Tata Tertib Dan Panduan Komentar


I. Panduan saat komentar tidak muncul

Cukup sering terjadi, komentar pembaca hilang atau tidak muncul di daftar komentar.  Kemungkinan besar komentar Anda kena jaring dan dimasukkan ke kotak spam oleh wordpress. Kenapa? Jujur saya tidak tahu penyebabnya. Namun yang jelas, sebatas yang saya tahu, komentar ditulis, dipublish atau diblock lewat mekanisme logaritme script alias mesin komputer. Mesin kadang bego tidak bisa membedakan tulisan serius dengan tulisan iseng, komentar normal dan komentar spam. Jangan panik, jangan negatif dan juga jangan mengirim komentar yang sama berulang kali. Klik REFRESH dan ketiklah beberapa patah kata yang ditujukan ke admin blog untuk memeriksa komentar Anda yang hilang.

Bukan hanya komentar milik Anda saja, komentar saya alias admin-pun terkadang juga hilang dan dianggap spam oleh mesin. Komentar yang sama diposting 2 kali, komentar iseng yang ditulis panjang tanpa spasi (hurufngumpuljadisatu), spasi pemisah kata yang diganti dengan titik titi dll adalah salah satu contoh komentar yang rentan terkena jaring spam.  Menggunakan bahasa serta tanda baca yang benar (mungkin) bisa  meminimalkan terkena jaring spam.

II Panduan untuk edit, hapus dan memindahkan komentar

Komentar yang sudah terkirim tidak bisa dihapus atau diedit oleh pembaca., namun admin blog bisa melakukannya. Jadi silakan ketik pesan yang ditujukan ke admin atau moderator blog.  Kemudian untuk memindahkan komentar yang salah kamar sama sekali tidak bisa dilakukan oleh admin.  Jadi satu satunya solusi adalah dengan memposting ulang di halaman yang dianggap benar,.

III. Apa yang boleh, apa yang dilarang ?

  1. Komentar Spam. Semua komentar spam akan dihapus. Katagori spam adalah mengandung unsur pornografi, kriminal, menganjurkan kekerasan, judi, iklan dagan dll. Di dunia maya, mengetik dengan huruf besar artinya berteriak, jadi komentar yang seluruhnya diketik dengan huruf besar termasuk spam. Icon atau emotion yang berderet sampai puluhan termasuk spam.
  2. Promosi Blog Lain. Promosi blog sama sekali TIDAK DILARANG namun malah sangat dianjurkan di blog abal-abal. Silakan berpromosi blog di dongeng budaya. Caranya tulis sedikit komentar sesuai dengan topik yang dibahas kemudian diikuti dengan link blog di bagian bawah. YANG DILARANG adalah link tabrak lari dan main seruduk (pasang link doang tanpa penjelasan apapun).  Nah, ini sudah termasuk katagori spam.
  3. Komentar Copy Paste Copy paste blog berita dari media online sama sekali tidak dilarang. Yang harus dihindari adalah berdebat atau beropini dengan men-copy paste artikel / blog orang lain. Belajarlah menulis komentar dengan menggunakan kalimat atau opini dan pendapat sendiri. Kalau terpaksa harus menggunakan referensi blog lain, silakan cantumkan link-nya atau ringkasannya.
  4. Link dan Video. Untuk menghindari loading blog menjadi lambat maka postingan video (youtube). dibatasai hanya satu video perkomentar.  Kemudian untuk link ke site / blog lain, dibatasi hanya 3 link saja. Link yang lebih dari 3 otomatis akan masuk spam.
  5. Ayat Kitab Suci. Komentar yang penuh potongan ayat kitab suci berseliweran tidak jelas juntrungnya akan dihapus. Kenapa? Ini untuk menjaga kesucian kitab anda sendiri.  Postinglah ayat kitab suci(mu) pada tempatnya, dengan ukuran dan takaran yang tepat. Jangan diumbar sehingga menjadi terlihat murahan. Kalau diposting sepotong-sepotong tanpa penjelasan apapun maka akan dikatagorikan sebagai komentar spam.
  6. Dislike Logic Error. Komentar yang menyalahkan atau menyerang seseorang hanya karena perasaan tidak suka pada orangnya sering disebut dengan dislike logic error. Hindarilah komentar semacam ini. Debat atau sanggahlah pendapat atau pemikirannya bukan menyerang orang, pribadi atau malah bentuk fisik seseorang.
  7. Aturan lain akan ditambahkan atau dikurangi di lain hari.

