…he he he tidak lupa dengan salam khas rumah ini….salam mbelgedes….he he…

    Hidup ini seperti mimpi rasanya , seperti bangun tidur..waktu begitu sangat cepat tidak terasa ….

    Hari hari kemarin yang telah kita lalui telah menghasilkan kenangan , meninggalkan bekas , ada cerita gembira dan susah dan yang jelas hidup adalah perjuangan , menjaga dan memelihara hidup dengan cara yang bermacam dan semoga kita semua adalah manusia yang benar dan lurus dalam hidup an menjaganya….

    Dulu ketika kita masih kecil , hidup bersama Bapak Ibu dan saudara kandung , bagaimana rasanya, bagaimana suasananya , pasti kita semua masih sangat ingat…

    Bagaimana rasanya ketika Ibu Bapak sudah berpulang atau bagaimana ketika para saudara kita pergi dan hidup bersama pasangan hidup / berkeluarga …

    Waktu begitu cepat berlalu dan tidak terasa saya sudah berumur 55 tahun , 3 anak saya sudah besar , wajah dan kulit saya dan istri sudah mulai keriput kisut , sudah beruban , berjalanpun sudah tidak setegap dan selincah puluhan tahun lalu…he he….sudah bau tanah kata orang orang ketika berkelakar…..

    1. Selamat pagi Pakdhe Js, salam sejahtera..
      Hidup itu seperti mimpi, kadang indah kadang buruk, ada juga yg membutuhkan pemaknaan dan perenungan, untuk melanjutkan hidup.. Pakdhe salah seorang yg saya kagumi, Walaupun jatuh tp tetap bangkit, tak pernah menyerah pada keadaan, dan terus berkarya. Semangat Pakdhe Js luar biasa :), oh iya Pakdhe saya minta doa panjengan untuk saya, agar perjuangan yg saya lakukan diberi kelancaran olehNya.

      ini ada joke mbel dari iklan rokok,
      “bangun tidur ku terus mimpi”

      Rahayu..

    2. Salam rahayu dan damai… Mas lesung Pipit…

      oh iya Pakdhe saya minta doa panjengan untuk saya, agar perjuangan yg saya lakukan diberi kelancaran olehNya.

      *********** *************** ************** ************ ************** *************
      Walaah Mas , saya ini tidak pandai berdoa dalam lesan atau ucapan , doa saya selalu dihati dan sebagai suatu niat yang harus saya kerjakan , sayaa ikhtiarkan….

      Iyaa , saya berdoa kepaada Tuhan kita untuk Njenengan , semoga yang sudah dan sedang diperjuangkan Mas Lesung tercapai dan sukses…..AMIN.

  19. Berbahagiakah kami dalam hidup ??….iya,,kami sangat bahagia dan bersukur , puji Tuhan….

    Banyak rintangan telah kami lalui , dengan tawa atau dengan air mata , dengan dan mendapat umpatan, teguran atau dengan pujian dan penghormatan…ha ha ha begitulah warna warni kehidupan….hidup yang harus maju terus , harus berani menghadapi masalah dan tugas baru , berani menyelesaikan dengan cara baik dan benar dan tidak ” tinggal gelanggang colong playu ” , lari dari tanggung jawab , menjadi manusia kerdil dan terhina di depan Tuhan dan manusia yang kita kenal atau mengenal kita… …..

    Maaf Mbah pagi pagi sudah ngomong tidak karuan…..

    Saya hanya ingin menyampaikan suatu rasa atau banyak rasa….
    Menyampaikan bahwa taahun ini adalah tahun khusus , dimana tahun ini saya akan MANTU , menikahnya anak saya laki laki yang sulung ……

    Tahun ini juga , anak wedok juga akan lulus kuliah ITS KIMIA…

    Tahun ini JS telah bangkit lagi , kembali ketempat awal dengan produk baru , ingin anak buah JS yang telah 3 tahun ini berpisah bisa berkumpul kembali…..ada harapan baru , semangat baru , rekanan baru…..

    Tugas JS telah terlihat jelas didepan mata , semua itu harus diselesaikan dengan perlahan tapi pasti , dengan cara rasa dan cita cita yang benar , demi masyarakat atau negeri ini , demi cinta Tanah Air , Negeri ini….

