Halaman Khusus : Agama Islam

mesjid-kudus-wiki
Mesijid Kudus, Credit image : wikipedia

Ruang Diskusi / Dialog / Tanya Jawab Ataupun Debat Seputar Agama Islam (Dalam Perspektif Wawasan Persatuan & Kesatuan serta Kedamaian di NKRI, Menuju Indonesia Mercu Suar Dunia)

Dengan bahasa yang lebih mudah, halaman ini adalah RUANGAN SPESIAL yang berfungsi sebagai tempat untuk berdialog atau tanya jawab seputar agama Islam, baik antar rekan yang beragama Islam ataupun dengan umat beragama lain. Silakan dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Apakah di halaman ini bisa dipakai buat Khotbah, Dakwah atau Mimbar Agama?

Dalam batas tertentu, khotbah, dakwah dsb dibenarkan. Batasan yang dimaksud adalah bukan tulisan copy paste, ada sisi tanya jawab serta selaras dengan tulisan pembuka di bagian atas (Dalam Perspektif Wawasan Persatuan & Kesatuan serta Kedamaian di NKRI, Menuju Indonesia Mercu Suar Dunia).

Kemudian hal lain yang tidak kalah pentingnya, silakan atur jadwal khotbah dengan interval waktu yang cukup sehingga nantinya menu komentar di halaman depan tidak tertutup sepenuhnya dengan postingan dakwah. Harap dimaklumi bahwa blog ini adalah blog abal2 bukan blog dokwah.

Halaman ini diusulkan sekaligus juga akan di asuh oleh Kang TAPAA

Saya ada USUL untuk Mbah Wage, yaitu : Dibuatkan satu topik khusus “DIALOG/DEBAT Lintas AGAMA, dalam KONTEKS HUBUNGAN / INTERAKSI ANTAR UMAT BERAGAMA, diluar INTERAKSI MANUSIA dengan TUHAN nya”, dengan tujuan untuk Menghapus PERSEPSI NEGATIF yang seringkali ditujukan kepada satu Agama Tertentu.

Karena saya yakin, bahwa Semua Agama TIDAK ADA YANG MENGAJARKAN PENINDASAN KEPADA MANUSIA LAINNYA, jika REALITA nya terjadi demikian, maka itu adalah ULAH PENGANUTNYA yang KURANG MEMAHAMI ajaran Agamanya secara menyeluruh, atau karena AMBISI untuk MENGUASAI ORANG LAIN.

Yach itu jika Usulan saya diterima hehehehe

85 thoughts on “Halaman Khusus : Agama Islam

  1. Usul nih dan juga minta pendapat pada semua rekan, apa judul yg sebaiknya digunakan? “Dialog lintas agama” sepertinya cakupannya terlalu luas.

    Bagaiamana kalau judulnya diganti menjadi Ruang Khusus Islam, Tanya jawab Islam dst. Jadi halaman ini akan menjadi semacam mushola atau mungkin juga semacam syiar bagi rekan Islam.

    Ada usul lain?

    1. Selamat malam Simbah Wager…..,
      Selamat malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Kang O-O, Kang Cahyo Dc, Kang Bala(ne)dewa, Kang Mentik Sebutirilmu, Kang Krishna, Kang Lesungpipi3t, Kang Tester, Kang Nurkahuripan, Kang JS, Kang BB, Kang Pengamat, Jeng Dewi, Kang TAPAA, Kang Lidah Tak Bertulang, Kang Ralat, Kang PNL,Kang SSI, Kang GTIG, Kang Pengintip, Kang Anonymous, Kang Gomloh, dan Para Sedulur Semua @ …

      Salam sejahtra ……

      @Kang Wager……, nuwun sewu…., menurut hemat saya … dan agar tidak melebar, meluas & terjang sana – terjang sini, pun sbg pre-emtif , sebaiknya ada batasan (parameter) di pakai semacam TOR (Terms of reference / Kerangka Acuan), baik di JUDUL ARTIKEL maupun di PROLOG , misalnya di Judul Artikel :
      • Halaman Khusus : Dialog Lintas Agama (Dalam Rangka Menambah Kualitas Persatuan & Kesatuan serta Perdamaian di NKRI)
      • Halaman Khusus : Dialog Lintas Agama (Dalam Perspektif Wawasan Persatuan & Kesatuan serta Kedamaian di NKRI)
      • Dan sebagainya……, menurut Simbah yang Pas & Baik, semoga bermanfaat…….

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

    2. Huwun sewu Simbah Wager……, menurut hemat saya, ada yg belum pas (sempurna), sebaiknya ditambahkan : Menuju Indonesia Mercu Suar Dunia.

      Dialog Lintas Agama (Dalam Perspektif Wawasan Persatuan & Kesatuan serta Kedamaian di NKRI, Menuju Indonesia Mercu Suar Dunia)

      Semoga bermanfaat…….

    3. Ada . ‘Mari Belajar Gaya Hidup Bangsa China’ sebaiknya dipindah disini. Karena tulisan ini sedikit banyak berhubungan dengan Islam dalam prakteknya. Sayang kalau tulisan bagus …dilewatkan banyak orang.

  2. Salam Kang Wager, Kang Pejalan.

    Untuk Judul MONGGO SAJA mana yang terbaik, yang terpenting agar TERHAPUS PERSPEKTI NEGATIF terhadap suatu agama. Kebetulan di Indonesia Mayoritas Islam, jadi misalnya di kasih judul Dialog tentang Islam juga monggo saja, SEMOGA BERMANFAAT untuk KEJAYAAN NUSANTARA.

  3. Ok, nanti sepertinya judul akan saya ganti menjadi :

    HALAMAN KHUSUS : DIALOG ISLAM

    Dialog Lintas Agama (Dalam Perspektif Wawasan Persatuan & Kesatuan serta Kedamaian di NKRI, Menuju Indonesia Mercu Suar Dunia)

    Jadi lintas agama yg dimaksud lebih dititikberatkan ke Islam sebagai agama mayoritas di negeri ini.

    Dulu blog ini cukup sering dan nyaris rutin menerima postingan2 tentang Islam. Untuk tidak mengulang kejadian sebelumnya, agar postingan menjadi lebih rapi maka disediakan tempat tersendiri.

    Masih nunggu usulan lain

  4. Blog abal2 sebagai komunitas blog sesat ternyata memberi ruang khusus bagi rekan Islam.

    Nah, ini akan menjadi semacam contoh kecil dan nyata tentang kebersamaan dalam kontek bernegara. Komunitas sesat atau orang gila saja bisa akur, mengapa komunitas orang suci ndak bisa?

  5. Salam Kang Wager, Kang Pejalan

    Seringkali WAJAH suatu AGAMA, dilihat dari PEMELUKNYA, jadi jika Pemeluknya Banyak yang SEMPRUL, maka Banyak orang MENGHAKIMI bahwa agama tsb SEMPRUL.

    Banyak memang contoh yang RIIL terjadi didunia ini, misalnya :
    1. Di INDONESIA, karena Mayoritas Muslim, maka banyak UMAT MUSLIM yang MENDISKRIMINASI pemeluk agama lain.
    2. Di INDIA, Karena Mayoritas Hindu, maka banyak UMAT HINDU yang MENDISKRIMINASI pemeluk agama lain.
    3. Di CINA, Karena Mayoritas Budha, maka banyak UMAT BUDHA yang MENDISKRIMINASI pemeluk agama lain.
    4. Di AMERIKA, Karena Mayoritas Kristen Protestan, maka banyak UMAT KRISTEN PROTESTAN yang MENDISKRIMINASI pemeluk agama lain.
    5. Di ITALIA (Roma), Karena Mayoritas Kristen Katholik, maka banyak UMAT KRISTEN KATHOLIK yang MENDISKRIMINASI pemeluk agama lain.
    Dan masih banyak lagi contoh DISKRIMINASI AGAMA dinegara2 didunia.

    Jadi JIKA WAJAH AGAMA dinilai karena TINGKAH SEBAGIAN PEMELUKNYA, maka SEMUA AGAMA yang ada adalah SEMPRUL SEMUA, hehehehe

    Padahal REALITA nya, sebagian dari pemeluk agama tersebut diatas, TIDAK SEPERTI ITU.

    Maka menurut saya, PENILAIAN BAIK-BURUK nya suatu AJARAN AGAMA, adalah HARUS dari KITAB-KITAB yang menjadi PEDOMAN nya, BUKAN DARI TINGKAH SEBAGIAN PEMELUKNYA.

    Salam Damai & Rukun untuk KEJAYAAN NUSANTARA

  6. Wah, seru nih !

    Dengan hormat kepada semua yang beragama Islam. Dengan hormat juga bagi yang beragama bukan Islam , dan yang atheis juga. Saya ikut saja.Tapi, saya sebenarnya ndak gitu …yakin mayoritas orang Indonesia beragama …Islam. Banyak orang di KTP nya tertulis beragama Islam , karena TIDAK ada pilihan lain. Islamnya Islam …KTP.

    Coba, berapa agama di AKUI di Indonesia ? Bahai, Hare Krishna, jain, Tao, jedi, agama DIY – buatan sendiri – apa boleh dicantumkan di KTP ?? Bude saya dan masih banyak lagi orang2 yang saya kenal dekat mencantumkan Islam sebagai agam di KTP, pada hal mereka …ndak pernah sholat. Mereka …ndak tahu apa2 tentang Islam. Bude saya dan orang2 yang saya kenal dekat itu sebenarnya …,ndak punya agama ….Wong mereka sering makan daging babi yang …memang enak …Dan ndak pernah puasa.Tapi mereka orang2 amat sangat baik ! Toleran,murah hati, ndak membeda-bedakan orang, humoris, pekerja keras.

    Di Indonesia kalau ndak punya agama kan susah, dituduh komunis ,ini itu…)-:

    Sahabat saya Kang Bambang Koplo ndak punya agama yang …jelas. Pernah saya tanya agamanya apa. Dia bilang ya kadang2 Buddha, kadang2 Hindu, kadang2 Islam,kadang2 Bahai,kadang2 Katholik, kadang2 Kristen, kadang2 ndak punya alias atheis. Karena tinggal di Kurawa, bukan di Pandawa alias Indonesia, Kang Bambang Koplo ini …tidak punya KTP. Kang Koplo sahabat saya ini juga seperti bude saya, cuma …jauh lebih muda (-:

    Salut buat Oom Wager yang…mau menyediakan kolom khusus agama Islam, disamping kolom khusus untuk orang2 …gila ! (-:

    Saya kenal beberapa orang SUFI. Tasawuf. Konon, mereka ini jenis orang yang suka …damai dan anti kekerasan. Saya juga kenal dengan beberapa orang Islam yang suka menyitir Al Quran mengatakan agama yang di …ridhoi Allah itu cuma agama Islam, yang lain2 …sesat…

    Saya punya dua teman yang menikah dengan orang BEDA agama. Kang Basuki orang Islam, isteri dan anak2nya …Katholik. Tiap Jumat Kang Basuki ke mesjid. Hari Minggu dia mengantar isteri dan anak2 mereka ke gereja.

