Doa untuk Rakyat Gaza dan juga Israel

yahudi

Dongbud. Gaza kembali membara. Kawasan dengan luas total 365 kilometer persegi yang terletak di pantai timur Laut Tengah dan berpenduduk sekitar  1,7 juta jiwa. (data wikipedia) seakan tidak pernah lepas dari konflik. Entah sudah berapa ratus atau ribu nyawa melayang dan sepertinya akan terus dan terus berlanjut. Kejadian yang menyedihkan dan mengundang keperihatinan tentu saja. Prihatin kepada siapa? Ya tentu saja prihatin kepada semua warga sipil yang menejadi korban, baik dari pihak rakyat Palestina ataupun rakyat Israel.  Lho?! 

Maaf kepada pembaca, tulisan saya berikut ini mungkin tidak berkenan di hati sebagian orang. Di tulisan opini ini saya sama sekali tidak mengkutuk dan mencaci maki Israel seperti yang umum dilakukan sebagian orang. Saya ogah untuk main kutuk. Daripada mengkutuk orang agar celaka, atau bangkrut, kenapa tidak mendoakan orang lain agar sejahtera atau mendoakan diri sendiri agar kaya? Jadi tulisan ini tidak berisi kutukan atau caci maki tapi berisikan keprihatian, doa dan harapan.

Perang menimbulkan korban khusunya korban sipil. Terlepas dari asal ataupun jumlah, korban perang (sipil) tetaplah korban yang harus didoakan. Doa tidak mengenal batas negara, seperti halnya petugas medis palang-merah yang tidak membedakan korban yang harus diobati.

An ultra-Orthodox Jew holds a Palestinian flag during a protest against Israel's air strikes in Gaza in London

Tidak semua orang Yahudi suka perang dan juga tidak semua orang Palestina cinta damai. Ini adalah opini atau posisi saya pada hampir semua kasus yang menyangkut konflik antar negara. Kebijakan negara untuk menyerang atau menguasai negara lain bukan berarti didukung 100% oleh rakyatnya. Kebijakan politik Amerika terhadap Vietnam, Irak dll, Israel terhadap Gaza, Indonesia terhadap Papua dll menurut saya adalah sama saja.

Perang akan selalu menimbulkan korban dan penderitaan. itu pasti. Namun perang juga memunculkan harapan dan masa depan. Harapan apa? Jujur, saya terlalu bodoh untuk memahami untuk tujuan apa perselisihan tersebut harus diselesaikan dengan perang?  Untuk kasus perang kemerdekaan di Indonesia, harapan yang dimaksud mungkin bisa dipahami dengan mudah. Namun untuk kasus di Palestina ataupun kasus di dunia Arab sepertinya kasusnya jauh lebih komple. Video berikut mungkin bisa memberi gambaran rumitnya kasus di negara tersebut.

Israel mungkin penjajah, namun yang jelas saat ini, negara Zionis tersebut masih terlalu kuat untuk diusir apalagi dilenyapkan dari peta bumi. Terlebih lagi mereka juga merasa punya hak untuk tinggal di negara tersebut sehingga dengan sekuat tenaga akan berusaha tetap eksis. Alasan inilah yang saya sebut komplek. Jadi melawan dengan persenjataan seadanya sepertinya ibarat membangunkan srigala yang sedang tidur.

Pemerintahan Palestina di tepi barat sepertinya menyadari hal tersebut dan itulah sebabnya konflik terparah antara Israel dan Palestina cendrung terjadi di Jalur Gaza.

1345045Gaza11780x390

Sekali lagi, perang akan menghasilkan korban dan penderitaan. Namun saya juga percaya bahwa disisi lain, perang juga melahirkan harapan, kekuasaan dan perputaran uang/sumbangan dana yang tidak sedikit.  Terlebih lagi kalau pihak asing sudah ikut bermain membuat perang akan menjadi semakin rumit dan berlarut-larut.

Saya berharap perang di Jalur Gaza bukanlah dilandasi oleh motif untuk mendapat simpati dan sumbangan donatur. Namun melihat siklus konflik Jalur Gaza yang nyaris selalu terpola dan periodik, berulang sepanjang tahun, opini negatif sejumlah pihak (termasuk mungkin saya??!) kadang muncul. Maklum saja, konflik Palestina dan Israel memiliki nilai jual yang sangat tinggi sehingga sumbangan relatif lebih mudah terkumpul dibandingkan konflik negara lain.

Sebagai akhir kata, saya berharap semoga perang segera berakhir dan perdamaian segera tercipta. Entah bagaimana caranya saya tidak tahu.

Perang tidak hanya terjadi di Jalur Gaza saja tapi juga terjadi di hampir banyak negara, Asia, Afrika dll. Dalam kasus ini posisi saya adalah sama,. Terlepas dari pihak atau negara mana yang benar atau pihak mana yang salah, yang jelas jatuhnya korban rakyat sipil tetaplah mengundang keperihatinan.

Kalau ada salah kata mohon dimaafkan.

Pray for Gaza.

