Spiritual dan Agama

Apa itu spiritual menurut Anda? Apagah agama adalah spiritual? Silakan dituliskan pendapat Anda di halaman ini. Kalau menurut pendapat saya yang abal-abal, spiritual adalah . . .

yesus-yoga
Dongbud – Wager Mahardika.
Spiritual, kata yang mungkin sudah akrab di telinga banyak orang. Sepenggal kata yang kedengarannya bagus dan tanpa pikir panjang langsung saya gunakan sebagai motto atau banner : “Blog spiritual abal-abal”.  Ya, ada tambahan abal-abalnya karena memang cuma untuk gaya-gayaan doang tanpa paham artinya.

Apa itu spiritual? Apakah spiritual sama dengan agama? Apakah spiritual berarti membahas tentang mahluk halus atau dunia gaib? 

Menurut kamus KBBI, spiritual artinya berhubungan dengan kejiwaan atau bersifat kejiwaan (rohani, batin). Jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan kejiwaan atau rohani adalah spiritual. 

Agama banyak membahas tentang jiwa, rohani dan akhirat. Demikian juga dengan praktisi dunia gaib, supernatural, mistik atau bahkan komonitas seperti blog-blog yang membahas tentang Satrio Piningit-pun terkadang menyebut menyebut diri spiritual (blog spiritual). Sah-sah saja . . . . .

Jadi arti spiritual yang lebih jelas itu apa sih? 

Spiiritual menurut saya adalah adalah sesuatu yang berhubungan dengan spirit, rohoni, semangat atau niat baik. Jadi menurut versi saya spiritual adalah sesuatu yang sederhana, misalnya bangun pagi, bersih bersih pekarangan, menyapa tetangga, seduh kopi, jalan kaki serta  melakukan aktivitas dengan hati senang. Inilah spiritual menurut saya. Sedangkan kalau agama ya berhubungan dengan ritual, dogma, kepercayaan dll.

Sedangkan agama menurut saya lebih tepat disebut kepercayaan (belief), walaupun juga membahas tentang rohani namun ajarannya lebih didominasi oleh dogma yang kebenarannya tidak boleh didebat atau dibantah. Agama juga kadang bisa digolongkan sebagai idiologi kaena mengatur tentang kekuasaan. Sedangkan kalau ilmu gaib apalagi kalau menjurus ke ilmu kebal apalagi per-hantu-an, lebih tepat disebut (maaf) klenik.

Spiritual, saat berjalan, kaki diusahakan melangkah dengan rapi, teratur dan tanpa bunyi berisik misalnya menyeret sandal. Bicarapun lebih tenang dan tidak berisik mengganggu orang sekitar. Saat bekerja atau berkompetisi dilakukan dengan semangat, produktifitas atau sportifitas.

spiritual2

Spiritual berhubungan dengan roh, jadi menghormati tumbuhan dan hewan dengan manusiawi adalah wajib. Berterima kasih pada si kopi, si pisang goreng, si susu sapi dan semua tanaman ataupun hewan yang telah disemblih dan kita santap untuk hidup.  Cara berterima kasih bukan cuma sebatas berdoa berjam-jam sampai meneteskan air mata tapi bisa juga dengan memperlakukan makanan dengan hormat seperti mengolahnya menjadi enak serta menyantapnya sampai sisa butir nasi yang terakhir. Berdoa tanpa bologn menurut saya percuma kalah akhirnya  makanan sampai tersisa. Ambillah sedikit sebatas yang bisa dimakan atau bawalah bekal makan siang dari rumah, itu jauh lebih baik.

Spiritual = Klenik ?

Bagaimana dengan beragam aliran kepercayaan, komunitas meditasi dan yoga, apakah termasuk kelompok spiritual?  Jawabannya bisa ya atau tidak. Sepanjung mengajarkan tentang hidup damai, tenggang rasa, menghormati sesama dan mahluk hidup, selaras dengan alam, mencari kesehatan, ketenangan diri dst, menurut saya ya bisa disebut spiritual. Sedangkan kalau aktivitasnya didominasi dengan bertapa, mengunjungi tempat-tempat angker mencari kesaktian dan keris pusaka, ya lebih tepat disebut (sekali lagi maaf) klenik.

