Tanya Jawab Seputar Dunia Blog

Teknik dasar menulis

Membuat tulisan, sebetulnya sangatlah mudah, apalagi kalau cuma sekedar untuk  diposting di blog. Namun walaupun mudah, banyak orang yang kesulitan untuk membuat tulisan. Seseorang bisa ngobrol berjam-jam namun untuk membuat satu atau dua paragraf tulisan terkadang sangat susah.

Penyebabnya salah satunya adalah karena kurang latihan. Penyebab lainnya adalah karena malu atau tidak percaya diri kalau tulisannya dibaca oleh orang lain. Menurut saya, menulis adalah sarana meditasi, uji nyali sekaligus sarana meniliai diri sendiri. Lagipula, seperti yang sudah saya tulis di atas, tulisan khan bisa dibuat privat?

Setiap orang tentu punya pendapat, pintar memberi nasehat serta tahan ngobrol sampai pagi. Namun tidak semua orang mampu untuk menuliskannya. Sayapun mengalami hal yang sama. Disaat mencoba menuliskan apa yang barusan saya obrolkan, jujur saya kaget dan shock karena betapa dangkalnya pembicaraan, nasehat atau opini yang barusan saya omongkan. Nah, inilah salah satu tujuan menurut saya pentingnya menulis, opini termasuk juga membuat komentar. Dipublish atau disimpan sendiri, menurut saya bukan masalah, karena yang utama adalah sebagai sarana kontrol belaka.

Hal terpenting lainnya dari menulis adalah sarana belajar untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar, belajar tanda baca, ejaan yang benar dll. Baik menulis di blog, facebook atau komentar kurang lebih sama. Dengan mengikuti sedikit kaidah dasar menulis, maka tulisan anda akan menjadi sedikit menarik, indah dan enak dibaca.

Jadi bagaimana dong baiknya dan dari mana saya harus memulainya? Berikut adalah langkah sederhana untuk membuat tulisan versi dongbud.

  • Jangan banyak berpikir, segera tulis dan perbanyak latihan. Latihan membuat seseorang menjadi sempurna. Tidak ada orang yang pintar tanpa latihan.
  • Tentukan topik yang akan dibahas. Jangan memilih topik rumit tapi cukup topik ringan misalnya aktivitas sehari-hari.
  • Jangan terlalu mengharap komentar atau reply. Menulislah untuk diri sendiri.

Contoh :

Misalnya Anda ingin menulis tentang film komedi Mr Bean yang barusan anda tonton. Pertama tulisakan sedikit pengantar topik apa yang akan anda bahas. Kalau anda cuma menulis sepenggal kata  “Ha…ha….ha… lucu…..”, mungkin anda akan disebut gila.  Tentu saja, judul  terkadang sudah memberikan cukup gambaran tentang topik yang akan dibahas namun dengan menuliskan sedikit pembuka maka tulisan akan menjadi sedikit enak dan arahnya jelas. Kemudian tuliskan inti cerita utama, kejadian lucunya dan bagian terakhir tulis sedikit penutup.

“Kemarin aku nonton filimnya Mr Beans di televisi ***.  Ngakak habis. Ceritanya begini bla…bla….bla. Konyol bukan? Ada rekan lain yang nonton ndak?”

Mudah bukan? jasi kerahkan seluruh daya ingat, pembendaharaan kata, pengetahuan berbahasa ddan juga rasa humor yang Anda miliki. Sekali lagi, latihan membuat seseorang sempurna.

—————————————-

2 respons untuk ‘Tanya Jawab Seputar Dunia Blog

    1. Foto ini diambil dari google plus punya orang, sekedar untuk contoh

      Note 1 : nama akun google plus tidak akan tampil atau terlacak.

      Note 2 : untuk menghindari spam, maka komentar dengan foto akan dimoderasi sebelum ditampilkan.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.