Seri Peradaban Dunia : Machu Picchu

HDR tonemappedCredit image : nathab.com

Machu Picchu adalah merupakan situs yang menakjubkan yang terletak di negara negara Peru. Diperkirakan  dibangun sekitar tahun 1450, jadi dari sisi usia bisa dikatakan “kalah tua dan juga kalah megah” dibandingkan bangunan candi yang ada di Jawa. Jadi apa yang menarik dari situs ini kalau dibandingkan dengan situs lainnya?

Keunikannya terletak pada lokasinya yang sangat terpencil di atas puncak gunung yang berketinggian 2.350 m. Untuk apa masyarakat jaman dulu mendirikan bangunan di atas puncak gunung? Nah inilah yang masih menjadi misteri sampai sekarang.

peradaban-machu8Credit image : altera.cc

Kemudian sisi menarik lainnya yang membuat saya terkesan adalah fungsi atau pemanfaatannya. Sedikit berbeda dengan bangunan candi ataupun bangunan prasejarah lainnya, yang umumnya berupa tugu atau tempat ibadah, Machu Pichu memiliki keunikan karena merupakan suatu contoh situs pemukiman kuno yang sangat modern di zamannya. Tota “kota” yang teratur, jalan setapak, aliran air, peruntukan bangunan, ladang, lokasi kuil dll semuanya diatur dengan sangat cermat. Inilah salah satu keunikan dari situs ini dibandingkan dengan situs dunia lainnya.

peradaban-machu4Credit image : kuoni.co.uk

Peradaban tidak mengenal batas bangsa dan agar bisa maju serta berkembang maka tidak ada salahnya kita belajar atau mengambil manfaat dari peradaban budaya mana saja. Peninggalan peradaban lama harus digali, ditemukan, dipelajari dan dilestarikan. Kalau tidak ada atau belum ditemukan (peninggalan lama) kita bisa menciptakannya, tata desa atau minimal tata rumah dan pekarangan yang lebih baik.

TAMBAHAN GAMBAR
Credit image to wikipedia

peradaban-machupichu=wiki2 peradaban-machupichu=wiki4 peradaban-machupichu=wiki5 peradaban-machupichu=wiki3 peradaban-machupichu=wiki

TAMBAHAN IMAGE 2

Credit image : Mr Beto Santillan

peradaban-machupichu=mrbeto2

peradaban-machupichu=mrbeto
Temple of the Condor
peradaban-machupichu=mrbeto3
Kuil Matahari (Sun Temple)

TAMBAHAN IMAGE 3, SALURAN IRIGASI

Credit image : ?

Dari beragam info yang saya baca dan juga beberapa teman yang pernah berkunjung ke sana mengatakan bahwa air masih mengalir dan saluran air masih berfungsi sempurna. Ajaib !

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

saluranair2

saluranair1 saluranair7

 

6 thoughts on “Seri Peradaban Dunia : Machu Picchu”

    1. Kang Jarisakti,
      Dari beragam info yang saya baca dan juga beberapa teman yang pernah berkunjung ke sana mengatakan bahwa air masih mengalir di sana dan saluran air masih berfungsi sempurna. Ajaib ! Nanti saya colongin gambarnya wakakakk…..

  1. Memang ruarrr biasa ! Pengaturan air di zaman itu adalah ….jenius ! Kalau air ndak diatur sebegitu rupa, bangunan itu akan sudah …longsor dulu2.

  2. Salam mbah wager
    Mengagumkan arsitektur yang jenius.
    Apalagi tetap dipelihara pemerintahnya, coba kalau di sini?
    hancurrrrrrrrrrrrrrrrr
    Salam mbelgedez

    1. Kalau disini, pasti sudah dekil Kang.
      Borobudur aja, sampah berserakan. Nggat tahu sekarang ya.
      Cuma tumpukan batu, pejabat kita kagak doyan. Kalau tumpukan duit baru rame.

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s