Mengenal Olah Raga Rugby

Credit image : rugbywordcup

Dongbud File. Wager. Rugby adalah olah raga yang sangat keras dan brutal. Penuh tekel-tekel berbahaya yang terkadang bisa membuat urat terkilir, hidung patah atau wajah babak belur.  Jadi untuk menghindari cedera yang fatal, diperlukan latihan yang keras dan berat agar tubuh menjadi tahan banting, otot kawat tulang besi. 

Namun apakah benar olah raga ini sedemikian keras dan berbahaya? Disebut keras sih ya benaran keras, disebut berbahaya ya juga berbahaya namun asal dilakukan dengan benar sepertinya relatif aman untuk dimainkan. Buktinya walau identik dengan oleh raga kaum pria, di beberapa negara tertentu olah raga ini juga dimainkan oleh kaum perempuan. Yang jelas, sebelum memulainya adalah para pemain harus memahami aturan dengan baik dan benar. Kemudian yang juga tidak kalah pentingya adalah sportifitas yang tinggi.

Olah raga ini sangat populer di negara Australia, Kanada, Afrika Selatan, beberapa negara Eropa, Jepang serta negara Oceania seperti New Zealand, Samoa dll.

Terkadang terbesit pertanyaan di kepala saya, “Mengapa olah raga ini tidak populer di negeri kita?”.  Dari pada bermain sepak bola yang akhirnya berujung “rugby” alias tawuran dan tekel-tekelan tidak jelas, sepertinya jauh lebih baik sekalian bermain rugby. Kemudian di kalangan penonton bola, masyarakat umum mengenal budaya tawuran, Nah, itu adalah merupakan modal dasar untuk bermain rugby.  Jadi ketimbang terkapar kagak jadi duit, sepertinya lebih baik kalau beralih ke olah raga rugby.

  • Mbah, ini lagi ngomong apa sih? Olah raga entah sepak bola, tinju atau rugby jelas membutuhkan latihan keras dan juga sportifitas tinggi. Masyarakat kita kebanyakan kurang suka yang berbau sportifitas, sukanya ya semau gue, enak sendiri dan tabrak aturan.

Ya, benar juga ya. Kalau kebanyakan orang di negeri ini berjiwa sportif, taat hukum dan aturan, tentu negeri ini tidak akan kocar kacir. Kebanyakan orang doyan tabrak aturan. Sportifitas sepertinya cendrung dicampakan oleh banyak orang, baik dari golongan umum, birokrat, pelaku bisnis, pelaku olah raga dan bahkan juga kaum agama. Religius? Religius apaan?

Tulisan ini dibuat sekedar sebagai file atau catatan dalam rangka menyambut berlangsunya Piala Dunia Rugby 2015 yang sedang berlangsung di Inggris. Berita yang mungkin tidak penting sehingga tidak terdengar di negeri kita.

Wager

Advertisements

14 thoughts on “Mengenal Olah Raga Rugby

  1. Selamat Malam Simbah Wager (Presiden Dongbud, Ketua Padepokan Mbelgedez & Owner, merangkap TSK, Komisi Semprit, Admin, Penulis, dll.);
    Selamat Malam kepada Para Pinisepuh, Para Winasis Waskita, Dewan Pembina, Dewan Penasihat, Komisi Semprit (Admin), Para Penulis, Para Pemandu Sorak, Para Sponsor, Para Warga Padepokan Mbelgedez, Para Alumni dan Para Sedulur Semua @ …

    Salam sejahtra ……

    Pertamax, wouw… keren Artikel-nya Mbah, jarang sekali Orang Indonesia membahas ttg OR ini, padahal Rugby adalah sebagai OR atau Permainan PRIA SEJATI.

    Sbg info tambahan :
    OR ini lahir di Inggris Tahun 1823 (Wikipedia Bahasa Indonesia – Ensiklopedia Bebas)
    Universitas Cambridge memodifikasi permainan ini, mempopulerkan dan membuat peraturan resmi rugbi. rugbi mulai populer tahun 1871 di sekolah-sekolah di England. Kemudian Klub rugbi mengumumkan peraturan resmi permainan rugbi di London sepuluh tahun kemudian.
    Tahun 1895 Liga Rugby (The Rugby League) telah didirikan dengan 13 permainan bersama dengan peraturan yang lebih profesional. Rugby mulai berkembang ke seluruh dunia dan pertandingan antara negara diadakan.

