Dewa Siwa, Agama Siwa dan Shaivism

Penulis: Wage Rahadjo.  Tulisan berikut mencoba mengulas tentang sejarah, legenda, mitologi Dewa dan agama Siwa. Sekali lagi tulisan ini bukanlah membahas tentang dogma tapi lebih menekankan pada sisi mitologi dan pengetahuan umum semata.

Etymology : Apa itu Dewa ?

Dewa (Sansekerta: deva) berasal dari akar kata “dev” yang artinya bersinar. Dalam bahasa Latin “deus” berarti dewa” dan divus berarti bersifat ketuhanan. Bahasa lainnya relatif mirip yaitu Deity (Inggris), Dieu (Perancis), Dio (Italia), Dievas (Lithuania), Dievs (Latvia), Deiwas (Prussia) dll. Kata-kata tersebut dianggap memiliki makna sama. Sedangkan Devi (atau Dewi) adalah sebutan untuk Dewa berjenis kelamin wanita. Para Dewa (jamak) disebut dengan istilah Devatā (dewata). (Wikipedia). 

Siapa itu Dewa Siwa ?

Siwa adalah dewa yang sangat populer dan penganutnya (Shaivism) banyak dijumpai di belahan negara Asia Selatan termasuk Nusantara. Agama Siwa ini diperkirakan disebarkan ke Indonesia pada awal tarikh Masehi dan mencapai masa keemasan pada masa kerajaan Majapahit.

Lho? Sebagian pembaca mungkin bingung membacanya. Koq agama Siwa sih, bukannya Hindu? Ya, Anda mungkin benar, tapi saya lebih senang menyebutnya dengan istilah agama Siwa. Kenapa? Karena pada masa kerajaan pra Islam di Indonesia, istilah agama Hindu sama sekali belum dikenal. Kata Hindu sendiri adalah istilah baru yang dipopulerkan oleh pemerintahan Inggris di India untuk merujuk pada “ratusan” agama yang ada di lembah sungai Sindhu.

Bukti berkembangnya agama Siwa di Nusantara, tampak jelas tertulis pada kitab-kitab lama seperti Sutasoma yang menuliskan agama resmi pada masa itu adalah  agama Siwa dan Buddha. Hampir semua candi-candi Hindu yang ada di Indonesia pada zaman pra Islam lebih tepat disebut candi Siwa. Kompek candi Hindu terbesar yang kita kenal dengan nama Prambanan, menurut prasasti Siwagrha nama aslinya adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta) yang bermakna ‘Rumah Siwa’.  Kemudian agama Hindu yang masuk ke Bali dikenal dengan istilah Siwa Sidanta.

>>Setuju atau tidak setuju, saya tetap lanjut nih…….

Kembali ke topik, Siwa adalah dewa yang sangat populer dengan ciri khas dan atribut yang mudah diingat yaitu berpakaian kulit harimau, memegang tombak trisula, berkalung ular kobra dan di gelungan rambutnya terdapat hiasan bulan sabit. Dewa Siwa sering digambarakan memiliki tangan empat dan penggamaran ini banyak ditemukan pada arca candi di Indonesia. (Saya sengaja tidak menampilkan gambarnya).

Perwujudan lain dari Dewa Siwa yang tidak kalah populernya adalah Lingga (atau Linggam) arca bulat lonjong dan memanjang yang di Indonesia sering dipasangkan dengan Yoni menjadi Lingga Yoni.

Disamping perwujudannya yang sangat banyak, Dewa Siwa juga memiliki banyak nama seperti Jagatpati, Nilakantha, Paramêśwara, Rudra, Trinetra, Parameshwara, Mahadeva, Dewa Guru dll.  Siwa memiliki sakti bernama Parwati dengan manifestasinya sebagai Dewi UmaDurga (Parvata), Kali dan Chandika. Sakti atau Shakti memiliki penjelasan yang rumit,  namun terjemahan mudahnya adalah istri atau pasangan. Kemudian anak dari pasangan ini melahirkan Ganesha, Dewa berkepala gajah symbol pengetahuan. Universitas negeri terkenal di Yogyakarta menggunakan Ganesha sebagai symbolnya.

Pemujaan terhadap Dewa khususnya Siwa adalah tradisi yang unik dan mungkin juga membingungkan. Dewa Siwa dipuja dan digambarkan dalam berbagai rupa dan bentuk. Kemudian sebagian orang yang lebih memilih untuk memuja Shakti atau istri Siwa sebagai obyek pemujaan favoritnya. Para pemuja Sakti ini disebut dengan Shaktism.

Duh, pusing bin membingungkan bukan?  Nah, itulah mythiologi menurut saya. Anda mungkin tidak setuju dengan saya karena menyebutnya mythiologi namun yang jelas, perwujudan Dewa Siwa hanya bisa dipercaya atau dibaca pada gambar, arca candi, cerita atau tulisan saja. Nah, inilah yang disebut dengan agama atau kepercayaan.

Dewa Menyeramkan tapi Pengikutnya “Cinta Damai” (?!)

Siwa dianggap sebagai Mahadewa atau Mahaguru oleh pengikutnya. Memiliki kekuasaan mutlak sebagai pencipa, pemelihara dan pelebur. Karena kekuasaannya yang demikian besar maka kadang digambarkan dengan perwujudan yang menyeramkan atau menakutkan.  Tuhan digambarkan menakutkan, menyebarkan ancaman, hukuman dan sikasaan neraka bagi yang membangkang dan kadang cara-cara seperti ini sangat efektif di masa lalu.

Penggambaran seperti ini tampak jelas pada pengikut aliran Bhairawa, yaitu Dewa Siwa digambarkan sebagai sosok raksasa besar yang menakutkan.  Raja Adityawarman, pengusasa kerajaan Melayu yang berlokasi di Minangkabau dipercaya sebagai pengikut Siwa sekte Bhairawa. Arca Bhairawa yang sangat besar atau bahkan terbesar di dunia (?) berasal dari wilayah tersebut.

Kali and Bhairava (the terrible form of Shiva) in Union, 18th century, Nepal

Sekarang yang menjadi pertanyaan menarik, dengan penggambaran dan perwujudan Dewa Siwa yang begitu menyeramkan, apakah para pengikut dan penyembahnya juga beerprilaku setan, rusuh, onar dan menakutkan? Entahlah, dari sisi prilaku (bahasan favorit dongbud) kadang tidak ada korelasi langsung antara agama, sesembahan dan prilaku. Raja Adityawarman sebagai pengikut Bhairawa contohnya, sama sekali tidak memiliki catatan buruk pada masa pemerintahannya.

Apakah Dewa Siwa adalah Tuhan?

Bahasan penutup yang mungkin menarik: Apakah Dewa sama dengan Tuhan atau cuma malaikat atau bahkan mungkin Jin?

Bagi pengikutnya Dewa Siwa dianggap sebagai Tuhan, manifestasi Tuhan atau apalah namanya. Sedangkan di kelompok agama lain tentu saja sebaliknya alisa menyangkal. Jadi bagian ini sepertinya sudah sangat jelas dan tidak perlu didebat.  Di bagian atas sudah saya tuliskan bahwa artikel ini bukan membahas tentang dogma tapi membahas sisi mityologi atau pengetahuan umumnya.