  20. Konon , menurut kabar bahwa JS akan meninggal di tahun xx , sudah sangat cukup bagi saya , masih bisa momong cucu dan bisa bermain dengan mereka , saya bisa menjadi anak kecil lagi , menemani mereka….

    Sisa waktu ini JS masih ada waktu untuk mewujudkan semua yang ada dalam benak saya , berkreatif , bisa sumbangsih kepada masyarakat luas , dengan ilmu kami yang sedikit tapi sangat bermanfaat….

    Lembaran halaman kehidupan yang sangat penting sedang dibuka dan dibaca , lalu dikerjakan , bisa sendiri atau dibantu beberapa teman atau kerabat , demi menyelesaikan tugas kehidupan , hidup manfaat demi diri pribadi , keluarga dan masyarakat…..

    Mohon doa sedoyo seulur , pinisepuh….semoga semuanya bisa berjalan mulus dan hanya sedikit rintangan yang tidak berarti…. .

    Terima kasih , salam rahayu……Nuwun

  21. Selamat Pagi,
    Salam utk Kang JS, Kang Cahyo, Kang TAPAA, Kang Balane, Kang Pejalan, Kang BB, Bidadari Bertanduk dan semua rekan lain. Salam mbelgedez.

    Waktu terasa berjalan begitu cepat, namun gajian, waktu terasa begitu lambat. Tanpa terasa sebulan telah berlalu, dan sudah memasuki minggu ke dua. Lha, tulisan barunya mana? Sebagian warga, pembaca, pengintip mungkin sudah bosan bolak balik cuma disugughi kopi basi.

    Mohon sedikit sabar, mbah masih ada di luar kota, belum sempat mempublish tulisan. Berharap paling lambat besok sudah normal kembali. Namun, ah…… siapa juga yang butuh tulisan baru? Ini khan cuma blog abal2. Ada tulisan baru ataupun tidak, kagak ngaruh.

    salam

    1. Salam Kang JS.
      Entah kenapa saya jadi merenung sedih, senang dan merenungi diri membaca tulisan tulisan Akang di atas.

    2. Salam damai Mbah ….

      Soal renung merenung , waah , saya cukup sering . merenung karena bingung belum bisa bayar hutang….he he….tapi saya selalu semangat , maju terus pantang mundur….

      Semoga si Mbah , selalu sehat sejahtera…Amin

    3. salam kepada semua rekan _/I\_…

      selamat kepada pak JS yang akan ngunduh mantu tahun ini

      sama mbah, saya kadang juga termenung-menung geli habis baca curhat poro pinisepuh, habis ngebahas power eh sekarang ngebahas hutang yang selalu piningit …

  22. Kalau anda melihat Avatar ijo-ijo seperti ini :

    berarti komentar ditulis tanpa mencantumkan mail (surel). Di blog abal2, komentar tanpa mail atau bahkan nama sekalipun sama sekali TIDAK dilarang. Tentu saja nantinya akan ada banyak avatar yg sama berseliweran tidak jelas junturungnya siapa orangnya.

    Membingungkan? Ya, tentu saja. Namun mau apa lagi, namanya juga blog abal2……
    Harus pakai mail !!! Tapi diakali pakai mail palsu ya akhirnya sama saja…….

    Komentarlah dgn hati senang

    1. Hehehe, tanpa , eh hem, moderasi, blog manapun ndak akan bedanya dengan , eh hem lagi, tong sampah ! (-:

    1. Mana? cuma 3 doang.

      Foto diambil dari kiri,Utk menghemat bedak, yg dirias cuma bagian kiri doang, jadi sebelah kanan ndak ada tanduknya.

  23. Kalau dibandingkan dengan blog-blog raksasa dengan omzet jutaan, eh maksudnya traffic pengunjung jutaan, dongbud jelas tidak apa-apanya. Bahkan kalau dibandingkan dengan Sabdewi sekalipun, dongbud masih kalah telak.

    Tapi kalau dari sisi ke-aktifannya, baik diskusi para warga ataupun brojolan tulisan baru, dongbud sepertinya masih bisa mengimbangi. Tentu saja perbandingan ini dilakukan dengan mengabaikana sisi kualitas.

    Lha, maklum aja, khan blog abal2, jadi kualitas ndak penting2 amat.

    * komentar sambil minum wine cap orang tua

  24. Ikaln dongbud :

    Dongeng Budaya adalah blog SESAT, komunitas tempat kumpul orang2 gendeng, suka senyum sendiri, setengah gila atau setengah gosong.

