Seandainya Nabi Lahir Di Jepang

Satsuma-samurai-during-boshin-war-periodDONGBUD – Wage Rahadjo. Jepang adalah salah satu negara yang sangat maju. Selain kemajuan ekonomi dan teknologi, Jepang juga terkenal sebagai salah satu negeri yang sangat aman dengan tingkat kriminalitas yang tergolong relatif rendah. Korupsi, pencurian serta pemerkosaan adalah berita yang relatif “langka” di negeri tersebut. Wanita pulang kerja tengah malam sendirian dengan pakaian ketat atau seksi adalah pemandangan biasa.

Namun siapa sangka, beberapa abad yang lalu, negeri tersebut adalah tergolong negeri jahililah alias barbar. Peperangan memperebutkan perluasan wilayah antar kelompok Samurai terjadi nyaris tanpa henti. Perang saling tusuk dan penggal kepala nyaris mewarnai sejarah negeri mereka.

Hal ini terkadang memunculkan pertanyaan di kepala saya. Kenapa Tuhan tidak menurunkan nabi di negeri barbar tersebut? Pertanyaan ngawur sayapun kemudian diikuti dengan imajinasi yang lebih ngawur lagi : Apa yang terjadi seandainya Nabi lahir di Jepang? Berikut adalah beberapa kemungkinananya. Maaf, bagi rekan yang tidak suka dengan topik ini, dari pada uring-uringan, mohon agar tidak membacanya.

  • Kalau nabi lahir di Jepang maka Baginda tentulah orang Jepang.  (Maaf, Nabi imigran untuk sementara diabaikan dulu).
  • Nabi akan berpenampilan atau berperawakan seperti orang Jepang, berkulit kuning, bermata sedikit sipit, berbadan pendek serta kemungkinan besar tidak suka pelihara berkumis dan jenggot.
  • Nama beliau mungkin Nobunaga Sama, Fujiwara Sama, Nobita Sama atau nama Jepang lainnya. (catatan : “Sama” adalah kata pelengkap utk menyebut nama orang yang dihormati, memiliki kedudukan dll. Memanggil seseorang tanpa tambahan kata Sama atau San (penggunaan yang lebih umum), dianggap kurang ajar atau tidak lazim kecuali antar teman akrab atau lebih muda.
  • Kitab suci akan ditulis dengan bahasa Jepang, menggunakan huruf kanji, hiragana dan katakana serta dibaca seperti melantunkan irama lagu Kokoro No Tomo.
  • Kitab suci akan menjadi sangat menerik serta digemari oleh anak-anak karena penuh dengan gambar ilustrasi atau anime ala manga (komik) Jepang.
  • yuiaragaki2Wanita harus dibungkus dengan pakaian hampir tertutup ala kimono atau yutaka bermotif bunga berwarna cerah menyala.
  • Sushi, sashimi dan sukiyaki akan menjadi makanan favorit, sedangkan makanan yang di-haram-kan adalah ikan gurami, kaper, lele dan beragam ikan air tawar lainnya. (Catatan, orang Jepang hampir tidak makan ikan air tawar).
  • Hukum pacung dan sejenisnya mungkin akan ditiadakan. Sebagai gantinya akan ada Yubitsume yaitu potong jari tangannya sendiri untuk pelanggaran ringan dan ritual seppuku (harakiri) yaitu bunuh diri dengan menusuk perut sendiri untuk pelanggaran berat. Semua harus dilakukan serba sendiri.
  • Sembahyang tidak perlu dilakukan tiap hari tapi cukup setahun sekali yaitu di saat tahun baru saja.
  • Arah sembahyang atau kiblat mungkin akan menghadap gunung Fuji, Tokyo Disneyland atau mungkin juga ke arah Tokyo Tower.
  • Baginda Nabi kemana mana bukan naik kuda atau unta tapi naik…….. entahlah, mungkin naik motor honda atau Takekopter kali?!
  • Setiap orang yang mampu secara ekonomi, wajib berkunjung ke pabrik Ajinomoto dan setelah itu akan mendapat gelar AJI NO. Contohnya Aji no Wage

Penulis : Wage Rahadjo

Credit image 1 : image Wikipedia, keterangan gambar Samurai 1867 Credit image 2 : unknown. keterangan gambar Yui

Advertisements

24 thoughts on “Seandainya Nabi Lahir Di Jepang

  1. Bagus banget artikel ini….. Ini menunjukkan betapa agama tidak lepas dari budaya tempat agama itu berasal. Mungkin orang akan menunaikan kewajibannya di Gunung Fuji. Tempat ibadahnya boleh jadi ngikutin arsitektur Jepang. Malah naik ke langit pake Baling-baling Bambunya Mas Doraemon. Makanan yang dianjurkan bukan Kur**, tapi Dorayaki. Kegiatan menonton anime dan JAV (ketauan sering nonton yang satu ini) menjadi kewajiban bagi para penganutnya.