Wage Rahadjo

Credit image: to all photographer

Referesni:

43 thoughts on “Doa untuk Rakyat Gaza dan juga Israel

  1. Bravo mbah…….mungkin tanpa sadar anda mengerti konsep trisula wedha yg ada ditengahnya sebagai vishnu, vishnu itu punya sifat pemelihara…..perang merupakan salah satu dari atau bagian dari pemeliharaan sang vishnu! kenapa? kok Tuhan jahat ? bukan, karena perang merupakan pergerakan pemaksaan keberpihakan atau memecah hitam dan putih atau mungkin lebih tepat baik dan jahat…good or evil. kalo pendapat bb disini mungkin palestine itu sudah menjadi bagian dari israel secara defacto karena kebutuhan pangan, sandang, papannya berasal dari sortiran Israel…uang yg beredar, manusia yg berhak mati atau hidup ditangan Israel…..nah bangsa2 sekelilingnya tidak ingin Israel itu terlalu dekat dengannya karena Israel itu agresif dalam teritorynya, mungkin amerika sekalipun tak mampu meredam keinginan sebuah bangsa Yg disebut Israel……ini mirip dengan korea utara yg waktu penyerangan melalui korea selatan, china juga mengirim bantuan militer kearah korea selatan untuk menekan laju sekutu USA terlalu dekat dengannya……sama dengan keinginan dunia arab….namanya juga defend portal ya mau ndak mau portalnya manusia….tapi sudahlah telan saja pil pahit ini lihatlah Indonesia dengan lapang karena masih banyak yg harus dilakukan si……………….duh kok gitu !!! yah mungkin Tuhan atau sang vishnu mau melirikan arah gelitiknya yg sifat nya sebagai pembangkit goro2…..dan pada akhirnya sang brahmalah yg kembali membangunkan diri sebagai anak sang vishnu yg akan membangunkan kemakmuran negeri ini kelak……..dan bantuan si pelebur Civa akan kembali menutup matanya dalam lelap tapa, tapi sebelum itu mari berjuang, hadapi, sayangi untuk meminimalisir kerusakan diri maupun keluarga dan harta kita…..salam kertha bhumi mbah wage bravo….( tambahan sedikit salam baru ) maklum baru lebaran habis punya baju koko baru jadi bawaannya mo muji orang terus supaya melirik ke baju baru ku…….hahahha minal aidin walfaidin mohon maaf lahir dan bathin…..yah pakailah walau bukan dari leluhurmu !

  2. cukup menarik dan menghibur video klipnnya mbah, pesan yang di utarakan ‘hentikan kekerasan’ seakan tidak membuat mereka bergeming.

    mungkin perlu di buat film dokumenter perang suku/ saudara tapi yang versi kartun, supaya tidak menyinggung pihak lain tapi bisa langsung mengena.

    sebenarnya sudah banyak politisi dan tokoh dunia yang mengupas the promises land ini, tapi entah mengapa dari jaman baheula hingga detik ini peperangan belum berakhir, apa karena di gambar kartunnya ada hantu hitam yang bergentayangan di sana??…

    untuk buang sial, apakah perlu daratannya itu di ruwat dengan ilmu kertha bumi? 😉 …

    dengan doa dan bunga-bunga serta dupa wangi… supaya karakternya yang beringas berubah menjadi lembut dan tidak haus darah…

  3. hmmmm…

    israell……..

    israel sedang konser pertunjukan di jalur gaza…….tujuannya udah jelas ….dia ingin menunjukkan ke negara2 muslim bahwa isrel sudah menjadi negara yang harus ..ditakuti …..,…..tay kucing kau.. ….israel……

    bagi negara mayoritas muslim indonesia……semoga tidak terpengaruh dengan propaganda koser ..si tay kucing israel…..semoga……

    Amerika takut sama israel….kemungkinannya adalah ….takut kalau nilai dollar Amerika ..rontok ….dikerjain si tay kucing israel …….

    si tay kucing israel …..skrg lg menggali masjidil aqso untuk mencari harta solomon dan mencari kotak ajaib ….hahahha….paling yang dia dapat …tay kucing …kwkwkwkkw

    tunggu kau israel…hahaha……. ada saatnya ente ….rontok dan kolaps….di muka bumi ini …..

    tunggu aja…. Pemuda dari Timur di indonesia……..

    dollar tunggu saatnya juga …..mata uang loe rontok …..oleh pemuda dari timur …INDONESIA

    kwkwkkw….tunggu …..

    1. @ PNL and ALL,

      Ok, now let`s get serious…. I want to know your opinion…

      Kenapa yang tai kucing itu selalu Israel?… lalu ‘hamas’ itu tak lebih dari apa? Selalu menyerukan jihad membasmi orang kafir dengan imbalan surga…

      Jangan2 hamas itu bagian skenario, jangan2 hamas itu Israel sendiri?… kalau lihat gempurannya, taktiknya begini: hamas selalu mengancam dan merongrong warga yahudi, lalu dia menumbalkan beberapa nyawa brigade yang bertugas di jalur perbatasan, lalu meradanglah israel balas dendam, alih-alih nyawa balas nyawa, ini harga diri harus di bayar seluruh bangsa, itu harga mati, nggak ada tawar menawar, gencatan senjata apalagi negosiasi…

      Kalau di pikir2 mereka itu kan satu saudara, satu bangsa… kok jadi permusuhan abadi, siapa yang menyulutnya, dan mengapa kitab suci mereka pun tak bisa menyelesaikan persilisihannya??… tidakkah ini janggal… atau mereka sengaja menciptkan itu supaya kitab sucinya itu bisa exis saja?…

      • Ah, namanya juga opini pengamat politik abal2 (-_-)…
  4. hmmmmm…..mbak @Dewi…….salam sejahtera…..

    sebelum saya menjawab jeng dewi ……..saya punya pertanyaan …..buat jeng Dewi………

    apa arti dan makna …….1. CINTA
    2. KEADILAN
    3. KEJUJURAN

    apakah 3 hal tersebut diatas ….tidak mempunyai makna dan arti apa2 bagi kita semua………sehingga begitu mudah diabaikan atau di sepelekan ……..