    Waspadalah, jangan mudah percaya dan terperdaya. Berpikirlah, gunakan nurani dan logika bukan emosi dan kacamata kuda.

  25. Soponyono, Tokoh Hindu Tengger yang Turut Menggagas Berdirinya Musala di Gunung Bromo

    Wisatawan muslim yang tengah mengunjungi Gunung Bromo kini tak perlu khawatir untuk beribadah. Sebab, kini di objek wisata pegunungan itu telah ada musala. Menariknya, yang berinisiatif membuat tempat ibadah tersebut adalah salah seorang tokoh Hindu Tengger.

    PAGI itu (23/5) langit masih gelap. Waktu baru menunjuk pukul 03.00. Menjelang subuh. Namun, sudah banyak pengunjung, wisatawan domestik dan mancanegara, yang berjubel di bukit penanjakan di Gunung Bromo untuk satu tujuan, melihat matahari terbit (sunrise).

    Para wisatawan rela berjam-jam menunggu momen indah di salah satu objek wisata unggulan Jawa Timur itu. Gunung Bromo mempunyai ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut. Lokasinya berada di empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang.

    Hanya, para wisatawan muslim, karena momen melihat keindahan ciptaan Tuhan itu, sering kali harus meninggalkan kewajiban salat Subuh. Sebab, tiadak ada sarana untuk beribadah di kawasan gunung berapi tersebut. Maklum, sebagian besar penduduk Bromo, yakni suku Tengger, adalah pemeluk agama Hindu. Dengan demikian, tempat ibadah yang ada umumnya untuk peribadatan warga suku Tengger.

    Namun, keluhan para wisatawan muslim itu lama-kelamaan ternyata ’’menggelisahkan’’ tokoh Tengger Soponyono. Maka, berkat inisiatifnya yang tulus, kini berdiri musala satu-satunya di Bromo. Wisatawan muslim pun tak punya alasan untuk tidak menjalankan ibadah salat wajib ketika berada di penanjakan Bromo untuk melihat matahari terbit.

    ’’Ya, kira-kira 100 meter di bawah penanjakan tempat wisatawan melihat matahari terbit,’’ ujar Soponyono.

    Selengkapnya klik disini :

    http://www.jawapos.com/baca/artikel/18341/ikut-gelisah-mendengar-keluhan-wisatawan-muslim

  26. Ini berita benaran atau dagelan?

    “10 Turis Telanjang di Gunung Kinabalu Pemicu Gempa Bumi”

    KUNDASANG, KOMPAS.com – Tan Sri Joseph Pairin Kitingan, Wakil Menteri Besar Negara Bagian Sabah, Malaysia menuding 10 turis Eropa sebagai penyebab terjadinya gempa bumi berkekuatan 6.0 skala richter di Sabah, Jumat sore (5/6/2015).

    Straits Times yang melansir berita ini menyebutkan, Kitingan menegaskan gempa bumi yang baru melanda merupakan akibat dari ulah 10 turis yang telanjang menuju di puncak Gunung Kinabalu, tanggal 30 Mei lalu.

    Link Foto

    Link sumber berita
    http://internasional.kompas.com/read/2015/06/06/17151981/.10.Turis.Telanjang.di.Gunung.Kinabalu.Pemicu.Gempa.Bumi.

    Tapi kadang beda orang, beda latar, beda kepercayaan, beda pendapat. Andai terjadi di gunung Agung Bali, Semeru dll bisa jadi kasusnya akan sama. Tapi kalau di Papua atau pada suku primitif zaman dulu, yang tiap hari telanjang dada ya ceritanya mungkin lain. Tidak mungkin tiap hari ada gempa khan?

    Kalau ulama, tokoh agama atau orang religius yang melontarkan pendapat tsb, ya bisa dimaklumi. Tapi kalau akademisi, pejabat pemerintah yang melontarkan pendapat ya jadi rada aneh. Tapi kalau pejabat negeri agama, akademisi sekolah agama? Duh, jadi pusing sendiri.

    Entahlah, walau gagal paham, tetap mencoba utk menghormati.