    Kang Amrih seorang Katholik, dosen di satu PT di Kurawa. Isterinya dokter, beragama Islam. Kang Amrih pernah cerita kalau Natal, isterinya selalu menemani dia natalan di …gereja !

    Dua teman saya ini lebih …sepuh dari saya – yang sudah siap2 masuk liang kubur atau dikremasi nanti – dan rumah tangga mereka kok ya …baha -hahaha- gia . Yang bikin saya iri.

    slumanslumunslametslumanslumunslamet-slametsegaliwet (-:

    1. Salam kang Balanedewa,

      Terkesan dengan ceritanya akang yang mengalir deras bak senapan mesin namun sejuk laksana air. Cerita tentang tolerans,i kebersamaan, kedamaian, kepasrahan atau mungkin juga bagi sebagian orang kesesatan, teramu apa adanya.

      Terkadang saya suka mikir, sampai kepala terpelintir, kita di NEGERI PENDAWA, negeri yang memiliki 5 saudara agama, harusnya bisa hidup tentram dan baik tidak ketulungan. eh, malah gara2 agama jadi gentok2an. Berdebat saling cakar jual beli pukulan, pamer urat leher atau pamer tebal2an kitab. Kenapa ndak pamer senyum aja? Sepertinya jauh lebih damai?

      Mudah2an blog abal2 ini bisa memberikan contoh kecil tentang indahnya kebersamaan dalam perbedaan.

      Sekian dulu mabuk tuwak di pagi hari. Ngomong opo, kagak jelas, bingung sendiri. Maaf, Kang TAPAA, pengasuh halaman ini, saya telah lancang bawa tuwak ke ruangan ini. maaf, maaf, ….

      Selamat Pagi…….

    2. Oom ,

      Kita harus bisa belajar dari negara2 kopar kapir seperti Amerika, Australia, Jerman, dll. Disana ndak ada orang peduli orang lain ber ageman apa . Ndak ada yg merusak mesjid, gereja, wihara, dll. Orang2 Syiah, Ahmadiyah, Hindu, Buddha, atheis,dll ,…AMAN disini .

  7. Jadi JIKA WAJAH AGAMA dinilai karena TINGKAH SEBAGIAN PEMELUKNYA, maka SEMUA AGAMA yang ada adalah SEMPRUL SEMUA, hehehehe (TAPAA)
    ————————————————————————————————-
    Betul ! Juga yang tanpa agama , atheis. Orang2 atheis ini juga bisa jauh lebih baik dari orang2 yang khusuk beragama. Agama Buddha , misalnya, adalah agama yang tidak …mengambil pusing urusan Tuhan. Mau selamat atau tidak, mau ke nirwana atau mau terus lahir kembali di bumi tergantung pada orang ybs, bukan pada Tuhan , dewa2 atau Sang Buddha. Oom Buddha, katanya, hanya menunjukkan jalan . Orang ybs yang mau ke sono – harus menempuh jalan itu sendiri.

    Menurut saya, Tuhan , dewa2, atau ALAM nanti tidak akan mempermasalahkan agama orang. Yang akan ditanyakan pada orang nanti adalah …apa perbuatanmu waktu masih …hidup di bumi . Bukan apa ageman nya, tapi apa isi hatinya.

    slumanslumunslametslumanslumunslamet-slametsegalwet (-:

  8. Dialog Lintas Agama (Dalam Perspektif Wawasan Persatuan & Kesatuan serta Kedamaian di NKRI, Menuju Indonesia Mercu Suar Dunia) (pejalan)
    ————————————————————————————————–
    Indonesia Mercusuar dunia : lho ini kan sudah ada di blog akigendengbanget ? Ndak usah pakai ini , nanti dituntut yang punya blog lho ! )-:
    ——————————————————————————————-
    4. Di AMERIKA, Karena Mayoritas Kristen Protestan, maka banyak UMAT KRISTEN PROTESTAN yang MENDISKRIMINASI pemeluk agama lain.
    5. Di ITALIA (Roma), Karena Mayoritas Kristen Katholik, maka banyak UMAT KRISTEN KATHOLIK yang MENDISKRIMINASI pemeluk agama lain.
    Dan masih banyak lagi contoh DISKRIMINASI AGAMA dinegara2 didunia (TAPAA)
    —————————————————————————————–
    Sdr TAPAA, saudara sekalian,

    Tolong dikoreksi kalau saya salah. Di Amerika, Italia,Belanda,Jerman, dan Indonesia orang BEBAS berganti, berpindah agama. Misalnya dari beragama Katholik/Kristen,Buddha, Hindu,dll, menjadi Islam. Dan sebaliknya. Tidak ada undang2 yang melarang ini.

    Di negara2 seperti Arab Saudi , Malaysia, dan Iran ganti / pindah agama juga boleh, KALAU pindahnya ke Islam. Kalau ganti dari Islam menjadi …Kristen /Katholik,Hindu …bisa masuk penjara. Sudah banyak kasus seperti ini.

    Di Itali,Amerika,Belanda,orang Islam boleh membangun mesjid. Tapi, belum pernah saya mendengar ada …gereja dibangun di …Arab Saudi, pusat agama Islam.
    ————————————————————————————————-
    Maka menurut saya, PENILAIAN BAIK-BURUK nya suatu AJARAN AGAMA, adalah HARUS dari KITAB-KITAB yang menjadi PEDOMAN nya, BUKAN DARI TINGKAH SEBAGIAN PEMELUKNYA.(TAPAA)
    ——————————————————————————————–
    Menurut saya kitab2 yang paling bagus dan benar itu malah kitab2 yang …tidak tertulis. Atau yang tertulis , tapi tidak di kertas, tapi di …hati setiap insan … Tapi, setiap orang punya …pendapat sendiri2.

    1. Waduh, Indonesia Mercusuar Dunia itu copyrightnya dipegang Aki Gendeng ya?

      Untuk sementara biar aja dulu, pura2 ndak tahu aja. Toh Aki Gendeng ndak akan mungkin nengok sampai kesini. Nanti kalau sudah diprotes dan dituntut baru diubah hi..hi…hi…

    2. Selamat Malam Simbah Wager (Ketua Padepokan Mbelgedez merangkap TSK, Moderator / Admin, Penulis, dll.);
      Selamat Malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Para Moderator (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga & Alumni Padepokan Mbelgedez, serta Para Sedulur Semua @ …

      Salam Sejahtra…….

      Dialog Lintas Agama (Dalam Perspektif Wawasan Persatuan & Kesatuan serta Kedamaian di NKRI, Menuju Indonesia Mercu Suar Dunia) (pejalan)
      ————————————————————————————————
      Indonesia Mercusuar dunia : lho ini kan sudah ada di blog akigendengbanget ? Ndak usah pakai ini , nanti dituntut yang punya blog lho ! )-:
      ————————————————————————————————

      @Kang Ontoredjo…., trima kasih atas INPUT-nya (COMMENT-nya) tentang pemakaian kata “Indonesia Mercu Suar Dunia” dalam PROLOG di Judul Artikel : HALAMAN KHUSUS ISLAM; Dialog dan Tanya Jawab Agama Islam (Dalam Perspektif Wawasan Persatuan & Kesatuan serta Kedamaian di NKRI, Menuju Indonesia Mercu Suar Dunia).

      Bersama ini, saya sampaikan jawabannya, sbb.:

      BREAKDOWN antara BLOG Akigendengbanget – SPSW Nusantoro DENGAN BLOG Dongeng Budaya, Blog Spiritual Abal-Abal – Wage Rahardjo :

       Nama BLOG : Akigendengbanget – SPSW Nusantoro
      INDONESIA MERCU SUAR DUNIA
      Indonesia hidden bud – White lotus flower – Twin flames – Twin spiritS – Aquarian Age – Yod–la-va – Dia

       Nama BLOG : DONGENG BUDAYA, BLOG SPRITUAL ABAL-ABAL – Wage Rahardjo
      Padepokan Mbelgedez
      DONGENG BUDAYA
      Blog Spiritual Abal – Abal, Menertawakan Diri

       Di BLOGnya Akigendengbanget tidak ada JUDUL ARTIKEL : Indonesia Mercu Suar Dunia, pun di BLOGnya Dongeng Budaya, Blog Spiritual Abal – Abal – Wage Rahardjo tidak ada JUDUL ARTIKEL : Indonesia Mercu Suar Dunia.

       Yang ada kata “Indonesia Mercu Suar Dunia,” adalah di dalam PROLOG.

      BREAKDOWN antara BLOG Akigendengbanget – SPSW Nusantoro DENGAN BLOG YANG LAIN-LAINNYA :

       Berdasarkan DATA yg di dapat, BLOG Akigendengbanget – SPSW Nusantoro, baru EKSIS Tgl. 25 April 2011, dgn diterbitkannya 5(lima) Artikel, yg kesemuanya diterbitkan Tgl. 25 April 2011, yaitu :
      • Mistik Menjelang Kedatangan SP, dgn Comment Pertama yakni, Kang BEJO BANGET, Tgl. 25 April 2011, jam 2:37 pm;
      • Saran Kepada Penulis;
      • Indonesia Treasury;
      • Dunia Mistik dan Kenyataan, dgn Comment Pertama yakni, Kang D-asep-D-anu gorbasep, Tgl. 25 April 2011, Jam 9:11 am (saya ambil sample acak 2 komentar, dari 5 Judul Artikel).

      DATA dari PIHAK YANG LAIN (BLOG, dsb…) :

       Nama Blog : Indonesiana.blogspot.com (Indonesia Mercu Suar Dunia), Sejak Januari 2011, Judul Artikel : Sejarah Nama Indonesia, Selasa Tgl. 25 Januari 2011.

       Politik Mercusuar adalah politik yang dijalankan oleh Presiden Soekarno pada masa demokrasi terpimpin yang bertujuan menjadikan Indonesia sebagai mercusuar yang dapat menerangi jalan bagi New Emerging Forces (kekuatan baru yang sedang tumbuh) di dunia. ……. dst …….
      Sumber:
      Cindy Adams. 1966. Bung Karno Penyambung Lidah Rakjat Indonesia. Alihbahasa oleh Abdul Bar Salim. Djakarta: PT Gunung Agung.

       TEMPO.CO Nasional, Indonesia Akan Menjadi Mercusuar Dunia Pada 2055 (Minggu, 15 Juli 2001, Jam 111:28 WIB
      TEMPO Interaktif, Jakarta:Pesan supranatural Bung Karno adalah ”Indonesia akan menjadi mercusuar dunia pada 2055”. Hal itu diungkapkan paranormal Eddy Sutiono dalam sarasehan Metafisika Club di Hotel Kebayoran Baru, Jakarta Minggu (15/7). Pada tahun 2000, Indonesia baru menyelesaikan tahun peradaban materialisasi wadah yaitu suatu sejarah panjang yang penuh kompleksitas peradaban dengan mengandung nilai-nilai luhur nusantara yang multi-dimensional.
      Eddy mengatakan, pada tahun 2000 sampai 2001, Indonesia masih akan mengalami masa transisi, ……. dst …….