    Selanjutnya American Football (AF) merupakan perkembangan dari Rugby, ada perbedaan mendasar terutama : Luas Lapangan, Jumlah Pemain, Waktu Bermain & Aturan Permainan,

    Sukses slalu, rahayu…
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez…
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

    1. Salam Kang Pejalan,

      Nuwun atas tambahannya. Saya memang terkadang sengaja memilih topik yang tidak populer dan jarang dibahas blog lain. Dongbud mencoba untuk tampil beda. Tentu saja, konskwensinya blog menjadi tidak menarik dan ditinggal orang. Ya, biarin aja. Biarlah blog ini tetap kecil asal peda rukun.

      Berita terakhir tentang Rugby Wordl Cup,
      Prancis mengalahkan Italia, Samoa mengalahkan Amerika, Wales mengalahkan Uruguay, New Zeland mengalahkan Argentina dan Jepang menang dramatis menghadapi tim kuat Afrika Selatan.

      Benar kata Kang Pejalan, rugby adalah olah raga pria sejati.

  2. Oom Wager,

    Ada DUA macam rugby rugby league dan rugby union. Pemain2 rugby cenderung …berbadan besar. Pemain sepak bola seperti …Messi pasti akan susah jadi pemain rugby yang tangguh.

    Yang selalu …mengherankan sekaligus membuat saya kagum adalah orang2 dewasa maupun anak2 dan remaja senang melihat dan bermain…bola karet atau lonjong yang ditendang kesana kemari …hehehehe … Bermain , menjadi seperti anak kecil lagi, nampaknya … perlu untuk sejenak melupakan hidup yang sering tidak selalu manis …

    Kalau saya lebih suka bermain …perang2 an dengan boneka kayu …(-: yang lebih dikenal dengan nama …catur / sekak (-: Konon, ini dulu mainan jendral2 perang …Catur juga diajarkan di West Point ,Akabri Amerika (-:
    Oh ya, saya juga senang bermain Xiangqi – catur China, yang saudara misan catur. Vo Nguyen Giap, jendral yang terkenal karena memimpin perang di Dien Bien Phu (Vietnam) yang mengalahkan serdadu2 Perancis , suka bermain xiangqi di waktu senggangnya.

    Xiangqi bertuliskan karakter China, seperti kartu ‘ceki’. Di Jepang ada ‘shogi’ yang mirip dengan xiangqi.
    Satrio Piningit kalau ndak bisa main …catur dan / atau xiangqi pasti cuma SP mbelgedes versi dongbud …(-:

    slumanslumunslametslumanslumunslamet ….

  3. Konon, konon lho, di surga banyak orang2 yang bermain catur,xiangqi,(kartu) ceki, dan bridge. Disana, sepak bola ,rugby dan semacamnya …dilarang oleh malaikat dan Oom Allah. Terlalu bising , menurut mbah Karto Joyoendo …

    1. Di surga ndak ada sepak bola atau rugby? Weleh….. tapi….. bagi saya ndak ngefek juga Kang karena walau bagaimanapun (seperti kata si Joni), saya sudah pasti ndak dapat surga. wakakakk…….

      *blog abal2, dari rugby bisa nyambung ke surga neraka.

  4. Selamat Pagi & Salam Sejahtra Simbah Wager, Kang Bala & Para Warga Dongbud@
    Heheeheeeee……. menyimak Simbah lagi me-wedar & guyon…., sambil ngopi dan memandang puncak gunung yang kokoh, terang & indah…..

    Sukses slalu, rahayu…
    Jayadanjayalahblogdongbudpadepokanmbelgedez…
    Majulahdanjayalahnusantaramerahputihibupertiwi…..

  5. *blog abal2, dari rugby bisa nyambung ke surga neraka.(Wager)
    ————-
    Oom Wager,

    Menurut saya ,blog mbel binti abal2 ini punya …tema khusus. Lha, ya itu, mbelgedes binti abal2 ! Jadi, ndak usah kaget kalau rugby bisa nyambung ke surga neraka ! (-:
    Ndak usah kaget juga kalau topik SP yang amat sangat populer nyambung ke jualan …(kecap) agama dan ayat2, nyambung ke …cem macem lah …(-: Lha, kan blog ABAL2 ?!

    Ngomong2, wajah dongbud terlihat …cantik (lagi) kalau dilihat pakai …laptop. Dua jempol Oom !