Mohon maaf jangan marah atau tersinggung, khususnya untuk para penggemar ilmu klinik. Klenik bagus koq, saya sendiri sama sekali tidak ada masalah. (Kalau mau jujur, agamapun sebetulnya ada unsur kleniknya juga). Setidaknya saya belum pernah dengar komunitas klenik bikin onar, main tendang maksa orang harus percaya. Mereka juga tidak mengajarkan untuk bunuh orang bukan? Kalaupun toh ada, itu hanyalah oknum sakit jiwa. Di komunitas manapun pasti ada satu dua orang sintingnya.

Spiritual kadang rancu atau beda tipis atau kadang bisa NYASAR ke arah klenik, sedangkan kalau agama kadang rancu, beda tipis atau kadang bisa TERSESAT ke arah fanatisme sempit atau bahkan kekerasan dan perang. 

Kata siapa? Ya tentu saja kata saya. Opini ngawur dan abal-abal? Ya tentu saja, bukankah Anda sedang membaca blog abal-abal?

Copyright@dongengbudaya

Referensi :

Keterangan gambar : Adi Shankara, Jnana Marga. Credit image : wikipedia

24 thoughts on “Spiritual dan Agama”

  1. Oom Wager.

    Menurut kamus ‘Oxford’ spiritual itu adalah yang menyangkut spirit,nyawa, atau roh, berlawanan dengan hal2 yang bersifat materi atau fisik.Arti yang lain menurut kamus ini adalah yang berhubungan dengan agama atau kepercayaan.

    Aliran kepercayaan jelas2 spiritual. Meditasi dan yoga ? Meditasi zen jelas2 spiritual, ini kan menurut agama Buddha aliran ‘Zen’. Meditasi transendental (TM), iya juga. Yoga ? Nah , praktek2 asana itu selain mengolah badan,fisik kan juga menyelaraskannya dengan jiwa , roh,spirit , jadi menurut saya , bisa dimasukkan dalam kategori spiritual, meski tidak seratus persen.

    Klenik : eh hem, klenik juga termasuk spiritual meski kadang2 konotasinya negatif. Menurut Wikipedia praktek2 dalam agama pun bisa dikategorikan KLENIK. Nah, disini klenik tidak harus berarti negatif. (klenik,Wikipedia ) .

    Menurut saya, banyak praktek2 spiritual yang dicap klenik hanya karena …kurang pemahaman. Misalnya, kata seorang penganut agama x yang saya kenal semua yang tidak ada di alkitab itu dari …setan.Ini ,menurutnya,termasuk yoga. Meditasi, katanya juga temannya klenik . Ini jelas2 keluar dari mulut orang yang belum pernah ber …yoga ria dan meditasi juga.

    slumanslumunslamet-setanoradoyandemitorandulit ….

    1. Nuwun Kang Bala(ne)dewa atas tambahannya. Agamapun ada unsur kleniknya sudah ditambahkan ke bagian terakhir. Definisi versi Oxford lupa dicek. Habis nulisnya buru-buru sih karena kejar tayang. salam

    2. Kang Jarisakti, dengar kata YOGA, jadi ingat kalau blog abal2 ini belum juga nulis tentang topik yoga. Kebanyakan ide, realisasinya zero.

  2. ha ha ha…tobat punya tim jian miumettt…bukan zero noww…khan kmaren dibilang pas “ngeguwang” trisula wedha pas denger prentah dari sik jendhiyal pethax dkk suruh ngludahin tuh sik kecoak sampe klelep satoe pulauw…busseett…malam sblumnya udah ditemuin seseorang nan be.cahaya di hutan lebat arah kota Palembang…aku titipkan tuh perjanjian disana…tukeran…dari mendiang iboe>kakek>buyut>moyang…lah nyang kmaren dibeliy mbengkrink babon dari bapak…ga bisa lah yaw…bukan soal jumlah roda coy tapi formula chemicallyna jelas beda’…udah pernah cuba buwat duplikat trisula sendiriy dari gelembung cahaya~seperti biasa~gagal maning…ngga bakat …kalo bakat ngga perlu triak-triak now…
    lha niy tim bisanya kalok ngga pasrah…ngalor ngidul bingun sama maido…jiaan hewbat abiiss…hasilnya nol besar…wua a a a a a a