       Bung Karno Berpidato : “Kita sebagai bangsa yang baru lahir kembali, kita harus dengan cepat sekali, cepat, chek up mengejar kebelakangan kita ini! Mengejar disegala lapangan. Lapangan politik kita kejar, lapangan ekonomi kita kejar, lapangan ilmu pengetahuan kita kejar, agar supaya kita benar-benar didalam waktu yang singkat bisa bernama Bangsa Indonesia yang besar, yang pantas menjadi mercusuar daripada umat manusia di dunia! ( Indonesia Mercusuar Dunia, Spirit Hasyim Asy’ari dan Bung Karno, oleh Fadil Kirom, http://padiberas.com, Tgl. 20 April 2015 Jam 12:15)

      Di dalam SKRIPSI atau THESIS pun sering terjadi ada KESAMAAN KATA, bahkan KESAMAAN KATA dalam JUDUL (Bukan KESAMAAN JUDUL, tetapi SUBSTANSInya berbeda), tidak apa-apa sepanjang KATA – KATA tersebut BERSIFAT UMUM, Contohnya :
      • Indonesia Mercu Suar Dunia;
      • Dll, dsb.

      Menurut Pendapat Saya, berdasarkan URAIAN tersebut di atas, maka tidak ada Pelanggaran KODE ETIK, pun Pelanggaran JURIDIS, disamping bahwa Perkataan INDONESIA MERCU SUAR DUNIA, relatif lebih cenderung JARGON , yang justru HARUS KITA DENGUNGKAN, agar sebagai Anak Bangsa termotivasi untuk merealisasikannya, baik prestasi dalam bidang Olah Raga, Kerukunan Antar Umat Beragama, bahkan BER-NEGARA.

      Semoga ini menjadi TITIK AWAL YANG BAIK bagi kita semua sebagai ANAK BANGSA.
      Trima kasih.-

      CATATAN : Kecuali jika Owner Blog (Kang Wager) menghendaki lain.

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

    3. Waduh, speakless…..
      Komplit, plit, plit Nuwun Kang, data diatas langsung saya simpan sebagai arsip, sekaligus juga pelajaran cara menulis / erargumen / menyanggah / kumpulkan data dll

      Lansung bikin jus mangga spesial utk Kang Pejalan

      Jangan khawatir, saya dan pemilik Blog Aki Gendeng teman baik koq, biasa saling kirim sms.

    4. Salam Sejahtra…….

      Matur nuwun Simbah……, tau aja habis makan (telat gara2 menyelesaikan dulu jawaban)……, wuuaaah muaantaaap… tap… tap… keterima buanget lahir bathin……, smoga Simbah sehat wal afiat, diberikan kemudahan bisnis-nya yang profitable ‘n bahagia slalu……. Aamiin

      Saya sebetulnya lagi nulis (untuk melengkapi Artikel-nya Kang TAPAA tentang Negeri Pertiwi Kondisi Riel Saat ini. Penyebabnya Serta Kemungkinan Solusinya), tetapi……, belum selesai-selesai krn kesibukan se-hari2……..

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

  9. Salam Kang Ontorejo,

    Trimakasih tanggapanya,
    “Di Itali,Amerika,Belanda,orang Islam boleh membangun mesjid. Tapi, belum pernah saya mendengar ada …gereja dibangun di …Arab Saudi, pusat agama Islam.”
    Nah itulah yang mesti kita jaga jangan sampai di Indonesia seperti di Arab Saudi, karena di AJARAN ISLAM (Al Qur’an dan Hadits), seorang muslim HANYA WAJIB MENYAMPAIKAN AJARAN ISLAM KEPADA ORANG LAIN (SYIAR), tapi TIDAK DENGAN CARA MEMAKSA.

    Jika ada ayat atau Hadits yang menyuruh demikian boleh disampaikan disini sebagai sanggahan.

    Dari realita di Indonesia maupun di luar negeri yang saya sebutkan di atas, sebagian umat suatu agama juga melakukan diskriminasi terhadap umat agama yang lain.

    Contohnya :
    http://www.arrahmah.com/news/2015/02/25/ekstrimis-hindu-india-menyerang-tempat-penyembelikan-sapi-yang-mayoritas-milik-muslim.html

    http://hizbut-tahrir.or.id/2012/08/23/derita-minoritas-muslim-di-sejumlah-negara/

    http://www.eramuslim.com/berita/dunia-islam/nepal-memanas-pembunuhan-berantai-atas-tokoh-tokoh-muslim-di-negara-mayoritas-hindu.htm

    http://anwarsyahnursblog.blogspot.com/2011/12/kelompok-minoritas-muslim-di-negara.html

    Dan termasuk yang paling baru Muslim Rohingya

    Demikian kita dialog disini agar tidak ada Persepsi Negatif terhadap suatu agama, agar Kita di Indonesia bisa hidup rukun dan saling menghormati antar umat beragama.

    Salam Damai selalu

    1. Pedoman Umat Islam BUKAN NEGARA ARAB atau ORANG-ORANG ARAB, tapi AL-QUR’AN dan HADITS

      Salam

  10. Salam Mbelgedez Lover’s
    @Salam para sesepuh
    @Mbah Wager
    Kang Pejalan, Kang O-O, Kang Bala(ne)dewa, Kang Krishna, Kang Lesungpipi3t, Kang Tester, Kang Nurkahuripan, Kang JS, kang Pengamat,Jeng Dewi, Kang Ontorejo , Kang TAPAA

    @Kang TAPAA
    Sebelumnya saya minta Maaf, disini saya cuma ingin ikut ngramein saja.

    Di sini kadang merasa sedih …..he,,,he…he
    Bicara masalah Agama atau Ageman Memang Sangat rumit, bahkan lebih Rumit daripada Main Catur Bersama Kasparov

    @kang Bala(ne)Dewa
    Saya setuju memang Tuhan tidak akan mempermasalahkan agama orang. Karena saya juga percaya bahwa Tuhan tidak menciptakan agama.
    Kalau kata @simbah wager sih yang membuat “Ageman” ya “Tukang Jahit” wakakak
    Pencantuman Agama dikolom KTP suatu keharusan, bahkan ada yang mengatakan pengosongan Kolom KTP dianggap PKI.
    Mungkin ini menurut saudara-saudara kita adalah suatu bentuk “KETEGASAN” ini lho agamaku. (maaf bagi saudara yang tidak sependapat).
    Tentang ketegasan ini saya salut dengan saudara-saudara Muslim, yang senantiasa Tegas.
    “Saya ada cerita Seorang teman (Non-Muslim) akan mencari atau membeli Tanah disuatu desa, sebelum ada transaksi sudah ditanya sama pemilik tanah (muslim) maaf Agamanya Apa?
    sebelum dijawab maaf didesa ini yang beli harus saudara Muslim……………… batal sudah.
    jadi disini saya cuma menulis berdasar fakta di kota saya tinggal bahwa ada :
    – Kampung Muslim
    – Perumahan Muslim
    – Rumah Sakit Islam
    – Tempat KOST Putra/Putri Muslim
    – Tempat pijat Muslim
    – ada yang lain ?
    @kang balane kenapa yang lain kok tidak tegas? …..he..he..he

    @kang Ontorejo
    Salam dan trimakasih kang
    Saya baru tahu apa yang panjenengan tulis diatas.
    Memang benar kitab yang tidak tertulis yang ada dihati setiap insan yang senantiasa mau belajar pada Alam adalah merupakan Kitab.

    @mbah Wager salam

    Maafkan saya Rahayu

  11. Salam Kang Wager, Kang Cahyo, Kang Ontorejo, Kang Bala(ne)dewa, Kang Pejalan.

    Memang itulah KONDISI SAAT ini disebagian wilayah di Negeri Kita ini, maka dari itu membutuhkan Perjuangan kita semua yang peduli, secara Optimal dan Masif untuk mewujudkan NUSANTARA yang penuh TOLERAN & Saling membantu untuk menuju KEJAYAAN NUSANTARA.

    Bicara Agama memang sangat riskan, maka dari itu yang coba kita dialog kan disini adalah HUBUNGAN/INTERAKSI ANTAR MANUSIA nya, mengenai interaksi MANUSIA dengan TUHAN masing2, itu merupakan HAK PRIBADI yang sulit tercapai TITIK TEMU antar Agama.

    KERANGKA & PENERAPAN Kehidupan Beragama di NUSANTARA yang kita cintai ini, mestinya MENJAMIN SETIAP UMAT BEBAS MENJALANKAN IBADAHNYA selama TIDAK MENGGANGGU UMAT YANG LAIN.

    Islam pun di Indonesia saat ini juga belum bisa menjalankan ibadah secara bebas, walaupun itu kasusnya gak sebanyak yang lain.
    Misalnya : seorang wanita muslim di Instansi/Perusahaan tertentu dilarang memakai Jilbab, padahal dalam Islam itu hukumnya WAJIB.

    Salam damai selalu

  12. Pedoman Umat Islam BUKAN NEGARA ARAB atau ORANG-ORANG ARAB, tapi AL-QUR’AN dan HADITS (TAPAA)
    ———————————————————————————إِنَّالَّذِينَآمَنُواْوَالَّذِينَهَادُواْوَالنَّصَارَىوَالصَّابِئِينَمَنْ آمَنَبِاللَّهِوَالْيَوْمِالآخِرِ وَعَمِلَصَالِحاًفَلَهُمْأَجْرُهُمْعِندَرَبِّهِمْوَلاَخَوْفٌعَلَيْهِمْوَلاَ هُمْيَحْزَنُونَ
    Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang-orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
    (Quran 2:62)
    ———————————————=
    Alangkah indahnya, kalau semua orang Islam mengacu pada Al Quran dan Hadits saja ! …Tapi, meski acuan sama, tafsir orang bisa …jauuuh berbeda.

    Ayat di atas di iya kan oleh banyak Muslim moderat. Tapi tidak oleh Muslim aliran yang agak …keras … Agama juga sering …dicampur aduk dengan ..politik. Kaum Yahudi dan Nasrani adalah ciptaan Allah juga, tapi di mata sementara umat Islam mereka …kafir; Al quran sudah diturunkan, kata mereka. Jadi Yahudi dan Nasrani sudah tidak relevan lagi. Malah ada ayat di al Quran yang …menyudutkan kaum Yahudi .

    ‘Tak ada paksaan dalam beragama.’ Ini juga dari Al Quran. Kenyataan : di Indonesia hanya …segelintir agama saja yang boleh dicantumkan di KTP. Pada hal kan ada ratusan, kalau bukan ribuan agama, termasuk agama model Lia Eden. Kita juga tahu nasib buruk yang menimpa saudara2 kita kaum Syiah dan Ahmadiyah…

    Di tahun 80 an negara Islam Iran berperang dengan Irak – yang juga Islam. Masing2 membenarkan diri mereka, tentu saja dengan kutipan2 Al Quran dan Hadis. Di tahun 1950 an DI / TII mau membangun NII – negara Islam Indonesia. Bahkan sekarang juga ada kelompok muslim radikal yang mau mengganti Pancasila menjadi NII . Argumen mereka juga dari Al Quran dan Hadis .Di Irak dan Suriah sekarang , lebih parah lagi …

    Natal di Indonesia : Polisi sering berjaga-jaga di gereja2, supaya umat Nasrani aman. Wihara2 juga sering dijaga polisi, karena sering diserang …

    Saya percaya Islam di Indonesia umumnya Islam cinta damai. Islam toleran. Kita tetap harus waspada pada sementara kelompok yang …menjungkirbalikkan (pemahaman) agama untuk kepentingan sendiri.