Opini pribadi saya, bahasan tentang Siwa dan juga dewa apa,  jin, malaikat, dll tidak lebih dari mythiologi atau imajinasi budaya semata. Mau disembah, dipercaya ataupun disangkal si-empunya tidak akan bisa protes. Lha, gimana mau protes wong cuma imajinasi? Bahkan menurut saya, tuhan sekalipun tidak lebih dari imajinasi atau mythiologi kalau sudah digambarkan seperti manusia. Contohnya adalah tuhan yang punya nama atau panggilan, salah panggil nama tidak noleh, punya sifat, pilih kasih, girang kalau dipuji, bisa marah guling guling, duduk di singasananya ataupun ngumpet di langit ketujuh dll

Pesan penutup di topik hari ini: Dewa, jin atau bahkan tuhan sekalipun tidak lebih hanyala kepercayaan semata.  Prilaku rusuh dan onar bisa dilakukan oleh kelompok mana saja, tidak terkecuali oleh perkumulan orang-orang suci sekalipun. Pemuja setan bisa berprilaku baik dan sebaliknya, orang suci juga bisa terjebak berprilaku setan.

Demikianlah bahasan ngawur dan abal-abal tentang dewa Siwa.

wager.png

Referesi :

Keterangan gambar depan; Siwa Nataraja. Tarian Siwa saat memutar semesta. Dibuat pada masa Chola dynasty (Los Angeles County Museum of Art)

.


| Go to Top | Halaman Depan | Tulis Komentar |


68 thoughts on “Dewa Siwa, Agama Siwa dan Shaivism”

  1. juga,san ali jabaranta siti djenar selain master tasawuf master falsafah manunggal kula lan gusti,jabaranta juga driwayatkan menempa ilmu siwa pada para resi begawan kerajaan padjadjaran..dan sidartha goutama datang dia adalah dewa yg menyempurnakan agama siwa ..itu menurut riwayat..gayatri mantram sewarna dgn alfateha. Salam mbah wagerr.

    1. blog ini judulnya abal2 tapi isinya jempol..rupanya simbah wager sama dgn mbah jenggot ya?…saya berharap tuan widjil midjil,rajadewa,nurkahuripan,spwp,js..dewi prabu haryangkencana etc sudi bagi2 wejangan tentang siwadev…sayang se x salah satu master siwadev pakgel2 sudah wafat,beliau shiwa fans sejati, kebetulan sy kenal dgn beberapa eks muridnya yg sering nongkrong dibintaro..belenggu harus dlepas,ayoo parah simbah dataaang,salam hormat from RP..salam ( saya lg blajar berbahasa yg umum hehe harap maklum kalau banyak stagnannya,mksh)

    2. Salam damai dan rahayu Mas RP…..

      Saya hanya menyimak saja , tidak menulis dulu , karna bisa kena semprit…..

      Hanya menyampaikan sedikit info , semoga ke 2 beliau ini yth tidak marah kepada kami….

      Semar dan Budha seakan menyatu atau menjadi 1….

      Panjenengan semua bebas untuk menafsirkan info ini…..

      Salam damai Nusantara….

    3. @Kang Raden,
      wager, jenggot uban orangnya sama. Apapun namanya yang jelas avatarnya sama.

      @ kang JS,
      Kadang nyesal telah main semprit. Para sedulur jadi pada lari enggan berkomentar. Semprit telah dibuang diganti dengan…………pentung. Wakakakkkk……

    1. Budha dan Semar menyatu menjadi 1 , berujud seperti huruf ALIF , bersinar terang warna neon……

      Memang gambar yang datang sering membingungkan…..

  2. selamat pagi,

    Hehehehhe blog sabda langit lagi serius dan blog itu selalu serius…..sepertinya mengenai siwa ini agak sedikit penulisannya hanya supaya saya terpancing untuk ngomong padahal gak tahu apa2 juga hehehehhe…senang saja gak dibawa serius takut stress!!!! Menurut saya ini saya yg cerita ya benar atau salah tolong di anggap abal2……Lambang dari Vishnu adalah mewakili personafikasi Tuhan…Tuhan Itu memiliki baju alam semesta karena Tuhan ini adalah wujud murni dari segala wakil partikel yg ada, nah Tuhan menggunakan baju Vishnu sebagai wujud datang ke alam material dan alam non material ini sebagai wakil kekuatan besar saja atau roda penggerak jaman perubahan yang dari jaman kertha yudha sampai jaman kali yugha dalam jaman2 itu selalu manifestasi simbol Tuhan itu akan hadir sebagai berkat yg tidak terikat dengan karma atau partikel pengikat kosmik…..nah baju2 alam itu juga terbuat dari bahan2 karma khusus untuk sebagai penggerak nya seperti uap panas yang akan bisa menggerakan lokomotif itu diperlukan mesin uap bukan kalo uap itu sendiri adalah murni energi……nah siwa adalah baju terbuat dari sifat2 pelebur dan dia ada sebagai penyeimbang alam dan penghancur sekaligus pemelihara yugha atau jaman.

    Tahapan Vishnu itu atau simbol yg sudah dikenal alam sebagai kekuatan murni Tuhan itu masuk kedalam Tubuh siva yang lagi dalam tapa yg sangat2 lama ditandai oleh terbukanya mata sang penghancur sekaligus pemelihara karena ada sifat maha kuasa Vishnu disana.

    Saya mendongeng ini menceritakan yg dalam wujud awal kemurnian bukan pemikiran yg dewa vishnu dan tri murthi itu…….

    lanjut sebelum ngantuk……nah dalam terbukanya mata siva tersebut berarti akan terjadi pralina atau pemusnahan atau pensiunnya para dewata dan pemimpin2 penyelaras bumi…….mereka akan ditarik masuk dalam keadaan vishnu murthi……

    Nah Siva ini akan menari dan berwujud siva nataraja yang kalo jaman2 heboh kiamat 2012 itulah sang Shiva menari dengan suara alam lonceng kecil2 terdengar dalam setiap tariannya dan simbol tariannya adalah seperti lambang atom yg ada cincin2 mengitari sebuah atom itu……..

    Terbukalah alam2 pergantian…ada yg melawan akibat terlalu nikmatnya menjabat dalam satu kalpa……kalo gak salah 12 – 12 – 2012 gitu simbol kosmik bhumi ini menari…….

    nah dalam tahapan tahapan pergantian itu lah semua akan tergantikan bencana yg timbul karena tidak adanya tahapan2 kepemimpinan dan hanya satu kepemimpinan sekarang yang disebut Shiva Nataraja.

    semua baju alam semar sampai baju kanjeng roro kidul pun sampai raja tuyul pun tertarik terlebur untuk menyambut jaman baru yaitu jaman kertha bhumi……

    setiap jaman sebelum jaman kali tugha ini tidak ada namanya penyembahan jin dan lainnya dan semua serba kecukupan nah semakin pudarnya dharma atau kebenaran dalam tahapan jaman ada jaman2 lahirnya awatara atau baju2 kosmik sang maha vishnu……

    nah baju2 awatara2 ini juga dilebur dalam keadaan yg disebut kalki awatara…..Sang awatara yg terakhir yg mungkin tak akan pernah terlihat karena wujudnya yg kosmik…….dan dalam peleburan ini………yang uniknya Shiva punya peliharaan yg namanya Bhoma sang penghancur yg disimbolkan pada wajah sebagian energi binatang dan sebagian lagi wujud energi tumbuhan………nah ini akan ikut serta membumi hanguskan bhumi secara spiritual……bencana2 yg akan ada..wakil lebih kasar dari wujud sang pencipta shiva nataraja……….yaitu BHOM A….bom Atom partikel yg paling kecil dengan kekuatan maha dashyat, hehehehe manusia punya sekarang bukan?

