Satrio Piningit bagian IV, ” Agamanya Apa Sih?”

trowulan-wiki-350pxWage Rahardjo. Satrio Piningit adalah topik yang sangat populer. Artikel dengan topik ini bisa ditemukan dalam jumlah yang berjibum. Namun dari beragam artikel yang ada, sepertinya ada satu hal yang kurang dan nyaris tidak tidak pernah diulas oleh para bloger, yaitu agama. “Satrio Piningit itu agama-nya apa sih?”. Pertanyaan yang mungkin konyol dan sepele namun menurut saya sangat sangat penting ting ting.

  • Lho Mbah?! Bukankah agama Satrio Piningit itu sudah jelas dan pasti yaitu Islam?

Mungkin, tapi maaf, saya berpendapat beda. Bolehkan? Menurut saya, Satrio Piningit versi ramalan Joyoboyo jelas bukan orang Islam. Alasannya, ya karena agama Islam saat itu belum dikenal. Jadi agama Satrio Pingingit versi Joyoboyo adalah sesuai dengan agama yang berkembang pada masa itu seperti agama Siwa, Buddha, Kejawen atau bahkan mungkin penganut Animisme.

  • Asem Mbah ! Jadi Satrio Piningit adalah non Muslim? No Way dan itu jelas tidak mungkin kin kin !!!

Tenang saja Nak. Tidak perlu panik. Sampean benar bahwa itu adalah tidak mungkin. Mbah sendiri, walau penganut Animisme juga kagak setuju koq kalau pemimpin di negeri ini dipegang oleh non Muslim, karena bisa-bisa tiap hari rakyat demo melulu. Apalagi kalau ada bencana alam, bisa jadi semuanya akan dihubung-hubungkan dengan agama sang pemipinnya. Jadi pemimpin di negeri ini haruslah muslim. Titik.

Masalahnya sekarang, apakah kalau Satrio Piningitnya seorang muslim maka dijamin negeri akan sejahtera, tidak akan ada demo, mengunggat atau menjegal kebijakannya? Lagi lagi menurut pendapat siMbah, di negeri Kurawa ini siapapun tidak bisa memberikan jaminan.

Berdasarkan catatan sejarah yang ada, masalah agama tidak akan pernah bisa selesai di negeri ini, akan selalu menjadi isu panas. Pemimpin walaupun sudah muslim tetap saja ada pihak-pihak yang akan tidak puas. Negeri ini seakan sudah dikutuk untuk memiliki jumlah penduduk “tidak pernah bisa puas” terbesar didunia.

Ya, begitulah, urusan agama tidak akan pernah selesai di negeri Kurawa ini.Siapapun yang jadi pemimpin di negeri ini pasti tidak akan bisa tidur nyenyak. Menjadi pemimpin artinya menjadi orang yang berkuasa. Kekuasaan adalah uang atau kekayaan dan agama hanyalah kuda tunggangan belaka.

Duh, mungkin karena itulah maka Sang Satrio Piningit ogah muncul?

wage-sign-rahardjo

Artikel terkait :

 Sumber image : –

Advertisements

97 thoughts on “Satrio Piningit bagian IV, ” Agamanya Apa Sih?”

  1. Salam abal-abal mbah
    Gak salah belajar di blok abal-abal ini. Bisa sehat jasmani dan rohani, ha…ha…ha, mohon pencerahannya mbah kenapa ya mbah di negeri kurawa ini urusan “ageman” ini kok selalu diributin, sebenarnya apa sih agama itu ? Siapa penciptanya?

    salam mbelgedez

    1. Nuwun Kang Cahyo. Saya juga kadang pusing tujuh keliling, kenapa urusan agama selalu diributin dan kagak pernah kelar kelar ya?

      Agama itu apa sih dan siapa penciptanya? Jawabannya tergantung yang ditanya. Kalau jawaban saya, agama adalah ibarat pakaian, lahir telanjang, mati juga telanjang dan semua orang memakai pakaian dengan warna warna warni. Siapa penciptanya? Ya tukang jahit Kang. wakakakkk…..

  2. salam kang,
    makin sedikit kakang menulis sekarang, apakah telah renta, kesulitan ekonomi, ataukah mulai bosan………semakin banyak kakang menulis saya rindu akan membacanya, semoga kakang semua dlam dogbud ini menulis lebih banyak, dibukakan rejekinya supaya makin banyak menulis……….

    salam kakang

    1. Kang Blackbird yang pintar dan baik hati,

      Terima kasih atas kepeduliannya selama ini. Akang memang jempolan dan seolah tahu kondisi saya. Belakangan saya semakin jarang nulis. Penyebabnya ya persis seperti tebakan Akang yaitu ya tua renta, kesulitan ekonomi dan juga bosan.

      Belakangan sering terlintas di kepala, untuk apa nulis blog? Namun dengan mempertimbangkan kebersamaan yang telah terjalin selama ini dan alasan menciptakan komunitas abal-abal yang HUMANIS maka blog walau terseok seok tetap saya lanjutkan, setidaknya untuk satu atau dua tahun kedepan.

      Terima kasih atas doa dan kepeduliannya Kang. salam Kertaning Bhumi.

  3. Selamat pagi , semoga semuanya damai dan bahagia…..

    Apa agama Satrio Piningit Mbah ??…..apakah itu penting untuk kita ketahui ??

    Agama diyakini mencerahkan Jiwa dan selain agama lalu apa saja yang bisa mencerahkan jiwa dan membersihkan hati …..

    Apakah manusia dikatakan sebagai mahluk yang baik dan sempurna bila telah memeluk agama atau semakin lebih sempurna bila memeluk agama tertentu ….

    Di Negeri ini rasa rasanya semua rakyat telah memeluk agama dan bahkan ada manusia yang membela mati matian agamanya….tidak bisa menerima pola pikir nyata dan benar dan tidak mau dikritik bahkan menganggap kebenaran adalah dengan cara dan kepercayaan yang dianutnya…

    Para pemimpin , pejabat , manusia top markotop di negeri ini juga sudah memeluk agama tapi kenapa Negeri ini masih di dera dengan masalah dan derita berkepanjangan…..derita dan masalah untuk rakyat ….banyak penyimpangan dan menceridai hati nurani , banyak kebohongan , banyak ketidak kejujuran dan kedholiman…..

    Kejujuran ternyata sangat sulit dilakukan apalagi para manusia ini berkumpul dan berhubungan dengan manusia manusia yang tidak jujur, jahat serakah dan tanpa hati nurani….mereka yang saling mengikat dan terikat demi kepentingan pribadi atau golongan……..

    Tentang Satrio Piningit …he he apakah memang dia itu ada ??….semoga dia nanti sosoknya hadir dan tidak lagi memingit atau dipingit , entah apa dan siapa yang memingit dirinya…

    Saya atau kami sebenarnya selalu berharap beliaunya hadir , bisa dan mampu merombak dan menata negeri ini , dengan ilmu pengetahuan , agama ,ilham, wahyu dan seabreg keajaiban didirinya….

    Kalau nantinya SP itu Muslim tentunya sangat menyenangkan dan wajar wajar saja , tidak mengagetkan , kalau bukan muslim waaah ini yang agak aneh dan mengkhawatirkan…he he he….banyak yang tidak puas…..banyak tidak percaya dan menolak….