IV. Panduan saat terjadi konflik

  1. Belajarlah dewasa. Semua orang harus belajar untuk dewasa, belajar untuk menerima perbedaan serta sekaligus juga belajar untuk menerima kenyataan bahwa kita hidup di dunia yang majemuk.  Ini adalah filosofi dasar dari blog abal2.
  2. Jangan terpancing emosi. Hindari debat kusir.  “Sometimes people don’t want to hear the truth because they don’t want their illusions destroyed. So….Don’t waste your time with explanations, people only hear what they want to hear. (Paulo Coelho)”.
  3. Belajar memoderasi diri sendiri. Admin ataupun moderator hanya bisa memberi saran dan masukkan dan penyelesaiannya kembali ke diri masing masing. Tidak penting siapa yang memulai, siapa yang membalas. Juga terkadang tidak penting siapa yang benar, siapa yang salah. Pada setiap pertengkaran, semua orang akan merasa benar.
  4. Kalau belum jelas, kembali ke nomor 1 di atas.

V. Apakah dongbud suka main hapus komentar  atau blocking pengunjung ?

Secara umum, jawabannya adalah TIDAK. Dongbud sebisa mungkin berusaha untuk tidak menghapus komentar. Tata tertib yang tertera di atas hanyalah sekedar formalitas saja dan hanya akan diterapkan disaat kondisi terpaksa.

Komentar ngawur kadang sengaja dibiarkan sekedar sebagai contoh,  pembelajaran atau file rekam jejak opini seseorang atau masyarakat (dunia maya) secara umum.  Kalau hanya komentar baik-baik saja yang ditampilkan maka saya khawatir kita tidak punya gambaran tentang realitas dunia nyata. Note : khusus untuk komentar negatif yang melewati batas dan dilakukan berulang-ulang maka 99% akan dihapus dan hanya menyisakan 1 komentar sebagai file.

 VI. Panduan menggunakan  ID ganda

Apakah berkomentar menggunakan banyak ID atau gonta-ganti dibenarkan di blog ini? Ya, tentu saja bisa. Multi ID adalah hak dan kebebasan anggota dan siapapun sepertinya tidak akan bisa mencegahnya. Setiap orang tentu punya alasan untuk menyamarkan diri dan blog abal2 ini tidak mau ber-repot-ria mengurus hal sepele seperti ini.

Apakah Admin (Wage Rahardjo) juga menggunakan double ID?  Jujur saja, jawabannya adalah ya. Ha…ha……. Saya, wager memiliki banyak ID seperti Dongeng Budaya, Dongbud, Admin, Wager, Wgr, Tukang Seduh Kopi (TSK) dan Jengot Uban. Saya sengaja menggunakan beragam ID untuk beragam keperluan. ID resmi dengan logo saya gunakan saat menjalankan tugas admin, moderator atau menyapa warga baru, Jengot Uban saya gunakan disaat ingin memberikan info tentang usia. Sedangkan ID lainnya adalah untuk keperluan sehari-hari yang tujuannya agar tidak ada jarak atau pembatas antara admin dan pengunjung.

Walaupun menggunakan banyak ID, yang jelas saya tidak menggunakannya untuk tujuan menyerang anggota atau pengunjung. Lha, posisi saya adalah admin? Walaupun tidak ketahuan, tapi rasanya aneh kalau tuan rumah menyerang pengunjung sendiri. ID ganda untuk menyamarkan diri, memancing konflik agar blog ramai, berbalas pantun dengan diri sendiri dll adalah bukan style saya.

VII. Panduan menggunakan komentar Anonymous

Blog ini memperbolehkan para rekan untuk mengosongkan kolom nama, mail dan website. Jadi tinggal ketik opini di kolom komentar dan klik kirim.  Anda juga bisa mengisi kolom nama tapi mengosongkan kolom mail atau sebaliknya, isi mail tapi kosongkan nama.

Khusus untuk komentar tanpa mail seperti di atas maka akan mendapatkan Avatar yang sama atau seragam dengan sesama pengunjug yang mengosongkan kolom mail.  Jadi bukan hal aneh kalau Anda akan menemukan 2, 3 atau puluhan orang dengan avatar yang sama namun dengan nama yang berbeda.

Terima kasih

Dongeng Budaya


Advertisements