Halaman Khusus : “Orang Gila”

Halaman khusus untuk tempat kumpul sesama orang gila, gendeng, koplak, suka senyum sendiri dll. Catatan : kata gila yang dimaksud disini adalah “gila” dalam tanda petik.

listrik3

Halaman ini di-asuh oleh Kang “PEJALAN”

Waras dan gila memiliki batasan yang tipis.  Orang gila sepintas mungkin terlihat waras, namun sebetulnya adalah gila, demikian juga sebaliknya, seseorang terlihat gila padahal sebetulnya sangat waras. Tuduhan gila hanya semata karena ketidaktahuan, pemikiran yang berbeda dengan masyarakat umum, ide-ide yang nyeleneh tidak masuk akal (bagi orang kebanyakan) dll.

Semua orang pada dasarnya adalah gila, perbedaan hanyalah prosentase atau kadar kegilanya saja, setengah gila, 1/4 gila, 3/4 gila dst. Semua orang pada dasarnya adalah gila, perbedaannya hanyalah tahu tempat, waktu dan situasi mengeluarkan kegilaan atau tidak, tahu memanfaatkan kegilaan atau tidak.

Beberapa contoh jenis gila yang umum ditemukan adalah gila akses facebook, gila main game,  gila pencet jerawat, gila kebut-kebutan bersama teman di jalan raya, gila tarik tuas gas motor waktu tikungan, gila kepingin beli Hp baru tapi ndak punya duit, gila download video porno,  gila baca blog abal-abal dll.

Bukan masalah besar apakah saya gila atau waras, yang terpenting menikmatinya dan berusaha agar aktivitas kesenangan kita tidak merugikan orang lain. Betul ndak? Nah, kalau gila yang merugikan, rusuh atau bahkan sampai bunuh orang, itu mah parah dan harus dikurung. Agama mungkin mungkin merupakan solusi ampuh untuk menyembukan orang gila, namun ya itu……. terkadang agama juga malah membuat orang waras malah jadi gila. Mereka hanya waras, damai dan tenang disaat sembahyang saja. namun kembali rusuh hanya berselang beberapa menit sesudahnya. Parah khan?

Berikut adalah beragam katagori gile versi dongbud. Termasuk jenis manakah saya?

  • Gila Jinak dan Standar. Jenis gila yang  secara umum tidak berbahaya bagi orang sekitar. Pelakunya paling cuma senyum-senyum, ngomong atau tertawa cekikikan sendirian. Mereka umumnya adalah orang-orang baik dan penurut yang karena suatu sebab mengalami gangguan kejiwaan. Dirawat dan diberikan kasih sayang biasanya akan sembuh.
  • Gila Liar dan Kriminal. Kebalikannya dengan gila jinak. Berbahaya dan meresahkan masyarakat. Kalau gila jenis ini diidap oleh tokoh politik, tokoh agama, tentara, jendral serta orang berpengaruh lainnya maka efeknya akan menjadi lebih mengerikan.
  • Setengah Gila. Jenis  gila yang sangat tidak jelas dan membingungkan. Gila ndak, waraspun bukan. Lha, namanya juga setengah.
  • Gila Menghibur. Kelakuannya lucu, menggelikan, membuat orang terhibur, tersenyum atau tertawa terpingkal-pingkal.
  • Gila Positif dan Jenius. Tinggkatan tertinggi dari gila. Misalnya Wright Bersaudara melakukan kegiatan gila yaitu mencoba membuat pesawat terbang. Contoh lainnya yaitu budaya gila kerja pada masyarkat Jepang, telah menciptakan kemakuran ekonomi pada negerinya. Festival San Fermin di Spanyol adalah festival orang gila yaitu berlari bersama sekumpulan banteng liar, yang merupakan salah satu atraksi budaya yang menarik jutaan wisatawan. Gila musik, gila main bola, gila baca buku, gila bersih-bersih dll adalah contoh lain dari gila bermanfaat.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda termasuk orang gila namun merasa diri waras atau orang waras namun merasa diri gila?

————————————-

festivalgila
Festival gila, lari bersama banteng di Spanyol. Credit image : dailymail

G I L A

Oleh : Bala(ne)dewa. 

Gila: Ini salah satu penyakit jiwa – mental illness. Di banyak negara termasuk Indonesia penyakit jiwa yang banyak macamnya itu sering digampangkan dengan sebutan gila.