  3. iyaaa…wong belon laer udah ketiban balon kuk…
    doeloe waktoe masi imut ‘dititipin’ sama utusannya si bandot pake trik cowpet…tapi waktu itu masi mempeng ngaji…ben ngleganiy juga cuman jadi beban dihatiy…pulang-pulang tau-tau uda gedhe’ ngamoek~ngamoek…trus akhirna dipe.temukan dg sang pencerah…kembali be.sinar cerah…legalah sudah…
    tinggal dongeng catatan kelam legenda trisula wedha…salah pakai sungguh bisa mencabut nyawa sendiriy…wasuu

  4. Salam Kang Wager, Kang Bala, Kang Nur, Cak JS, Kang PNL, Kang Jari, Kang Lesung…. dan sedulur semuanya.

    Kang Wager…. salut Kang…. enersi akang emang luar biasa… masih rajin menulis….saya si… angin-anginan.

    Eehh… soal enersi…. hmm… energi, sumbernya dan keilmuannya… terbagi dua yaitu energi nyata dengan keilmuan yang nyata (ilmu pasti/ exact) seperti energi nuklir yg bersumber dari pembangkit nuklir, enersi listrik, energi kimiawi, magnetik dll http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_energy_resources Enersi satunya lagi berupa enersi yang masih belum diketahui mekanismenya sehingga banyak yang kurang yakin keberadaannya seperti misalnya… tenaga dalam, hipnotis, dll yang sulit diterangkan sehingga hal ini digolongkan sebagai supra-natural, para-normal, gaib dll.
    Energi jenis exact memerlukan berbagai perlengkapan untuk membangkitkannya (uranium, kawat coil, komponen elektronik dll) maka enersi jenis kedua tentunya juga memerlukan beberapa perlengkapan yg tentunya juga aneh dan tidak masuk akal (sesuai dg keilmuannya yg belum exact) seperti bau dupa, bunga tertentu dll….oleh karena pernak-pernik (bhs jawa: klenak-klenik, pating klenik) mungkin hal tsb akhirnya disebut ilmu “klenik”🙂 …kira_kiradotcom🙂 salah satu yg bisa dicoba dan dibuktikan adalah permainan jaelangkung seperti yg telah dibahas disini. Enersi yg bisa menggerakkan boneka jaelangkung ini tidak diketahui apakah roh, jin, atau lainnya.

    Berkaitan dengan hal tsb diatas…. mungkin enersi POWER (tulisan Kang PSP) tergolong jenis enersi tipe kedua…. cuma yang masih mengherankan cara ngetestnya karena tangan ditempel ke bumi/tanah. Seperti dlm contoh permainan jaelangkung…. enersi yg terkuat ya keluar dari boneka jaelangkungnya….semakin menjauh dari boneka jaelangkung makak pancaran enersinya makin tipis. jenis enersinya berbeda dengan energi mekanik/panas dll yang merambat lebih cepat lewat benda padat/cair… enersi jenis kedua ini berbeda yaitu tidak berbeda rambatannya antara yg lewat udara (pancaran) maupun rambatan lewat benda padat/cair. Mengambil analogi dari hal tersebut diduga mekanisme enersi jenis kedua ini tidak merambat tapi terpancar (melalui udara).

    Mohon maap…sekedar pandangan abal-abal.
    Suwun.

    1. Salam Kang O-O,
      Duh, saya tidak paham soal energi-energian, jadi hanya bisa baca dan manggut2 saja. BTW, saya suka dengan ide Akang tentang energi yang terpancar bukan merambat (lewat media tertentu).

      Dengan analogi yang sama maka pengetahuan, kebijaksanaan, kebaikan. kesabaran, kedamaian, keTuhanan, rezeki juga sama saja yaitu terpancar, bukan merambat pada satu aliran, sekte, agama atau satu guru doang.

