Australia, Juara Piala Asia 2015

piala-asia-2015DONGBUD – Wage Rahadjo. Setelah melewati “penantian panjang”, akhirnya kesebelasan Australia berhasil meraih titel-nya yang pertama, jawara Asia dengan mengalahkan tim Korea Selatan 2-1.

Kemenangan yang tentunya diraih dengan perjuangan yang keras dan melelahkan. Lha, emang ada kemenangan yang bisa diraih dengan santai dan ongkang-ongkang kaki?

Kembali ke topik, setelah unggul 1-0,  dan permaian hanya menyisakan waktu beberapa menit, team negeri ginseng ini  ternyata berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Permainanpun terpaksa harus melewati masa perpanjangan waktu.  Dengan dukungan penuh dari penonton,  Australiapun berhasil menunjukkan kelas dan unggul dengan skor 2-1.

Disisi lain, bagi Korea Selatan, kekalahan ini terbilang tragis karena di babak penyisihan group justru mereka tampil perkasa menjadi juara grup dengan mengalahkan tim tuan rumah dengan skor 1-0.  Dengan kekalahan ini maka Korea Selatan kembali gagal untuk ke 3 kalinya setelah berhasil mencapai final.  Gelar juara Asia terakhir yang pernah diraih Korea Selatan adalah saat Piala AFC pertama dan kedua yaitu tahun 1956 dan 1950.

  • Apa sih menariknya Piala Asia? Team pesertanya tidak ada yang bermutu Mbah !

Nah, justru itulah menariknya dari Piala Asia. Kenapa pesta terbesar sepak bola di benua Asia ini kurang diminati di Indonesia? Pengurus dan juga pemain kita sepertinya kurang berminat dan juga tidak punya target untuk ikut. Target kita adalah masuk final di piala dunia !

Disamping menarik, sepak bola Asia juga unik. Kenapa ada Australia di Asia?  Dengan alasan kurang persaingan di zone Oceania, Australia akhirnya pindah dan berkompetisi di Asia. Banyak orang-orang bola yang protes, namun permainan jalan terus.

Omong-omong tentang aneh ternyata masih ada kasus lain yang terlupakan yaitu kesebelasan negara Israel notabene berada di benua Asia justru malah berkompetisi di Piala Eropa karena di Asia tidak ada yang mau ngajak nendang bola. Mungkin karena negeri Zionis itu keberadaannya tidak diakui sebagai negara atau karena sebab lain?

Permainan tendang-tendang bola memang aneh, namun yang lebih aneh lagi adalah blog abal-abal, ngapain ikut ikutan nulis sepak bola?

Wage Rahadjo

3 thoughts on “Australia, Juara Piala Asia 2015

  1. Nuwun,,

    ini blog budaya, spiritual atau blok olah raga sih, kok nulis sepak bola segala..?
    xixixixixi lanjut deh mbah yg penting Maen sanaen korpore sano.

    PD

  2. Paman !

    Iya, nih rada bingung, sebetulnya ini blog apaan sih? Kebetulan saat itu pas lagi nonton final piala asia sambil ngetik blog, jadinya tulisan yang muncul ya sepakbola.

    Paman benar, yang penting khan Maen sana tekore sono.

  3. AFC U-23 Championship 2016 yang berlangsung di Qatar akhirnya memasuki babak 1/4 final. Ada 4 team yang “beruntung” yaitu Qatar, Korea Selatan, Irak dan Jepang.

    Dua wakil asean yaitu Thailand dan Vietnam telah gugur, namun yang jelas penampilan mereka sama sekali tidak bisa dibilang mengecewakan.

    Siapakah nantinya yang akan menjadi juara? Entahlah, yang jelas 3 team terbaik akan menjadi wakil asia di olypiade mendatang.

    Bagaimana dengan Indonesia? Entahlah. Dari dulu, ceritanya selalu sama.

    Bola itu bundar, tapi bagi sepak bola Indonesia, bola tetap saja segitiga alias diam ditempat, tidak menggelinding kemana-mana. Hidup seperti roda, tapi sebagian orang tetap saja ada dibawah.

    Olah raga bisa menciptakan kegembiraan, sportifitas atau sarana mempererat rasa persatuan dan kebangsaan. Olahraga bisa mempersatukan perpedaan suku atau agama.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s