Catatan Kaki Nomor 1 : Berbagai Penyakit Dan Emirisnya

Penulis : kang Pejalan

PROLOG :

  • Bhw BUDAYA itu bagian dari PERADABAN MANUSIA, pun sosial, ekonomi, kesehatan, dsb…., dlm hal kesehatan tdk terlepas dari gaya hidup (life style), kebiasaan (habit), agama (religi) maupun budaya (culture), oleh karena itu tdk ada salahnya berbicara tentang Kesehatan (Penyakit)……, bgmn kita bisa bicara budaya…., jika….. untuk makan pun hrs disuapin…., atau bahkan di infus…….
  • Bhw kebenaran.., kebaikan (kemanfaatan)… & keindahan itu adalah kodrat manusia (yg hrs di gali, di rawat & di jaga), pun asal datangnya… tdk hrs dari seorang intelektual.., atau seorang pemimpin.., atau seorang agamawan (jangan slalu melihat kpd luar/kulit/atribut.., lihatlah kpd isi…..), kadang2 datang dari orang yg kedudukannya jauh lebih rendah dari kita….. saya slalu terngiang-ngiang ucapan anak didik (pofesinya pedagang) di saat merengek ingin agar dagangannya lebih laku, dia berkata “ILMU ITU HARUS MEWUJUD…..”
    Saya pribadi mengartikannya : “Menginjak bumi, azas manfaat & bertambahnya kualitas hidup dgn aktualisasi lebih mensyukuri karunia-NYA dan Ridho-NYA.
  • Tulisan ini adalah salah satu Catatan Perjalanan Hidup yg berdasarkan pengalaman di lapangan (empiris), baik yg dialami diri sendiri, kpd orang lain yg saya amati, pun kepada orang yang pernah diobati secara tdk langsung, dan secara langsung.
  • Tulisan ini untuk berbagi pengalaman, petiklah jika ada manfaatnya, serta abaikan & buang jauh jauh jika tdk bermanfaat, dan… the last but not least….. saya bukan tabib.., bukan dukun.., bukan pula paranormal.., ttp hanya manusia biasa spt pada umumnya…., yg atas izin & kuasa Tuhan Yang Maha Esa bisa tersembuhkan.

Di zaman skrng ini, yg serba modern dimana iptek telah mencapai puncaknya.., dan masyarakat SUDAH MELEK KESEHATAN, dari kota (urban) hingga pelosok desa ( rural), dibuktikan dgn berdirinya Rumah Sakit Daerah yg cukup komplit, apalagi Rumah Sakit Swasta yg menawarkan bebagai kecanggihan iptek & pelayanan yang plus (sdh menjadi komoditas bisnis), serta ramainya (banyak kesadaran) para pasien yg berobat jalan atau inap. Ini adalah suatu hal yg positip & menggembirakan sbg lompatan kemajuan akan kesadaran kesehatan sbg TINDAKAN REPRESIF, di satu sisi.

Akan ttp di sisi lain, secara materi, biaya yg dikeluarkan untuk pengobatan (penyembuhan) ini relatif besar, shg menguras kantong pasien, bahkan perasaan, tenaga & fikiran. Kesadaran Masyarakat akan Pengobatan (Kesehatan) yg tinggi ini (Tindakan REPRESIF), tidak berbanding lurus dgn Kesadaran Masyarakat akan HIDUP SEHAT & “BERSIH” (Pencegahan Penyakit / Tindakan PREVENTIF, bahkan Tindakan PREEMTIF).

Saya salut.., atas kesadaran masyarakat akan kesehatan (berobat) begitu tinggi (Tindakan Represif), akan ttp di sisi lainnya saya prihatin akan kesadaran masyarakat yg relatif rendah akan tindakan pencegahan dengan Hidup Sehat & “Bersih.” (Tindakan Preventif, bahkan Pre-emtif). Pengertian “bersih’ disini bukan saja makanan yang bergizi & higienis, tidak mengandung bahan pengawet, ttp juga yg didapat dari usaha / pendapatan yg baik & benar (halal). Seringkali Orang Bijak (Dokter) berkata : “LEBIH BAIK MENCEGAH, DARI PADA MENGOBATI.”

