Bagaimana Caranya Agar Blog Ramai Pengunjung?

yui aragaki2DONGBUD – Wager. Anda punya blog, namun sepi kayak kuburan sehingga membuat Anda uring-uringan dan malas ngeblog? Kalau jawabannya Ya, berarti tulisan ini cocok Anda baca karena topik ini membahas beragam tips sederhana agar blog menjadi ramai.

Memiliki blog adalah hal yang menyenangkan. Lewat blog, kita berharap bisa menuliskan beragam opini. Ide, berbagi pengetahuan, pengalaman dll. Namun aktivitas yang awalnya mungkin menyenangkan bisa jadi berubah menjadi menyebalkan. Penyakit klasik-nya adalah blog yang sepi pengunjung, nyaris sepeerti jumlah pemain bola, belasan orang atau malah seperti pemain catur. Sebel khan?

Jadi bagaimana caranya agar pengunjung ramai? Sebetulnya caranya sangat gampang dan sederhana serta sudah ditulis secara lengkap oleh penyedia layanan blog seperti blogger atau wordpress. (Link). Berikut adalah saya hanyalah sekedar  membuat ringkasannya versi dongbud.

Bagian I
TIGA LANGKAH DASAR

Step 1 : Update blog secara rutin

Menulis secara rutin atau kontinyu adalah sangat penting bagi suatu blog. Pembaca umumnya datang berkunjung karena ingin membaca tulisan, info, pengalaman atau ilmu dari penulisnya. Ya tentu saja. Emang siapa orang sinting yang mau berkunjung tiap hari ke blog yang isinya cuma 2 atau 3 artikel serta bertahun tahun tidak diupdate? Terlebih kalau topik yang ditulis adalah politik atau berita populer, maka isinya akan menjadi kedaluwarsa dalam beberapa hari.

Banyak nulis juga berarti banyak latihan sehingga nantinya kualitas tulisan kita juga akan menjadi semakin baik.

Berikut adalah contoh blog menarik : https://rahard.wordpress.com yang diupdate hampir tiap hari. Pemiliknya adalah Bpk Budi Rahadjo, seorang dosen elektro ITB dan pernah diusulkan jadi kandidat menteri. Walau sibuk, beliau tetap rajin membagi ilmunya. Jadi kolau ada niat, sibuk bukanlah alasan.

Khusus untuk blog besar atau memiliki komunitas yang solid, artikel baru mungkin jarang terbit namun pembaca tetap berdatangan. Kenapa? Alasannya adalah karena pengunjung terkadang datang bukan cuma untuk membaca artikel saja tapi juga datang untuk berdiskusi dengan pengunjung lain, membaca atau mengintip komentar pengunjung  lain. Jadi point-nya tetap sama yaitu ada update terbaru, entah artikel atau komentar. Kalau tidak ada pengunjung yang berkomentar, ya Anda sendirilah yang berkomentar. Sah sah saja, khan blog sendiri. Wakakakakkk….. Agar komentar anda menjadi penting, enak dibaca dan tidak nyepam (mentang-mentang blog sendiri) maka postinglah komentar tentang info atau berita.

Step 2 : Khabarkan pada Teman

Khabarkan pada teman, sosial media, facebook dll tentang keberadaan blog Anda. Bahasa dagangnya adalah “beriklan atau promosi”. Bagian ini perlu dilakukan khususnya untuk blog baru. Bagaimana orang mau berkunjung kalau mereka tidak tahu anda punya blog ? Situs jaringan sosial mungkin adalah media promosi paling bagus. Cuma harus sedikit hati-hati, jangan kebangetan sampai membuat teman jadi muntah. Paling aman, postinglah di wall atau di halaman rumah sendiri, jangan di halaman rumah orang.

Promosi sangat penting, namun menambah tulisan serta memperbaiki kualiats hendaknya jangan dilupakan. Ibarat warung, gencar promosi tapi kualitas barang jelek ya percuma juga. Harap dicatat bahwa blog tersambung langsung dengan search engine, jadi setiap tulisan kita secara oromatis akan terpampang di mesin pencari kata. Semakin banyak menulis maka semakin besar peluang untuk menjaring pengunjung. Kalau tulisan Anda bagus, saya percaya tanpa promosi-pun pengunjung tetap akan berdatangan.