Ada beberapa jenis penyakit jiwa, setahu saya, contohnya; depresi, schizophrenia, OCD, PTSD, Bipolar Disorder, Autisme dll. Gila adalah istilah umum yang sering …salah. Nah, karena takut dicap gila, banyak orang yang menderita penyakit mental / jiwa ini tidak …mau ke dokter – jiwa.

Banyak serdadu Amerika yang menderita PTSD – post traumatic stress disorder, setelah kembali dari perang di Vietnam, Irak, dan Afghanistan. Mereka mengalami trauma setelah melihat …kejamnya perang – manusia dibantai, dipenggal kepalanya, teman sesama tentara yang mati secara mengenaskan kena peluru / bom musuh. Karena PTSD ini lalu ada (mantan) serdadu ini yang …bunuh diri atau …membunuh orang lain… Gilakah mereka? Ndak lah. Mereka perlu (pengobatan) tapi tidak mendapat pertolongan dari dokter ahli – psikiater.

Banyak orang dan tokoh2 agama – nabi2, yang mengaku sering melihat …setan atau malaikat dll. Ini bisa dikategorikan sebagai schizophrenia, menurut sebuah teori yang pernah saya baca.

Lik Arjo tetangga saya kena …stroke di tahun 90-an. Usia beliau waktu itu sekitar 70-an. Setelah sembuh, ingatan beliau berkurang drastis. Ada bagian otak Lik Arjo yang rusak karena tidak mendapat oksigen waktu kena stroke dulu. Pernah beliau jalan2 di kampung sebelah. Ada jemuran pakaian. Lik Arjo mengira itu jemuran pakaiannya. Beliau ambil. Oleh orang2 di kampung situ, beliau dianggap ….maling ! Dipukuli ! Ada yang menganggap Lik Arjo …gila…

Gila : istilah gampangan untuk orang2 yang …tidak tahu .


Bersambung ke Halaman 2 : Cek and Ricek, ciri-ciri, pencegahan dll

Advertisements

1,796 thoughts on “Halaman Khusus : “Orang Gila”

  1. Selamat malam dongbud, selamat malam simbah wage, selamat malam sesepuh dan warga dongbud, selamat malam seseorang di balik layar (tancep), selamat malam calon istri orang :v

