Tragedi, Bencana dan Doa Girang Orang Koplak

bencana
Ilustrasi bencana. Sumber image : youtube

DONGBUD – Wager Rahadjo. Bencana adalah merupakan tragedi yang bisa terjadi atau menimpa siapa saja dan di mana saja. Pada umumnya, disaat atau setelah terjadinya suatu tragedi, kebanyakan orang akan berusaha memberikan pertolongan atau minimal menunjukkan simpati atau belasungkawa. Namun rambut sama hitam, namun pendapat bisa jadi beda. Selain kesedihan dan simpati, bencana juga bisa menjadi obyek bahan tertawaan, sorak sorai, syukuran, konsumsi politik dll.

Tsunami di Jepang misalnya, dari sebagian besar ucapan simpati dan belasungkawa yang mengalir, ada juga sebagian kecil orang yang tampak senang kegirangan, menganggapanya sebagai hukaman yang setimpal dari tuhan pada negara produsen film porno. Wuaduh Mak…. Terus bagaimana dengan tragedi tsumani di Aceh? Ternyata jawabnya sama saja.

Disaat terjadi tragedi 11 September WTC, sebagian orang ada yang bersorak, sembahyang dan bersyukur senang, Disaat bencana alam gunung meletus, gempa dll, komentar-komentar yang mengkaitkan dengan agama-pun bermunculan. Namun maklum saja, namanya juga negeri religus jadi segala sesuatu harus dihubung-hubungkan dengan agama. Tidak salah tentu saja, kalau tujuannya adalah sebagai pengingat agar lebih bertaqwa atau mendekatkan diri pada Tuhan. Namun terkadang tanpa sadar sebagian kecil orang telah melontarkan pendapat yang isinya sudah mengarah ke memvonis para korban sebagai pihak yang salah yang layak mendapat bencana atau hukuman.

Kemudian untuk tragedi lainnya, seperti bus yang berisi rombongan jemaat gereja masuk jurang, tabrakan maut sehabis menghadiri misa, gereja tersambar petir dan sejenisnya, komentar bisa lebih ramai dan sadis. Ya, semua ini adalah merupakan potret buram prilaku sebagian orang beragama di negeri ini.

Tragedi adalah BENCANA KEMANUSIAAN. Terlepas dari apa penyebabnya, siapa korbannya, apa agamanya dll hendaknya kita selalu mencoba lebih mengedepankan sisi kemanusiaannya. Hindari vonis menyakitkan dengan menyalahkan para korban dengan status atau SABDA ALA TUHAN KOPLAK. Tragedi di Mina, tragedi di Jepang, Palestina, Israel, Amerika, Aceh atau dimanapun adalah sama saja. 

Seberapa besarkah rasa empati kita terhadap para korban? Apakah simpati dan humanisme baru muncul tatkala bencana terjadi di daerah atau negara yang seiman atau seagama dengan saya?

Salah satu contoh status koplak. Entah benaran atau tidak, asli atau palsu, yang jelas status semacam ini cukup sering ditemukan.

Bencana sekali lagi bisa terjadi kapan saja dan dimana saja tanpa bisa diduga. Bersyukurlah (pada Tuhan, dewa, bumi, pohon atau apa saja sesuai keyakinan) karena anda atau keluarga anda selamat serta tunjukanlah rasa simpati atau rasa humanisme sebagai manusia beragama bukan sebaliknya, mempertontonkan kebodohan sebagai umat beragama. Tapi ya susah juga, sekali koplak ya tetap koplak.

Catatan : Tulisan ini adalah sindirian atau ditujukan pada diri sendiri yang memang …… koplak. Koplak artinya kurang lebih sama dengan “dodol”.

Wager

Referensi :

Catatan 2 : Untuk menghindari salah tafsir dll, maka isi artikel dan juga judul mengalami sedikit revisi. Judul awal artikel adalah “Tragedi Mekah, Tuhan Maha Koplak” . Mohon maaf kalau ada rekan yang tersinggung dan matur nuwun pada semua rekan atas tanggapan, saran dan koreksinya.

Advertisements

20 thoughts on “Tragedi, Bencana dan Doa Girang Orang Koplak

  1. ‘ …. hidup adalah sebuah dongeng
    Yang dituturkan seorang idiot, bising
    dan penuh dengan kemarahan,
    Mbelgedes, tanpa arti .’ (Macbeth)

    Dunia ini, kata Pakde Shakespeare, adalah …panggung sandiwara … Kita semua punya peran yang berbeda-beda ….
    ——————————————————————————————
    Hmm, lha nek semua diserahkan …Tuhan ,apa ndak repot ya ? (-: …Padahal Tuhan / alam sudah memberi kita alat super ampuh – otak, nalar. Tuhan dan nabi2 ndak pernah bilang bumi lah yang mengitari matahari , bukan sebaliknya. Tanpa (pemikiran) Galileo, orang akan tetap …percaya matahari mengelilingi bumi !