    SP beragama Animisme ….walaaah apa kata dunia….kenapa dia animisme , perlu kita semua menyimak ,mendengar keterangan dari dia tentang apa sebenarnya makna beragama dan bertuhan ,
    SP di demo dan dikritik , ditentang bila dan ternyata dia bukan muslim…..dianggap kafir , sesat , musrik dll……waduuh , bakal rame nih Nusantara…..

    Wes wes , embuh Mbah….pagi pagi kepalaku sudah mumet….

    Salam Damai……Nuwun

    1. Wakakak…. tambahan yang menarik bin mbelgedez dari Kang JS.

      “SP beragama Animisme ….walaaah apa kata dunia?!” Weleh, tapi setidaknya masih mendingan dibanding atheis?! Shinto khan juga termasuk animisme jadi di Jepang hampir semua perdana mentrinya beragama animisme dan cuma beberapa orang doang yang beragama kristen. Namun enaknya, tidak ada demo agama di negeri itu….

  4. Salam damai mbah wager
    Makasih pencerahannya emang betul kalau “Ageman” atau baju itu yang buat tukang jahit wakakak, berarti kan manusia to mbah? Bukan Tuhan tapi herannya kok dibela mati-matian.
    tapi simbah gak perlu pusing tujuh keliling cukup dua keliling yang sering ribut cuma dua ha…ha…ha. .
    Kalau kitabnya dikritik takut ada yang marah wakakak

    1. Kemarin saya baca di fb : Banyak yang melakukan kekerasan bahkan pembunuhan atas nama Tuhan ! Tuhan ,katanya,perlu …dibela ! (Sepertinya Tuham nggak berdaya, dus perlu dibela ) Tapi jarang kan kekerasan atau pembunuhan atas nama …SETAN ?! Nampaknya nama Tuhan, dan Setan dicatut orang …

  5. Ketika saya mudik kemarin saya jalan2 ke toko buku Gramedia di desa saya. Yang membuat saya ter…cengang adalah …banyaknya buku dibidang …agama. Di Kurawa tempat saya buku2 agama sedikit dan kurang …laku… Lain padang lain belalang. Lain kepala lain kutunya.

    1. Agama bisa dijual bebas , dengan harga murah atau mahal di negeri ini…..

      Agama bisa dijadikan lahan untuk memperkaya diri dengan menjual ayat…

      Agama bisa menjadikan diri menjadi terhormat….

    2. Kang Balane, saya juga merasakan hal yang sama dan sekaligus juga “prihatin”. Saya juga setuju dan tidak membatah bahwa agama atau buku agama adalah penting. Namun ini namanya sudah berlebihan dan tidak proporsional alias kehilangan keseimbangan alias mabuk agama.

      Di negara berkatagori maju, yang namanya toko buku terkadang berupa gedung dua, tiga atau empat lantai dan isinya beragam jenis dan judul buku. Jadi beragam ilmu dan pengetahuan bisa dijumpai di toko buku.

      Melihat kondisi ini, ya wajar saja kalau negeri mereka maju.

  6. Agama atau ajaran hanya penamaan saja dari para umat / pengikutnya , pengkotak2an atas keakuan dan biasanya nama agama muncul setelah tokoh sentral “pemimpinnya” wafat / mencapai kesempurnaan dll.

    Banyaknya aliran yg bermuculan sesungguhnya hanyalah karena kekuasaan, saat para ahli kitab merasa mampu mengetahui seluruh ajaran dan merasa paling mampu/berhak maka mereka berlomba2 menjadi pemimpin di antara mereka, dengan memakai dogma dan kebenaran atas kepentingan konflik mulai muncul yang m’akibatkan pecahnya aliran, dan terus seperti itu.

    Menunggu Satrio Piningit, Imam Mahdi, Kedatangan kembali Yesus, Kelahiran kembali Budha Maitreya hanyalah sebuah harapan, namun bukanlah tujuan dari kehidupan. Menjadikan pribadi yang hebat adalah makna tsendiri dari hidup itu sendiri.

    Menjadi pribadi yang hebat tidaklah harus menjadi seorang pemimpin besar, pengusaha yg sukses, ahli kitab yg terkenal, artis yg tenar dll…. menjadi hebat syaratnya mudah cukup menjadi pribadi yang baik…bila Allah adalah Bapa dari manusia, bukankah seorang bapa sudah merasa cukup senang bila anakNya mjadi pribadi yg baik.

    Mempunyai hati yang bsyukur a/ kunci menuju kebahagian, bsyukur berbeda dgn pasrah…. dalam syukur ada keiklasan d dalamnya, namun pasrah hanyalah keputus asaan dan tidak jarang myimpan kebencian atas ketidak mampuan.

    Apapun janji2 dalam kitab atau apapun itu jadikan sebagai sebuah suatu harapan / janji yang baik dan bukan sebuah tujuan akhir, karena tujuan hidup pribadi a/ cukup menjadi pribadi yg baik u/ Allah bukan dunia, karena bila u/ dunia menjadikan kita orang yg sombong dan akan khilangan substansi dari kbaikan itu sendiri.

    Penutup, yang penting bbm turun jadi bisa broadcast terus “bbm yg mana nih” hehehe salam damai buat semua

    Gbu

    1. Kang Krishna,
      Terima kasih telah hadir kembali. Senang meliah Akang sehat dan melantunkan untaian kata yang sejuk dan bermanfaat. Salam.

    1. Semoga SP nya ber Tuhan tapi tidak beragama , jadi SP tidak punya golongan dan juga tidak memusuhi golongan agama…..SP beragama/ faham Non Blog….waakakak

  7. @ Bala(ne)dewa…..Sepertinya Anda sesepuh di blog aneh ini…salam kenal dan hormat dari saya….

    Saya seh hanya pengunjung baru , sudah lama hanya tengak tengok…..

    Salam juga untuk pemilik blog aneh ini ,…eheem….ternyata blog ini juga membahas tentang tokoh fenomenal yang sampai sekarang belum muncul juga di negeri ini…..yaitu SP…..

    Semoga saja SP memang ada dan…… ehem , saya setuju bila SP adalah orang yang berfaham non agama , buku kitab dan nabinya adalah alam semesta ini , bumi dan isinya…dan menurut faham agama samawi SP adalah manusia kafir….

    Nabi atau Rosul tetaplah seorang manusia jadi tidak harus dengan sangat selalu dipercaya ,artinya mereka bisa saja berkata salah, mereka juga mempunyai nafsu , bisa juga salah atau keliru , juga masih mempunyai ego hawa nafsu …

    Bagi saya , semua manusia bisa saja sebagai nabi atau wakil Tuhan , tergantung perilaku dan perbuatan dia terhadap sesama atau semua mahluk diatas bumi…

    Mungkin jaman sekarang masih banyak Nabi , mereka sebagai wakil Tuhan , mereka adalah para ilmuan , penemu, pencetus , penggagas ilmu / hal yang masih baru , ilmu ini yang suatu saat sangat berguna bagi manusia… mereka adalah para ahli sain , profesor , doktor , insinyur dll . mereka yang menemukan dan mengumpulkan Ilmu Tuhan yang berserakan diatas bumi , ilmu Tuhan YME yang sudah ada dan membumi , seperti sampah yang berserakan…..