    kalau saya menonton film holiwoods……klu lawan tidak memegang senjata…..tidak akan di tembak …karena hal tersebut sepertinya…. tabu dilakukan penembakan jika musuh atau lawannya tidak bersenjata……inilah yang namanya adil & kesatria…..dan dia jujur pada dirinya sendiri ……akan lebih menyesal jika dia menembak lawan yang sudah tidak berdaya ….dan tidak bersenjata…..

    giiiituuu……saya tidak mau coment panjang …lihat tanggal coment saya diatas ……setelah saya coment apa yang terjadi ……amerika memberikan pinjaman keuangan ke israel …..walaupun setelah amerika menyerukan gencatan senjata ..akan tetapi diabaikan oleh israel…..semua itu sudah bisa saya tebak …….kwkwkkwkwkwk

    udah …yaaa gitu aja

    1. @ PNL,

      Terima kasih, nice to see you again 🙂 …

      Ok, menurut pak Gombloh cinta adalah tai kucing rasa coklat.

      Saya percaya kita semua, warga abal-abal yang berkommunity di sini menaruh harapan yang besar terhadap kedamaian antara Palestine dan Israel atas perselisihan mereka yang abadi. Betul juga, bahwa ini adalah perang ideology bagi keduanya, dan bisa jadi perebutan the promised land ini sudah ada jauh sebelum agama2 samawi lahir. Boleh di bilang ini adalah perang suku, tapi karena di kitabkan maka versinya menjadi perang jihad di jalan tuhan… lagi2 tuhan di comot oleh manusianya untuk membenarkan tindakannya.

      Betapa banyaknya badan bangsa2 seluruh dunia yang melobi dan bernegosiasi memprakarsai perdamaian… tapi hanya seperti anjing menggonggong khalifah berlalu… karena suara kita, sekalipun menyuarakan kebenaran, tak akan di dengar oleh mereka yang mengaku telah di percayai tuhan (tuhan versi mereka) untuk menduduki daratannya.

      Dus, dimanakah tuhan itu berada??… kita manusia seharusnya berusaha, bahwa cinta, keadilan dan kejujuran bukanlah ujug2 mak gedebhuk turun dari langit… tapi itu berawal dari diri kita sendiri…

      Bicara cinta, cinta itu adalah spontanitas kesadaran.
      Keadilan, tak bisa lepas dari karma phala kita, believe it or not.
      Kejujuran, akan lebih bermakna jika kita mempunyai kesadaran.

      Andai saja konflik itu berada di tanah nusantara, maka segera bisa kita ruwat rame2, jadi nggak sampai berlarut2 berkepanjangan seperti ini…

      Ngruwatnya pakai apa? Ya pakai doa tulus, pakai kembang, pakai dupa, pakai mantra, sebar garam kesegala penjuru untuk menghalau energy negative dsb dst… upss!!… kata simbah hati2 ini malah mendatangkan setan jin demit… ho ho ho… Ketahuan juga, bahwasanya siapa sih yang lebih kejam?? Manusia itu tak akan bisa jujur mengakui kesalahan mereka, mereka yang berbuat onar tapi malah menyalahkan si setan yang ada di luaran sana… kaciaann deh, wong setan itu udah jelek item malah di fitnah dan di terror… lalu tak lebih dari apakah manusia yang selalu mengkambing hitamkan setan itu??… padahal setan yang ada di lubuk hatinya selalu ia pelihara…

      *)Manusianya kucing tapi tainya setan. Mungkin judulnya di ganti saja ‘tai kucing rasa setan’… hmmmm, beres kan.

  5. ada 3 hal …yang seharusnya ….kita ketahuiii…..

    1. setiap orang mempunyai bakat khusus….
    2. satu hal yang ditakdirkan untuk mereka….
    3. sesuatu yang menjadi alasan …mereka dilahirkan……

    semoga mudah untuk dipahami ……..dengan atau tanpa……takdir itu tetap berjalan sesuai rancana …tuhan ….

  6. ini kisahnya.. Nabi ibrahim punya istri 3. Siti hajar menurunkan n.ismael hingga terus ke n.muhamad saw. Siti sarah menurunkan n.ishak. Lalu dari ishak menurunkan n.yakub. Yakub dalam bhs ebrani dinamakan esrael. Jadi seluruh turunan nabi yakub/esrael disebut bani israel/bangsa esrael. Keturunan n.ismael diposisikan di arab mekah ka’bah. Keturunan yakub ke palestina/yerusalem. Nabi2 dari trah bani israel : n.yusuf. N.musa. N.harun. N.ilyas. N.ilyasa. N.daud. N.sulaiman. N.zakaria. N.yahya. N.isa as. Semua itu terlahir dari bani israel. Jadi kubu nabi ini terpecah menjadi 2 kubu.bani ismael ke mekah. Dan bani yakub/israel ke palestina. Israel juga ada 2 kubu. Yg mengikuti nabinya dan yg tersesat karena samiri/dajal. .dajal menurut riwayat ningkring dilaut segitiga bermuda dkt florida. Cikal bakal bangsa usa paman sam/samiri? Adalah kum bani israel boneka dajal/samiri. Suku indian suku asli usa disingkirkan. Maka walaupun negara israel negara kecil sesungguhnya ia adalah boneka dajal/samiri. Usa tdk akan pernah bisa berkutik .pbbpun akan ia abaikan. Dbelakang usa ada france.england,holand,malaysia,singapore,australia. Maka pelototin uang dolar negara paman sam? Tabut dajal kira bisa dia dapatkan. Tabut itu kuasa Allah swt. Muhamad saw isra miraj dari mekah ke al agsa. .jika al agsa diruntuhkan maka perang dunia ke3. Kiamat..dajal vs almahdi..jika ada negara melawan israel sama saja perang dgn USA.ENGLAND.HOLAND.AUSTRALIA.MALAYSIA.FRANCE DAN SINGAPORE. .hemmm