    Kematian di tangan Tuhan ?? Ndak, lah … Hidup tanpa memakai otak untuk berpikir, tak layak dijalani .*)

    *) Kata2 mutiara Mbah Sokrates yang sedikit dibelokkan.

  2. Tulisan ini mencoba membahas tentang bencana dan bagaimana sebaiknya kita bersikap, berkomentar atau menanggapi bencana tersebut. Poin utamanya sepertinya sudah sangat jelas menurut saya yaitu mengedepankan sisi humanisme.

    Cuma… ya itu, karena disajikan dengan gaya penulisan yang nyeleneh maka membuat beberapa orang sepertinya gagal paham. Mereka sepertinya terjebak dengan 3 kata pada judul tulisan yaitu Tuhan, Koplak dan Mekah.

    Namun ya mau apa lagi, ini memang gaya penulisan saya. Saya terkadang menulis bukan dengan pilihan kalimat yang bagus dan enak dibaca serta mudah dipahami isinya, tapi sebaliknya, bahasa yang kasar dan tidak dimengerti.

    Mohon maklum aja, saya menulis bukan dengan semata dengan maksud agar semua pembaca paham, mengerti dan setujua, karena saya percaya bahwa itu tidaklah mungkin.

    Ada yang paham inti atau pesannya, ada juga yang gagal paham, bingung, tersesat atau marah2 sampai guling2 dan akhirnya …… berpikir. Berpikir untuk membuat komentar, tulisan tandingan yang lebih bagus, lebih waras atau lebih berbobot. Nah, itulah blog abal-abal.

    Namun ada juga warga yang marah2 dan guling2 terus2an tanpa awal dan tanpa akhir. Lha, biarin aja.

    Kadang manusia menjadi baik dan soleh gara2 ada setan, jadi anggap saja dongbud adalah setan dan wage adalah mbah setannya. wakakakkk…..

    salam

  3. sesungguhnya berhaji itu bukan panggilan Tuhan, tapi panggilan orang arab untuk bisa mendapatkan devisa negara yang banyak. maklum negri mereka kan gersang tak ada sumber daya lain kecuali hanya kurma dan minyak tanah.

    1. Jeng Dewi ,

      Berbicara mengenai ‘sesungguhnya’ bisa jadi …mbulet , meskipun menarik. Tuhan sering dikatakan bilang ini itu kepada orang2 , terutama di Timur Tengah. Lha, kok Tuhan ndak bilang apa2 kepada orang2 China seperti Konghucu ,Lao Tzu ? Lha kok Tuhan ndak bilang apa2 sama Oom Sidharta Gautama dari Nepal / India ??

      Apakah Sidharta yang kemudian tercerahkan – Buddha – itu kerjanya, seperti Oom Wagerr …menyesatkan orang ? Padahal beliau mengajarkan LIMA hal yang pokok : jangan membunuh, jangan mencuri,jangan selingkuh,jangan bohong dan berkata kasar, jangan minum minuman keras / jangan mabuk . Apa ajaran Oom Buddha …salah dan perlu direvisi ? Kata siapa ?? (-:

      Oh ya, mengapa Tuhan tidak bilang apa2 kepada orang Jawa yang, dulu, super pinter – bisa membuat candi2 yang sampai sekarang masih berdiri ??

      Ndak banyak orang tertarik atau mau dengan yang ‘sesungguhnya’. Kecap2 jadi …ndak laku nanti …hehehehe …

  4. Ada yang paham inti atau pesannya, ada juga yang gagal paham, bingung, tersesat atau marah2 sampai guling2 ….. (Wager )
    ——————————————————————
    Memang …sering begitu ,Oom ! )-: Saya pernah berdialog dengan seorang …pastur Yesuit. Aslinya Belanda, tapi sudah jadi wni. Beliau bilang a.l bahwa Adam dan Hawa itu bukan tokoh …historis ! Ndak ada dalam kenyataan ! … Cerita2 di dalam kitab suci perjanjian lama itu kebanyakan ya hanya …cerita , tepatnya alegori.