Step 3 : Blog Walking

Rajin-rajinlah berkunjung ke blog lain (blog walking) dan sekaligus juga tulislah komenter. Dengan berkomentar berarti secara tidak langsung Anda sudah membuat link yang nantinya merupakan pintu masuk ke blog Anda. Namun harap diperhatikan juga sedikit etika dalam berkomentar agar nantinya tidak terkesan seperti komentar spam atau membajak pengunjung.

Berkunjung dan juga berkomentar di blog lain bukan melulu untuk tujuan promosi dan pasang link, tapi juga untuk bersosialisasi, cari teman, menjalin persahabatan, menambah ilmu, pengalaman menulis dll. Blog walking juga berguna untuk menambah wawasan, atau belajar berkomentar / mengapresiasi artikel orang lain.

Bagian II
BEBERAPA LANGKAH LANJUTAN

2.1. Menyapa Pembaca

Bertegur sapa dengan pembaca adalah hal penting, terlebih untuk blog kecil. Blog bukan cuma urusan menulis (artikel) saja tapi juga membaca (komentar). Bahasa yang lebih mudah : berbicara dan mendengar, mengajar dan juga belajar, memberi dan juga menerima.

Kalau blog diibaratkan dengan warung, pengunjung akan senang dan nyaman kalau pemiliknya ramah dan mau menyapa pengunjung. Sedangkan untuk blog besar dengan komentar ratusan perhari ya itu lain lagi, Jari bisa kriting kalau semua komentar harus dibalas. Ibarat warung raksasa (swalayan), pemilik ngumpet-pun bukan masalah. Cuma ya itu, mereka nyaris pada ogah berkomentar dan cuma datang untuk baca atau intip-itnip doang.

Dalam dunia dagang, jasa, dunia kerja ataupun dunia blog adalah sama saja, kuncinya selain kemampuan kerja (kualitas) juga kemampuan menjalin komunikasi dengan pembaca atau rekan lain adalah tidak kalah pentingnya. Terkadang isi artikel tidak lagi dianggp penting atau malah tidak dibaca oleh pengunjung, mereka datang cuma untuk berkumpul saja.

2.2 Jangan anggap sepele Widget komentar

Salah satu keistimewaan dan daya tarik dari blog adalah tersedianya kolom komentar, jadi pembaca bisa ikut memberikan opini, koreksi ataupun ikut berdiskusi dan berbagi pengalaman.

Mungkin banyak rekan bloger yang tidak menyadari bahwa para pengunjung datang bukan cuma untuk membaca artikel milik sang penulisnya saja tapi juga datang untuk membaca beragam opini atau komentar dari pembaca lain. Tidak jarang, komentar jauh lebih menarik dan atraktif dibandingkan tulisan utamanya. Halaman mana atau artikel artikel mana saja yang sedang dikomentari oleh pengunjung, semuanya bisa dibaca di menu Recent Comments.

= Semua cara di atas sudah aku terapkan, tapi blog masih tetap sepi. Aku harus pakai cara apa lagi Mbah?

Kalau semua cara di atas belum juga mempan, mungkin ada sesuatu yang “salah” dengan blog Anda. Lakukan evaluasi, ubah strategi, ganti topik atau bahkan bila perlu ganti nama blog, sehingga lebih populer dan mudah diingat. Nama blog yang “terlalu bagus” mungkin akan membuat pembaca lupa dan kesulitan untuk berkunjung kembali.

Kalau masih tetap belum mempan, ada baiknya Anda pensiun nge-blog atau ganti hobby, misalnya main catur. Nah, itu jauh lebih damai dan tidak pusing lagi mikirin ada pengunjung atau tidak.

= ASEM !!! Jangan sok menggurui. Bukankah blognya siMbah juga sepi kayak kuburan?

Wakakakkkkk……. Jadi malu nih sendiri.

