ISIS : Opini Seorang Asu Kirik

Asu Kirik adalah nama orang. Beliau adalah sahabat lama saya di dunia maya. Hmmm……. nama yang walaupun cuma alias tetap saja terdengar aneh. Namun entah kenapa dari awal saya merasa “cocok”. Apa salahnya menjadi anjing dan apalah artinya sebuah nama, terlebih lagi untuk blog abal-abal? Apalah artinya nama indah tapi kelakuan sentoloyo? Nah, di topik kali ini saya mencoba menampilkan opini seorang Asu Kirik tentang topik yang lumayan berat dan panas yaitu tentang gerakan negara Islam Irak dan Suriah,  ISIS.  Seperti apa sih opini seorang Asu?


Saya membaca banyak berita mengenai ISIS baik di media masa maupun komentar-komentar di dalam Facebook. Saya tidak heran dengan komentar yang mnunjukan ketidak-setujuan, kekhawatiran maupun ketakutan akan tindakan ISIS yang memang juga tidak sejalan dengan pendapat saya. Yang saya tertarik adalah komentar-komentar orang Indonesia yang mendukung ISIS bahkan menyatakan siap bergabung dan mati demi perjuangan ISIS. Yang menjadi ketertarikan saya adalah saya ingin tahu apa yang menyebabkan mereka berkomentar demikian.

Kemungkinan pertama yang mendarat di pikiran saya adalah karena agama. Kemungkinan besar orang-orang yang sejalan dengan ISIS menilai bahwa ISIS sedang memperjuangkan agama Islam. Jadi wajar saja kalau mereka rela berjuang untuk mendukung ISIS. Tapi bukankah agama diciptakan untuk membuat manusia menjadi lebih manusiawi? Sedangkan apa yang dilakukan ISIS, menurut saya yang kurang beragama ini, adalah tindakan yang jauh dari manusiawi. Jadi kenapa manusia-manusia ini malah mendukung tindakan yang tidak manusiawi?

Kemungkinan kedua, yang saya pikir lebih menarik, adalah keterkaitan tindakan mendukung ISIS ini dengan budaya tawuran yang marak di Jawa. Saya sempat menggoogle (dengan bahasa Inggris) tawuran antar sekolah menengah di negara lain dan hasilnya sangat minim. Lalu saya coba menggoogle “Tawuran antar sekolah” dan hasilnya banyak sekali, bahkan ketika saya mempersempit research areanya ke hanya di 2014.

Saya pikir, budaya tawuran ini kemungkinan mempengaruhi komentar-komentar pendukung ISIS, atau tindakan-tindakan FPI, atau ormas-ormas radikal lainnya. Kecenderungan “menyelesaikan” masalah dengan berkelahi atau adu kuat sudah tertanam sejak SMP, bahkan SD. Kecenderungan menyelesaikan masalah dengan senjata dan kelompok yang besar sudah menjadi kebiasaan sejak kecil, pantas saja ketika dewasa hanya itu yang mereka tahu. Kalau dipikir-pikir, tidak ada bedanya apa yang terjadi di Timur Tengah dengan tawuran antar sekolah. Pantas saja banyak yang mendukung tindakan ISIS.

Sekedar iseng-iseng nonton football sambil ngintip Facebook……

https://www.facebook.com/asu.kirik.96/posts/579

39 thoughts on “ISIS : Opini Seorang Asu Kirik

  1. Kecenderungan “menyelesaikan” masalah dengan berkelahi atau adu kuat sudah tertanam sejak SMP, bahkan SD. Kecenderungan menyelesaikan masalah dengan senjata dan kelompok yang besar sudah menjadi kebiasaan sejak kecil.


    hehehe saya setuju pak..

    olah raga yang sebetulnya sebagai ajang sportifitas akhirnya sebagai ajang saling bermusuhan, menebar kebencian, lihat saja wajah persepakbolaan negeri kita hehe
    perguruan silat, tenaga dalam juga banyak yang bersinggungan karena akar masalah yang sepele.. yang ga tau apa2 kadang juga disenggol sama yang tau apa2..
    sepertinya budaya golcok (senggolbacok) semakin berkarat saja.. hehe

    salam senggol simbah wage..