    1. dilihat dari langit bumi itu seujung kuku..didekati berkabut..daratan dan lautan. daratan didekati pejubel bangunan2 yg tak tertata ..hiruk pikuk suara manusia,seperti semut..ada yg tak mengerti bahasa manusia..perlahan namun pasti ke7 bintang terus memperhatikan bumi dan isinya..planet aneh! ! dia tersenyum melihat paus2 berenang dilaut luas..kejanggalan semakin ketara..oo manusia sangat membingungkan..apalagi jika amarah marah..sedayu lagu ke3.

  13. allah memberi petunjuk kpd siapa yg dia kehendaki dan menyesatkan kpd siapa yg dia kehendaki)
    ————————————————————————————-
    Ternyata Allah itu bisa …tidak sabaran. Malah ….tidak bersifat illahi. Jahat ,menyesatkan. Kalau ada orang sesat, tapi mau tobat ke jalan yang baik, tidak bisa kalau si Awoh tidak menghendaki. Ini contoh awoh yg katanya maha pengasih dan penyayang ! Ayat di atas dari awoh atau dari nabi palsu ??

    Kesimpulan : kalau ada orang jahat, belum tentu salah orang itu jadi jahat. Salahkan awoh !

  14. Salam Kang Wager, Kang Cahyo, Kang Ontorejo, Kang Bala(ne)dewa, Kang Pejalan, Kang RPS, Kang SS22, dan sedulur semuanya.

    @Kang SS22, terimakasih argumennya

    INSYA ALLAH…………………
    Dalam ilmu Kalam (TEOLOGI) telah terbukti bahwa manusia memiliki ikhtiar dan kebebasan dalam melaksanakan aktivitas-aktivitasnya, dan ajaran-ajaran al-Quran pun tidak bertentangan dengan hakikat ini bahkan memberikan pembenaran terhadapnya. Akan tetapi dikarenakan SEBAGIAN DARI AYAT-AYAT AL-QUR’AN MERUPAKAN TAFSIR dan PENJELAS BAGI AYAT-AYAT LAINNYA, maka ayat-ayat tersebut harus diletakkan secara berdampingan sehingga ditemukan makna yang sesungguhnya.
    Jika kita perhatikan, kata idhlâl (menyesatkan) di dalam ayat-ayat al-Quran dinisbatkan kepada Tuhan, setan dan kepada yang lainnya. Namun yang harus diperhatikan di sini adalah dalam kondisi seperti apa, bagaimana dan kepada siapakah sehingga Tuhan dikatakan sebagai menyesatkan?

    Tindakan menyesatkannya-nya Tuhan bukanlah perbuatan menyesatkan yang telah ada sejak awal, perbuatan menyesatkan yang dilakukan oleh Tuhan hanya ditujukan kepada MEREKA YANG MENYESATKAN DIRINYA SENDIRI DENGAN KEHENDAKNYA SENDIRI.

    Dalam surah al-Baqarah (2) ayat ke 26, Tuhan berfirman, “Dengan perumpamaan itu, Dia menyesatkan banyak orang, dan dengan perumpamaan itu (pula) Dia memberikan petunjuk kepada banyak orang. Dan Dia tidak akan menyesatkan dengan perumpamaan itu kecuali orang-orang yang fasik.”
    Lahiriah dari penjelasan ayat ini boleh jadi akan menimbulkan sangkaan bahwa hidayah dan kesesatan memiliki dimensi jabr dan keterpaksaan dan hanya mengikuti kehendak-Nya saja. Padahal KALIMAT TERAKHIR dari ayat ini menjelaskan tentang hakikatnya dan menganggap bahwa : SUMBER HIDAYAH dan KESESATAN adalah PERBUATAN MANUSIA ITU SENDIRI.

    Pada beberapa masalah dalam Al-Quran al-Karim, Tuhan Yang Maha Tinggi mengetengahkan tentang persoalan hidayah dan kesesatan dengan penjelasan yang berbeda.

    Sebelumnya penting untuk diperhatikan bahwa sebagian dari ayat-ayat al-Quran tidak bisa menafsirkan dan mengambil kesimpulan secara sendiri, melainkan untuk memahami MAKNA HAKIKI nya harus menggunakan peran ayat-ayat yang lain.

    1. Berikut ini adalah beberapa ayat yang serupa:

      Pada surah an-Nahl (16) ayat ke 93, Tuhan berfirman, “Dan kalau Allah menghendaki, niscaya Dia menjadikanmu satu umat (saja dan memaksamu untuk beriman). Tetapi Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan.”

      Pada surah al-Kahf (18) ayat ke 17, berfirman, “Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk; dan barang siapa yang disesatkan-Nya, maka kamu tak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya.”

      Sedangkan surah al-A’raf (7) ayat ke 286, berfirman, “Barang siapa yang Allah sesatkan, maka ia tidak memiliki orang yang akan memberi petunjuk. Dan Allah membiarkan mereka terombang-ambing dalam kezaliman mereka.”

      Demikian juga pada surah al-Zumar (35) ayat ke 36-37, Tuhan berfirman, “Dan barang siapa yang disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun yang menjadi pemberi petunjuk baginya. Dan barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak seorang pun yang dapat menyesatkannya. Bukankah Allah Maha Perkasa lagi mempunyai (kekuasaan untuk) mengazab?”

      Pada tafsir Al-Mizan ketika menjelaskan tentang ayat ke 93 dari surah An-Nahl (16), Alamah Thabathabai Ra berkata, “Maksudnya adalah bahwa Tuhan mampu menciptakan seluruh manusia dalam satu tingkatan dari sisi hidayah dan kebahagiaan. Sedangkan yang dimaksud dengan disesatkannya sebagian dan diberinya petunjuk pada sebagian yang lain BUKANLAH PETUNJUK dan KESESATAN YANG TELAH DITENTUKAN SEJAK AWAL, melainkan merupakan KESESATAN dan PETUNJUK YANG BERSIFAT IMBALAN dan KONSEKUENSI, karena seluruh mereka, baik yang terhidayahi maupun yang tersesat, pada awalnya memiliki hidayah. ORANG YANG AKAN DISESATKAN OLEH TUHAN adalah MEREKA YANG MEMILIH JALAN KESESATANYA SENDIRI, yaitu mereka yang melakukan maksiat dan tidak menyesali tindakannya, sedangkan orang yang dihidayahi oleh Tuhan adalah mereka yang tidak kehilangan hidayah fitrinya dan menapakkan langkahnya berdasarkan hidayah fitri tersebut, atau senantiasa berada dalam ketaatan, atau jikapun ia melakukan dosa dan maksiat, maka dia akan kembali ke jalan yang lurus dan kembali kepada sunnah Illahi yang tidak akan mengalami perubahan.

    2. Pada dasarnya ayat yang berbunyi, “Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan”, MERUPAKAN SEBUAH KALIMAT UNTUK MENGHILANGKAN SANGKAAN YANG MUNGKIN SAJA AKAN MUNCUL DALAM BENAK MANUSIA yaitu bahwa keberadaan hidayah dan kesesatan di tangan Tuhan akan membatalkan dan menghilangkan kebebasan manusia, selanjutnya dengan batalnya kebebasan ini maka persoalan kenabian dan risalah pun akan menjadi batal.

      Untuk menghilangkan sangkaan seperti ini maka jawabannya adalah : TIDAK,,,, MASALAH IKHTIAR dan KEBEBASAN MASIH TETAP ADA, dan keberadaan hidayah serta kesesatan di tangan Tuhan tidak akan membatalkan kebebasan manusia, karena Tuhan tidaklah menetapkan kesesatan dan hidayah ini sejak awal, kesesatan yang diberikan oleh-Nya merupakan imbalan, yaitu seseorang yang menginginkan kesesatan untuk dirinya sendiri maka dia akan mendapatkannya, demikian juga seseorang yang menghendaki petunjuk dan hidayah, maka dia akan melangkah dalam hidayah, dan kesimpulannya adalah apapun yang dikehendaki manusia, maka Tuhan akan membantu/menolong dan Dia akan melangkah lebih awal dalam apa yang dipilih manusia.”

      KEBERADAAN AYAT-AYAT AL-QUR’AN adalah SALING MENYEMPURNAKAN dan SEBAGIAN AYAT AKAN MENAFSIRKAN AYAT LAINNYA, di sini Tuhan yang berfirman, “Dia akan menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya”, tak lain adalah Tuhan yang berfirman, “Allah akan menyesatkan orang-orang yang tersesat”, dan tak beda dengan Tuhan yang berfirman, “Demikianlah Allah menyesatkan orang-orang yang melampaui batas dan ragu-ragu”, atau berfirman, “Demikianlah Allah menyesatkan orang-orang kafir.”.

      Oleh karena itu memilih jalan yang baik ataupun yang buruk, sejak awal telah berada di dalam kewenangan kita dan hakikat ini diterima oleh kalbu setiap manusia yang manapun.

      Salam Kasih dan Damai Selalu
      TAPAA

  15. Salam Sedulur semua,

    JANGAN SUNGKAN untuk menyampaikan sesuatu yang berhubungan dengan ISLAM disini.

    InsyaAllah dengan segala keterbatasan saya sebagai manusia atau sedulur yang lain akan mencoba menjawab dengan KEPALA DINGIN, LOGIS, SANTUN serta DENGAN DASAR AL-QUR’AN dan HADITS apa adanya.
    DEMI KEJAYAAN NUSANTARA YANG PENUH TOLERANSI BERAGAMA & SUKU.

    Salam
    TAPAA

  16. Aturan main di halaman ini sedikit di ubah dan diperluas agar lebih variatif dan bisa menampung lebih banyak kebutuhan yang tidak tertampung di halaman lain.

    Halaman ini kini bukan cuma sekedar untuk diskusi, tanya jawab dan debat saja tapi BISA juga untuk khotbah dan dakwah. Selengkapnya bisa dibaca kembali di bagian atas.

    Kalau ditemukan indikasi dakwah di ruangan lain, mohon diarahkan ke ruangan ini. Semoga bermanfaat.

    1. enak banget….
      klo laper tinggal mampir…
      klo haus pesen teh anget…

      sampai dirumah puasa lagi n buka pada waktunya

  17. Salam Kang Wager, Kang Cahyo, Kang Ontorejo, Kang Bala(ne)dewa, Kang Pejalan, Kang RPS, Kang SS22, dan sedulur semuanya.

    Salam @Kang Ontorejo,
    “Kita tetap harus waspada pada sementara kelompok yang …menjungkirbalikkan (pemahaman) agama untuk kepentingan sendiri.”

