SMS dan Telepon Gratis, Bisa Internasional. Awas Produk Yahudi !!!

nexusDongbud.com. Lupakan tentang judul tulisan yang rada aneh. Namanya juga blog abal-abal. Setelah berkutat dengan topik agama dan politik, hari ini kita beralih sejenak membahas topik sepertinya jauh lebih bermanfaat, yaitu tentang tips dan trick menelpon dengan murah.

Anda ingin menelpon atau SMS dengan murah atau bahkan gratis? Beruntunglah, di jaman teknologi sekarang ini semuanya adalah serba mungkin. Bisa jadi tarif pulsa sekarang sudah sangat murah namun lewat artikel ini, Anda bisa bertelepon atau SMS dengan dengan jauh lebih hemat. Bahkan disaat pulsa HP Anda kosong sekalipun, aktivitas bertelephone ataupun mengirim pesan SMS tetap tidak ada pengaruhnya.

Sedikit curhat, di jaman saya muda dulu, telepone adalah barang mahal, terlebih lagi untuk telepone sambungan internasional. Untuk pembicaraan yang hanya beberapa menit saja sudah setara dengan gaji sebulan. Namun sekarang, kita bisa melakukan pembicaraan lokal atau bahkan internasional sampai kuping keluar asap dengan biaya pulasa  Rp O.

Bagaimana caranya? Adapun caranya atau langkah-langkah yang harus disiapkan adalah sbb:

  1. Anda harus punya Hp smartphone, komputer tablet atau PC komputer.
  2. Anda harus memiliki sambungan internet atau  WIFI.
  3. Anda harus mendownload appli-nya terlebih dahulu, lewat website, google play dll.
  4. Kemudian lawan bicara Anda juga harus download atau mengintall appli yang sama.  Jadi tanpa appli terintall, Anda tidak bisa menelepone seseorang langsung ke nomor telephone-nya.

Berikut adalah sejumlah aplli yang bisa digunakan dan sesuaikan dengan perangkat/gatget yang dimiliki.

Facebook Messenger

ikon-fbKeunggulan dari appli ini adalah suara yang lumayan sangat jernih dan nyaris tanpa jeda. Secara umum, kualitasnya nyaris setara dengan telephone berbayar. Selain bisa melakukan panggilan suara, juga tersedia fasilitas SMS, kirim foto dan clip video. Facebook Messanger adalah merupakan produk dari Facebook jadi syarat penggunaannya adalah Anda harus memiliki akun Facebook.

Tentu saja, Anda bisa menggunakan filtur Chatt atau SMS langsung dari website FB tanpa perlu install appli-nya tapi dengan appli Facebook Massenger, segalanya akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan karena bisa berkomunikasi, menggunakan panggilan suara seperti layaknya bertelepone biasa.

Appli ini hanya bisa diinstall di smartphone dan komputer tablet. Notebook atau PC komputer tidak bisa digunakan.

Viber Out

ikon-viberViber Out dirancang sepenuhnya untuk bertelehone atau SMS. Keuntungannya adalah terintegrasi otomatis dengan nomor telephone HP yang anda miliki beserta nomor telephone yang tersimpan di phone book. Jadi nomor telephone berfungsi sebagai ID. Keuntungan lain dari Viber Out adalah appli bisa didownload atau dioprasikan lewat tablet atau PC komputer, jadi telepone atau SMS yang masuk akan berdering di komputer Anda. Jadi bagi orang yang banyak bekerja lewat komputer, Aplli ini sepertinya akan sangat membantu.

Kelemahannya, untuk kualitas suara yang prima diperlukan koneksi Internet yang lumayan kencang, khususnya untuk sambungan Internasional ataau sambungan jarak jauh. Untuk areal lokal atau domestik sepertinya tidak ada kendala berarti. “Internet cepat untuk apa?” ya, salah satu tujuannya adalah untuk hal-hal beginian. Tentu saja untuk internet yang kurang kencang  tetap masih bisa digunakan karena kualitas yang dimaksud tidaklah jelek-jelek amat. Omongan lawan masih bisa dipahami, kecuali lawan bicara Anda ngomong pakai bahasa planet. Disamping itu kalau omongan lawan tidak jelas, masih ada fasilitas SMS yang menurut saya tampilanya paling cantik dibandingkan dengan produk lainnya.

Kelebihan dari Viber Out adalah dengan mengeluarkan sejumlah uang tertentu maka kita bisa membeli “sejumlah pulsa” sehingga nantinya bisa digunakan untuk menelpone ke nomor mana saja layaknya telephone biasa.

Google Hangout

ikon-hangoutDulu namanya kalau tidak salah adalah Google Talk namun sekarang berganti menjadi Hangout. Syarat penggunaannya adalah harus memiliki akun Google atau Gmail.  Keuntungannya, selain bisa SMS dan phone, juga bisa video, jadi selama ngomong kita bisa lihat wajah lawan bicara. Kelemahannya, kualitas suara sedikit brisik dan lemot. Kualitas video juga buram dan sering putus putus. Yeah, namanya juga nelephone gratisan, “you get what you pay for”.  Untuk SMS sama sekali tidak ada masalah.