    Ah kopi tinggal satu tegukan lagi..
    Tapi lembar kertas masih kosong..
    saya bolak-balik portal demi portal berita, sembari mengisap batang terakhir sigaret yang saya punya.. gilaa saya tidak menemukan apapun untuk bisa di jadikan referensi atau rujukan, mendadak energi saya tersedot berita politik, agama yang ditunggangi politik, kelompok demi kelompok yang mengklaim dirinyalah yang paling benar, hasutan demi hasutan bernada kebencian diumbar sedemikian rupa dengan kata-kata yang wah dan luar biasa. Saya sungguh merasa terasing. Saya hisap hembuskan sigaret dengan dalam dan panjang, mencoba mengurangi perasaan hati saya yang diselimuti kegelisahan dan ketakutan yang menjalar tak terkendali.
    Saya tutup buku, meneguk kopi pahit karena ampasnya ikut tertelan, saya beranjak mengambil sapu lidi, lalu berjalan menuju jalan raya, kondisi jalan begitu sepi, hanya nampak sampah berserakan yang menutupi hampir sebagian badan jalan, saya mulai menyapu sembari sesekali melirik kiri kanan, depan dan belakang, ada rasa kuatir baringkali ada yang melihat apa yang saya lakukan kemudian mecerca saya dengan kata-kata maupun pemikiran-pemikiran yang sangat tidak saya ingini. Saya lanjutkan sapuan setelah merasa aman dan tidak ada yang memperhatikan saya. Remah demi remah saya kumpulkan, mata saya liar kesegala arah tak ingin ada sedikitpun yang luput serta tertinggal dari sapuan dan pandangan saya, hingga tanpa sadar ada seseorang yang entah dari mana datangnya menegur saya dengan suara yang berat dan terdengar berwibawa “Hei nak, apa yang sedang kau lakukan? Siapa yang menyuruhmu?”
    Saya mendongak kepada pria itu, dengan setelan seragam lengkap dan bertopi, badannya besar dan tegap, wajahnya nampak bengis dan berkumis, sosok yang selalu saya bayangkan bertangan besi dalam film, novel maupun cerita sejarah yang pernah saya tonton dan baca.
    “Saya sedang membersihkan jalan dari sampah, Tuan. Tidak ada Tuan, saya hanya merasa sudah saatnya jalan ini di bersihkan karena sampah sudah terlalu banyak” Saya mencoba menahan lutut dan tangan saya yang gemetar, Saya takut dan menundukan kepala.
    “Bhahahahahahaha” Pria itu tertawa terbahak-bahak, saya tak berani menatap dan hanya menerka-nerka apakah tawa pria itu menghina apa yang saya lakukan atau menganggap lucu ketidakberdayaan saya. Saya hanya diam.
    “Oke oke, tidak apa-apa anak muda, jangan takut, tegakkan kepalamu aku ingin melihat wajahmu sebentar saja” Pria itu berjalan mendekat, saya menengadahkan muka. Pria itu memandangiku lekat-lekat kemudian tersenyum.
    “Maukah kau ikut denganku anak muda? Ada tempat yang harus kubersihkan, akan kuserahkan tugas itu kepadamu” Ujar pria itu sambil berjalan mengajak
    Saya ragu sekaligus penasaran, saya ikuti saja pria itu yang menuju suatu tempat.
    Bangunan itu bertembok tinggi, bercat kuning pudar, kumuh, gelap dan menyeramkan.
    Saya berhenti, ada rasa enggan untuk memasukinya lebih jauh.
    “Kenapa? Apa kau takut anak muda?”
    “Tidak Tuan, saya hanya merasa apakah saya mampu membersihakan tempat itu, sekilas saya melihat betapa banyaknya bayangan hitam berkelebat yang memenuhi tempat itu”
    “Bhahahahaha, tenang saja aku akan memberikanmu sesuatu untuk membersihkannya”
    Pria itu bermaksud mengeluarkan benda dari dalam sakunya, tapi segera saya menolaknya.
    “Sepertinya saya tidak memerlukan itu Tuan, Saya sudah terbiasa dengan yang saya punya, tapi dengan keadaan saya sekarang, saya belum mampu melakukannya”
    “Oh baiklah jika begitu, aku akan menunggunya, siapkanlah dirimu ” Pria itu tersenyum
    Saya memberanikan diri bertanya kepada pria itu ada apa di tempat itu, lalu kenapa tidak dia sendiri yang membersihkannya, dari yang saya lihat pria itu lebih dari mampu untuk melakukannya dengan mudah, tapi dia hanya tertawa, tawa yang khas.
    “Bhahahahahaha, ada seseorang yang harus dibebaskan dari tempat itu, seseorang yang penting bagimu, bagi kalian. Jika aku yang melakukannya lalu untuk apa seseorang sepertimu ada? Bhahahahaha, kuberi kau waktu 3 tahun, lalu kembalilah kesini” Ujar pria itu
    Saya hanya mengangguk, lalu segera beranjak pergi.

    **Saya hanya tersenyum sewaktu teman saya di seberang pulau itu bbm dan menceritakan kejadian itu.
    “Jadi gmn bro? gue kudu ngapain nih?”
    Saya cuma kirim emotion senyum.
    “Ah lu mah, pendapat lu gmn nih?
    akhirnya saya jawab aja.
    “Jika gue kasih pendapat mengenai itu, bukankah berarti gue gak punya muka? Seorang seperti gue yang hanya bekerja diatas meja kursi dengan setumpuk buku yang mungkin bisa salah bisa benar memberikan pendapat kepada lu yang terjun langsung di medan pertempuran, bisa saja sih, tapi gue malu dan rasanya tidak ada kapasitas bagi gue untuk ngejawab pertanyaan lu itu”
    “jadi?”
    “Lakuin saja apa yang menurut hati lu benar, seperti selama ini lu lakuin, tanpa paksaan siapapun, tanpa ingin terlihat siapapun, itu kekuatan besar lu, modal yang gue dan kebanyakan orang lain punya”

    *saya mesam-mesem mendadak sok bijak sambil nyruput kopi.. sruuuuuppp…

  2. Di kehidupan kita para manusia mengenal kebenaran dan kesalahan.
    Sebenarnya tidak ada kesalahan mutlak dan tidak ada pula kebenaran mutlak.