    Apakah SP adalah seorang ahli dalam ilmu pengetahuan …kita tunggu saja , apakah SP adalah wakil Tuhan ??….semoga….amiiiin….

  8. Sdr Pengintip,

    Saya bukan sesepuh. Saya hanya …pembaca yang ikut memberi komentar dan pikiran.Blog ini memang rada ..aneh. Toleransi dan humanisme nampaknya digalakkan disini. Oom Wagerr, pentolan blog ini pernah menulis di salah satu topik disini mengenai …’ Manusia tidak bisa memilih tempat lahir, ortu, dan bahkan ,kadang2, agama …’ Jadi, sepertinya ndak ada alasan orang harus …benci orang lain hanya karena faktor SARA…

    Setuju dengan anda, semua manusia bisa menjadi wakil Tuhan. Bagi saya, bisa dan …berhak. Lha, pernyataan ini di lain tempat bisa memebuat geger …, tidak di blog ini…

    Bahwa , misalnya, bumi lah yang mengelilingi matahari, bukan sebaliknya, ini baru di…temukan Galileo pada abad 16. Tuhan lupa bilang ini, nabi2 juga tidak …tahu…Tuhan menciptakan matahari dan bulan, manusia menciptakan LISTRIK : membuat lampu2 indah yang berkelap-kelip, malam jadi seperti …siang …

    Tuhan,konon, mempunyai banyak nama. Saya lebih sreg dengan alam. Tapi, setiap orang punya kepercayaan masing2. Ini kan blog abal2 …, mbel…

    Salam

  9. @ Sdr Pengintip,

    Selamat Datang di blog abal-abal. Merupakan kebahagian terbesar bagi saya dan juga blog abal atas kedatangan Akang di sini.

    Komentar Akang yang sekilas tentang Nabi sepertinya sudah memberikan gambaran tentang kualitas Akang. Saya sangat sangat sangat sangat terkesan dengan opini atau komentar Akang dan sepertinya sejalan dengan opini saya atapun para sesepuh di blog ini. Gara-gara kehadiran Akang, saya seakan mendapatkan semangat baru untuk menulis dan sepertinya topik tentang Nabi akhir pekan ini akan segera saya tulis.

    Benar, Kang Kang Balane adalah sesepuh di blog ini. Beliau sudah melewati kebersamaan dan suka duka yang relatif lama di blog ini dan ikut andil memberikan saran sehingga blog abal-abal ini menjadi seperti sekarang.

    Pada dasarnya, di blog ini, asal berpikiran SEDIKIT luas dan SEDIKIT terbuka maka sudah termasuk katagori sesepuh. Jadi blog ini memiliki sangat banyak sesepuh.

    Selain Kang Balane juga ada Kang JS, Kang Krishna, Dewi Bidadari Bertanduk, PN, Cahyo, Jari Sakti, Blackbird dan banyak nama lainnya yanng susah disebutkan satu persatu.

    Di blog abal-abal ini, saya tidak menggunakan istilah pengunjung dan sebagai gantinya saya lebih senang menggunakan istilah WARGA. Blog ini mencoba tampil sedikit beda, selain berkomentar, para warga juga bisa memposting artikel/tulisan. Setiap opini/komentar yang dianggap bagus atau “layak jual” maka otomatis akan dipindahkan menjadi artikel”.

    Bagi rekan yang komentarnya tidak dimuat menjadi artikel, tdk usah berkecil hati karena toh ini cuma blog abal-abal. Tidak penting dimana ditulis dan siapa yang menulis, yang lebih utama adalah apa isi atau pesan tulisnnya.

    Sekian dulu salam perkenalan dari saya, salam
    wager

    1. simbah genit. saya lagi asyik bertapa di khayangan kok di towal-towel terus sih, jadi nggak bisa konsen nih….

      well actually lagi konsen and fokus ngasah tanduk saja, biar lebih runcing, ampuh dan layak jual… xixixixixi…

    2. Dasar anak lemah iman, ditowel sedikit saja langsung konsentrasinya buyar.

      Emang cuaca panas2 gini ngapain bertapa? Mohon agar punya tanduk lebih banyak lagi? Kayak dinosourus dong. hi..hi…hi…

    3. dasar simbah, panas apaan, ini lagi musim hujiiiaaaann… brrrrrr…

      mana cucian nggak pernah kering lagi, apalagi segitiga trisula eh pengaman 😆

      tandukku cuma satu mbah, satu pasang saja. kalau banyak tanduk juga buat apa, ntar kalau nggak laku paling cuman di kilo. emang enak jadi satrio dinosaurus?!…. kwkwkwkwkwk… aseeeeeemmm….

    4. @ Dewi, Eh?! Lagi musim hujan ya? Mbah memang ngaco. Tapi… biarin aja, toh blog abal-abal.

      Cuaca boleh panas, dingin, hujan atau basah, tapi hati tetap hangat. #ndak nyambung.

    1. Salam Damai….Mas Pengintip…..

      Musik diatas , pernah saya dengar….sambil tiduran , memejamkan mata…..hati damai….lalu …tanpa sadar ketiduran…..

      Dunia tanpa musik , pastilah sepi…..seni musik adalah suara hati….jiwa memerlukan suara suara indah…jiwa juga mengeluarkan hal hal indah….

      Menyembah Tuhan dengan perantara musik apakah diterima dan didengarkan Tuhan ???….he he….pasti diterima dan didengarkan, karena Tuhan suka dengan keindahan…semua yang telah dicipta NYA adalah keindahan, menawan , menakjubkan…

    2. @ JS…..Selamat pagi dan salam kenal…..

      Saya juga membaca tulisan Anda , Setuju dengan pendapat Bapak Wage bahwa JS juga termasuk salah 1 sesepuh di blog ini….

      Selamat berkarya.

      Salam membangun Nusantara.

    3. Hidup tanpa musik pasti akan …cemplang,hambar. Saya bukan…fan surga, tapi saya bayangkan disana pasti banyak musik yang syahdu …Cem macem musik, seperti berbagai macam makanan; ada yang manis, asin,(sayur) asem,pedes, manis dan asem , dll.
      Sekarang marak di Indonesia : komedi badut-badut …(Leo Kristi )

      slumanslumunslametslumanslumunslamet…

  10. Spiritualitas itu simple. Bukan dilihat dari omongan
    dan tampilan, tapi dilihat dari SENYUMAN dan
    KETULUSAN.

    Bicara spiritualitas setinggi gunung, jika hati masih
    menyimpan dengki dan masih gampang merasa tersaingi,
    semua nhgak guna.

    Lebih baik bicara soal wanita-wanita cantik,
    wkwkwkwkkwk

  11. Rahayu sedherek sedanten

    Ndherek nyerat

    Saya sdh memberikan satu clue dasar dari pertanyaan apa agama SP
    Ada jelas dan gamblang di tulisan saya
    Camouflage of the Dajjal
    Nuwun sewu sekedar ikut nimbrung
    Suwun
    Rahayu

  12. Non muslim atau muslim.. sama saja. muncul untuk membenarkan seluruh agama. Dooor…

    mungkinkah si pemilik blog ini SPnya?