    1. @salam Mbelgedez’Lover
      @simbah Wager
      Disini kadang saya merasa sedih …..wakakakak
      Menurut saya baik itu yang ngomong Tokoh agama, pejabat, akademisi sama saja mbah tetep aja Mbelgedez.
      Virus Goblokisasi memang mempunyai efek macam-macam

      Salam

  27. Oom Wager,

    Ini ada lagi catatan pinggir dari Pakde Goen yang ampuh itu. Tolong dipindah di kolom ‘orang gila’ kalau ndak pas disini. (terserah Oom Wager) Menurut saya ini satu ‘bacaan wajib’ kecil untuk kalangan pecinta mbelgedes – mbel lovers, kata Mas Cahyo.

    Save Ahok, eh, save Dongbud from extremists ding.

    om mani peme hung, slumanslumunslametslumanslumunslametslametsegaliwet (-:

    http://goenawanmohamad.com/2015/06/11/pyadasi/#more-1106

    —–posted by wage—-
    komentar pindahan dari halaman lain

  28. Semedi : Untuk orang zaman dulu kala supaya bisa …sekti mandraguna. Sekarang ? Ndak ada waktu. Sekti mandraguna pun juga akan kalah sama …bedil. Gantinya ? Meditasi. Bukan supaya sekti, cukup untuk tenang di hati, dan keseha-hahaha-tan . Juga untuk mengontrol …kegilaan yang semangkin menjadi-jadi …(-:
    —————————————————————————————————
    http://www.bbc.com/indonesia/vert_cap/2015/06/150601_vert_cap_stress

    1. Salam mBelgedez Lover’s
      @Simbah Wager
      @Kang Bala(ne)dewa, Kang Pejalan, Kang TAPAA, Kang Nurkahuripan, Kang JS, Jeng Dewi dan Para Sedulur semua

      @Kang Bala(ne) Pancen Oyeeeee
      Salut Kang Balane, Semedi /Meditasi / Yoga / Manekung atau apalah istilahnya banyak sekali
      Menurut saya semua hampir mirip-mirip yang menuntut suatu Konsentrasi, bagi orang yang merasa ber Agama atau aliran Kepercayaan untuk selalu ingat kepada Tuhan .
      Saat ini banyak sekali yang mengajarkan cara-cara Semedi, baik secara teori dan prakteknya, dan sekarang sudah mulai bergeser jadi lahan Bisnis yang Lumayan. Di perkotaan banyak diminati oleh masyarakat Kelas Menengah Ke Atas karena memang biayanya cukup Mahal. Memang Kemasannya terasa Lain lebih Ekslusif.
      Beberapa Aliran Kepercaan juga mengajarkan Semedi ini dengan Penekanan Berserah diri Kepada Tuhan, dengan berbagai ritual atau Laku yang kadang ini dianggap “Sesat” padahal menurut saya, Ajaranya adalah menuntut Orang selalu “Berperilaku yang Baik”. Dan “Juga Mohon pada Kang Murba Jagad” Dalam Beberapa Aliran Kepercayan memang tidak menuntut Biaya, Kebanyakan bisa dikatakan GRATIS.
      Kembali ke Semedi, memang hasilnya bisa dirasakan secara langsung , istilah Kesegaran Jasmani dan Rohani , Menghilangkan Stress dan juga penyembuhan penyakit bisa dilakukan dengan Semedi ini.

      Ada Cerita Dulu Bapak Temen saya sakit Rematik di kaki sampai parah udah gak bisa digerakkan lagi, obat dokter udah gak mempan mungkin, kemudian ada yang menyarankan untuk melakukan Kungkum dan bermeditasi di sungai yang dingin dimalam hari, beberapa kali dilakukan ternyata bisa sembuh. Saya tidak tahu apakah proses dari air yang dingin atau dari meditasinya ? menurut saya keduannya saling mendukung. Apakah cara seperti ini juga dianggap “Sesat” ?
      Sebenarnya masih banyak contoh lainnya, nulisnya Kesel Mbah
      Mungkin Warga Dongbud Yang “Gendeng bin Gila” ini bisa Lebih Gila kalau Diadakan “Semedi Akbar Bersama” He..he..he
      ******* Maaf ini hanya pendapat Pribadi dan Kicauan yang Gak penting
      Lakukan Meditasi Sebelum ini Dianggap Sesat, Wakakakak
      Salam Rahayu

    2. Kang CAhyo, =Lakukan meditasi sebelum dianggap sesat=

      Wakakak. Sepertinya sih, cepat atau lambat, meditasi atau semedi akan diangap sesat oleh sekelompok orang.