    Nah mungkin kalo gak salah kalo dia lahir dan mengendalikan semua itu dia akan berwujud sebagai satria piningit mungkin tapi yg dimiliki dunia bukan hanya Indonesia kalo pemikiran dongeng saya……………hahahahahahha, jadi kalo bilang2 satria piningit itu lingkupnya Indonesia saja terlalu kecil.

    Tapi jangan salah semua dilakukan sang kuasa itu adil dan lawannya juga berhak melawan sebagai ayaan bagi benarnya kehadiran sang kalki! awatara2 berbentuk kepala babi adalah awatara terakhir…….si patkay itu! hehehehhe dia adalah penyelamat bhumi dari kehancuran lo dari moral manusia yg sangat bejat…….dewa perang si patkay itu wuudnya seperti ganesha yg berbelalai pendek……..

    itu semua simbol dan dilarang keras percaya dengan dongeng si blackbird ini……namanya juga burung hitam…….

    nah lanjut dikit lagi dalam simbol ini antara kepercayaan India pun sulit dikatakan bukan Tuhan sejati adalah simbol shiva atau vishnu atau malah brahma……
    itu semua adalah nama dalam pengertian orang masing2…tahapan terakhir adalah tahapan sang vishnu berlutut kepada shiva untuk meminta restu penghancuran….nah mana yg disembah mana yg dijunjung…karena semua adalah simbol partikel Tuhan dalam kesejatian yang kelak akan melahirkan brahma sang pembuat alam baru ini………

    selamat datang di jaman kertha bhumi kita adalah jamn pembukanya yg dalam satu kalpa atau semua jaman kita sangat beruntung berada diantaranya…..diantara jaman tergelap dan jaman terang….yin yang!!!! alam keseimbangan sejati karena diatas alam2 ini ada alam2 yg haru seimbang antara jaman terang yg berangsur2 gelap dan akan terbit lagi jaman terang…….habis gelap terbitlah terang adalah bahasa sang Wedha yg dibaca ibu kartini……………dan terkenal sampai sekarang.

    Tapi kayanya belum sampai Brahma lahir ya tahapannya masih sang vishnu menyembah sang shiva……….aneh memang kalo di gunakan pakai nalar bukan? tapi sudahlah wong dongeng budaya yg tersisa dikepalaku kok…gitu sewot sendiri si blackbird ini……..

    sudah sampai sini dulu dongengnya nanti kalian ngantuk bacanya si blackbird mohon pamit mau nonton film club fight…itu juga dibuat sama yg mengerti cerita ini lo tapi versi bule…….sang satria piningit itu versi bule………………………….

    Love you all

    1. Alam Kang Blackbird,
      Dari dulu Akang tidak pernah berubah. Nulis komentar tidak pernah tanggung-tanggung, selalu sampai tuntas. Ada yang berubah nih. Sekarang pakai spasi? Jadi lebih enak bacanya kang. Salam selalu.

  3. baru sy nemu karakter yg sampurno dikarakter siwa. Halus sy seperti tertegun walau hanya berupa nonton filmnya. Om namah shivaya..pantes saja almarhum habib mengatakan 1. Nanti jika dkening akang nampak jelas sekali itulah waktunya 2. Jodoh akang bidadari no 1 dikahyangan?satiii,dia akan manitis dan masuk ke salah satu partai tertua di indonesi?dicari2 mulai PNI marhaenis sampe diubek ga ketemu?ada yg tau, 3. Jodoh akang sblum manitis punya kehidupan dlaut 4. Nanti 8penjuru mata angin akan menyatu dgn akang, oh 8 dewa penjuru mata angin formasi cakra manggilingan, 5. Akang akan dlantik dkalimantan memakai jubah raja pertama nusantara?kapannya? Hehe. 6 siklus sedulur 9? Siliwangi ke 9? Atau saudara 4dluar,5panca bhuta saudara yg didalam? 7 mana berani jin setan merkayangan menampakan wujud dhadapan akang?pantes gapernah nemu setan, 7. Segeralah buka sabdha pandita ratunya sbg satria penenget ,kemudian habib dadak2 wafat setelah menjabarkan itu,ah bikin bebal otak saja.capek menelusuri dongeng si habib. Ternyata inyong ada kaitan antara halus inyong dgn siwa? Wah mumet..pantes aja jin pada silau,sati datanglah kasih..

  4. dan yg pasti sy nanya,jadi sy harus gimana? Apakah blajar kalem,blajar tenang atau seperti gmana! Dia menjawab jadilah akang seperti apa adanya?? Weleh aku typikal orang ga kaopan kesinggung sdkt wus apalagi ditoel ngapain lu noal noel jelek sekali hawa perbawaku gemrungsung,yg pernah nangkring dieddycoret atau sabdo,karakter RR gak jelasyah? Ga bener ejaan xyznya,harap maklumlah. Tp aku senang diblog ini jangan diusir bos wageer rdlf supratman,hehe..pantes saja saat keningku sktnya minta ampun sampe mrembes air sisuheng gng ciremai cuma blg godog mawar sama kmbg soka merah. Dgodog ,wow warna air dadi kaya getih,diminum plong aneh,ternyata kmbg soka wujudnya kaya trisula aku kaget ada ada saja,mawar?oh rupanya raden jaman dulu suka makan kembang, lama2 stres aku ,pangapunten para simbah aku memang begini..salam..

  5. ngetik lg, flashback oo rupanya yg dulu wujudnya kaya bikhsu pake jubah merah tinggi besar botak rupanya tuan budha?dia nancepin trisula dipundak pas dbwah leher dtengah2 walikat,gasalah tuhya memberi mandat trisula ke orang sepertiku? Kalian ini gmana aku msh jomlo pengangguran ga pada bantu bisanya cuma mengumpulkan beban dahulu dan masa depan diwadagku yg bungkuk ini. .ingat kisah raden angkawijaya dilahirkan biksuni di jateng,sampe2 papah in memberi hadiah borobudur pada para biksu dan biksuni,tapi tetap saja dturunkannya di bandung parahyangan..wah aku ini harus menjalankan tugas tp tdk difasilitasi,.capek deh…suheng tak tanggung2 akang didampingi prabu alias isa as,wah payah capek uy..masa satria penenget kere? Judulnya skrg lg buat saung dpinggir balon mau buka harta amanah kan kuncinya disayah?ah masa? Harta pakarno?bukan,harta prabu? Iya tp dkt.harta raden angkawijaya kumara tunjung putih semune bungkuk udang hehe,iyaa,kan ada yg jaga?brani ga?kuat ga? Ya kuatlah kan nanti aktif mustika dr para dewa dhalus sy, apa aja? Trisula,brajamusti,cakra,tumbak siwa,ikat pinggang cincin putih mata satu narada,ciung w.cakrabwana,sapujagad? Bener ga neh? 10orang waskito mengamini? Kapan dbukanya harta? Saungnya aja blum jadl uy. Parah.parah.