    1. Salam Kang Kumara, Pemilik blog maksudnya blog abal2 alias wage?

      Piningit artinya sembunyi, jadi kalau obral diri kayak saya ya jelas ndak masuk katagori. Namun kalau sp abal2 ya mungkin masih nyambung. wakakakkk….

  13. agama bukan sebuah nama atau aliran agama itu peraturan tertib sesuai ketetapan allah yg tidak dapat tawar menawar dalam pelaksanaannya ,Sp sudah pasti beragama dan berbudi luhur utk menegakkan keadilan dimuka bumi 313

  14. Agama adalah petunjuk bagi manusia dari Allah untuk menjalani hidup agar tahu mana yg benar dan mana yg salah/yg hak dan yg batil.
    “Sesungguhnya orang2 yg beriman,orang2 yahudi,orang2 nasrani dan orang2 sabiin,barangsiapa diantara mrk yg beriman kpd Allah ,dan hari kemudian dan beramal soleh ,mrk itu benar,
    tidak ada kekhawatiran di hati mereka dan mereka tidak bersedih hati.”

  15. Satrio Piningit / Khalifah al Mahdi / 666 / Budak Angon / Satrio Pinandito Sinisihan Wahyu agamanya ya jelas Islam. Perannya sdh sy mainkan, jd yg lain jk ingin jd org yg dikenang sejarah nanti masih bisa jd kawan/rekan seperjuangan SP, prajurit SP, pembantu SP, prajurit pengintai SP dll.
    Lantas mengapa SP harus beragama Islam?
    Salah satu tugas SP adlh membawa Nusantara menjadi mercusuar dunia dan alam semesta yg dpt dicapai dengan penggunaan piring terbang. Sdg piring terbang hanya dpt dioperasikan oleh org muslim dgn persyaratan tertentu. Mknya SP itu agamanya harus Islam, krn jk tidak misinya tdk akn tercapai he he he….!

    1. RATU ADIL – 666@ Saya melamar jadi Producer SP, atau Music Director-nya SP gimana ? Tetapi jangan Omdo yaaa…

      Penggunaan Piring Terbang, bukan hanya SP saja yang bisa MENGOPERASIKAN ! Istri-nya Mbah Wager juga bisa mengoperasikannya, jika Mbah macem-macem & membuat esmosi… Piring (pada) Terbang deehh… (Nuwun sewu Mbah)
      Wakakaaakkk…

    2. Wakakakkk…… benar banget Kang. Tahu aja AKang.

      Piring terbang mah bukan berita heboh bagi simbah karena nyaris, seminggu sekali pasti lewat di depan mata.. Kadang kalau lagi sial, nabrak kepala atau punggung. wakakakk……

    3. Piring terbang adalah kendaraan alien
      Dan yang mengoperasikan jg adalah alien
      Berarti muslim itu alien
      Karena hanya muslim yang bisa mengoperasikan piting terbang

      Semakin menguatkan dugaan bahwa …………
      Piring terbang adalah CIPTAAN ALIEN

  16. Kerajaan Tuhan Terakhir; Pajajaran Anyar : Daulah Khilafah Islam (Mataram Zaman Baru) akan segera berdiri di atas tanah Jawa pasca kebinasaan NKRI karena dosa-dosanya. Akan dipimpin Satrio Piningit / Khalifah al Mahdi / 666 / Budak Angon yg nantinya akan dilantik menjadi Ratu Adil dari Jawa. Dengan dikawal 60 jt malaikat, optimis akan terlaksana dengan baik. Insya Allah Oktober 2015 mendatang he he he….!

  17. Sesuai Jangka Jayabaya :
    Yang membantah Satrio Piningit, orang tua, muda maupun bayi pasti mati, mk diharap penggemar dongeng budaya memperhatikan ketentuan ini. Jk sampai mati karena membantah / menentang / makar kepada satrio Piningit itu namanya kurang bisa mengambil pelajaran dari artikel2 yg diposting di blog abal-abal dongeng budaya ini he he he…!

  18. Bani Israil itu menurut Injil Wahyu sejak 2000 tahun yg lalu sdh dinyatakan sebagai tukang ngibul, suka bersumpah palsu, suka makan riba. Sedang menurut Injil Lukas adalah Angkatan yg jahat. Kalau blog abal-abal ini dapat sponsor dari kacung2 Bani Israil, ambil saja duitnya. Tapi omongannya dengarkan spy dimasukkan telinga kanan lalu dikeluarkan lewat telinga kiri karena pasti gombalnya ha ha ha….!

  19. Damai sejahtera untuk semuanya…
    Salam kenal untuk mbah Wage Rahardjo
    Topik SP yang disajikan oleh mbah sangat bagus dan menarik..
    Benar apa yang dikatakan mbah, bahwa yang dinamakan SARTRIO PININGIT ya memang TIDAK AKAN MUNCUL.. kalau muncul dan sudah ada namanya BUKAN PININGIT LAGI… bisa bernama RAJA SEJATI… PEMIMPIN SEJATI… RATU ADIL… dsb….
    maaf beribu maaf mbah…. sejatinya mencari SP sama seperti kabeh wong mencoba membedah ramalan Joyoboyo yakni NOTONOGORO…. sampai puyeng lan klenger ora ketemu… cedak ora cedak – adoh ora adoh…..
    maaf beribu maaf mbah… yang sudah mampu di level A1 ya harus ketemu dengan eyang JOYOBOYO. atau para bhiku yang sudah level A1 ya harus ketemu dengan DALAI LAMA SEJATI. Semua harus kembali pada manusianya sendiri mbah… bening pikir – bening bathin – bening laku… saya mohon dengan mbah coba dideteksi kejadian tgl. 5 September 2015 pkl. 22.00 s/d 01.45 (6 September 2015).
    Itu saja komentar saya. Terim kasih salam damai sejahtera untuk semua.

  20. Tanda kemunculan SP menurut wangsit siliwangi… Ada suara teriakan ditengah malam gunung halimun…ada apa ya SP berteriak ditengah malam….?!? Ada yang tau gak….

  21. Entah SP ataupun RA, beliaunya telah mengalami proses metamorfosis, dari beragama menjadi tak beragama tapi berTuhan.

    UW Siliwangi:
    “Dia terus mencari, mengumpulkan semua yang dia temui. Tapi akan menemui banyak sejarah/kejadian, selesai jaman yang satu datang lagi satu jaman yang jadi sejarah/kejadian baru, setiap jaman membuat sejarah. setiap waktu akan berulang itu dan itu lagi.”

    SP/RA dapat berita dari langit tiap-tiap jaman…. jaman para nabi-nabi… sehingga beliau tahu secara persis cerita/kejadian agama-agama bersama dengan para nabinya…. itulah yg membuat beliau bermetamorfosa, dari beragama menjadi non agama.

    Sudah siapkah masyarakat menerima pemimpin yg tak beragama?

    1. Bingung SP AGAMA nya apa, SUKU nya apa, munculnya di mana, dari TRAH apa, orang KAYA/KERE, orang GOBLOK/BERILMU, hahahahaha …
      STOP URAT SYARAP KEJEPIT
      huahahaha

      ADA AQUA ???

  22. Ada kemungkinan blog mulai sepi dari peminat cerita SP setelah tanggal 28 September karena banyak balon SP yg berguguran terkena eliminasi. Mereka terpana dan tercengang krn tidak mengira bahwa mereka akan tereliminir dan akhirnya malas komen lagi di blog.