    Itulah Kang kenapa saya mengusulkan kepada mbah wage agar dibuatkan halaman ini. Karena Al Qur’an dan Hadits itu merupakan SATU KESATUAN UTUH yang mana menafsirkannya tidak bisa dicomot2 sebagian saja karena akan menimbulkan makna yang berbeda. Padahal hal tsb sangat dilarang didalam Ajaran Islam, hal tsb dijelaskan dalam ayat dibawah ini :
    “Kemudian kamu (Bani Israil) membunuh dirimu (saudaramu sebangsa) dan mengusir segolongan daripada kamu dari kampung halamannya, kamu bantu membantu terhadap mereka dengan membuat dosa dan permusuhan; tetapi jika mereka datang kepadamu sebagai tawanan, kamu tebus mereka, padahal mengusir mereka itu (juga) terlarang bagimu. Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al Kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat.
    ” (QS.2 Al Baqarah 85)

    @Kang RPS salam, “oo manusia sangat membingungkan” dan memang sangat beragam Kang hehehehe

    @Kang Wager, SIAP NDAN DILAKSANAKAN………….

    @ Kang Bala(ne)dewa Salam, “Menag: Ramadhan, Warung Tak Perlu Dipaksa Tutup”, Saya sangat se7 itu Kang.
    “Puasa : ‘…saya takut dihormati.’ (Goenawan Mohamad )” dan “Pyadasi”

    “Allah murka dan menghukum ? Ndak, lah, Dia juga tersenyum”, sangat INSPIRATIF & REALISTIS

    Salam Mbelgedez

  18. Salam Mbelgedez Lover’s
    @Salam para sesepuh
    @Mbah Wager, Kang Pejalan, Kang Ontorejo, Kang O-O, Kang Bala(ne)dewa, Kang TAPAA,Kang JS, Jeng Dewi
    dan para sedulur semua

    ———–
    @kang Balane(dewa)
    Allah murka dan menghukum ? Ndak, lah, Dia juga tersenyum .
    Setuju Kang, Emang Allah punya Titel SH?

    “Menag: Ramadhan, Warung Tak Perlu Dipaksa Tutup”,
    “Puasa : ‘…saya takut dihormati.’ (Goenawan Mohamad )”
    Sama dengan kang TAPAA saya juga setuju.
    Pernyataan Menag ini juga menuai banyak Kontroversi…… dituduh ini..itu lah. (Lebay)
    Di jogja dan solo pada umumnya tahun-tahun lalu gak ada masalah ayem-ayem saja, namun secara nasional kenapa mesti ramai seperti ini bukankah udah ratusan tahun dijalani?

    Banyak Spanduk “Hormatilah Orang Yang Berpuasa”
    sebenarnya juga gak perlu ada terlalu lebay,
    apakah kita “Gila Hormat” ?
    Para penganut Kepercayaan sering melakukan “tirakat” dengan berpuasa juga gak pernah Woro-woro dan melakukan aktifitas seperti biasa, ada juga saudara muslim yang melakukan puasa senin-kamis mereka juga fine-fine aja gak protes kalau ada teman yang makan-minum didepannya.
    Sebenarnya semua tergantung “NIAT INGSUN”
    Jangan sampai ada Spanduk tandingan “Hormatilah Orang yang Tidak berpuasa” lebay juga kan?

    Maaf @Simbah Wager, Kang TAPAA, Kang Balane
    Ini bukan Kotbah dihari Minggu.

    @Salam Rahayu-rahayu-rahayu

    1. Asiiiik, dapat khotbah dari Kang Cahyo.
      Ufps….. ini bukan khobath ya?
      Apapun namanya yang jelas, tulisan Kang Cahyo semakin keren. Ilmu dan kebijaksanaan Beliau mulai dikeluarkan sedikit demi sedikit.

      *lho koq kayak anyang-anyakan (penyakit susah buang air kecil), jadi keluarnya dikit-dikit.

  19. Selamat Pagi Simbah Wager (Ketua Padepokan Mbelgedez merangkap TSK, Moderator / Admin, Penulis, dll.);
    Selamat Pagi kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Para Moderator (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga & Alumni Padepokan Mbelgedez, serta Para Sedulur Semua @ …

    Salam Sejahtra…….

    “……. maka itu ada ungkapan, “jangan jadi orang islam yg tinggal di indonesia.. tapi jadilah orang indonesia yg beragama islam..”
    dari kalimat itu kan cukup jelas, kebenaran tentang pancasila dan negara ini..
    ========================================================

    Saya sangat setuju dgn STATEMENT tsb, di atas dari kang NUR, spt yg di contohkan oleh Para Leluhur Nusantara, dari Mulai Eyang Prabu Borosngora (Sanghyang Batara Guru), Eyang Prabu Kian santang, pun Eyang Sunan Kalijogo, oleh krn itu……, Nuwun sewu Simbah…., bgmn di implementasikan di Blog ini, khususnya VISUAL MESJID, yg bercirikan identitas Nusantara, spt contohnya dipake Visual Mesjid Agung Demak, atau….. Mesjid Agung Sang Cipta Rasa – Cirebon, atau… pun menurut Simbah yang pas dan baik…….

    Sukses slalu, rahayu…..
    Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

    1. Nuwun Kang Pejalan,
      Usulannya selalu bermutu. Cuma ya itu, nyari gambarnya yang susah. Saya biasanya ambil gambar dari wikipedia karena resiko tuntutan copyright lebih minim.

      Duh, kalau ada yang mau sumbang foto lebih bagus. Obyek foto bisa apa saja, mesijid, obyek wisata, atapun foto unik / aneh-aneh lainnya. Belakang saya lagi cari foto tentang kemacetan lalu lintas. Ada yang mau nyumbang foto?

    2. Salam Sejahtra…….

      Matur nuwun Mbah……, Gambar yg lebih jelas & bagus, bisa menyusul belakangan, ttp….. dgn Gambar Visual Mesjid tsb di atas, menunjukkan IDENTITAS (PERADABAN) NUSANTARA yg KITA CINTAI ini.

      (search di google Mesjid Agung Demak & Mesjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon), secara Juridis diperbolehkan (tdk melanggar), sepanjang tdk dikomersilkan & di salah gunakan, krn Mesjid termasuk FASOS (Fasilitas Sosial), Milik Bersama Umat, yg hrs di rawat & di jaga bersama, apalagi untuk menyebarkan Persatuan & Kesatuan serta Kedamaian & Toleransi Lintas Agama di NKRI.

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

  20. Kang Pejalan,
    Tiap orang punya pendapat yang berbeda. Saya dulu pernah berprofesi tukang foto jadi rada peduli dengan karya cipta.

    Fasilitas publik memang milik bersama, tapi foto adalah karya fotografernya. Sepanjang bukan utk tujuan komersil memang bukan masalah, namun mengambil karya foto dari blog atau site orang menurut saya tetap saja namanya nyolong.

    Ada sebagian pendapat yang mengatakan apapun yg dari internet bisa diambil. Sumber foto, cukup sebutkan google image. Namun sebagian lagi menyatakan sebaliknya. Di komunitas fotografi, saya sering melihat tuntut-menuntut tentang penyalahgunaan karya foto. Bukan untuk bisnis, tapi untuk blog atau bahkan dimuat di forum seperti kaskus. Nah, inilah yg ingin saya hindari.

    Mencantumkan sumber mungkin bisa meminimalkan masalah. Cara lain yg saya tempuh adalah mengambilnya dari site besar, seperti kompas atau site luar. Site besar tidak akan buang2 waktu dan tenaga ngurus pelanggaran hak cipta, apalagi cuma diicolong oleh blog. Diperkarakan juga ndak jadi duit. Nah, kasusnya menjadi lain kalau fotonya adalah milik blog personal/perorangan. Mereka punya waktu dan tenaga ekstra untuk bertarung. Walaupun tidak akan sampai dipenjara tapi minimal sudah kena semprit dan bahkan dicaci-maki. Foto dihapus, komentar tetap abadi.

    Dongbud adalah blog abal2 yang relatif banyak menulis tentang agama yang juga abal2 sehingga “cukup banyak” juga pihak yang tidak suka. Jadi saya harus lebih hati2, kemungkinan buruk yang tidak perlu disebut MALING, sebisa mungkin diantisipasi.

    Foto menurut saya yang kebetulan bekas tukang foto adalah ibarat istri kedua. Jadi kalau pinjam istri walau bukan untuk dijual lagi ya harus minta izin. Kalau wajah istri tiba2 nampang di blog lain ya merasa tdk nyaman juga. Wakakakkk……

    salam.

    1. Salam Sejahtra…….

      Trima kasih Simbah…., atas opini & sikap eling, waspada (pre-emtif), cermat & cerdasnya……, (ingat ke Pepatah Orang Bijak : “lebih baik mencegah, daripada mengobati.”

      Pun dlm copy paste Visual Mesjid Demak/Cirebon, MAKSUDNYA……. diambil Jln Keluar dgn mencantumkan Sumber-nya + Kata2 (Mohon Ijin) di bawah Visual Fotonya, ATAUkah……. menurut Simbah (yg sudah berpengalaman) yg safety & baik…… heheeheeeeee……. tepokjidat.com

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

  21. Selamat Malam Simbah Wager (Ketua Padepokan Mbelgedez merangkap TSK, Moderator / Admin, Penulis, dll.);
    Selamat Malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Para Moderator (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga & Alumni Padepokan Mbelgedez, serta Para Sedulur Semua @ …

    Salam Sejahtra…….

    Kepada Para Warga Blog Dongbud (Padepokan Mbelgedez), bagi yg beragama ISLAM, selamat menunaikan Ibadah SHAUM RAMADHAN,
    Mau menjalani Shaum pada umumnya.., monggo (Good);
    Mau menjalani Shaum Khusus (plus Panca Indra)…., monggo (Excellent);
    Mau menjalani Shaum Khusus bil Khusus (plus Panca Indra plus Mata Hati/Nurani)……, (Perfect)
    Smoga Ibadah Shaum Kita bermanfaat serta mendapat Berkah dan Ridho ALLAH SWT……. Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin.

    Smoga bermanfaat,

    Sukses slalu, rahayu…..
    Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

  22. Aku mengabdi kepada Tuhan
    Bukan karena takut neraka
    Bukan pula karena mengharap masuk surga
    Tetapi aku mengabdi,
    Karena cintaku pada-Nya
    Ya Allah, jika aku menyembah-Mu
    Karena takut neraka, bakarlah aku di dalamnya
    Dan jika aku menyembah-Mu
    Karena mengharap surga, campakkanlah aku darinya
    Tetapi, jika aku menyembah-Mu
    Demi Engkau semata,
    Janganlah Engkau enggan memperlihatkan keindahan wajah-Mu
    Yang abadi padaku

    (Rabiah Al-Adawiyah , Irak,abad ke 7 )

    Selamat menjalankan ibadah puasa bagi saudara2 yang beragama Islam.