    Sering kita jumpai masalah pertanyaan yang membingungkan, jika pertanyaan itu di tanyakan maka akan timbul pertanyaan yang membuat pertanyaan baru dan kita terpaksa kembali ke pertanyaan semula.

    Misal kita sedang berada di jalan yang benar memang jalan kita, tapi di depan kita ada seorang tua renta maengayuh sepeda membawa beban yang berat.
    Apakah kita akan memaksa orang renta itu untuk mengalah atau kita yang mengalah, jika kita yang mengalah di samping kiri kita ada sebuah jurang ?????

    Maka untuk menilai sesuatu itu dibutuhkan keBIJAKan.
    Bijak terlahir dari wawasan keilmuwan yang luas.
    Maka dari itu semakin kau banyak tahu semakin diri mu pintar dalam memilih reaksi yang tepat untuk sebuah masalah.

    HyaiDosoMuko membahas paradox.

    1. Selamat malam kang hyai..
      sama seperti ilmu padi ya kang.. dari hasil searching sana searching sini, senggol sana senggol sini semakin berisi semakin merunduk, semakin banyak tau, semakin merasa rendah hati rendah diri.. karena ilmu sejati itu setiap dapat satu jawaban timbul dua pertanyaan baru, dapat dua jawaban muncul pertanyaan lagi, begitu seterusnya
      dengan kata lain, bagi keilmuan sejati semakin banyak yang ia ketahui, semakin berlipat ganda pula ketidaktahuannya.

      jadi ketika saya ingin menjawab perumpaan kang hyai.. timbul beberapa jawaban, jika saya menolong kakek tersebut dengan membiarkannya lewat maka saya yang rugi (terjatuh kejurang tsb) tp jika saya mementingkan diri saya sendiri makan kakek itu yang terjatuh dengan asumsi jalannya hanya bisa dilalui satu orang, nah jadi njlimet akhirnya saya berpikir sebelum lewat jalan tersebut harus diatur dengan saling mengalah, harus ada petugas yang ngatur (sistem buka tutup). klo tidak begitu ya bisa berabe (timbul korban jiwa) sesuatu yang sepele tp jika dihadapi dengan kebebalan dan sikap seenake dewe menjadi masalah serius..

      huehehehe ahirnya komen saya jadi panjang dan mbulet ga karuan..

      ah sruput kopi dulu kang hyai..

    2. Hahahahagh..

      Sallam Kang Lesungpipit..

      Bagi orang yang banyak tahu..
      ” KEBODOHAN ITU TERLIHAT MENGAGUMKAN ”

      Bagi orang yang minim pengetahuan..
      ” KEPINTARAN TERLIHAT MENGAGUMKAN ”

      Kesimpulan di atas saya dapat dari uraian Kang LesungPipit yang panjang dan njilmet..( Kang LesungPipit sendiri loh yang bilang ) heheheh..

      Hidup ini penuh dengan keMUNGKINan keMUNGKINan..
      hehehe..

    3. huehehehe..

      jadi kang hyai mungkin bisa saja sesuatu yang kita anggap benar selama ini bisa jadi itu salah atau sebaliknya?
      jika seperti itu lalu gimana caranya seorang yang bebal kaya saya ini bisa mengakui sesuatu hal yang baru itu? sementara sesuatu yang saya anggap benar itu sudah mendarah daging dalam hidup saya?

    4. Begini Kang LesungPipit..
      hemm…

      Jika kita sedang menganggap diri kita benar, maka anggap lah orang lain yang TIDAK sependapat dengan anda juga benar.

      Gusti ALLAH itu MAHA SEGALA GALA..
      Semua yang GHAIB DAN YANG DZOHIR (terlihat mata kasat kita) itu semua adalah ciptaanNYA..
      Semua yang BURUK dan yang BAIK juga ciptaanNYA..
      Semua ini ada di dalam diriNYA..

      Karena yang kita ANGGAP BURUK juga ciptaanNYA, maka jangan sekali kali kita membencinya..
      Karena yang buruk dan yang baik adalah bagian dari diriNYA..

      Semuga jawaban saya bisa memuaskan hati panjenengan..

      hehehe..