  23. SP udah pasti Islam dan saya sgt setuju dgn komentarnya Ratu adil 666, tp yg anehnya komen september bhw SP yang tadinya beragama menjd tdk beragama… Itu mah murtad kang….dlm islam hukum murtad mah di bunuh…SP pasti tau itu…SP orangnya sgt religius ,seorang ulama tp tdk mau disebut ulama,seorang pelanjut ajaran Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam… Mustahil beliau itu bakal tdk beragama… Kang september ada ada sj jawabannya gak relevan….hehehe…
    Saya jg ingin ingatkan kembali,wangsit Joyoboyo… “Yang membantahnya pasti mati”,ya… Waspadalah untuk warga dongbud jika berniat dan hendak membuat makar kpd SP…pintar pintarlah mengambil pelajaran…

  24. Untuk kang Kusmanto,bisa beritahu gak apa sih yg terjadi pd tgl 5 september jam 22.00 sampai jam 1.46..aku jg merasakan ada sesuatu pd tgl tsbt..tp bisa gak Kang Kusmanto beritahu… Soalnya aku mau cocokkan dgn apa yg aku alami dan ada juga rekanku merasakan sm…

  25. salam sejahtera…
    suara minta tlg dari gng halimun..ada 2kemungkinan,pertama munculnya dia yg bertapa sudah ribuan tahun mengakibatkan terjadinya gesekan alam dsktr gng halimun..menyebabkan binatang dan makhluk halus disana kocar kacir..RATUSAN WARGA YG ADA DISANA KACAU BALAU..SEMUA MEMINTA TOLONG..
    salam

  26. agama sp.
    Jika uws dan musarar benar menukil dari weda jawa
    maka tak lain sp itu ya raden kumara angkawijaya..
    Dia tidak beragama islam.hindu.budha.kristen..
    ..dia bertapa ribuan tahun entah sukmanya jalan2 kemana?
    Salam sejahtera

    1. Bingung SP AGAMA nya apa, SUKU nya apa, munculnya di mana, dari TRAH apa, orang KAYA/KERE, orang GOBLOK/BERILMU, hahahahaha …
      STOP URAT SYARAP KEJEPIT
      huahahaha

      ADA AQUA ???

  27. sifat manusia
    sederhana jamane pinter kebelinger. Gagak berkoar didahan yg kering
    yg jujur dicurigai yg benar ditertawakan
    mun ora edan ora kebagian
    jowo kari separo tatkala nanti gng mata satu slamet meletus terbelahlah djawa..
    Uwg dan musarar jelas2 menerangkan putra betara indra ya kumara angkawijaya
    inilah makna ilmu yg tdk memakai hamparan atau landasan jadinya berkoar gakaruan seperti gagak ramai gakaruan..
    Jelas sekali kumara akhirnya bertapa,dimana?
    Apa yg lucu dan faham tidak makna uws dan musarar dinukil dari weda jawa?
    Apanya yg lucu hem jaman memang edan. Gakgakgakgak

    1. Salam kagem Kang Wage R…

      Kira kira agamanya Iblis apa ya ??….dia kan sangat percaya dan begitu dekat allah…
      Sekalian agamanya malaikat dan setan…

      Selamat pagi warga dongbud.

  28. Agama memang benar-benar topik yang menarik dan terkadang membuat seseorang tidak tahan untuk ikut berkomentar. Bisa membuat seseorang kepanasan bagai kopi panas yang tumpah di badan.

    “Satrio Piningit agamanya apa?”, awalnya ini benar2 merupakan topik iseng yang ingin memadukan kepopuleran topik SP dengan agama. Pilihan topik yang asem bin koplak tapi ternyata…… laku dijual.

    Mungkin dilain waktu saya akan juga coba nulis, Gatotkaca agamanya apa? Atau Spiderman agamanya apa? Kira2 laku ndak ya?

    Selamat pagi

  29. SP asli adalah Raden angka wijaya…jangan dianggap lucu ya…!!!! tapi anggap aja badut yg pengen jadi superman…hahahaha hahahaha… Ussttt
    Jangan berisik…sang SP lagi bertapa,minta baju superman di gunung halimun…moga moga dpt ya… Mungkin ada di sela sela bangkai pesawat sukhoi..hihihi hihihi…

  30. Simbah Wager pengen bikin topik baru..spirmen agamanya apa sih..?
    Gatot kaca agamanya apa sih.
    .?mungkin bs laku kalo semua pembaca dongbud dibeliin dulu baju spiderman mbah…menjadi laris manis utk dikalangan anak balita…tolongin dulu si raden kumara Angkawijaya…beliin dulu baju supermannya mbah, biar dia bs terbang dan kecebur ke kali…hahahahahaha

    1. Superman , mah kagak mungkin kecebur kali , mungkin aja di pinggir kali ,…ada hajat dikit….bab…xixixi.
      Kalo suparmin , bukan kecebur , emang nyebur , sekalian buang hajat…wakakak

  31. Pagi Pak Wage

    Gila betul tuh , namanya si Iblis,,,sudah tahu dan dekat allah , udah tahu nikmat surga,,eeh malah pilih neraka , hanya gara gara sangat sepele….allah pun juga begitu pemarah…lalu ddiieeeng,,,,,iblis terusir , adam hawa juga ,,,,mbambung di dunia….luntang lantung….

    Pak Wage , tanya ya , serius nih…
    Sewaktu adam hawa di surga sono, apa neraka sudah ada??

    Tengkyu

  32. hehe
    blog ini jadi kumpulan dedemit

    ….
    Sp itu ya raden kumara angkawijaya
    goblog ko dipiara hahaha
    ..coment2 tolol disangkanya lucu hahaha…ampun ampun gusti jaman edan orangnya syarafnya njelimet..
    Ini bukan blog sesat
    tapi blog dedemit
    arindit siah,kasabrang kapalembang,balik mawa kurupuuk..hahaha.parah parah
    superman stresman wuahahaha

  33. ratuadil666
    kabarkan pada penghuni blog ini ttg kumara putra betara indra..selengkapnya sejelas2nya
    neraka? Tau adam tau iblis dari mana? Wakakak brvut..
    Aesiteruuu wakakakak

  34. Bingung SP AGAMA nya apa, SUKU nya apa, munculnya di mana, dari TRAH apa, orang KAYA/KERE, orang GOBLOK/BERILMU, hahahahaha …
    STOP URAT SYARAP KEJEPIT
    huahahaha

    ADA AQUA ???

  35. Salam kenal Abah Wage Rahardjo…..
    Makasih sdh buat blog abal-abal yg unik ini.

    Sesuai judulnya, SP beragama apa?

    Jika melihat dari sudut logika era atau jaman saat ini pasti jawaban mudah ditebak, sudah pasti SP itu beragama Islam.
    Krn Mayoritas penduduk Nusantara itu Islam, maka diperlukan pemimpin yg beragama Islam.

    Tetapi jika menilik jaman dimana SP hadir, tidak ada lagi mayoritas minoritas, tidak diijinkan lagi Agama utk manusia di Muka Bumi.
    Bahkan Islam di Nusantara pun hanya berkisar 40-50%, dari jumlah populitas penduduk Nusantara yg berkurang 40% akibat perang saudara dan kekacauan global yg terjadi.