Kesimpulan

Memiliki blog bukan cuma sebatas adu traffic doang

Pada saat pertama kali membuat blog, saya yakin, sebagian besar tujuannya hanya semata ingin melampiaskan hasrat menulis saja. Adu traffic pengunjung biasanya datang belakangan dan ini berkaitan dengan EGO.

Saya sendiri menulis blog tujuannya tidak lebih hanya untuk bersenang-senang, sekaligus belajar menyampaikan opini / ide serta meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Saya beberapa kali pernah berkunjung ke suatu blog yang sama sekali tidak menyediakan kolom komentar sama sekali, padahal arkelnya sangat bagus dan blogpun relatif populer. Sepertinya ini adalah type blogger sepenuhnya hanya ingin menikmati hobby menulis saja tanpa mau dipusingkan dengan urusan balas komentar. Dibaca ya syukur, tidak dibaca ya tidak apa-apa. Blog ramai toh juga kagak akan jadi duit….

Traffic pengunjung bukan tujuan utama. Berikut adalah contoh bloger yang tidak terlalu peduli dengan traffic pengunjung. Beliau tetap produktif menulis selama bertahun tahun walau nyaris tanpa ada orang yang berkomentar. LINK : Eddy Pekalongan. Dan berikut contoh blog yang menutup kolom komentarnya : https://tyangluhtu.wordpress.com/

Beberapa rekan bahkan ada juga menjadikan blog sekedar sebagai identitas belaka, artinya hanya untuk menampilkan gravatar dan sedikit data diri, simpan foto dll. Jadi tanpa ada pengunjug-pun bukanlah halangan untuk memiliki blog.

Demikian tulisan ala khadarnya tentang tip dan trik “Cara membuat blog agar ramai pengunjung”.

Wager

43 thoughts on “Bagaimana Caranya Agar Blog Ramai Pengunjung?”

  1. Wakakakaaa wahh koq malah kayak blog punya saya mbah…
    Ahhh tapi nggak_lah… Aku bikin blog tujuannya hanya iseng dan punya ‘akun’ mbah….semacam ‘identitas’ gitu.
    Hahahahaaa jdi ramai atau sepi Ԍᵃᴷ penting2 amat mbah… Hahahaaa yg terpenting bisa komen d sini dengan identitas mbah…

    1. Wakakakkk……. Nuwun Kang.. Tulisan iseng Kang, jangan dianggap serius.

      Barusan sudah edit dengan tambahan catatan kaki tentang motivasi punya blog, yaitu ya itu tadi : sekedar identitas.

  2. mbah, harusnya cover photonya ada tanduknya mbah, biar bisa ‘menggenjot` pendapatan eh pemasukan… alias keluar masuknya lalu lintas pengunjung:mrgreen: ….

  3. Salam Kang Wager.🙂 Terimakasih telah mengingatkan kembali tujuan saya bikin blog…. salah satunya adalah pembelajaran menghaluskan cara berkomunikasi lewat tulisan serta uji coba menuangkan ide yg “nyleneh” beda dengan orang kebanyakan. Fakta bahwa blog saya seperti kuburan…. sepi dan angker maka kesimpulannya…. ternyata masih banyak orang kita yang “tidak nyleneh”.🙂
    Suwun.

    1. Lha, justru saya yg mau pensiun Kang. Wakakakkkk….
      Atau minimal nantinya nulis tentang tppik berkemah, agar blog jadi dingin dan adem.

  4. Waduh jangan pensiun dulu mbah , blognya kan masih rame, tulisan simbah itu masih banyak yang ngintip lho wakakak, apa perlu dikasih iming-iming kometar berhadiah? Trus hadiahnya apa?
    #saveblogabal-abal
    moga2 jadi trending topik
    Wakakakak

  5. Kalau masih tetap belum mempan, ada baiknya Anda pensiun nge-blog atau ganti hobby, misalnya main catur. Nah, itu jauh lebih damai dan tidak pusing lagi mikirin traffik pengunjung segala. (WR)