    1. sepertinya pendidikan budi pekerti harus menjadi mata pelajaran disekolah dasar, disamping pendidikan agama tentunya..

    2. Salam senggol? Ndak ada bacoknya khan? Wakakakkk……..
      Manunya ikutan nulis tentang ISIS juga. Cuma masih bingung, gimana caranya nulis dengan lebih netral…..

  2. Oom Wage (rrr), saudara sekalian,

    Yang di bawah ini saya …curi dari

    LAMONGAN, KOMPAS.com — Masih ingat trio bom Bali asal Lamongan yang menggemparkan dunia pada tahun 2002? Mereka adalah tiga bersaudara Ali Amrozi, Ali Ghufron alias Muchlas, dan Ali Imron.

    Dua nama pertama dieksekusi mati, sedangkan Ali Imron divonis hukuman penjara seumur hidup.

    Kini, setelah 12 tahun berlalu, Lamongan kembali menjadi pergunjingan dunia. Kali ini disebabkan aksi bom bunuh diri yang dilakukan Wildan Mukhollad, anggota pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

    Remaja Lamongan yang bersekolah di Al-Azhar Mesir ini meledakkan diri, awal Februari lalu…………..

    1. Dunia semakin ora karu kauan……

      Salam Mas Balanedewa….

      Lama tidak hadir , tapi selalu ngikuti dan ngintip…he he….seperti kepala kura kura dirumah saya , masuk , keluar , masuk lagi….he he…

      Semoga Njenengan selalu sehat , lancar rejeki….amin….

      Salam dan tabik hormat Mbah Wager dan sedoyosederek lan porosepuh…..saya juga masih selalu intip ……

      Rahayu….

    2. nah, kalau saya habis ngintip, nge-klik ‘like’ ^_^ … xixixixi…

      semoga pak JS juga selalu sehat, lancar rejeki, banyak orderan dan tetep bisa stand by cangkruk`an di warung 🙂 ….

      namanya juga warung, rame pengunjung, senggol dikit bisa fatal akibatnya… beda dengan warung tuak simbah, senggol dikit asyik… apalagi banyak 😀 …

  3. om swastiastu,
    saya menonton video kiriman teman melalui bbm yg memperlihatkan anggota isis memaksa korban mengucapkan kalimat syahadat lalu menggorok korban yg sudah menuruti mereka….pada awalnya yg melakukan eksekusi menggunakan pistol dan senapan AK tidaklah begitu membekas……yg satu ini membuat saya trauma dan ikut merasakannya di leher….ya gusti semoga diberikan tempat baginya….dengan tangannya mengerang karena gerakan golok yg menggergaji bukan menebas membuat nilai siksaannya melalui video ini menyakitkan hati……salam kang bud

  4. hahahaha………

    orang ngak akan memangggil atau memaki seseorang jika ….seseorang tidak melanggar …kode etik…..kwkwkwkwk

    orang hindu bilang ….orang yang berpikir baik …..berkata baik …bertindak baik …akan bertemu dengan yang baik2…..hehehehe……begitu sebaliknya ….klu tidak baik …..pasti bertemu …asuuuu…kerekkk……hahahaha…..

    gitu aja …kok repot ….kalau tidak di didik keras …..lama2 …tindakan nya akan ditiru oleh anak2 ….mental anak2 …jadi rusak ….gituuuu …..alias sampahhhh

    niat nya sih mau lihat dan menguji mental calon sang SP …kwkwkwkkw…..ngujinya salah tempattt…. fatal buat dunia maya….dunia maya ….tempat anak2 …jangan di beri contoh yang burukkkkk ….

    wess taaa……

  5. Rasa cinta atau benci yg mbutalah yang mjadikan kita khilangan akal sehat tanpa mpertanyakan lg kbenaran itu. Kbenaran yg sejati tidak akan pernah pudar masa lalu, kini maupun d masa depan…apabila d satu masa kbenaran itu dragukan artinya itu bukan kbenaran yg sejati.
    Banyak pribadi mjadi fanatik atas ksombongannya, bagaimana bisa mahluk yg tak pernah mberi mmiliki hak u/ mminta? bagaimana mungkin tak pernah mncipta tapi mminta hak mmusnahkan? bagaimana bisa seorang awam mjadi hakim diantara saudaranya?
    Bila kjahatan dbalas kjahatan, kbencian dbalas kbencian…lalu apa bedanya kita dengan si jahat???

