Halaman Khusus: Warung Tuak

DONGBUD LOUNGE. Halaman bebas. Ngalor ngidul membahas topik apa saja. Tuak hanyalah sekedar nama yang artinya adalah TemUlawAK, tempat ngelucu, ngibul, ngalor-ngidul yg disertai gelak dan tawa. Bagi rekan yg tetap tidak berkenan dengan pilihan kata tuak, tersedia juga halaman lain yaitu Halaman Khusus Warung Kopi. 

kopi-dongbud

separator

586 respons untuk ‘Halaman Khusus: Warung Tuak

  1. Sallam Kang Mumpung Sepi..
    hehehe..
    saya ini sebenarnya demen bahas yang up to date..
    update nya versi saya loh..
    hehehe..

    Mas kalimat mu di atas benar benar bijak..
    tapi saya belum nangkep masuk jadi pendukung Brizix atau yang mana..
    Jujur saja saya bukan pendukung Ahok..
    Saya hanya tidak menyukai cara Brizik dalam menggunakan ayat suci agama ku untuk kegiatan biadab seperti itu..

    Saya bukan pembenci Cina, tapi andai kan saja si Raden Patah hidup lagi tak gawe bal bal an mesti..
    membakar ilmu sejarah itu namanya kurang ajar..

    hehehe..
    Sallam Kang Mumpung Sepi..
    RAHAYU

    1. Salam Kang Hyaidosomuko,
      Dari dulu saya selelu suka tulisan atau opini Akang, bahasa yg tenang, jujur apa adanya dan walau berbeda tapi tidak ldiandasi dgn rasa benci.

  2. Salam Kang Mumpung Sepi,
    Sesuai nama, Akang selelu muncul disaat blog lagi sepi dan kemunculan Akang bagai hembusan angin, bergerak bebas namun terkontrol, meninggalkan jejak kesejukan dan kebajikan.

  3. kang hay…..
    dari ucapan akang terlihat akang lebih memilih salah satu….
    karena kita tidak terlibat dalam proses….
    alangkah baiknya menunggu dan berdoa untuk kebaikan…..

    mbak wager
    kadang angin terasa lembut dan sejuk….
    akan tetapi jika hembusan angin bertiup pada kobaran api….
    maka api akan semakin membesar….
    angin juga bisa memadamkan nyala api lilin…..

    angin hanya sebuah prespektif dari masing2 individu…
    jika anda merasa kepanasan/suntuk, andak akan mencari/membutuhkan angin….
    jika anda merasa kedinginan, maka anda akan menghilangkan/menghentikan angin….

    1. Kang Mumpung Sepi sallamun alaik..
      Rahayu..

      Dan salah satu dari yang saya pilih adalah saya sendiri..

      Saya hanya memilih AIR untuk padamkan API..
      Dan jika yang API menyala dari BBM saya memilih TANAH BASAH untuk padamkan..

      Karena ANGIN hanya sering berhasil untuk padamkan sekecil nyala API lilin..
      bagaimana dengan kompor gas, kita cukup hentikan aliran gas pendukung API menyala..

      Siapa bilang API tak bisa membunuh API..
      pernah nonton film GOD MUST BE CRAZY..
      di situ ada salah satu adegan mengunakan API untuk hentikan kobaran API yang lain..

      jika saya suntuk saya lebih suka berendam di bathup jika suntuknya keterlaluan saya pergi ketempat karaoke..
      jika saya kedinginan saya memakai selimut tebal..

      hehehe..
      jangan di ambil hati Mas..
      santai ajah..

    2. kang hay….
      air, api, angin, tanah
      semua menjalankan fungsi masing2…..
      tak ada yg paling baik….
      yg baik hanya yg menjalankan fungsi dengan tepat

  4. Sallam Kang Mumpung Sepi :

    hehehe..
    yang panas biar Jakarta saja..

    sallamun alaik para warga Padepokan Maya Dongeng Budaya khususnya yang masih single seperti saya..
    hehehe

    ini ada langgam yang lirik enak..

    Gegaraning wong akrami (syarat atau sebab manusia berumah tangga)
    Dudu bondho dudu rupo (bukan karena harta atau wajah)
    Amung ati pawitane (hati saling suka yang mengawali)
    Luput pisan keno pisan (gagal sekali berhasil sekali)
    Yen gampang luwih gampang (yang mudah sangat mudah)
    Yen angel, angel kalangkung (yang sulit malah terlalu sulit)
    Tan keno tinumbas arto (tidak bisa di beli dengan uang)
    Goleke sing koyo ngopo (mau cari yang seperti apa)
    Wong nyatane kelakon seprene (nyatanya sampai sekarang)
    Angger-angger gendra wekasane malah mbangun tresna (orang orang yang tak memandang apa apa untuk membangun sebuah pernikahan malah bahagia)
    Dudu bondo dudu rupa (bukan harta atau wajah)
    Mung atine dadi tetaline (hanya hati yang mengikat)
    Guyub rukun kadya ( bersama sama rukun hangat)
    Pepindhane mimi lan mintuno (seperti Mimi dan Mintuno = ibarat kekasih yang tak terpisahkan )
    Wus jamak lumrahe yen wong urip coba lan godhane gedhe (sudah lumrah orang hidup itu dapet cobaan dan ujian)
    Suprandene ora nganti ndadak dadi gawe (seharusnya ujian itu tidak merusak cinta yang telah kita bangun)
    Rino wengi dadi ati (siang malam menjadi moment penuh cinta)
    Wong prasojo luhur bebudine ( orang bijak luhur budinya)
    Dasare gemati Momong putro alus bebudine ( dasarnya penyayang mendidik putranya dengan didikan halus penuh kasih)

    mugi manfaat..
    aamiin
    barokALLAH

  5. sallam..
    sugeng enjing..

    lagi pada repot demo Mbah sepertinya, apakah harusnya kita demo juga.

    ” Melakukan aksi murtad massal menuntut si Bibib Brisik dan kelompoknya agar berdakwah dengan santun ”

    Yang paling aman mereka yang diam, diam karena pahham.

    Irak Libya Afganistan Suria mereka buat porak poranda agar ada alasan kuat buat pasukan dunia mengatasnamakan perdamaian. Setelahnya mereka kuasai Sumber Daya Alam kita, naudzubillah.

    Semuga kita tetap bisa bersatu dalam perbedaan. Meneruskan cita cita leluhur kita dimassa lalu.

    sallam..