      Wajar juga sih dianggap sesat karena sepertinya sih emang sesat, apalagi semedi ala simbah jelas sesat karena semedi biasanya sambil minum tuak.

      Teman simbah malah lebih parah, sangat tergila-gila dengan yang namanya semedi atau meditasi dan gilanya lagi bisa tahan semedi 3 hari tiga malam di rumah ……. bini muda.

      Semedi apaan kagak tahu.

      *ketik komentar sambil mabuk tuak
      (tua kecapek-an)

    3. Selamat Malam Simbah Wager (Ketua Padepokan Mbelgedez merangkap TSK, Moderator / Admin, Penulis, dll.);
      Selamat Malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Para Moderator (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua @ …

      Salam sejahtra ……

      ….. dst ….. Apakah cara seperti ini juga dianggap “Sesat” ?
      ….. dst ….. Lakukan Meditasi Sebelum ini Dianggap Sesat, Wakakakak

      ==============================
      @Kang Cahyo Dc & Simbah Wager…., kembali-lah ke LAPTOP.., kan sudah ada Kamus “SESAT,” yaitu :
      • Sesuai Adat Timur, ataukah…….
      • Serius Santai Terhibur, ataukah…….
      • Sesuatu Asyiiik Terkendali, heheeheeeee………

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

  29. …hati nurani itu meski dibakar, tidak bisa menjadi abu. Hati nurani senantiasa bersemi meski sudah ditebang putus di batang… [WS Rendra]

    byar padang terawangan, awang uwung ora ono opo-opo, sing ono ming ingsun.
    ———————————————————————————————–
    Komentar daur ulang, tapi tetap …relevan (-:
    Usul buat Oom Wager : Kutipan dari Pakde Rendra itu perlu di …pasang di ‘bendera’ dongbud ini. Jadi, orang akan tahu,meski di padepokan mbel ini banyak orang kurang waras , tapi hati nurani tidak pernah …dikalahkan oleh siapapun / apapun – termasuk agama dan kepercayaan.

    1. Salam Kang Balane,
      Sudah dipasang di widget menu kanan, sesuai pesanan.

      Salam juga utk semua rekan lainnya. Kalau ada usul lain, kritikan atau keluhan jangan ragu atau segan utk menyampaikan. Di blog abal2 ini, keluhan bukan ditabukan. Kritik atau keluhan adalah tanda kepedulian.

    2. Terima kasih, Oom Wager ! Selama ada kata2 mutiara Mas JS dan Pakde WS Rendra sebagai …panduan di blog mbel ini, hati saya akan selalu nyaman di tengah2 kegilaan yang sedang merajalela di mana2 …(-:

      slumanslumunslamet slumanslumunslamet slametsegaliwet …(-:

    3. Salam Hormat Kang Balanedewa…

      Kegilaan yang sedang merajalela di mana mana , di dunia nyata , dunia maya dan juga dunia gaib…..

      Hati Nurani semoga selalu menghujam didalam hati , tidak tergoyahkan , tidak terganti dengan hal hal yang semu dan tidak terjungkal karena iming iming pembangkit nafsu syahwat surga dunia akherat …..

    4. Selamat Malam Simbah Wager (Ketua Padepokan Mbelgedez merangkap TSK, Moderator / Admin, Penulis, dll.);
      Selamat Malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Para Moderator (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua @ …

      Salam sejahtra ……

      • hati nurani itu meski dibakar, tidak bisa menjadi abu. Hati nurani senantiasa bersemi meski sudah ditebang putus di batang… [WS Rendra]

      • Usul buat Oom Wager : Kutipan dari Pakde Rendra itu perlu di …pasang di ‘bendera’ dongbud ini.
      Jadi, orang akan tahu,meski di padepokan mbel ini banyak orang kurang waras , tapi hati nurani tidak pernah …dikalahkan oleh siapapun / apapun – termasuk agama dan kepercayaan.
      ============================================

      @Simbah Wager……, Nuwun sewu…., lazimnya jika ada yg mengusulkan Tulisan/Kalimat (dari seorang Pujangga/Dramawan), Nama yg mengusulkannya juga dicantumkan.
      Spt contoh di bawah ini :

      • “Jangan tanyakan apa yang Ibu Pertiwi (Negara) dapat perbuat kepada anda, tetapi…. tanyakan apa yang dapat kita perbuat kepada Ibu Pertiwi/Negara (Presiden JF. Kennedy, dikutif dari Marcus Tullius Cicero).

