Mengenal Lampu Badai

lampu-badai3
Credit image : Rakuten


Penulis : Wage Rahadjo.
Lampu badai atau Lentera Hurricane (hurricane lantern) adalah peralatan yang wajib  dimiliki oleh pecinta aktivitas outdoor / berkemah. Sesuai dengan namanya, lampu ini sangat tangguh karena tetap menyala walau diterpa angin kecang atau badai.

Kenapa lampu ini bisa tahan terhadap badai? Jawabannya terletak pada designnya yang walaupun sederhana ternyata menyimpan keajaiban dan kejeniusan penciptanya.  Lampu badai tahan angin bukan sekedar karena ditutup rapat oleh kaca tapi karena designnya yang dibuat sedemikian rupa sehingga sirkulasi aliran udara tetap lancar dan stabil. Kalau api dikurung begitu saja dalam gelas kaca pasti si api akan merana dan padam.

Awalnya saya beranggapan, lampu badai itu berbahan besi yang solid (utuh) sehingga berat dan tidak mudah jatuh diterpa angin. Ternyata dugaan saya salah. Lampu badai ternyata sangat ringan dan dibuat dari rangka aluminium yang ringan dan berongga. Pantasan harganya relatif murah. Sebetulnya bahan yang tipis dan berongga (pada pegangan sampingnya) tujuannya bukan semata untuk “cost down” tapi untuk sirkulasi udara.  Untuk jelasnya bisa dilihat dari diagram berikut.

lentera-designCredit image : lanternnet

Kapan sih lampu ini dibuat dan siapa sih penciptanya?

Menurut catatan wikipedia, lampu badai ini awalnya diciptakan oleh John Irwin dan dipatenkan 12 Januari 1868.  Saat itu bentuknya sedikit berbeda dengan lampu badai yang kita kenal sekarang, walau perbedaannya tidak banyak yaitu hanya pada bagian atas atau tutupnya saja yang jauh lebih sederhana. Bentuk awal dari lampu badai ini disebut dengan hot blast, sedangkan model yang sekarang disebut cold blast. Berikut adalah contoh type hot blast produksi baru merek Deitz.

lentera1Berapa harganya ?

Harga lampu ini bervariasi yaitu berkisar antarai Rp 60.000 s/d Rp 400.000 tergantung merek. Untuk harga termurah adalah buatan China dengan merek Baiqun atau Ancor,  sedangkan merek lain yang lebih mahal yaitu Dietz (Hongkong), Petromax dan Feuerhand (Jerman). Semua harga yang disebut diatas adalah produksi baru, sednangkan untuk produksi lama atau bagi anda pecinta barang lawas maka harga yang harus dibayar tentu jauh lebih mahal, terlebih untuk model atau type langka.

Mengenal beberapa merek lampu badai

Petromax dan Feuerhand adalah dua merek yang terkenal spesialis di bidang lampu. Sudah berproduksi selama ratusan tahun dan masih eksis sampai sekarang. Luar biasa ! Sedangkan untuk merek Dietz, adalah juga merupakan merek ternama asal Amerika jadi produknya adalah made in USA. Tapi sekarang pabriknya sudah diipindahkan ke Hongkong jadi otomatis menjadi made in China. Merek merek lain masih banyak seperti namun sebagian besar sudah tidak berproduksi lagi.

Berikut adalah salah salah satu koleksi dari lampu badai merek Petromax kesukaan saya. Ukurannya lumayan kecil dan munggil dibandingkan dengan lampu badai merk lainnya.  Designya terasa solid dan dengan finishing yang sangat berkualitas, khas produk made in Germany.

lampu-koleksi

Dan berikut ini adalah lampu badai merek China, Baiqun yang paling banyak dijumpai dipasaran.

lampu-badai-chinaApa bedanya merek Jerman dengan merek China? Ah, sama saja. Kalau sekedar dipakai untuk penerangan di kala listrik mati maka merek apapun tidaklah masalah. Namun kalau untuk barang koleksi atau bagi penggemar lampu, nah, itu lain lagi ceritanya. Sedikit catatan untuk merk Feuerhand, walaupun tertera made in Germany, produknya sangat standard dan kalah jauh dibanding merk Petromax yang sama sama produk buatan Jerman.

Demikian sekilas info tidak menarik dan tidak penting tentang lampu badai.

Wage Rahardjo

Advertisements

3 thoughts on “Mengenal Lampu Badai

  1. Made China : Wah, sekarang apa2 made in China …( mengapa bukan made in Indonesia ?? ) Jam Casio yang duluuu di buat di Jepang sekarang juga dibuat di China. Lampau badai …pasti berlalu …(-: (gak nyambung ya ? ?

    1. Lampu badai pasti berlalu. wakakakkkkkk…….. Emang sudah berlalu koq. Hanya orang sinting yang masih membeli, mengumpullkan atau menuliskannya. Yang komentar juga sinting. Ufps….

  2. Lampu badai…
    Mengingatkan saya waktu kecil kala nginap di rumah nenek, jaman belum ada listrik!
    Sekarang saya mengoleksi untuk jaga jasga listrik mati..!
    Yang merk petromax belinya dimana di jakarta?

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s