    1. Yeah, biarin aja Kang, semua juga ada pahala-nya.
      Sepertinya lebih aman dan damai kalau kita lebih fokus ke “perbaikan ke dalam” saja. Ikutan mikir urusan negara kadang hanya bikin dengkul rusak.
      salam

  6. Tampaknya pengunjung dan pengintip padeopkan abal2 mulai berkurang, tidak seramai minggu kemarin.

    Sekarang yang tersisa nyaris sepenuhnya warga tetap atau pengunjung rutin dongbud.

  7. nah..
    loh..kan Warga Padepokan Maya Dongeng Budaya milik Mbah Wage rata rata penggemar Ramalan tentang SP, dan kebanyakan dari mereka bahwa merekalah ramalan yang di tunggu tunggu.

    Dan kejadian 4 November kemarin mereka kira adalah titik awal momentum kemunculan SP. Dan sederhana nya mereka berpikir untuk kemungkinan kemungkinan dari celah mana mereka bisa muncul.

    Nah..ini dia penyebab mereka sendikit sibuk mempersiapkan diri.

    Ohya..tapi saya juga merasa bersalah Mbah. Saya sering resek in mereka beradu argument disini. Sehingga mereka jadi malas comment disini.

    Wis..too tenang Mbah..
    tak dongaknee Padepokan mu panggah rame.

    Mengangkat cerita ” ADA APA DIBALIK 4 NOVEMBER ” judul ini Mbah pasti rame lagi. Siapa tokoh ghaib di belakang Ahok Siapa tokoh ghaib di belakang Jokowi Siapa tokoh ghaib di belakang Habib Rizieq Siapa tokoh ghaib di balik Megawati. Melalui celah mana Negara Blok Barat akan memulai invasi ke Negeri kita melalui celah mana pula Negara Blok Rusia menginvasi Indonesia.

    Dulu pernah terjadi G30SPKI, Rusia sudah sangat rapi akarnya di Bumi Pertiwi melalui PKI ternyata di gagalkan oleh siasat Amerika melalui CIA nya. Membuat rekaan perang etnis.

    Nah ini Suriah sudah Amerika kuasai melalui ISIS nya dan si Rusia merusaknya dengan tegas.

    Mereka sungguh pintar.
    hahahahaghh.
    Namun Tuhan selalu menggagalkan dengan lembut dan tegas. Tragedi 1998 kita sebenarnya sudah di ujung tanduk, untung nya ada ORGANISASI RAHASIA PRIBUMI yang mengetahui kesempatan itu. Dan mereka mencundangi ORGANISASI GHAIB DUNIA.

    Semuanya pada memperkaya diri sendiri, mustahil ada partai atau organisasi yang tulus berjuang untuk RAKYAT.

    FPI dulu namanya FBR (Fornt Betawi Rempuk) 76% orangnya sama dengan FPI. Ayoo kita ingat ORGANISASI ANARKIS PERTAMA KALI YANG MUNCUL DI MEDIA MASSA ADALAH FBR loh bukan FPI. Mereka sengaja berkamuflase agar lebih bertaraf Nasional. Mereka hilangkan kesukuan Betawi biar lebih banyak pendukungnya mereka ganti Nama Front Pembela Islam lebih nasional dan mendunia barang kali.

    Semuga ada yang menambah argumen.

    1. Sallam Kang Bois
      hehehe..

      Mass media sebagai RUJUKAN bukan KEPERCAYAAN apalagi KEYAKINAN lebih lebih KEIMANAN.
      Karena KEYAKINAN SAYA TUHAN ITU SATU. hehehe g nyambung yah..
      biar g panas..

      Kesimpulan dari segala informasi yang kita tangkap tetap diri sendiri yang memutuskan.
      Dan lagi keputusan itu tergantung dari seberapa panjang pengalaman dan wawasan seseorang.
      Itulah sebab Ustadz pintar berbicara hukum agama, dan hukum agama tidak sama dengan hukum Tuhan.
      Itulah sebab petani lebih tahu cara pemupukan berimbang daripada seorang pengacara. ( lain cerita jika ternyata sang Pengacara adalah anak seorang petani yang rajin membantu orang tuanya di ladang )

      Maaf..
      Saya sedang belajar bagaimana cara tidak meremehkan kualitas seseorang.
      hehehe..
      adem..
      santay..
      rilex..

      Rahayu

    2. selamat pagi semua
      membahas masalah politik
      isinya ego manusia untuk berkuasa
      kadang yg kita dukung tak seperti harapan kita

      untuk kang hay
      agama sebagai koridor dan jalan hidup
      sekarang jamannya butuh yg berilmu dan beragama

      menurut akang hukum Tuhan itu yg seperti apa?

  8. Sallam Pak Sekawan sugeng enjing..
    Kang Mumpung Sepi sugeng enjing..
    Kang Bois monggo..
    hehehe..

    @Pak Sekawan : Sumonggo.. ikut menambah kritik dan saran juga malah di anjurkan..

    @Kang Mumpung Sepi : Hukum Tuhan adalah teserah Tuhan mau memberi hukum seperti apa. Orang malas bisa kaya, orang rajin bisa tetap jadi kere. Yang pake surban sering berteriak lantang tegakkan syariat belum tentu mereka rajin sholat, yang rajin sholat belum tentu dia manusia baik. Tapi sholat dan baju seseorang sering jadi tolak ukur dalam bermasyarakat. Kalau orang yang sudah tahu saya meskipun saya pake anting celana jebol pun orang tetap santun sama saya.

    Agama itu hanya untuk orang yang berwawasan standart. Karena yang sudah selevel saya (agar terlihat sombong)
    saya TIDAK BUTUH AGAMA tapi saya hanya butuh ALLAH.

    Masalah berilmu dan beragama saya lebih percaya sama berilmu. Karena kebanyakan ilmuwan selalu mempunyai niat baik untuk kebaikan umat. Dan Tokoh agama sekarang tak lebih dari iblis penyebar teror. Yah..meskipun Iblis saya anggap sebagai kakek saya sendiri tapi memang sudah jadi tugas beliau (Iblis) untuk berbuat jahat dan di salah salahkan.

    Kunci jadi orang baik adalah hati mu jantung mu Your Heart itu harus baik dulu harus di penuhi cinta dulu.
    Caranya gimana, mudah ucapkan dzikir dengan hati.

    @Kang Bois : mbok yah nulis yang banyak.. masak cuma gitu tok..