    5. Salam Kang Hyai..
      matur suwun sudah bersedia membalas…
      Jadi apakah bisa sebebal apapun manusia itu masih bisa berubah ke arah kebaikan (positif)?
      Saya ambil contoh Kisah Nabi Musa yang berguru kepada Nabi Khidir, Lalu Khidir membunuh seorang anak kecil karena kelak anak tersebut akan membuat kedua orangtuanya dalam kesesatan dan kekafiran.. jadi manusia tersebut tidak bisa di ubah menjadi baik sifat dan akalnya? bahkan kedua nabi tersebutpun tidak bisa.. (jika bisa maka tentunya anak tersebut dibawa dan dijadikan murid agar sifat akhlaq menjadiyang baik/positif)
      hal ini berbanding terbalik dengan kisah yang sudah beredar luas di masyarakat muslim tentang taubatnya seorang pembunuh keji (membunuh 100 orang termasuk ulama)
      bagaimana kita menyikapi kedua hal itu?

    6. Salaam Kang LesungPipit..

      Menurut saya..
      jika saya berkehendak merubah ideologi seseorang, itu mudah bagi saya.. (karena saya punya banyak rahasia bagaimana merubahnya dengan mudah)

      Tapi yang saya lakukan bukan seperti itu, misal saya ajarkan kepada murid saya. Bagaimana cara menggambar dan mewarnai yang baik dan benar. Saya beri mereka pemahaman jika begini maka hasilnya A jika begitu maka hasilnya B dan secukupnya.

      Saya tidak akan menggambar i buku gambar mereka, biar mereka sendiri yang mengisi nya.

      Karena tugas Guru hanya mengajari bukan membentuk mereka menjadi seperti apa yang Guru ingin.

      Dengan begitu maka sang Murid akan memiliki banyak kesempatan untuk menjadi lebih baik dari Sang Guru.

      Andai saya menjadi sang Musa pun, tentu saya juga kurang setuju dengan tindakan Nabi Khaidir.

      Karena saya penganut pemahaman ” NERIMO ING PANDUM OPO JARE GUSTI ” diberi peranan JAHAT yah IKHLAS diberi peran BAIK yah IKHLAS.

      Tentu semua itu terlepas setelah berusaha dan berdoa hasilnya yah diterima saja dengan ikhlas.

      Jikalaupun saya menjadi Khaidir, tentu saya juga punya pertimbangan pertimbangan. Sudah berpikir baik dan buruknya, bisa jadi saya hanya menciptakan FATA MURGANA kepada Musa. Supaya Musa mau belajar bagaimana cara agar TIDAK tertipu apa yang tampak oleh panca indera.

      Bapak Ibu saya beragama ISLAM maka agama saya juga ISLAM.
      Karena saya terlahir di Bumi JAWA maka saya adalah orang JAWA.
      Diancam dimasukkan ke neraka paling dalam pun saya tetap akan berpegang teguh.

      ” Saya seorang JAWA yang beragama ISLAM ”

      Semuga nyambung dengan pertanyaan anda..
      hehehe

      mugi manfaat..
      aamiin..
      barokahing Gusti ALLAH..

  3. Wilijeng ndalu Kang LesungPipit

    enjih..
    saya dari Kediri Jawa Timur, kalau sedang ada pekerjaan atau bermain kesini silahkan kabar kabar.

    Siapa tahu saya bisa mentraktir secangkir kopi.

    Kalau boleh tahu Kang LesungPipit tinggal dimana ??

    1. Wilujeng siyang Kang Hyai..

      Saya dari sebelah utaranya G. Slamet kang.. Sekarang lagi dalam pengasingan di pusat sriwijaya asli, bkn yang di buku sejarah (di tengah swarnabhumi) untuk dinormalkan/dimanusiakan
      Terimakasih tawarannya kang, mungkin nanti jika Gusti mengijinkan saya akan berkunjung ke tempat kang hyai jika kakang msh ingat, sebab kurang lebih 4 thn raga saya nggak bisa beranjak dr sini.
      Oh iya kang, bagaimana caranya dalam keterbatasan yang kita punya kita msh bisa memberi manfaat ke oranglain?

    2. Sallam Kang LesungPipit

      Ratu Shima juga dari Swarnabhumi, candi Palah (Candi Penataran) itu didekasikan untuknya. Candi Palah saksi bisu Sumpah PALAPA dari Sang Gajah Mada. Candi Palah tempat perabuan Ken Arok. Penemu Candi itu Pria Inggris, pada masa kolonial Belanda transisi ke Inggris.