  6. tidak mungkin sy melahap semua artikel tentang ini itu,memory orang ada batasnya, fikiran sy jadi labil ko begini ko begitu, sempat sy baca buku muslimin dan muslimat karangan adjar padang,me ngenai hakekat ma’rifat. Manusia itu intinya marifat dulu,mengetahui sejatinya siapa diri siapa tuhan,jadi pas menjalankan syariat bentuknya bukan semata2 karena kewajiban tok,tdk djalankan dosa dijalankan pahala.jdnya hanya dosa dan pahala,bukan sebuah manisfestasi dari kesadaran diri akan rasa syukur pada tuhan yg tlh menciptakan, ajaran ini tdk ada di hadist lah apakah haram atau bid’ah? Tp sejujurnya isi yg sesungguhnya hadir dari buku2 seperti itu. Ajaran siwa mengedepankan harmoni dan darma. .kerancuan takut neraka,gadpt pahala malah membelenggu,.dicari pemahaman yg universal yg mengedepankan dharma. .salahkah aku tuhan jika aku tidak solat, salahkah aku tuhan jika aku sampe tidak beragama? Namun mensarikan seluruh rahsa dari semua agama adalah kejujuran kebenaran dan jalan yg lurus. .karakter yg membuat aku diam adalah siwa??oh tuhan. Alguran sudah kurampungkan hadis sudah kuterawang, namun aku masih blum tenang,.aku tidak bisa hanya mendoakan hanya kaum muslimin saja?tdk adil, gmana dgn kakeku ,buyutku pendiri kepercayaan permai? Apakah alfateha tdk sampai kemereka?

  7. agama permai? Tdk diakui? Padahal isinya penuh dharma. Penghayatan tentang gusti,tentang diri,tentang alam,tentang berkehidupan tentang semua hal yg menunjukan jalan hidup ini harus jadi orang yg baik jujur bener ,yg eling pada tuhan…kagusti numaha suci,kapangeran numurbeng alam manggakeun sadaya daya,buuk salamar,getih sakeclak tulang saiga …siliwangi,siliwangi. Apakah jika aku kebetulan benar pemegang amanah harta pasundan,harta itu buat siapa? Apa karena aku islam hanya untuk islam? Atau islam yg dikedepankan? Bukankah manusia yg paling mulia dihadapan tuhan adalah orang yg plg bertagwa? Dan tuhan sendiri berkata,” wahai manusia apapun agamamu kau mau nasrani,islam,yahudi atau penyembah dewa sekalipun kalian semua kuterima disisiku asal ada dalam jalan kebenaran”..ow tuhanku Allah swt, , aku sudah merangkum alguran khusus ingin memegang namaMU,sifatMU,keesaanMU,kebesaranMU..tetap aku blum puas, dalam sunda wiwitan ada kalimat Tuhan itu ada ditempat terang tanpa purnama, bernafas tanpa udara. Dan Tuhan bersemayam dimandala9 mandala agung jatiniskala, dosakah aku jika memetik wangi dari luar islam? Murtad,ow murtadkah? Miris rasanya melihat para muslim memakai koko dan topi haji namun tata pribadinya tdk layak,sepertinya tuhan hanya mengasihi islam,dan mereka merasa suci,dakhsa norma tdk ketara,gung adigung ? Wah wah wah kumaha ieu?

  8. ada kisah seorang muslim sejati,koko dan kopeah slalu dpakai tiap hari,dia memiliki ilmu hikmah tinggi,pake km etc mudah. Satu saat dia ketiban ilapat ada harta disuatu tempat,acarapun dilakukan,sesaji diberikan,munajat pada Allah semoga hajadnya terkhobul,wiridpun dilantunkan,beledug 4peti keluar. Alhamdulilah, beberapa btg dia sodakohkan beberapa hari dia selamatan dan syukuran. Namun sayang tdk ada gugur angin 5 saudaranya meninggal dalam tempo 7hari. Wah itumah takdir. Tp dia coba terus untuk menjual,neneknya muntah darah,ada apa ini? Ternyata itu semua akibat emas itu,tapi kenapa? Dia ritual minta pada tuhan,dia ksh sesajen buat penunggu brg,dia sodakohkan dia syukuran, dia lupa, harta itu punya siapa? Dan untuk siapa?siapapun orangnya agama apapun dia, dan tujuannya menurut dia benar beramal,ternyata brg itu brg amanah, brg untuk rakyat, benarkah dgn sodakoh dan membagikan dan diperuntukan untuk tujuan baik itu sudah benar,dikacamata dia ia benar,tapi brg itu sudah jelas peruntukannya, adil itu tdklah mudah dbyangkan dipraktekan..adil menurut empunya brg bkn begitu..contoh dulu mentri agama membongkar salah satu area dibatu tulis.ada harta siliwangi,ada harta pakarno, ibu mega mengizinkan,dia putra bungkarno dia presiden pemimpin ratusan juta rakyat. Tujuan beliau benar ingin mensejahterakan rakyat demi negara, tp blum tentu itu adil dpandang para leluhur khususnya siliwangi,jd siapa yg bisa mengangkat harta itu?tanya aja langsung keprabu, kata pakarno ini harta rakyatku bkn anaku,kata siliwangi akulah yg akan membuka sendiri karena hanya aku yg berhak dan mampu membukanya,bukan sekar jagad atau lainnya. Hem hem

  9. @mbah jenggot uban

    setaw saya shiwa itu dewa pelebur

    kutipan dari tulisan si embah :
    “Siwa dianggap sebagai Mahadewa atau Mahaguru oleh pengikutnya. Memiliki kekuasaan mutlak sebagai pencipa, pemelihara dan pelebur”

    bukan nya yg benar
    Brahma = pencipta
    Wisnu = pemelihara
    siwa = pelebur

    1. @ Kang Anonymous,

      Apa yang Akang sampaikan sama sekali tidak salah. Menggunakan acuan konsep Trimurti atau ajaran Hindu standard memang seperti itulah jawabannya.

      Namun perlu dipahami bahwa Hindu adalah gabungan dari “banyak agama” seperti Shaivism, Vaishnawa dst. Kemudian Vaishnawa juga memiliki banyak sekte seperti Sarasvati Math, Gerakan Kesadaran Krishna dll yang memuja Krishna sebagai Tuhan tertinggi atau memiliki kekuasaan mutlak.

      Siwa adalah Mahadewa alias dewa tertinggi bagi pengikutnya. Dengan menggunakan acuan Trimurti, tentu saja salah, karena Brahma-Wisnu dan Siwa adalah tunggal, tidak ada yang lebih tinggi atau lebih rendah.

      Jadi tulisan saya di atas adalah ditulis dengan menggunakan acuan ajaran agama Siwa, bukan dengan konsep Trimurti atau ajaran agama “Hindu standard”.

      Semoga jelas.