    Kang Pejalan,

    Kumaha damang ? (-: Memang mungkin edan / gila saya agak …berkurang. Sudah waras, kata Oom Wager. Tapi, ndak ada …orang yang sepenuhnya sehat atau sepenuhnya gila ! …Jadi, pasti , kalau kumat lagi, bagian khusus orang gila akan saya …sambangi / datangi lagi .

    slumanslumunslametslumanslumunslamet ….(-:

    1. Salam Sejahtra Simbah, Kang Bala(ne)dewa, dan Para Warga Dongbud@

      @Kang Bala, Pangestu.., samulihna Panjenengan bgmn..?
      Bawa oleh2 Bibit Buah2an-kah…??
      Saya terkesan dgn kreatifitasnya-nya Para Petani Thailand dan support dari Pemerintahan-nya………

    2. Kang Pejalan,

      Pangestu . .. (-: Waktu kesana kemarin saya cuma bawa cabin bag – dibatasi maksimal 7 kg saja. Jadi ya ndak bisa apa2 …Kesan saya : orang2 Phuket ramah2 dan …jujur. Lalu lintas disana …tertib, ndak ada yang saling ..serobot (-;
      Kemana-mana kami naik …tuk tuk , seperti Susuki yg dipakai untuk angkot di Bogor – mBogor kata lidah Jawa saya.

    3. Lalu lintas di Phuket Thailand tertib?
      * Teplok jidat
      Kalah dong kita?

      Duh, andai ada sedikit catatan perjalannnya serta foto-fotonya sebagai study banding…….
      *ngerep mode on. maklum ndak ada duit ongkos kesana. Jalan kaki kejauhan, pakai perahu karet, ndak kuat ndayungnya.

    4. Oom SK (-:

      Pada dasarnya saya bukan …penulis, jadi ndak …terpikir bikin catatan perjalanan ! Yang penting saya senang ,kenyang dan banyak ketawa ketiwi dengan satu rombongan yang berjumlah 18 orang … Cuma hp saya yang pinter – jeprat jepret patung2 Buddha raksasa, pantai dan pegunungan dekat hotel – tapi saya ya ndak (pinter). Lha wong mau pasang,pamer foto disini …ndak bisa …)-: (Ini saya pamer …kebodohan …)

      Lalu lintas di Phuket tertib. Ini mungkin karena Phuket tempat …turis …Kalau di Bangkok mungkin lain …Nampaknya ekonomi Phuket banyak mengandalkan …turis. Kurang lebih seperti …Bali …
      Busyet, barang2 disana …lebih mahal daripada di Kurawa ! …Yang lebih murah cuma …pijat yang ada dimana-mana. Pijat seluruh badan, pijat kaki , dll. Oh , malam2 waktu kami jalan2 cari makan, kami jalan2 di daerah yang banyak bar remang2 dengan musik yang diputar sampai memekakkan telinga dan cewek2nya cuma memakai bikini saja …Agak kaget juga, saya ndak pernah membayangkan cewek2 itu harus , mau pakai bikini dan jingkrak2 untuk mencari …sesuap nasi ….

      Konon,perjalanan itu memperluas cakrawala. Tapi, untuk saya nampaknya ini ndak berlaku. Cakrawala saya tetap sempit. Yang jelas perjalanan itu lumayan …melelahkan dan mengosongkan …dompet …)-:

    5. Weh, semprul sekali, tadi malam saya nulis di ruang ini. Saya kirim, ndak muncul. Saya kirim lagi, katanya SUDAH terkirim …Ternyata …Mungkin hilang dibajak …setan kober ?! )-: Idealnya, ndak langsung nulis disini, tapi dibuatkan draft dulu …Ini saya pamer ….kebodohan saya ….(-:

    6. Kang Balane,
      Komentar nyasar ke spam. Ndak tahu penyebabnya, komentar sayapun kadang kena spam. Semprul memang.

      Nuwun atas cerita perjalanannya. Walau singkat tapi cukuplah dibanding tdk ada.

      Nongolin foto sebetulnya sangat mudah bagi yang….tahu. Sedang bagi yang tidak tahu ya susah setengah mati. Sama kayak saya kalau disuruh belajar nyolder dan betulin radio pasti susahnya setengah mati.

      Agama, toleransi, humanisme adalah sama saja.

      Dari foto nyasar ke agama. Namanya juga blog abal2. Ok, Kang, tanpa foto juga ndak apa2

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s