      Apapun toh… ini hanya sekedar usulan (opini)…….
      Trima-kasih, smoga bermanfaaat…….

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

    5. Selamat Malam Simbah Wager (Ketua Padepokan Mbelgedez merangkap TSK, Moderator / Admin, Penulis, dll.);
      Selamat Malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Para Moderator (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua @ …

      Salam sejahtra ……

      Matur nuwun Simbah@….. Itulah IMPLEMENTASI dari “Arti & Makna Kebersamaan,”

      Jadi teringat di Kantor…., Manajemen yg Bagus adalah saling menghargai & menghormati “posisi masing2 (sesuai peran-nya)…., ” Dari mulai yg Teratas (Direksi) s/d. yg Terendah (Office Boy).

      Paling terasa & kelabakan jika OB tdk masuk, krn……. hrs buat minum & kopi sendiri, pun….. hrs beli Nasi Bungkus untuk Makan Siang sendiri……. Heheeheeeee………

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

  30. @Salam Simbah Wager dan Kang Bala(ne)Dewa

    @simbah Wager
    Semedi dengan Ritual Minum Tuak wakakakakak, itu sih malah cepat masuk ke kondisi “Trance” he,,,he,,,he
    Tapi Cepat atau Lambat Akan Di Gropyok KAMTIBMAS kena operasi
    PEKAT ( Penyakit Masysrakat ) Disuruh Nginep di SEL semalam mbah
    Wakakakak

    =========
    byar padang terawangan, awang uwung ora ono opo-opo, sing ono ming ingsun. @kang Bala(ne)Dewa
    =========
    Ini adalah pencapaian dari Semedi memasuki Alam “Sunya Ruri”
    Ya kang Bala(ne) ?

    Tan Samar Pamoring Sukma
    Sinukmaya Winahya Ing Ngasepi
    Sinimpen Telenging Kalbu
    Pambukaning Warana
    Tarlen Sakig Liyep Layaping Ngaluyup
    Pinda Pesating Supena
    Sumusuping Rasa Jati
    **** Wedhatama (Pangkur)

    Salam Rahayu

    1. Byar padang … : ini mantra orang Jawa. Meditasi : konon ada ber macam2 cara. Salah satunya ya dengan …mantra yang di ulang2 itu : byar padang ….sing ana ming ingsun .
      Ini seperti meditasi ala ‘ Transcendental Meditation ‘ – meditasi transenden – di Barat. Cuma, mantra mereka. ..lain, dan kalau belajar sama mereka harus …bayar. Meditasi mantra sudah cukup untuk kesehatan, tapi mungkin tidak bisa membuat si praktisi …sakti . Nek yang ini harus tanya Mas JS, Kang BB, Oom O-O ,Oom Wager, dll.

  31. Ada yg ngirim ginian ke FB saya. Waduh, simbah dilempar pakai sandal. wakakakkkk…..

    Yang ngirim sih kawan baik, warga dongbud juga, jadi bukan masalah, masih bisa ketawa. Namun walau yg ngirim orang ndak dikenal, ya tetap ketawa juga. Dilempar pakai sandal kanan, mbah minta dilempar lagi pakai sandal kiri. Lumayan dapat sandal sepasang.

  32. Iklan Dongbud

    Selamat atas terbitnya novel perdana karya Kang Nurkahuripan (warga dongbud). Bagi rekan yang berminat, silakan hubungi nomor di bawah, atau bisa lewat facebook LINK atau tulis komentar di halaman warung kopi blog ini.

    Judul: Super Indigo (special romance)
    Penulis: Rudie Chakiel
    Penerbit: Dapur Buku
    Ukuran: 14,8 x 21 cm
    Tebal: viii + 211 halaman
    Cover: Soft cover
    Harga Buku: Rp 40.000 + Ongkir
    ISBN: 978-602-315-048-9
    Pesan, hubungi : 085692538057 atau 089601693748

  33. Tendang Anjing Peliharaannya, Pria Australia Didenda Rp 50 Juta

    Selasa, 24 Juni 2014 | 16:57 WIB

    MELBOURNE, KOMPAS.com — Clayton Richard Lawrence, pria asal Perth, Australia, yang menendang anjingnya berulang kali setelah bertengkar dengan pacarnya dijatuhi didenda 5.000 dollar atau sekitar Rp 50 juta.