  10. ijin nimbrung. Dari artikel2. 3 dewa utama yg punya peranan penting adalah brahma,wisnu dan siwa. Dari ke 3 dewa itu menjadi 1″sistem keseimbangan alam” mereka bukan tuhan yang maha esa,tetapi perwakilan dari tuhan. Brahma hanya sbg gudangnya brahman/tuhan yang maha esa..siwa sbg pelebur tgsnya jelas sebegai “pembaharu/update”..yg usang diperbaharui..mereka “menikah” dan punya “anak”. Tiga dewa ini mengemban tugas2nya msg2. Dan mereka punya pemuja masing2…pemuja siwa dalam siwa hindu….dan begawan resi pasundan dmasa lampau adalah pemuja dewa siwa..termasuk siti jenar jabaranta menemukan manungaling kaula gusti dan bertajali adalah dari para begawan resi masa padjadjaran. .ahli spiritual mengatakan aura gayantri mantram sama dgn alfateha…Dan krhisna adalah penggabungan ke3 dewa trimurti,hanya manisfestasi tuhan bukan sejatinya tuhan yme. Tuhan esa tiada duanya. Tuhan tidaklah sama dgn ciptaannya. Seluruh ciptaan tuhan menyatakan bahwa DzatNYA WUJUD..salam.

  11. Hee,,topik yg menarik mbah…
    Kalau boleh ane ikut berkomentar…supaya bisa saling share dan saling berbagi mbah. Paling tidak bisa menambah info
    Mengenai siwaisme,..
    Menurut yang ane baca maaf kalau salah.. siwaisme itu dari india merupakan ajaran yg dibawa oleh bangsa arya. Bangsa arya ini datang dari eropa celah kaibar dan menyebar sampai asia tengah ( arab, persia, dan india) jadi ajaran ini diperkiran sebelum adanya agama lain termasuk kristen, islam, budha. Termasuk di persia menyembah api sebagai bentuk manifestasi agni (dewa api dalam hinduisme) jadi kemungkinan merupakan kepercayaan tertua.

  12. siapakah sejatinya ratu sekarjagad wijaya kusuma? Ada yg faham? ..diblog kijakatolos wongedan bagu ratu sekar jagad adalah dewi samudra, krk dan dewi lanjar pengawalnya yg menguasai laut selatan dan utara? Mohon pencerahan jika ada yg berkenan. Mksh.,dan rupanya islam abangan sunan jabaranta dan sunan x cikal bakal “kejawen”?? Dan jika siwa bermata 3,brahman/tuhan bermata 6? Hemmm. .sy susah nyari artikel ratu sekarjagad,,mohon pencerahannya tuan wager,wijaya,nurkahuripan,js,db etc.salam

    1. Waduh maaf Kang RP, pengetahuan saya nyaris nol tentang topik ini, jadi sekali lagi minta maaf tdk bisa jawab.

      Menurut saya, cerita tentang dewa, mata 3, mata 6 dst tidak lebih dari mythiologi yang tidak akan ada pengaruhnya terhadap kehidupan keseharian. Kemudian tentang sejarah kerajaan, kejawen atau raja-raja masa lalu, saya lebih suka mengambil rujukan pada pakar sejarah. salam

  13. Salam simbah dan poro sedulur semua@
    mohon maaf,selalu telat ikutan..hhe…
    Shiva itu maksudnya adlh “Yang Maha Suci..”
    bukan gambarnya yg sdg duduk,bermata 3,mengenakan kulit harimau dan pegang trisula,.bukan itu..
    Itu hanya upaya para bijak masa lampau,utk menggambarkan sifat2Nya..
    Syiva adalah manifest,perwujudan Tuhan yg paling tinggi,dalam unsur maskulin..utk skrg(khususnya Indonesia),manifest Syiva yg paling tinggi adalah Al’Khaidir..
    Sementara ShaktiNya,Parvati. adalah ibu Pertiwi/kanjeng Ratu kidul(bukan jin/siluman berpakaian hijau itu)..
    Rahayu..

  14. weleh2 embah nurkahuripan sy mau tanya 1. Pamanahrasa kecil katanya diasuh ki ghedengsindakasih? Jika benar lokasi eks kediaman ki g.sindangkasih itu jaman skrgnya dimana? 2. Siapa sejatinya ratu sekarjagad? 3. Rakean kalangsunda skrg dimana berada? 4. Siapa sebenarnya kipancarupa yg menitipkan kujang kerakean? Mksh ki

  15. @ Diahkuningrum,
    Duh pertanyaan berat nih, tapi tidak untuk kang Nur,

    @ Kang Nurkahuripan,
    Telat ndak apa-apa, ndak akan didenda atau pinalty koq. Masih lebih baik dibanding hilang tanpa bekas……
    Saya setuju Kang, gambar hanyalah sekedar image atau imajinasi pembuatnya. Di tulisan ini, gambar hanyalah sekedar ilustrasi, kasih gambar bunga juga boleh2 saja.

  16. Salam simbah@ haha,.semoga kehangatan selalu memayungi keluarga simbah..
    Salam mbakyu diahkuningrum@
    jawaban sekedarnya yah mbakyu..
    1.pemanah rasa kecil itu kamu sendiri.itu sukmasejati kamu..
    Benar mbak,.itu ada didekat lokasi t4 tinggal kamu,.di jateng,dekat2 merapi..nanti beberapa masa ke depan,akan kenal deh sama beliaunya..jika wadag mbakyu dinyatakan cukup..
    2.ratu sekarjagad itu sejatinya nyimas gandasari..itu ada didaerah perbatasan cirebon-kuningan..di lereng ciremai,desa pagargunung..skrg panggilanya emak Gunung..(wah,jadi mbongkar rahasia nih..mhn maaf yah mak)..
    3.rakean kalangsunda itu masuknya sm bapak2 berusia 53 thn di perbatasan padalarang-bandung..tapi beliaunya berfaham islam kental..bingung dia beda faham,antara hati dan pikiran..
    4.ki pancarupa itu hakikatnya raja pakuan/pajajaran itu sndiri..ada diantara trah prabu wangi..
    Rahayu..

  17. merangkai napak tilas. Lama nian 20thn. Namun setelah ketemu hujungnya. Malas yang ada. Wong sudah pada pinter semua. Pada mikirin dirinya masing2. Buat apa aku muncul cul cul? Ada yg memaksa karena “minta bagian” hah. Cepedeh..panca warna,pancaghaib.panca apalagi? Bgs tenan makam nabi seth dan yunus di hancurkan. Yg muslim dan kristen terperangah,hah? Yg budha,hindu etc peduli amat,siapa seh seth,yunus? Lah yg ngehancurken makamnya orang isis islam irak suriah, orang islam kenapa menghancurkan makam nabi? Islam apaan yah? Kok aneh ugh aneh jika mereka tdk faham yunus dan seth’? Walah2 semar dan para sanghyang sampe nurasa ko diam aja? Apan seth bapaknya para dewa? Jadi. Kita tonton saja. Yg beragama aja acak kadut apalagi yg tdk beragama akunya bisa mengalahkan Akunya si TUHAN? Benar orang kristen nganggap isa tuhan,seperti jenar,krisna etc. Tp mereka lupa bkn isa krisna saja yg tuhan. Kalian semua adalah tuhan. Ya asal kalian adalah tuhan itu sendiri. So siapa yg akan bertanggung jawab ,kamu?? Ah masaa. Jadi aku? Satria penenget? Malas aku membahasnya. Pamanahrasa mundingwangi jayadewata raden angkawijaya?? Jika aku. Maka akan kuratakan semua dunia. Kecuali hewan dan tumbuhan juga air api tanah dan udara. Akan aku sisakan manusia pilihanku. Biar tidak ada negara,agama dan kepercayaan…ow ow

  18. maf ema gandasari? Tp kepamanah rasa jayadewata mundingwangi sribaduga siliwangi berani berkata “kamu” hebat nian kangnur. Mantap. Pencari keris pamanah rasa ada diciwasiat sindangkasih..kunci buat ngejeplak harta amanah juga? Haha. Gandasari putri yg maling mustika cakraningrat? Bulit hahaha.