    Oom Wager,

    Bikin blog sendiri itu memerlukan …IQ yang tinggi,makanya saya ndak akan pernah …bisa …)-: Jadi, ya saya akan ikut2an Mas JS saja, meramaikan blog (-: Kalau catur itu memang hobbi saya sejak zaman dulu kala ….Saya juga tertarik ‘shogi’ – catur Jepang – cuma di tempat saya ndak banyak yang main …)-:

    Menulis, sebagai pemilik blog atau pembaca : Ini kan salah satu bentuk komunikasi. Kelebihan blog abal2 ini adalah …dari mulanya dikatakan ‘ini cuma blog …ABAL2’, jadi seorang seperti saya ndak takut2 menulis/komentar, wong cuma tulisan/komentar abal2, mbel ! (-: Zaman belum lama ini kebanyakan orang, termasuk saya , lebih terbiasa omong dan MEMBACA saja. Dengan adanya internet, jadi ada BLOG – abal2 atau bukan – ketrampilan menulis jadi tidak …terlupakan ! Dan, bisa kenal dengan orang2 …ampuh, meski cuma di dunia maya .

    S
    alam mbel.

  6. Salam dan selamat pagi

    Semoga blog Mbah tetap ramai

    Saya hanya bisa sumbang sedikit komentar dan ditambah dengan doa….komentar mbel dan doa yang mbel juga…

    1. Salam dan selamat pagi juga Cak JS, Kang Bala, Kang Wager, Kang Cahyo, Kang Nur, Kang Jari, Ning Dewi dan sedulur semua.
      Maap… jarang nimbrung karena sibuk renovasi kloso bedah… meski seperti kuburan …. paling tidak bisa membuat kerasan para Hantu Piningitnya🙂
      Salam mbel🙂

    2. he he he… iya paklik, jangan2 konsep satria piningit itu ternyata cuma satria hantu penglipur lara rakyat yang tertindas yang tak pernah memiliki akses untuk menyampaikan aspirasinya kepada pejabat negara…

      but, let`s be true and face it, adakalanya hantu atau hal2 meta/ goib adalah sahabat terbaik manusia:mrgreen:

    3. Hehehe….🙂
      Sebentar lagi ulasan Satrio Piningit (pemahaman baru dapet) kelar…. tentang SP Hitam seperti yg ditulis Ki SPSWN dalam blognya Akigendengbanget.🙂

  7. Wah lha simbah wager mana ini? Banyak tamu kok apa lagi semedi ya?
    Salam mbelgedes kagem kang JS, kang O – O , kang balane dewa, jeng dewi, kang Nur semuanya, salam sehat selalu.
    #saveblogabal-abal
    Semoga jadi trending topic
    Wakakakak

  8. @ Kang Cahyo serta semua Akang dan rekan lainnya,

    Maaf, ngumpet sebentar untuk semedi. Wah, ternyata banyak respon. Jadi terharu, bahkan sampai dibikinkan tag #saveblogbal-abal segala.

    Terkadang “Kecil itu indah”. Jadi biarlah komunitas abal-abal ini tetap kecil namun kebersamaan, keindahnya serta persaudarann kita bertahan lama. Jadi terpikir untuk nulis artikel harian. salam

  9. Blog

    Ngapain repot
    Teman teknologi untuk keluarin uneg uneg hati
    Ramai pengunjungnya Atawa lainnya, tidak usah dipikirin
    Yang penting uneg uneg keluar lepas.. merdeka.
    Habis ng blog, dada lapang, pikiran cerah, senyum ceria, WELCOME jadi positif human.

    Nanti kan teman seide…. main
    Se ide yg positif positif
    Tambah keren kan..

    Secuil guidden orientasi nge BLOG
    BE HAPPY over all blogGER in the World.