    Rahayu

  9. Yg nmnya manusia = jujur
    jk tidak jujur = bkn manusia

    yg namanya sembahyang/sholat = perubahan kearah bener/lurus
    jk blm ada perubahan ke arah yg lebih baik yautu bener-lurus jalannya, berarti blm sembahyang/sholat
    Syareat = hukum/undang2 yg tdpt pd kitab (syariat itu ada yg dibuat oleh manusia dan ada yg dibuat oleh tuhan (yg dibuat oleh hukum alam = sebab akibat, misalnya kalu lapar ya makan, kalau ingin punya anak ya kawin dsb nah agar ada keteraturan hukum alam mk tuhan melalui makhluknya mengatur manusia ttg mencari makan misalnya tak boleh mencuri, jgn makan yg mabokan spt baigon dsb xi3 nanti akibatnya begini begitu, dan mengatur perkawinan agar terjalin keluarga yg baik.
    Kalau wanita ya pakai anting kalau laki2 pakai anting2 berarti melanggar aturan ciri khas wanita

  10. Sallam Mbah Tulalit..

    Enggak enak ngomongnya..
    Ganteng..!
    tenang saja Mbah Tulalit, saya g akan lempar sandal ke arah mu..
    yah Mbah Tulalit sendiri yang saya lempar ke kawah Merapi..
    Semuga saja Jin Merapi mau menerima..
    Daging Mbah Tulalit kan pahit..

    Tapi juga enggak saya salahkan, bilang saya cantik..
    Gpp..itu hak masing masing..
    Soalnya beberapa kali kejadian ketika naik motor pake jacket penutup kepala saya pakai sempat ada yang godain
    ” halo cewek cantik ”
    spontan saya jawab dengan nada arrogant ” cewek mattamuuu, reneo lee tak gae bal bal an ndas mu ”

    Memang orang itu kalau sudah benci, di beri seribu cinta pun yang terlihat hanya kebencian.

    Ora opo opo..
    Wong ngono kui di jarne ae lek bongko bongko dewe..
    (Bongko : di obong nek neroko)

  11. sallam @ Kang Bois..
    saya yakin isi otak Kang Bois tidak sedikit..
    hehehe.. bad mood mungkin..
    gpp.. susah yoo di tompo bungah yoo di tompo.. lek enak too.. hehehe..

  12. kang tulalit
    secara teori memang begitu
    tapi hidup ini kan ibarat gas ideal…..
    yang hanya ada dalam teori….

    kang hay
    yg beragama n sok suci memang banyak….
    yang model nasionalis sok suci/paham benar sendiri juga banyak….
    susah menilai yg bener2 bener

    1. Sallam Kang Mumpung Sepi :

      Bagaimana cara menilai yang bener bener BENAR ??

      KEBENCIAN itu tugasnya menutupi Kasih Sayang Tuhan kepada hambaNYA (pembenci).

      sek..
      tak nyambut gawe disik..
      di terus nee engko meneh..

  13. Salam rahayu dan sugeng enjang sederek sedoyo…

    Kebenaran , benar yang sesungguhnya , bener yang pener ,kebenaran yang dilihat dan dinilai dengan hati nurani , dari sisi kemanusiaan , berdasarkan kasih dan sayang…
    Lalu siapakah mereka yang bisa melakukan dan mempunyai sifat pener di jaman sekarang ??….ada dan pasti masih ada manusianya meskipun sudah sangat langka….

    Selamat beraktivitas , bekerja dan berkarya , juga membangun pribadi pribadi terpuji…

    Salam Rahayu

    1. Salam rahayu Kang Hyai…semoga selalu sehat dan lancar rejeki..

      Salam juga Kang Bois ,Kang Tulalit , Kang Mumpung Sepi….
      Saya ijin menyimak dan belajar …usia boleh jadi lebih tua tapi tentang isi lain lagi.. si kebo tua harus mau nyusu gudel….

  14. @Kang Mumpung Sepi :
    hehehe.. sudah di jelaskan Mbah Sekawan..
    Memang susah merubah pola pikir orang orang yang sudah merasa SUPER BENAR..
    Seolah olah hanya TUHAN SENDIRI yang sanggup merubahnya.
    Kata orang Jawa, orang baru keras kepala keras hati baru bisa berubah jika sudah
    ” ke daduk awang awang, kesandung lemah roto ”
    (kepalanya terbentur langit, kakinya tersandung lantai datar).

    Hewan punya naluri, sedangkan manusia punya naluri dan nurani.

    Ohya bau orang jahat sama orang baik berbeda loh.
    Buktikan saja, ketika nanti bersosialisasi sama orang orang bedakan.

    @Mbah Sekawan Sugeng Siang..
    Rahayu..
    Semuga Mbah Sekawan dan keluarga di sisihkan dari bahaya negeri Bumi Gonjing Langit Miring, di beri kesehatan dan lancar rezeki.

    Semuga saja Bumi Pertiwi tetap aman terkendali.
    aamiin..
    barokALLAH

  15. “Intinya, bagimana sembahyang itu bisa mendorong seluruh hatimu untuk menolong orang lain. Itulah inti pergi ke masjid, gereja, wihara, kuil, dan sebagainya.”
    ― Sujiwo Tejo, Lupa Endonesa
    ___________________________________________________________________

    Sudah pernah saya posting di sini, tapi saya posting ulang. Ini , menurut saya, lebih penting daripada …menggandakan uang, atau ….menjelek-jelekkan orang lain … ( http://www.gaknyambung.com)

    slumanslumunslametslumanslumunslamet (-:

  16. Hawa panas kenapa begitu mendunia. Enggak di Indonesia, Eropa, Jazirah Arabia, Amerika. Menurut Islam tidak ada yang mampu melihat langsung wujud ALLAH.

    Beberapa rahasia ALLAH telah terbuka, maka dunia ini pun semakin panas. Pas ngetik tulisan ini tiba tiba muncul 2024 dan ada suara “itu puncaknya”.

    Maha Suci ALLAH yang MAHA Tahu apa yang akan terjadi.

    Takut sih enggak..
    cuma khawatir saja..
    Khawatir juga enggak sebenarnya..
    kan sudah pasrah sama SANG MAHA SUTRADARA..
    kalau kita g mau jadi pemeran drama nya nanti enggak dapat gaji lagi..
    dan harus ikhlas menjiwai biar kita dapat Piala Oscar..

    Ini cuma kiasan..
    saya jangan di kafir kafir kan yah..
    hehehe..