Skype

ikon-skypeSkype merupakan layanan internet telephone yang sudah sangat mapan. Untuk menggunakannya Anda harus memiliki akun Windows atau Hotmail, namun bisa juga menggunakan akun FB. Secara umum, filtur-filtur di Skype hampir sama dengan Viber Out. bedanya, Skype adalah produk Microsof dari Amerika sedangkan Viber Out adalah produk Yahudi yang sekarang sudah dibeli oleh raksasa bisnis penjualan online dari jepang yaitu Rakuten.

Lain Lain

Selain aplli yang telah disebutkan di atas, masih banyak appli lainnya dan silakan di cari, dicoba sendiri dan dishare disini.  Tulisan di atas bukanlah artikel teknologi komunikasi jadi kesalahan informasi mohon  dikoreksi atau dimaklumi.

Wage Rahadjo

Advertisements

22 thoughts on “SMS dan Telepon Gratis, Bisa Internasional. Awas Produk Yahudi !!!

  1. waduh abah kalau cara mengetahui posisi no hp skrg ada dimana,bisa ga abah?apa appnya..misal sy mau tau pemilik no..lg ada dijalan anu, gt mbah.mksh

    1. Waduh, kalau ini menyangkut privasi orang lain jadi ya tidak bisa. Kalau semua nomor telephone bisa diketahui lokasinya, nanti malah memicu terjadinya tindak kriminal.

      Tapi kalau khusus untuk keperluan intern, mengetahui lokasi atau posisi anggota keluarga, anak sendiri, teman, mobil sendiri ataupun hp sendiri yang hilang dll. Itu biasa dilakukan. Nama appli-nya bisa dicari dengan kata kunci: GPS Tracker.

      Sekali lagi kalau untuk nomor telephone orang lain, (secara umum) jawabannya adalah tidak bisa. Sedangkan kalau untuk intern, keluarga, teman dll, jawabannya adalah bisa.

    2. bener juga ya simbah. Saudara sy baru beli android smartphone.ujug2 ilang.nasib2..gps tracker sistem kerjanya bgaimana simbah? Misal kartu udah dibuang.hp udah diformat ulang oleh simaling.mksh

  2. Kalau ndak salah nih, GPS tracker itu ada yang berbayar ada yang gratisan.

    Kalau berbayar, diset langsung ke mesinnya. Di negara maju, seperti Jepang misalnya hp untuk anak2 biasanya sudah diset di sedemikian rupa sehingga orang tuanya bisa memantau lokasi si anak atau bahkan anjing peliharaan.

    Nah, kalau yang gratisan, install lewat app. Untuk mengetahui lokasi nomor/hp lain harus ada kesepakatan/approve kedua pihak, seperti friend list di facebook. (Jadi cara kerjanya adalah sama, baik berbayar ataupun gratisan intinya adalah kesepakatan, bukan main intip)

    Bagaimana kalau hp hilang, kartu dibuang atau diformat ulang?

    Kalau yang berbayar, masih bisa dilacak karena tiap hp ada kode produksinya. Sedangkan yang gratisan ya bai-bai alias di-ikhlaskan saja. namanya juga gratisan. Ada harga ada kualitas…..

  3. wiuh hebat tenan simbah ahli it? Tlg djeng dewi ” notebooknya rewel”..hehe. Dan 1 lg apakah ada app gratisan diatas googleearth simbah? Nanya terus ya simbah.hehe

  4. mbah wager. Sy pake hp jadul 5800xpressM. Sebulan ini aneh,kalu buka Operamini. Pertama yg sy ketik “DONGBUD”..Waduh,gmana supaya ngilangin virus ini,hehe..

    1. Waduh, ini sih sudah parah, artinya virus sudah menjalar memasuki tulang sumsum dan sel-sel otak. Imunisasinya alias cara pencegahannya, kontrol waktu dan kontrol diri, jangan lagi ketik kata DONGBUD, tapi alihkan dengan ketik kata lain misalnya :
      DONG…KRAK, (alat pengungkit)
      DON…KEY, (sejenis kuda)
      DON…KING (search sendiri) atau bisa juga
      DONG kosong nyaring bunyinya………

    2. haha itukan peribahasa dongkosong nyaring bunyinya, justru sy bingung untuk ngetes brajamusti kudu ngeremed susu siapa ya? Punya sidewi kegedeaan,wkwk…perempuan didunia sp cuma 1 yg tahan buanting.weh weh..salam jangan marah..