  10. Rahayu poro sedherek

    Inggih leres ngaten kang Wager mugi sampun dipun paringi ngertos ugi lancar sedayanipun

    Kalau boleh nambah
    Jenis blog itu ada bermacam ragam
    Tetapi tetap hanya ada dua dasar dari sipemilik blog dalam mengilhami dan membuat blog

    Yaitu dasar spiritual dan non spiritual dr si pemilik blog
    Andai itu dilakukan untuk tujuan non spiritual maka kesan yg ada akan seperti timbul tenggelam hidup dan mati blog tsb
    Contoh blog dagang atau spt disebut diatas untuk terkenal dan bs eksis
    (Menonjolkan diri sendiri)

    Andai itu dilakukan dgn tujuan apapun tetapi ada dasar yg sangat kuat akan rasa spiritualnua seperti blog spiritual blog agama blog keluarga
    Yang lebih mengutamakan rasa diluar diri sendiri maka blog trsebut akan tetap eksis meskipun hanya diintip belaka

    Internal dan eksternal kira kira begitu
    Meskipun banyak orang mengatkan baguslah andai kita bisa menonjolkan sisi eksternalnya tetapi jangan melupakan sisi internalnya.
    Itu benar
    Tetapi bagi seorang spiritual sejati internal tidaklah begitu penting
    Eksternal adalah no satu dan utama. Apapun hal yg akan dihadapi dan diterima
    Hanya satu kata saja
    Bersyukurlah

    Sepi dan tidaknya suatu blog tidaklah penting
    Pesan moral lebih berharga daripada kuantitas
    Kualitas tidak pernah dipandang dgn sebelah manapun bagi seorang spiritual
    Dan pesan akan selalu diberikan dan diteruskan

    Maka dari itu mari kita bertanya sendiri
    Untuk apakah kita membikin blog. Untuk tujuan apa?
    Bagi seorang spiritual pemilik blog hanya satu kata
    Mbel untuk tujuan blog
    I am the messenger
    Whatever it is
    I just write
    Whenever it come

    Nuwun sewu menawi wonten lepat kulo
    Rahayu sedanten
    Suwun

  11. Sepi dan tidaknya suatu blog tidaklah penting
    Pesan moral lebih berharga daripada kuantitas (spsw nusantoro)
    ——————————————————————————

    Siapa bilang pemilik blog ampuh itu ndak pernah kesini ?

    Bagaimana agar blog ramai : Ketika tulisan ini muncul, saya ndak tahu jawabnya, Sekarang ? Ya nulis mengenai ….eng ing eng ….SP !! (-:

    Banyak , ramai di thread itu. Banyak juga yang …teriak2 *)…(-:

    *) Nulis dengan huruf2 BESAR sama dengan , itu tadi,teriak (-:

    1. Kang Bala,

      Sungguh suatu kehormatan bagi blog abal2 telah dikunjungi oleh orang ampuh seperti Kang SPSW Nusantoro.

      Di dunia perblogan, umumnya berlaku aturan tidak tertulis bahwa pemali (pantang) bagi seorang bloger besar untuk berkunjung ke blog kecil, apalagi sampai meninggalkan komentar. Jangankan berkomentar di blog lain, ikut berkomentar, menyapa atau berdiskusi di blog sendiripun kadang enggan.

      Jadi saya benar2 sangat salut dengan kerendahan hati Kang SPSW-N

      Tentang topik SP, jujur itu bukanlah topik andalan dari blog abal2. Topik andalan blog ini adalah topik sosial, agama dan keragaman yang dikemas dengan gaya tulis aball bin ngibul alias Dongeng dan Budaya.

      Namun mau apa lagi, akhirnya blog dongbud malah lebih populer sebagai blog Satrio Piningit. Tapi ndak apa, toh kalau dipikir2, masih ada hubungangannya dengan dongeng dan budaya. Masih ndak keluar dari filosofi yaitu menulis topik apa saja yang penting hati senang…….

  12. Masih ndak keluar dari filosofi yaitu menulis topik apa saja yang penting hati senang…….(Wager)
    ———————————————————————————–

    Oom Wager,

    Motto di atas bagus, Tapi bisa menjadi …bumerang ! Bisa jadi pedang bermata dua. Yang penting hati senang : Hati siapa yang senang ? Hati penulis mungkin senang, tapi hati orang lain mungkin ndak ! Dan sebaliknya …

    Mengenai aturan tidak tertulis di dunia maya, weh saya baru tahu !