  7. hmmm…..

    perang sama israel …bagi umat islam ….atau yg lebih spesific….yang mempunyai ilmu tingkatan tinggi ……sangatlah mudah ……..apalagi israel ….cuman sebesar itu….tidak perlu …mengirim tentara….tidak perlu perang senjata……hehehhehe…

    yang menjadi masalah adalah ……tuhan memberi ijin……atau tidak …….siapa yang seharusnya membunuh dajjal…..gitu ……kalau tuhan memberi ijin dari duluuu….dajjal …udah dibunuh……

    begitu juga negara israel …..kwkwkwkwk……cuman tertunndaa……hihihi

    gituuu….maaf jangan salah paham yaaa……..

  8. silahkan mentafsirkan sendiri aja. Jika ikut perang melawan israel sama saja perang dgn use dan sekutunya.jika hanya sekedar berdoa sementara perang terus berlanjut kemana rasa saudara ukuwah islamiah. Bangsa kita sebenarnya tidak usah kebakaran jenggot dan merasa sok suci. Biangnxa islam seperti iran ,irak,arab nyantai2 aja. Cuma mengutuk dan mengutuk. Puputeran kabah tetap nyantai.yg lebaran tetap bergembira. Hah. Wis percumah . Yg sakti banyak.tapi level yg dijaga dajal juga bukan padubae hahaha. .

    1. Bisa jadi.
      Tapi menurut saya, PBB hanya penengah. Harapannya utama ada pada pihak yang bersengketa yaitu penguasa Israel dan Palestina. Pihak lain hanya bisa membantu, menekan, mengutuk, mendoakan ataupun memanas-manasi…….

  9. Selamat pagi Pak Bos Mbah Wage….

    Hanya hasil baca baca Mbah…

    Ijin melampirkan berita di koran media , soal sekitaran perang Israel dan hamas…, mau ketik ketik tapi tidak pandai menyusun kalimat….

    http://international.okezone.com/read/2014/08/06/412/1020998/diserang-roket-hamas-israel-klaim-ditolong-tuhan….

    SIAPA sebenarnya yang ditolong Tuhan Mbah ??

    Semoga saja yaa Mbah , ada peristiwa , Tuhan turun ke dunia . menjelma , berbuat dan memberi tanda agar peperangan itu berhenti lalu ada perdamaian diantaranya…

    1. Bisa jadi Ya, bisa juga tidak. Jelasnya ya hanya TUhan yang tahu.

      Negara Amerik, Inggris dan juga negara maju lainnya memang kadang arogan. Contohnya urusan visa. mereka bisa masuk dengan mudah ke negeri kita, tapi saat kita datang ke negeri mereka urusan ribet dan berbelit. siMbah aja dulu visanya ditolak lho. Asem !!! Tentang polisi dunia, nanti mau dibuatkan artikel tersendiri.

  10. Ini aneh mbah,d saat masyarakat kita sendiri sedang kekurangan,mαŋα bbm juga Μᵃυ habis,koq malah rame2 nyumbang negara ÿ̲G̲ sdang konflik dimana masyarakat awam Ԍᵃᴷ tahu permasalahan ÿ̲G̲ sebenarnya…
    Kenapa mreka perang…
    Malah bangun rumah sakit juga,pdahal d indonesia timur saja masih banyak kekurangan rumah sakit,klo cuman Μᵃυ dapat ÿ̲G̲ d namakan pahala,Ԍᵃᴷ usah jauh2 ke sono,d sekitar kita saja banyak ÿ̲G̲ lebih membutuhkan bantuan… Kaum sebangsa sendiri,d sisi lain pemberitaan2 media juga tdak berimbang,hanya memberitakan orang palestina ÿ̲G̲ tiwas,Ԍᵃᴷ memberitakan kenapa sampai israiL berbuat seperti itu,sebab musababnya… Hɑ∂ƐёёёёНн˛˛˛ (ˇ_ˇ’!l)

    1. menurut riwayat memang tanah berjanji palestina adalah tanah yg dijanjikan bg bani israel.seperti mekah buat bani ismael ke muhamad saw. Mereka semua adalah keturunan ibrahim as. Namun campur tangan samiri/dajal akan terus ada sampai kiamat. Diakan salah satu makhluk yg sengaja dicipta tuhan untuk menjadi ujian manusia dan jin. “ujian”. .setidaknya hal ini pasti akan berakhir jika warga palestina tiada atau warga israel yg tiada. Perang ini perang Keyakinan. Karena menyangkut agama ya jadinya kesana kemari. .seperti indonesia jika masih berdiri partai ya negara jadi negara partai.sebelum sistem berubah menjadi kerajaan indonesia akan tetap ruwed. .ujung2nya revolusi total harus ada raja nusantara. Yg mengayomi dari barat ketimur dari utara keselatan. Indonesia lama2 akan berantakan.bisa hancur ga karuan. Karena sistem budaya kita kian hari kian menipis. Liberal.demokrasi yg ga jelas.(sok tau mang rp ini hahaha)…anak sd.anak smp sudahbanyak yg hamil dijalan. .seram.sy aja blum menghamili 1cewekpun wk wk. Miras.perjudian.kejahatan2 sudah merajalela. Korupsi wah rame negara ini.