      Ndak nyambung? ya tentu saja. Khan blog abal2……..

  5. rohani aalah sesuatu yang sederhana, misalnya bangun pagi lipat selimut, bersih bersih pekarangan,..
    Selamat pagi mbah wage, mbah mohon ijin buat salin paragraf ini, untuk catatan pribadi saya, luar biasa mbah..
    Itu salah satu cita-cita saya mbah sampai ke puncak keadaan bathin dimana segalanya telah merdeka dari tuntutan kehidupan, menjalani hidup apa adanya, tidak meminta tidak mempertanyakan, nrimo ing pandum.

    1. Nuwun utk Kang LESUNGPIPIET dan juga para rekan lainnya,
      Selamat pagi,

      Silakan. Duh, sampai di salin segala. Tentu saja senang bukan kepalang, apalagi penyalinya bukan orang sembarangan seperti Akang.

      Jujur saya sudah hampir lupa pernah membuat tulisan di atas. Mungkin karena bikinya cepat ndak pakai mikir. Atau mungkin juga karena sepi komentar sehingga terlupakan. Maklum, tulisan dengan topik semacam ini kurang laku “dijual”.

      Mungkin karena salah memberi nama katagori seningga kurang ngejreng dimata? Akhirnya atas pertimbangan “marketing”, folder yang sebelumnya AGAMA ASEM saya ganti menjadi SPIRITUAL ABAL2.

    2. Salam sejahtera simbah wage.
      Terima kasih banyak mbah.. Jujur saya merasa beruntung terdampar di dongbud ini mbah, banyak ilmu yg saya dapat..
      Nah klo nama topiknya spiritual abal2 saya boleh dong mbah curhat abal2 ? Hehe..

  6. Selamat siang simbah wage, poro sepuh dan warga dongbud, salam sejahtera..
    Saya mulai aja curhatnya ya mbah, lha wong cm curhatan abal-abal..
    Dulu banget jaman air laut belum asin, hehe
    Ntah ini mimpi, kenyataan atau imajinasi, waktu itu saya masih sering didampingi kakek sm nenek, saya sering diajak jalan2 sm dikasih wejangan, nah wejangan terakhir dari nenek sebelum pergi yaitu ‘ngger nanti kamu bakal jadi **************.. Ini nenek beri modal untuk menjadi ***************, ditangan kanan saya diberi keris, terus saya sibisiki “ingat basmallah” yang ketiga kamu bakal dapatkan diperjalanan hidup km..
    mohon para sepuh berkenan menjabarkannya.. Salam..

  7. Warga blog abal-abal sepertinya sudah semakin mengkrucut, kelihatan jelas “wajah” dan warna para penghuninya. Walaupun tidak pernah saling bertemu muka namun keakraban bisa terjalin dengan manis. Disini kita saling berbagi dan saling menghormati perbedaan. Inilah salah satu terjemahan dari spiritual menurut saya.

    Terima kasih Kang Lesungpipiet atas curhat abal2nya. Simbah sangat senang luar biasa kalau nantinya seorang *********** pernah singgah di blog mbelgedez.

    1. Salam sejahtra & salam mbelgedez …….

      @Mbah Wager…., nuwun sewu Mbah, “……. semakin mengkrucut…….” maksudnya seperti Piramidakah….? Seperti Gunungkah….? Ataukah seperti Keris….?
      Maklum Mbah msh di luar kota & sambil nonton Liverpool (Bola)….. heheeheeeee……….

      Sukses slalu, rahayu…..