    Ada Adam dan Hawa. Cuma dua orang. Terus punya anak2 , Kain dan Abil. Lha, anak2 mereka punya …isteri ndak ?? Kalau punya , isteri dari …planet mana ?? (-:

    Nah, memang banyak yang percaya bahwa Adam dan Hawa itu tokoh yang benar2 ada. Mereka percaya karena …kitab suci bilang begitu ! Lha namanya kitab suci kan …ndak bisa salah ?! Intinya : kalau baca kitab suci ya …ndak usah pakai logika …PERCAYA saja lah ! (-:

    Si Oom juga harus … mengaku, tulisan si Oom Wager bisa …disalahartikan, dus si Oom …revisi ! (-: Setelah diedit (lagi), tulisan jadi tambah jelas …Tapi, bagi yang …fanatik , baca Tuhan dikoplak-koplak an kan sudah bikin …panas telinga , lalu pesan intinya ndak kebaca …

    Humanisme memang sering … kesepian di negara kita ini …

  5. dewi dewi msh belum bisa menerima dogma agamA
    Dari memek dsunat,haji etc kamu selalu telanjang.
    Bukan begitu caranya menunjukan keluhungan budi..dan pe ker ti ti ti
    kaget juga ada kalimat tuhan koplak!!
    Yg nulis sudah benar2 koplak
    miying kekiri dan kekanan tanpa goyang
    memang jempol TS diatas
    yg baca harus sdh melalui tahap guncangan koplak
    ada baiknya ada batasan kalimat kang wager!
    Perlu direnungkan hehe
    tujuan intinya benar kemasannya seperti nawarin eskrim dalam mangkuk gambar tai kuning hihi

  6. Mreka terinjak2 saat mau nyambitin iblis pakai batu mbah…
    Hihihiii ternyata kalah sakti ma iblisnya,blm sempat nyambit udah terinjak2 teman sendiri wekekeke
    Lahh aq ketawa saja mbah,lah gimana lgi… mau belasingkawang eh sungkawa jg salah lahh konon katanya itu arwah lngsung surga tanpa d periksa ma moloikat…
    Tpi ngomong2 klo yg korban mina ini dapat brapa dinar ya mbah…
    Ingat mbah korban ‘mina’… bukan ‘minah’ TKW yg jdi korban…
    Wakakakaaa

    1. Hari ini kau bs tertawakan orang yang mati di injak injak,bsk giliranmu akan mengalami spt itu jg diinjak injak lsg sama iblis…makanya jgn ketawain orang yang jatuh dan mati kecelakaan, tp semestinya dikasihani dan didoakan kebaikan…. Agar spy diri kita jg keluarga kita dilindungi dr hal serupa…

  7. Pertanyaan KLASIK : 1) apa memang sudah …takdir Allah mereka meninggal terinjak-injak di negeri orang ?
    2) apa betul yang meninggal dijamin masuk …surga ?

    Semoga tidak terulang lagi …

    1. Lahh tdak terulang lagi bijimana ?
      Mrka itu senang bisa mati d sana,lahh propagandanya kan mati syahid,harusnya d beri ucapan selamat dong… kan masuk syurrga yg syuurrr….
      D tambah lagi dapat santunan duit real dan 2 anggota kluarga gratis wisata kesono dan plng dpt sertipikat ‘haji’ dgn catatan gak terijak2 lagi.

    1. Itu menurut tuhanmu….tuhanmu kan iblis dan hawa nafsumu,pantes aja menerima siapa pun yang penting jd hamba iblis dan hamba hawa nafsu…

  8. @salam dongbud lover’s
    @salam mbah wager
    Saudara semua damai selalu

    Tragedi atau bencana memang tak perlu ada yang disalahkan.
    Alam berproses sendiri manusia pun berproses , hukum sebab akibat – aksi reaksi selalu berjalan.
    Agama hanya ilmu, doa merupakan energi yang akan menjadi aksi.
    Sikap empati pada tragedi memang dari hati dan ini juga sebuah aksi yang tentunya akan menuai reaksi.
    Jika saudaramu ada yang mati hari ini Apakah kamu bersedih?

    Rahayu

  9. …..Kedepankan sisi humanisme…
    Saya sngt empati dgn korban yg meninggal saat ibadah di Mina,tahun ini atau yg lalu2..
    Cm usul sy,berhentilah meng-amini “janji” surga jika meninggal disana. Bukannya tiket kesana adalah amal? Dan smua dri kita pnya amal baik dan pasti ada buruknya jg. Dan dari itu berarti akan mengecap neraka jg kan???
    Lagian msuk surga dri arab sesampainya jg bakalan puyeng… La wong bhs yg dipake disana konon bhs Arab… Apa mrk smua fasih??? Hehe….

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s