    2. @ Kang Jarisakti,

      Menyumbang adalah urusan pribadi, mau nyumbang kemana ya terserah yang punya uang. Asal tidak bertentangan dengan hukum formal, adalah sah sah saja. Di Islam kalau tidak salah ada istilah persaudaraan Muslim, jadi menyumbang ke saudara jauh adalah kewajiban. Jadi bagi saya, bukanlah suatu hal yang harus dipermasalahkan.

      Sedangkan menyumbang ke daerah lain di dalam negeri yang masih membutuhkan seperti Irian atau Indonesia TImur, itu adalah kewajiban rekan lain yang kepeduliannya tidak dibatasi oleh sekat agama.

      Jadi menyumbang adalah urusan privat. Semasiih pakai uang sendiri ya sah-sah saja. Salam

  11. Al Qassam, Roket Buatan Tangan Yang Bikin Israel Jantungan

    author : Tjahjo Widyasmoro
    Monday, 14 July 2014 – 07:30 pm

    Intisari-Online.com – Dalam konflik Israel – Palestina belakangan ini, sesungguhnya bukan hanya Palestina yang menderita lantaran gempuran roket-roket Israel. Sebaliknya, Israel juga harus terus mewaspadai serangan roket-roket dari para pejuang Palestina yang kian hari kian mengganas. Padahal mayoritas roket yang ditembakkan oleh Palestina bukanlah senjata canggih buatan pabrikan, melainkan hasil “industri rumahan” dari para pejuang alias buatan sendiri.

    Namanya Al Qassam, roket yang sering membuat tentara dan penduduk Israel harus selalu jantungan itu sesungguhnya roket sederhana buatan tangan para pejuang. Proses pembuatan dan materialnya sangat sederhana, sehingga kemampuannya juga sangat terbatas. Syahdan, Al Qassam yang memiliki hulu ledak 9 kg itu hanya mampu menjangkau 5-20 km saja.

    Karena tidak memiliki sistem pemandu, roket ini bisa menyasar ke arah mana saja seenaknya si roket. Inilah yang membuat warga Israel terutama di kota-kota seperti Sderot dan Ashkelon (Israel bagian selatan) merasa ketakutan dan terteror setiap kali mendengar tanda bahaya peringatan serangan roket dari arah Jalur Gaza.

    Roket yang namanya diambil dari nama pejuang Palestina awal abad ke-20 Izz ad-Din al-Qassam itu tercatat mulai digunakan pada Oktober 2001.

    Semakin hari, spesifikasi teknis Al Qassam dan kemampuannya dikabarkan semakin meningkat. Dari panjangnya yang semula sekitar 80 cm dengan berat 5,5 kg menjadi panjang 200 cm dengan berat 90 kg. Daya jelajahnya belangan terus meningkat mencapai belasan kilometer.

    Hingga 2010, diperkirakan sekitar 5.000 roket sudah ditembakkan ke wilayah Israel. Menurut pihak Israel, serangan terbanyak tercatat terjadi pada 2008 yakni 1.752 roket.

    Karena roket tidak bisa diarahkan dengan tepat, banyak pihak menilai sesungguhnya serangan roket ini tidak efektif untuk menghancurkan sasaran. Sejauh ini efek nyata yang diciptakan hanyalah ketakutan di warga sipil Israel.

    http://intisari-online.com/read/al-qassam-roket-buatan-tangan-yang-bikin-israel-jantungan-

  12. .

    Judul dan isinya sedikit beda. Kalau dibaca dengan tenang, akan terlihat perbedaannya. Sepertinya PBB sudah cukup adil.

    Kutuk Serangan ke Gaza, AS-PBB Desak Israel Gencatan Senjata Lagi

    Amerika Serikat dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengutuk serangan yang dilakukan ke Gaza dan Israel setelah gencatan senjata berakhir pada Jumat (08/08). Juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, mengatakan dua belah pihak harus bekerja sama untuk menciptakan “genjaran senjata yang berkelanjutan”.

    Senada, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon menilai penderitaan dan kematian warga sipil di tengah konfik tidak bisa ditoleransi……..

    http://news.liputan6.com/read/2088669/kutuk-serangan-ke-gaza-as-pbb-desak-israel-gencatan-senjata-lagi

  13. Jalur Gaza membara, namun bila diselesaikan dengan pikiran jernih tenang dan dengan dilandasi hati nurani yang bening maka tentu sedikit demi sedikit perselisihan berabad ini bisa dieliminir step by step.
    Bagi mereka yang berselisih pakailah falsafah Jawa (Java / Jews / Jehovah) yakni oerip mung sak dermo nglampahi dan prinsip bahwa semua yang hidup ini adalah ciptaan Gusti ingkang murbeing jagad,

    Prinsip selanjutnya, bangunlah kembali pada daerah Palestina jalur Gaza yang telah dibom bardir bangsa Israel oleh keuangan atau tehnologi bangsa Israel bekerjasama dengan Hamas atau Fatah kalau mau,
    Membangun lokasi baru daerah khusus atau rumah penduduk garis keras Hamas bangsa Palestina berdampingan dengan bangsa moderat Palestina Fatah,
    Bangunlah lagi daerah spesial yang didirikan atas kerjasama Fatah dan bangsa Israel yang moderat, lokasi berdampingan dengan penduduk Fatah.
    http://www.bbc.co.uk/indonesia/dunia/2014/01/140110_israel_pemukiman.shtml