    1. Selamat Malam Simbah Wager (Ketua Padepokan Mbelgedez merangkap TSK, Moderator / Admin, Penulis, dll.);
      Selamat Malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Para Moderator (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga & Alumni Padepokan Mbelgedez, serta Para Sedulur Semua @ …

      Salam Sejahtra…….

      @Mas Bala(ne)dewa……, trima kasih atas perhatiannya…., semoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang memberikan yang Terbaik dan Terindah kepada Kita semuanya, khususnya Warga Padepokan Mbelgedez….. Aamiin

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

    1. Salam Kang Bala(ne)dewa.

      “Mbah Mustofa Bisri”, adalah salah satu Tokoh masa kini yang sangat saya hormati dan saya kagumi. Dengan kesederhanaanya, Kebijaksanaanya, Keluasan Ilmunya, Kehalusan Budi & Tutur katanya.

      Salah satu kenangan yang tak terlupakan bersama beliau :
      Waktu itu saya dan Beliau diajak makan oleh seseorang disebuah restoran besar di Surabaya, lalu karena Beliau kurang selera dengan makanan yang disuguhkan, maka Beliau minta pete dan sambal terasi, akhirnya pihak restoran terpaksa membuat sambal dan cari pete secara mendadak, karena di restoran itu tidak ada menu tsb.

      Dari kisah itu terbukti walaupun Beliau mempunyai nama besar, tapi tetap anak singkong.

      Kita semua tersenyum, dan akhirnya saya makan bersama Beliau karena seleranya sama, hehehehehe

      Salam

  23. Salam Sedulur semuanya

    Teringat ucap yang salah
    Hati yang berprasangka
    Janji yang tak terpenuhi
    Sikap dan sifat yang menoreh luka
    Di hari ini ijinkanlah ku ucap
    MARHABAN YAA RAMADHAN
    MOHON MAAF LAHIR BATIN
    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA

    1. Selamat Malam Simbah Wager (Ketua Padepokan Mbelgedez merangkap TSK, Moderator / Admin, Penulis, dll.);
      Selamat Malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Para Moderator (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga & Alumni Padepokan Mbelgedez, serta Para Sedulur Semua @ …

      Salam Sejahtra…….

      @Kang TAPAA……, trima kasih……, sama2… saya juga mohon maaf lahir & bathin…., smoga Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang slalu memberikan Pertolongan dan Perlindungan-NYA kepada Kita semuanya….. Aamiin

      Sukses slalu, rahayu…..
      Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…..

  24. Salam Kang Wager, Kang Cahyo Dc, Kang Ontorejo, Kang Bala(ne)dewa, Kang Pejalan, Kang RPS, Kang SS22, dan sedulur semuanya.

    @Kang Cahyo Dc, “semua tergantung “NIAT INGSUN””,
    Jempol Kang, Ilmu Akang mulai dikeluarin dikit dikit, hihihihi

    @Kang Nur, “jangan jadi orang islam yg tinggal di indonesia.. tapi jadilah orang indonesia yg beragama islam”, Top Markotop

    @Kang Wager, SALUD atas penghargaan akang terhadap karya orang lain.

    @Kang Pejalan, “Mau menjalani Shaum pada umumnya.., monggo (Good);
    Mau menjalani Shaum Khusus (plus Panca Indra)…., monggo (Excellent);
    Mau menjalani Shaum Khusus bil Khusus (plus Panca Indra plus Mata Hati/Nurani)……, (Perfect)”
    Maturnuwun BAGI2 ILMU nya Kang Pejalan.

    @Kang Bala(ne)dewa, itu salah satu UTAIAN KATA yang SANGAT SAYA KAGUMI yang keluar dari Hati seorang Hamba. Maturnuwun telah DIINGATKAN Kang.

    @Kang Ontorejo, Mohon maaf jawabannya telat soalnya baru nengok hehehehe.
    “Gara-gara ISIS, Iran dan Taliban Kini Berdamai”
    “Mana diantara mereka yang tidak berdasarkan Al Quran dan Hadis ?? Kan semua Muslim ?? Ini Islam + banyak …politik ?!”

    Sebelum kita MENILAI/MENGAMBIL KESIMPULAN diantara keduanya atau lainnya, kita mesti kembalikan lagi ke Al Qur’an dan Hadits, karena :
    “Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri (Pemimpin/Penguasa) di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (QS.4 An Nisaa’ 59)

    1. Nah, dari ayat diatas jelas bahwa kita mesti kembali kepada Al Qur’an dan Hadits jika mengalami kebimbangan seperti diatas.
      Didalam Islam, sesuai dengan Al Qur’an dan Hadits, JIHAD mempunyai ATURAN dan BATASAN2, sesuai dengan Ayat dibawah ini :
      “Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (QS.2 Al Baqarah 190)
      “Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikianlah balasan bagi orang-orang kafir.” (QS.2 Al Baqarah 191)
      “Kemudian jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.“(QS.2 Al Baqarah 192)
      “Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim..” (QS.2 Al Baqarah 193)

      Dari ayat2 diatas sudah jelas, bahwa didalam JIHAD/PERANG :
      1. Tidak boleh melampaui batas (Berlaku kejam, menganiaya yang tidak berdaya/tidak bersalah, dll).
      2. Jika musuh ingin berdamai atau tidak berniat memerangi lagi, maka seorang muslim harus berhenti memerangi.
      3. Dan masih banyak lagi syarat/aturan lainnya.

      Sekiranya dari keterangan diatas, InsyaAllah kita sudah bisa menilai yang mana yang bertentangan dengan Al Qur’an dan Hadits. Namun perlu diingat, bahwa media sekarang tidak semua jujur dan menyampaikan kondisi apa adanya. Sehingga kita sangat perlu HATI-HATI dalam menyikapi pemberitaan2 di media.

      Trimakasih atas pertanyaanya Kang Ontorejo

      Wassalam

  25. PINDAHAN KOMEN dari Halaman SATRIO PININGIT SEMAKIN DEKAT

    @mahyaruddin
    22 June 2015 at 12:09 am
    salam mbelgedez

    spam kartu kuning, maha benar allah degan segala firmannya, tinggal menunggu kartu merah yg artinya sudah pasti berlaku ketetapan kami ,26 juni 2015

    Reply

    @mahyaruddin
    22 June 2015 at 12:12 am
    salam mbelgedez

    terima kasih mas TAPA yg telah memberikan isyarat,….supaya kamu sekalian bersegeralah utk berkemas kemas( dan ikutilah org yg tidak minta upah sedikitpun kepadamu, atas apa apa yg diserukan kepadamu,

    Reply

    @BEGAL HALUS
    22 June 2015 at 1:06 am
    salam mbelgedez

    Penipu klas teri!!!!!!!

    Ga minta upah sedikitpun tapi minta transferan bank

    @novri hidayat
    22 June 2015 at 12:33 am
    salam mbelgedez

    Berkata allah,”hai golongan jin dan manusia’bukankah tlah dtg kpdmu rasul rasul dr kalangan kamu sendiri?yg membacakan ayat2(tanda2)ku dan memberi peringatan kpdmu terhadap pertemuanmu dgn hari ini?mrk berkata,”kami menjadi saksi atas diri kami sendiri.dunia tlah menipu mrk.mrk bersaksi atas diri mrk sendiri bahwa mrk org2 kafir.
    Reply

    @al kafirun
    22 June 2015 at 12:55 am
    salam mbelgedez

    Mas…. mas…. ikut jadi kafir yuk, enak lho jadi kafir tidak mumet banyak aturan. Aku ketipu dunia ente ketipu HANTU…….

    @manusia biasa aja
    22 June 2015 at 1:25 am
    salam mbelgedez

    maaf, ilmu agama islam saya masih pendek/dangkal
    tapi setahu saya Rasulullah SAW tidak teriak2 menyebarkan islam
    begitu pula para waliyullah dan ulama.
    mereka memberikan contoh nyata didunia nyata.
    diam mereka sangat disegani baik dari kaum muslimin atau bukan.
    ucapan mereka sangat dipercayai, karena mereka senantiasa menjaga lisan.
    senyum mereka pasti dibalas senyum bagi yang melihatnya.

    saya sangat menghargai anda dan pimpinan anda.
    akan tetapi saya dan tentunya seluruh rakyat indonesia atau dunia akan lebih menghargai anda dan pimpinan anda jika ada langkah nyata untuk merubah kondisi negara ini.

    Sebagai SP tidak perlu pengakuan, tapi langkah nyata untuk merubah negara ini menjadi lebih baik.

    mungkin ditelisik secara kebatinan, seorang dianggap mumpuni kalau sudah paham sejatinya manusia.
    kalau sudah sampai tahap itu, pastilah ada tanda. tanda itu akan mudah dibaca oleh orang yang setingkat atau setara. tanda itu juga akan dibaca oleh gaib.

    salam damai
    rahayu untuk semua
    sebarkan senyum
    kepada sesama
    sebarkan kasih
    kepada dunia

    saya hanya manusia biasa
    yang lemah tak punya daya
    bukan lawan yang saya cari
    tapi teman untuk berbagi

    mohon maaf jika ada ucapan saya yang kurang baik
    terimakasih

    1. Salam Kang Balane

      Dan memang seperti itulah yang telah dicontohkan oleh Sayyidina Umar bin Khattab

      Nuwun

  26. Dapet Copas bagus dari blog sebelah .

    Analisa ini benar tapi menyakitkan Indonesia! Mari mulai dari diri sendiri menjadi muslim yang islami.

    “Renungan untuk yang selalu menganggap dirinya sebagai Muslim.”

    SYAIKH Muhamad Abduh, ulama besar dari Mesir pernah geram terhadap dunia Barat yang mengganggap Islam kuno dan terbelakang. Kepada Renan, filsuf Perancis, Abduh dengan lantang menjelaskan bahwa agama Islam itu hebat, cinta ilmu, mendukung kemajuan dan lain sebagainya. Dengan ringan Renan, yang juga pengamat dunia Timur Tengah mengatakan (kira-kira begini katanya), “Saya tahu persis kehebatan semua nilai Islam dalam Al-Quran. Tapi tolong tunjukan satu komunitas Muslim di dunia yang bisa menggambarkan kehebatan ajaran Islam”. Dan Abduh pun terdiam. 

    Satu abad kemudian beberapa peneliti dari George Washington University ingin membuktikan tantangan Renan. Mereka menyusun lebih dari seratus nilai-nilai luhur Islam, seperti kejujuran (shiddiq), amanah, keadilan, kebersihan, ketepatan waktu, empati, toleransi, dan sederet ajaran Al-Quran serta akhlaq Rasulullah Saw. Berbekal sederet indikator yang mereka sebut sebagai islamicity index mereka datang ke lebih dari 200 negara untuk mengukur seberapa islami negara-negara tersebut. Hasilnya ? Selandia Baru dinobatkan sebagai negara paling Islami. Indonesia ? Harus puas di urutan ke 140. Nasibnya tak jauh dengan negara-negara Islam lainnya yang kebanyakan bertengger di rangking 100-200.