  2. Salam mbelgedez
    Wakakak bener-bener kayalan tingkat tinggi. Emang beber agama gak mungkin lepas dari budaya dimana berasal, untuk negeri kita yang suka latah untuk mengikuti mode pakaian jepang atau makanannya sih gak masalah mbah wager, tapi kagak bisa meng k**ir kan yang lainya hehehe.
    Dan simbah pun ikut latah dengan gelar Kawasaki Wage Raharjo dan ngaku sebagai keturunan dari nabi jepang
    salam

  3. @ Salam Kang The Last Japanese Prophet,
    Wakakakakkk…… nama alias yang super cerdas, pas dengan judul. Waduh, jadi kangen dorayaki.

    @ Kang Cahyo,
    Ini mah kayalan orang sinting Kang. wakakakakakk…..

  4. He he he

    Blog Mbah Wage ini unik dan berani , semoga berakibat baik untuk yang berkunjung / pembaca , supaya melek nurani akal dan pikiran….

    Apakah tulisan mbel si mbah dan banyak rekan bisa merubah dan menyembuhkan penyakit kronis atau malah berakibat terbalik , mengakibatkan orang waras menjadi sakit lalu yang sudah sakit malah tambah sakit parah….he he

    1. Bila saja ada porosepuh Jawa / Nusantara di ribuan tahun lalu mengaku sebagai Rosul atau Nabi , mungkin saja sejarah Nusantara sangatlah berbeda,

  5. (Maaf, Nabi imigran untuk sementara diabaikan dulu).

    wakakkaaaakkk simbaaahhh 😀 …

    saya dukung mbah, bikin agama terakhir tandingan dari agama2 terakhir yang ada.

    wah mbah, kalau seandainya ajaran ajino Wage ini bisa menjadi ajaran agama terakhir di dunia yang paling sempurna, bakal gonjang-ganjing umat abal-abal di seluruh muka bumi dan kahyangan :mrgreen:

  6. Lagu ini, konon, selalu di …nyanyikan di surga versi …Jepang ..(-: Salah satu lagu Jepang yang pernah populer di …negara jajahannya …(-:

    1. Shiawase wa kumo no ue ni
      (kebahagiaan ada di atas awan)
      berubah menjadi :
      Siawasiwa uwono uweni
      Wakakakakkk…….. ngakak dengarnya. Ketawanya terlambat karena baru tahu lagunya. nuwun Kang Jarisakti.

  7. Salam abal2
    Berani taruhan mbah,pasti nabi itu bertempat tinggal d konoha… Atau mungkin bersama2 dengan naruto membasmi kejahatan ya mbah ?
    Apakah dia yg d sebut dengan jirariya alias si pertapa genit ?
    Wakakakaa…. Entahlah….

    1. Jarariya itu apaan? Maklum kurang gaul. Setelah tanya mbah google akhirnya jadi tahu. Gara gara Kang Jarisakti, ilmu perjepangan saya jadi nambah.

  8. sebenarnya ini perspektif yg menarik tapi allah psti punya alasan kenapa nabi lahir di arab, mungkin arab jauh lebih jahiliyah dripada jepang? who knows

  9. nabi adalah tokoh devosi iman,
    bisa jadi bukan figur sejarah yang nyata, hanya figur mitologis dari idealisme manusia di jamannya.
    disisi lain, butuh suatu institusi kelembagaan untuk memberikan gelar kenabian.
    sayang di jepang institusinya tidak mengenal penggunaan gelar nabi, mungkin bagi orang Jepang lebih terhormat kalo pakai gelar Sensei.
    Di jawa yang ngelmu filsafat & spiritualnya tinggi, sayangnya juga tidak dikenal klaim-klaim gelar, kita masih belum tahu leluhur yang mengenalkan istilah manunggaling kawula gusti itu tokohnya siapa & gelarnya apa

  10. Kalo nabi lahir dijepang tidak ada juga yg bakal sembah bangke ngegantung dikayu mbah..
    Karena apa ?
    Karena langsung dikremasi !!!
    #jgn dianggep #wong edan #peace hehehhe

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s