  8. Selamet sore untuk semua sesepuh yang mohon maaf tidak ditulis satu persatu.

    Spiritual esensinya adalah soul / jiwa / kehidupan. Mungkin menurut pandangan saya segala hal yang melibatkan jiwa adalah bagian dari spiritual. Contoh: makan, secara umum lebih kepada kegiatan fisik akan tetapi bila dikaji lebih dalam ini tidak sebatas kerjasama antara mulut, lidah, gigi, tangan, serta organ organ pencernaan…namun disana ada rasa nyaman, jijik, passion, senang, sedih dll. Jadi menurut saya segala hal yang berkenaan dengan kehidupan apapun aksinya mempunyai dua unsur fisik dan spirit yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain, namun bisa terkecuali mereka yang mengalami gangguan kejiwaan baik amnesia, depresi, stress, mungkin sampai gila…bisa tidak tergolong dalam hal ini, karena bagian dari mereka antara jasmani dan rohani memiliki ruang yang terpisah….itulah dampak bila tidak ada keseimbangan antara tubuh dan jiwa.

    Jiwa adalah inti dari kehidupan, inilah yang membedakan manusia hidup dengan mayat. Bila ditarik ke dalam kitab maka dapat kita simpulkan bahwa jiwa inilah sumber kekuatan / mustika manusia. Ada tertulis bahwa jiwa adalah hembusan nafas dari Mpu Kehidupan…..bahkan sama seperti Dia. Dengan jiwa ini pulalah manusia berada di atas dari semua ciptaan Sang Kreator baik bumi, tumbuhan, hewan, iblis, maupun malaikat. Karena jiwa inilah perang antara manusia dan iblis di mulai. “maaf kl salah ini hanyalah pendapat pribadi” Bukankah setiap perjanjian manusia dan dunia lain selalu dengan mahar jiwa.

    Spiritual yang berkembang saat ini lebih kepada pemahaman spiritual secara khusus, yaitu segala hal yang berkenaan dengan pengolahan jiwa / bathin. Mudahnya segala sesuatu yang tidak melibatkan kenyamanan fisik dianggap spiritual, seperti berdoa, merenung, meditasi, pencerahan atas iman, hal hal mistis dll.

    Lalu apakah spiritual adalah klenik? Semua hanyalah permainan kata, contoh mudahnya seperti oncom, di Indonesia khususnya Jabar ini termasuk jenis makanan….akan tetapi di ujung dunia sana bisa saja di sebut bahan beracun / sampah…! Ini hanyalah persepsi individu masing masing.

    Mengapa banyak ajaran, aliran putih, hitam, sesat, klenik dll? Ini adalah masalah yang kompleks, terlalu banyak alasan di dalamnya. Namun apapun yang terjadi saat dulu, sekarang dan nanti tidak jauh dari hati. Segala hal yang terjadi masalah hati. Pengendalian diri dan keimanan pangkal dalam ragam bentuk spiritual. Menginginkan menjadi manusia yang berbeda dengan manusia pada umumnya, dan bisa memiliki kemampuan manusia seperti khalayak umum menjadi bagian dari ragam spiritual.

    Bila dibaca dalam kitab kitab banyak sekali mujijat atau hal hal fantastis yang dilakukan para nabi, orang suci, dll pada dahulu kala. Namun dari cerita cerita itu bukanlah karena alat yang diberikan menjadi mereka begitu sakti, tetapi keimanan dan kepasrahanlah yang bisa terujud sebuah mujijat. Contoh saat Musa merubah tongkat menjadi ular, atau membelah laut merah, ini tidak semata mata berkat tongkat saktinya….tetapi imannyalah yang membuat semua terujud. Seperti Ibrahim yang terbakar, Yunus yang tidak mati dalam perut paus, dll. Imanlah yg membuat hal tak mungkin menjadi mungkin, mengapa? karena manusia telah diberkati oleh jiwa yang sama seperti Si Pemilik Dunia ini. Bukan karena ajian, wangsit, tarakat tarakat, dll tetapi syarat utamanya adalah percaya.

    Mereka yang hebat dan sakti itu bukanlah yang bisa ilmu menghilang “seperti tukang tipu”, ilmu kebal senjata “jirah atau rompi”, ilmu pelek “don juan”, ilmu terbang “Garuda, Mandala”, mengadakan uang ” BI” dan lain lain dan lain lain seterusnya………… Ilmu yang paling sakti di dunia ini menurut saya ilmu menjadi orang yang tidak memiliki musuh dan berguna bagi orang lain.