  17. Menurut Islam tidak ada yang mampu melihat langsung wujud ALLAH.(HyaiDosoMuko) …….

    ‘Why should I wish to see God better than this day?
    I see something of God each hour of the twenty-four, and each moment then,
    In the faces of men and women I see God, and in my own face in the glass,
    I find letters from God dropt in the street, and every one is sign’d
    by God’s name,’ (Walt Whitman, ‘Leaves of Grass’)

    —————————————————————————————
    HyaiDosoMuko,

    Mungkin …ndak perlu melihat wajah Allah …Menurut Pakde Walt Whitman dalam puisi beliau , kita bisa melihat wajah Allah setiap saat, dua puluh empat jam , pada wajah2 lelaki dan perempuan, dan dalam wajah kita sendiri dalam cermin …

    Nah, Pakde Whitman ini kalau hidup sekarang di sementara negara di Timteng, misalnya, bisa …digantung karena dianggap me…lecehkan Allah ( Allah kan ndak bisa …membela diriNya sendiri ?)

    Kembali ke ageman. Yang penting, menurut Pak lik Sujiwo Tejo, adalah bagaimana sembahyang kita itu bisa mendorong kita untuk meng …gebuki orang lain, eh, menolong orang lain ding …meski pun orang lain itu bukan sanak bukan kadang kita …(yang terakhir itu TAMBAHAN saya …) (-:

    slumanslumunslametslumanslumunslamet-slametsegaliwet (-:

  18. Wajah Tuhan….
    Wajah Wajah Tuhan
    Wajah mahluk mahluk yang bertebaran.
    Wajah isi alam semesta dan bum..
    Wajah yang tidak bisa terhitung karena berbilang tanpa batas.

    Wajah yang cantik dan tampan
    Wajah cemberut marah
    Wajah gembira dan bahagia….

    Wajah kita yang terlihat…
    Wajah yang setiap hari kita lihat.
    Wajah kita sendiri yang kadang sulit kita ingat…..

  19. Wajah alam….wajahTuhan

    Alam yang begitu sunyi
    Alam yang indah dan mendamaikan hati.
    Alam yang sangat bening dan tranparan..
    Bening dan terang seperti sinar matahari dipagi hari.

    Alam bening yang ada dan terlihat..
    Dalam diri manusia dan juga semua mahluk bernyawa
    Dalam pohon dan bebatuan benda mati tidak bergerak…

    Wajah alam..
    Wajah Tuhan.
    Wajah kehidupan….

    Salam Rahayu Kang Hyai….Kang Balanedewa…..juga sederek semua..

  20. Salam Rahayu….

    Silakan untuk masuk dalam alam itu…
    Alam bening tranparan

    Cerita ini yang saya terima dari seorang kerabat ketika mengalami hal yang aneh..

    Seorang teman yang diajak dan digerakan oleh “sesuatu”…dia.masuk dalam benda hidup atau benda mati di bumi ini…

    Salah satu ceritanya yang menarik hati ….akal pikiran saya ora nyandak…bingung heran…ora nyambung

    Kata dia ….daun atau batang pohon ternyata beruang tanpa batas dan ternyata beralam bening dan transparan…
    Begitu juga dengan benda yang lain…..pasti sama

    Tuhan Alam Semesta..Pemilik dan Penguasa..
    Tuhan Maha Besar dan Maha Benar…

    Kami yang dengan sangat lancang kadang memanggil dan menganggapNYA sebagai Ayah atau Ibu ….Bopo Biyung…..

    Salam ndleming

  21. Ikatan nyawa tak terlihat kasat mata manusia..
    Tapi begitu mahal..
    Di Alam ALLAH..
    disana tak ada waktu esok ataupun lusa yang ada hanya sekarang..
    Cerita NabiALLAH Musa AS ketika ingin berjumpa dengan ALLAH..
    Terkena sinaran ILLAHI saja gunung bisa hancur..
    Dalam perjalanan Mi’raj NabiALLAH Muhammad SAW Jibril AS menjelaskan bahwa tak ada makhluk yang sanggup melihatNYA secara langsung..

    Mengenai puisi Walt Whitman..
    Yah..saya sering mengalaminya..
    Melihat perwujudan ALLAH dalam bentuk pria atau perempuan..

    Ujar Mbah Semar..
    ALLAH E ALLAH E
    MBEGEGEK UGEK UGEK
    SAK NDULIT MEL MEL

    ALLAH ITU SEOLAH OLAH TENANG TAK BERGERAK
    TAPI SEDIKIT BERGERAK
    DUNIA BISA HANCUR

    ALLAH tak bisa membela DIRINYA SENDIRI
    Karena jika ALLAH MEMBELA DIRI
    itulah YAUMUL QIYAMAH
    Karena ALLAH MAHA PENYAYANG MAHA PENGASIH

    ketika saya seorang hamba
    ingin bertemu ALLAH pada saat itu..
    saya melihat pohon yang begitu besar..
    lantas ada suara ” kemarilah mendekatlah kesini ”
    saya berjalan ke tempat yang begitu terang
    di sana ada kolam yang begitu putih bercahaya sangat terang..
    aku meminum air itu rasanya menyegarkan dan lagi manis..
    saya pun begitu kurang ajar menjeburkan diri ke kolam tersebut..
    lantas ada suara dari jauh belakang saya ” jika kau bukan kau(nama saya disana) tentu sudah aku hancurkan ” dan dia mengakhirinya dengan tertawanya yang menggelegar..
    saya pun tersadar dari lamunan yang keterlaluan tersebut..
    anehnya mulut saya masih merasakan manis yang berhari hari tak hilang..
    itu lamunan atau kenyataan yang sangat nyata..

    wa ALLAH U a’lam bishawab

    barokALLAH

  22. hidup ndleming..
    hahahahghh..

    enjih..

    semua benda dari yang ghaib sampai yang lahir adalah WUJUD ALLAH
    semua makhluk dari yang ghaib sampai yang lahir adalah WUJUD ALLAH

    itulah kenapa membenci sesuatu bisa menghalangi KASIH SAYANG ALLAH kepada kita..

    iyah2..
    saya begitu membenci Bibib Brisik..
    dan kenapa saya harus membencinya..
    itukan juga WUJUD ALLAH..
    saya pun menekan rasa benci atau bahkan membunuh rasa benci tersebut..
    tapi rasa benci ini kan juga anugrah ALLAH
    sayapun berpikir lagi..
    lebih baik mengendalikan rasa benci..

    hehehe..
    barokALLAH

    Sallam Kang ndleming..
    (saran saya segera paten kan nama nama para Warga Padepokan Maya Dongeng Budaya) agar kita tidak salah pahham..
    hehehe..

