Kisah Pertarungan Adipati Wowo dan Adipati Wiwi menuju RI-1

img-tempo


Penulis: Wage Rahadjo.
 Alkisah, negeri Kurawa sedang mengadakan hajatan besar yaitu pesta lima tahun pemilihan pemimpin memperebutkan kursi Singasana Tertinggi alias SI-1. Calon kandidat yang bertarung adalah Adipati Wowo dan Adipati Wiwi.

Kedua calon sepertinya cukup berkualitas. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing, jadi kedua calon memiliki peluang kemenangan yang hampir sama. Jadi kunci utama kemenangan  sepertinya terletak pada team sukses, dukungan suporter dan kemampuan calon bermanuver alias menyalip di tikungan terakhir.  (Emangnya balap motor?)

Semua calon ingin menang dan itu pasti. Namun dengan cara apa dan bagaimana kemenangan itu diperoleh kadang bukanlah menjadi soal. Lha iya, namanya juga negeri Kurawa. Kompanye hitam dan saling serang baik dari pendukung, tim sukses ataupun kandidat polanya tetap saja sama dengan pemilihan pemimpin yang sudah sudah. Dan seperti biasa isue seputar Tas eh……maksudnya ras dan agama masih tetap menjadi menu favorit.

“Calon lo keturunan Cina, antek Yahudi dan agamanya kagak jelas” teriak kubu yang satu yang disusul dan sorak sorai pendukungnya. Calon yang dituduhpun menjawab dengan upload surat akad nikah di media sosial. Bukan hanya itu, dalam suatu kesempatan, sang Adipati tertuduh menangkis serangan dengan berpidato dengan menggunakan bahasa Arab serta memamerkan kemampuan menghafal ayat kitab. Pendukungnyapun riuh bertepuk tangan. “Coba kalau calon sebelah, hafal ayat kitab dan bisa bahasa Arab ndak xi…xi…xi…?”.

Hah, adu pidato bahasa Arab? Terang aja sang Adipati sebelah mati kutu. Sepertinya skornya adalah 1-0. “Bagaimana kalau adu pidato bahasa Inggris? Ha..ha…ha…”. Pendukung sebelah mencoba menawarkan tantangan lain sekaligus menyindir.

Hah? Adu pidato bahasa Inggris? Sudah bissa ditebak kali ini pasti gantian Adipati Wiwi yang cuma tamatan padepokan lokal jelas akan garuk-garuk kepala. Skorpun imbang 1-1.

“Agar adil, gimana kalau wakilnya juga kita adu? Wakil jagoan Sampean dengan wakil jagoanku adu pengetahuan agama, kuat-kuatan menghafal ayat kitab dan bahasa Arab?”. Tantang pendukung Adipati Wowo melanjutkan.

Hah?! Masih berkutat seputar bahasa dan agama asing?  Keluhku dengan kepala pening namun masih tetap mencoba melihat papan  skor yang telah berbalik menjadi 1-2 .,,,,,,,,, ,,,,,,,,,, ,,,,,,,,,,, ,,,,,,,,,,,,,,

Entahlah, belakangan aku sudah tidak minat lagi mengikuti beritanya. Entah  papan skor sudah menunjukan angka berapa, aku sudah tidak mempedulikannya lagi. Yang terbayang dikepalaku, alangkah beratnya tugas pemimpin terpilih nanti. Masalah segede gunung sudah siap menanti. Sok tahu ah…….

Bagiku siapapun  yang nantinya terpilih tetap harus diselamati dan berharap mudah-mudahan Beliau mampu membawa negeri ini menjadi lebih baik, atau minimal tidak mundur kebelakang………

Urusan mundur kebelakang, biarlah si serangga undur-undur saja yang melakukannya. Demikianlah pembaca, laporan sekilas tentang suasana pemilu di negeri Kurawa.

Wage Rahardjo

Credit image : Tempo image / Agung Prambudy


| Go to Top | Halaman Depan | Tulis Komentar |


Advertisements

59 thoughts on “Kisah Pertarungan Adipati Wowo dan Adipati Wiwi menuju RI-1

  1. always fresh topic, with a slide of satire joke khas abal-abal 😀 …

    i like wayang wong picture that kinda show the leadership

    antara prabowowowowow – jokowiwiwiwiwiw

    maaf kali ini saya tak bisa datang ke bilik pemilu

    saya netral saja alias golput :mrgreen:

    tapi siapapun yang menjadi presidennya,

    maka itulah pilihan rakyat kurawawawawawaw

  2. Lagi-lagi tulisan simbah betul betul top markotop.
    Sayangnya cuma boleh klik jempol sekali saja…. maunya banyak jempol buat simbah.

    1. selagi negara ini dipimpin orang jawa bang wetan kacau negara ini dik, habis jua jawa bangwetan karena ulahmu sendiri dik, lapindo,merapi,kelud apa tidak belajar dik? lama lama habis jawa bangwetan,..

  3. ha…ha…ha…salam sejahtera buat temen2 semua …

    klu melihat kedua pasangan disamping melihat kwalitas calon2 nya …..yang perlu dilihat juga adalah …siapa2 orang penting yang ada dibelakang mereka…….., mari bersama sama kita coba bahas

    1. Bpk prabowo subianto ( gerindra) …..ada bapak permadi SH…..beliau adalah mantan partai PDI perjuangan yang pindah ke partai gerindra ….pertanyaannya ada apa yaaa???? apakah beliau melihat penampakan….. bahwa satrio piningit ada di partai gerindra……….kwkwkwk
      bpk prabowo adalah produk rezim orde baru ……artinya ini sudah di ” kondisikan” manakala rakyat sudah merasa bosann dan muak dengan kelakuan para pemimpin zaman sekarang…….inilah kesempatan rezim orde baru … …mampukah mengobati hati rakyat indonesia….akankah ini akan terjadi …????…..hanya tuhan dan saya yang tahu …karena saya diberitahu sama tuhan……..kwkwkwkwk……..
    2. Bpk jokowi….( PDIP )…..ada Ibu megawati…. putra Proklamator RI Bpk Ir soekarno….yang mana perjuangan dan jerih payah beliau sudah terbayar … ketika Ibu megawati menjadi seorang presiden……akan tetapi yang belum terbayar adalah …..para pahlawan RI …..yang gugur demi memperjuangkan kemerdekaan RI dan demi anak cucu nantinya…..bpk jokowi ….mengawali karir biasa2 saja….tp …mungkin dengan ketenangannya….nasibnya cukup bagus…..sstttt…jgn ribut …entar ada yg nguping…..kkwkwkwkwk

    para keluarga pahlawan ….dari sejak presiden pertama sampai presiden sekarang …..tidak ada yang bener2 diperhatikan secara khusus….mungkin hanya satu dua orang saja….tapi yang hidupnya bener2 susah ……ribuan orang …..hik..hik..hikkk…kasian nasib mu.