Perlu di-ingat bahwa kita hidup di alam dunia ini ada Hukum Tak Tertulis, yaitu : Hukum Dualitas, Hukum Terbatas & Dibatasi, serta Hukum Kausalitas (Sebab-akibat) / Hukum Alam / Hukum Karma / Sunnatullah. Hubungan penyakit dan manusia adalah hubungan sebab – akibat, dimana Hukum Kausalitas-lah yang berlaku, itulah skenario dan ketetapan Tuhan sebab Tuhan Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada umat-NYA.

Adapun klasifikasi latar belakang timbulnya penyakit menurut versi saya, yg dominan adalah sbb,:

  1. Penyakit krn tindakan sendiri yg disengaja baik secara sadar maupun tdk, dan yg tdk sengaja;  Contohnya antara lain : merokok (condong kanker), makan yg tdk higienis (condong sakit perut & diare), kehujanan (condong pilek, sakit kepala…), dsb…., dsb.
  2. Penyakit krn ucapan yg menyakiti sesama; Pengalaman saya sktr 2 th yg lalu, di sebuah Kabupaten saya punya staf (ikatan kerja sesuai lamanya proyek) yg istrinya sakit agak kronis (penyakit dlm), yg hrs secepatnya di operasi, ttp berhubung biaya yg terbatas & perlu transportasi rental mobil, agak tersendat, padahal dia sdh izin sktr 1-2 minggu, terus minta advise saya; Setelah dia slesai bicara tergambar latar belakang sebab penyakitnya (input vibrasi2 dari alam semesta), bhw istrinya tsb ucapannya sering menyakiti , saya beri SOLUSI, tunda kebrangkatan ke Jkt, obat dari dokter jalan terus (diminum), segera cari orang suci sesuai agamamu (dia agama islam), mintalah air yg sdh di do’a-kan, minumkan, selanjutnya kamu mulai malam ini sekeluarga mengaji di depannya ada air (aqua) tiupkan kpd air tsb setiap slesai mengaji dan thd yg sakit mohon ampun kepada Tuhan dgn sungguh2, kalau perlu sambil menangis dan berjanjilah untuk merubah sifat, sikap & tindakan, dgn menjaga mulut, bicaralah yg sopan, yg menyejukan dsb. Puji syukur Alhamdulillah, 3 hr kemudian banyak kemajuan, dan 1 bln kemudian sehat, bisa mengajar lagi.
  3. Penyakit krn perbuatan yg menyakiti (merugikan) sesama; Berbagai penyakit, diantaranya demam & sakit kepala, terkilir s/d. kecelakaan, dsb.., dsb. Pernah saya main ke anak didik pedagang buah2an di pasar, temannya sakit demam & sakit kepala, anak didik dgn meng-iba minta agar diberi air Do’a, boleh ttp dgn syarat hrs merobah sifat & sikap, dan laksanakan ibadah sesuai Agama yg dianutnya, bgmn..? Dia siap dgn perjanjian itu……, dan puji syukur Alhamdulillah selang 1 jam dia sdh baikan dan bisa istirahat tidur untuk recovery.
  4. Penyakit krn minuman & makanan yg dibeli dgn uang yg bermasalah (tdk halal). Inilah ber-aneka penyakit yg relatif banyak di idap sekarang ini, dari yg sedang s/d. ke taraf yg berat, dan mereka jarang yg menyadarinya.
  5. Penyakit krn keturunan (genetika), antara lain ; thalasemia, hipertensi, asma, diabetes melitus, albino, anemia, hipotiroid, hemofilia, buta warna, down sindrom, alergi s/d. yg ringan exim, dsb. Ini yg hrs diwaspadai & dijaga dgn slalu eling, waspada & singer, serta slalu mensyukuri Nikmat-NYA & KaruniaNYA.
  6. Penyakit krn akibat tindakan orang tua/kakek /leluhur ;contohnya, antara lain bayi yg dilahirkan tdk normal (cacat), dsb…., dsb. Saya slalu terngiang-ngiang akan Nasihat salah satu Pinisepuh Winasis-Waskita bhw : “Jangan sekali-kali bertindak melampaui batas thd sesama ciptaan Tuhan, jika ia hrs dihukum sentil, disentillah jangan ditambar, jika ia hrs ditepuk, ditepuklah jangan ditendang, krn……. berhubung skrng kamu kuat, kamu tdk akan apa2, ttp …., akibatnya nanti akan jatuh ke anak (turunan) kita
  7. Penyakit krn AKIBAT dikerjain oleh orang lain (santet, teluh, sihir, dsb); nah ini seru ……. ( .,!? ) Jujurlah kpd diri sendiri, sebelum jujur kpd orang lain…., itu yg slalu saya sampaikan …., spt tsb di atas saya tulis dgn huruf kapital (AKIBAT), kenapa ……, krn pada umumnya Pihak yg kena santet/teluh/sihir, sadar atau tdk sadar jarang mengakui bhw dia telah keliru.., salah.., dll. ( ala mak….. tepok jidat….. saya di sini…), lupa akan hukum kausalitas (sebab-akibat), lazimnya 90% mereka yg kena itu adalah obyek sbg sebab-akibat (kausalitas).