    Akibat ditendang berulang kali oleh pemiliknya, anjing tak berdosa itu mengalami patah tulang iga dan mulutnya mengeluarkan busa.

    Lawrence (40) dilaporkan ke RSPCA (Royal Society for the Prevention of Cruelty to Animals) oleh seorang yang kebetulan lewat, setelah pria itu terlihat sedang menganiaya anjingnya yang bernama Herpes, di sebuah jalan di kawasan Parmelia, Perth, Agustus tahun lalu.

    Pejalan kaki itu mendekati Lawrence setelah melihatnya menendangi berulang kali anjing berumur tujuh tahun itu. Akan tetapi, Lawrence malah memaki-maki anjing itu dan menyeretnya.

    Lawrence kemudian pergi meninggalkan anjingnya begitu saja. Saksi mata tadi lalu membawa Herpes ke dokter hewan lokal untuk mendapat perawatan. Herpes menderita retak tulang iga, sulit bernapas, memar-memar, serta persendian kaki dan sikunya bengkak sehingga sulit berjalan.

    Sumber : Kompas.com

    ———–
    Weleh, tendang anjing saja masuk koran. Disini mah biasa. Tendang orang juga aman2 saja.

  34. @Salam Mbelgedez Lover’s
    @Simbah Wager, Kang Pejalan, Kang Bala(ne)
    Dan Sedulur Dongbud Semua

    Tendang Supporter Lain bisa Bahaya mbah ….he..he..he
    Tentang Orang Partai…apalagi bisa jadi bulan-bulanan
    Kalau yang ditendang Anjing Pelacak bisa Digampar Ama Pak Pol

  35. 36 tewas dalam serangan bom di Mesir

    Antara News

    Serangan bom kembali menghantam Semenanjung Sinai, bagian timur Mesir, menewaskan sedikit-dikitnya 36 orang dan melukai 42 orang, demikian laporan Kementerian Kesehatan Mesir, Rabu. Serangan terjadi di beberapa pos …

    >>>>>>

    BBC News
    ISIS serang Semenanjung Sinai, puluhan tewas
    Milisi kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS melancarkan serangkaian serangan terhadap aparat keamanan di daerah bergolak Semenanjung Sinai Mesir.
    >>>>>>>>>>>

    Membaca tautan berita di menu kanan dongbud, pikiran jadi semput tidak karuan. Kekerasan, penembakan dan bom melulu.

    Setelah penembakan membabi buta di pantai Tunisia yang menewaskan banyak wisatawan, serangan bom di mesjid Kuwait kini serangan dengan jumlah korban besar kembali terjadi di Mesir.

    Bulan Ramadhan, bulan suci, kenapa harus dikotori oleh tindakan kekerasan seperti ini? Hanya bisa berharap tidak meluas ke tempat lain.

    *status linglung sok jadi pengamat internasional.
    Salam utk Kang Cahyo

    1. Lha kan ajaran agama, kita tahu, tidak menjamin pemeluk2 nya jadi orang ..baik ? Sebaliknya, tanpa …sambal agama orang bisa menjadi baik , taat pada hukum.Misalnya, MSF – Organisasi Dokter Tanpa Wilayah – itu kan organisasi yang menolong orang2 sakit, tanpa embel2 agama.

      Agama X terbaik dan paling benar di seluruh dunia dan akherat ?! Betul ! Agama ku juga … (-: Semua orang kan punya hak untuk bilang agamanya paling benar paling bagus …Iya apa iya ? (-:

      slumanslumunslametslumanslumunslamet -slametsegaliwet(-:

  36. @salam Dongbud Lover’s
    @Simbah Wager, Kang Balane

    ======
    Lha kan ajaran agama, kita tahu, tidak menjamin pemeluk2 nya jadi orang ..baik ?
    ============@kang Bala(ne)dewa
    Bener Juga ya kang ….tapi ajarannya kan Baik-baik maksudnya tentang Kebaikan
    Berbuat baik dengan Sesama ……………….. (?) he..he..he…
    Kalau LABEL -nya aja gak terdaftar atau gak diakui , gak ada ijin Depkes atau dari Kehakiman ? mau bilang baik Gimana
    wakakakak

    Salam Rahayu

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.