    kesenangan membuat kita …lupa ..
    kesenangan membuat kita bodoh ….
    kesenangan membuat kita keblinger…… ( alias ngak sadar …kwkwkwk)

    republik indonesia sudah memiliki 6 presiden…..belumm …ada yang mikirnya bisa optimallll…
    kayaknya sich terlalu ribettt sama aturan protokoler dan sistem ….juga UU yang sudah ada….rata2 tidak berani mencoba terobosan baru….atau emang ngak bisa membuat sistem baru ….atau UU baru yang lebih bisa …mengayomi dan melindungi seluruh rakyat indonesia….atau yang bisa menjamin ketentraman dan kesejahteraan seluruh rakyat indonesia…..hmmmm

    hutang indonesia sudah mencapai 3000 trilyun ….pengangguran masih banyak …kemiskinan masih banyak …..luar biasa …..klu ada presiden baru…. yang cuman bisa meningkatkan hutang tp angka kemiskinan tetap meningkat …angka pengangguran meningkat …kriminalitas meningkat …..mending gue ngak milih …

    klau ada calon presiden yang mengatakan saya akan tingkatkan kesejahteraan rakyat dgn cara meningkatkan pendapatan rakyat indonesia…..menurut saya sich…..calon presiden bodoh …..hehehe….( PR buat pembaca ) ….indonesia( nusantara) negara yang kaya raya……..jadi yang bener gimana….kwkwkwkwkw pikir aja sendiri

    seandaiinya !!!!!!!…aku jadi……. seorang ” presiden” ….tak khan aku biarkan anak cucu para pahlawan …menderita….mereka harus dipelihara oleh negara dan di tuangkan dalam UU…….setiap hari kemerdekaan …mereka harus di beri tempat yang paling terhormat pada upacara kenaikan dan penurunan bendera …..kalau perlu kita harus hormat pada keluarga para pahlawan …kemudian baru hormat kepada bendera…..gituuuu klu mau menjunjung tinggi budaya nusantara…..

    okey …good lucky…buat para calon presiden

  4. hehehehe…..ada2 aja mbah siluman …orang bertanya kebenaran ke hatinurani …..dia malah nanyak ke trowulannn….wes ora opo2 mbah seng penting seger waras ….

    kita ngukur panjangnya utang indonesia mbah ……3000 trilyun …….

    *. jika uang 100 rb panjang nya 15 cm ..maka kalau uang satu bendel ( 10 juta) itu panjangnya
    15 cm X 100 = 1500 cm atau 15 meter.
    *. satu milyar = 100 x 10 juta = 100 x 15 meter = 1500 meter atau 1,5 km
    *. satu trilyun = 1 milyar x 1000 = 1,5 x 1000 = 1500 km
    * 3000 trilyun x 1500 km = 4.500.000 km panjangnya utang indonesia………….hiii mengerikan …..

    emang gue pikirinnn……

  5. hehehe…….bagaimana kalau utang indonesia diukur dengan emas…

    • jika harga emas rata per gram = 450 ribu rupiah ………
      maka untuk uang satu milyar = 1.000.000.000 dibagi 450.000 = 2.222 gram atau 2,2 kg
    • untuk satu trilyun ( 1 T ) = 2,2 kg x 1000 = 2200 kg = 2,2 ton

    • untuk 300 Trilyun ( 300 T ) = 2,2 ton x 3000 = 6600 ton……wah bayak juga yach…

      kita punya utang emas seberat = 6600 ton emas murni…….harta setan dari mana yang bisa bayar utang indonesia ini……

    weeehhhh….emang gue pikirinnn……..kwkwkwkkwkw

    1. ga usah dipikirken dik nanti mumet sendiri. Mbah punya asset 431.000trilyun. Apa ga mumet kamu dik? H h h. Mau tak kasi tau gudang emas terbesar di indo, ntar ada yg nguping dik. Segunung alias keliatan gng tp sebenarnya emas. Belum inten berlian metrik ribu ton..ada,tenang saja dik..h h h.

  6. hehehe…..wahh mbah siluman kaya juga yaaach…..wehhhh…..wes jenengan delekno mawon …ojo nganti di intip marang wong liyan…..kwkwkwwkwkw…….engko duitte tumbasno permen mawon …sing akehh……

    yang membuat sedih saya bukan ngak bisa bayar utang negara …mbah ……tapi …kebodohan yang selalu membelenggu bangsa indonesia …….pernah di jajah belanda….pernah dijajah jepang ….sekarang ini ..dijajah utangggg…………kwkwkwkwkwkkw

    mbahh…ojo lali lho …dunyaaneee ….ndang di delek no ….kwkwkwkwkwk

  7. katawanya kamu ko kaya binatang dik. Apatuh ya kwkwkwkwk bebek.bayangkan dik jika anda sdg berbincang dgn orang lain lalu ketawanya wkwkwkwk. Kayanya bebek ,kayanya kamu langsung dpukul dik. Cocot doang yah kata wong solomah..simbah cuma mau ksh saran ga usah mikirin yg gede2 benahi diri dulu saja dik. .cara ketawa aja ga bener . Baru ketawa gmana dgn hal lain? Parah kamu dik. ..prabowo jd presiden kesandung arb ttg lapindo. Tol dbgn rakyat tetap miskin. Jalan umum tetap rusak, jokowi jd presiden harus nurut sama mega salah ga ak akur ntar salaman aja gamau kaya sama sby. Semua tidak ada yg gratis. Penting mana antara negara dgn partai? Ayo siapa yg bisa jwb. Smbah ko jadi geli..