Memang ada yg tdk berhubungan pun kena, ttp….. ada kaitannya secara tdk langsung, contohnya dlm satu rumah jika obyek Bapaknya, berhubung Bapaknya kuat, maka yg kena anaknya & kakeknya (itu empiris saya di saat mengobati).

Selain itu memang tdk semua yg kena santet itu salah, ttp….. keliru dlm cara meng-aktualisasikannya. spt contohnya cara dia (seorang gadis) yg menolak cintanya seorang laki2, tdk dgn cara persuasif, pihak wanita ini benar, ttp caranyalah yg tdk persuasif (keliru) shg ada ketersinggungan, dia kena Ilmu Selisih selama sktr 12 th (dari usia 20 th s/d. 32 th). Puji syukur Alhamdulillah, skrng dia sdh menikah & punya anak.

Pernah suatu saat ada yg bertanya… (makhluk dimensi lain…) katanya manusia itu makhluk yg paling sempurna.. & Khalifah….. koq sikap & tindakannya spt itu….. (seenaknya.., saling menyakiti.., saling membunuh.., menghancurkan.., dsb.., dsb)….. saya hanya tersenyum….. Tuhan-lah yang Maha Mengetahui ……, duh… GUSTI INGKANG MAHA SUCI ……. GUSTI INGKANG MAHA AGUNG ……. ENGKAUlah Penguasa Jagad Alam Semesta Dengan Segala Isinya, kami tidak ada daya & upaya kecuali hanya dengan Pertolongan & PerlindunganMU…., kami tunduk, patuh & taat akan Skenario-MU dan Ketetapan-MU……. Aamiin

Setiap manusia pasti akan mengalami sakit, akan ttp …., kualitas, kuantitas & durasi sakit itu sendiri setiap individu berbeda, tindakan pencegahan (preventive / pre-emtive) lebih baik dari pada pengobatan, namun manusia suka lupa.., lalai.., atau menganggap enteng, baru terpikirkan dan (menyesali) setelah terjadi. Oleh karena itu tidak ada salahnya sekarang mulai berfikir & mengaktualisasikannya.

Adapun aktualisasi Hidup Sehat (tindakan pencegahan/preventive/pre-emtive), antara lain :