      Jika raga memang tak bisa bergerak sama sekali, berdoa lah untuk mereka yang ingin anda doa kan.

      Kalau saya hal hal kecil, misal pada saat berbelanja jika barang yang saya beli masih bisa saya pegang tangan saya menolak di bungkus tas plastik. Dan saya bersuara lantang, agar yang lain mendengar ” hal kecil ini setidaknya bisa mengurangi polusi plastik “. Ada yang mencibir ada yang memuji. hehehe..
      Salah satu pujian mereka ” anda benar Mas kebaikan harus di mulai dari diri sendiri “.

      Olahraga, jika kita sehat dan kuat. Setidaknya jika ada orang lain minta bantuan tenaga, kita tak punya alasan menolak untuk membantunya.

      Senyum, setidaknya dengan senyuman bisa membantu tenangnya suasana sekitar.

      Sallam semua warga Padepokan Maya Dongeng Budaya.
      Jika ada yang mau menambahkan..
      hehehehe..

    3. hahahahghh..
      sudah saya duga terjadi miss understanding..
      gak apa apa..
      cuba di buka buku sejarahnya..
      hehehe..

      Hehehe..
      mancing para sepuh supaya hadir kok yah belum nongol nongol yah..

    4. Wilujeng Enjing Kang Hyai..

      huehehe nggih kang..

      pancinganya mungkin kurang greget menurut pinisepuh yang sudah sundul langit kang.. Jadi sementara Kang Hyai yang menggantikan dulu.. monggo kang dibabar ilmunya..

      saya menyimak sambil minum kopi…

      Salam RA (kyat)

    5. Salam Kang Hyai..

      ini saya copas dari pinisepuh yang ampuh kang (RD)

      Q: harus mengenali diri sendiri dulu bagaimana caranya?
      A: pertama kita harus mengakui kehinaan dan kelemahan diri kita dihadapan Gusti Allah..bahwa kita tidak akan pernah mampu mengenal Nya..kecuali Dia yang memperkenalkan diri Nya kepada kita.. banyak memohon ampun (istighfar) atas dosa, khilaf dan kesalahan yang telah lalu.
      kedua, kita harus menghancurkan semua sifat sombong, riya, iri hati, dengki, dendam, semua sifat syaiton, brakasan, hewan dan semua sifat2 yg membinasakan..
      ketiga, kita mohon pada Gusti Allah..Setetes Karunia..Nya..dengan banyak wasilah kepada para leluhur, orang tua dan orang2 suci (nabi/rasul/dewa/sanghyang)
      Beliau pasti mengabulkan..kalo tidak buat kita ya, buat anak cucu kita, bravo !
      Q: apakah apabila orang tdk pernah mencapai ma’rifat (biasa2 saja) apa yang terjadi?
      A: Gusti Allah Maha Welas Asih..makrifat itu karunia..tidak bisa dipaksakan.
      Q: Apakah untuk mencapai ma’rifat seseorang membutuhkan pembimbing? atau bisa dengan sendiri?
      A: mustahil tanpa pembimbing..harus ada orang tua yang mendampingi..ibarat semut mau naik ke langit? bisa kah dia tiba2 bisa terbang? disinilah peran leluhur & orang tua mutlak diperlukan..demi keselamatan sang penempuh jalan.

      monggo diwedar kang menurut Kang Hyai..
      Saya menyimak sambil belajar

      Salam RA (kyat)

    6. Sallam Kang LesungPipit Kang Ono
      dan semua warga Padepokan Maya Dongeng Budaya

      BUDAK ANGON,
      Budak = hamba, pelayan
      Angon = pelihara
      Budak Angon adalah pelayan Tuhan yang di pelihara di dunia yang telah di sediakan semua kebutuhannya disini.

      Jadi semua makhluk adalah Budak Angon itu sendiri.

      Iyaa benar, bisa mengenal Tuhan adalah karunia tak terbantahkan. Mengetahui rahasia Tuhan adalah anugrah yang sangat istimewa.

      Makrifat itu pencapaian sesuatu ilmu yang tinggi, menurut sepengetahuan saya di atas makrifat masih banyak ilmu ilmu yang lebih tinggi. Makrifat mirip dengan sastrajendra yang isi nya rahasia rahasia pemahaman alam dan hukum hukum nya.