  8. Kurawa : Biasanya kata ini berkonotasi … negatif. Gudangmya orang2 …jahat. Tapi di sana ada juga tokoh2 hebat dan sakti mandraguna, Dan …TIDAK jahat. Contohnya a.l : Baladewa, Karna, Resi Bhisma.Yang terakhir ini amat sangat sakti, ke lima kakak beradik Pandawa DIGABUNG pun bukan tandingan beliau. Ke tiga tokoh ini ditambah Drona , hmm amat ruarr biasa saktinya. Dibutuhkan bantuan para …Dewa untuk mengalahkan mereka.

    Karna dilahirkan dengan anting2 dan perisai. Selama dia masih memakai semua ini dia bakal …tak terkalahkan. Dus, sebelum perang besar terjadi anting2 dan perisainya diminta kembali oleh Dewa Indra yang menyamar sebagai pengemis. Karna juga amat sangat …tampan, wong anak Dewa …

    Resi Bhisma akhirnya memilih untuk …mati – tak seorangpun bisa mengalahkannya – karena beliau tidak mau Pandawa kalah. Ketika beliau mati, Arjuna, Bhima, dan yang lain2 sedih sekali.

    Baladewa ? Dia jadi golput, netral.

    Dus, Kurawa tidak perlu selalu berkonotasi negatif. Tokoh2 di atas tidak kalah dalam kesaktian maupun , eh hem. kebaikan dengan tokoh2 Pandawa…


    Politik : Dalam pemilihan/politik umumnya calon2 …TIDAK baik, apalagi sempurna. Tapi, tetap saja harus ada yang dipilih. Dus, pilihannya adalah , kurang lebih,diantara yang jelek, yang tidak begitu jelek, dan yang amat jelek. Dan setiap orang punya pilihan sendiri. Yang jelek bagi si A belum tentu jelek untuk si B.

    Oom Wager,

    Saya tahes2, eh sehat2 saja. Cuma, seperti biasa gak ada ide …)-: Karena ini blog abal2, komentar juga abal2.
    Malas, eh salam (-:

    slumanslumunslametslumanslumunslamet – slametsegaliwet

  9. Kurawa vs Pandawa : Menurut Arjuna pertempuran ini adalah perang …saudara. Karna yang amat sakti itu tidak lain adalah …kakak (tiri) Yudhistira,Bima, Arjuna, Nakula dan Sahadewa.Resi Bhisma adalah kakek buyut mereka.Yang lain2 di pihak Kurawa adalah juga saudara2 mereka.

    Untuk apa sih perang ? Melawan saudara2 sendiri ? Ini a.l pertanyaan2 Arjuna kepada Kresna. Mahabharata : Mungkin orang bisa … belajar dari maha karya sastra ini.

    Kata Oom Wager, orang tidak bisa memilih negara tempat dia lahir. Orang juga tidak bisa memilih ortu nya. Ini penting dipahami lho .

    Malas laba-laba, eh, dibalik seperti omongan arek2 Malang/Jatim, salam abal-abal (-: (-:

    1. Salam Mas Balanedewa….

      Tulisan Njenengan yang selalu baik dan menarik untuk disimak……

      Salam sluman slumun slamet segoliwet….

      Salam juga Mbah Wage , Mas ABR , JDD dan sedulur semuanya , semoga damai sehat lahir batin…

  10. Mas JS,

    Di ‘Diary’ – kok pake baha-hahaha-sa Inggris ya ? (-: – Oom Wager bilang baru sibuk. Dus, gak bisa nyambangi kita untuk sementara ini. Mas ABR yang biasa menggantikan beliau kalau beliau sedang sibuk, ya juga …sibuk. Atau, seperti Ontorejo, ambles bumi bin gak kelihatan )-:
    Ya, mari kita rame2 sendiri ! ….

    Saya ini ikut2 panjenengan saja, meramaikan blog …(-: Ya meskipun cuma nulis …awur2 an , sambil menunggu penulis2 ulung, termasuk Oom Wager, datang menulis lagi. (-:

    Ada perkembangan baru – dengan gambar2 yang ditunjukkan pada njenengang atau sang putra/putri ? Tolong kami ikut dikabari juga, kalau boleh.

    Semoga tahes ulales (-:
    slumanslumunslametslumanslumunslamet-slametsegaliwet

    1. Salam rahayu Mas Balanedewa…..

      Terima kasih ucapan ” sehat selalu ” bahasa malang…

      Saya sehat dan banyak kesibukan…..pekerjaan dan pesanan barang berjejer , he he kuuesel kabeh awak ku….

      Sudah saya tulis berita berita dari alam abal abal , di blog nya Ki SPSW , dengan nama bermacam…..pasti ketahuan , lha wong gaya bahasa yang tidak bisa saya ubah……Nuwun

      Mas ABR salam damai, sebenarnya ingin ikutan meramaikan blog , tapi waktu saya sekarang agak pendek , berangkat pagi , pulang malam….

      Sudah 2 bulan ini kami boyongan pindah tempat kerja , banyak pesanan , dengan type dan suara baru , merk kembali ke asalnya …JS Natural Audio….Nuwun

  11. Salam Cak JS, Kang Bala(ne)dewa, Kang Wager dan poro sedulur.
    Amin, Suwun do’anya cak JS.
    Kang Wager, gantian ni kang… saya sudah siap jadi hantunya dongbud.

    1. We lha da la, yang di nanti2 akhirnya …muncul ! (-: Horee ! -:

      Oom Wager, selamat sibuk lah ! Jangan kuatir, pasti beres urusan dongbud, ada Mas ABR .

    2. He..he..he… Matursuwun Kang Bala(ne)dewa. Saya seperti Kang Wager… guntingnya tumpul alias sangat jarang menghapus komentar poro sedulur. 😀

    3. prahara alam nusantara akan segera dmulai..waspada..isa as berkata sebelum idul adha tanah india dan afganistan akan berguncang hebat. Nusantara akan terjadi prahara cuaca..gawat gawat..

    4. prahara alam nusantara akan segera dmulai..waspada..isa as berkata sebelum idul adha tanah india dan afganistan akan berguncang hebat. Nusantara akan terjadi prahara cuaca..