  • Melaksanakan dgn sungguh2 segala perintah2-NYA dan meninggalkan segala larangan2-NYA sesuai kepercayaan/agama-nya masing2.
  • Cintailah & berbaktilah dgn se-tulus2nya kepada Ibunda (Ibu yg mengandung) dan Ayahanda (Bapak yg menjaga) & Ibu Pertiwi.
  • Biasakanlah berfikir positif & konstruktif, ceria/bergembira, optimis, lakukanlah aktifitas dengan senang, sungguh2 dan penuh tanggung jawab.
  • Jauhkanlah dari sifat pemarah, krn akan menaikan tensi darah, menguras energi & menyakiti sesama.
  • Jauhkanlah dari sifat iri-dengki, hasud, dendam, riya, sombong, takabur, dll.
  • Aturlah aktivitas sesuai jadwal & kemampuan fisik & non fisik.
  • Kenalilah Raga kita, jika tubuh minta istirahat, lakukanlah (secara kualitas).
  • Biasakanlah tubuh (raga) kita bergerak rutin (bisa setiap hari, dsb), seberapa banyak-kah & seberapa
  • Biasakan makanlah (s/d. habis) selagi lapar, dan berhentilah sebelum kenyang/wareg (tidak berlebihan).
  • Biasakanlah ber-do’a sebelum makan, dan….. lebih elegan lagi ingatlah kpd saudara2 kita yg fakir miskin yg mungkin….. belum makan.
  • Biasakanlah makanan sehat & higienis yg tdk mengandung bahan pengawet, zat kimia,dsb.
  • Biasakanlah makanan & minuman dibeli dari hasil yg baik & benar (halal).
  • Biasakanlah makan sayuran, contohnya bagi laki2, tomat (agar tidak prostat), kacang-kacangan (untuk menguatkan jantung), makanan yg mengandung Vit. C (untuk menguatkan kekebalan tubuh), dll.., dsb.
  • Biasakanlah minum air kelapa muda (yg bagus air, kelapa hijau) minimal se bulan 1X, untuk mengeluarkan zat beracun di dlm tubuh .
  • Biasakanlah (jika normal) minum kunyit asli (pahit) seminggu 1X, atau 2 minggu 1X untuk mencuci usus kita, krn orang indonesia suka makan yg di goreng, agar usus terjaga.
  • Jika kita mempunyai flora ataupun fauna uruslah & rawatlah secara baik & benar (kalau tdk mampu jangan memelihara, krn mereka juga makhluk ciptaan Tuhan).
  • Jika kita tidak bisa membahagiakan sesama makhluk ciptaan Tuhan, janganlah kita menyakiti, dsb.
  • Jika kita tidak bisa memberi sesama makhuk ciptaan Tuhan, janganlah merugikan, apalagi menipu dsb.
  • Bersedekahlah kpd fakir miskin rutin tiap minggu sesuai wetonnya.
  • Perbanyak silaturahmi dgn orang2 yg berbudi luhur (mulia), krn energi positifnya akan bersinergi .
  • Jika mampu, bantulah orang yg susah yg perlu di ditolong, dsb… dsb.
  • Bicaralah yg positif, konstruktif, edukatif dgn cara persuasif, humanis & menyejukkan.
  • Sebaiknya, tolaklah secara halus & sopan tawaran makan/minum dari hasil yg bermasalah (tdk halal), krn ini akan menjadi nila setitik di dlm tubuh kita.
  • Dsb.

EPILOG :

  • Hubungan penyakit dan manusia adalah hubungan sebab – akibat, dimana Hukum Kausalitas-lah yang berlaku, itulah skenario dan ketetapan Tuhan……. sebab Tuhan Maha Pengasih dan Maha Penyayang kepada umat-NYA.
  • “Kesehatan bukanlah segala-galanya, tetapi …., tanpa kesehatan segala-galanya tidaklah berarti.”

Smoga bermanfaat….,
Salam mbelgedez …….
Rahayu.

6 thoughts on “Catatan Kaki Nomor 1 : Berbagai Penyakit Dan Emirisnya

  1. Selamat SORE kepada Simbah Wager, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua @ …

    Jalan-jalan di Blog Dongbud, dan….. membuka Folder Saya, ada hal yg surprise….., krn tulisan Saya (yg lagi culun..?) Tgl. 13 April 2015 dibuatkan Artikel oleh Simbah, Matur nuwun Simbah…..

    Flashback ke Belakang (melawan lupa…..) Saya lahir di Blog Monday, 6 April 2015 at 23:36.
    Trima kasih tak terhingga atas kebaikan2 dan kepercayaan Simbah slama ini, smoga Gusti Ingkang Akaryo Jagad memberikan yang Terbaik dan Terindah buat Simbah & Kel,….. Aamiin.