  23. itulah kenapa membenci sesuatu bisa menghalangi KASIH SAYANG ALLAH kepada kita..(HyaiDosoMuko)
    ——————————————————

    Hyai,

    Gampang ta, nek rindu melihat wajah …Allah, ya lihatlah wajah2 orang2 di sekeliling kita.termasuk wajah kita sendiri. Menurut siapa itu, saya lupa, mengasihi orang lain dan …mahluk di sekeliling kita – yang terlihat mau pun tidak – itu sudah lebih dari cukup di mata Allah. Ndak perlu bilang Allah itu maha ini itu, kan Dia ndak perlu dipuji-puji ?!

    Orang itu sering salah kaprah, membela, katanya, (agama) Tuhan. Yang perlu dibela itu kan orang2 miskin yang makan saja sering tidak ajek …Orang sering marah kalau ayat2 Allah di..pelintir, padahal mereka sendiri yang sering meng …edit firman Allah untuk kepentingan politik mereka sendiri …

    Oom Dleming,

    re alam lain yang bening : Nampaknya memang ada alam yang ..lain , yang hanya bisa dilihat atau dialami segelintir orang- contohnya teman sampean dan HyaiDosoMuko. Hebat !! Dan, kagum. Tapi, untuk kebanyakan orang, termasuk saya, kerja setengah mati saja penghasilan cuma pas2 an, ndak bisa dan ndak sempat mengalami alam yang LAIN itu … Kalau saya cukup seperti yang dikatakan Pak Lik Sujiwo Tejo : kalau saya bisa …menolong orang lain, meskipun cuma sak upil,atau paling tidak TIDAK membebani orang lain, bagi saya sudah cukup …Surga di dunia ini, bagi saya, juga sudah cukup …Besok kalau saya mampus, saya mau dikremasi saja, biar malaikat, kalau ada yang namanya malaikat, …bingung ndak bisa cari jasad saya …(-: (-;

    Setelah mampus nanti mungkin saya akan jadi …kupu2 saja , seperti cerita Sampek Engtay …hehehehe …

    slumanslumunslamet-slumanslumunslamet-slametsehaliwet ..(-:

  24. Sampek Engtay, Romeo dan Juliet versi China

    Engtay adalah seorang gadis muda dari Shangyu, Zhejiang, putri tunggal dari sebuah keluarga kaya. Ia menyamar sebagai seorang laki-laki dan pergi ke Hangzhou untuk belajar. Dalam perjalanannya, ia berkenalan dengan Sampek, yang berasal dari Kuaiji. Mereka memutuskan diri menjadi saudara angkat. Di sekolah Engtay mulai jatuh cinta dengan Sampek.

    Tiga tahun kemudian, Engtay menerima surat dari ayahnya yang meminta ia agar pulang secepatnya. Sebelum pergi, ia membuka kedoknya pada istri kepala sekolahnya, dan meminta agar ia memberikan sebuah kalung kepada Sampek sebagai hadiah pertunangan. Sampek mengantar Engtay pulang sejauh 18 mil. Dalam perjalanan, Engtay mendapat ide untuk menjodohkan Sampek dengan “adik perempuan”nya. Ia meminta Sampek untuk datang ke rumahnya agar ia dapat diperkenalkan dengan adik tersebut.

    Ketika Sampek tiba di rumah Engtay, ia akhirnya mengetahui rahasianya. Namun orangtua Engtay memaksanya untuk menikahi orang lain. Sampek sakit hati dan akhirnya meninggal dunia. Pada hari pernikahan Engtay, mereka tidak dapat pergi ke rumah mempelai laki-laki karena terhadang badai di dekat kuburan Sampek. Engtay pergi ke kuburan tersebut dan meminta agar kuburan tersebut terbuka. Tiba-tiba hal ini terjadi dan Engtay meloncat ke dalam kuburan dan bergabung dengan Sampek. Jiwa mereka dilahirkan kembali sebagai sepasang kupu-kupu yang terbang bersama.

    ( sumber : saya curi dari Wikipedia , pertama kali saya mendengar cerita ini dari ‘ketoprak’ di radio RRI Yogyakarta nyaris setengah abad yang lalu )

  25. Sallam Mbah BalaneDewa..

    Sampek Ingtai yups, saya tahu itu.
    Saya penggemar roman picisan.
    Siti Nurbaya, di JAWA ada Mariam Markuat kisah lelaki pribumi dengan gadis Eropa pada massa kolonial Belanda.

    Kisah cinta yang mengharu biru. Seperti kisah cinta Kumari Kandam yang terjadi ketika saya hidup di massa lalu. Pria berwajah Eropa dan si gadis berwajah Asia Indo berkulit sawo matang. Tepatnya kisah itu tenggelam bersama peradabannya. Yang menenggelamkan ada Kubu Sulaiman. Dan akhirnya Sulaiman pun terkena karma nya, dia kehilangan cincin ampuhnya.

    Yang saya sesalkan kenapa setiap kali perang mereka sering melakukan pembakaran terhadap buku buku saksi bisu sejarah dulu.

    Sallamun alaikum warahmatALLAH..
    mugi manfaat..
    barokALLAH..

  26. Sallamun alaik warahmatALLAH

    WARNING !!

    Bagi yang punya senjata apapun itu silahkan di rawat lagi.
    Kita akan di serang dari luar dalam.

    FPI is AHOK PARTNERS.
    Ahok di buat berbicara sara FPI membuatnya membesar.

    Kita sengaja di adu domba di lemahkan dengan berbagai cara.

    Entah siapa di balik itu semua, block Timur atau Block Barat.

    Yang pasti dan harga mati kita tetap NUSANTARA.

    Tolong disebarkan.
    Kita sedang membela diri.
    Ini bukan isu sara, lebih lebih membela atas nama agama.
    TIDAK..TIDAK..!!

    Kita sedang berusaha membela kedaulatan NKRI.
    Kedaulatan diri kita sendiri.
    Kedaulatan pribumi di tanah NUSANTARA.

    ” Sedia payung sebelum hujan ”

    Jika ada salah mohon di maafkan.
    Yang perlu kita lakukan adalah siap siaga jika terjadi hal hal buruk.