      +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

      Semoga ada penjelasan , siapa yang memberi kabar itu…..

      India atau Afghanistan , biasa biasa saja…..

      Nusantara , tidak semua wilayah mengalami bencana atau prahara cuaca

      Tidak ada guna dan arti bila bencana menerjang tempat yang tidak berarti dan tidak berdampak berubahnya Negeri ini…..ibarat percuma menebang pohon atau membakar sawah bila pohon dan hutan itu steril dari benalu dan wabah hama…….

    5. @ RP yang budiman , semoga Anda tidk dibohongi oleh Jin dan mahluk gaib dari Padang pasir….hati hati , mereka sangat licin , halus dan cerdik….

  12. dialog dgn isa as. Didalam wadag ada ruh,bersatunya ruh timbul nyawa. Dimanakah ruh berada? Diulu hati. Wadag hancur ruh terus terlahir kembali diwadag baru. Me: siapakah anda? Ruh: aku Isa. Me: isa? Nabi isa? ruh: benar akulah isa,yg dulu akan terlahir kembali.. Me: kenapa anda tidak muncul kemuka? Ruh: nanti jika matahari terbit dari barat. me: kenapa tidak sekarang dan mengapa ada diwadagku? Ruh: jika sekarang muncul belumlah waktunya,bencana akan terjadi dimana2 ,aku bukan yg memilih,tetapi tuhan yang maha esa yg memilih wadag ini. Me: kenapa?lalu raden itu siapa? Ruh: wadag ada ruh,ruhmu ruh raden trah sanghyang para dewa,aku didalam inti ruh raden,karena tuhan menginginkan menyatunya trah dewa dgn nabi. me: kenapa memilih wadag ini? Ruh: jika kamu bercermin min 90% wadag ini mirip dgn masa lampau. Me: jadi masalampau aku ini raden? Atau isa? Ruh: dominan adalah raden,kau muda adalah raden nanti kau adalah prabu,aku dgn kehendak tuhan yme menyatu dgn ruhmu. 2ruh tp jadi 1. 1ruh aslinya 2. Nanti sebelum idul adha akan terjadi guncangan amat hebat dinegeri india dan afganistan..me: lalu apa tujuanmu ada didalam ruhku? Ruh: kehendak tuhan yme . Me: apa saran isa yg harus sy lakukan? ruh: janganlah kamu menyulitkan dirimu sendiri. Aku isa tidak terdnoda atau terpengaruh oleh warna panca maha bhuta..aku tetap suci tidak akan berubah tetap tenang di inti ruhmu. Aku adalah kamu,kamu adalah aku, aku bersamamu,warna dominan adalah ruh raden.aku didalam intinya. Lakukan syareat muhamad,aku ikuti. Bertakbirlah selalu..Allah Huakhbar. Salam. Waalaikum salam.wr.wb.

    1. Aku isa tidak terdnoda atau terpengaruh oleh warna panca maha bhuta..aku tetap suci tidak akan berubah tetap tenang di inti ruhmu. Aku adalah kamu,kamu adalah aku, aku bersamamu,warna dominan adalah ruh raden.aku didalam intinya. Lakukan syareat muhamad,aku ikuti. Bertakbirlah selalu..Allah Huakhbar.

      Agak aneh dan tidak masuk akal kalau N. Isa berkata seperti itu…..dan yang lebih aneh adalah >>>>>> Lakukan syareat muhamad,aku ikuti. Bertakbirlah selalu..Allah Huakhbar.

      Hati hati dengan sosok gaib……

    2. akibat patanjali samedhi hening..barang ruh kudus isa as ada juga disetiap inti ruh manusia,bkn hanya kuring..patanjali itu hakekatnya adalah sama dgn bertajjali..jika anda sudah ketahap cakra alam semesta,dialam kosong nan hampa tiada apa apa,ruh mengeruak keluar dan berbunyi Allah Huakhbar..brg untuk umat agama lain atau kepercayaan bunyinya akan berbeda. Karena trimurti dewa brahma wisnu dan siwa adalah hanya makhluk manisfestasi tuhan yme untuk keseimbangan alam semesta..dikota gersang sudah lg tiada kemarau..dimana? India dan afghanistan itu dari kata hati ruh isa. Dia yg mengatakan itu…bisikan ,hati hati? Cermati saja dgn seksama..tak perlu dibuat bingung..apalagi mendekati bulan suci ramadhan,wah ruh akan benar2 menyeruak keluar…india akan ada sesuatu yg keluar dari bumi, pergesekan alam akan menjadi prahara cuaca.akan hujan koin emas mas brooo…

    3. Tuhan dan juga alam semesta , alam yang tampak dan tidak tampak , alam bening dengan alas lantai pijakan seperti ada asap es kering , atau alam dengan suasana seperti taman indah yang sangat hijau , menawan , atau alam yang serba putih…dll dll…..bisa datang atau menampakan , semua itu sesuai dengan niat masing masing orang dalam ritual nya

      Apa yang tampak dan alam apa yang dimasuki oleh manusia dalam bertajali atau semedi hening ?? . itu semua adalah sesuai dengan niat manusia masing masing , sesuai dengan kadar iman atau nafsu keinginan….

      Apa sebenarnya yang diinginkan oleh manusia yang sudah berpijak di jalan alam hakekat atau makrifat.., seberapa besar keinginan duniawinya yang sudah hilang , pangkat ilmu derajat kekayaan dll…..seperti kita diberi teka teki tentang bagaimana Nabi Khidir membawa dirinya.ketika beliau ada di bumi dan bagaimana N Musa ketika berada dalam kerumunan masyarakat yang sedang dipimpin nya ??

    4. Dalam pandangan gaib , bertemu dengan manusia jaman dulu yang mungkin berpangkat nabi atau bertemu dengan mahluk yang sangat luar biasa dan misteri mungkin bisa terjadi…

      Apakah mereka pernah menawarkan atau memberikan sesuatu kepada kita misal pusaka atau juga harta benda berharga kepada kita atau berkata kata dan menerangkan bahwa kita adalah sebagai manusia yang berpangkat dan sebagai ini itu ……

      Saya sangat yakin , sosok gaib yang benar dan dari alam kebenaran tidak akan melakukan itu karena hal itu akan menguatkan nafsu kita untuk bangun dan tumbuh besar…membuat kebingungan , memberatkan dan menjadi beban berjalan ketika kita ingin mendekat kepada Tuhan ….