    Apa itu islam ? Bagaimana sebuah negara atau seseorang dikategorikan islami ? Kebanyakan ayat dan hadis menjelaskan Islam dengan menunjukkan indikasi-indikasinya, bukan definisi. Misalnya hadis yang menjelaskan bahwa “Seorang Muslim adalah orang yang di sekitarnya selamat dari tangan dan lisannya” itu indikator. Atau hadis yang berbunyi, “Keutamaan Islam seseorang adalah yang meninggalkan yang tak bermanfaat”. “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hormati tetangga … Hormati tamu … Bicara yang baik atau diam”. Jika kita koleksi sejumlah hadis yang menjelaskan tentang islam dan iman, maka kita akan menemukan ratusan indikator keislaman seseorang yang bisa juga diterapkan pada sebuah kota bahkan negara. 

    Dengan indikator-indikator di atas tak heran ketika Muhamamd Abduh melawat ke Perancis akhirnya dia berkomentar, “Saya tidak melihat Muslim di sini, tapi merasakan (nilai-nilai) Islam, sebaliknya di Mesir saya melihat begitu banyak Muslim, tapi hampir tak melihat Islam”. 

    Pengalaman serupa dirasakan Professor Afif Muhammad ketika berkesempatan ke Kanada yang merupakan negara paling islami no 5. Beliau heran melihat penduduk di sana yang tak pernah mengunci pintu rumahnya. Saat salah seorang penduduk ditanya tentang hal ini, mereka malah balik bertanya, “mengapa harus dikunci ?” Di kesempatan lain, masih di Kanada, seorang pimpinan ormas Islam besar pernah ketinggalan kamera di halte bis. Setelah beberapa jam kembali ke tempat itu, kamera masih tersimpan dengan posisi yang tak berubah. Sungguh ironis jika kita bandingkan dengan keadaan di negeri muslim yang sendal jepit saja bisa hilang di rumah Allah yang Maha Melihat. Padahal jelas-jelas kata “iman” sama akar katanya dengan aman. Artinya, jika semua penduduk beriman, seharusnya bisa memberi rasa aman. Penduduk Kanada menemukan rasa aman padahal (mungkin) tanpa iman. Tetapi kita merasa tidak aman di tengah orang-orang yang (mengaku) beriman. 

    Seorang teman bercerita, di Jerman, seorang ibu marah kepada seorang Indonesia yang menyebrang saat lampu penyebrangan masih merah. “Saya mendidik anak saya bertahun-tahun untuk taat aturan, hari ini Anda menghancurkannya. Anak saya ini melihat Anda melanggar aturan, dan saya khawatir dia akan meniru Anda”. Sangat kontras dengan sebuah video di Youtube yang menayangkan seorang bapak-bapak di Jakarta dengan pakaian jubah dan sorban naik motor tanpa helm. Ketika ditangkap polisi karena melanggar, si Bapak tersebut malah marah dengan menyebut-nyebut bahwa dirinya habib.

    Mengapa kontradiksi ini terjadi ? Syaikh Basuni ulama Kalimantan pernah berkirim surat kepada Muhamamd Rashid Ridha ulama terkemuka dari Mesir. Suratnya berisi pertanyaan: “Limadza taakhara muslimuuna wataqaddama ghairuhum ?”, mengapa muslim terbelakang dan umat yang lain maju? Surat itu dijawab panjang lebar dan dijadikan satu buku dengan judul yang dikutip dari pertanyaan itu. Inti dari jawaban Rasyid Ridha, Islam mundur karena meninggalkan ajarannya, sementara Barat maju karena meninggalkan ajarannya. 

    Umat Islam terbelakang karena meninggalkan ajaran iqra (membaca) dan cinta ilmu. Tidak aneh dengan situasi seperti itu, Indonesia saat ini menempati urutan ke- 111 dalam hal tradisi membaca. Muslim juga meninggalkan budaya disiplin dan amanah, sehingga tak heran negara-begara Muslim terpuruk di kategori low trust society yang masyarakatnya sulit dipercaya dan sulit mempercayai orang lain alias selalu penuh curiga. Muslim meninggalkan budaya bersih yang menjadi ajaran Islam, karena itu jangan heran jika kita melihat mobil-mobil mewah di kota-kota besar tiba-tiba melempar sampah ke jalan melalui jendela mobilnya. 

    Siapa yang salah ? Mungkin yang salah yang membuat survey. Seandainya keislaman sebuah negara itu diukur dari jumlah jama’ah hajinya pastilah Indonesia ada di ranking pertama.

    1. @Salam Dongbud Lover’s
      @Salam Sedulur semua
      @Simbah Wager

      Tak lupa Saya mengucapkan “SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436H”

      @Kang Bala(ne)Dewa
      Wah tulisan yang bagus sekali, Berlomba-lomba untuk berperilaku baik, bermoral baik, berdisiplin dan tentang kebaikan lainnya dengan alasan menunjukan ajaran agama nya itu memang perlu diapresiasi dan itu bagus sekali.
      Kalau membaca tulisan diatas memang he..he…he.
      Sayang aku cuma orang desa yang gak pernah tau negri lain. Dikampung dan dikota tempat aku tinggal saja kejadian seperti tulisan diatas (yang jelek-jelek) ada semua.
      Kalau Sendal jepit kayak yang dilempar ke Simbah pasti gak mungkin dibawa Ke Rumah Allah
      Wakakakak.
      Ada kejadian sebuah bungkusan jatuh dari pengendara sepeda motor gak sampai 5 menit itu bungkusan diambil orang dan dibawa pergi tapi setelah dibuka ternyata isinya bangkai tikus (Sial) he…he…he
      Itulah mental masyarakat kita.
      Namun Hebatnya Negri Ini SUKA PAMER.
      He…he…he

      Salam Mbelgedez

    2. Kang Bala(ne)dewa,

      Artikel yang bagus dan sangat mencerahkan. Saya, walaupun bukan penganut Islam tetap saja merasa tercerahkan dan mendapatkan banyak pelajaran dari artikel tersebut. Kalau seandainya kata agama Islam diganti dengan agama lain, artikelnya masih tetap tidak kehilangan maknanya.

      Jujur, sebetulnya saya berminat juga untuk memindahkannya menjadi artikel teresendiri. Namun …… terpaksa saya urungkan. Jadi biarlah artikel tersebut tetap pada kolom komentar.

      Saya harus hati hati dan juga tahan diri untuk memuat artikel-artikel yang bertema agama lain. Bagi saya mungkin sangat bagus, penuh renungan ataupun kritifk positif menuju ke arah perbaikan, namun bagi pembaca lainnya bisa jadi menganggapinya sebaliknya.

      Itulah sebabnya di blog abal2 ini minim topik tentang agama Islam, bukan karena saya rasis atau tidak adil, tapi semata2 karena alasan kehati-hatian. Lagipula topik tentang Islam sudah berjibum di luar sana, sedangkan topik animseme dan aliran sesat sangat jarang.

      Enakan nulis topik sesat, kemungkinan didemo atau dibakar nyaris tidak ada. wakakakakkk…….

    1. terima kasih pak O-O,

      dari tahun ke tahun sepertinya mat adul dan si fitri selalu lengket saja, tapi ya itu tadi hanya setahun sekali :mrgreen:

      no sorry, bad joke.

      well, happy a wonderful mudik and happy big day Ndan 🙂 …

    2. tidak mudik secara raga Ndan, tapi yang penting hatinya yang bersilaturahmi 😉 …

      *salam buat gunung di perbatasan banyuwangi yang sedang membangun, kalau lewat.

  27. Salam sejahtra ……

    Kepada Yth, Simbah Wager (Ketua Padepokan Mbelgedez merangkap TSK, Komisi Semprit /Off side ( Admin), Penulis, dll.);
    Kepada Yth, Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Dewan Pembina, Dewan Penasihat, Komisi Semprit /Off side (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua @ …

    Seiring bedug yang menggema
    seruan takbir yang berkumandang
    bulan ramadhan telah berlalu
    dan hari kemenangan telah datang
    ketika jemari tak sempat berjabat,
    tatkala raga tak dapat bertatap,
    dan….. bila ada kata membekas luka
    semoga pintu maaf masih tetap terbuka
    kuhaturkan :
    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Mohon maaf lahir & bathin
    Taqaballaahu minna wa minkum, wa shiamana wa shiamakum. Minal aidin wal faidzin,
    Kullu’aamin wa antum bikhair…

    NOTE: Trima kasih kpd rekan & sahabat non muslim atas ucapan-nya, smoga kedamaian, kesejahtraan, kesuksesan & kebahagiaan senantiasa bersama Kita….. Aamiin

    Sukses slalu, rahayu…
    Jayadanjayalahpadepokanmbelgedez…
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    1. Salam Kang Pejalan dan selamat pagi utk semua rekan,

      Halaman khusus Islam ini sepertinya semakin menemukan bentuk dan manfaatnya. Salam dan nuwun untuk Kang Tapaa atas usulan briliannya dan salam utk Kang Pejalan atas postingannya yang selalu sejuk dan cerdas.

  28. Sugeng Idul Adha para sedherek Padepokan Dongbud
    Idul Adha merupakan hari yang berkesan bagi saya karena selalu teringat almarhum BAPAK saya, seorang Kyai Kampung sederhana.
    nyuwun ijin copas kenangan saya dengan Beliau di Padepokan ini, semoga bisa ikut ngurubaken urip kita.

    Wejanganipun BAPAK (Badan Asli Pambudidaya Amal Kebutuhan) mengeti dinten Riyaya Qurban

    Bismillahirrohmanirohim,

    Allahumma ya dayanu waya qowwiyal ardhi waya karimu antakhfadlona man anzalna bil khaqi ya rohmanu ya rohimu ya mannanu ya khannanu
    ya Allah ya Allah ya Allah ya Robalalamin Amien

    Doa Ibrahim

    Anak-anakku tercinta, aku kumpulkan kalian malam ini untuk bersama-sama melakukan kebaktian kepada kedua orangtua kita Ayah & Ibu.

    Dalam agama-agama besar, ayah & ibu mendapatkan tempat yang sangat terhormat & mulia.

    ”Hormatilah Ibu Bapamu!”’ demikian salah satu Perintah Allah dalam Taurat Musa.

    ”Surga ditelapak kaki ibu”, pun sabda Rasulullah dalam sebuah Hadits.

    ’Menghormati & mencintai kedua orang tua kita’…….tidaklah sekedar mengenang & membalas jasa mereka. Namun lebih dari itu menuntut kesadaran & sikap hidup kita akan nilai2 kemanusiaan, penghargan bagi semua manusia. Meski terdengar utopis harus disadari bahwa kita semua adalah ’Saudara’.

    Namun begitu dalam realita hidup umat beragama, terutama dalam agama2 Ibrahimi, banyak sekali terjadi bunuh-membunuh antar saudara.

    Tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat & Jerman Timur telah lama runtuh, menyatukan kembali satu bangsa yang terpecah oleh ideologi.

    Namun akankah kiranya, TEMBOK JORDAN yang dibangun dari kebengisan hati manusia, yang telah memisahkan anak2 Ibrahim dapat diruntuhkan ?