    Mugi manfaat..
    barokALLAH

  27. FPI is AHOK PARTNERS.
    Ahok di buat berbicara sara FPI membuatnya membesar.(H)
    ——————————————————————————————
    Sdr HyaiDosomuko,

    Di Youtube ada video (alm) Gus Dur dengan Ahok waktu kampanye untuk Ahok dalam pemilihan bupati waktu itu. Gus Dur juga mengutip AL Maidah ayat 51yang sering ..dipakai sementara orang Muslim untuk TIDAK memilih pemimpin non muslim.Kata Gus Dur : ‘Kalau tidak paham al Quran , ndak usah mengutip-utip…Pilih lah Ahok kalau mau pemimpin yang jujur …’

    Kita tahu FPI itu anti …Gus Dur . FPI adalah organisasi yang kemana-mana membawa gebuk.

    Orang pada takut Ahok terpilih menjadi gubernur lagi karena dia pemimpin yang bersih ! Ahok membuat maling-maling di DPRD susah nyolong duit rakyat. Maling-maling itu banyak yang rajin …beribadah …Ibadah selesai, ya nyolong uang lagi …

    Haji Lulung : Taat beragama, punya mobil mewah tapi …ndak bayar pajak …Mau pemimpin seperti ini ??

  28. Sallam Pak Antigone :

    Saya hanya berasumsi dari kabar burung dan terawangan yang saya lakukan.

    Yang saya tahu Ahok ataupun FPI itu hanya alat untuk pelemah kedaulatan negeri ini. Saya yakin ada sesuatu di balik Ahok maupun FPI.

    Rakyat seperti saya, dewasa ini sulit memprediksi pemimpin mana yang benar benar baik untuk kami kaum pribumi yang sebenarnya terancam. Yang hitam maupun yang putih terlihat abu abu.

    Saya percaya Ahok baik, tapi saya takkan pernah percaya di belakang dia ada siapa dan bermaksud apa ??

    Lebih lebih FPI, antara kubu PDI Megawati S. dan Jokowi pun sudah berbeda siapa saja di balik mereka meskipun mereka sama sama memiliki organisasi rahasia pribumi.

    Untuk saat ini saya hanya percaya kubu militer. Kelihatannya mereka bersih, karena POLRI sudah dan parahnya organisasi mereka lebih blak blakan.

    Maaf saya tak bisa sebut nama nama organisasi rahasia tersebut. Karena saya bisa saja keliru, bahkan memiliki potensi kekeliruan yang besar.

    Yang bisa di percayai adalah mereka yang tak terlihat.

    Sekarang 7.5 miliar penduduk bumi dan terus bertambah. Idealnya bumi di tempati 2.5 miliar saja. Semakin rendah jumlah penduduk bumi semakin rendah pula potensi perang.

    Semuga TNI kita tetap mencintai dengan tulus Negara Bangsa Dan Rakyatnya. Hanya mereka harapan terbesar kita sekarang.

    Hallah embuhlah..
    sing penting Kediri ku aman tentram..

  29. mbah balene dewa
    udah tua ternyata….. tapi berjiwa dan bersemangat muda

    kang hay..
    jangan mengecilkan kuasa Tuhan
    Tuhan mampu menghidupi seluruh makhluk tanpa kecuali…

    adapun setiap perubahan pasti berpengaruh kepada seluruh aspek…
    sekarang di kediri terasa perubahan ekonomi dan cuacanya…

  30. Enjih Kang Mumpung Sepi..
    sallam..

    pernyataan engkang pundi loh sing mengecilkan kuasa TUHAN..
    hehehe..ndak apa apa di kritik.. saya wellcome kok..
    ALLAH itu MAHA BESAR..
    JUGA MAHA KECIL..

    Masalah jumlah penduduk kah..hehehe.. dari segi ke ilmu an manusia Kang,, sudut pandang saya kali ini..
    Tidak semua masalah harus di lihat dari sudut pandang agama too..

    Kediri ujan e wis di kutah nee beberapa hari yang lalu..
    Lah saudara ( misanan ) ku pas nikahan ini..
    Kita punya kehendak keinginan dan akhir cerita tetap ” KERSANING ALLAH ”

    hehehe..
    melihat carut marut dunia ini saya hampir murtad saja Kang..

    1. hehehe…. masalahnya bukan jumlahnya kang
      tapi napsunya yg besar, sehingga terasa tidak cukup….

      tak bisa dipungkiri, sebagai manusia
      saya juga ingin ini dan itu
      kemudian terjadilah persaingan dan terasa sempitlah dunia.

  31. tadi malam tulalit melihat dialog di TV ttg demo krn masalah omongan Ahok, katanya Ahok itu ngomong “QS al-maidah itu bohong”.
    kalimat “bohong” itu yg membuat hati umat muslim yg bermain di hati jd gk enak di hati, kalau gk enak di kuping sih gk masalah spt yg dituturkan oleh ustad aagym (ustad yg gemar cerita manajemen qolbu), dan aagym pun jadi ikut berdemo, dgn prasangkaan Ahok tlh melecehkan al=qur’an.
    Kemudian aagym pun memberikan perumpamaan surah al-maidah ttg larangan makan babi, lalu penjual daging babi pun bilang “jangan percaya al-maidah, itu bohong”. krn si penjual ingin dagangannya laku. Jadi demo tsb itu masalah hati mencermati dagangan Ahok agar laku di jual di masyarakat, shg bisa jadi gubernur. Apakah gk ada omongan yg laen selain itu. Itu aja yg diprotes oleh masyarakat muslim, jd bukan FPI saja yg protes tpi masyarakat muslim seluruh daerah.
    cerita ini yg tulalit dengar dari mrk

  32. Saya juga islam..
    saya enggak protes..
    kalau menurut Mbah Tulalit sendiri gimana ??

    Hahahahahahaghh..
    wong mereka sama sama belang..
    pura pura saling sikut..
    cuba ingin tahu bagaimana pendapat Mbah Tulalit soal Ucapan Ahok tersebut.

    ” jangan mau di bohongi sama orang orang pakai surat Al Maidah ayat 51 ”

    Video yang belum terpotong..
    Tapi apa peduli saya..
    hehehe..

    balaslah makian dengan makian..
    perangilah yang memerangi mu..

    mengenai al maidah ayat 51
    Hanya terjemahan di sini yang bilang ” awliya ” itu pemimpin pemerintahan.. terjemahan di negara negara luar ” awliya itu adalah ” waliALLAH ”

    dan waliALLAH itu berbeda..