    1. sijahat itu identik dgn hitam
      Satria baja hitam pembela kebenaran,apakah dia juga sijahat?
      Belalang hitam..
      Kalau orang pake serba hitam pastilah dia “DUKUN” wk wk..

  6. Aneka warna adalah sbuah ilusi plihatan. Bila setiap jenis warna mwakili sifat itu sah2 saja karna persepsi pribadi….sperti aura manusia pun b”aneka warna. Kl hitam identik dgn jahat perlu dbahas lebih dalam…kalo bisa dalamnya lebih dr 30m, bila blm 30m saar musim kmarau datang masih kkringan “maaf kbawa profesi”
    Warna tidak bisa mjadi nilai mutlak dr sbuah kpribadian, lihatlah pakaian suku baduy, dayak, dll yg dperdalaman ” mungkin warna hitam identik dgn fungsi yaitu gak mudah tlihat kotor, bayangkan hidup dlm hutan pake baju putih…bisa bbrp menit warna putih jadi coklat bisa bisa dsemutin kl coklat…hehehe”
    salam kenal tuk semua, kl ada psenan gali sumur jgn lupa hubungi….

    1. Salam kenal Krishna.

      Warna bisa memiliki arti bisa juga tdk, tergantung situasi, kondisi dan juga suka sukanya orang yang menilai.

  7. Om Daniel bermimpi,
    ISIS di Irak Utara itu tampak seperti nyala “api lilin” yang membakar semak belukar akibat kesalahan “orang camping”,
    Mungkin artinya kebakaran akibat “orang camping” itu disengaja, bila tidak dipadamkan segera bisa menyebar kemana-mana. Apakah penyelesaiannya dengan perang dan dengan suport senjata spt sekarang ini? ataukah ada penyelesaian dalam bentuk lain?
    Sepertinya “orang camping” itu masih berhubungan dengan perusakan masal kedamaian dunia ini. Mimpi Om yang aneh….

    1. Om Daniel bermimpi lagi,
      Oalah ternyata di dalam unsur api… ada para malaikat juga toh… sang pemelihara… ck ck ck, jadi tak bisa sembarangan yah “orang camping” itu memanfaatkan unsur api itu.
      Teorinya begini, malaikat adalah cahaya, cahaya yang difokuskan pada suatu JASAD atau objek akan menghasilkan panas dan timbullah api (iblis dkk), namun bila cahaya ditebarkan secara merata dan luas akan memberikan kesejukan perdamaian cinta kasih dan tentu penerangan dari era kegelapan.
      Mimpi om yang mengejutkan tentunya…

    2. Om Daniel tertawa geli…
      Kenapa kok dalam mimpi ada teori himpunan matematika yang terdiri dari malaikat, jin (iblis dkk), manusia, binatang?. Jin itu himpunan bagian antara malaikat dan manusia juga binatang. tertawa geli kalau mengasumsikannya.
      Kalau manusia? pribadi seorang manusia adalah mulia yang terbukti dihormati bangsa malaikat tentunya. Namun oleh bangsa Jin diacuhkan karena bangsa Jin tidak tahu, maka beliau2 jadi sombong, terhadap pribadi manusia itu. Ya agaknya kesombongan bangsa Jin akan berakhir saat akhir tahun karena bangsa Jin akhirnya paham, kenapa bangsa manusia dengan pribadi pribadinya itu haruslah dihormati.
      Mimpi Om yang lucu terngiang ngiang sejak kecil muncul kembali. Menggelikan sekali…