    Banyak orang sakti di dunia ini mungkin kemampuannya dianggap bak dewa, tetapi dunia tidak mengingat mereka. Mereka yang dikenang adalah yang berguna bagi orang lain dan menjadi suri tauladan bagi yang lain saat dulu maupun masa akan datang. Gandhi, Mother Theressa, Gus Dur, Kartini, dll contoh pribadi yang menggunakan kasih dan iman.

    Semoga kita bisa berjalan seperti mereka, bila tidak pun setidaknya menjadi pribadi yang hebat bagi diri sendiri. Salam hebat bagi semua, Gbu all

    1. Terima kasih Kang Krishna untuk komentarnya yang nyaris selalu lengkap. Aktivitas saya membuat artikelpun menjadi lebih ringan, tidak lagi terburu-buru harus kejar tayang. salam

  9. spritual ya..saya selama ini percaya adanya tuhan.. tapi agama bagi saya cuma konspirasi politik aja jaman dulu..ya buat perputaran keperluan ekonomi sebuah negara saja..jadi agama bagi saya nonsen semuanya karena agama adalah pembenaran ideologi saja..tapi kalo tuhan sebagai inspirator alam semesta jagat raya ini pasti ada..sebuah sumber kehidupan..yg oleh sebagian agama di katakan tidak berujud tapi ada..jadi intinya saya rangkum spiritual bagi saya adalah sebuah keyakinan diri kita masing2 untuk mencari sebuah kehidupan kekal abadi yg lebih enak dari kehidupan yg ada ini.. walaupun itu cuma sekedar imajinasi ataupun dongeng dari sebagian orang yg merasa dirinya sudah menjadi guru yg pintar karena belajar dari buku ataupun media sosial..
    spritual bagi saya adalah sebuah keyakinan akan kehidupan yg lebih baik dari yg sekarang..apapun namnya tujuanya adalah car janji sorga abadi dan tidak mau atau takut neraka yg abadi..kwokwowkwok..pemikiran koplaaaakkkk…salam koplak..

  10. katanya sih, banyak org2 yg punya jiwa spritual, tapi tidak cerdas ,,, krn itu perlu adanya kecerdasan spritual ?

    Kecerdasan:

    Menurut Munandir (2001 : 122) kecerdasan spritual tersusun dalam dua kata yaitu “kecerdasan” dan “spiritual”.

    Kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah yang dihadapinya, terutama masalah yang menuntut kemampuan fikiran. Berbagai batasan-batasan yang dikemukakan oleh para ahli didasarkan pada teorinya masing-masing.

    Selanjutnya Munandir menyebutkan bahwa Intelegence dapat pula diartikan sebagai kemampuan yang berhubungan dengan abstraksi-abstraksi, kemampuan mempelajari sesuatu, kemampuan menangani situasi-situasi baru.

    Spritual :

    Sementara itu Mimi Doe & Marsha Walch mengungkapkan bahwa spiritual adalah dasar bagi tumbuhnya harga diri, nilai-nilai, moral, dan rasa memiliki. Ia memberi arah dan arti bagi kehidupan kita tentang kepercayaan mengenai adanya kekuatan non fisik yang lebih besar dari pada kekuatan diri kita; Suatu kesadaran yang menghubungkan kita langsung dengan Tuhan, atau apa pun yang kita namakan sebagai sumber keberadaan kita.
    Spiritual juga berarti kejiwaan, rohani, batin, mental, moral.

    Jadi berdasarkan arti dari dua kata tersebut kerdasan spiritual dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk menghadapi dan memecahkan masalah yang berhubungan dengan nilai, batin, dan kejiwaan. Kecerdasan ini terutama berkaitan dengan abstraksi pada suatu hal di luar kekuatan manusia yaitu kekuatan penggerak kehidupan dan semesta.

  11. Agama adalah candu.
    Agama membuat mabuk para penganutnya.
    Kita lihat realita di sekeliling kita agama menjadi rumah yang nyaman bagi para hipokrit.

Kolom Nama, Mail atau Web bisa dikosongkan.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s