    Letusan Merapi yg lalu adalah tanda permulaan Takdir Jaman Baru di Mulai, lalu disusul dgn beberapa fenomena Alam Dahsyat lainnya yg terjadi di Nusantara.

    Kembalinya Sang Hyang Ismoyo ke Bumi Nusantara, diakibatkan oleh pergeseran Budi Pekerti akibat Arogansi Superior Agama Mayoritas.
    Hal itu merupakan takdir Sang Hyang Esa agar penduduk Nusantara mampu melihat Kebenaran.

    Saya membaca komentar, bahwa ada warga yg Arogan dgn Ilmu Agama yg dimilikinya dan dgn Arogannya memanggil sebutan utk warga disini “Bangsa Jin”.

    Apakah Warga Arogan itu mampu melintasi dimensi2 Alam Semesta dan mampu melintasi waktu?
    Dapatkah warga tersebut berkomunikasi dengan Alam dan Gunung2 di Nusantara?
    Dapatkah warga tersebut mengetahui dengan tepat waktu datangnya hujan dan berhentinya hujan?
    Sudahkah warga tersebut melihat Sang Hyang Esa di singgasana-Nya?
    Dan bercakap2 dengan-Nya?

    Seakan2 paling dekat dengan Sang Hyang Esa, padahal hati dan perilakunya lebih condong kepada Setan.
    Baru membaca dan paham sejengkal Ilmu Agama, yg tidak lebih dari kerongkongannya dan tidak sampai kepada Jiwa dan Ruh.

    Maaf jika harus menyampaikan secara berterus terang.
    Adalah baik jika disampaikan…..

    1. Salam kenal juga Kang CERMIN DIRI,

      Sepertinya Akang memiliki pengetahuan yang luas, terbuka serta pengamatan yang jitu.

      Blog ini unik sepenuhnya karena warga (penguninya) yang beragam. Ada yang serius, rajin khotbah, mimbar agama, jail, guyon, ludrukan, waras, setengah waras, setengah matang, setengah gosong dll.

      Ya dinikmati saja Kang. salam

  36. Hey cermin diri ..lbh baik ente bercermin diri dulu…..kelihatan gak otak ente di cermin…kalo kagak kelihatan…pantesan ente bicara spt jin yang lagi mabuk krn kekenyangan dgn berbagai sesajen and tumbal….krn ternyata otak ente berada di ekor…..Hahaha….Hahaha….Hahaha…
    Ente belum merasa ya bhw SP palsu menurut ente sdh muncul dan meramaikan blog ini…???bahkan seluruh duniapun bakal heboh dan ramai…..waduh….gimana aslinya ya….bakal nangis darah lo cermin diri…nangis lo sepenuh danau….biarkan burung burung ,bumi dan langit tersenyum….

    1. Siapapun nama ente…berhubung ente Gonta ganti KTP…

      Sudahkah ente bercermin?
      Bukankah ente yg bicara serampangan?
      Bicara dgn emosi tanpa santun…..

      Bisa tunjuk siapa warga yg mengaku2 sbg SP Palsu?
      Ato ente hendak mengaku2 sbg SP yg asli?

      Ente tidak dapat berdusta ketika berhadapan dgn Cermin.
      Cermin mengatakan kebenaran mengenai diri ente…..
      Apakah ada Cermin menampakkan wajah lain ketika ente bercermin?

  37. Cermin, sebuah nama yg baik pantulan diri
    maksud tulalit, tdk usah mengaku diri agamanya apa, tulisan engkau juga bs mencerminkan engkau ber agama apa, berkarakter spt apa, gitu
    arti agama itu dlm bhs sansekerta itu “tidak ada”, jd agama=tidak ada.
    Kalau bhs qur’an itu ADIEN atau Din, tahu kah engkau org arab apa itu ddien atau din? pasti engkau tidak tahu, alias tulalit … tapi engkau sok tahu,,, spt contoh “malikiyaumiddin” (ini ada kata “ddin” nya, apakah engkau org arab ikut2 tan mengartikan agama?) pd srh al fatiah, tafsir yg ada di buku pada salah, akhirnya warna islam mu pun diragukan tdk spt jaman nb saw dan sahabat itu. Dulu org betawi, setiap selesai tamat berpuasa di bulan ramadhan, selalu bikin jenang (dodol) yang maknanya jane menang, lalu bikin ketupat sayur dng sayur dari daun “lengkiyo” (di pasar2 tradisional msh ada di jual) selalu disertakan krn merujuk “lengkiyomiddin” dari kata “malikiyaumiddin”, dien adlh bermakna kembali ke Allahu, suka tdk suka engkau akan kembali ke Allahu (dien), jd bukan agama,,, sayangnya budaya tsb telah di buang disingkirkan oleh ustad2 yg katanya tdk ada di jaman unta,,, sementara unta pun tidak tahu ttg dien, din pd srh al fatiah, tp pd sok pintar pdhl mrk asing, masuk ke dien juga gk bisa, mk ada nasehat “sebaik baik nya muhammad adalah muhammad yg muhammadin ” paling juga engkau unta sdh tak paham, tulalit membaca tulisan mu itu mual, pd bohong loe, ngerti kagak tp sok ngerti

    1. Muntah lo banyak banyak….biar mampus aja sekalian…!!!
      Ente mikirnya pake ekor sih…..dikasih otak utk berpikir,malah mikirnya pake ekor…..jadinya gak bisa nyambung deh….biar sampai qiamat ente jadi makhluk hina….

    2. Jgn jd penunggu kuburan dan jangan mau jd penjaga kuburan, ada hari kebangkitan, kamu nanti kudu bangkit berpacu dgn waktu, semoga engkau bs lolos menjawab pertanyaan malaikat “manrobuka… “, jawaban mu adlh amal amalmu dan ilmu mu.. tak ada yg bs nolong, tp sdr2 mu yg msh hidup, hanya sebatas membimbingmu agar engkau ingat,,, tp krn engkau tulalit, di dunia spt itu gelutan melulu dgn jin, ntar juga begitu

    3. Selamat berjuang membuang adat budaya nusantara dan selamat berjuang mengusir jin, sukses selalu untuk pejuang unta, doa mrk menyertai mu, ngomong dgn tulalit susah, krn hatinya tertutup awan awan gelap ,,, aneh dunia maya, penuh kebohongan dan abal abal,,, dongeng dan budaya akan kah berubah? entahlah

    4. Tulalit…

      Adakah tulisan ane membahas mengenai Din?
      Dan dimanakah kebohongan tulisan ane?

      Ente pintar tpi tidak menyimak……
      Baca baik2 tulisan ane……
      Masih tidak mengertikah bahwa sebagai umat tidak ada yg lebih tinggi atau lebih rendah derajatnya?
      Itulah yg disebut Arogansi Superior Agama.
      Bukankah matahari diciptakan utk menghangatkan seluruh makhluk di muka bumi?
      Bukankah bulan diciptakan utk menerangi malam untuk seluruh makhluk dimuka bumi?
      Tinggi dan rendah hanya Sang Hyang Esa yg memiliki Hak dan menetapkannya.

