Era Bangkrutnya Dunia Blog

Era baru, kelahiran, kejayaan dan bangkrutnya dunia blog. Mungkinkah Dongbud juga akan segera menyusul ?

perang

DONGBUD. Wage Rahardjo.

Di penghujung tahun 90an, adalah merupakan era keemasan dari dunia blog. Jutaan blog-blog baru bermunculan seperti jamur dimusim hujan. Dengan beragam situs layanan blog yang ada, beserta kemudahan penggunaannya, plus gratis, merangsang banyak orang untuk membuat blog.

Pengunjung bisa ikut nulis atau berkomentar ! Nah, inilah yang menjadi salah satu daya tarik utama dari dunia blog. Berbeda dengan website yang kaku, dan pasif serta menuntuk pengelolanya harus menguasai bahasa html, blog tampil jauh lebih mudah, ceria dan komunikatif. Tersedia juga banyak pilihan theme warna-warni serta beragam widget atau menu yang tinggal tempel saja, menjadi salah satu alasan yg membuat dunia blog menjadi populer.

Anda tidak ditutut harus jago menulis untuk mengelola blog, yang diperlukan adalah niat, sedikit ide serta kegemaran untuk berbagai cerita, pengetahuan atau pengalaman. Blog juga bisa dipakai sekedar untuk menampilkan profile diri dan ditambah dengan beberapa tulisan copy paste.  Sepertinya blog type terakhir ini lumayan digemari.

Era bangkrutnya dunia blog (?)

Di sekitar tahun awal tahun 2005 (asal nyebut) dunia blog sepertinya mulai mengalami masa kemunduran. Banyak blog jelan ditempat, tidak ada updatean baru, mati suri atau bahkan menjadi blog hantu karena ditinggal pemiliknya. Penyebabnya beragam, mungkin karena aktivitas menulis menjadi jenuh, kekeringan ide, bosan, kesibukan dll. Namun tidak bisa dibantah bahwa salah satu penyebab terbesar bangkrutnya dunia blog adalah karena munculnya media sosial yang lebih populer semacam Tweeter atau Facebook.

Berbeda dengan blog yang menuntut pemiliknya untuk peras otak dan dengkul untuk merangkai kalimat panjang, facebook jauh lebih sederhana. Satu atau dua paragraf sepertinya sudah lebih dari cukup. Tulisan atau status yang terlalu panjang justru akan tidak menarik atau membuat pembacanya kelelahan.

Terkadang bahkan hanya dengan satu kata atau tanpa perlu mengetik satu huruf-pun sudah bisa tayang atau unjuk gigi. Dengan foto profile yang manis atau seksi, hanya dengan memposting satu kalimat : “Hai !” saja bisa menuai ratusan komentar dan like. Nah, kalau di blog Anda memposting artikel yang isinya cuma sepenggal kata “Hai”, mungkin akan dilempar sandal oleh pembaca.

Facebook menawarkan beragam kemudahan yang tidak ada pada blog. Anda dengan mudah bisa membagi berita koran, link, video, foto milik orang lain tanpa harus repot-repot menuliskan opini atau komentar apapun, tinggal klik, maka respon atau komentarpun hampir bisa didapatkan. Anda juga bisa menulis satu artikel lengkap dan panjang di bagian note, sehingga facebookpun menjadi nyaris tidak berbeda dengan blog.

Semua kemudahan inilah yang membuat banyak bloger berbondong-bondong pindah ke facebook. Banyak blog-blog raksasa dan populer di masanya, sekarang menjadi sekarat dan mati suri.

Bagaimana dengan dongbud? Apakah blog abal-abal juga sedang sekarat, mati suri atau menjadi blog hantu karena ditinggal pembaca, moderator, sesepuh atau pemiliknya?

Entahlah, yang jelas, dongbud bukanlah blog raksasa namun blog kurcaci bin abal-abal dengan penghuni yang tidak kalah abal-abalnya.  Jadi ada atau tiada, exsist atau sekarat, mati suri atau mati permanen, jadi blog hantu atau blog tuyul nyaris tidak ada pengaruhnya.

Dongbud bukanlah blog idealis yang dibuat dengan segumpal tujuan mulia, mencerdaskan masyarakat, mencerdasakan bangsa dll, tapi cuma blog abal-abal yang dibuat sekedar untuk menyalirkan hobi ngibul doang. Nyaris tidak ada sumbangsih atau kontribusi apapun untuk masyarakat dunia maya selain cuma untuk menuh-menuhin search engine dengan postingan abal-abalnya. Postingan koplak yang sama sekali tidak mencerahkan tapi sebaliknya bikin pembacanya malah gerah dan marah-marah. Maklum saja, namanya juga blog abal-abal.

Jadi blog dongbud akan bangkrut? Kalau istirahat sejenak alias mati suri mungkin ya, tapi kalau bangkrut sepertinya masih jauh tuh  ym-13 Kecuali kalau inang-nya alias wordpress-nya yang bangkrut, noh itu lain cerita.