    Selanjutnya, setelah membangun daerah kerjasama Fatah dan Israel maka pada sisi daerah selanjutnya dibangun lagi lokasi untuk bangsa moderat Israel garis moderat,sedangkan sisi lainnya bangunlah daerah yang diperuntukkan daerah untuk bangsa Israel garis keras dst dst. Semoga pemikiran ini menjadikan satu diantara sejuta pemikiran agar semua menjadi lebih baik demi kemanusiaan, walau kenyataannya pemikiran ini hanya sekedar menggarami air laut.

    Teori ini sudah ada sebenarnya spt teori himpunan matematika yang ada sejak pendidikan SD di Indonesia.
    http://id.wikipedia.org/wiki/Himpunan_(matematika)

  14. PBB.perserikatan bangsa-bangsa. Harus ada Jendralnya. Yang berwibawa. Tidak memihak 1 atau 2 negara baik anggota pbb maupun bukan. Untuk menciptakan kedamaian israel-palestina mudah. Jendral pbb beserta seluruh pemimpin negara2 yg masuk anggota pbb. Mengadakan rapat terbuka . Dihadiri 2 negara yg bertikai. 1hari juga kelar. Jika ada 1negara yg bertikai melanggar aturan perdamaian dunia, wajib dberi sanksi tegas. Bila perlu seperti nagasaki-hirosima. .PBB wajib berada diatas hak negara negara sedunia..dan setiap negara wajib ikut menjadi anggota PBB. PBB WAJIB NETRAL dan tidak tunduk pada 1 kepentingan dan kekuatan salah satu negara …@kepalaku pening memikirkan dunia. Wadooh..bodrex extra lagi.wow

  15. Video yang sangat populer memerlihatkan warga Palestina mengusir atau memaksa keluar tentara Israel yang bersembunyi di rumah warga (Palestina) karena dianggap takut dengan milisi.

    Dari video di atas saya membuat 3 kesimpulan..
    Dari video di atas saya coba membuat 3 pilihan kesimpulan:

    Pilihan A tentara Israel pada dasarnya adalah penakut.
    Pilihan B: tentara Israerl pada dasarnya kejam dan suka membunuh warga sipil, barbar dll
    Pilihan C: tentara Israel pada dasarnya penakut dan juga kejam.

    Manakah yang benar ?

    Tentara di atas mungkin saja penakut dan mungkin juga kejam dan barbar. Tapi kalau benar kejam, kenapa tidak menembak habis semua warga tersebut?

    Pilihan C, Penakut dan kejam, dua kombinasi yang aneh, mirip kasusnya dengan dituduh komunis dan juga dituduh kapitalis.

    1. Maaf pak Wagerrr, jangan berkata seperti itu, Om tidak sependapat, lihatlah dengan jernih sejarahnya. Berikut tentang perjuangan rakyat Israel, tentang kisah Samson Manoah pada biblehub.com/judges/16-29.htm. Jadi yang penting adem ayem saja menyikapinya, keadilan atau keseimbangan hubungan antara manusia pasti ada di semua zaman.
      Salam.

    2. Om Daniel.
      Terima kasih dan juga beribu-ribu maaf atas komentar saya di atas. Komentar telah saya edit sedikit, mudah-mudahan sedikit jelas.

      Komentar di atas saya tulis sekedar mengajak para rekan berpikir. Selama ini opini umum di negeri ini, tentara Israel adalah sangat kejam dan gampang membunuh warga sipil Palestina sembarangan tanpa peduli pria, wanita atau anak-anak.

      Nah, di video tersebut terlihat ada sesuatu yang aneh. Kalau benar semua tentara Israel adalah kejam, kenapa warga Palestina itu tidak langsung ditembak saja oleh tentara tersebut? Warga di video tersebut tampak tinggal di rumah yang besar, luas dan mereka tampak sehat dan gemuk-gemuk.

      Saya sampai sekarang meyakini, manusia ada yang baik ada yang buruk. Tentara Israel ataupun Hamas juga sama saja, mereka juga manusia, ada yang baik dan desiplin namun ada juga yang stress dan sakit jiwa main tembak sembarangan.

      Tentang konflik di kawasan tersebut, menurut saya adalah konflik intern dan tidak ada pihak lain yang bisa mendamaikannya selain mereka sendiri.

      Inti dari tulisan ini adalah mengajak siapa saja yang mau, untuk bersikap dan berpikir lebih netral.

      Video di komentar di atas hanyalah sekedar selingan untuk melatih logika berpikir semata. salam

    3. Memang begitulah seharusnya, adem ayem saja menyikapinya.
      Sebaiknya, menyelesaikan konflik Israel Palestina dilakukan dengan cara damai step by step dengan hati nurani yang jernih dan tak perlui ada korban jiwa yang terus berulang dari zaman ke zaman.
      Salam

  16. Pak Wage yth,
    Nah ini cuplikan kisah Samson tsb.
    Bahwa karena kecerobohannya sendiri dengan mengumbar “hawa nafsu” nya, maka pemuka dari bangsa Israel yakni Samson ditangkap, disiksa dan dibutakan matanya, namun beruntung di saat terakhir hidupnya pemuka bangsa israel itu Samson mampu menebus dosanya.