    3. Mimpi Om yang sangat lucu…
      Mengajak para bangsa Jin dengan para Raja Jin dan rakyatnya “orang camping”, ikut slametan dengan bangsa manusia… sebagai makhluk Ciptaan Sang Maha Pencipta untuk mensyukuri Nikmat yang diberikanNya… bukan cara perang dar der dor atau perang urat syaraf loh… cara itu tidak efektif dan tentu tidak akan menemui keberkahan hidup bersama… tapi marilah slametan saling mendoakan dan juga MKMK (MaKan MaKan) aja yuuukkk di dalam satu meja hidangan demi kebersamaan sesama hamba Tuhan mensyukuri NikmatNya…
      Mimpi yang lucu namun indah tentunya…

    4. Om Daniel mimpi lagi mimpi lagi,
      Kali ini bertemu dengan Gus Dur, beliau mengatakan bahwa untuk menjadi Hamba Tuhan itu gampang, boleh perseorangan boleh berkelompok, dan beliau menambahkan lagi kata kata yang tak asing dan terasa menenangkan di hati Om… yakni… “gitu aja kok repot”…

    5. Om Daniel mau berbagi cerita tentang dialog dalam mimpi dengan Gus Dur, yang sebenarnya untuk Om sendiri, Namun tak apalah Om ingin berbagi kisah…

      Saat Om bertanya bagaimana menjadi hamba Tuhan yang baik Gus?
      Gus Dur menjawab dengan terkekeh kekeh.. hehehe Om Daniel menjadi hamba Tuhan yang baik dan benar itu sangat mudah.
      Caranya adalah jadilah pelayan yang baik untuk Ciptaan-CiptaanNya… kalau kemampuannya melayani hanya ruang lingkup yang kecil ya cukup layani dengan baik dan benar ruang lingkup kecil itu saja jangan memaksa melayani yang lebih besar, seperti melayani lingkungan keluarga sendiri itu.

      Kalau memang mampu melayani ruang lingkup lebih besar, maka boleh boleh saja seperti RT RW lingkungan kelurahan kecamatan, dan kalau ternyata terbukti mampu melayani ruang lingkup lebih besar lagi… ya monggo monggo saja… seperti walikota sampai gubernur atau perdana menteri atau bahkan raja atau presiden, baik dari golongan bangsa Jin atau Manusia.
      Ya seiring dengan melayani makhlukNya juga dengan memelihara kebutuhan atau kelengkapan hidup masing masing makhluk Ciptaan Tuhan itu, spt memelihara hutan, gunung, sungai, lautan dlsb itu, dengan mengolah secara baik dan benar pula.

      Kira kira begitu kinerjanya Om Daniel… hahaha gitu aja kok repot Oom… begitu kata Gus Dur di saat Om bermimpi…

    6. Om Daniel, terima kasih telah berbagi cerita tentang mimpinya.

      Banyak orang yang bermimpi tapi tidak mau menuliskannya. Banyak orang menulis tapi tanpa impian. Namun yang terbanyak adalah tidak punya mimpi dan juga tidak punya tulisan.

      #mabuk pagi

    7. Om Daniel bermimpi “dicubit” oleh nganu anu… tapi BIaSa sajalah… mungkin lagi kangen… langsung aja Om cubit lagi…. jadinya kita saling cubit”an deh… dalam mimpi tapi…. mimpi Om yang menggoda…

  8. saksikan tumpeng nusa jawa akan dipotong. Sepuh2 pemalang sudah pd ditarik. Waspada. Kemunculan AKU sang satrio yg tidak akan dipingit lg. Hati2 berbicara..hanya dgn 1hentakan borobudur bisa miying hampir 90 d e r a j a t. Yg punya ageman,benda pusaka jimat tetek bengek kubur baek2 kedalam tanah jarak min 50cm. Yg punya jangjawokan. Pada mandi gibas jam 00:00. Dgn niat sucikan diri basuh baju wadag dan kulit darah. Karena kemunculanku akan dibarengi bencana besar2an,semua yg setia tidak setia padaku dijaman jatinangtung tunggal akan bangkit. Aura walaupun sdkt dari pusaka mustika elmu2 gila akan terdeteksi. Dan akan mendapatkan benturan. Bisa2 putus urat2 syaraf kalian,mati ora ana suara,ujug2 biru,merah hitam atau gosong. .masanya Perang pupuh. Woro woro tiang raden angkawijaya. Jowo kari separo..