  13. dia pergi keyogya meminta sri sultan ,dia pergi kekutai raja mulawarman ,dan keraja palembang,para datuk, para imam dan seikh dilombok untuk mendukung dan restui prabowo hatta..dia itu siapa,pangeran dari lawu…kurawa dan pandawa. Blum saatnya. Dikubu wowo dia gamau jadi kurawa begitu juga dikubu wiwi, mereka mengklaim kamilah pandawa? Apakah akan ada perang saudara? …semoga tidak. Tapi pergulatan ini menentukan apakah nkri akan jaya atau malah hancur berantakan..wong cilik cuma bisa nonton pagelaran wayang manusia…

  14. Tuhan yme yang mengendalikan semua…tidak semua kehendak akan sesuai dgn niat tujuan..bertajalipun hakekatnya Dia yang menarik kita menuju padaNya..pantas saja ada sesuatu amat sangat besar yg hendak keluar dari dada,jika tidak segera bertakbir mungkin dia akan menyerap energi 8 penjuru mata angin..na.ma.si.wa.ya..huallah,berhenti yayaya lalu huallah..ya ditengah sebagai pancer ,.saya bertanya siapa anda? Isa..coba dia jawab superman lain lagi ceritanya..Dia mengatakan Aku ada di inti ruhmu..brg x dsetiap insan ada Dia..dia Isa bukan Tuhan yme tapi dia ruh suci dari lampau. Aku tanya masa lampau? Dia berkata patut kamu ketahui yang lampau saat ini masih aktif dimasanya seperti saat ini ada keaktifan begitupun masa depan,disana sedang aktif masanya..jangan kira yg lampau sudah berlalu dan yang akan datang belum terjadi,sesungguhnya masa lampau dan akan datang memiliki keaktifan dan sedang berjalan sesuai masanya..kamu bisa kemasalalu dan masadepan jika kamu mau. Aku xang lampau disana aku ada dan sekarangpun aku ada..yang berserakan belum terhimpun..

  15. just sharingane hehe.. Seorang daksa prajapati difilm mahadewa lebih suka”hatinya” hilang tahta dan ilmunya hanya sekedar memuaskan ego merasa “aku” .padahal ilmu dan tahtanya adalah untuk ummat. Demi egonya sangbrahma ayahandanyapun tak dia gubris. Brahma hingga ke inti mengatakan”jika begini lebih suka kepalaku ke4 empatnya dipenggal siwa daripada merestui ego sangdaksa” wow sang gudang cipta hingga begitu dalam,tetap saja karena “kebodohan diri daksa” dia merasa tetap benar..brahma sang wakil dari maha pencipta sebagai gudang ciptaan Tuhan jua berhadapan dgn hal pelik, .rona para dewa trimurti seperti bayangan manusia. .jika kemasa lampau,saat isa as dihadapkan pada posisi keder, umatnya secara halus menguji Dia, jika dia tidak bisa memberi bukti atas kerosulannya niscaya dia di umpat dihina bahkan ditinggalkan”wahai isa,jika kau memang rosul,utusan Allah,kami lapar,mintakan kepada tuhan niscaya jika kau rosul benar maka doamu pasti langsung diterima” sepersekian detik isa langsung menengadah kelangit dan berdoa khola isa binti maryam ” allahuma robbana ,anzil alayna maidatamminassama’i……” ya Allah ya tuhanku,turunkanlah hidangan dari langit….doa isa ini diagungkan allah sebagai inti dari satu suroh alguran yaitu surah Almaidah(hidangan)..diantara beberapa muzizat isa as adalah doa itu. Meratap.menangislah orang yg faham hakekat doa itu.. Itu adalah doa maha rejeki..Subhanallah.

    1. @ RP yang budiman….

      Saya sangat percaya bahwa setiap benda mati dan benda hidup ada gambar DIA ( maaf tidak saya sebut namanya ), dia hanya sebagai bentuk ujud manusia yang dulu pernah hidup…dia bukan Tuhan , dia sebagai wakil / utusan Tuhan, dia sebagai kias dan gambaran sifat Tuhan Sejati , karena Tuhan tidak bisa diwujudkan dengan apapun….

      Silakan dilanjut apa apa yang sudah dialami dan dijalani bila hal itu sudah dianggap dan dipercaya sebagai benar atau kebenaran……..

      Setiap jalan ada pintu gerbang masing masing , beda wilayah beda alam dan isinya ,juga berbeda cara untuk menemukan atau sengaja dipertemukan…….

  16. injih betul,setiap insan pastilah berbeda. .ada kalimat sederhana namun dalam sekali ” wadag itu pasti hancur,ruh atman akan terus menemui kelahiran kembali,dgn raga baru..sampai batas terakhir yakni kiamat tea”..pantas saja sinuhun prebu berkata” ngaing teu sieun kunanaon,ngaing cuma sieun mun gunung runtuh sagara bedah,bumi beulah” artinya dia tidak takut apapun juga,tetapi dia takut jika gunung hancur,laut meluap dan bumi membelah atau singkatnya KIAMAT. Ruh yg ber reinkarnasi akan berhenti jika kiamat terjadi,siapapun dari mandala jati tiada mampu lg akan manitis,atau terlahir kembali. Dan kalimat dalam lainnya ruh atman terlahir kembali pada raga yg baru,tidak selalu keraga manungsa saja,ke pohon ,kodok etc. Adjar padang berkata”marifat dulu baru sarengat”. Maaf bila tidak berkenan tentang inti ruh ISA. sy sendiri tidak berani menerobosnya..biar Ia ada “nyumput buni dinu caang”..”anggap saja saya ini mayat hidup akang”..salam sejahtera. Belajar terus sampe lupa”kawin”..hahaha..