    Menghormati & mencintai orang tuakah kalau selama ini kaum beragama selalu ’munjung geni sawuwungan’ kepada Ibrahim ayahnya sendiri? Selalu menumpahkan darah saudaranya demi kejahatan nafsu yang selalu dijelmakan sebagai kebenaran2 yang absurd?

    —————–

    Anak-anakku, disini kalian aku kumpulkan bersama menikmati hidangan ’kembul bojana andrawina’.

    Kamu yang muslim, kamu yang nasrani, kamu penyembah patung & kamu hei bocah urakan, saat makan daging kambing & minum teh bagaimanakah rasanya? Bukankah berasa sama? Daging kambing ya rasanya seperti itu, juga air teh memiliki rasa yang sama tidak berubah meski agama kalian berbeda.

    Begitu juga akan HIDUP, meski kalian beri berbagai macam nama seperti Allah, Yahwe, Tuhan, Ingsun, Urip, Hyang Manon dsb. Sejatinya tetaplah sama. Karena bila Rasul adalah utusan Allah, maka RASA adalah utusan Hidup.

    Dari Hiduplah maka RASA ada, lalu manusiapun berpikir akan ADA.

    Apapun penamaannya, saat RASA telah tercerap, saat makna yang ada pada kta telah tertangkap, semua kata menjadi mati & tak diperlukan lagi.

    ———————

    Kembali kepada kebaktian akan orang tua.

    Beda orang hidup & orang mati adalah pada RASA. Bukanlah orang hidup kalau RASA sudah mati. Saat tak mampu lagi merasakan kehadirean orang lain sebagai manusia apalagi sebagai saudara. Sungguh sejatinya ia adalah mati, ’bathang angucap jisim lumaku’, hanyalah zombie saat RASA telah mati. Meski sejauh itu ia masih jugha meng-claim diri sebagai pemegang kebenaran yang sejati dengan mengobral ayat2 suci (kata2 mati yang telah kehilangan makna).

    Leluhur kita memberikan penghormatan kepada kedua orang tua sebagai ’Pancering Urip & Lajering Allah’.

    Karena dari merkalah, dari pertemuan RASA merekalah maka kita ADA.

    Siapakah yang pertama kali kau temui saat kau lahir di dunia ini? Apakah Yesus atau apakah Muhammad? Bukankah mereka berdua, orang tua kita Ibu & Bapa yang pertama kali kita temui saat lahir di dunia ini?

    Dengan kembali ke kesadaran ini juga sejalan dengan Hari Raya Qurban, mari kita melakukan Qurban yang sejati : menghancurkan penjara hati kita yang telah membelenggu kita dengan kebenaran2 relatif yang semu, membebaskan diri kita dari ’mendem Qulhu klelegen Salib’.

    Mari kita mulai dari diri kita sendiri hormat & cinta kepada Ibu Bapa dengan kepedulian akan sesama, menegakkan nilai2 kemanusiaan. Menjadikan diri kita masing2 sebagai Ibrahim masa kini yang akan mendamaikan kedua anaknya yang terus saling berbunuhan. Semoga runtuhlah Tembok Jordan, tembok egoisme & kejahatan nafsu manusia itu.

    Kita bukan Kumbakarna atau bangsa kera pimpinan Sugriwa yang terobsesi melakukan peperangan demi kebenaran yang relatif, demi kultus individu yang tak masuk akal & demi kebohongan2 yang senantiasa dijelmakan sebagai Sinta dalam kisah Ramayana

    —————–

    Ah aku sudah terlalu banyak bicara, ayo teruskan lagi menikmati hidangan yang masih tersisa.

    Biar aku yang sudah tua ini ura-ura macapat Dhandhanggula;

    Babaring Gesang wujud dumadi
    Anggelar sawernaning agama
    Mrata para umate
    Tumeka wancinipun
    Pra umat ngungkurna agami
    Kang isih ngrasuk agama
    Tan wruh kang satuhu
    Amung nyekeh srengat
    Sunyataning agama tan urip ning ati
    Ngrasuk blongsong kewala

    1. Nuwun kang Tomy atas kerelaannya berbagi,

      Saya sangat terkesan membaca semua pengalaman, perjalanan dan pelajaran yang Akang tuliskan. Saya merasa terharu dan damai membacanya. Tulisan Akang mengingatkan saya pada almarhum Bapak saya. Beliau berpulang dengan meninggalkan sekotak surat berisi beragam wejangan dan pelajaran tentang hidup. Salam dan hormat untuk Almarhum Bapak.

      -wager-

  29. RINDU NABI

    Merenung lagi
    Dalam sediam kalam
    Mengenai butir kehidupanmu
    Terpahat jelas pada prasasti bersejarah
    Ketika kau runtuhkan dengan perlahan
    Budaya sekutu Tuhan
    Bagaimana kebersihan hati
    Menyentuh jelaga jiwa
    Hingga ia menyerah pada putih yang kau bawa
    Kebeningan lisan mengguyur angkara pada titik termurka
    Sampai keji… hilang tak berbekas
    Meski ratusan sastra mengukir hidup lakonanmu
    Tak sejelas Qur’an mengukir keajaiban kemanusiaanmu
    Hingga memagnet terhadap semesta
    Bertasbihlah
    Bertahmidlah
    Bertakbirlah bumi dan penghuni
    Langit serta penghiasnya
    Bershalawatlah setiap ruh pengagummu
    Bulan pun kalah hangat
    Bintang terasa redup di sisimu
    Pelangi tak sanggup kalahkan warna pesonamu
    Duhai cahaya bagi gulita kami
    Seringnya kami mengumbar rindu dalam kata
    Namun lihatlah kami yang terpuruk pada cinta tanpa bukti
    Tak sanggup bayangkan bila rindu ini tersampaikan
    Jika… kau dihadir di sini…mengetuk pintu rumah kami
    Malu…
    Pasti…
    Tergopoh menyembunyikan laku asli menutupi setiap dinding diri
    Yang bertuliskan ‘lalai sunnah’ atau ‘ingkar’..?? (Hiks..hiks..)
    Maluuuuu…
    Pasti…
    Masih mencoba membohongimu, demi tetapkan sayangmu
    Menutupi keluarga kami
    Yang terjebak kejahilan akhir zaman
    Yaa Nabiii…
    Dengan apa kusembunyikan wajah
    Sedang bashirah pun kau tembus dengan matamu
    Yaa Nabiii…
    Dengan apa kuhilangan bau hidupku
    Sedang kau mampu bertanya pada Rabb-ku tentang siapa diriku
    Yaa Nabiii…
    Sedang kuingat episode akhir duniamu
    Maka tersedu dalam bisu
    Mencoba memaknai cinta di sakaratul mautmu
    “Ummatii… Ummatii… Ummatii.”
    Layakkah diri ini…
    Yaa Nabiii
    Akukah yang kau sebut..??
    Barisankukah yang kau cinta..??
    Sedangkan kau tak pilih rasa pada setiap titik jiwa
    Yaa Nabiii…
    Titik ledak kebahagiaan kami adalah bahagia di latar surga
    Dengan kau sebagai teman perjalanan di taman-tamannya
    Yaa Nabiii…
    Tak lelah hati ingin jumpa
    Menembus hijab masa
    Dan dengarkan merdu kebijaksanaanmu
    Mencuri waktu tuk menatapmu…walau sejenak
    Tak bosan pula menderaskan asa
    Tuk jadi hamba…pengikut yang patut
    Umat yang bergelora taat dan kekasih yang hanya menyebut satu nama kekasihnya
    Yaa Nabiii…
    Inginnya…kami setia
    Hingga syafa’at adalah piala dan surga adalah kehidupan kami selanjutnya
    Shalluu ‘alannabii…
    Padamu Rasuulullaah Muhammad SAW
    Dariku… Setitik kefanaan
    Yang dalam kerinduan

    Diposkan oleh Afiani Gobel di 06:25
    di tulis ulang oleh daniel awwalin dengan sdkit perubahan.

  30. Berbagai macam bentuk puasa, senin kamis ini puasa sunahnya hari kelahiran nb muhammad saw, krn beliau lahir di hari senin, bagi kamu yg lahir har jum’at lalu puada sunahnya senin kamis? ya lucu, jika kamu menfikuti puasanya beliau bkn mengikuti hari lahirnya beliau to hari lahir mu yg hari jum’at yaitu puasa nya jum’at dan Senin. Entah bgmn ceritanya umat islam jd buta matanya? hari kelahiran sendiri tk pernah dipuasai, tapi hari lahirnya nb muhammad malah dipuasani?
    Tujuan puasa kelahiran beraneka macam2 misalnya cita2 tertentu
    Kemudian ada lg puasa yg tujuaannya di bidang politik spt puasanya nb daud ingin mengalahkan raksasa Goliat, spt yg Amin rais ingin mengalahkan raksasa rezim orba Suharto. Caranya puasa adlh sehari puasa, sehari tidak… Dll puasa, semua tujuaannya adlh cita cita.

    Namun ada puasa milik islam yg terukir perintah puasanya di dlm kitab nya umat muslim (al-qur’an) yaitu puasa di bukan ramadhan, yaitu puasa dgn tujuan menghapus dosa, dilanjutkan membayar zakat fitrah, tamat puasa minta maaf kpd oeg tua, dan dalung memaaf maafkan antar teman,,, namun sayang nya doa sbg pasangan puasa ini umat islam juga sdh tdk tahu xi3 beruntung panci dpt doa bayar zakat fitrah, dari leluhur panci, yg nerima zakat fitrah agar baca ini

    QS AL AHZAB 43,
    HUwa ladzi yusholi alaikum wa malaikataHu liyakhrijakum min adh-dhulumat ila an-nur wa kana bil-mukminina rohima”

    Huwa yg memberi rahmat kpdmu dan malaekat hu spy mengeluarkan kamu dari kegelapan kpd cahayaNya dan dia menyayangi org2 beriman”

    Kemudian dilanjut
    Qs Al-ahzab 56
    INNALLOHA WA MALAIKATAHU YUSOLLUNA ALAN NABI YA AYYUHALLADZINA AMANU SHOLLU ALAIHI WASALLIMU TASLIMA”
    Sesungguhnya Allah dan malaikat2 Nya bersalawat untuk nabi (nabi mu, spt yg pernah panci sampaikan di dalan diri kita ada nabi) hai org yg ber iman bersalawatlah kami untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kpdnya”

    Selamat berbuka puasa, mohon maaf lahir bhatin

    1. Yang kacau bagian mananya Kang? Saya edit takutnya malah isi pesannya berubah.

      Copy, edit dan posting ulang aja Kang, nanti saya tumpuk ke komentar di atas, kemudian komentar revisinya saya hapus.

  31. Injih mbah Wager, hp sy kecil mungil, kalau diketik lagi ribet banget, kesalahan ketik tdk banyak hanya penulisan kata, misalnya kata “kami” shrsnya “kamu” dan beberapa penulisan kata dan kalimat kurang lengkap, sy yg nulis kaget, hasil ketik gk ngerti apa yg telah ditulis krn gaya bhsnya kacau, yg ditakut yg membaca, gk paham apa yg panci tulis.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s