  9. hahahaha……

    aadaaa2 aja….semua pade bikin ulah …hahahaha….klu tenang2 aja khan enak ….biar yang asli keluar sendiri tanpa disuruh2 …kwkwkwkww

    DPR …juga bikin ulahhhh ….hahahaha….takut klu sang SP jadi presiden karena dipilih langsung oleh rakyat……ehhh bikin ulahhh …..buat aturan ” pemilihan tidak langsung ” ….setelah bikin aturan partai pemenang tidak serta merta jadi ketua DPR……….hhaahahaah….koplak khok keliatan bangettttt…..kwkwkwkkw

    pemilihan tidak langsung : plus …buat anggota DPR

    1. money politik bisa bergeser …..untuk rakyat …jadi masuk ke ruang parlemen ….kwkwkkwkwkw
    2. money politi menjadi tanjeble…bisa dihitung dgn mudah dan bisa dijamin keamanannya
    3. bisa mengontrol siapa2 yang harus jadi presiden……agar kelakuan koroptornya DPR aman
    4. Agar Sang SP …tidak bisa jadi presiden dlm waktu dekat ….hrs melalui proses ikut partai..kwkw
    5. Agar mentri kabinet dan posisi strategis….bisa dinegosiasi di DPR
    6. kebijakan anggaran praktis bisa dikontrol …DPR ….karena calon presiden hasil nego ….kwkwkw
      7.Lebih mudah menurunkan presiden ditengah jalan ….jika tidak sesusai dgn keinginan DPR
      8.Ketua partai …posisinya jadi sangat2 penting……melebihi presiden…. biaya recom jadi mahalllllll
    7. Uang negara …dgn mudah dan aman …melenggang masuk ke pundi2 partaii…..kwkwk..koplak
    8. KPK….bukan independen lagi …..semua tergantung DPR …….hahahaha…bagussss….kwkwkwk

    alasannya :

    1. biaya pemilihan langsung mahalllll…..
    2. klu didaerah bisa memecah belah suku atau etnis……

    kwkwkkw…..mahal …dan sulit diprediksi jumlahnya…..dan tidak menjamin menang …kayak …prabowo …bangkrutttt ……..kwkwkwkwkkw

    yachhh….untuk ini semua…..lah …maka anggota DPR kumpul2…..membuat sistem yang mudah di kontrol….kwkkwkw…..yaitu pemilihan presiden tidak langsung ……jika aturan ini dibuat untuk pemilu yang akan datang dan berlaku mulai 2014 ……awasss….. Pak JOKOWI & JK …..posisi anda sangat rawan ……sekali …karena ini adalah konspirasi …” hati busuk “……..

    ngatifnya:

    1. untuk menjadi kepala daerah ……harus punya minimal keluarga di DPR tk I… DPR tk II pasti akan mudah melenggang menjadi kepala daerah……artinya bisa dikondisikan dari ruang DPR…kwkwkkwkw…maka yang terjadi adalah …adanya raja2 kecil didaerah ..atau dinasti…maka korupsi didaerah2 menjadi semakin suburrrrrrr……..hehehhehe

    2.DPR pusat….menjadi tempat untuk pertemuan dan membentuk konspirasi ” hati busuk “…moral rusak ….dan minta imbalan prostitusi menjadi semakin marak ……klu ada yang jujur ….dengan mudah untuk dieksekusi mati….contoh ….MUNIR aktivis HAM

    gagal kan……..konspirasi ….” hati busuk “”…….bubarkan DPR …klu macam2…..batasi umur anggota DPR …..yang kelamaan di DPR atau parlemen ….itu yang paling bahaya.

    wess taaa…..

  10. hemmm. Minta ampunlah pada Sang Maha Tunggal Gusti NuMurbeng Alam Allah Azza Wazalla Tuhan Yang Maha Esa. Dgn samadi tengah wengi, sebelumnya mandi jamas ageung ,dgn membersihkan diri baik lahir maupun bhati. Eling2 ning badan diri,ojo rumangso suci,ojo rumangso sakti,opomeneh rumangso bli bakal mati,elingo atine lambene pangrungune lan pangrasane. Duh gusti Hampura Abdi. Sima wiwaha.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s