Wage Rahadjo

16 April 2015

Catatan: Foto di atas hanyalah sekedar ilustrasi, tidak ada hubungannya dengan isi tulisan. Keteangan gambar: suasana sudut kota suatu negara pada daerah konflik di suatu negara. Sumber image BBC. Image tersebut sengaja dipilih sekedar sebagai pengingat (bagi diri sendiri) bahwa tragedi perang bisa terjadi di mana saja bahkan tidak tertutup kemungkinan juga akan bisa terjadi di negeri ini.

Advertisements

22 thoughts on “Era Bangkrutnya Dunia Blog

  1. Selamat Malam Simbah Wager (Presiden Dongbud, Ketua Padepokan Mbelgedez & Owner, merangkap TSK, Komisi Semprit, Admin, Penulis, dll.);
    Selamat Malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Dewan Pembina, Dewan Penasihat, Komisi Semprit (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua @ …

    Salam sejahtra ……

    Wuaduuuhhh keduluan sama Jeng Dewi nie.., padahal sudah ditulis Pertamax nie Mbah…..
    Artikel-nya KEREN Mbah….. KREATIVITAS-nya, pun ANALISA-nya ttg Dunia Blog & Bloger-nya , ACUNGAN JEMPOL buat Simbah Wager.
    Membahas tentang :
    • Dunia Blog;
    • Bloger-nya;
    • Kemajuan Teknologi & Dunia lain (FB), saingan Dunia Blog;
    • Probabilitas Dunia Blog ke depan-nya…..

    Ke-ikut sertaan seseorang baik di Dunia Blog, atau pun Dunia FB, PASTI PUNYA ALASAN yg bersifat pribadi (niat, tujuan & manfaat-nya, pun bisa jadi memperoleh benefit, pun profit), dan alasan itulah yg mendorong seseorang untuk turut serta aktif.

    Masing masing, baik Blog maupun FB mempunyai keuntungan & kerugian, kelebihan & kekurangan serta dampak positif maupun negatif.
    Kalau mau komplit yaa… semua-nya ikut….. biar sempurna….. heheeheee…….

    Saya men-DO’A-kan agar DUNIA BLOG TETAP EKSIS, krn s/d. saat ini buat saya pribadi Dunia Blog LEBIH BANYAK MANFAAT-nya, BERKUALITAS, NYAMAN & PRIVACY terjamin.

    Sukses slalu, rahayu…
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez…
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    1. Tulisan sambil lalu Kang,
      Apa yang terlintas langsung ditulis agar tidak keburu hilang. Nanti rencananya akan disambung dengan tulisan lainya tentang mengapa memilih blog, apa kelebihannya dibanding FB. Sebagian sudah Akang tulis di atas.

      Blog bukan melulu untuk tulis menulis kemudian dipamerkan, tapi bisa juga untuk tempat simpan file, schedule, diary dan kemudian diumpetin mirip selingkuhan, dikasih password dan fungsi search engine google dimatikan dst. Nanti ditulis lengkap dilain kesempatan.

      salam dan selamat pagi

  2. Dunia bloger digoyang kah??

    Mari para bloger rapat dulu
    Absensi bloger :
    Kang GP
    Kang Nur
    Kang TB
    Kang PHK
    Kang ABR
    Kang Dalbo
    Kang Alang alang
    Kang AGB
    Mbakyu Dewi
    Sopo maneh yoo

    Sebelum blog bangkrut
    Hayo reunian dulu

  3. Salam selalu untuk Kang Anak Kecil
    Salam untuk Panitya

    dan juga salam untuk rekan lain yang MUNGKIN akan menyusul berkomentar.

    * Belum berkomentar sudah disambut dan dikasih salam. wakakakkk

    1. Asem …. asem …… asem
      Koplak ….. koplak …. koplak
      Wakakakkk……..

      Salut dengan selera humornya yang bikin ngakak.
      Tahu aja kalau itu foto mbah waktu muda.

      *diblog abal2, tidak dilarang ngeledek admin.

    2. Selamat Malam…

      Matur nuwun Simbah Wager, Kita Anak Usia Dini gak di larang main di Blog Dongbud, dan Blog Dongbud jangan di tutup ya Mbah… (main di FB diusir, krn katanya mengganggu Orang pdkt…), Semoga Blog Dongbud tetap berkibar & Tersohor…

      Ooh yaa… another one Mbah… bagaimana Poster Artikelnya yg ditampilkan salah satu Pacar Simbah (krn sudah bukan rahasia lagi), Pacar Simbah Cantik2 dan ada yang Imut2, diantaranya :
       Aktris Kristen Stewart;
       Aktris Jennifer Lawrence;
       Aktris Ileana D’Cruz;
       Atau yg imut2 Aktris Dakota Fanning

    3. @Anak Usia Dini,

      Nuwun, nanti akan diusahakan membuat halaman khusus untuk image keindahan wanita, foto artis cantik, seksi dll, sehingga padepokan menjadi semakin variatif dan bisa mengakomodasi keberagaman selera warga.

      Warga juga bisa ikutan upload foto wanita yang dianggap indah.