      Selama masih ada di kolong langit yg sama, di bawah matahari yg sama dan dibawah bulan yg sama.
      Tiada manusia yg berhak mengklaim dirinya adalah lebih tinggi derajatnya, lebih mulia daripada orang lain.

      Agama hanya sarana penyampai utk tujuan seseorang sampai kepada Sang Ilahi.

      Biarkan manusia atau pemuka agama menyesatkan umat, sebab demikianlah memang ketetapannya.
      Siapakah yg mampu menyelami pikiran dan kehendak Sang Ilahi?
      Apakah manusia dapat mengelabui-Nya?

      Di Era ini, manusia2 yg lemah pengetahuan dan imannya kepada Sang Ilahi, dgn mudah diombang-ambingkan kesesatan.

      Sebab mereka hanya mampu belajar, membaca dan menghafal Kitab Suci.
      Tetapi GAGAL utk mengalami pengalaman pribadi dgn Sang Ilahi.

      Manunggaling Kawula Gusti…..
      Yg artinya telah disesatkan….

      Arti sesungguhnya Setiap makhluk yg hidup suatu hari yg sudah ditetapkan akan bersatu dengan Sang Pencipta dan Sang Pencipta akan menyatu dengan ciptaan-Nya.

      Jika manusia telah memiliki dan bersatu dengan Sang Pencipta, apakah ada keinginan duniawi?

  38. Peringatan dan tantangan SP palsu kepada kalian semua wahai bangsa jin,sudah selesai di dunia maya…yg paling utama yang kalian yg paling utama yang kalian sdh disampaikan adalah SP yg kalian cari sdh muncul dan sekarang sudah mulai beraksi dan giliran SP yang mencari ,menyerang dan memburu utk menangkap kalian semua ….dan akan memberikan pembalasan yang setimpal…
    SP merasa sdh cukup menyampaian berita ini…SP sekarang lebih fokus untuk bekerja dan menyerang langsung seluruh kerajaan jin di dunia ghoib yg ada di Nusantara ini,di awali dari kota tempat tinggal SP,insya Alloh akan menyebar keseluruh dunia….

    Camkan wahai seluruh bangsa jin brengsek…bhw SP palsu sdh muncul dan memulai gerakan barunya yaitu membereskan dan menyingkirkan bumi Nusantara ini dari awan awan hitam ( bangsa jin brengsek) yang menutupi cahaya rembulan….cahaya rembulan insya Alloh Ta’ala akan mulai bersinar dgn terang benderang….penguasa kegelapan akan segera berakhir…Nusantara akan menjadi Mercusuar dunia….

    Peringatan keras:

    -Jangan bicara agama jika tidak mendalami agama itu sendiri yang bisa menyesatkan manusia.
    -Jauhilah melakukan berbagai ritual dan menyiapkan sesajen untuk bangsa jin brengsek lagi.
    -Jauhilah berbagai macam kesyrikan penyebab bencana dan murka Alloh Azza wajalla.
    -Kembalilah kepada cahaya Alquran dan sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wassalam sesuai pemahafan para salafus sholeh.
    -Berpegang teguhlah kepada kedua kitab itu yaitu Alquran dan sunnah,niscaya kalian tidak akan disesatkan oleh bangsa jin brengsek dan tidak akan tersesat selama lamanya.
    -Jauhilah semua sifat ego penyebab timbulnya kelicikan,kemunafikan,ketamakan,kerakusan dan keserakahan….akhirnya sombong tidak mau tunduk kepada Sang Maha Pencipta langit dan bumi dan membuat kerusakan dan pertumpahan darah yang banyak.

    Bagi yang mau…..Ambillah dan amalkanlah senjata trisula weda SP yaitu 3 in 1,insya Alloh Ta’ala akan menjadi kuat,tegar,adil dan penuh cinta kasih kepada sesama makhluk,kecuali yang sombong dan pembangkang …

    Inilah senjata rahasia SP yang sebenar benarnya…bagi yang mau silahkan…bagi yang ogah karena kesombongan ya monggo…..

    1.Kekuatan Doa dan zikir pagi sore yang sesuai petunjuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam…( ini sgt penting dari serangan bangsa jin brengsek,dan juga banyaknya keutamaannya di dunia dan di akhirat).

    2.Kekuatan bacaan Alquran terutama surat Al Baqarah full …( inilah benteng yang sangat kokoh bagi berbagai serangan dahsyat dari bangsa jin brengsek dan seluruh paranormal/dukun/penyihir dan juga berbagai keburukan akhlak lainnya).

    3.Kekuatan cinta kasih yang tulus dan suci untuk membebaskan dan menyelamatkan seluruh penduduk bumi dari ikatan dan belenggu penguasa kegelapan,juga keburukan dan kesengsaraan di dunia dan di akhirat yang disertai dengan doa untuk seluruh penduduk bumi.

    Ketiga kekuatan itu harus bersatu di dalam hati yang disertai dengan “KEIKHLASAN” …tanpa “KEIKHLASAN” ketiga kekuatan itu tidak akan memberikan manfaat yang besar termasuk dirinya sendiri.
    Inilah penjelasan trisula weda sebenar benarnya,yang SP beritahukan dan akan menyebarkannya….karena kekuatan inilah seluruh bangsa jin akan segera tunduk dengan sendirinya,dan bumi akan menyinari cahaya rembulan yang sempurna….tidak ada lagi kerusakan,kezholiman keburukan,kesyirikan ,kemaksiatan dan berbagai keburukan yang di timbulkan oleh bangsa jin brengsek lagi….

    SP pamit dulu dan bersiap siap melakukan penyerangan langsung lagi di dunia ghoib….tugas SP sudah selesai di dunia maya…

    Nuwun khusus untuk mbah wager telah memberikan kesempatan SP untuk menyampaikan kebenaran dan peringatan bagi seluruh pembaca blog ini baik kalangan jin maupun manusia….SP mau pergi dulu berperang dan menyerang seluruh kerajaan jin di dunia ghoib tanpa pasukan,jadi SP sangat sibuk menyelesaikan tugas yang sangat berat ini….mohon doa restunya ya mbah wager….,moga nanti kita bisa ketemu di dunia ghoib ….hehehe…hehehe.

    Wassalam.

    1. Setelah di amati Tulisan dan gaya bahasa serta analisa suatu topik jelas bahwa tulalit sdmnya rendah..pendidikannya juga rendah sehingga dia tdk bisa mengimbangi para sepuh di dongbud.. jelaslah sudah bahwa tulalit bukan sp/ba/im..yg sebenarnya..karna ketololanya dalam menganalisa menganggap dirinya sosok tsb diatas.

    2. Team penilai, anda benar, tulalit bukan sp/ba/im dan pendidikan tulalit juga tidak diakui di negri kurawa yaitu sarjana kuburan dan alam ghoib, sekolahnya di bawah pohon beringin xi3 itu pun drop out

    3. Langit maha luas, Laut tak terselami….
      Siapakah yg mengetahui dimanakah patok bumi diletakkan?

      Bung yg mengaku SP.

      Terserah bung SP dlm mengartikan Trisula Wedha.