    Manusia tak lepas dari hubungan sebab akibat dan dosa.
    Jika merasa sebagai orang baik, suci, terhormat, juga merasa dirinya berdosa tentu dengan kesadaran nuraninya harus menebusnya sendiri kepada Sang Maha Pencipta nya.
    Namun disisi lain manusia yang berbangga diri lupa akan dosanya dan menjadi korban penebusan dosa orang suci pemuka bangsa israel Samson itu maka korban tersebut disebut jalan penebusan dosa dalam bentuk lain.
    Salam.

    1. Pak Wage yth,
      Nah, dari cerita tsb perlu dipaparkan bahwa korban tak berdosa yang tidak ada sangkut paut dosanya dengan Samson itu tak perlu terjadi, misalnya anak keturunan atau generasi berikutnya. Jadi lebih baik ditimbang dengan cermat tentang penebusan dosa model Samson itu. Penebusan dosa model tersebut menurut analisa adalah penembusan dosa cakupan kecil saja atau skala terbatas atau tertentu, dan tidak bersifat universal atau menyeluruh.

      Jadi mohon dimaafkan bagi saya tipe penebusan dosa tsb kurang cocok di tanah Jawa yang kita cintai bersama ini, masih banyak jalan damai dalam penebusan dosa tersebut dan tidak ada dosa turun temurun. Misalnya turunan anak cucunya yang bersengketa itu saling mengingatkan, saling memaafkan, tidak saling menyakiti, saling asah asih asuh, guyup rukun, atau slamanslumunslamet masak segoliwet bareng-bareng dst dst.

      Kesimpulannya, tidak perlu penebusan dosa dengan cara menimbulkan kerusakan antar sesama umat manusia dan atau alam ini. Baik kerusakan kecil, menengah apalagi besar tentunya. Terimakasih pak Wage.
      Salam buat sedulur semua.
      .

    2. Om Daniel,
      Bahasan yang menarik. Tentang dosa, saya 100% setuju. Tapi akhirnya semua berpulang ke masyarakat. Seperti halnya sebagian orang mengatakan budaya Arab tidak cocok diterapkan di Indonesia, tapi kalau masyarakat menyukainya ya sudah. Budaya Korea, Jepang, anime dll tidak cocok, tapi kalau kaula muda menggandrunginya, ya susah juga. Eh, nyambung ndak ya? salam

    3. Pak Wagerrr,
      Budaya Arab tidak selalmanya tidak cocok di Indonesia, ada bagusnya juga kok, kan ada yang dinamakan budaya Kejawen itu pak kalau tak salah loh, Kejawen atau budaya Jawa itu seperti aplikasi dari teori himpunan matematika itu pak. Benar gak ya? Maaf pak, maklumlah om tidak terlalu mendalami ilmu Kejawen.
      Matur nuwun.
      Salam

    4. Pak Wage yth,
      Saya mencoba menelusuri persamaan Arab (Jehovah) dan Jawa,
      Nah salah satu kecocokan tanah Arab dan tanah Jawa (Jehovah / tanah Tuhan / Yahweh),
      Jawa dan Jehovah itu banyak istilah yang sama dengan Arab, di Jawa seperti gunung Muria dan di Arab ada namanya gunung Muria tempat Nabi Ibrahim melakukan upacara menyembelih kambing, di Arab ada istilah kubah Emas di Jawa juga ada Kubah Emas, DI Arab ada istilah batu hitam di Masjid Sunan Kudus juga ada Batu Hitam, selain itu ada Istilah kumambange watu ireng di Arab juga ada Batu hitam yang mengapung di Masjidil Aqsa.

      Istilah sileme prahu gabus maka di Arab juga ada batu kapur mengapung yang tenggelam, Wow, keren Jawa dan Jehovah ada kesamaan. Sepertinya, kondisi itu adalah penunjukan suatu tempat.

      Nah dari kesamaan itu maka ada istilah membelah tanah jawa kaping pindho, makna itu bukan arti sebenarnya tapi pasemon saja untuk membelah tanah Jawa itu. Membelah tanah Jawa Kaping pindho bisa diartikan bahwa semua pendidikan dari Arab sana yang asli bersahabat dengan alam, yang dengan susah payah diungsikan dan dibawa oleh para walisongo ke P Jawa itu suatu saat akan dikembalikan lagi ke Arab lagi,

      Setelah ribut ribut atau goro goro dan ajaran di Arab pada semrawut dan meningkatnya ekstrimitas di Arab, maka ajaran para wali dengan toleransi budaya Kejawan nya itu dikembalikan lagi ke Jawa Arab yang disebut Jehovah itu untuk memberikan ketenangan disana. Seperti itulah pasemon mbelah tanah Jawa kaping pindho, sekali lagi hanya pasemon saja. Yang dibelah itu Ajaran kebaikan kejawen dari tanah Jawa itu diekspor ke Jehovah negeri Arab.

      Begitulah artinya, membelah tanah Jawa yang kedua kali. Artinya bukan sebenarnya membelah pulau Jawa tetapi menyebarkan Ajaran dari pulau Jawa ke Jawa Arab itu (Jehovah). Bagai pinang dibelah dua. begitulah untuk sementara kenapa bangsa Arab itu perlu mendapatkan ajaran Kejawen, karena kalau terus menerus perang dan ekstrim maka bisa jadi bangsa di Arab punah, Kenapa si sosok yang dicari musti dari turunan bumi Mekkah? itulah jawaban teka tekinya.