    1. Salam damai dan sejahtera Bang RP….sedoyo sedulur kinasih….

      Semoiga Tuhan YME selalu membimbing kita semua…..Amin…

  17. maf yg punya blog,judul perang kurawa sama pandawa saya malah curhat.hehe Punten..numpang iklan.berhubung niti pancajati ke gng pangrango gada yg minat dan cincin hijau galaku, sy numpang jualan. Sebelumnya saya mohon jika banyak kata kalimat yg tidak berkenan. Saya numpang iklan mbah wagee.. Ini biung lg pusing mau jual tanah tidak laku2.. Kebetulan keluarga sudah pd hijrah kecirebon. Kaka dan 2 adik saya sudah pada punya rumah sendiri berkeluarga,malah anak2 ponakan sy sdh pd sd kls4. Dari tahun 2003 mau jual tanah dbandung lembang galaku laku, brg x ada yg minat?hehe. Atau mau bantu nyaloin. Ttg info tanahnya bisa sms ke 082214213447. .akses jalan alternatif lembang dago..jujur kami sudah berusaha ,malah puluhan kyai,suheng sudah membantu doa tetap saja gagal..cocok buat villa,penginapan.view kota bandung mantap. .jika kurang berkenan dgn iklan ini sy mohon maaf. Mksh..nuhun mbah wagerr etc.salam

    1. Semoga tanah Bang RP segera laku , kalau laku tolong para orang dhuafa dibantu….

      Semoga para sedulur di sini ikut mendoakan , semoga Gusti Allah memberi ijin dan mengabulkan doa kita…..Amin.

  18. Saya selalu tak percaya kalau ada ‘spiritualis’ yang menyatakan prabowo akan jadi presiden mendatang. Koalisinya kelompok penjual agama, suka bikin rusuh …. Gmana jadinya Indonesia?

  19. terimakasih doanya yg tanpa nama..ini boleh percaya silahkan tidakpun mhn tdk menganggap saya asal.hehe. Menurut trawangan 3 sesepuh tanah yg mau djual mempunyai makna sejarah? 1. Menurut tuan almaruh habib muhamad ibnu hifni, kang ade tanah itu tidak boleh djual,karena ada sejarah dgn kerajaan awal nusantara? Padjadjaran kuna? Jika harus djual,kamilah nanti yg akan membeli,namun kemudian akan kami kembalikan lg atas nama kang ade, oh saya gembira sekali jika dibeli tuan habib dan kemudian dikembalikan an saya,hehe,tp sayang beliau keburu wafat..saya yakin jika diantara anda yg kenal raja kutai sekarang pastilah beliau tau dgn sejarah wilayah desa saya,kebetulan eks kepala desa diberi piagam lgsg oleh tuan raja kutai dgn sabda phanditanya,karena menurut beliau ada riwayat dgn sejarah gunung sunda purba..2. Ada sesepuh dgng ciremai,tante mega kenal benar dgn beliau. Beliau berkata,saya sudah rapat dgn seluruh leluhur pasundan ditanah itu sktr 12x. Dia minta restu,semua merestui cuma raja japura yg agak merongos. Namun menvrut mereka ada baiknya jangan dijual,karena menurut dalang pantun dan sesepuh gng wayang jika bandung jadi negara maka ratunya pasti dari desa saya? Memang dulu sy smpat diberi petunjuk bahwa tanah itu ada riwayat dgn prabu mundingwangi siliwangi,dan memang sy dberi perjalanan sukma ditanah itu sy berdiri,naik pohon hingga melewati mega,sy berdiri dan mengetahui oh ternyata sy dulunya adalah prabu siliwangi,keris sapujagadpun melekeh dtangan saya..namun dibalik semua itu sy berharap tanah itu laku djual. Toh amanat dan pesan leluhur pasundan sudah sy terima,.apakah raden angkawijaya putra indra diturunkan disana? Hemm memang uang bukan segalanya..

  20. saya tdk terlalu paham politik,siapapun presidennya semoga indonesia jaya sentosa,..saya pilih prabowo entah kenapa,sy cuma rakyat kecil.kakak dan bpk sy suka jokowi,sy cuma bisa mesem…merdeka..,sedikit info sy intermezo iseng2 baca2 blog eddycorrect dan kisabdolangit,saya cuma bisa mesem ” malu” atas coment2 saya. Mafkan saya pada semua sampe2 pak widjil midjil benar2 gemrungsung,hampura pak. ..saya mencari tuan wayanp arjuna kuning yg dari tarakan,.. Pak wagerr nebeng curhat.hehe. Wasalam

    1. Saya juga minta maaf bila apa apa yang pernah saya tulis di Blog EC menyinggung Bang RP , he he saya juga malu ketika membolak balik halama blog yang ada tulisan saya…..Nuwun….

    2. @ Kang RP,
      @ Anonymous

      Santai saja. Silakan menulis, berbagi, bercerita dengan hati riang. Mau curhat-pun ok. Yang terpenting rukun dan bergembira. Dan untuk tujuan itulah blog ini dibuat. salam

  21. salam…..

    rasanya makin aneh dan lucu….Kang @ M Joker … goods….jangan mudah percaya…..yang sudah menjual agamanya …wowww….seabreg- abreg……demi untuk kesenangan dunia sesaat…..pasukan petruk nagih janji ….sudah bekerja …..harus hati2…..keluarga korban penculikan sudah merasa lega dgn pernyataan Bpak Wiranto …..ehhh…malah beliau dituding tidak baik ….padahal …beliau sudah mau ber bicara apa adanya …..hmmmmmm

    malahan ada yang bilang …akan membocorkan …rahasia ….siapa yang memberi perintah membumi hanguskan timor-timur……wowwww…..tambah lucu lagiii…..kalau timor-timur …di bumi hanguskan oleh setan sekalipun…sekarang ini…..emang gue pikirin…..berapa uang negara RI…. ..yang habis untuk membangun timor-timur …..berapa nyawa yang gugur untuk ..memerdekakan dan mempertahankan timor-timur……hmmmmm…..

    jangan-jangan …yang memberi perintah pengucuran dana BLBI…..bank centuri….juga merupakan…. rahasia negara…….yang membocorkan akan di hukum seberat2nya…..kwkwkkwkw…..tambah lucu lagi…..

    tp semua ini ada hikmahnya…..saya menulis ini …hanya mengingatkan …bahwa rakyat indonesia …tidak bodoh2 amat …masih ada yang sadar khok….dan tahu mana ..bener dan mana yang kurang bener….mana rahasia ….dan mana yang bukan rahasia….gituuuu

  22. Panggung sandiwara…

    Sandiwara dimainkan diatas panggung….