  33. ” jangan mau di bohongi sama orang orang pakai surat Al Maidah ayat 51 ” (HyaiDosoMuko)
    ——————————————————
    Dik HyaiDosoMuko,

    Saya ini harusnya sampean panggil …Bu Lik / Bu De karena sampean masih …muda …(Antigone ki wadon,dik Hyai …)

    Untuk Mas Tulalit, kutipan Ahok yang betul itu seperti kutipan HyaiDosoMuko,dengan PAKAI. Karena PAKAI itu di / ter HAPUS maka sementara orang muslim jadi geger. Kita tahu ayat-ayat bisa dimainkan …Contohnya : Tidak ada paksaan dalam beragama.(Al Baqarah 256 ) Di Indonesia, memang betul…Coba, di Arab Saudi , apa boleh orang disana masuk Kristen atau Buddha ?? Gereja atau kelenteng kan tidak boleh dibangun ? Al Quran memang cuma satu, tapi tafsirnya banyak sekali, tafsir orang Sunni laindengan tafsir orang Syiah, lain lagi dengan orang Sufi, dll.

    Pengungsi-pengungsi Suriah dan negara-negara Muslim banyak yang mencari suaka politik di negara-negara KAFIR -Jerman ,Swedia, dll – karena negara-negara Muslim yang kaya raya malah tidak mau menerima mereka . Piye jal ?? Kok tidak ada yang ribut mengenai ini ??

    Konon, Islam itu rahmatan lil alamin ?? Karena Ahok yang omong,maka sementara orang jadi ribut. Coba Gus Dur yang omong, kan lain ?!

    Indonesia punya Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Kita pilih pemimpin yang …mumpuni, yang bersih, yang tidak korupsi. Agamanya tidak usah kita ikuti . Gitu saja kok repot .

  34. Bude Antigone ini warga lama apa warga baru ?? hehehe.. saya kira bapak siapa gitu pakai id baru..

    Sing penting Kediri aman, yang kisruh biar ksiruh.
    hehehehe..

    Saya ini lagi belajar dari awal lagi Bude, sudah 2 bulanan ini. Maaf saya enggak tahu kalau anda perempuan.

    Mikir politik juga untungnya apa ??
    Mikir rakyat Indonesia juga untungnya apa ??
    Saya ini rakyat jelata, biar pemimpin pemimpin itu yang mikir. hehehehe..

    Saya konsen belajar dulu saja.
    Biar cepet lulus.
    Dan jangan lupa cari rezeki buat nyambung hidup.
    Tujuan hidup adalah untuk hidup too.. hehehe..

    Sallamun alaik warahmatALLAH..
    Om Swastyastu..
    Namo Budaya..
    Sugeng Ndalu..
    Rahayu

  35. Sallam..
    para warga Padepokan Maya Dongeng Budaya..

    yang pahham tentang cakra..

    Bagaimana cara melatih cakra ??
    Apakah melatih cakra dilakukan berturut turut dalam satu waktu misal, setelah melatih cakra dasar kita melatih cakra selanjutnya ??

    Mohon ilmu nya bagi yang tahu ??

    Sugeng enjing..

    sallam
    @Mbah Wage
    Maksud dari kolom pemberitahuan dari negara mana saja yang on line itu terkadang tertulis pada bagian atas muncul Surabaya Jakarta terkadang luar negeri pernah Tulungagung segala. Yang sering Surabaya.
    Itu artinya apa Mbah ??

    1. Itu alamat wilayah servernya Kang Hyai. Kalau akses pakai HP, maka nama wilayah cendrung akan berubah2.

      Sekarang tampilan online di dongbud sudah diganti menjadi lebih ringkas dan sederhana. salam

  36. HyaiDosoMuko,

    Manusia itu binatang politik -zoon politikon , kata mbah Aristoteles. Kalau tidak …berpolitik ya nanti nasib kita ditentukan …orang lain …Manusia adalah juga …binatang yang berpikir, kata Mbah yang ampuh ini. Dus, kata saya (yang sama sekali tidak ampuh) kalau manusia,kita …ndak mikir, ya ndak banyak bedanya dengan …binatang2 yang lain – kera, gorila, kuda, sapi,kerbau,babi,dll)

    Berpikir : ini, mungkin, yang membedakan orang Indonesia dulu dengan bangsa2 penjajah (Belanda,Jepang,Inggris,dll) Kita bangsa sekti mandraguna yang bisa minta bantuan ribuan JIN untuk ini itu, termasuk, konon, bikin candi2, bangsa yang bisa membuat minyak dari air, yang KEBAL , tidak mempan dibacok , yang bisa ngrogo sukmo, dll. Bangsa kita yang sekti mandraguno ternyata dibuat …tidak berkutik oleh sekumpilan pedagang (Kompeni), bangsa ‘kulit kuning ‘ dan kulit putih yang lain …

    Tanpa bantuan jin2, aji2 ilmu kebal, bahkan Allah, bangsa2 penjajah tadi bisa mengalahkan semua orang2 sekti. Pakai apa ? Pakai …ilmu ( ilmu alam / fisika, ilmu kimia, matematika, sejarah,antropologi,bahasa , dll ) Piye jal ??

    Ngomong2, Oom Buddha pernah ketemu prang yang bisa berjalan di air. Ampuh dan sekti ta ? Ditanya sama si Oom, berapa lama dia belajar ilmu itu ? Dijawab, tiga puluh tahun. Oom Buddha bilang, weh apa …cucuk sampean belajar begitu sampai puluhan tahun, wong untuk menyeberang sungai pakai perahu saja murah, cuma seribu perak …

    Kang Mumpung Sepi,

    Iya , je, mungkin saya pemegang rekor disini dalam hal …usia. Nyaris mampus, saya ini …(-:

    slumanslumunslametslumanslumunslamet -slametsegaliwet (-:

  37. Selamat SORE dan SALAM kepada
    @Oom Wager (EMPU-nya Blog);
    @Para Pinisepuh;
    @Para Winasis-Waskita;
    @Para Warga Padepokan Mbelgedez;
    Para Alumni dan Para Sedulur Semua@

    Salah Sejahtra Oom Wager@
    Baru keingetan bahwa pada tgl. 31 Oktober 2016
    Saya mencatat (sayang kelupaan tdk di foto/dokumentasikan)
    Time : Tokyo 12.41.41, sedangkan Jakarta 11.41.41
    Ternyata Para Pengintip-nya mencapai 50 (online)
    Wouw….. keren abis skaligus menggembirakan & membanggakan…..