      Begitulah analisisnya tentang Jawa Arab (Jehovah) dan Jawa Nusantara bapak Wage dan selulur sedoyo.
      Salam

    5. daniel..jika semua orang baik seperti anda..ga ramee. Hahaha. Belah jawa kaping phindo itu menurut penalaranmu,tapi menurutku dimulai slamet kemudian seluruh gng dijateng jatim mbledos tenggelamlah jateng jatim.jawa kari separo..cek lagi daniel..tentang israel dan palestina itulah skenario tuhan..tidak akan damai palestina sebelum seluruh palestina dikuasai israel atau israel dibumi hanguskan..atau datang almahdi? ..tentang majapahit takan kembali muncul walaupun berkoar koar,setelah brawijaya v,selesai. Walaupun keturunannya msh ada,yogya solo etc. Tentang agama islam,beda dgn budaya. Anda masa tidak bisa membedakan agama dan budaya?amat lucu? Kejawen itu kepercayaan tak lebih dari itu,dan disetiap daerah memiliki hal seperti demikian…jadi menelaah harus akurat dari sisi dunia nyata maupun ghaib harus jelas..gimana daniel? ..

  17. Pak Wager,
    Sebelumnya saya mohon maaf, tentang kesamaan Jawa dan jehovah, intinya adalah WALISONGO menyebar ajaran ke P Jawa, dengan mengedepankan ajaran kasih sayang dengan Kejawennya. Dengan ajaran kejawen itu maka dapat dikembalikan ke Negeri Arab yang porak poranda akibat keekstrimannya yang mengakibatkan banyak perang itu.
    Kebanyakan para WALISONGO berada di pantai Pesisir Utara Laut Jawa. Sehingga dengan demikian Jawa dan Arab, bagai pinang dibelah DUA. Sama-sama menjadi aman tentram dan damai tak perlu ada korban perang akibat pikiran rusuh grusah grusuh pak Wage. Tata titi tentrem kertoraharjo.
    Salam

    1. Pak Wager yth,
      Ajaran kejawen WALISONGO itu bagus, karena ajarannya tidak to the point menyatakan dengan benar dan salah kepada harga diri seseorang, semua serba tidak langsung atau sanepan atau menyatu dengan budaya, ada unsur toleransi yang menyebabkan hati seseorang tidak menjadi antipati pada lawan bicara,

      Amarah itu terjadi bila seseorang secara langsung tunjuk hidung si A salah dan si B salah dst, makanya dibuatlah bahasa sanepan itu agar tidak langsung menyinggung sumber amarah. Itulah yang cocok buat penyegaran bangsa Arab yang bertabiat keras dan sering lupa menahan diri dari hawa nafsunya atau sumber panas hatinya, maka timbullah pertengkaran sampai peperangan yang tidak berkesudahan sampai akhir zaman.
      Begitulah ajaran luhur dari P. Jawa ini yang patut diekspor ke negera negara Arab.

      Salam

    2. Selamat Pagi Om Daniel,

      Luar biasa. Saya takjub membaca komentar-komentarnya. Om memiliki wawasan luas. Saya juga suka dengan cara penulisannya yang rapi dan tersetruktur. Tidak bisa dibantah Om adalah “orang sekolahan”. Salam selalu. Salam Jehovah.

  18. Tembakan roket dari militan di Gaza dan serangan udara Israel meningkat belakangan ini setelah penculikan dan pembunuhan tiga remaja Israel pada bulan Juni, yang menurut Israel dilakukan Hamas. Ketegangan meningkat lebih lanjut setelah dugaan pembunuhan balas dendam atas seorang remaja Palestina di Jerusalem pada 2 Juli. Pejabat berwenang mengatakan konflik kini menewaskan 1.800 warga Palestina dan 67 warga Israel.(BBC )

    Rumah si A dilempari batu oleh si B , Karena si A sangat kuat, si A membalasnya dengan …membakar habis rumah si B. Menurut saya Yesus atau Buddha akan bilang ini bukan ,,,keadilan !…

    1. Kang Balane, pakai code H5 Kang

      Kalau pakai H2 huruf yang nongol kelewat besar spt di atas. Pakai hp mungkin tdk kelihatan bedanya. salam

  19. Entah kapan konflik akan berakhir.
    Entah siapa yang harus kalah atau atau siapa yang harus mengalah.
    Mulai menit 2:34 anak-anak sengaja di dorong ke depan, orang dewasa berdiri di belakang, kameraman merekam dari samping. Kalau ada aksiden, kameraman diuntungkan karena mendapat momen bagus dan bernilai jual. Resiko terbesar tetap anak anak……
    Semoga depat damai.

  20. hahaha….apanya yang ngak bisa dibantah …@Kang Wagerrrr….

    bangkai ( batang bahasa jawa ) …..biar dipoles atau disembunyiin kayak gimana …..tetap bauuuuuu……

    sorry om daniel … biar kate ente manusia dewaa…..dewa pun …kagak bakalan bisa sembunyiin …bangkai ….atau barang busuk alias kelakuan ( si israel )

    bau bangkai bisa hilang …kalau sekalian dimakan …terus keluar jadi taiii…..

    hahahaha…..apa mau …makan bangkai…..ahahahahahaha

  21. setauku israel itu skrng ‘gk’ punya wilayah krn mrk merasa-sesuia sjrh n.musa(kalo gk salah)- tempat mrk itu palestin..gtu kan??..eh tp gatau jg ah..

Nama, mail dan website BOLEH diKOSONGkan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s