    Oleh mereka , para pemain lama ,membosankan dengan gaya main dan cerita yang selalu tetap sama ,

    Para pemain yang selalu meminta honor tinggi..

    Panggung sandiwara bisa segera bangkrut karena sepi pengunjung….

  23. banyak blog yg bangkrut. Eddycorrect.nurkala.akighendeng.nurahmad ganesa.sabdo.sabdadewi. Cuma 1 nama RP kacau semua hahaha(bangga) apalagi spwp kirain mpwp. Peang pgn disebut kanjeng”kinjeng x) wkwkwk. Abhimayunarendra?close. Mau nyocot model apa uy?? Prabowo hatta presidenku. .jago kalau sri sultan dukung jokowi..kalau kata mangwagub dedi mizwar pemimpin wiwi level nasional.wowo yg berwibowo level buwono dunia. Hidup wowo hatta..metrotv vs rcti. Pak tanu cerdas mendukung wowo. .mari kita buktikan negara ini bukan milik pakarno atau siapa siapa. .wowo RP merestuimu beserta leluhur sepasundan. Walau banyak dukun kyai yg dukung karena semata”pdi”..saya .prabu2 sejabar mendukung wowo. .tenang aja pak wowo” saya satrio penenget mendukung anda”. Nanti kalau kunci harta amanah pasundan dibuka. Akan saya “transfer kenegara” itupun jika wowo”presidennya”…merdeka.

    1. saat seseorang begitu hati2 berbicara tentang “rahasia diri saya”. Dia “terpaksa” memilih calon yg diusung “tante mega”. .padahal dia tau dibelakang saya selain “prabu” leluhur “pasundan” bersatu memantau “saya”. Saya cuma bisa “senyum”. Apakah dia lebih memilih pilihan saya ,yg notabene “prabu dan leluhur” pasti mendukung-apapun pandangan saya-. Tapi “dia” lbh memilih bendera “banteng”. Atau saya yang “bodoh” karena tidak bisa menerawang “masa depan”. Yang pasti saya cuma bisa “senyum”…ada 1 lg rekan dgn gamblang dia menjelaskan seluruh komandan pampanpres, dia termasuk keluarga besar kbr. Dia nanya siapa pilihan akan untuk pres nanti . Setahun yang lalu, saya jawab “prabowo”. Mereka “kerung”. Saya cuma “senyum”. .jadi “apakah saya salah mendukung prabowo? “…saya cuma bisa “senyum”. So jika benar “harta amanah pasundan kuncinya disayah? Lah pastilah nanti sy wajib membantu negara” itupun jika “benar” apa yg dikatakan mereka yg master ghaib,weruh sakdurunge winarah. So jika saya yg memang “dibebankan untuk mengurus harta amananah pasundan, sy wajib memutuskan, mereka harus full mendukung sgala langkah saya” karena harta itu lintas agama dan budaya. Tapi saya lebih “senang” jika para ahli ghaib itu “salah” bukan saya yg memegang amanat leluhur pasundan. Saya tidak yakin ” pada diri sendiri”.. Kenapa mereka mengetahui bahwa saya “satria penenget” tp mereka tidak “membantu” menuntaskan mistery..mending nontön cita carolina “geulis uy “..hahaha

  24. Boleh saja bersaing tapi memaksakan rasa takut kepada sanubari secara paksa dengan kekuatan alam bawah harus dibayar kelak……jangan mau takut dan terhanyut dengan perasaan buatan….hidup merah putih hidup garuda merah.

  25. Salam…

    Para Balon SP untuk saat ini harap lebih mencermati , lebih teliti , waspada , eling…..

    Dalam percaturan politik , pilpres saat ini , dunia gaib juga sedang gonjang ganjing , sama seperti manusia , punya kubu masing masing…..

    Maka yang lebih baik dan benar adalah selalu berdoa , memohon welas dan ampunan Tuhan YME semoga kemelut dan permasalahan yang mendasar di negeri ini bisa terselesaikan ….

    Saya percaya banyak manusia berharap SP segera hadir atau muncul , tapi dan sepertinya kita semua tidak tahu siapa SP dan dimana dia berada…..

    Misal saja ada dari sekian ratus atau sekian ribu orang mengaku sebagai SP maka kita semua berharap supaya Anda segera muncul dan heboihkan negeri ini dengan perbuatan yang mulia dan terhormat , entah dengan cara bagaimana ??….

  26. Harta yang besar dan ditengarahi sebagai harta amanah untuk membangun negeri ini saya rasa hanya sebagai wacana atau mungkin opini yang sudah dihembuskan dari dulu., entah oleh siapa ??…

    Menurut saya , SP tidak perlu dengan dana atau harta itu .., SP lebih memperhatikan hal yang real dan nyata , yaitu memfungsikan dan menjaga atau memelihara bumi Nusantara dan isinya ..

    SP manusia yang cerdas , penuh dengan ide cemerlang , sangat tanggap , sangat adil bijak dan berhati halus , bernurani..dan sifat mulia yang lain , terbimbing dirinya oleh Tuhan ketika menemui permasalahan besar Negeri ini , mencari dan diberi solusi demi terwujudnya kemakmuran., keadilan dan kedamaian negeri ini….

    Dana seperti emas batu intan jamrud dll itu akan tidak berguna sama sekali bila tidak ada nilai tukarnya , emas dan intan hanya akan seperti bongkahan batu bila semua manusia atau negeri manca sudah jatuh miskin., lebih berharga sepetak tanah untuk bisa ditanami…atau kolam untuk ternak ikan……..

    Harta yang sebenarnya adalah kekayaan bumi NKRI ini , hutan , laut , gunung , air yang jernih , alam pemandangan yang indah menarik untuk di kunungi turis., budaya , adat dll yang tidak bisa disebutkan satu persatu……….

    1. Bukti nyatanya , NKRI sudah diakui dan disebut sebagai tanah yang kaya , bumi yang subur…

      Bukti nyatanya , kekayaan negeri ini sudah di hisap terus menerus oleh bangsa lain , lalu siapa yang mampu dan bisa menghentikan itu…

      Apa yang sudah dihisap dan dikeruk bangsa lain itulah bukti nyatanya harta amanah , harta warisan , harta yang seharusnya dikelola dan diberikan kepada anak negeri , semua rakyat NKRI dari Sabang sampai Merauke….