    3. abang yang suka mengaku punya ajian brajamusti, ayo tunjukkan kejantananmu… remes tuh gunung jilboobs bu slamet kalau berani… hahaaayy…. peace ^_*…

    4. nih mbah, ada yang lebih besar lagi, kalau mau lihat…

      https://www.google.co.id/search?es_sm=122&biw=1242&bih=577&tbm=isch&sa=1&q=jilboobs&btnG=

      pegimana mbah? indah bukan? 🙂 …

      sayangnya jilboobs dipermasalahkan oleh MUI dan diberi label haram bagi wanita yang nekat memakainya (-_-)…

      hmmmm… ini adalah akal-akalan mereka, karena si anita mui tak bisa mendirikan negara khilafah, akhirnya sedikit demi sedikit melampiaskannya dengan berbagai aturan kebijakan publik berdasarkan syariat versi mereka.

    5. mbah, bicara ikan, saya jadi teringat pas main tebak2 an sama teman :

      ikan apa yang badannya kecil tapi kepalanya besar??…

      kami sebutkan satu per satu ikannya tapi nggak ada yang cocok, mulai dari ikan laut, darat, sungai semua nggak ada yang tepat.

      lalu jawabannya apa??…

      yang benar : iwak teri helm an… ikan teri pakai helm ^_^… wakakaaakkk…

  5. Teringat, dulu pernah telphonan dengan Kang Bala di negeri Kurawa via Google Talk. Duh, kayak percakapan dua orang kakek, omongan kagak jelas, kagak nyambung, putus-putus dan sepatah kata, lima detik kemudian baru nyampai di telinga lawan.

    Hmmmm, entah dimana Kang Bala sekarang…….

    1. mampir bentar aja. Sy jadi teringat kalau ada anak lg lucu2nya bercanda sibapak dan si ibu dgn senyum manis mengasuhnya ,membiarkan sianak manis kesayangannya bermain didepannya. Rasanya adem tentrem hati ini jika tdk ikut coment2. Dgn melihat coment2 blog2 para para ada kesumringahan tersendiri. Pesan ini dari bapak buat kamu kamu anaku tersayang…kalau api goboleh dipegang sayang,tapi api boleh kamu pakai buat bakar ikan asal lemari jangan kau bakar yah..apalagi rumah ini,hati hati bermain api anaku sayang. Papah mau kerja dulu ..entah pulangnya kapan ” anaku tembayat wis wayane bapak turun gunung,bapak mau bagi waris,bapak mau meluruskan pematang yg dibelokan, selang air yg terlepas. Bapak banyak kerjaan, nanti kamu juga bapak kasih bekal dan tugas juga semua anak2ku”..wah mau magrib bapak pergi dulu yah. Jangan bandel. Jaga adik2mu jangan melawan kakak2mu, mandi yg bersih,muakan yang buanyak biar kaya sidewi subur makmur padat berisi, jangan kaya kanjeng wongpangawitan ceking . Bapak doakan kamu sehat selalu. Yo wis bapak pergi dulu,bpk lutung sudah datang..

    2. Oom Wage,

      Lha iya, gratis an saja kok mau jelas ! (-: Saya masih di sini … , sibuk ngintip saja . Salam. Sembunyi lagi, nanti ngintip lagi.

    3. ini khas Om Baldew yang selalu ampuh dan jitu… tak pernah surut dalam kosakata perbahahahahahasa`an 😀 …

      kalau naik becak ngenyang murah, si driver malah ngebut zig zag nggak karuan, penumpang jadi sport jantungan, di tegur supaya hati-hati jangan ngebut, si driver santai saja menjawab : wong mbayar murah kok minta selamat :mrgreen: … wakakaaakkk….

    4. anak anak. Bapak tadi nengok gunung slamet kabarnya mau meletus. Waduh gawat. Tapiii. Lebih gawat lg bapak ditantang kawin? ? Harus tahun ini? Bapak bingung, mana kamu blum besar2, ..walaupun kamu bukan asli anak bapak,bapak sudahmenganggap kalian anaku sendiri, yg lg lucu2nya, bapak tidak tega jika harus berpisah dgn kalian..bapak bingung??

    5. busyet deh abang, mau kawin aja pake woro-woro segala, di blog abal-abal lagi 😀 …

      tapi ok, biar abal-abal tetap saya ucapkan selamat, semoga segera dapat jodoh yang pas di hati 🙂 …

      jangan lupa undangannya ya ^_*… hihihihi…

    6. anaku dewi, memang bapak tadinya bingung mendengar gng slamet mau meletus, tp bapak lebih bingung saat pak kyai menjodohkan bapak. Bapak pengennya sih sendiri aja? Gmana nanti nasib anak2ku. .hemm..lagian bapak sudah tua..kalau jadi nikah,nanti bapak bikin blog khusus,itupun kalau jadi,bapak bingung..

    7. father thank you (-_-)…

      but excuse me, I don`t know who you are, please bring my friend back.

      where is he father?… he is gone, he`s gone in so many ways…

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s