Penghancuran Artefak Sejarah di Irak

artefak-kuno-irakRatusan tahun yang lalu, disaat sistem negara masih didominasi oleh sistem kerajaan dan kesukuan, perang, penaklukan wilayah yang disertai dengan penjarahan, pembakaran dan perusakan benda bersejarah umum terjadi. Sasarannya umumnya adalah bangunan megah, simbul-symbol kerajaan,  patung -patung, kuil-kuil serta buku atau tulisan. Saya hampir tidak percaya bahwa ketika di zaman yang disebut modern sekarang ini,  perusakan semacam ini masih tetap terjadi.

Menurut catatan sejarah, negeri Irak pernah memiliki peradaban kuno yang sangat termasyur. Artefak kuno peninggalan peradaban Babylonia dan Assyria berumur ribuan tahun banyak ditemukan. Negeri ini bahkan tercatat pernah memiliki perpustakaan kuno yaitu Perpustakaan Babilonia. Namun semua itu telah hancur karena perang, perusakan dan penjarahan. Sejarah sepertinya berulang karena kini perusakan yang nyaris sama terulang kembali. [wage rahardjo] 

[Dongbud File. Folder copas. Sumber : BBC Indonesia. Kelompok yang menamakan diri Negara Islam, yang sebelumnya dikenal dengan ISIS, mengeluarkan video pada hari Kamis (26/02), yang memperlihatkan sejumlah anggota mereka menghancurkan artefak-artefak kuno di satu museum di Mosul, Irak utara.

Dalam video ini terlihat sejumlah pria merubuhkan patung-patung berukuran besar dan kemudian menghancurkan patung-patung ini dengan godam. Salah satu yang dihancurkan adalah patung banteng bersayap dari zaman Assiria yang dibuat pada abad ke-9 Sebelum Masehi.

Suara yang menyertai video ini menyebutkan bahwa patung-patung ini adalah ‘berhala’ dan bahwa Nabi Muhammad memerintahkan penghancuran benda-benda seperti ini. Video dengan panjang lima menit ini diunggah ke akun-akun sosial media yang terkait dengan ISIS. ]

Sumber link : BBC Indonesia
Sumber gambar/video : facebook channel4

Kalau gambar video tidak muncul, terhapus dll, silakan klik sumber lain disini youtube : penghancuran artefak (assyrian heritage iraq destroy)

Advertisements

5 thoughts on “Penghancuran Artefak Sejarah di Irak

  1. Saya ngeri membayangkan apa yang akan terjadi pada Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut,Kraton Yogya, tari2 an dari daerah2, dll, jika orang2 macam ini …berkuasa … Untung kita punya …Pancasila …

  2. Banyak penampakan aneh aneh , penampakan gaib dan misteri , penampakan demi penampakan yang seakan memberikan kabar dan cerita , ada maksud tertentu untuk kami sehingga kami ( beberapa orang ) seakan melawan arus , sering menyendiri ( atau harus menyingkir dari keramaian perbincangan soal kepercayaan bertuhan / agama )….

    Sungguh sangat dasyat pengaruh si mahluk jelek dan tentaranya itu , berakibat banyak manusia kehilangan akal sehat dan kehilangan hati nurani….

    Maaf Bapak Wage , bila komen saya tidak sesuai dengan judul topik , kenapa saya menulis komentar yang tidak tidak ini , karena hati kami sedih , marah dan gelisah terhadap banyak hal yang berhubungan dengan agama dan Tuhan…..

  3. Kenapa mereka menghancurkan peninggalan-peninggalan sejarah kerajaan ku yang agung? Kenapa mereka mengancurkan patung dewa-dewa Mesopotamiaku? Apa yang terjadi? Inikah masa depanku?
    Ditulis 2000 tahun yang lalu, dengan mesin waktu ajaib sang raja melihat masa depannya.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s