    Tak lupa juga Saya ucapkan trima kasih buat 2 Orang yg menyambut saya dgn welcome (bersahabat), yaitu Kang Bala(ne)dewa dan Kang Cahyo DC , smoga Panjenengan berdua diberikan kemudahan, kesuksesan & kebahagiaan oleh Gusti Ingkang Akaryo Jagad….. Aamiin

    Sudah cukup lama juga (Salam Kangen)….. Kang Cahyo VAKUM di Blog Dongbud…., harapan saya smoga Kang Cahyo SEHAT, serta diberikan kemudahan & kelancaran dlm berusaha (berbisnis/bekerja)….. Aamiin

    Rahayu…
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez…
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    1. Salam Kang PEJALAN,

      Weleh, sayalah yang wajib berterima kasih ke Akang atas kontribusinya yang luar biasa, baik berupa artikel atapun tulisan di kolom komentar.

      Dongbud adalah blog warga dan diseting ala padepokan. Siapapun bisa ikut mendalang Kang, jadi tidak melulu cuma simbah doang. Mungkin inilah yang sedikit membedakan dengan blog lainnya.

      Semoga tulisan2 saya, kita dan semua warga dongbud, baik berupa artikel ataupun komentar bisa mendatangkan manfaat, minimal untuk diri sendiri.

      salam

    2. Iseng-iseng saya cek kata kunci “Catatan Kaki Kang Pejalan”, ternyata nyampainya ke blog abal-abal ini. Bahkan ketika jahil saya kumat, saya ketik kata kunci “kaki ayam Kang Pejalan”, juga nyampainya ke sini. wakakakkk….. Jadi nama Akang sudah masuk catatan mbah google.

  2. Selamat MALAM kepada Simbah Wager, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua@

    Wakakakaaakkk…….
    Setelah saya coba bener Mbah
    tulis : kaki ayam kang pejalan, keluar (di alinea ke 1) :
    Catatan Kaki No 4 : “Minat Membaca” (sebagai habit …
    https://dongengbudaya.wordpress.com/2015/10/28/catatan-kaki-4/

    tulis : kaki kambing kang pejalan, keluar (di alinea ke 1 s/d. alinea 5) :
    Padepokan Dongeng Budaya – Blog Abal Abal …
    https://dongengbudaya.wordpress.com/
    Catatan Kaki No 5 : Tidak ada makan siang yang gratis, dalam hidup dan kehidupan, pun dalam berbangsa dan bernegara. Benarkah ? Penulis : Kang Pejalan.
    Hanya di situ tertulis, maksud anda: KAKI KAMBING MANG PEJALAN

    tulis : kaki sapi kang pejalan, keluar (di alinea ke 4) :
    Catatan Kaki No 4 : “Minat Membaca” (sebagai habit …
    https://dongengbudaya.wordpress.com/2015/10/28/catatan-kaki-4/
    Hanya di situ tertulis, maksud anda: KAKI SAPI MANG PEJALAN

    Terus saya ISENG, tulis PANCI DAN DENGKUL, eeehhh….. ternyata keluar juga (di alinea ke 5) :
    Budayakan Berpikir Pakai Dengkul – Padepokan Dongeng …
    https://dongengbudaya.wordpress.com/2016/01/…/berpikir-pakai-dengk…
    Wakakakaaakkk……… (jadi ikut-ikutan koplak bin gendeng…….)

    Rahayu…
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez…
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    1. Kang PEJALAN,
      Weleh, ternyata ketularan koplak juga. Ketik kata kunci aneh-aneh, memang nyampainya ke padepokan ini Kang. Ketik blog asem koplak juga tembus, apalagi kalau ditambah “Kang Pejalan asem koplak”, dijamin nongkrongnya pasti di blog abal2 ini doang.

  3. Selamat MALAM kepada Simbah Wager, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua@

    Wakakakaaakkk…….
    (melawan lupa…) mangka-nya ada benar-nya apa yg telah di Posting oleh Kang Cahyo DC 10 bln yg lalu, sbb.:

    CAHYO Dc (di Halsus : Diary Warga)
    Friday, 3 April 2015 at 20:17

    Iya ya mbah aku sering bingung…..
    mau baca bingung, gak baca bingung, mau komentar bingung, gak komentar bingung…..
    Ini blog bikin bingung, tanya sana-sini masih bingung, tanya mbah google
    Jawaban = Anda 99% jadi GENDENG

    Rahayu…
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez…
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s