  19. Begini kang Rp,.dalam dunia hakikat..dikenal dgn istilah clonning..
    Pisau dapur,racun,penyakit,mobil,dll adalah clonning dari malaikat izroil/yamadipati..
    Atau yth.yesus,yth.gautama,yth.al’halladz,yth.lemahabang..sama saja,.itu adalah clonning daripada “kesadaran..”

    Begitupun dgn sri baduga yg saat ini sudah berada disisiNya..beliau pun sama halnya dgn yamadipati/sang kesadaran itu..
    Maka,beliau jg hanya tersenyum,saat seseorang mengerti.bahwa orang trsbt tengah menjadi spirit/clonningNya.
    Bukan gak terima..
    Beliau sudah “muthmainnah”..

  20. Begini kang Rp,.dalam dunia hakikat..dikenal dgn istilah clonning..
    Pisau dapur,racun,penyakit,mobil,dll adalah clonning dari malaikat izroil/yamadipati..
    Atau yth.yesus,yth.gautama,yth.al’halladz,yth.lemahabang..sama saja,.itu adalah clonning daripada “kesadaran..”

    Begitupun dgn sri baduga yg saat ini sudah berada disisiNya..beliau pun sama halnya dgn yamadipati/sang kesadaran itu..
    Maka,beliau jg hanya tersenyum,saat seseorang mengerti.bahwa orang trsbt tengah menjadi spirit/clonningNya.
    Bukan gak terima..
    Beliau sudah “muthmainnah”

  21. Begini kang Rp,.dlm dunia hakikat..dikenal dgn istilah clonning..
    Pisau dapur,racun,penyakit,mobil,dll adalah clonning dari malaikat izroil/yamadipati..
    Atau yth.yesus,yth.gautama,yth.al’halladz,yth.lemahabang..sama saja,.itu adalah clonning daripada “kesadaran..”

    Begitupun dgn sri baduga yg saat ini sudah berada disisiNya..beliau pun sama halnya dgn yamadipati/sang kesadaran itu..
    Maka,beliau jg hanya tersenyum,saat seseorang mengerti.bahwa orang trsbt tengah menjadi spirit/clonningNya.
    Bukan gak terima..
    Beliau sudah “muthmainnah”..

    Lagipula,.dari awal saya menjawab sudah bilang “sekedarnya”
    jadi mohon maklum bila pandangan sy keliru..

  22. Owh,.jadi diahkuningrum itu adalah kang Rp sendiri..
    Yah sudah,.saya mohon maaf bila jawaban saya tidak berkenan..
    Pasalnya bila ada orang yg bertanya pada saya..saya gak jawab sendiri.saya jg pasti akan bertanya juga sama “para jin” saya..hha…
    Tapi mulai saat ini bila ada gravatar kang rp bertanya,.saya gak berani jawab,.saya akan menutup pintu..karna saya takut salah..

    Rahayu..

    1. Salam balik Mas Nurkahuripan…..salam kepada si Mbah , sedoyo Admin…para rakyat Dongeng Budaya….

      Semoga kita semua / rakyat NKRI selalu dalam kasih NYA….

      Semoga juga NKRI tetap aman terkendali meskipun dilanda gonjang ganjing Pil Pres…..Nuwun

  23. terimakasih kangnur atas wejangane…selangkah lg keciwasiat tempat keris ditancapkan oleh pamanahrasa..semoga tidak terjadi revolusi,rakyat yg korban. Semoga yg tdk benar pd semaput hahaha..kangnur jd sy harus gmana neh? Tlg tanyain ke para jin kg nur.mksh

    1. intinya mau beragama tidak beragama tetap bener hidup saling hormat menghormati. Saling bantu. Kalau ada maling tidak diliat apa agamanya.pentung saja pake pentungan hahaha. Kakek sy sendiri islamnya aneh. Malam tepat jam 12malam bukan shalat tahajud.tasbih etc. Tapi duduk depan meja.ada lilin lalu berucap samedi ” ya allah tuhanku yg maha esa. Yg menciptakanku. Rambut selembar,darah setetes,tulang serusuk,daging segumpal aku serahkan lahir bhatinku padaMU. .wahai gusti allah yg maha esa. Pangeran numurbeng alam gusti numaha suci,hamba pasrahkan jiwaragu hanya kepadaMU..” Itu bukan doa arab,doa hindu,budha apalagi konghucu. Tapi penghayatan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Beliau berbudi luhur.bijaksana. Nah loh sudahlah. Wong didongengnya juga hyang semar merestui siti jenar untuk menyebarkan agama islam dinusa jawa “tanpa kekerasan”. Kisemar tau ajaran kapitayan miliknya hakekatnya sama dgn islam mengesakan tuhan. Beda lg dgn to-gog biang kerok agama aneh,akhirnya disusupi iblis. Yg benci agama dan kebenaran.CUMA SETAN.IBLIS.DAJAL.GENDERUWO..DAN SEBANGSANYA??

  24. @Mas Wage

    ini cuma sudut pandang saya saja, boleh jadi keluar dari konteks, tapi apapun itu saya cuman pegen koment saja.

    Siwa itu setahu saya berasal dari dunia ghaib alias tidak kasat mata,saya lebih suka memasukkannya dalam kategori Jin daripada Tuhan atau malaikat. Karena saya belum melihat tanda-tanda kekuasaannya sebagai Tuhan. Bahkan di atas diceritakan bahwa ia bisa punya istri dan anak, itu artinya ia pun berasal dari sesuatu yang bisa punya istri da anak dan Siwa adalah anak dari sesuatu yang sebelumnya.

    Artinya dari sini saja kita sudah bisa pahami bahwa ia sudah terlempar keluar dari Zat absolut tunggal yang ada dengan sendirinya. atau yang kita sebut sebagai TUhan.

    Sebelum kita melempar predikat TUhan kepada Siwa alangkah baiknya kita sadari dulu bahwa manusia pun bisa jadi TUhan sebenarnya dengan kedikdayaannya, dimana ia disembah dan dipuja oleh manusia lemah.

    Apalagi cuma mahluk ghaib seperti Siwa. Jadi konteks dimana Siwa disembah sebagai TUhan itu sebenarnya ngga ada bedanya dengan konteks dimana manusia itu sendiri disembah oleh sesama manusia. Biasa aja.

    saya pernah punya pengalaman ghaib, intinya mahluk seperti siwa itu ada banyak, bahkan yang lebih hebat dari siwa itu banyak,1001 macam jenis mereka, mereka hebat-hebat mirip tukang sulap, bisa ini bisa itu hanya saja saya tidak terpesona dengan kehebatannya sehingga harus memujanya.

    Intinya dalam tulisan/koment ini saya mau bilang, kalau kita cerdas maka biasanya kita akan milih-milih TUhan kita, kalau kita kurang cerdas maka apapun yang menyilaukan kita bisa jadi Tuhan dengan segera.