    Dongeng : Konon,diantara mantan presiden RI ada yang mendapat Wahyu Keprabon. Hmmm, dibawah mantan presiden itu, sekitar satu sampai dua juta orang …mati sia2,dibunuh atau mati di penjara. Wahyu Keprabon = boleh bertindak se kejam2 nya ?? …Saya kok ndak percaya dongeng wahyu keprabon lagi …

  13. Kang Bala(ne)dewa

    Apapun pada dasarnya bisa jadi bumerang. Ya tulisan, kata-kata atau bahkan agama.

    Saya tahu bahwa tulisan yang saya tulis dengan hati senang bisa membuat orang lain tidak senang, Lha, itu bukan urusan saya. Kalau tidak puas ya balas dengan tulisan.

    Bukan hanya tulisan, apapun pada dasarnya yang dilakukan oleh orang lain bisa membuat kita tidak senang, terlebih dalam hal agama.

    Semua orang pada dasarnya menulis karena ingin hati senang, walaupun kadang ditulis dengan hati marah. Dengan menulis maka unek-unek dan kemarahan akan terlampiaskan.

    Jadi apa kontrol yang saya gunakan agar apa yg saya tulis dengan hati senang tidak kebablasan? Acuannya adalah hukum formal, humanisme dan privasi. Saya bukanlah mahluk buas yang akan menulis dengan membabi buta asal hati senang.

    Demikianlah sekedar opini. Menurut Akang, baiknya gimana?

    salam

  14. ADMIN MENGGUNAKAN ID GANDA AGAR BLOG RAMAI?

    Beberapa tahun lalu, seroang rekan pembaca pernah menyarankan ke saya agar membuat banyak ID kemudian menggunakannya untuk berdiskusi atau-pun menyerang pengunjung lain. Penjelasan mudahnya, menciptakan kerusuhan, gitulah. Blogpun akan ramai….

    Dengan berat hati, usul saya tolak dengan halus. Saya tidak bisa menggunanakan cara-cara seperti itu. Tulisan saya sudah sepertinya sudah terlalu keras dan menyerang, sehingga sepertinya sudah cukup rusuh sehingga tidak perlu ditambah dengan kerusuhan baru. Ramai pengunjung memang bagus tapi itu bukan tujuan, apalagi sampai menggunakan cara curang.

    DI pesan Facebook-pun saya sering mendapatkan pertanyaan, apakah ID ini atau itu adalah saya atau wager?

    Di bagian About Us, sudah saya tulis dan ulangi lagi di sini bahwa dalam berkomentar, saya hanya menggunakan ID wager, dongbud dan dongeng budaya. Dulu untuk lucu-lucuan, pernah menggunakan ID Pengunjung Semprul, namun sekarang sudah tidak pernah digunakan lagi. Saya tidak menggunakan ID lain selain yg telah disebutkan di atas.

    Posisi saya disini adalah admin atau tukang seduh kopi bukan perserta debat. Kalau ada yang datang, saya menyambut dan memberi salam, bukan malah mengajak tamu berantem. Itu namanya tuan rumah asem koplak.

    Sedangkan kalau rekan lain menggunakan banyak ID, itu lain lagi ceritanya.

    Blog ini memiliki beberapa admin yang salah satunya adalah Kang O-O, jadi kalau saya menggunakan IP dobel, menyerang orang lain atau bahkan menyerang agama lain, ya pasti ketahuan, apalagi saya menggunakan internet kabel jadi lebih mudah lagi utk dilacak.

    Demikianlah sekilas tentang cara membuat blog ramai dengan cara curang.

    1. Wekeh wekeh
      James bond ganti banyak mobil kang
      Harus orang tajir bru bs jd james bond
      Hehehe

      Kalau saya mah cuma gonta ganti rumah saja kang
      Wong namanya nomaden

  15. Posisi saya disini adalah admin atau tukang seduh kopi bukan perserta debat. Sedangkan kalau rekan lain menggunakan banyak ID, itu lain lagi alias bukan masalah.
    ——————————————————————————-
    Dengar-dengar disini ada mata-mata Amerika dan mata-mata Israel. Dengar-dengar juga ada mata-mata Arab Saudi, mata-mata ISIS, dan mata-mata FPI. Ada juga mata-mata dari organisasi yang mau mengganti Pancasila yang ber Bhinneka Tungga Ika dengan yang lain. Wah payah, blog ini penuh dengan mata-mata !