    By the way…..
    Di dimensi lain ada apa yaa sekarang ini Oom Wager….

    Let’s be smarter…….
    let’s be earlier…….
    let’s be faster……. ‘n
    let’s be doing better…….

    Rahayu Sagung Dumadi,
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez,
    Majulahdanjayalahnusantaraibupertiwimerahputihnkri

    1. Online 50 orang memang jarang2 terjadi Kang. Pernah juga terjadi online sampai ratusan orang. Saat itu hits perhari bahkan mencapai 30.000an.

      Ah, sepertinya ndak terlalu penting Kang. Saya malah lebih senang dengan statistik online seperti sekarang yang konstan dengan irama hitungan gerak jalan 1 sampai 4. .Wakakakkk……

      Ganti topik, padepokan sekarang lagi kosong selama beberapa hari karena simbah tinggal untuk expedisi ke pegunungan bersalju. Berharap para moderator dongbud lainnya tidak sibuk dan bisa ambil alih. Namun sepertinya aman2 saja, dan mudah2an tidak ada terror atau kerusuhan di padepokan abal2 ini.

      salam

  38. sallamun alaika sallam Kang Pejalan..

    hahahahaghh..
    Terkadang rahasia Tuhan memang di selipkan di sesuatu hal yang di anggap menjijikkan di anggap sepele di anggap kecil di anggap haram.

    Kita sering menelan mentah mentah wejangan para guru, kita jarang berpikir kenapa begini kenapa begitu.
    Itupun juga seringnya sang Guru bilang ” pokoknya begitu jangan di langgar ” kadang sang guru hanya bermodal hafal dan tidak memahami ajaran yang di ajarkan kepada murid.

    Prabu Dasamuka meiliki kesaktian dari beberapa Dewa.

    Gusti ALLAH

    IBLIS ~ Hyang ~ Malaikat

    Betara Betari

    Dewa Dewi

    Dorandoro Dorandari

    Widodoro Widodari

    Hapsoro Hapsari (Aki Among Nyai Among = wajahnya mirip kita )

    Manuso

    Raksasa Raksasi & para Brakasa’an

    Itulah tingkatan kelas kehidupan yang saya pahami dari dunia bawah sampai dunia Maha Tinggi.

    Weda Jawa itu sejarahnya JAWA itu sendiri.
    Bukan yang lain.

    Sementara itu Prabu Dasamuka pernah menguasai 3 Alam. Dan sayang nya saya bukan titisan Prabu Dasamuka.
    heheheheh..

    Masalah istri, lah saya ini masih single loh Pak Pejalan. Satu saja belum kok mau 5, hehehehehehe..
    waLLAHU alam bishawab..

    barokALLAH
    mugi manfaat
    RAHAYU

    1. Selamat MALAM dan SALAM kepada
      @Oom Wager (EMPU-nya Blog);
      @Para Pinisepuh;
      @Para Winasis-Waskita;
      @Para Warga Padepokan Mbelgedez;
      Para Alumni dan Para Sedulur Semua@

      Salam Kang HyaiDosoMuko@
      Heheheee……. Just kidding only Kang Hyai

      Monggo Sajian Week end untuk Paduka Prabu HyaiDosoMuko…..

      Smoga Paduka Prabu HyaiDosoMuko Sehat-sejahtra dan sukses slalu….. Aamiin

      Btw…….
      Apakah Puyuh-nya sehat-sehat..? Krn Unggas (Ayam) punya Teman yg usia 2 minggu – 2 bln pada sakit dan bergantian (ttp tdk mati, alias sembuh lagi), iklimnya hampir setiap hari hujan.

      Rahayu Sagung Dumadi,
      Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez,
      Majulahdanjayalahnusantaraibupertiwimerahputihnkri

  39. Sallam Pak Pejalan..

    Mugi Pak Pejalan juga diparingi sehat lan lancar rezeki… aamiin.. barokALLAH

    Gpp Pak Pejalan, saya ini tipe manusia yang sulit marah kok.. hehehe.. lagian kan memang di niati bercanda too..

    Burung puyuh saya sudah ada yang mulai bertelur. Alhamdulillah, juga ada yang meninggal. mungkin karena massa massa mau bertelur ini. Jadi bukan mati karena penyakit, tapi karena mau bertelur ada yang belum kuat mungkin untuk mengeluarkan telur tapi sudah produksi telur.

    Pak Pejalan saya kok di panggil Paduka Prabu ini nanti kalau leher saya cengeng gimana kelebihan beban kepala. heheehe..
    Tapi enjih monggo..
    dipanggil apapun saya ikhlas kok..
    dipanggil saja sudah seneng, kan berarti perhatian.. hehehe..

    1. Ya, benar Kang, itu foto penampakan Kang JS. Saya sudah minta izin dan juga pasang pengumuman di halaman diary. Nanti pengumuman akan dicopy lagi di halaman ini.

      Saya berharap nantinya foto itu akan terpasang permanen dan menjadi semacam trade mark atau ciri khas dari blog dongbud.

      Salam juga utk Kang Hyai, Ning Bluesea yg ada di bawah, serta semua warga dongbud lainnya.

  40. Sallam Mbah Wage As owner
    Sallam Pak Pejalan
    Sallam Mbak BlueSea Mbah JS Mbah BalaneDewa..

    Dan Semuanya saja..
    Mbah JS sampun sepuh tasih ketingal keren..
    Biasanya tiyang sepuh niku kan mboten purun ribet meng operasi kan HP pinter..lah ini Mbah JS Bukti nyata.. hehehe.. guyon Mbah..

    Siapa saja warga Padepokan Maya Dongeng Budaya yang mau mampir ke Kediri kabar kabar saya. Tak traktir makan.

    Sallam..

  41. WARGA DONGBUD = semua rekan yg biasa berkomentar, diskusi, tidur2an, menginap atau nyepam di blog abal2. Blog ini tdk menggenal istilah pengunjung dan tuan rumah, yg ada adalah istilah warga dan tukang seduh kopi.

    ALUMNI DONGBUD = para warga yang telah wisuda, lulus, waras, sembuh dan melarikan diri dari blog abal-abal

    1. Selamat sore buat,
      @ para Pinisepuh
      @ para Winasis Waskita
      @ para Warga Padepokan Mblegedez
      @ para alumni

      Monggo sajian weekend silahken dinikmati

      Rahayu sagung dumadi
      Huahahaha 😂 😷 💉

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.