    Mungkin saja awalnya sebelum kenal siwa saya memujanya, tapi setelah mengenalnya ia ternyata hanyalah mahluk biasa.

    1. Ha…ha….ha….
      Saya tertawa terpingkal-pingkal membaca nick name Anda. Komentar yang menarik. Anda masih lebih baik karena setidaknya masih percaya, sedangkan saya tidak percaya.

      Bagi saya bahasan tentang dewa cuma mythiologi atau imajinasi budaya semata. Jadi disangkal juga si dewa tidak akan bisa protes. Lha, wong tidak benaran ada.

      Menurut saya, tuhan sekalipun tidak lebih dari imajinasi atau mythiologi kalu sudah digambarkan seperti manusia seperti senang dipuji, bisa marah guling guling dll. salam

  25. alasan anda tidak percaya apa?
    Lho mithos itu jgan dianggap tidak ada loh?
    Coba liat borobudur, itu siapa yang bikin? Piramida itu siapa yang bikin? Di zamannnya sesuatu yg kita sebut mitos adalah sains/kebenaran.
    dengar, banyak hal di luar akal sehat kebanyakan jawabannya hanya ditemukan di mitos. Bahkan kita manusia ini pun hanyalah mitos kalo anda tau!

  26. Mithos ya memang …ada…Mithos Tuhan mau membunuh semua manusia, kecuali si Nuh dkk, dengan banjir bandang, misalnya. Mithos Tuhan menyuruh umatnya memenggal kepala orang-orang yang …tidak mau percaya kepadanya. Mithos Tuhan menyuruh umatnya menggebuk orang-orang yang …tidak mau berpuasa di bulan puasa .Mithos penciptaan manusia pertama, adam dan hawa, dll.

    Borobudur ada yang bikin. Piramid ada yang bikin. Tugu Monas ada yang bikin. Mithos , Tuhan , ya tentu saja ada yang membuatnya…

  27. Nuwun.

    Mitos/Myth berasal dari bahasa Yunani “MUTTO” = some one says. ato mungkin penterjemahan bebas yg pas adalah “Katanya” seseorang.
    jd menurut Paman bila cerita2 yg tdk ada ada bukti secara real adalh mitos,
    Mitos bersifat Netral tdk baik ato tdk juga jelek. Mitos umumnya di pakai sebagai media untuk menyampaikan pesan2 baik moral dan spiritual dlm kisah2nya. dlm Agama pun banyak sekali Mitos2 yg digunakan dg tujuan tertentu, namun ironisnya para pemeluknya meyakini itu suatu kejadian yg real.

    Selamat merayakan hari Senin.

    Asah , asih , asuh

    PD

    1. Nuwun Paman, atas penjelasannya tentang istilah mitos. Mitos bisa membuat seseorang senyum-senyum atau tertawa, namun juga kadang juga bisa membuat seseorang teriak teriak atau bahkan …………. ………… ………. kesurupan.

    2. paman koplak..asah asih asuh entutmu..
      Ente hidup hanya hari senin yah?
      Siluman macam apa anda ini nongolnya hari senin?
      Sudahlah. Setan.jin.sampe iblis sekalipun percaya sama Tuhan.
      Jadi anda ini sekalian Sato? Binatang? Kan punya otak?
      Parah..blog Soak bin Koplak..
      Peganglah bumi. Ciumlah tanah
      Kematian itu bukan MITOS..PADA SEKOLAH GA UY..

    3. @ RP menyan,

      kesurupan kok nggak selesai2??…

      belum waras2 juga nih abang rupanya.

      dirkitik baek2 kok tambah menggila.

      makanya jangan stress melulu, update status melulu😛

    4. Salam hormat…..

      Hanya memohon info ke admin….

      Benarkah id menyan adalah Mas ABR….

      Ada apa sebenarnya ??…………Nuwun.

    5. Salam JDD…

      Maksud saya , kenapa gambar gravator Mas RP bisa sama dengan gravator Mas ABR ??…adakah kesalahan dari operator….he he… lalu ada sapaan …@ RP , menyan….

    6. Kang JS,

      Ada banyak gravatar yang terlihat sama tapi sebetulnya berbeda (sama 99% alias mirip). Perbedaannya terlalu kecil apalagi dengan ukuran gambar yang juga kecil. Agar lebih jelas, maka saya coba ganti mode gravatarnya.

      Mas ABR itu siapa? Maksudnya Mas ABRnya Kloso Bedah?

      Kalau ya, saya bisa infokan bahwa Sdr Menyan dan Mas ABR adalah ID dari orang yang berbeda.

      Suara atau penampilan bisa jadi sama, tapi tata bahasa dan bahasa tubuh jelas berbeda.

    7. menyan itu den bagus rp..
      Den bagus rp sudah koplak kadar stresnya over..
      Cuma bisa liat randa bohay sandra cutee..ea ea ea ea..

  28. hahaha
    Brani ga nulis @rp kanjut kunang?
    Anda tau apa itu kanjut kunang?
    Bukan sembarang tempat!
    Isinya menyan,cincin md,bk,km,wesi kuning dan seabreg lg.
    Sandra cutee..muantaaap.
    Aku benci kalimat
    Asah asih asuh sembarang disebut orang..
    Mendekati 1suro.bulan suro
    Bulan gawat kaliwat liwat..
    Sandra cutee memang bohay
    Randa kuning dudu jalasutra..

  29. Nuwun,
    @ sdr Menyan Paman minta maaf, paman kira malem itu masih hari senin, maklum akhir2 ini Paman kok menjadi workaholic (ngerti workaholic kan? ) sampai lupa hari lupa waktu, kadang jg lupa makan
    Nampaknya anda punya masalah pribadi dg Paman, tapi syang Paman krg faham masalahnya apa?
    Apakah Paman pernah/telah menyakiti hatimu, apakah Paman telah menghina kamu, apakah Paman pernah punya hutang dan tdk kembalikan uangmu?
    Blog Abal2 ini mmg forum bebas untuk saling berargumentasi /berdebat tentunya dg cara yg sehat bebas dan bisa di pertanggung jawabkan . Namun demikian kebebasan bukan berarti ngawur, liar sampai lepas control sehingga berkesan bahwa si komentatornya orang yg bener2 tidak sehat. (Jiwa)
    Kalo anda merasa orang sehat (Jiwa) Paman percaya anda basa kok berargumen secara sehat pula, namanya debat tentu wajar ada pro dan kontra, setuju dan menolak.
    Tapi kalo anda mmg sdh tidak sehat lagi Paman akan minta kepada Adminnya untuk sementara nge ban anda dari forum abal2 ini sambil menunggu proses penyembuhan, dg alasan Paman kuwatir Blog yg walaupun abal2 ini terkontaminasi dg virus Ebola dan menular.
    Di Komen sebelah (Dunia tanpa Agama) anda bikin statemen bahwa anda tdk suka dg kata Asah, Asih, Asuh, menurut Paman itu syah2 sj, hak setiap orang untuk suka atau sebaliknya benci, Namanun demikian anda tdk punya hak sedikitpun untuk melarang orang lain menggunakan kata2 itu, apalagi mengkomeni dg cara insulting dan offensive (mudah2an anda mengerti istilah itu) saya katakana insulting dan offensive karena anda bukan beragumen terhadap topik object bahasanya tp justru memaki2 orang/subjectnya secara pribadi.
    Paman kurang tahu persis apa hokumnya insulting di Indonesia, andai sj anda tinggal sama di negri yg Paman tinggal skrg anda sdh Paman habisin secara hukum karena Paman punhya bukti tertulis bahwa unda telah insulted orang.
    Kalo boleh tahu apa yg membuat anda tidak berkenan dg kata “Asah, Asih Asuh”? sehingga sdh bbrapa kali anda sepertinya terganggu/trauma membaca kata itu. Apakah anda sedang mempelajari ilmu kesaktian yg pantang dg kata itu?
    Mudah2an setelah anda jelaskan persoalanya kita semua yg di sini bisa memahami syukur2 bisa menolong untuk kesembuhanmu, trima kasih.