      Ilmu setinggi itu tanpa di gurukan adalah mustahil, pembimbing pasti ada entah kasat atau tak kasat mata. Kalau saya dulu dari kecil memang menyukai mengamati sesuatu saya cari hakekatnya.

      Untuk apakah Tuhan menciptakan ini dan itu. Menurut Quran ” tidak ada sesuatu yang diciptakan Gusti ALLAH tanpa manfaat “.

      Seperti misal gravitasi ternyata punya pengaruh kuat dengan dimensi waktu. Itu sebabnya bangsa jin bisa melayang gravitasi di alam mereka begitu rendah, maka dari itu pula waktu disana berjalan lebih lambat daripada waktu kita kaum Dunia Wayang.

      Para pendekar dulu banyak yang bisa ngambah jumantoro ( menapak langit) atau punya ilmu meringankan tubuh. Mereka bisa merasakan seolah olah waktu bergerak begitu lambat. Karena hukum gravitasi itu sendiri bagi mereka adalah sesuatu yang tak mengikat sama sekali.

      Saya tak terlalu pahham dengan makna ilmu makrifat, karena ilmu itu bukan tujuan saya.

      hehehe..
      mugi manfaat..
      aamiin..
      barokahing GustiGusti ALLAH..

  4. Sallam Kang Ono Kang LesungPipit..

    Tidak sekedar mengenal diri pribadi, mengetahui kelemahan diri. Tapi kita harus mampu MEMAHAMI DIRI PRIBADI.

    Setidaknya ada usaha untuk mengenal Gusti ALLAH, karena Gusti ALLAH MAHA BERWENANG ATAS SEGALA GALA. yaa memang tidak setiap MAKHLUK bisa mengetahui rahasia Gusti. Dan makhluk itu tidak harus ISLAM tidak harus terlihat baik secara lahir.

    Masalah ilmu Makrifat saya kurang berminat untuk mencapainya, karena sejatinya tidak ada beda semua makhluk dan benda sama sama ciptakanNYA.

    Yang penting bisa hidup, bermanfaat bagi sekitar. Diberi kehidupan lebih yah alhamdulillah tidak yah syukur.

    wong Jowo kui
    ” susah yoo ditompo bungah yoo di tompo ”

    Terkadang saya iri, jika ada seorang agamawan kok cuma berdoa saja banyak rezeki nya bisa naik mobil mewah bisa punya rumah mewah istri banyak. Kita yang kerja keras berdoa, kadang tidak seberuntung mereka. Dakwah sana sini cuma ngomong sana sini dapat gaji besar. Apalagi jika ilmu agama cuma dipakai sebagai TUNGGANGAN POLITIK. Miris..Miris..

    Padahal NabiALLAH Muhammad saw. mencontohkan tetap bekerja layaknya manusia umumnya. Meskipun dia adalah kekasih Gusti ALLAH.

    Masalah ilmu harus ada guru pembimbing atau tidak, bagi saya itu mustahil jika seorang makhluk bisa mempunyai ilmu tanpa berguru. Minimal guru itu adalah baca an, pasti sedikit banyak ada guru pembimbing.

    Kalau saya mempunyai banyak guru, karena setiap hal apapun yang ada di sekitar saya adalah guru bagi saya. Yang sering saya temukan sesuatu ilmu itu dari mengamati. Dari kecil saya suka mengamati mencari tahu rahasia dari hal tersebut. Kadang pernyataan dari kitab SUCI itupun saya tanyakan meskipun di sina banyak orang yang melarang untu mempertanyakannya. Saya dipaksa mempercayai nya begitu saja, karena saya tidak mau disebut bodo oleh diri saya sendiri maka dari itu saya tetap mencari jawaban atas pertanyaan di benak saya.

    Ohya..beberapa hari yang lalu saya mendapat jawab tentang BUDAK ANGON, padahal saya tak mengharapkan tahu hal tersebut.

    Budak = Hamba, Angon = pelihara. Jadi BUDAK ANGON = Pelayan yang di gembalakan oleh TUHAN. PADA DASARNYA SEMUA MAKHLUK ADALAH BUDAK ANGON. hehehe..

    mugi manfaat..
    aamiin..
    barokALLAH

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s