    1. Tenang aja Kang Jarisakti,
      Blog walau digoyang berulang kali, ndak akan sampai bangkrut dan ditutup koq. Kalau ditutup, nanti malah repot ngurusin pesangon para staff. Topik ini ditulis agar ramai aja hitung2 mengimbangi halaman SP agar tidak jenuh. salam

  4. dengan menulis kita sedang melakukan karya keabadian Mbah, katanya orang pinter
    bagiku blog seperti diary, yang mungkin bisa untuk refleksi, instropeksi dan menggali kembali kekuatan dari perjalanan hidup yang telah aku lalui

    1. Nuwun selalu Kang Tomy,
      Hampir sama Kang, saya juga ngeblog sebagai refleksi dan introspeksi diri. Sedangkan untuk blog diary, ada tapi terpisah dan diumpetin alias privat. salam

  5. Sugeng ndalu sedoyo rahayu
    Salam Kakang Wager
    Salam KaKang Tomy
    Salam Kakang Jarisakti
    Salam Kakang Pejalan
    Salam Mbakyu Dewi
    Salam untuk Kakang kakang sedanten

    Namung uluk salam ugi ndherek reunian menawi kepareng
    Mugi sedoyo sami dipun paringi sehat seger kewarasan saking Gusti Ingkang Moho Agung
    Matur nuwun
    Rahayu rahayu

  6. Dicopas dari komentar Kang Blackgourila di halaman Satrio Piningit : KLIK

    salam damai
    hehehehe dengan adanya Si PBT mungkin blog ini bisa laris dan gak seperti kata si semprul wager raharjo itu katanya blog akan bangkrut !!! sontoloyo juga kesana pikiran wager, jangan di ramal2 begitu blog kesayangan ini biar tetap jaya selalu amin……… dst… dst …… tapi mumpung sedikit bisa bercerita dongeng sedikit nih menyambung cerita wager yg mau bangkrutin nih blog itu bikin kesel hahahaha blog kesayangan selain facebook mau dimusnahkan? gimana gak kesel!!!! hahahahaha….. salam

    Salam Kang dan selamat pagi,

    Wakakakkk…… saya ngakak membaca komentar Akang, segar, bersemangat dengan penuh nuansa joke. Saya suka yang beginian. Si Semprul Wager memang asem koplak. Tulisannya sering judulnya bombastis dan bikin ulah kayak artis infoteiment. Kadang tulisannya ngeyel dan muter-muter kagak jelas kayak anggota DPR yg lagi ngeles atau memancing onar dan kerusuhan kayak FP…. eh… anggota dewan lagi deh….

    Nggak marah Mbah?

    Ngapain marah? Dunia terlalu indah untuk dinikmati ketimbang dipakai untuk marah2. Lagian beras dan sembako juga mahal, jadi saya pantang ngabisin energi marah2 untuk hal sepele ndak jadi duit seperti ini. Motto saya, hanya akan marah kalau jadi duit. wakakakk…..

    Apalagi marah dan bringas gara gara agama, benar2 bego ndak ketulungan. Buang aja tuh agama ke tong sampah. Untuk apa sih punya sesuatu yang selalu bikin uring2an? Maaf, ngelantur.

    Tapi itulah, blog abal-abal. Enewi buswei, senang mendengar Akang sehat.

    salam
    semprul wager

  7. Salam Dongbud Lover’s
    Salam sesepuh dan sederek semua
    @mbah Wager

    Menurut saya blog ini adalah blog persaudaraan, beberapa penghuninya merasa “Melu andarbeni” atau merasa memiliki
    Ini adalah Blog Inspirasi.
    Disamping itu juga memiliki jiwa, rasa dan pelepas ide.
    Rasa persaudaraan yang terjadi walaupun tanpa identitas asli menambah semarak blog ini.
    Satu-Satunnya Blog Koplak bin Gendeng yang merupakan refleksi dari sang pendiri yang memang Gendeng.
    Kemana para warga koplak ini bernaung jika tidak disini?
    He…he…he

    Salam Rahayu…

    1. Salam Kang Cahyo Mbel,

      Benar Kang, bog ini memang lebih tepat disebut blog persaudaraan. Sedikit beda dengan blog persaudaraan lain yang lebih homogen, di blog ini warganya lebih bervariasi dan gado-gado. Setan, kuntilanak dan mahluk halus saja boleh gabung koq. Buktikanya Kang Cahyo bisa ikut. Wakakakkk……

      Tenang saja, blog tidak akan ditutup koq kecuali : Site induk bangkrut, dibobol hacker atau simbah mendadak mengalami kelainan jiwa. Sekarang sih juga gila yaitu gila nulis, bukan gila bersih2 hapus blog. salam

      * Lho, udah ndak DC lagi?

  8. Absen mbah,

    Status saya membingungkan entah bloger atau youtuber. Blog vakum sementara gara-gara pc ngadat, tagihan listrik meroket dan pemasukan turun drastis jadi komplit sudah penderitaan hehehe….

    Salam semuanya, selamat berkarya dan nikmatilah hidup dalam kondisi susah maupun senang.

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s