    Asah asih asuh.lagi

    PD

  30. saya minta maaf lahir bhatin.
    Jangankan asah asih asuh semboyan silihwangi nu surti ka wangi nusajati. Dgn nama anda pake embel2 PAMAN sy ko gemrungsung kaya anda itu siapa?
    Yg pasti sy menyadari sy sudah koplak. Jgn salahkan saya karena blog ini terbuka untuk umum..
    Tapi yg jauh lebih syaraf ngejubel ditempat ini..
    Salam sejahtera buat ki dalbo.anggap saja semua kalimat sy virus ebola virus tiada guna.
    Harap maklum dgn kehadiran sy.

  31. Selamat pagi,

    Duh senang sekali kalau sudah pada rukun dan saling memaafkan. Kang RP juga sudah dengan tulus mengaku minta maaf dan dengan rendah hati mau mengandaikan komentarnya seperti virus ebola. Bravo kang RP.

    Saya juga super salut angkat topi pada Paman Dalbo, yang dengan sabar menanggapi dan mencoba mengurai akar masalah. Belaiu adalah member lama di blog ini dan juga sekaligus berstatus sebagai Admin/MODERATOR! Artinya beliau bisa edit dan hapus komentar lho ! Namun dengan kerendahan hati, Paman Dalbo tidak melakukannya dan ini tentu luar biasa.

    Blog abal-abal ini memang dari awal tidak menerapkan kebijakan main hapus komentar, kecuali komentar spam. Hapus komentar tidak akan menyelesaikan masalah. Hanya komentarnya doang yang hilang, sedangkan roh-nya masih gentayangan. Yang lebih penting adalah perbaikan karakter atau PRILAKU.

    Semua orang harus mengontrol dirinya sendiri, (termasuk adim/moderator) sesaui dengan moto blog “Menertawakan diri sendiri”. Kalau ada masalah, dibicarakan baik-baik. Kalau tidak sadar, ya dicueki. Nanti lama-lama juga bosan sendiri. Itulah blog spiritual abal-abal.

    Bravo untuk Akang berddua. Sekalian saya juga minta maaf kalau ada komentar atau topik tulisan di blog ini yang tidak berkenan.

    Dunia yang indah, akhir pekan yang cerah…..

    1. Salam horma dan selamat pagi…..

      Semoga permasalahan sudah beres dan tuntas , sudah membuka hati dan pikiran masing masing…..

      Dunia sarat dengan cerita , bermacam cerita , peristiwa yang menggambarkan dan sebagai bukti dari hasil pola pikir, olah batin , hasil dari keinginan dan cita cita , berkarya , bekerja dll…

      Tubuh dalam diri ini seperti banyak penghuni , banyak sifat , kadang kita telah berbuat baik tanpa kita sadari dan berbuat salah dan keliru tanpa kita sadari juga , lalu menyesal atas apa yang sudah terjadi dan permohonan maaf adalah perbuatan yang terpuji , gentle dan jujur…..

      Saya sering kali bermohon maaf bila memang berbuat salah kepada siapapun , saya juga sering minta maaf meskipun saya sadar dan paham bahwa saya tidak melakukan kesalahan , saya hanya ingin menghargai seseorang dan segera menyelesaikan ketidakenakan hati / masalah supaya mereka merasa lebih terhormat atau ingin dihormati…

    2. Mungkin sering kali saya atau tempat kerja direcoki dan dirusuhi dengan cara tidak terlihat mata , entah berapa kali terjadi , mungkin sering dan malas mengingat atau berusaha tidak mengingat, saya hanya diam dan mengelus dada…..

      Semoga mereka sadar dan menghentikan perbuatan licik dan jahat itu , semoga polisi gaib sudah mengurusnya atau memberikan peringatan dan hukuman setimpal……sebagai hukum keadilan dan karmanya….

      He he he , maaf mbah , masih pagi saya sudah nulis tidak karuan…..

      Salam damai ……..nuwun..

  32. Nuwun.
    @ sdr RP/ Menyan, sungguh Paman jd prihatin knp anda sampe rasa alergy dg kata Asa, asih, asuh dan kemrungsung dg embel2 PAMAN.
    Izinkan sejenak Paman jelaskan.
    Istilah PAMAN adlh pemberian dr kemenakan2 saya yg memang di panggilkan pd saya bila sy pulang kampung ? biasa memang orang kampung jawa timur kl panggil om (istilah kerenya) dg kata Paman, Pakl lik atau Pak De.
    Di lingkungan paman tinggal skrang sy di pangil uncle (lumayan agak keren dikit).
    jadi PAMAN bukanlah titel yg perlu dibangga2kan seperti kiyai, gus,romo, ustad habib, suhu dllnya.

    DALBO, lagi lagi adalah julukan/panggilan yg biasa diberikan pada masyarakat kalangan paling jelata tingkat sandal jepit pd umumnya
    dan tentunya bukan nama yg berdedikasi dan perlu dibanggakan pula, tentunya hanya orang2 yg setengah sinting yg mau pake nama itu zaman sekarang.

    ASAH ASIH ASUH, moto itu Paman pake di blog2 ato forum2 bebas yg sifatnya menimba ilmu, seprti blog abal2 ini,
    Sesuai jelas dg istilahnya tujuan Paman adlh agar saling mengasah, saling mengasihi dan saling mengasuh sesamanya di blog2 ini.
    Soal pro dan kontra dlm membahas suatu topik itu adlh hal yg wajar.
    Begitulah sekilas info mudah2an bisa anda fahami, naaahhh skrg giliran anda yg menjelaskan ttg knp anda kok anti pati dg istilah PAMAN& ASAH ASIH ASUH agar Paman dan rekan2 yg lainya bisa memahami anda, trimakasih

    Asah, asih, asuh

    PD

    1. justru sy sendiri tidak mengerti kenapa sekarang sy alergy dgn kata asah asih asuh..
      ..brg x kitembayat dan kang nurkahuripan atau tuan widjil bisa menyembuhkan saya?
      (tidak sabar menunggu bulan suro ini.)

  33. bulan suro telah tiba..
    Minggu depan tgl 7 jumat keliwon
    Tgl.bulan dan hari keramat..
    Pertanda alam. Lihatlah langit. Pantai.gunung.bumi..
    ..mulai besok..

  34. Yg menganggap mitos adalah hayalan atau imajinasi, coba aja anda tes uji nyali ditempat keramat, berani ga. Gunakan akal sehat anda untuk merasa tidak takut. Silakan uji kemampuan anda ditempat2 itu, baru komen lg.

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s