      Trisula Wedha adalah Pedoman Jati Diri Sang Hyang Esa, yaitu Kebenaran, Keadilan dan Kesetiaan.
      Bukankah Sang Hyang Esa adalah Benar, Adil dan Setia?
      Dia adalah Benar dalam Firman-Nya, Benar dalam Perintah-Nya dan Benar dalam Ketetapan-Nya.
      Dia adalah Adil dalam Hikmat-Nya, Adil dalam Perbuatan / Tindakan-Nya dan Adil dalam Penghakiman-Nya.
      Dia adalah Setia terhadap Firman-Nya, Setia dalam Perbuatan-Nya dan Setia dalam mengasihi seluruh makhluk ciptaan-Nya, termasuk manusia.

      Siapakah yg dapat membantah dan melawan Kebenaran-Nya, Keadilan-Nya dan Kesetiaan-Nya?

      Itulah Trisula Wedha Ilahi…..

      Bung SP….
      Alam Gaib adalah Alam Lelembut atau Alam Jin.
      Tiada beda Alam Gaib dengan Alam Maya.
      Dapatkah bung SP menemukan batasnya?
      Meski bung SP memiliki kesaktian Adi daya tak tertandingi.
      Perlu diingat bahwa Bung SP adalah manusia adanya yg hidupnya tidak lebih dari 120 tahun.
      Jin adalah Abadi…..

      Satu hal perlu diingat!
      Berhentilah melakukan tindakan bodoh yg mengakibatkan penyesalan.
      Setan dari Alam Ruh akan masuk ke Alam Gaib utk mengambil Ruh & Jiwa bung SP dan tiada pernah bung SP kembali, baik ke Alam Nyata maupun ke Alam Ruh, selama2nya hingga Akhir Kehidupan, Bung SP terjebak di Alam Gaib dan Alam Peralihan.

      Itulah sebabnya Cermin Diri mengajukan pertanyaan kepada Bung SP.
      Siapakah yg sudah melintasi Dimensi2 Alam Semesta?

      Bahkan bung SP tidak menjawab…..

      Kesombongan membutakan pengetahuan.
      Dan di dalam pengetahuan terdapat petunjuk, melalui petunjuk itulah manusia belajar dan menjadi bijak dan berhikmat dalam menggunakan pengetahuan…..

    4. Cermin Diri bukanlah SP….

      Sudah suratan hidup, jika Cermin Diri menorehkan tulisan di Blog ini.

      Cermin Diri hanya seorang manusia…..

      Yg memiliki kesempatan utk memberikan dan berbagi pengetahuan…..

      Bahwa umat manusia di Nusantara bersiap sedialah menghadapi gelombang kesusahan zaman.
      Fitnah akan menyebar cepat di seluruh Nusantara, Pengajaran2 Sesat akan menyesatkan banyak umat.
      Alam Nusantara hendak menjadi musuh bagi penduduk Nusantara.
      Sungai2 dan Tanah2 daratan akan merekah.
      Padi dan hasil tanaman sedikit menghasilkan…..

      Yg sesat biarlah sesat dan mati dalam kesesatannya….
      Yg benar biarlah benar, sebab akan melihat cahaya kebenaran dan pengharapan.

      Sebab demikianlah seharusnya….
      Roda zaman berputar, apa yg dahulu ditanam sekarang akan dituai.

      Merapi telah menggelegar, ke tujuh gunung telah menggelegar.

      Perhatikanlah Kemarau Panjang di tahun -tahun mendatang dan Perhatikanlah kembali Puncak Merapi dan Puncak Gunung Gede, sebab ketetapan Sang Hyang Esa, sebagai pertanda dimulainya kesusahan Zaman Nusantara.

      Mendekatlah kepada Sang Hyang Esa….. agar diluputkannya dari segala malapetaka yg menimpa penduduk Nusantara dan kesusahan zaman.

      Segala petaka, segala musibah adalah Karma daripada Nafsu dan Keserakahan menguasai Bumi Nusantara pada masa lalu.

      Setiap perbuatan ada balasannya…..

  39. KERISten
    BUDHI
    hiNDUNYO
    iSLAMET
    ENKONG>CHUCHU
    koyo”ne ana unsur jowo”ne 😀
    JAWA “RAJA WASKITA” “RAJA WELAS ASIH” “RAJA WALI”
    pasti’y scr umum si sp sbg warga negara mmliki merk agama sndri d’ktp’y. Merk d’plesetin k jawa mjd merek atau mendekat, yg pasti merek marang gustine
    kalaupun d’ktp’y tertulis islam si sp menganggap bhw islam adl tujuan krn islam itu slamet bkn skdr merk agama

    salam sejahtera utk kita semua

    1. SP tidak menjadikan agama sebagai tujuan. Agama hanya diperuntukkan bagi manusia yang mempercayainya
      Manusia hanyalah sebagai imbas
      Dan agama tidak dilirik sama sekali
      Maaf jangan kecil hati

    2. tdk melirik bs d’artikan si sp ini tdk pduli dg merk” agama yg ad atau tdk mngkotak kotakan agama mana yg plg bnr krn pd dsr’y smua mnyembah Tuhan YME spt yg trkndung dlm pancasila sila pertama, itu jikalau mmg bnr ia trlahir d’indonesia tntulah sbg wrga ngara yg baik si sp pny ktp yg d’stu msh ad kolom agama dan pstilah yg trtulis adl merk agama trtentu dr gris ktrunan kluarga’y
      mksd’y bgni mas yoso, si sp menganggap islam dlm arti keselamatan sbg tujuan krn mmang itu tujuan dlm beragama agar dpt selamet, jd bkn agama sbg tujuan tp beragama krn mmpunyai tujuan, ya itu biar selamet
      moga dpt d’pahami

  40. Salam abal abal Mbah Wager.. senang ada blog unik ini ..kita bisa saling bersapa dan bertukar pikir dgn cara yg unik.. dan terutama Mbah Wager ini sabar.. artikel ini..soal apa agama si SP..Inilah keleemahan kebbanyakan org2 di Indonesia.. selalu dilihat apa agamanya… selalu ada pertanyaan agamane opo sinten iku ? siapapun tak terkecuali SP ini juga diterka.. malah ada yg saking yakinnya..padahal ketemu orangnya juga belom… ampiun ampiun..Sang Maha Pencipta tidak akan melihat dan mengotakkan kita apa agamanya..tapi apa amal dan perbuatannya kita..salam persaudaraan.. sekedar mengingatkan buat saudara saudara yg terlalu yakin..jangan jangan itu SP dari golongan org yg selalu terhina krn agamanya pernah atau mungkin masih tidak diakui masyarakat ataupun pemerintahan di negeri ini..maka beliau melawan dgn tertawa..bukan dengan perang fisik yg menyengsarakan rakyat banyak …baru ada demo massal damai bernuansa agama saja.. org 2 normal banyak menghilang.. tidak keluar rumah.. sopir angkot dan taksi kehilangan penghasilan.. warung warung juga…jangan lihat pedagang yg on the spot di lokasi demo saja yg dpt rejeki lho..màaf jika ada yg tersinggung..saya hanya ingin menngingatkan … krn kita bersaudara..mana welas asih kita..pada saudara sebangsa.. yg lahir di nusantara… apapun agama dan keyakinan nya..sehingga bila ada provokasi untuk melawan bangsa sendiri.. kita bisa berkata.. tidak.. saya tidak mau ikut aksi menyengsarakan bangsa sendiri…salam..

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s