  27. salam….

    Bravo….@Kang anonymous….bener….

    Mungkin…si ( SP )….tidak lama lagi akan keluar ….mungkin sesudah pilpres ‘ 2014….atau tenggang waktunya antara ( 1 -5 ) tahun kedepan menurut analisa abal-abal saya…..karena saya yakin…..sekarang ini si ( SP ) lagi menunggu tuhan sedang bekerja memasang perangkap bagi kelompok bertopeng….dan si ( SP ) yang palsu…….setelah jalan terbuka…baru si ( SP ) asli akan muncul…..pada saat kemunculannya …..sudah banyak yang mengenalnya……yachh mungkin pernah mendengar nya….atau pernah membaca artikel-artikelnya……gituuuuu kaleeeee………

    masalah harta yang besar …..yang akan di pegang si ( SP ) yang asli ….”mungkinn”…….memang ada…akan tetapi tidak seperti yang di bayangkan oleh si ( SP ) palsu……mereka membayangkan bahwa harta karun itu simpanan leluhur raja siliwangi atau raja brawijaya….yang akan di berikan kepada mereka……itu semua cuman bayangan saja…….ada yang bilang keliatannya gunung padahal itu emas …..itu cuman bayangannnn…..saya melihat ber ton2 atau metrik ton emas intan berlian …..itu cuman bayangan …..karena sesungguhnya harta sebanyak itu tidak mungkin diberikan kepada orang yang tidak terpilih……( cuman analisa )

    adapun bagi orang yang terpilih …..akan dikhabarkan secara langsung….bukan melalui suara …atau mimpi …..atau di cari2 dengan semedi dll……akan tetapi langsung didatangi oleh si pembawa berita ….dan di beritakan kepadanya secara singkat dan langsung tanpa menyebutkan jumlahnya …bagaimana cara pemberi khabar datang …begitu juga caranya dia pergi ………tidak seperti kata orang.. ..ber ton2 atu bergunung2…..dan si pembawa berita ..juga tidak pernah menyebutkan syarat2nya…..seperti kata orang ….harta amanah untuk kepentingan rakyat dan untuk membayar utang negara…….pppffffffffff bulsedddd……ketika tuhan memilih Dia percaya kepada hambanya….Dia percaya… pasti akan ada gunanya bagi hambanya …..alias tanpa syarat……ini logika yang benar….silakan bantah ……

    coba anda pikir …..masak tuhan …menitipkan harta kepada seseorang untuk membayar utang negara indonesia….hmmmmm…..itu artinya…tuhan membayar utang ” koruptor” ……apa mungkin …..mas brooo…..inilah salah satu cara untuk mengenali si ( SP ) asli dan si ( SP ) palsu…..
    ( cuman analisa juga )

    hehehehe…..kumat lagi sok tahu saya….padahal saya juga tidak tahu …..kwokkwokkwok….ada ngak ya si ( SP )…..xixixixixixi

    1. kalau rakyat menumpukan negara ini pada jokowi,kasian dia akan tambah loyo. Salaman aja tangannya pada lecet? Saya juga bisa marah katanya,tetep aja ga pantes. .wkwkwk. Kalau pemerintahan ini model afrika selatan pantas di pimpin mandela. Negara ini menuju era teknologi negara ini bisa pecah betataran jika pemimpinnya nyantai? Wah rakyat mendukung indonesia tambah hancur..

  28. anda tau artinya tut wuri handayani? Ngentut neng buri mambue wangiii..hahaha. Kampret makanya jgn suka nyolong mangga uy,nglindur x lu yah. Wk wk wk..yg tidak faham harta amanah ga usah difikirkan itu bukan semudah yg dbayangkan seperti cocote mario teguh dan yusuf mansur.. Kalau gue jd sp beneran hahaha.itung2 buang kotoran 3rb trlyun buat bayar utang negara. Stres tau mikirin utang,jangan sekali2 anda berhutang kalau kira2 ga bisa byr. Masalah htg negara mau bekas maen psk,kalah judi,atau taruhan atau karya buah koruptor yg penting hutang lunas. Yg lalu biarlah berlalu mari kita tatap masadepan yg lebih cerah hahaha ciiaaaaa..itupun jika saya spnya wkwkwk. Brg x pak wager spnya sowhat gitùloh. Hutang duit dibayar duit. Hutang nyawa dibayar nyawa. Balas dendam dunk? Kan huaromm brow brow. Anynemouse bingung? Ga usah bingung pa, aa rp aja ga bingung ngadepin jendral 5 orang sambil bw dokumen 430rb trlyun. Sy cuma mesem..jika bencana sudah menggema rada curiga juga ko wowo sesuai kereteg hatiku.selamatkan kebocoran.revisi kontrak,pindahkan istana eh ibukota negara. Jangan2 pak wowo spnya uy..kt pakarno ibukota akan aku pindahkan keborneo. Beri aku 10pemuda niscaya akan ku oyeg2 dunia. Wah mantapp

  29. kwkwkw…kwkwkwk…kwkwkwk

    ha..ha..ha….kwkwkwkwkw……ha…ha…ha…
    bayangan …. loe percaya…..lihat tuhhh…..borobudur ….hanya dalam 1 ( satu detik ) bisa pindah……apalagi lokasi harta yg loe lihat …..cuman perlu waktu 1 ( detik ) bisa pindah lokasi …..kwkwkwkwkwk…

    loe tau ….siapa yang bisa pindahkan lokasi ……..wkwkwkkwwk …..yaa tentu pemiliknya…..apa loe sudah pernah ketemu dgn pemiliknya…….kwkwkwkwk…..entar loe bilang ,….raja siliwangi atau brawijaya….kwkwkwkwkwk

    anda kembang kan sendiri aja semua keterangan dari saya mengenai harta karun ……semoga anda bisa memecahkan teka-teki saya……karena logikanya sangat akurat……

    yang bisa mendapatkan harta karun tersebut adalah ……dgn seijin Allah SWT beliau akan menyerahkan kepada yang dia inginkan….gituuuuu

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s