    Apakah perlu saya tuliskan nama , alamat, dan nomor tilpun saya disini, supaya anggota2 FPI bisa ngajak saya …minum kopi ? Karena , menurut saya FPI perlu …dibubarkan !

    1. Hah?! Diblog ini ada mata2 Amerika dan Israel?

      Itu bukan isapan jempol tapi benaran ada. Itu bukan lagi berita baru, tapi berita basi. Bahkan pada menu bagian kiri jelas jelas saya tulis bahwa sponsor utama dari dongbud adalah Yahudi dan Amerika. Lho koq?

      Ya, tentu saja, wong blog ini ditulis di hosting gratisan bernama WordPress, sedangkan untuk menyebarkan informasinya alias advertising minta tolong ke media sosialnya Mark Sukarberg alias facebook.

    2. Di blog abal2 ini emang penuh mata-mata, dengan beragam type, jenis dan alirannya. Ya tentu saja, untuk akses internet, baca dan ketik komentar perlu mata.

      Mata-mata, siapa takut? Blog ini sudah lama dimata-matai bahkan dulu pernah diserang habis2an dan mau dihancurkan.

    3. Lho…. Kok melompat komennya hahaha

      ——–edited by mod——-

      Wekeh wekeh
      James bond ganti banyak mobil kang
      Harus orang tajir bru bs jd james bond
      Hehehe

      Kalau saya mah cuma gonta ganti rumah saja kang
      Wong namanya nomaden

    4. Gonta ganti rumah, weleh itu mah masih katagori orang kaya.

      Kalau saya gonta ganti sandal jepit dan popok. Maklum udah tua, sering lupa taruh sandal dan balik ke bayi, pakai popok. wakakakkk….

    5. Wah lebih hebat itu. Pampers buat orang tua kan mahal mahal kang. Dipakai cuma buat buang hajat hahaha
      Lahhh saya harus cr selokan dulu lalu jongkok
      Xixixixi

  16. Selamat Malam kepada Simbah Wager, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua @ …

    Salam Sejahtra ……

    Wouw……. Artikel-nya kereeen….. bahasa-nya sederhana, apa adanya…., tetapi….. mengalir, alur cerita-nya hidup…..
    Seolah-olah Pembaca sedang berdialog langsung dgn Simbah….. (tidak seperti Pemimpin di Negeri Kurawa, yg penuh dgn Formalitas, Artificial, dan Data yg ehem ehem ehem…..)

    Materi-nya bersifat general, faktual & realistis,
    Acungan Jempol buat Simbah…..

    Sukses slalu, rahayu…
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez…
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    1. Tetap semangat bro.
      Ide dan topik blognya sangat menarik. Target pembacanya jelas. Semua orang butuh kerja atau pindah kerja ke tempat yang lebih baik. Cuma target pembacanya sepertinya terlalu luas. Walau posisi yang dibutuhkan cocok tapi lokasinya di provinsi lain maka info menjadi tidak berguna. Walau lowongan ada di depan rumah tapi posisi yang dibutuhkan tidak cocok dgn yang saya punya, info juga menjadi tidak berguna.

      Nah, bagaimana caranya mencari info yg pas dengan lokasi dan posisi pada blog tsb? Apakah ada menu yg bisa diklik? Nah ini penting menurut saya sehingga ada alasan untuk kembali berkunjug atau betah lama-lama membaca / mencari.

      Kemudian tentang reputasi site atau blog, apakah layak dipercaya? Sumber info lowongan itu dari mana?

      Menurut saya sih, artikel seputar dunia kerja, tips wawancara, pengalaman bekerja dll, kemudian di beberapa katagorinya memiliki sub info lowongan kerja dengan update yang rutin, sepertinya jauh lebih menarik.

      sekedar opini

      salam

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s